Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Aug 03, 2012 14:41
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Sharing aja, saya pemakai ford fiesta 2011 dct, dari baru dan sampai sekarang masih dipakai. Odo udah clocked 112.0xx km.
Jika jalanan lancar shifiting bisa dibilang enak hampir tidak berasa, hanya saat macet kurang enak. Karena suka berasa nyundul-nyundul saat merayap, dan jika ingin berebut jalur agak sulit karena responnya tidak instan seperti matic konvensional. Jika sudah terbiasa maka bisa membawanya halus disaat macet . Disaat macet harus sering oper ke N agar kopling disengaged dan tidak membuat clutch overheat, lalu saat merayap di tanjakan juga tidak bisa menahan terus di D agar transmisi tidak kepanasan.
Penggantian oli terakhir saat 50rb-an km pakai oli motocraft dct. Dalam waktu dekat sudah mau ganti lagi, karena sudah 60rb km hhe.
Untuk problem yang paling major sih saat agustus 2017 kemarin di odo 101.0xx km, mobil hanya bisa jalan 20km/jam dengan gigi 1, diagnosa lever clutchnya stuck. Kena DC 15jt di bengkel spesialis ford di pmk, yang di ganti lever clutch A, lever clutch B, release bearing, sama clutch packnya.
Beberapa foto barang-barang yang diganti.
Gejala sebelum rusak mobil suka bergetar lumayan saat menanjak dan saat pindah gigi. Setelah diganti, langsung halus seperti baru
Problem lain seputar dct belum ada, dan semoga tidak ada lagi , TCM jg masih aman belum ada problem dan kalau problem semoga masih bisa claim, yang katanya 10 tahun untuk TCM.
Overall dct enak untuk jalanan yang lancar dan enak buat ngebut. Hanya saja perlu perlakuan yang beda dengan matic konvensional.
Jika jalanan lancar shifiting bisa dibilang enak hampir tidak berasa, hanya saat macet kurang enak. Karena suka berasa nyundul-nyundul saat merayap, dan jika ingin berebut jalur agak sulit karena responnya tidak instan seperti matic konvensional. Jika sudah terbiasa maka bisa membawanya halus disaat macet . Disaat macet harus sering oper ke N agar kopling disengaged dan tidak membuat clutch overheat, lalu saat merayap di tanjakan juga tidak bisa menahan terus di D agar transmisi tidak kepanasan.
Penggantian oli terakhir saat 50rb-an km pakai oli motocraft dct. Dalam waktu dekat sudah mau ganti lagi, karena sudah 60rb km hhe.
Untuk problem yang paling major sih saat agustus 2017 kemarin di odo 101.0xx km, mobil hanya bisa jalan 20km/jam dengan gigi 1, diagnosa lever clutchnya stuck. Kena DC 15jt di bengkel spesialis ford di pmk, yang di ganti lever clutch A, lever clutch B, release bearing, sama clutch packnya.
Beberapa foto barang-barang yang diganti.
Gejala sebelum rusak mobil suka bergetar lumayan saat menanjak dan saat pindah gigi. Setelah diganti, langsung halus seperti baru
Problem lain seputar dct belum ada, dan semoga tidak ada lagi , TCM jg masih aman belum ada problem dan kalau problem semoga masih bisa claim, yang katanya 10 tahun untuk TCM.
Overall dct enak untuk jalanan yang lancar dan enak buat ngebut. Hanya saja perlu perlakuan yang beda dengan matic konvensional.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5716
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Bener om. Dia bilang pake transmisi sama kyk dipake Golf Gti.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Tiguan pake wet clutch setau gw. selama vw DCT's nya 6 speed hampir bisa dipastikan itu wet clutch.
Wet clutch lebih bisa menahan torque yang lebih tinggi, kalo di case tiguan biar bisa menahan beban yang lebih berat ditambah jika towing caravan.
So kalo mau naik revo/apr tiguan dijamin aman hahaha..
sciroco 2.0 juga wet clutch
Duh jadi ngidam GTI nih, dsg fart nya itu loh
Wet clutch lebih bisa menahan torque yang lebih tinggi, kalo di case tiguan biar bisa menahan beban yang lebih berat ditambah jika towing caravan.
So kalo mau naik revo/apr tiguan dijamin aman hahaha..
sciroco 2.0 juga wet clutch
Duh jadi ngidam GTI nih, dsg fart nya itu loh
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
- Location: West-east java
- Daily Vehicle: Owl and three diamond
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Creeping itu maksudnya merayap yaiwansiagian wrote: ↑Fri May 11, 2018 2:20Untuk no. 1. Aman sepanjang masa garansi . Pakai dari baru Oct 2016, Dct vw polo sampe sekarang km 33500, masih enak aja.jivos wrote:Malam um" semua
Ijin angkat tema diatas buat discuss ringan wiken ini. Backgroundnya....
+ bbrp pabrikan mulai cb pk type transmisi ini di unitnya yg beredar di indo, spt merc a series (cmiiw) dsampg pemain lama spt VW/Ford.
+ Pertanyaan n Statement yg muncul berulang:
1.Apakah sdh aman pk DCT skrg?
2. DCT horor loh ..Buat kemacetan.
Dr hal diats...muncul pertanyaan... "apa, kenapa,bagaimana" antara a dct n kondisi traffic stop n go, serta hal lain yg tdk dianjurkan n berpotensi jd wear/aus.
Bbrp fact yg membuatnya menarik adl
Sebagian besar kita tahunya ini adlh AT transmission n cara deal withnya yah sama saja dg AT biasa.
Dr sharing kecil n ringan ini mudah"an ada benefit buat user yg hendak meminang Mbl dg type trnsmisi ini, buat yg lg pake..ada input baru cara treat type transmisi ini, buat yg belom.. ada tambah nfo plus minus type tansmisi dual clutch ini di banding type lainnya konvensional AT, CVT, or MT.
Any little though, xperience, atopun literatur bacaan berkenaan dg DCT/DSG yg um ada ketahui monggo cb lempar di sini.
Cuma ya kalo macet nya parah, selalu saya usahakan manual dan tidak creeping. Soalnya kalo di posisi D itu gigi 1 hanya di pakai ga sampe 1 detik udah pindah ke 2.
Kenapa harus selalu injek rem penuh?menurut channel youtube nya engineering explain, kalo posisi injek rem penuh itu gearbox release clutch jadi netral. Jadi ga dalam posisi engaged atau setengah kopling ya. Sebenar nya musuh Dct nya vw group itu di mechatronics nya juga, namanya electronics ya musuh utama nya panas. Di buku manual nya vw polo ada kok di sarankan kalo panas berhenti dulu.
Kebetulan saya ada at avanza juga dari October 2014 sampe sekarang sudah km 251.000, hanya kuras oli di km 120.000 dan km 240.000 masih smooth. Tapi apakah Dct vw polo bisa se kuat itu? itu yang masih di tunggu
Jd kalau macet ada baiknya kita pergi manual ke D1 atau D2 saja , rem full tp kalau stay di gigi 1 untuk stop n go apa bisa ngga creeping sama sekali?
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Correct, creeping itu merayap.
Saya macet pindah ke N. Masuk D hanya kalo mau jalan. Untuk stop & go, minimize creeping. Full brake sampe full stop atau release pedal rem sama sekali saat jalan
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
- Location: West-east java
- Daily Vehicle: Owl and three diamond
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Jd artinya betul2 diaplikasikan spt kalau pakai manual ya bung?alexdonovan wrote: ↑Mon May 21, 2018 8:13Correct, creeping itu merayap.
Saya macet pindah ke N. Masuk D hanya kalo mau jalan. Untuk stop & go, minimize creeping. Full brake sampe full stop atau release pedal rem sama sekali saat jalan
Ke N lalu D1 lalu N lagi dengan full brake ,dan jangan sampai jalan saat macet dengan nahan rem ya?
Setidaknya tdak pegel kaki dan hati tenang sy rasa ngga masalah
Kalau ditanjakan bagaimana?
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Betul Om, aplikasikan seperti manual.
Start di tanjakan, saya jelaskan khusus Ecosoport ya... DCT lain saya belum tahu
- Trust HSA... Injak rem sambil gas doesn't work. Clutch ga engage. lepas kaki dari pedal rem, let HSA does its magic... setelah confirm mobil ga melorot, baru injak gas
- pray... di tanjakan lebih dari angle tertentu, mobil maju saangat lambat saat HSA dah release... Ini selalu bikin saya mules kalo ke daerah Maribaya, etc... critical angle saat mundur lebih kecil dari saat maju
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3692
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Baru tau di video ini kalo DCTnya ///M4 kalo mesin dimatiin otomatis pindah posisi ke P
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Di creeping stepnya dia...aktifkan fitur Low speed assist...lepas kaki dr pedal gas n rem..biarkan mbl rolling
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Jun 26, 2018 2:40
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Halo gan, ane pemakai Scirocco TSI 2015, baru ajah kena nih mechatronics nya. Montir VW nya bilang harus sering-sering dimainin gigi nya, kadang manual, D, sama S. Cuman abis baca2 di forum ternyata dry clutch ini emang bermasalah ya.
Tips2 dari senior2 disini yang bisa ane simpulin adalah kalo macet baiknya diubah jadi manual, pertanyaan ane kalo macet biasa ane jadiin netral itu gimana? aman ga untuk clutch?
dan kalo ada masukan2 lagi untuk ngerawat boleh dong:)
Terima kasih sebelumnya
Tips2 dari senior2 disini yang bisa ane simpulin adalah kalo macet baiknya diubah jadi manual, pertanyaan ane kalo macet biasa ane jadiin netral itu gimana? aman ga untuk clutch?
dan kalo ada masukan2 lagi untuk ngerawat boleh dong:)
Terima kasih sebelumnya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Mon Aug 06, 2018 10:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Polo TSI
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Mau nanya dong.
Ane selama ini make mobil AT dimana kebiasaan kalau mau jalan selalu lepas rem dulu sampai mobil jalan baru di gas. Kalau di mobil sistem DCT, bahaya/ngurangin umurnya gak.
Sama untuk VW Polo sendiri untuk tanjakan ada HSA ga ya atau ada trik untuk hill climb? apakah saat berhenti total di tanjakan rem penuh, terus lepas rem saat mau naik (sambil mastiin bahwa mobil gak mundur) baru gas.
Terimakasih gan, mau minang polo tapi masih awam sama sistem DCT ini
Ane selama ini make mobil AT dimana kebiasaan kalau mau jalan selalu lepas rem dulu sampai mobil jalan baru di gas. Kalau di mobil sistem DCT, bahaya/ngurangin umurnya gak.
Sama untuk VW Polo sendiri untuk tanjakan ada HSA ga ya atau ada trik untuk hill climb? apakah saat berhenti total di tanjakan rem penuh, terus lepas rem saat mau naik (sambil mastiin bahwa mobil gak mundur) baru gas.
Terimakasih gan, mau minang polo tapi masih awam sama sistem DCT ini
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
kalau boleh tahu oom, kalau sudah divonis kena Mechatronic-nya, apakah tranny jd diganti 1 gelondongan, atau hanya ganti partial saja ??alexdonovan wrote: ↑Mon May 21, 2018 8:13Correct, creeping itu merayap.
Saya macet pindah ke N. Masuk D hanya kalo mau jalan. Untuk stop & go, minimize creeping. Full brake sampe full stop atau release pedal rem sama sekali saat jalan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Jun 27, 2018 13:35
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
ikutan nimbrung ya om2 skalian..
sy pakai tiguan dari taun 2015 dan so far no issue sih. pemakaiannya kurang lebih seperti yang sudah dishare di postingan2 diatas, i.e. klo stop pindah ke N, creeping pakai mode manual.
dan emang klo pas jalanan kosong enak banget pakenya, pindahin ke mode S sekalian
sy pakai tiguan dari taun 2015 dan so far no issue sih. pemakaiannya kurang lebih seperti yang sudah dishare di postingan2 diatas, i.e. klo stop pindah ke N, creeping pakai mode manual.
dan emang klo pas jalanan kosong enak banget pakenya, pindahin ke mode S sekalian
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Dsg ada dua part utama lae.. Mechatronic dan gearbox yang ada clutch nya (karena ini sperti manual)ginting wrote:kalau boleh tahu oom, kalau sudah divonis kena Mechatronic-nya, apakah tranny jd diganti 1 gelondongan, atau hanya ganti partial saja ??alexdonovan wrote: ↑Mon May 21, 2018 8:13Correct, creeping itu merayap.
Saya macet pindah ke N. Masuk D hanya kalo mau jalan. Untuk stop & go, minimize creeping. Full brake sampe full stop atau release pedal rem sama sekali saat jalan
Kalo cuma Mechatronic yang kena ya ganti hanya Mechatronic nya. Iya kalo aus juga clutch ya ganti clutch pack juga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Hehehe, koplingnya gak bisa ganti kampasnya atau dekrupnya doank ya?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Wed Nov 02, 2016 7:37
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
kemarin pas servis ecosport di bengkel ford (bareng sama nissan roxy), kata SAnya garansi TCM cuma 5 tahun.badboy0691 wrote: ↑Mon May 14, 2018 12:57 Sharing aja, saya pemakai ford fiesta 2011 dct, dari baru dan sampai sekarang masih dipakai. Odo udah clocked 112.0xx km.
Jika jalanan lancar shifiting bisa dibilang enak hampir tidak berasa, hanya saat macet kurang enak. Karena suka berasa nyundul-nyundul saat merayap, dan jika ingin berebut jalur agak sulit karena responnya tidak instan seperti matic konvensional. Jika sudah terbiasa maka bisa membawanya halus disaat macet . Disaat macet harus sering oper ke N agar kopling disengaged dan tidak membuat clutch overheat, lalu saat merayap di tanjakan juga tidak bisa menahan terus di D agar transmisi tidak kepanasan.
Penggantian oli terakhir saat 50rb-an km pakai oli motocraft dct. Dalam waktu dekat sudah mau ganti lagi, karena sudah 60rb km hhe.
Untuk problem yang paling major sih saat agustus 2017 kemarin di odo 101.0xx km, mobil hanya bisa jalan 20km/jam dengan gigi 1, diagnosa lever clutchnya stuck. Kena DC 15jt di bengkel spesialis ford di pmk, yang di ganti lever clutch A, lever clutch B, release bearing, sama clutch packnya.
Beberapa foto barang-barang yang diganti.
Gejala sebelum rusak mobil suka bergetar lumayan saat menanjak dan saat pindah gigi. Setelah diganti, langsung halus seperti baru
Problem lain seputar dct belum ada, dan semoga tidak ada lagi , TCM jg masih aman belum ada problem dan kalau problem semoga masih bisa claim, yang katanya 10 tahun untuk TCM.
Overall dct enak untuk jalanan yang lancar dan enak buat ngebut. Hanya saja perlu perlakuan yang beda dengan matic konvensional.
Entah benar atau tidak ya, ada yg tahu?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Fri Aug 24, 2018 9:41
- Location: Tangerang
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
tiguan wet clutch gak perlu gonta ganti gigi kan yah di kemacetan atau tanjakan mall tinggi? rencana mau ambil tiguan.. pake auto hold aja nanti kalau macet..VoxPopuli wrote: ↑Sun May 13, 2018 22:34 Adik saya pakai Tiguan dengan DSG wet clutch (DQ250) hampir 5 tahun. Kilometer terakhir sebelum dijual di 81 ribu.
Alhamdulillah selama hampir 5 tahun pemakaian tidak pernah terjadi apa-apa yang aneh. Trayek Adik saya banyak macet-macetan, setiap hari pulang pergi dari Terogong ke Senayan atau ke SCBD.
Karena DSG DQ250 ini adalah tipe wet clutch yang sudah tried and tested, jadi tidak pernah ada masalah sama sekali. Sekalinya ada problem dulu pernah power loss sekali saja, pas dibawa ke bengkel resmi hanya di reset saja ECU nya. Setelah itu tidak pernah ada masalah.
Dan karena ada auto brake hold jadi jarang creeping juga kalau macet katanya, sekalinya jalan ya nggak creep doang.
Kalau teman saya yang punya DCT bermasalah ada, tapi hanya di 2 mobil: GT-R R35 dan Golf TSI yang sudah di remap. Kalau Fiesta 1.6, kata teman-teman yang punya hanya kasar aja, nggak pernah sampe masalah banget.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Pernha pake golf yg dry clutch, saat km udah 15rb udha berasa geter2 parha minta ganti kopling, free, rasanya dah kaya baru lg, tp br jalan 5rb mulai muncul lg geternya, smape akhirnya di km 30rb geter mulai parha lg, jual...
Skarang pake tiguan new, udah jalan 3rb km kondiis tranny masi seperti baru, tidka muncul gejala aneh2.
Pemakaian 90% dalkot, jalan pelan2 padat merayap. Jarang sekali dapet jalan kosong.
Sepertinya memang beda kualitas ketimbang yg dry, smeoga aja beriringnya waktu tetap seperti ini
Skarang pake tiguan new, udah jalan 3rb km kondiis tranny masi seperti baru, tidka muncul gejala aneh2.
Pemakaian 90% dalkot, jalan pelan2 padat merayap. Jarang sekali dapet jalan kosong.
Sepertinya memang beda kualitas ketimbang yg dry, smeoga aja beriringnya waktu tetap seperti ini
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Fri Aug 24, 2018 9:41
- Location: Tangerang
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
ada ngalamin jerky gak bro? kmrn waktu TD new tiguan sempet ngalamin pas kebetulan tanjakan, teken gas langsung loncat ke depan (untung cepet injek rem) motor banyak lalu lalan di depan juga.. mngkin gak biasa pake DSG... kepikiran kalau ngantri pas nanjak di mall atau di jalan mana.. atau emang bisa di tap dikit2 gas nya biar gak loncat ke depan... (sayang nya gak cukup waktu TD nya krn gak boleh di bawa jalan ke luar gedung) tapi setir enteng sekali... suka banget ama steering nya..evolution21 wrote: ↑Sun Sep 09, 2018 15:55 Pernha pake golf yg dry clutch, saat km udah 15rb udha berasa geter2 parha minta ganti kopling, free, rasanya dah kaya baru lg, tp br jalan 5rb mulai muncul lg geternya, smape akhirnya di km 30rb geter mulai parha lg, jual...
Skarang pake tiguan new, udah jalan 3rb km kondiis tranny masi seperti baru, tidka muncul gejala aneh2.
Pemakaian 90% dalkot, jalan pelan2 padat merayap. Jarang sekali dapet jalan kosong.
Sepertinya memang beda kualitas ketimbang yg dry, smeoga aja beriringnya waktu tetap seperti ini
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Tanjakan, saya plg sering alamin kondisi antrian di keluar parkiran, biasanya press auto hold, lalu nge gasnya pelan2 , enak2 aja sih, ga sampe melorot, juga ga sampe gas nya loncat.
Beda crita di dry clutch golf, kl nanjak kadang melorot cepet bgt, rasanya mirip kaya bawa mobil manual, kondisi nanjak tp injak kopling aja, meluncur cepatlah dia kebelakang....
Setuju Stirnya memang bagus sekali, ringan banget di kecepatan rendah tp sering meningkatnya kecepatan makin mantap dan terasa natural. Kalo bro udah suka stirnya di jalan pelan aja... ntar bakalan makin jatuh hati pas udha ngerasain di segala kondisi... hehehe
Beda crita di dry clutch golf, kl nanjak kadang melorot cepet bgt, rasanya mirip kaya bawa mobil manual, kondisi nanjak tp injak kopling aja, meluncur cepatlah dia kebelakang....
Setuju Stirnya memang bagus sekali, ringan banget di kecepatan rendah tp sering meningkatnya kecepatan makin mantap dan terasa natural. Kalo bro udah suka stirnya di jalan pelan aja... ntar bakalan makin jatuh hati pas udha ngerasain di segala kondisi... hehehe
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Fri Aug 24, 2018 9:41
- Location: Tangerang
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
makin mantab nih kyknya mau ambil ini.. , tinggal TD GLE, kalau masih gak cocok langsung SPK aja tiguan nya.. thanks bro info nyaevolution21 wrote: ↑Mon Sep 10, 2018 5:24 Tanjakan, saya plg sering alamin kondisi antrian di keluar parkiran, biasanya press auto hold, lalu nge gasnya pelan2 , enak2 aja sih, ga sampe melorot, juga ga sampe gas nya loncat.
Beda crita di dry clutch golf, kl nanjak kadang melorot cepet bgt, rasanya mirip kaya bawa mobil manual, kondisi nanjak tp injak kopling aja, meluncur cepatlah dia kebelakang....
Setuju Stirnya memang bagus sekali, ringan banget di kecepatan rendah tp sering meningkatnya kecepatan makin mantap dan terasa natural. Kalo bro udah suka stirnya di jalan pelan aja... ntar bakalan makin jatuh hati pas udha ngerasain di segala kondisi... hehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Perbanidngannya tinggi banget GLE...
Tp ikut penasarna jg dgn comparisn nya.., sharing ya hasilnya
Kalo saya pas dulu comparenya ama x1, pilihan mudah utk itu
Tp ikut penasarna jg dgn comparisn nya.., sharing ya hasilnya
Kalo saya pas dulu comparenya ama x1, pilihan mudah utk itu
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Fri Aug 24, 2018 9:41
- Location: Tangerang
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
ia bro, udah coba CRV prestige, cx5 elite, GLC 250, x3..evolution21 wrote: ↑Mon Sep 10, 2018 15:07 Perbanidngannya tinggi banget GLE...
Tp ikut penasarna jg dgn comparisn nya.., sharing ya hasilnya
Kalo saya pas dulu comparenya ama x1, pilihan mudah utk itu
steering menang tiguan yah..
x5, gle yang belum coba.. infonya lumayan ok buat 2 mobil ini, cuman yah emang kegedean compare nya..
kalau dari segi harga udah jelas tiguan lebih hemat n worth it, 650jt new di banding second nya GLE/X5 di 1m.
paling skrg nimbang2 perlu mobil besar seperti GLE atau tidak nya.. kmngkinan sih beli tiguan kecuali nyetir itu GLE/X5 bisa bikin feeling WOW.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
- Location: Jakarta Selatan
- Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
Nggak kok.
Tapi bear in mind karena boost nya kecil, kalau mau nanjak harus turunin gigi biar ngacir. Kalau nggak ya gak ada tenaga nya, cuman 1.4 bok.
Tapi mau ambilnya Tiguan baru atau lama?
Seinget gue, Tiguan baru udah dry clutch.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Tue Sep 18, 2012 11:56
Re: Dual Clutch Transmission on Indo's traffic
DSG7 memang mantap, paddle shift di toel naik turun langsung bereaksi.
Kalau sudah pakai DSG7 lalu nyoba DSG6 akan terasa kalau DSG6 tidak akan secepat DSG7.
disamping itu, enaknya pake DSG kalau knalpot dibuat berisik dikit, setiap shifting bakal “Fart” yang akan membuat ketagihan
https://youtu.be/snBc_Eq8uZs
Kalau sudah pakai DSG7 lalu nyoba DSG6 akan terasa kalau DSG6 tidak akan secepat DSG7.
disamping itu, enaknya pake DSG kalau knalpot dibuat berisik dikit, setiap shifting bakal “Fart” yang akan membuat ketagihan
https://youtu.be/snBc_Eq8uZs