Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Malam um" semua
Ijin angkat tema diatas buat discuss ringan wiken ini. Backgroundnya....
+ bbrp pabrikan mulai cb pk type transmisi ini di unitnya yg beredar di indo, spt merc a series (cmiiw) dsampg pemain lama spt VW/Ford.
+ Pertanyaan n Statement yg muncul berulang:
1.Apakah sdh aman pk DCT skrg?
2. DCT horor loh ..Buat kemacetan.
Dr hal diats...muncul pertanyaan... "apa, kenapa,bagaimana" antara a dct n kondisi traffic stop n go, serta hal lain yg tdk dianjurkan n berpotensi jd wear/aus.
Bbrp fact yg membuatnya menarik adl
Sebagian besar kita tahunya ini adlh AT transmission n cara deal withnya yah sama saja dg AT biasa.
Dr sharing kecil n ringan ini mudah"an ada benefit buat user yg hendak meminang Mbl dg type trnsmisi ini, buat yg lg pake..ada input baru cara treat type transmisi ini, buat yg belom.. ada tambah nfo plus minus type tansmisi dual clutch ini di banding type lainnya konvensional AT, CVT, or MT.
Any little though, xperience, atopun literatur bacaan berkenaan dg DCT/DSG yg um ada ketahui monggo cb lempar di sini.
Ijin angkat tema diatas buat discuss ringan wiken ini. Backgroundnya....
+ bbrp pabrikan mulai cb pk type transmisi ini di unitnya yg beredar di indo, spt merc a series (cmiiw) dsampg pemain lama spt VW/Ford.
+ Pertanyaan n Statement yg muncul berulang:
1.Apakah sdh aman pk DCT skrg?
2. DCT horor loh ..Buat kemacetan.
Dr hal diats...muncul pertanyaan... "apa, kenapa,bagaimana" antara a dct n kondisi traffic stop n go, serta hal lain yg tdk dianjurkan n berpotensi jd wear/aus.
Bbrp fact yg membuatnya menarik adl
Sebagian besar kita tahunya ini adlh AT transmission n cara deal withnya yah sama saja dg AT biasa.
Dr sharing kecil n ringan ini mudah"an ada benefit buat user yg hendak meminang Mbl dg type trnsmisi ini, buat yg lg pake..ada input baru cara treat type transmisi ini, buat yg belom.. ada tambah nfo plus minus type tansmisi dual clutch ini di banding type lainnya konvensional AT, CVT, or MT.
Any little though, xperience, atopun literatur bacaan berkenaan dg DCT/DSG yg um ada ketahui monggo cb lempar di sini.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Need more development for daily usage.
FWD + RWD + 4WD =
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Saya ijin Nyimak aja deh belum pernah piara mobil dgn DCT, cuma pernah piara motor matic dgn Transmisi CVT 15 tahun on going dan mobil dgn transmisi CVT yg juga, baru jalan 4 tahun on going jg [emoji3]. Pengetahuan saya pribadi msh dangkal banget di Dual Clutch Transsmision di tambah ngak pernah ada pengalaman piara mobil dgn this transmission. Yg saya pernah baca ttg DCT dan msh teringat di memory DCT ada yg dry clutch and wet clutch serta fastest shifting road car Transsmision saja. Dimana yg wet multiplate clutch DCT digunakan di Bugatti Veyron.
HR15DE 2014
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
- Location: Bandung
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Kalau yang saya pernah denger sih, wet dct lebih kuat dari dry dct. Oleh karena itu katanya golf gti sama tiguan lebih kuat transmisinya dari golf tsi ..... ini semua katanya loh soalnya belum pernah punya mobil ber dct, dulu mentoknya cuman rencana mau minang mobil dct dan gagal (ford focus)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
calon thread bergizi ini, nunggu yang ahli turun
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
- Location: West-east java
- Daily Vehicle: Owl and three diamond
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Kalau sy pernah dengar tentang cara pemakaian agar awet dct dikemacetan dengan cara rem jangan setengah2 tp sy bingung maksudnya gimana, karena biasanya kalau macet kita kan dikit2 rem kalau ngga kesalip mobil dr kiri/kanan
Ada yg ngerti maksudnya?
Ada yg ngerti maksudnya?
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Setau saya jgn creeping sambil nahan pake rem di kondisi stop n go, mending direm sampe berenti sekalian.. sebab clutchnya ttp connect klo mobilnya ga berenti, mgkin sama dg stgh kupling di manual?
Alasan yg sama juga berlaku di tanjakan, kebanyakan org pemakai a/t konvensional ngebiarin posisinya di D , dan tanpa apply rem utk nahan posisi mobil spy ga mundur.. di at biasa mgkin ga masalah krn torque converter yg terus berputar, namanya juga torque convert wkwkw..
Tp di dct, seharusnya itu berarti (lagi2) kupling yg main supaya mobilnya nahan, mirip kelakuan supir angkot atau new m/t driver di tanjakan yg muke nya pucet klo trlanjur berenti di tanjakan...
Anw, pernah nyobain b200 dct, surprisingly waktu stop n go transmisinya lumayan halus dibanding dct nya vw, (walo ttp ga bisa sehalus torq converter), dan tarikannya pun buassss..pdhal on spec cuma 156 hp?? Tp perasaan lbih buas dari c200nya w204.. jd ngilerrr
Alasan yg sama juga berlaku di tanjakan, kebanyakan org pemakai a/t konvensional ngebiarin posisinya di D , dan tanpa apply rem utk nahan posisi mobil spy ga mundur.. di at biasa mgkin ga masalah krn torque converter yg terus berputar, namanya juga torque convert wkwkw..
Tp di dct, seharusnya itu berarti (lagi2) kupling yg main supaya mobilnya nahan, mirip kelakuan supir angkot atau new m/t driver di tanjakan yg muke nya pucet klo trlanjur berenti di tanjakan...
Anw, pernah nyobain b200 dct, surprisingly waktu stop n go transmisinya lumayan halus dibanding dct nya vw, (walo ttp ga bisa sehalus torq converter), dan tarikannya pun buassss..pdhal on spec cuma 156 hp?? Tp perasaan lbih buas dari c200nya w204.. jd ngilerrr
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Sharing pengalaman sedikit sbgai owner ford dct dari 2014 sampai skrg dengan km 54rb, so far stlh hampir 4 tahun pake dgn kondisi stop n go macet di jakarta masih cukup aman, memang gejala judder atau getar2 masih lmyn sering terjadi klo macet atau timing injek gas kurang pas,
Untuk gaya menyetir yg penting saat macet harus dipindah ke N , instead injek rem tetap di D, saya mau nanya untuk penggantian olie dct nya ford di kilometer berapa ada yang tau infonya?
Untuk gaya menyetir yg penting saat macet harus dipindah ke N , instead injek rem tetap di D, saya mau nanya untuk penggantian olie dct nya ford di kilometer berapa ada yang tau infonya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1047
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Oli dct ford kalo gak salah bisa pake yg keluaran Febi Bilstein om, nama lengkapnya Febi Bilstein DCTF-1. Kalo di Makassar tempat saya beli sih agak mahal, 750rb/ botol. Saya lupa botolnya itu ukuran 1 liter ato 1 quart.
Yg jelas oli itu bisa dipake di fiesta manual & habis sekitar 2 botol (pengalaman di fiesta 2011 punya adek ipar)
Yg jelas oli itu bisa dipake di fiesta manual & habis sekitar 2 botol (pengalaman di fiesta 2011 punya adek ipar)
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Oli dctf ford pake SAE 75, GL5/GL4. Febi Bilstein DCTF itu buat wetclutch. Will destroy the bearings.
FWD + RWD + 4WD =
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Untuk no. 1. Aman sepanjang masa garansi . Pakai dari baru Oct 2016, Dct vw polo sampe sekarang km 33500, masih enak aja.jivos wrote:Malam um" semua
Ijin angkat tema diatas buat discuss ringan wiken ini. Backgroundnya....
+ bbrp pabrikan mulai cb pk type transmisi ini di unitnya yg beredar di indo, spt merc a series (cmiiw) dsampg pemain lama spt VW/Ford.
+ Pertanyaan n Statement yg muncul berulang:
1.Apakah sdh aman pk DCT skrg?
2. DCT horor loh ..Buat kemacetan.
Dr hal diats...muncul pertanyaan... "apa, kenapa,bagaimana" antara a dct n kondisi traffic stop n go, serta hal lain yg tdk dianjurkan n berpotensi jd wear/aus.
Bbrp fact yg membuatnya menarik adl
Sebagian besar kita tahunya ini adlh AT transmission n cara deal withnya yah sama saja dg AT biasa.
Dr sharing kecil n ringan ini mudah"an ada benefit buat user yg hendak meminang Mbl dg type trnsmisi ini, buat yg lg pake..ada input baru cara treat type transmisi ini, buat yg belom.. ada tambah nfo plus minus type tansmisi dual clutch ini di banding type lainnya konvensional AT, CVT, or MT.
Any little though, xperience, atopun literatur bacaan berkenaan dg DCT/DSG yg um ada ketahui monggo cb lempar di sini.
Cuma ya kalo macet nya parah, selalu saya usahakan manual dan tidak creeping. Soalnya kalo di posisi D itu gigi 1 hanya di pakai ga sampe 1 detik udah pindah ke 2.
Kenapa harus selalu injek rem penuh?menurut channel youtube nya engineering explain, kalo posisi injek rem penuh itu gearbox release clutch jadi netral. Jadi ga dalam posisi engaged atau setengah kopling ya. Sebenar nya musuh Dct nya vw group itu di mechatronics nya juga, namanya electronics ya musuh utama nya panas. Di buku manual nya vw polo ada kok di sarankan kalo panas berhenti dulu.
Kebetulan saya ada at avanza juga dari October 2014 sampe sekarang sudah km 251.000, hanya kuras oli di km 120.000 dan km 240.000 masih smooth. Tapi apakah Dct vw polo bisa se kuat itu? itu yang masih di tunggu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 382
- Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
kalau saya nyetir tiguan, sudah terbiasa kalau kondisi macet atau sedang naik ramp parkiran mall yg tinggi maka transmisi saya oper ke mode manual... jadi manual 1 ke manual 2 lalu baru oper ke Drive lagi nyambung D3 D4 dst.
Tapi kalau hanya berenti pas lampu merah dan tidak macet, tetep langsung D1 ke D2 dst.
so far seperti itu nga ada masalah apa2 sih sama transmisi, plus servis selalu di beres yah ikutin aja kalau suruh ganti fluid transmisi dll
hhheheheee
Tapi kalau hanya berenti pas lampu merah dan tidak macet, tetep langsung D1 ke D2 dst.
so far seperti itu nga ada masalah apa2 sih sama transmisi, plus servis selalu di beres yah ikutin aja kalau suruh ganti fluid transmisi dll
hhheheheee
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Gunakan sesuai anjuran pabrikan, lifetime. Pake sampe kering paling 30-40rb kilometer klo sering buat macet. Nanti pas 50rb ganti utuh ama girboknya ya.
FWD + RWD + 4WD =
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Sy sendiri pengen banget punya mobil DCT yurop yang wet clutch yang sudah terbukti lebih awet dibanding dry clutch.
Seperti golf gti, scirocco 2.0, tiguan.
Wet clutch soalnya lebih 'dingin' transmisinya untuk di jkt. Padahal perbedaan efisiensi dry clutch nggak seberapa tapi kenapa mereka tetep pake dry ya. hmmm
Yang pasti kalo sampe punya yang dry clutch, sebisa mungkin itu torsi mesin jgn dinaikin deh dari pada tengah jalan matot tuh mecha.
Seperti golf gti, scirocco 2.0, tiguan.
Wet clutch soalnya lebih 'dingin' transmisinya untuk di jkt. Padahal perbedaan efisiensi dry clutch nggak seberapa tapi kenapa mereka tetep pake dry ya. hmmm
Yang pasti kalo sampe punya yang dry clutch, sebisa mungkin itu torsi mesin jgn dinaikin deh dari pada tengah jalan matot tuh mecha.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
1. Sangat sangat aman sekali kalau new unit / garansijivos wrote: ↑Thu May 10, 2018 14:34 Malam um" semua
Ijin angkat tema diatas buat discuss ringan wiken ini. Backgroundnya....
+ bbrp pabrikan mulai cb pk type transmisi ini di unitnya yg beredar di indo, spt merc a series (cmiiw) dsampg pemain lama spt VW/Ford.
+ Pertanyaan n Statement yg muncul berulang:
1.Apakah sdh aman pk DCT skrg?
2. DCT horor loh ..Buat kemacetan.
Dr hal diats...muncul pertanyaan... "apa, kenapa,bagaimana" antara a dct n kondisi traffic stop n go, serta hal lain yg tdk dianjurkan n berpotensi jd wear/aus.
Bbrp fact yg membuatnya menarik adl
Sebagian besar kita tahunya ini adlh AT transmission n cara deal withnya yah sama saja dg AT biasa.
Dr sharing kecil n ringan ini mudah"an ada benefit buat user yg hendak meminang Mbl dg type trnsmisi ini, buat yg lg pake..ada input baru cara treat type transmisi ini, buat yg belom.. ada tambah nfo plus minus type tansmisi dual clutch ini di banding type lainnya konvensional AT, CVT, or MT.
Any little though, xperience, atopun literatur bacaan berkenaan dg DCT/DSG yg um ada ketahui monggo cb lempar di sini.
2. Horor kalau untuk unit second (berdoa aja ada goodwill dari ATPM bila kena)
Untuk No. 2, bila ada recall global untuk mechatronic & DCT itu artinya ... ???
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Jawaban singkat saja:
1. DCT saya aman sampe saya jual... di KM 26xxx km. Cuma pernah sekali overheat gara-gara ga disiplin waktu di Taman Safari, dan pernah sekali ga mau masuk ke D dari N. Plus beberapa kali keringat dingin kalo start di tanjakan curam.
2. Buat macet, pake DCT harus stop sampai full stop. Ga boleh creeping kalo mau panjang umur.
Plus-nya, bisa dipakai selap-selip di Pantura sampe Bali
1. DCT saya aman sampe saya jual... di KM 26xxx km. Cuma pernah sekali overheat gara-gara ga disiplin waktu di Taman Safari, dan pernah sekali ga mau masuk ke D dari N. Plus beberapa kali keringat dingin kalo start di tanjakan curam.
2. Buat macet, pake DCT harus stop sampai full stop. Ga boleh creeping kalo mau panjang umur.
Plus-nya, bisa dipakai selap-selip di Pantura sampe Bali
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Bisa dijelaskan ngga disiplin nya bagaimana, Pak?alexdonovan wrote:Jawaban singkat saja:
1. DCT saya aman sampe saya jual... di KM 26xxx km. Cuma pernah sekali overheat gara-gara ga disiplin waktu di Taman Safari, dan pernah sekali ga mau masuk ke D dari N. Plus beberapa kali keringat dingin kalo start di tanjakan curam.
2. Buat macet, pake DCT harus stop sampai full stop. Ga boleh creeping kalo mau panjang umur.
Plus-nya, bisa dipakai selap-selip di Pantura sampe Bali
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
sblmnya....thx um" atas sharenya, sorry ngga kuote satu" nih, but appreciate utk opini/point yg dsampaikan.
Di kondisi creeping gitu bukannya agak sulit buat kita apply full press brake Sec bentar" sdh hrs maju lagi k depan, pun begitu utk menunggu gap sampai cukup kosong dg mbl depan br bergerak maju k dpn.
Applying n changing frm brake n gas accelerator simultantly di kondisi creeping ini klo nda salah yg jd mslh...partial engaged condition ..slip clutch.... friksi happen ..later bcome heat...n bikin clutch aus/mecha rontok.
Tech software (mecha) di dct ini sptnya b'peran vital krn dia hrs bs memprediksi dg benar incoming geared brktnya bkl upshift ato downshift based on input yg dia terima. Di satu rangkaian aksi yg sm ...mecha akan mdh mbaca,nya, tp klo input yg d terima mecha dr driver silih b'ganti brake n accelerate...dia akan stall/partial enggaged..n slip..sblm fully locked stlh bs terbaca. Cth facing stop lamp dr red ke hijau, start applying brake (mecha aka preselect geared bawah)...tp driver bejek gas krn lamp hiaju dan minta mecha siapin geared atas.
M'hindari partial engaged ini di dct tranny sulit n jd momok baik buat geared clutchnya atpun mechanya. Jujur sy cukup surprising ada um diatas dg kondisi 4thn odo 54km tp msh dlm kondisi ok, sec jarang sy nemu begini. D bbrp manufakture lain buat perbandingan ..sy liat msh menghadapi kendala yg sama, apakah itu dct di nissan gtr atopun dct d M3 biem,later di biem klo nda salah di tambah alat bantu (assist tools) utk ngindari clutch dlm kondis partial enggaged ini.
cmiiw ya...rd blibet ane maparin nya sec bkn org technical.
Di kondisi creeping gitu bukannya agak sulit buat kita apply full press brake Sec bentar" sdh hrs maju lagi k depan, pun begitu utk menunggu gap sampai cukup kosong dg mbl depan br bergerak maju k dpn.
Applying n changing frm brake n gas accelerator simultantly di kondisi creeping ini klo nda salah yg jd mslh...partial engaged condition ..slip clutch.... friksi happen ..later bcome heat...n bikin clutch aus/mecha rontok.
Tech software (mecha) di dct ini sptnya b'peran vital krn dia hrs bs memprediksi dg benar incoming geared brktnya bkl upshift ato downshift based on input yg dia terima. Di satu rangkaian aksi yg sm ...mecha akan mdh mbaca,nya, tp klo input yg d terima mecha dr driver silih b'ganti brake n accelerate...dia akan stall/partial enggaged..n slip..sblm fully locked stlh bs terbaca. Cth facing stop lamp dr red ke hijau, start applying brake (mecha aka preselect geared bawah)...tp driver bejek gas krn lamp hiaju dan minta mecha siapin geared atas.
M'hindari partial engaged ini di dct tranny sulit n jd momok baik buat geared clutchnya atpun mechanya. Jujur sy cukup surprising ada um diatas dg kondisi 4thn odo 54km tp msh dlm kondisi ok, sec jarang sy nemu begini. D bbrp manufakture lain buat perbandingan ..sy liat msh menghadapi kendala yg sama, apakah itu dct di nissan gtr atopun dct d M3 biem,later di biem klo nda salah di tambah alat bantu (assist tools) utk ngindari clutch dlm kondis partial enggaged ini.
cmiiw ya...rd blibet ane maparin nya sec bkn org technical.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
- Location: Jakarta Selatan
- Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Adik saya pakai Tiguan dengan DSG wet clutch (DQ250) hampir 5 tahun. Kilometer terakhir sebelum dijual di 81 ribu.
Alhamdulillah selama hampir 5 tahun pemakaian tidak pernah terjadi apa-apa yang aneh. Trayek Adik saya banyak macet-macetan, setiap hari pulang pergi dari Terogong ke Senayan atau ke SCBD.
Karena DSG DQ250 ini adalah tipe wet clutch yang sudah tried and tested, jadi tidak pernah ada masalah sama sekali. Sekalinya ada problem dulu pernah power loss sekali saja, pas dibawa ke bengkel resmi hanya di reset saja ECU nya. Setelah itu tidak pernah ada masalah.
Dan karena ada auto brake hold jadi jarang creeping juga kalau macet katanya, sekalinya jalan ya nggak creep doang.
Kalau teman saya yang punya DCT bermasalah ada, tapi hanya di 2 mobil: GT-R R35 dan Golf TSI yang sudah di remap. Kalau Fiesta 1.6, kata teman-teman yang punya hanya kasar aja, nggak pernah sampe masalah banget.
Alhamdulillah selama hampir 5 tahun pemakaian tidak pernah terjadi apa-apa yang aneh. Trayek Adik saya banyak macet-macetan, setiap hari pulang pergi dari Terogong ke Senayan atau ke SCBD.
Karena DSG DQ250 ini adalah tipe wet clutch yang sudah tried and tested, jadi tidak pernah ada masalah sama sekali. Sekalinya ada problem dulu pernah power loss sekali saja, pas dibawa ke bengkel resmi hanya di reset saja ECU nya. Setelah itu tidak pernah ada masalah.
Dan karena ada auto brake hold jadi jarang creeping juga kalau macet katanya, sekalinya jalan ya nggak creep doang.
Kalau teman saya yang punya DCT bermasalah ada, tapi hanya di 2 mobil: GT-R R35 dan Golf TSI yang sudah di remap. Kalau Fiesta 1.6, kata teman-teman yang punya hanya kasar aja, nggak pernah sampe masalah banget.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5694
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Kemaren coba punya Tiguan baru di SM gath Surabaya, pas creeping di kemacetan smooth aja sih.
Tapi enak banget kalo pas digeber, ganti gigi cepet banget jadi momentum ga ilang. Ngisi terus.
Tapi enak banget kalo pas digeber, ganti gigi cepet banget jadi momentum ga ilang. Ngisi terus.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Dct ini memang sdh sesuai dg tujuan /maksud di buatnya type transmisi ini...delivery fastest shifting, klo suka dg performance..mk ambillah dct.
Technical challenge yg di hadapi pabrikannya:
1. Avoid/reducing slip kopling ( partial engage) yg tjd pd saat sreeping krn tdk cukupnya speeding gap utk kupling mlkkn fully engaged/disengaged d kondisi merayap, d at konvensional kondisi selip ini d reduksi olh fluid torque converter (spt yg dsinggung um effact), klo yg wet type dg olinya, yg dry ngga tau pk apa.
2. Tingkat responsiveness TCM dlm menterjemahkan input yg dberikan driver (gas/rem/speed kendaraan yg berlangsung). Bbrp kasus tabrakan stlh hardbraking (krn ada yg nyalip d dpn) ...TCM akan bengong/delay bbrp saat (power loss) sblm sadar d perintahkan utk accelerate bergerak, tp keburu d hajar mbl blkgnya.
Imo, jika kendala diasumsikan sdh tdk ada, type tranny MT or AT konvensional mungkin sdh digantikan semua dg dct ini olh pabrikan, mengingat bbrp krunggulan yg dmiliki transmisi type ini. Yg tersisa mungkin tingga type dct n cvt utk cheaper optionnya
Technical challenge yg di hadapi pabrikannya:
1. Avoid/reducing slip kopling ( partial engage) yg tjd pd saat sreeping krn tdk cukupnya speeding gap utk kupling mlkkn fully engaged/disengaged d kondisi merayap, d at konvensional kondisi selip ini d reduksi olh fluid torque converter (spt yg dsinggung um effact), klo yg wet type dg olinya, yg dry ngga tau pk apa.
2. Tingkat responsiveness TCM dlm menterjemahkan input yg dberikan driver (gas/rem/speed kendaraan yg berlangsung). Bbrp kasus tabrakan stlh hardbraking (krn ada yg nyalip d dpn) ...TCM akan bengong/delay bbrp saat (power loss) sblm sadar d perintahkan utk accelerate bergerak, tp keburu d hajar mbl blkgnya.
Imo, jika kendala diasumsikan sdh tdk ada, type tranny MT or AT konvensional mungkin sdh digantikan semua dg dct ini olh pabrikan, mengingat bbrp krunggulan yg dmiliki transmisi type ini. Yg tersisa mungkin tingga type dct n cvt utk cheaper optionnya
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- SM Moderator
- Posts: 811
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Couldn't agree more dgn om Jivosjivos wrote: ↑Mon May 14, 2018 2:58 Dct ini memang sdh sesuai dg tujuan /maksud di buatnya type transmisi ini...delivery fastest shifting, klo suka dg performance..mk ambillah dct.
Technical challenge yg di hadapi pabrikannya:
1. Avoid/reducing slip kopling ( partial engage) yg tjd pd saat sreeping krn tdk cukupnya speeding gap utk kupling mlkkn fully engaged/disengaged d kondisi merayap, d at konvensional kondisi selip ini d reduksi olh fluid torque converter (spt yg dsinggung um effact), klo yg wet type dg olinya, yg dry ngga tau pk apa.
2. Tingkat responsiveness TCM dlm menterjemahkan input yg dberikan driver (gas/rem/speed kendaraan yg berlangsung). Bbrp kasus tabrakan stlh hardbraking (krn ada yg nyalip d dpn) ...TCM akan bengong/delay bbrp saat (power loss) sblm sadar d perintahkan utk accelerate bergerak, tp keburu d hajar mbl blkgnya.
Imo, jika kendala diasumsikan sdh tdk ada, type tranny MT or AT konvensional mungkin sdh digantikan semua dg dct ini olh pabrikan, mengingat bbrp krunggulan yg dmiliki transmisi type ini. Yg tersisa mungkin tingga type dct n cvt utk cheaper optionnya
Ane skrg bawa 8AT tapi shifting nya kalah dgn 7DSG, kmren di cipularang ketauan bgt respon 8AT kalah dgn 7DSG. Ketika menanjak arah bandung, dgn menggunakan 8AT kecepatan 100 kpj, kalah cepat akselerasinya ke 140 kpj dibanding dgn 7DSG.
Tp masalah ketika macet2an, DSG itu tidak enak, jauh lebih peace of mind yg single clutch
But I miss my Golf
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
- Location: Jakarta Selatan
- Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Memang kalau masalah cepat shifting, DCT masih belum bisa dikalahkan karena tidak adanya lag sama sekali.r12qiSonH4ji wrote: ↑Mon May 14, 2018 5:46 Couldn't agree more dgn om Jivos
Ane skrg bawa 8AT tapi shifting nya kalah dgn 7DSG, kmren di cipularang ketauan bgt respon 8AT kalah dgn 7DSG. Ketika menanjak arah bandung, dgn menggunakan 8AT kecepatan 100 kpj, kalah cepat akselerasinya ke 140 kpj dibanding dgn 7DSG.
Tp masalah ketika macet2an, DSG itu tidak enak, jauh lebih peace of mind yg single clutch
But I miss my Golf
Tapi 8-speed ZF 8HP di BMW dan Audi amat sangat mendekati loh response nya.
Bahkan, kalau gue compare ZF 8HP di F30 dengan DSG DQ250 di Tiguan, ECU nya BMW malah lebih pintar shifting dan pilih gear nya.
Based on personal experience ya tapi, hehehe.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58