Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by ChZ »

Ariazaki wrote: Sun May 13, 2018 16:49
adrevolution wrote: Sun May 13, 2018 16:07 Kebetulan skrg ada mobil honda jazz di rumah yg km nya nambahnya gak banyak (4 bulan cm nambah 4000 km termasuk dikit gak ya?), technically punya adek saya cm kebetulan lagi ke LN ambil S2, dulu sempat saya pinjem incl 1x road trip. Biar skrg gak banyak nambahnya, tapi penting krn sekalinya dipake buat anter kakek nenek yg udah sepuh mainly utk ke RS, namanya org dah sepuh masa disuruh naik taksi onlen, ngeri jaman sekarang banyak taksi onlen ngga beres dan aplikatornya cuek bebek. Jadi jatohnya lebih ke kebutuhan yg memang perlu pake mobil tapi gak setiap hari banget.

Selain itu juga kendala public transport yg payah ketika rush hour. Sebenernya sih lumayan memang kalo diluar rush hour cukup manusiawi, sangat worth it dgn costnya, sayangnya di sini orangnya kebanyakan jadi jatohnya ngga worth it pake public transport saat ini utk commuting kerja, semurah apapun itu.
Nah ini sekarang makin banyak kasus kejahatan di taxi online. Makanya kalo adek cewek saya yang mau pergi2an pasti bela2in dia anterin atau suruh saya anterin. Trus 2 bulan yang lalu waktu nganterin mobil masuk bengkel ke pulogadung dari pamulang juga kerasa banget rasanya beda naik mobil sama naik angkutan umum. Saya engga masalah berdiri lama di kereta selama masih ada space buat pegangan, yang jadi masalah itu perjalanan dari tujuan ke stasiun atau sebaliknya. Sering banget jauh dari transportasi umum lainnya. Ujung2nya naik taxi online buat ke stasiunnya yang kalau ditotal biaya perjalananya lebih mahal dari naik mobil....
Saya jujur lebih serem taksi onlen daripada taksi biasa macem burung biru... dari segi layanan aja jauhhh... Masalahnya taksi onlen drivernya lebih bervariasi, dan statusnya "partner" bukan "karyawan". Jd meskipun di report ya paling jelek di suspend, gak bakal ada teguran langsung atau sangsi moral dari operator krn bukan karyawan...

Taksi biasa krn status karyawan jadi drivernya agak segan kali ya mau ngapa-ngapa... meskipun ya tetep ada aja kejadian... Masalahnya mahal euy... sekali jalan pake burung biru bisa 2x lipet biaya pake onlen...

Ojek onlen... weleh... liat kelakuan waktu demo soal tarif aja uda ngeri duluan... Gak ada beda sama preman pasar a.k.a ojek pangkalan... Cuma pake ojek onlen buat pesen makanan doank klo kepepet...

Ini perkembangan teknologi tapi nggak menyelesaikan masalah substansial... blom lagi masalah premanisme klo pesen ojek/taksi onlen dari stasiunnya kan... yang ideal seharusnya di tiap stasiun kota disediain shuttle bus dari pemerintah menuju ke trayek tertentu.

Naik angkot jangan harap deh... yang ada kelamaan nunggu krn nunggu penuh blom ngetem sana ngetem sini dan resiko tinggi kriminalitas.

Mo jalan kaki apalagi... kta temen gw yang arsitek pejalan kaki di indonesia gak dihargai nyawanya... Beda ma di negara maju dimana gak ada motor seliweran nerobos lampu merah waktu ada orang nyebrang...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
darkauror
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Nov 02, 2016 7:37

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by darkauror »

Kondisi keluarga saat ini ada 3 driver dan 1 mobil (usia 3 tahun kilometer 22 ribuan), akhirnya memutuskan untuk ambil mobil ke-2 dengan pertimbangan:
1. akses masuk-keluar rumah yang sulit (padahal masih di ibukota) sehingga kadang ditolak taksi online
2. jaga-jaga untuk kebutuhan darurat, seandainya 1 mobil sedang diluar/servis/rusak maka masih ada 1 back up.
Pengalaman temen yang gk punya mobil, tahun lalu ibunya tiba2 serangan jantung jam 1 pagi, telpon ambulans sedang jemput yang lain, akhirnya panggil taxol, tapi karena supirnya tidak hafal daerah saya dan banyak jalan diportal karena sudah malam, akhirnya butuh waktu lama utk sampai dan di tengah perjalanan ibunya sudah tidak tertolong lagi. Kalau punya mobil sendiri langsung tancap gas ke RS tanpa tunggu2an mungkin bisa beda hasilnya
3. Kondisi ortu yang menua, mobilitas mereka gk mungkin mengandalkan motor saja ketika mobil sedang dipakai saya/adik
banglontong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue May 30, 2017 8:04
Location: jakarta
Daily Vehicle: 2017 CX3 Touring dan 2023 CX5 Kuro

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by banglontong »

gw blm beli, tapi pengen punya mobil.. duit ada sih tapi masi menimbang2 cost benefitnya.. sehari2 ane selalu pake taxol, karena mikirnya ngapain sih punya boil toh murah juga pake taxol, ga bayar parkir dan enak kalo macet tinggal tidur.. ane tinggal di apartmen tengah kota jadi ga kena macet2an amat, mau itu bawa mobil sendiri ato taxol
lalu pernah bonyok keluar kota seminggu jadi gw isenglah bawa mobil ke apartmen ane buat dipake sehari2.. gw pun sadar kalo kelebihan utama buat gw dari punya mobil adalah fleksibilitas opsi mau naek apaan ke kantor.. kebetulan lagi ada sekali hal urgent di kantor mesti buru2 sampe, ane bawa mobil langsung cuss, ga pake nunggu2 +- 15 menit buat taxol nyampe apartmen dan ga perlu panas2an naek gojek (trus nyampe kantor uda lepek bau asep pula).. selain itu ane juga jadi berasa lebih produktif kalo mau pindah2 (urusan kantor ane kadang pindah2 dari kantor 1 ke kantor lain) karena kalo mau jalan tinggal cuss aje ga pake nunggu2 taxol

sebagai orang yang ga punya mobil, gw selalu berpikiran: "iya sekarang lo gapapa ga punya mobil, tapi ketika lo butuh banget, itulah saat dimana lo paling butuh sedunia".. untungnya blm pernah ketemu skenario "paling butuh" itu, yg darurat2 macem nganter orang sakit.. toh tinggal sendiri juga jadi masih manageable kl sekarang blm punya mobil
adrianwill
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by adrianwill »

klo mnurut saya bukan karna gensi tp karna kebutuhan dan flexibilitas.

hari gini ga ada mobil? repot amad ya klo kluar rumah mesti pesen angkutan online, belom nunggu nya, tar di cancel, tar supirnya ga tau jln, tar klo rush hour jd mahal bgt, tar nunggunya lama, tar ini itulah, mnurut saya ribett.
kalo ada mobil langsung starter dan cuzz, no ribet, lbh nyaman dan lebih enak juga nyetir sendiri ya.

klo saya gak pake mobil tiap hari soalnya tergantung kondisi traffic, kalo macet parah dan lagi buru2 ya naik motor, klo lg lancar2 aja dan gak terburu2 naik mobil.
bisa juga dr kondisi cuaca, klo lg super duper panas atau ujan kdang males naik motor, jdnya ya naik mobil.
bisa juga dr kondisi mood hr ini lg pngen naik mtor atau mobil.

sebagian org mungkin beli karna gengsi, tp mnurut saya itu hanya bagi mobil yg hrgnya mhal dan dr brand mewah.
kalo naik avanza trim veloz sekalipun, gak akan juga ada org yg noleh di jalan kan karna keren... beda ceritanya kalo naik bmw.. hehe
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by thestoneroses »

iseng aja, kalau lcgc dulu penasaran sama kayak mobilio, sekarang 3 tahun km 14 ribu
habis gimana, terlanjur dibeli, dipakai kurang enak dijual kata menkeu nanti aja ya terpaksa dianggurkan ha ha
Ron Asheton Forever
VoxPopuli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by VoxPopuli »

Keluarga gue ber 4, anak masing-masing umur 6 dan 4 tahun, dan keduanya sekolah di sekolah yang sama. Tinggal di daerah Cilandak, Jakarta Selatan.

Mobil kami ada 2:
- mobil primary CR-V Turbo 2017, dipakai sama istri ke kantor dan juga untuk antar jemput anak-anak ke sekolah (current mileage 11 ribu km, umur 5 bulan)
- mobil secondary 330i F30 2016, dipakai sama gue atau istri kalau butuh mobil, dan juga sebagai mobil weekend (current mileage 17 ribu km, umur 20 bulan)

Beli mobil ya karena emang butuh sih. Kami nggak bisa rely sama 1 mobil, akhirnya kami punya 2, dan sekaligus mobil secondary kami juga mobil weekend.

Gue sehari-hari berangkat ke kantor naik ojek atau taksi, online ataupun konvensional, dan pulang either naik moda transportasi sama atau dijemput sama supir naik CR-V (karena pulang nya agak maleman). Karena kantor gue di SCBD, gue masih bisa pulang pergi naik transportasi publik atau transportasi umum. Bahkan, kalau MRT udah jadi, gue akan naik MRT terus karena stasiun nya dekat sama rumah.

Istri gue yang sehari-hari naik CR-V (ya mobil dia juga sih, hehehe) sekalian anter jemput anak sekolah, kadang jemput anak di rumah nyokap atau mertua juga, kadang mobilnya full dipake anak-anak doang. Sekolah anak-anak untungnya dekat sama rumah, cuman kantor istri di daerah TB Simatupang, jadi dia nggak ada pilihan transportasi umum, alhasil either dia naik mobil, atau naik taksi/ojek (udah ketebak lah ya dia lebih prefer yang mana, hahaha).

Nah karena CR-V nya primary workhorse rumah kami, kalau mobil itu lagi dipake, barulah F30 nya dihidupkan sama gue atau sama istri kalau butuh. Atau kalau weekend jalan-jalan, baru kami pake F30 nya, supaya CR-V bisa istirahat hahaha.
Last edited by VoxPopuli on Sun May 13, 2018 23:25, edited 2 times in total.
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by pernahmiskin »

Sok bijak & Terlalu naif kalau punya mobil d bilang gengsi...

Kalau kita mau jujur, pasti pingin punya mobil, biarpun skrg taxol makin banyak...

Kalau sy sih mobil selain kebutuhan jg penunjang gaya hidup (GENGSI) jg apresiasi diri sendiri dan keluarga...

Ogah banget, sy kerja keras ga bisa nikmatin jerih payah..
Terserah orang mo blg gengsi atau sok...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by Tats »

Kalau sy gara2 ke kantor naik motor
Kalau naik mobil males macet hahaha
Akhirnya mobil yg di rumah kilometernya lumayan rendah
Ada w204 '09 km 38rb
trax '16 km 18rb
f30 '17 km 3rb
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by liat2aja »

Waktu jual mobil saya Sept 2017 kemarin, mobil Freed sudah 5 tahun kilometer baru 27 rb. Ga ada niat jual karena di daerah kemana-mana dekat saya rasa dipakai 10 tahun pun KM baru sekitar 50-60 rb. Ini dengan catatan tidak sering di bawa keluar kota. Mobil tugas utamanya buat antar anak ke sekolah.

Yg beli kemarin pun kenalan yg anaknya 1 kelas sama anak saya. Beli untuk dipakai istrinya, ya sama saja untuk antar anak sekolah. Saya jual karena sudah punya mobil Sienta (yg sudah hampir 1,5 tahun KM nya baru 8500).

Sekarang tambah Xpander. Istri sebenarnya tidak bisa nyetir, jadi ada driver yg bantu kita. Usaha toko saya hanya di depan rumah saya, jadi kalau kerja tidak pakai kendaraan, jalan kaki saja.

Jadi kenapa punya mobil 2? Yg jelas bukan gengsi karena 2 mobil saya ya gitu deh, kelas LMPV. Cuma banyak skenario yg menyebabkan saya merasa perlu punya 2 mobil. Taxol sudah mulai banyak walaupun baru lebih kurang 1 tahun masuk kota saya dan sebenarnya banyak yg standby dekat rumah saya. Tapi saya kok merasa taxol jadi alternatif bukan kendaraan utama saya.

In short, saya rasa tiap keluarga butuh 1 mobil biarpun jarang dipakai.
phorcydes
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Wed Feb 10, 2016 7:19

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by phorcydes »

kalau saya sendiri sih,
selalu naik motor kalau pergi sendiri.

butuh mobil in case of emergency, masa misal orang tua sakit nunggu taxol, atau yang pergi deket2 dirasa pake taxol nanggung jaraknya.
saya ad m2 sky baru 10 rb km ud 2,5 tahun. literally dipakai hanya pas weekend dan tanggal merah saja, rute paling jauh jakarta-tangerang 20km satu kali jalan.

mobil pribadi saya rasa masih butuh di kota besar apalagi kalau ada lansia di rumah dan angkutan umum di indonesia jaringan ny masih belum mencapai rumah-rumah dan gang2 kecil, busway terdekat saja butuh 6 km dari rumah. :mky_04:
1.5 Smartstream G1.5 2022 (SU2)
P5-VPS 1.5L 2015 (DJ5FS)
M111.920 1.8L 1995 (W202)
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by P47hos »

Yang bilang buat gengsi punya mobil itu antara blm punya mobil atau justru dia lah yg terlalu gengsi mengakui klo mobil itu skr adalah kebutuhan. Apalagi klo sudah berkeluarga, emang mau terus2an jemput anak istri hujan2an panas2an. Justru saya sangat mengapresiasi klo ada anak muda yg sudah mampu beli mobil sendiri, artinya dia punya kemauan lebih dr teman2nya untuk menyenangkan org lain, ketimbang yg beli motor sport puluhan ratusan jt
dittotama
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Aug 04, 2017 7:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Livina_XGear

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by dittotama »

biarpun cm dipake wiken, tapi..
bawa bayi naik taxol tiap wiken?
kondangan istri dandan di taxol?
naik taxol ke taman safari? ke bogor? ke bandung?
dari tempat 1 ke tempat lain, dari rumah sodara 1 ke sodara lain, naik taxol?

is thsi even a question..
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by IGedeAmat »

Mobil saya juga tipe biasa, dan jarang dipakai,
buat transport ke kantor, saya lebih suka naik motor karena lebih cepet dan irit,
alasan beli mobil mirip2 sama jawaban Om2 yang laen,
lebih ke buat jaga2 kalo ada hal2 urgent,
taxi reguler or transport online emang praktis, tapi kadang2 Murphy's law emang bener2 terjadi,
"Anything that can go wrong will go wrong"..
pas lagi gak butuh mah seliweran didepan mata,
giliran lagi butuh urgent banget malah gak ada yang keliatan..
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by marama »

Saya sering lihatnya kok di mobil LCGC ya, banyak yang jarang pakai, sehari2 kepala kluarga nya lbh suka pakai motor, atau CL.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by PRBS »

Lihat di page awal, ternyata ada juga ya yg beli mobil karena gengsi.. sampai 90% rekannya beli mobil karena gengsi.. waduh..
:big_dunno:

Dikeluarga saya, mobil dipakai untuk kebutuhan masing2.. misal ada 1 rotitawar yg dipakai orangtua saya antar jemput cucu sekolah (hampir setiap hari).. jaraknya jg less thn 20km.. villadago - giriloka.

Dan ada 1 unit mobil non lcgc citycar yg dipakai pasangan pulang pergi kantor (nusaloka - sektor 2)..kenapa ga pakai taksi/ojek online? Karena saya lebih worryfree dia pakai kendaraan sendiri, dan jatuhnya lebih irit.

Kalau mobil saya pribadi, cuma dipakai pas weekend.. dan saya lebih suka commuting KRL untuk sehari2...

jadi, beli mobil memang sesuaikan dengan kebutuhan, biar ga mubazir hehe.. buang jauh2 membeli barang hanya karena gengsi.
Escaflowne
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by Escaflowne »

Setuju se kalo bawa bayi masa naik taksi or taksol, yang notabene belum tentu non smoking mobilnya, resiko pada bayi terkena penyakit karena rokok kita kurangi dengan mobil pribadi
ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by ABEDUL »

Setiap mobil yg saya pakai khususnya sedan besar saya, layaknya kamar berjalan. Segala baju dan peralatan kerja ada semua di situ, pilih sedan karena saya suka aja. Begitu juga mobil yg dipakai adik untuk kuliah, kamar pindah ke mazda hatchback nya... Total ada 5 mobil di rumah, beda-beda tujuan nya. Kalau di hitung dalam setahun bisa lebih dari 15k km dalam setahun.
Gengsi, gak tuh.... Toh mobil ane jarang di elus elus, walaupun kata orang itu mobil mahal.
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by diidoot »

Kalau saya yang kebetulan orang kota (di KTP sih kotamadya) pake mobil untuk kerja. Tempat kerja saya harus lewat tol biar cepet sampe dan transport publik ga ada yang jamnya sesuai. Pake taksi online tekor lah

Istri saya pake mobil ke kantornya (22 km pp). Isi bensin 100 ribu seminggu. Ga saya izinkan naik motor karena rawan celaka. Naik taksol boros, apalagi kalau malem saya juga ga izinkan, prefer si burung biru saja.

Orang tua saya juga ada 1 mobil di rumah yang jarang dipake. Alesannya untuk emergency (nenek saya sudah tua) dan kalau mau cepet bisa langsung berangkat. Waktu dulu pernah bener-bener ketolong karena ada mobil saat serangan stroke jadi cepet di-handle

ChZ wrote: Sun May 13, 2018 17:25
Saya jujur lebih serem taksi onlen daripada taksi biasa macem burung biru... dari segi layanan aja jauhhh... Masalahnya taksi onlen drivernya lebih bervariasi, dan statusnya "partner" bukan "karyawan". Jd meskipun di report ya paling jelek di suspend, gak bakal ada teguran langsung atau sangsi moral dari operator krn bukan karyawan...

Taksi biasa krn status karyawan jadi drivernya agak segan kali ya mau ngapa-ngapa... meskipun ya tetep ada aja kejadian... Masalahnya mahal euy... sekali jalan pake burung biru bisa 2x lipet biaya pake onlen...

Ojek onlen... weleh... liat kelakuan waktu demo soal tarif aja uda ngeri duluan... Gak ada beda sama preman pasar a.k.a ojek pangkalan... Cuma pake ojek onlen buat pesen makanan doank klo kepepet...

Ini perkembangan teknologi tapi nggak menyelesaikan masalah substansial... blom lagi masalah premanisme klo pesen ojek/taksi onlen dari stasiunnya kan... yang ideal seharusnya di tiap stasiun kota disediain shuttle bus dari pemerintah menuju ke trayek tertentu.

Naik angkot jangan harap deh... yang ada kelamaan nunggu krn nunggu penuh blom ngetem sana ngetem sini dan resiko tinggi kriminalitas.

Mo jalan kaki apalagi... kta temen gw yang arsitek pejalan kaki di indonesia gak dihargai nyawanya... Beda ma di negara maju dimana gak ada motor seliweran nerobos lampu merah waktu ada orang nyebrang...
setuju om kris. Paling seneng kalau naik taksi online tapi dapetnya si biru. Dari segi pelayanan jauh. Kebersihan mobil apalagi :mky_02:


masalah di indonesia ya dari dulu public transportnya emang belom sampe tahap yang bisa diandalkan. Trotoar jangan diharapin lah, mental orang sini aja masih banyak yang gitu gimana mau rapih. Belum asep debu polusi dan panas mataharinya
-
iybam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 03, 2014 2:08

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by iybam »

rumah-kantor pas jam berangkat/pulang kantor naek taxol kurleb 25-30rb sekali jalan, bawa mobil sendiri 100rb per minggu itu pun sudah termasuk jalan-jalan dalem kota sama keluarga diakhir pekan. jadi menurut saya pake mobil sendiri lebih irit, nyaman, praktis. kalo gengsi? ya punya mobil biasa banget apa yang mau digengsiin, jadi ya memang kebutuhan..
ada satu lagi mobil roti tawar dirumah, ini dipake kalo keluar kota aja sih karena ibu saya punya masalah sama tulang jadi butuh mobil yang duduknya nyaman dan luas, tahun ini masuk tahun ke-5 odo masih diangka 30rb
dobelklik
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Feb 01, 2017 7:08

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by dobelklik »

biarpun jarang dipake tetep bakal ngerasain enaknya punya mobil pribadi. apalagi orang kota yg hidupnya relatif ga bisa sesantai orang di desa.

pernah pengalaman pagi2 udah stres karna pesen taxol yg ga dapet2 tapi begitu dapet malah di cancel sama drivernya. begitu terus ampe 1 jam baru dapet driver yg mau ngantar. padahal diburu2 ada janji sama orang.

kalo masalah gengsi, selama itu orang keuangannya masih sehat ya no problem. yg ga bener itu maksain punya mobil sampe kebutuhan primernya terganggu. dan yg ga kalah penting, parkir mobil harus di dalam garasi.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by martinnn »

darkauror wrote: Sun May 13, 2018 17:45 Kondisi keluarga saat ini ada 3 driver dan 1 mobil (usia 3 tahun kilometer 22 ribuan), akhirnya memutuskan untuk ambil mobil ke-2 dengan pertimbangan:
1. akses masuk-keluar rumah yang sulit (padahal masih di ibukota) sehingga kadang ditolak taksi online
2. jaga-jaga untuk kebutuhan darurat, seandainya 1 mobil sedang diluar/servis/rusak maka masih ada 1 back up.
Pengalaman temen yang gk punya mobil, tahun lalu ibunya tiba2 serangan jantung jam 1 pagi, telpon ambulans sedang jemput yang lain, akhirnya panggil taxol, tapi karena supirnya tidak hafal daerah saya dan banyak jalan diportal karena sudah malam, akhirnya butuh waktu lama utk sampai dan di tengah perjalanan ibunya sudah tidak tertolong lagi. Kalau punya mobil sendiri langsung tancap gas ke RS tanpa tunggu2an mungkin bisa beda hasilnya
3. Kondisi ortu yang menua, mobilitas mereka gk mungkin mengandalkan motor saja ketika mobil sedang dipakai saya/adik
ini saya setuju.... kalo dihitung hitung lebih hemat punya mobil sendiri daripada naik grab

coba kalau harga 6000 per km dikali dengan odometer mobil saya yang 40000km = itu saja sudah 240 juta atau seharga lmpv baru ... belum tips :mky_02:
:big_biglaugh:
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by r12qiSonH4ji »

Ane punya mobil 1 biji di rumah, dan hari kerja tidak pernah ane pakai karena tiap hari ame pake motor matic ke kantor (jaraknya cuman 3 km)
Mobil hanya digunakan ketika weekend dan libur panjang
Baru beli bulan Agustus 2017, sampai hari ini kilometer baru masuk 22.130 Km

Kenapa kilometernya segitu ? Jawabannya karena "Roadtrip" bersama teman2 SM

:big_love:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by Nainggolan21 »

blacksaphire wrote: Sun May 13, 2018 7:15 Sesuai judul, penasaran aja, kira2 apa alasan orang2 di kota besar yg udah banyak transportasi umum termasuk taxi online beli mobil. Kalau itu adalah mobil hobby seperti mobil sport atau mobil klasik sih saya rasa wajar. Tapi yg g saya maksud mobil ini mobil biasa2 yg sangat umum aja terutama kategori2 low cost atau low apalah, tapi sangat jarang dipakai. Bahkan service berkala hanya setahun atau per 6 bulan sekali alias sudah tidak mengikuti aturan kilometer karena saking tidak sampai sekian kilometer penggunaannya. Bukankah juga biaya punya mobil di kota besar termasuk tinggi dari sisi parkir, tilang, biaya kecelakaan ringan karena sering senggolan, depresiasi serta tidak praktis karena macet.
Cuman penasaran dgn alasannya, bukan bermaksud memaksa orang tidak usah punya mobil, karena saya tau itu uang dia terserah mau dipakai untuk apa.
Karena dengan memiliki "MOBIL" akan mendapatkan cinta, harga diri, kehormatan, kebanggan dan status sosial :emo-flowerforyou:
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
EOR24
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by EOR24 »

Saya dulu beli mobil karena alasan nya simpel, kalo mau ke bandara naik bus antarmoda yang flight nya pagi susah kalo mengandalkan taxol/ojol. Order jam 1 pagi waktu itu jarang banget ada yang masih online.

Akhir nya beli mobil biar 24 jam bisa jalan jam brapa aja minta tolong anterin istri.

Sehari hari emang ga pernah dipakai mobil nya, dulu pake motor sekarang pake mobil kantor. Sampe aki mobil soak kelupaan dipanasin, begitu pula dengan motor juga soak karena jarang banget dipake
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai

Post by ChZ »

PRBS wrote: Mon May 14, 2018 3:09 Lihat di page awal, ternyata ada juga ya yg beli mobil karena gengsi.. sampai 90% rekannya beli mobil karena gengsi.. waduh..
:big_dunno:

Dikeluarga saya, mobil dipakai untuk kebutuhan masing2.. misal ada 1 rotitawar yg dipakai orangtua saya antar jemput cucu sekolah (hampir setiap hari).. jaraknya jg less thn 20km.. villadago - giriloka.

Dan ada 1 unit mobil non lcgc citycar yg dipakai pasangan pulang pergi kantor (nusaloka - sektor 2)..kenapa ga pakai taksi/ojek online? Karena saya lebih worryfree dia pakai kendaraan sendiri, dan jatuhnya lebih irit.

Kalau mobil saya pribadi, cuma dipakai pas weekend.. dan saya lebih suka commuting KRL untuk sehari2...

jadi, beli mobil memang sesuaikan dengan kebutuhan, biar ga mubazir hehe.. buang jauh2 membeli barang hanya karena gengsi.
Kadang satu rumah punya banyak mobil satu orang pake sebiji ngga selalu pemborosan sih... krn khususnya kalo keluarga anak udah gede pasti urusannya beda-beda semua dan jelek-jelek nggak searah semua jalannya. Ya klo anak masih kecil pastinya 1 mobil cukup karena dianter, lha kalo udah gede kan beda kasus.

Ya balik lagi, anaknya ke kampus ngga bawa mobil resiko di jalan klo kenapa-napa... Nggak ada public transport yang proper dan trayeknya ke arah kampusnya.

Klo sampe beli mobil udah maksa cuma belain gengsi sih sayang bener... bayar cicilan berat, blom PKB, bensin, perawatan... kecuali klo duit memang gak ada serinya ya boleh lah.
diidoot wrote: Mon May 14, 2018 4:09 Kalau saya yang kebetulan orang kota (di KTP sih kotamadya) pake mobil untuk kerja. Tempat kerja saya harus lewat tol biar cepet sampe dan transport publik ga ada yang jamnya sesuai. Pake taksi online tekor lah

Istri saya pake mobil ke kantornya (22 km pp). Isi bensin 100 ribu seminggu. Ga saya izinkan naik motor karena rawan celaka. Naik taksol boros, apalagi kalau malem saya juga ga izinkan, prefer si burung biru saja.

Orang tua saya juga ada 1 mobil di rumah yang jarang dipake. Alesannya untuk emergency (nenek saya sudah tua) dan kalau mau cepet bisa langsung berangkat. Waktu dulu pernah bener-bener ketolong karena ada mobil saat serangan stroke jadi cepet di-handle


setuju om kris. Paling seneng kalau naik taksi online tapi dapetnya si biru. Dari segi pelayanan jauh. Kebersihan mobil apalagi :mky_02:


masalah di indonesia ya dari dulu public transportnya emang belom sampe tahap yang bisa diandalkan. Trotoar jangan diharapin lah, mental orang sini aja masih banyak yang gitu gimana mau rapih. Belum asep debu polusi dan panas mataharinya
Wah ada jg penggemar teksi biru kayak saya... :mky_01: makanya klo app sya demen pake yang buatan anak bangsa krn ada chance dapet si biru pas order. Lumayan dapet layanan khas burung biru dengan harga cuma separuh bahkan kadang 1/3.

Secara gaya nyetir juga rata-rata gaya nyetir teksi biru lebih terstandar ketimbang dapet pengemudi "random". Klo hoki dapet yang nyetirnya alus, klo apes dapetnya yang nyendat-nyendat RPM tinggi gak ngoper, atau RPM kerendahan shiftingnya selalu early jadi pelan banget... :mky_05:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7