data tipe mobil saat spooring

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

data tipe mobil saat spooring

Post by syafimsa »

selamat pagi rekan rekan serta para suhu SM sekalian, barusan setelah sahur sekalian beres2in kamar saya, nah tiba2 keliatan tu kertas a4 isinya wheel alignment report, langsung big question mark saya sampe saat ini teringat kembali.

jadi dulu saya pernah terima berkas hasil spooring mbl yg tidak sesuai tipenya gitu om. saat itu saya spooring fd1 tp di kertasnya itu tulisannya "civic lx '92" langsung yg saya tangkep adlh mereka spooring pake data si civic thn 92 itu. saya balik lah ke bengkel nanyakan kok pake data yg berbeda dan kata mereka "gak ko mas itu mah sama aja kan tetep bakal lurus" disitu bodohnya saya gamau kritis dan debat ama mereka dan tkt juga dibilang sok pinter. skarang ini mbl yg bener2 saya rawat dr tangan saya sendiri baru ada total 2 model (hrv '99 dan '15) dan datanya selalu hrv '15, kalo mbl orangtua saya serahin ama beres aja kalo setirnya lari yo balik lagi gitu aja karna generasi mblnya uda banyak turunannya..

pertanyaanya.. apakah pengaruh data mbl di alat spooring dan mobil "pasien" berbeda saat spooring?? apa kita perlu request dan cek di PC nya "yg civic ini mas taun sekian" spt ituu?terimakasih dan mohon maap sebelumnya warga SMπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by IGedeAmat »

bukan expert soal ginian seh, cuma analisa sotoy aja;
mobil produksi masal ada istilah sharing platform,
kayak honda jazz ama city yang (katanya) sebenernya sama, cuma beda buntutnya aja,
mungkin untuk mobil2 kayak gitu pake rangka yang sama, jadi saat spooring juga setelannya sama,
maybe...
correct me if i'm wrong..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by evanbngdor »

Seharusnya bengkel spooring yg bener itu tidak nyetel berdasarkan data, tp bener2 dirasakan lewat butt-o meter.

Ane selalu spooring sih ke GBT meruya, so far sih buat ane yg sangat sensitif kalo nyetir, GBT ini paling akurat setelannya dibanding bengkel spooring lainnya. GBT ini juga dia pake alat spooring buat bantu monitor aja, tp setelan utamanya ya ngga ngikut data apa-apa.

Bahkan setir miring sedikit aja yg ane sengaja ngga nyebutin, mekaniknya udah tau. jd ya oke menurut ane.

Mobil sama aja kadang angkanya pasti berbeda, apalagi kalo udah ganti velg, ban, lowering kit, dll.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by marmut »

paling enak, cari di google dulu geometri mobil yang dimaksud. setelah itu baru bandingkan dengan hasil wheel alignment dari bengkel.
lagipun mayoritas kendaraan yang beredar hanya bisa stel toe-nya saja (in atau out). dan umumnya bengkel pun hanya stel toe in / toe out, untuk camber dan caster (selain dari faktor tidak bisa di stel) jarang ada mekanik yang bersusah payah mau memperbaiki atau merubah sudutnya karena prosesnya nggak mudah.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by marmut »

evanbngdor wrote: ↑Fri May 18, 2018 2:44
-

Bahkan setir miring sedikit aja yg ane sengaja ngga nyebutin, mekaniknya udah tau. jd ya oke menurut ane.

-

seperti ini seharusnya seorang mekanik memperlakukan mobil.
umumnya mobil keluar dari bengkel spooring setirnya miring entah ke kiri atau kanan.
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by syafimsa »

IGedeAmat wrote: ↑Fri May 18, 2018 2:03 bukan expert soal ginian seh, cuma analisa sotoy aja;
mobil produksi masal ada istilah sharing platform,
kayak honda jazz ama city yang (katanya) sebenernya sama, cuma beda buntutnya aja,
mungkin untuk mobil2 kayak gitu pake rangka yang sama, jadi saat spooring juga setelannya sama,
maybe...
correct me if i'm wrong..
nah kalo bedanya antara city dan jazz mungkin masi saya maklumi gitu om. cuma civic '92 sama civic fd 2008 sih jauh rasanya kalo mereka masi sharing plat form. terimakasih ats pendapatnya um..
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by syafimsa »

evanbngdor wrote: ↑Fri May 18, 2018 2:44 Seharusnya bengkel spooring yg bener itu tidak nyetel berdasarkan data, tp bener2 dirasakan lewat butt-o meter.

Ane selalu spooring sih ke GBT meruya, so far sih buat ane yg sangat sensitif kalo nyetir, GBT ini paling akurat setelannya dibanding bengkel spooring lainnya. GBT ini juga dia pake alat spooring buat bantu monitor aja, tp setelan utamanya ya ngga ngikut data apa-apa.

Bahkan setir miring sedikit aja yg ane sengaja ngga nyebutin, mekaniknya udah tau. jd ya oke menurut ane.

Mobil sama aja kadang angkanya pasti berbeda, apalagi kalo udah ganti velg, ban, lowering kit, dll.
waahh peka bener yaa mekaniknya. bbrpa kali suka ga mention setir saya tidak lurus pas spooring eh bener pulang2 ya sama aja gaada prubahan....
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by efact »

kalo yg dibilang mekaniknya yang penting sekedar "tetep bakal lurus", berarti yang distel sama dia memang hanya toe nya saja, dan yep, mayoritas settingan default pabrikan di angka 0 buat toe nya, jd aja ttp lurus mau pake database mobil beda juga imho..
tp data mobil spesifik itu mnurut saya sih perlu utk parameter lain, yg paling umum bisa disetel camber nya, harusnya sih beda antara civic lx sama fd, lha sistem suspensinya aja beda kan?
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by liemivan86 »

evanbngdor wrote:Seharusnya bengkel spooring yg bener itu tidak nyetel berdasarkan data, tp bener2 dirasakan lewat butt-o meter.

Ane selalu spooring sih ke GBT meruya, so far sih buat ane yg sangat sensitif kalo nyetir, GBT ini paling akurat setelannya dibanding bengkel spooring lainnya. GBT ini juga dia pake alat spooring buat bantu monitor aja, tp setelan utamanya ya ngga ngikut data apa-apa.

Bahkan setir miring sedikit aja yg ane sengaja ngga nyebutin, mekaniknya udah tau. jd ya oke menurut ane.

Mobil sama aja kadang angkanya pasti berbeda, apalagi kalo udah ganti velg, ban, lowering kit, dll.
Err... Kalo saya justru sebaliknya. Kalo pakai feeling ya berarti nda objektif dan tidak ada data, dan pasti tidak akan konsisten. Bisa2 hari ini kerjakan 4 mobil, 2 mobil pertama ok, mobil ketiga mulai miring, mobil keempat berhubung sudah capek, tambah miring lagi.

Saya juga langganan GBT di Surabaya. Mereka tau nya dari mana kalo setir miring? Ya dari bacaan di alat nya. Kan kelihatan itu toe in/out nya berapa, camber, dll. Dari sana mereka cocok kan dengan keluhan kita, dan biasanya bener, karena itu ada data bacaan alat nya.

Setelah setel dengan alat, baru mekanik nya test drive, kalo kurang, baru feeling bermain, tapi sifat nya hanya fine tuning saja.
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by sukerdan02 »

Kalau bacaan dengan alat jelas tetap perlu.. Yang dipermasalahkan sebenrnya adalah data patokan standar suspensi yg ada di database alat.. Selama data tersebut cuma sekedar "hiasan" ya artinya mekanik cuma sekedar setel toe in out nya aja..
Tapi kalau data tersebut dijadikan referensi bahkan target untuk hasil setelan, ya wajib pakai data yang sesuai..

FYI kalau merujuk ke database yg ada di mesin spooring, mobil yang sama dengan trim yang beda aja bisa jadi ada sedikit setting yang beda, terutama kalau ada perbedaan velg/ban standar.. Apalagi beda tahun yang geometri suspensinya bisa beda walaupun ukuran mm..

Nah masalahnya, database yang ada di alat spooring ini biasanya disupply produsen alat spooringnya sana, nah kadang data tsb ga sesuai dengan mobil yang ada di pasaran Indonesia.. Jadi kadang mekanik pun bingung mau pakai data mana, apalagi kalau databasenya ga pernah update sedangkan yang dispooring mobil baru.. Contoh yg saya alami aja, mobil tua, tp emg beda penamaan antara pasar internasional dengan lokal.. Saya kalau spooring trooper sy, mekanik ga bakal nemu datanta, karena selalu cari di Chevrolet.. Databasenya ada di Isuzu trooper (nama internasional), itupun jenisnya ada banyak, dengan rentang 5 generasi, karena saya kebetulan tau mana generasi yg sesuai untuk pasar internasional ya bs saya tunjukin, tapi kalau sama2 ga tau ya bs jadi pake data ngasal
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by devin96 »

pernah waktu itu temen bawa suzuki carry buat di spooring padahal setir nya masih lumayan lurus, beres di spooring di bengkel umum di kawasan cikini eh tau2 nya malah parah hasilnya, buat jalan lurus setir mobil nya harus di miringin ke kiri hampir setengah jadi belok kiri setengah baru mobil jalan lurus, setelah komplain apa yg terjadi? itu montir ngelepas setir buat ngelurusin, jd di setel nya dengan copot stir baru di pas in lurus ckckck

pernah juga temen bawa avanza veloz masih baru kilometer msh di bawah 10 rb, setir agak miring, complain ke BERES malah sama aja ga ada perubahan, bawa ke bengkel spesialis spooring n4wili*, juga sama aja padahal udh bayar mahal
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by liemivan86 »

devin96 wrote:pernah waktu itu temen bawa suzuki carry buat di spooring padahal setir nya masih lumayan lurus, beres di spooring di bengkel umum di kawasan cikini eh tau2 nya malah parah hasilnya, buat jalan lurus setir mobil nya harus di miringin ke kiri hampir setengah jadi belok kiri setengah baru mobil jalan lurus, setelah komplain apa yg terjadi? itu montir ngelepas setir buat ngelurusin, jd di setel nya dengan copot stir baru di pas in lurus ckckck

pernah juga temen bawa avanza veloz masih baru kilometer msh di bawah 10 rb, setir agak miring, complain ke BERES malah sama aja ga ada perubahan, bawa ke bengkel spesialis spooring n4wili*, juga sama aja padahal udh bayar mahal
Kalo masalah setir itu beda dengan spooring. Spooring kan dilihat dari kaki2, ada yang miring apa nda. Biasanya, kalo kita jalan lurus, lalu lepas setir, dia agak tarik ke satu sisi, kalo tekanan ban sudah benar, berarti perlu di spooring.

Nah, kalo cuma masalah setir tidak pas posisi nya, ya memang cuma tinggal dilepas, terus pasang balik ke posisi yang benar. Ini biasanya sih sudah pernah dilepas dan diubah posisi nya, makanya harus kembali kan ke asal.
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by devin96 »

liemivan86 wrote: ↑Fri May 18, 2018 16:31
devin96 wrote:pernah waktu itu temen bawa suzuki carry buat di spooring padahal setir nya masih lumayan lurus, beres di spooring di bengkel umum di kawasan cikini eh tau2 nya malah parah hasilnya, buat jalan lurus setir mobil nya harus di miringin ke kiri hampir setengah jadi belok kiri setengah baru mobil jalan lurus, setelah komplain apa yg terjadi? itu montir ngelepas setir buat ngelurusin, jd di setel nya dengan copot stir baru di pas in lurus ckckck

pernah juga temen bawa avanza veloz masih baru kilometer msh di bawah 10 rb, setir agak miring, complain ke BERES malah sama aja ga ada perubahan, bawa ke bengkel spesialis spooring n4wili*, juga sama aja padahal udh bayar mahal
Kalo masalah setir itu beda dengan spooring. Spooring kan dilihat dari kaki2, ada yang miring apa nda. Biasanya, kalo kita jalan lurus, lalu lepas setir, dia agak tarik ke satu sisi, kalo tekanan ban sudah benar, berarti perlu di spooring.

Nah, kalo cuma masalah setir tidak pas posisi nya, ya memang cuma tinggal dilepas, terus pasang balik ke posisi yang benar. Ini biasanya sih sudah pernah dilepas dan diubah posisi nya, makanya harus kembali kan ke asal.
tapi masa setir yang tadi nya lumayan lurus terus abis di spooring malah jadi miring ke kiri setengah baru mobil bisa jalan lurus? berarti si montir ga bener dong?malah dia ngerusak settingan yg tadinya ga terlalu parah. Di spooring lagi, sampe akhir nya nyerah, jadinya setir nya aja di lepas trs di pas in deh biar lurus
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by liemivan86 »


devin96 wrote:
tapi masa setir yang tadi nya lumayan lurus terus abis di spooring malah jadi miring ke kiri setengah baru mobil bisa jalan lurus? berarti si montir ga bener dong?malah dia ngerusak settingan yg tadinya ga terlalu parah. Di spooring lagi, sampe akhir nya nyerah, jadinya setir nya aja di lepas trs di pas in deh biar lurus
Mungkin ya..

Di sini banyak faktor, misalnya, kalo memang setir itu tidak pernah di pindah mulai dari keluar pabrik, dan tidak pernah ada pengganti an rack steering, berarti kemungkinan besar memang si mekanik ngaco. Tapi kalo setir nya pernah di utak atik, bisa saja mekanik yang perbaiki sebelum nya karena nyerah nda bisa lurus in setir, terus setir nya di lepas dan di lurus kan. Pokoknya asal keliatan lurus, tapi pada saat jalan, setir tarik ke kanan dan ke kiri.

Kadang ganti rack steer, kalo putaran nya nda di hitung benar-benar, bisa ngaco juga posisi setir nya, padahal setting bawah sudah benar, tapi setir jadi miring.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by evanbngdor »

liemivan86 wrote: ↑Fri May 18, 2018 7:38
evanbngdor wrote:Seharusnya bengkel spooring yg bener itu tidak nyetel berdasarkan data, tp bener2 dirasakan lewat butt-o meter.

Ane selalu spooring sih ke GBT meruya, so far sih buat ane yg sangat sensitif kalo nyetir, GBT ini paling akurat setelannya dibanding bengkel spooring lainnya. GBT ini juga dia pake alat spooring buat bantu monitor aja, tp setelan utamanya ya ngga ngikut data apa-apa.

Bahkan setir miring sedikit aja yg ane sengaja ngga nyebutin, mekaniknya udah tau. jd ya oke menurut ane.

Mobil sama aja kadang angkanya pasti berbeda, apalagi kalo udah ganti velg, ban, lowering kit, dll.
Err... Kalo saya justru sebaliknya. Kalo pakai feeling ya berarti nda objektif dan tidak ada data, dan pasti tidak akan konsisten. Bisa2 hari ini kerjakan 4 mobil, 2 mobil pertama ok, mobil ketiga mulai miring, mobil keempat berhubung sudah capek, tambah miring lagi.

Saya juga langganan GBT di Surabaya. Mereka tau nya dari mana kalo setir miring? Ya dari bacaan di alat nya. Kan kelihatan itu toe in/out nya berapa, camber, dll. Dari sana mereka cocok kan dengan keluhan kita, dan biasanya bener, karena itu ada data bacaan alat nya.

Setelah setel dengan alat, baru mekanik nya test drive, kalo kurang, baru feeling bermain, tapi sifat nya hanya fine tuning saja.
Setir miring mah ngga perlu pake mesin spooring jg keliatan om. Ane nulisnya setir miring lho, bukan setirnya ngebuang kiri atau kanan pas jalan. Jadi posisi setirnya yg miring beberapa derajat dibanding posisi ban nya.

Kalo pengaturan sudut roda nya sih iya pake alat. tp kalo posisi setir mah ngga perlu, cukup dibawa high speed aja misal 80kpj jg udah keliatan pasti posisi setirnya miring atau lurus.

Ane jg risih banget kalo nyetir mobil yg posisi setirnya miring.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by Jambangan »

Jaman dulu pernah abis spooring stir mobil jadi miring
Kalo dilurusin stirnya, mobil malah ngebuang ke kiri
Padahal pas sebelum masuk bengkel stirnya lurus normal2 aja cuma agak ngebuang pas jalan
Emang harus pilih bengkel yg mantep
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by kunaskun »

menurut saya bengkel spooring yang rajin itu hanya pakai data dari alat untuk initial setup saja. karena ya kan memang default pabrikan beda2, nah setelah default, baru dicari problemnya dan diperbaiki. kalau cuma modal alat terus setel lurus doang ya itu bengkel suruh buang alat mahal dia, tukar dengan alat spooring pake benang saja, toh hasil akhirnya akan samam, tapi apa ya bisa solve the problem?
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by liemivan86 »


evanbngdor wrote: Setir miring mah ngga perlu pake mesin spooring jg keliatan om. Ane nulisnya setir miring lho, bukan setirnya ngebuang kiri atau kanan pas jalan. Jadi posisi setirnya yg miring beberapa derajat dibanding posisi ban nya.

Kalo pengaturan sudut roda nya sih iya pake alat. tp kalo posisi setir mah ngga perlu, cukup dibawa high speed aja misal 80kpj jg udah keliatan pasti posisi setirnya miring atau lurus.

Ane jg risih banget kalo nyetir mobil yg posisi setirnya miring.
Oh, ternyata setir nya miring ya... Kalo setir miring sih ya lebih susah ya.. Ha2...
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by evanbngdor »

liemivan86 wrote: ↑Sat May 26, 2018 7:06
evanbngdor wrote: Setir miring mah ngga perlu pake mesin spooring jg keliatan om. Ane nulisnya setir miring lho, bukan setirnya ngebuang kiri atau kanan pas jalan. Jadi posisi setirnya yg miring beberapa derajat dibanding posisi ban nya.

Kalo pengaturan sudut roda nya sih iya pake alat. tp kalo posisi setir mah ngga perlu, cukup dibawa high speed aja misal 80kpj jg udah keliatan pasti posisi setirnya miring atau lurus.

Ane jg risih banget kalo nyetir mobil yg posisi setirnya miring.
Oh, ternyata setir nya miring ya... Kalo setir miring sih ya lebih susah ya.. Ha2...
Setir miring malah gampang om, tinggal buka setirnya trs lurusin, kencengin deh.

Nah banyak bengkel spooring yg problemnya itu posisi setirnya yg ngga lurus, tp diutak atik settingan spooringnya.

Ane udah ngetes di beberapa bengkel untuk kasus ini, sengaja ane ngga bilang kalo posisi setirnya yg miring. Eh langsung disetel lg caster, chamber, toe nya. Terutama toe nya tuh, padahal kan masalahnya bukan disitu.

:big_dunno: :big_dunno:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
demonicorchestra
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Wed May 03, 2017 6:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by demonicorchestra »

Nyimak, sekalian mau nanya, klo udh ganti ban ama velg ke ring yg lebih gede apakah ngaruh jga pas spooring?
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by evanbngdor »

demonicorchestra wrote: ↑Mon May 28, 2018 2:46 Nyimak, sekalian mau nanya, klo udh ganti ban ama velg ke ring yg lebih gede apakah ngaruh jga pas spooring?
Pasti om, harus spooring ulang itu.

Ogut jg spooring ulang sih pas ganti ban&velg yg lebih gede.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T