Saran Hyundai Santa fe diesel

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by ChZ »

Eh ya nggak tiap 1/2 tank juga deng... Skali aja klo ngga salah untuk sekian ribu kilo... Lupa anjurannya apa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by b8099ok »

Santa fe oli mesin n girboknya lifefime ya?
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5688
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by sintoni »

b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:46 Santa fe oli mesin n girboknya lifefime ya?

Pake lemak FRD ya mbah?
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by b8099ok »

sintoni wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:55
b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:46 Santa fe oli mesin n girboknya lifefime ya?

Pake lemak FRD ya mbah?
Iya, yg bagian nenennya tp,... 😢
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
Lee27
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Mon Jan 11, 2016 4:08
Location: SUB-MLG

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by Lee27 »

vp920b wrote: ↑Fri May 11, 2018 2:22
Buset kalau setiap 1/2 tank tuang diesel purge boros atuh..

Saya sih biasanya 4000-5000KM sekali baru tuang diesel purge, ga ada problem.

Per 10rb KM ganti Filter Solar aja yang main filter(kan ada 2 filter), 20rb KM ganti 2 2nya.

So far cukup irit urusan spare parts.

Untuk sensor ABS, kebetulan sorento belum pernah ada komplain sih dan ga pernah nyala.

3 tahun pemakaian 48rb KM, masih tahap normal kali ya.. Tapi cukup panjang buat pemakaian saya, karena GLC 1 tahun cuma 8000KM.. hehehe

Untuk bunyi bunyi, saya malah kursi jok depan suka bunyi kadang kadang nguk nguk kalau kena jalanan rusak aja. Mungkin karena saya bongsor kali ya, kalau row 2 or 3 senyap setelah pemakaian 3 tahun..

Spooring juga harus diperhatikan per 10rb KM. Karena kalau ga spooring, setir suka berasa loose, kurang greget gitu.. Udah si maintenence palingan itu aja.. Sisanya oli dan filter oli aja, filter udara, filter AC(filter AC susah cari dan mahal buat sorento saya even di korea mahal around 300rb rupiah)..

Nanti september ke korea mau beli spare part lagi ah disana.. Murmer dan ori made in korea.. :mky_02:
Om kli beli modul Traction Control, ESC, VSM apa bs ya terpisah gitu di korea? Si santi ini.. :mrgreen:

Tapi andai bisa, masang sama settingnya gmn :e-think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by ChZ »

Lee27 wrote:
vp920b wrote: ↑Fri May 11, 2018 2:22
Buset kalau setiap 1/2 tank tuang diesel purge boros atuh..

Saya sih biasanya 4000-5000KM sekali baru tuang diesel purge, ga ada problem.

Per 10rb KM ganti Filter Solar aja yang main filter(kan ada 2 filter), 20rb KM ganti 2 2nya.

So far cukup irit urusan spare parts.

Untuk sensor ABS, kebetulan sorento belum pernah ada komplain sih dan ga pernah nyala.

3 tahun pemakaian 48rb KM, masih tahap normal kali ya.. Tapi cukup panjang buat pemakaian saya, karena GLC 1 tahun cuma 8000KM.. hehehe

Untuk bunyi bunyi, saya malah kursi jok depan suka bunyi kadang kadang nguk nguk kalau kena jalanan rusak aja. Mungkin karena saya bongsor kali ya, kalau row 2 or 3 senyap setelah pemakaian 3 tahun..

Spooring juga harus diperhatikan per 10rb KM. Karena kalau ga spooring, setir suka berasa loose, kurang greget gitu.. Udah si maintenence palingan itu aja.. Sisanya oli dan filter oli aja, filter udara, filter AC(filter AC susah cari dan mahal buat sorento saya even di korea mahal around 300rb rupiah)..

Nanti september ke korea mau beli spare part lagi ah disana.. Murmer dan ori made in korea.. :mky_02:
Om kli beli modul Traction Control, ESC, VSM apa bs ya terpisah gitu di korea? Si santi ini.. :mrgreen:

Tapi andai bisa, masang sama settingnya gmn :e-think:
Ni saya penasaran juga nih...

Gerah liat tombol kosongan semua...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by vp920b »

Lee27 wrote: ↑Fri May 11, 2018 5:52
vp920b wrote: ↑Fri May 11, 2018 2:22
Buset kalau setiap 1/2 tank tuang diesel purge boros atuh..

Saya sih biasanya 4000-5000KM sekali baru tuang diesel purge, ga ada problem.

Per 10rb KM ganti Filter Solar aja yang main filter(kan ada 2 filter), 20rb KM ganti 2 2nya.

So far cukup irit urusan spare parts.

Untuk sensor ABS, kebetulan sorento belum pernah ada komplain sih dan ga pernah nyala.

3 tahun pemakaian 48rb KM, masih tahap normal kali ya.. Tapi cukup panjang buat pemakaian saya, karena GLC 1 tahun cuma 8000KM.. hehehe

Untuk bunyi bunyi, saya malah kursi jok depan suka bunyi kadang kadang nguk nguk kalau kena jalanan rusak aja. Mungkin karena saya bongsor kali ya, kalau row 2 or 3 senyap setelah pemakaian 3 tahun..

Spooring juga harus diperhatikan per 10rb KM. Karena kalau ga spooring, setir suka berasa loose, kurang greget gitu.. Udah si maintenence palingan itu aja.. Sisanya oli dan filter oli aja, filter udara, filter AC(filter AC susah cari dan mahal buat sorento saya even di korea mahal around 300rb rupiah)..

Nanti september ke korea mau beli spare part lagi ah disana.. Murmer dan ori made in korea.. :mky_02:
Om kli beli modul Traction Control, ESC, VSM apa bs ya terpisah gitu di korea? Si santi ini.. :mrgreen:

Tapi andai bisa, masang sama settingnya gmn :e-think:
Kayanya ga bisa deh bro..

Itu ECMnya beda dan harus beli lagi kayanya..

Kalau ga mau ribet, lebarin aja bannya ke 255. Saya standard dari 235/60/18. Jadi 255/55/18.

Dijamin lebih susah spin bannya.

Thanks
Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by Swedeppon »

ChZ wrote: ↑Fri May 11, 2018 0:32
Swedeppon wrote:Kalau handling dan setir secara monokok harusnya lebih baik dr pjs lama khan ya? Tp sy dengar setir hyundai biasanya terlalu ringan dengan torsi besar dr fwd katanya berbahaya ya? Ada yg bisa jelaskan?
Dibanding opjs iya lebih enak pastinya.

Good thing is : Santi masih pake hidrolik, dan setirnya lumayan berat.

Yup, torsi besar di FWD = Torque steer. Dan ini beberapa kali terjadi di santi klo kaki lagi "nakal". Di santi torque steer gampang koreksinya krn feedbacknya terasa. Di Tucson CRDi yang agak serem... Setirnya macem kapas bok.

wah trims infonya bung, saya malah baru tahu kalau santafe msh hidrolik, dan feedbacknya lumayan terasa artinya tidak seperti kebanyakan hyundai ya, nah iya saya sempat baca dulu review2 tucson yang setirnya betul2 tidak ada rasa, akhirnya mindset sy buat korea rata2 spt itu bung

kalau dibandingkan sama new pjs kira2 bagaimana, biarpun tidak apple to apple tp sy dirumah ada anps sama cx5, sy penasaran dulu sama santafe tp karena dulu mindsetnya mobil korea sy kira spt itu, blm sy coba sdh sy coret dr list, oh iya sama pengeremannya bagaimana apakah tergolong baik? secara mesinnya terkenal buas membuat kaki yg bawa katanya menjadi nakal
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
Lee27
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Mon Jan 11, 2016 4:08
Location: SUB-MLG

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by Lee27 »

Saya kira sih karena produk global dan cm spek nya yang diturunin, modul2 tadi tinggal plug&play n perlu settingan dikit hehe..
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by vp920b »

Swedeppon wrote: ↑Sat May 12, 2018 6:43
ChZ wrote: ↑Fri May 11, 2018 0:32
Swedeppon wrote:Kalau handling dan setir secara monokok harusnya lebih baik dr pjs lama khan ya? Tp sy dengar setir hyundai biasanya terlalu ringan dengan torsi besar dr fwd katanya berbahaya ya? Ada yg bisa jelaskan?
Dibanding opjs iya lebih enak pastinya.

Good thing is : Santi masih pake hidrolik, dan setirnya lumayan berat.

Yup, torsi besar di FWD = Torque steer. Dan ini beberapa kali terjadi di santi klo kaki lagi "nakal". Di santi torque steer gampang koreksinya krn feedbacknya terasa. Di Tucson CRDi yang agak serem... Setirnya macem kapas bok.

wah trims infonya bung, saya malah baru tahu kalau santafe msh hidrolik, dan feedbacknya lumayan terasa artinya tidak seperti kebanyakan hyundai ya, nah iya saya sempat baca dulu review2 tucson yang setirnya betul2 tidak ada rasa, akhirnya mindset sy buat korea rata2 spt itu bung

kalau dibandingkan sama new pjs kira2 bagaimana, biarpun tidak apple to apple tp sy dirumah ada anps sama cx5, sy penasaran dulu sama santafe tp karena dulu mindsetnya mobil korea sy kira spt itu, blm sy coba sdh sy coret dr list, oh iya sama pengeremannya bagaimana apakah tergolong baik? secara mesinnya terkenal buas membuat kaki yg bawa katanya menjadi nakal
Mending coba dulu bro.

Feeling tiap orang beda.

Rem sih buat saya cukup. Kalau dibandingin ama anps.

Cx5 belum pernah coba tp harusnya cukup..

Double piston front dan single piston brake.

So should be enough.

Kaki nakal? Buat sy tergantung kebutuhan aja..
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by leiv »

saya udah 5 thn pake santi diesel skrg km dah 166 rb, selalu isi dex sejak awal beli dan oli mesin selalu bawa sendiri dan pake spek diatas oli std hyundai, tidak pernah ada masalah mesin, problem santi saya:
1. bau gosong tiap kali jalan kenceng. (gak pernah bisa diberesin, udah nyerah komplain kalo masalah ini)
2. pipa ac udah 2 kali kena (benerin di bengkel ac aja, di beres hyundai mahal krn ganti 1 set, pdhl bisa potong sambung, tinggal di las)
3. hidrolik pintu blkg keropos dah 2 kali. (dulu ganti 1 kali free, krn garansi)
4. pulley damper bunyi rattle (free krn garansi)
5. udah ganti hid kiri kanan

problem yg skrg:

1. ada bunyi dengung di area mesin, blm ketemu penyebabnya
2. kaki kaki dah kacau balau

om2 disini boleh info bengkel kaki kaki rekomen seputar tangerang. bsd dan jak bar?


thanks
ipOi78
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Apr 01, 2014 15:04

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by ipOi78 »

leiv wrote: ↑Sun May 20, 2018 6:23 saya udah 5 thn pake santi diesel skrg km dah 166 rb, selalu isi dex sejak awal beli dan oli mesin selalu bawa sendiri dan pake spek diatas oli std hyundai, tidak pernah ada masalah mesin, problem santi saya:
1. bau gosong tiap kali jalan kenceng. (gak pernah bisa diberesin, udah nyerah komplain kalo masalah ini)
2. pipa ac udah 2 kali kena (benerin di bengkel ac aja, di beres hyundai mahal krn ganti 1 set, pdhl bisa potong sambung, tinggal di las)
3. hidrolik pintu blkg keropos dah 2 kali. (dulu ganti 1 kali free, krn garansi)
4. pulley damper bunyi rattle (free krn garansi)
5. udah ganti hid kiri kanan

problem yg skrg:

1. ada bunyi dengung di area mesin, blm ketemu penyebabnya
2. kaki kaki dah kacau balau

om2 disini boleh info bengkel kaki kaki rekomen seputar tangerang. bsd dan jak bar?


thanks
Om pake oli visco brp ? Sy juga ga pernah pake oli bawaan beres selalu bawa sendiri..pengalaman bau gosong dulu sy pernah ngalamin juga sepertinya dari lubang ac depan jd ditutup aja switchnya

Gejala pulley damper rattle bgmana om ? Kalau kaki2 saran saya ganti merk ori atau mobis, kalau ada ke kemayoran bisa ke sakura motor
ipOi78
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Apr 01, 2014 15:04

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by ipOi78 »

ChZ wrote: ↑Thu May 10, 2018 18:40
ipOi78 wrote: ↑Thu May 10, 2018 16:01 Udah pake santafe dm diesel hampir 3 tahun..dr pengalaman yg perlu diperhatikan sbb

Sensor abs lemah
Wajib Dex..shell pun tidak disarankan
Lampu depan yg std HID kurang terang
Posisi duduk penumpang depan terlalu dalem
Bunyi rattle di row ke dua
Ban bawaan biasanya cepet gompal

But itu semuanya kalah dengan kenyamanan, good driving position, very smooth and fast engine yg ditawarkan oleh santafe ini..so jangan ragu deh
Kayaknya ini emang penyakit ya ? Saya tadi barusan sensor nyala... juga di-DM instagram ama user santi yang bilang "oh itu emang penyakit bawaannya santi"...

Setuju dengan posisi duduk depan yang dalem... kalo nyetir kudu ati-ati karena sering kena blindspot.
Betul om chz..sensor abs penyakit akutnya si santi ini dan kl ud nyala bisa hilang nyala lagi..sebenernya gpp kl gak diganti..gak ada perbedaan pas pengereman tp akhirnya saya ganti juga krn risih..dulu diganti wajib satu set ama bearingnya tuh..infonya skrg sdh ada single partsnya

Posisi duduk dibanding bawa fd2 emang memang perlu waktu penyesuain tp kalau ud "dapet" paling oke sih dibanding suv sekelas kayak anpjs, anf, xtrail dan crv kecuali si cx5 yah..
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by leiv »

ipOi78 wrote: ↑Sun May 20, 2018 15:40
leiv wrote: ↑Sun May 20, 2018 6:23 saya udah 5 thn pake santi diesel skrg km dah 166 rb, selalu isi dex sejak awal beli dan oli mesin selalu bawa sendiri dan pake spek diatas oli std hyundai, tidak pernah ada masalah mesin, problem santi saya:
1. bau gosong tiap kali jalan kenceng. (gak pernah bisa diberesin, udah nyerah komplain kalo masalah ini)
2. pipa ac udah 2 kali kena (benerin di bengkel ac aja, di beres hyundai mahal krn ganti 1 set, pdhl bisa potong sambung, tinggal di las)
3. hidrolik pintu blkg keropos dah 2 kali. (dulu ganti 1 kali free, krn garansi)
4. pulley damper bunyi rattle (free krn garansi)
5. udah ganti hid kiri kanan

problem yg skrg:

1. ada bunyi dengung di area mesin, blm ketemu penyebabnya
2. kaki kaki dah kacau balau

om2 disini boleh info bengkel kaki kaki rekomen seputar tangerang. bsd dan jak bar?


thanks
Om pake oli visco brp ? Sy juga ga pernah pake oli bawaan beres selalu bawa sendiri..pengalaman bau gosong dulu sy pernah ngalamin juga sepertinya dari lubang ac depan jd ditutup aja switchnya

Gejala pulley damper rattle bgmana om ? Kalau kaki2 saran saya ganti merk ori atau mobis, kalau ada ke kemayoran bisa ke sakura motor
saya biasa pake Oli Mesin Diesel Q8 Oils FT 8700 FE 5W-30, mengenai lubang ac udah di pencet switch nya tetep aja msh bau, pulley damper rattle biasa nya pas di gas ada bunyi krik..krik gitu.

kaki kaki ada yg kasi tau persatuan motor di kemayoran, ternyata di buku servis ada list nama2 toko yg jual spare part, tinggal telp aja yg mana deket rumah
ipOi78
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Apr 01, 2014 15:04

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by ipOi78 »

leiv wrote: ↑Mon May 21, 2018 15:27
ipOi78 wrote: ↑Sun May 20, 2018 15:40
leiv wrote: ↑Sun May 20, 2018 6:23 saya udah 5 thn pake santi diesel skrg km dah 166 rb, selalu isi dex sejak awal beli dan oli mesin selalu bawa sendiri dan pake spek diatas oli std hyundai, tidak pernah ada masalah mesin, problem santi saya:
1. bau gosong tiap kali jalan kenceng. (gak pernah bisa diberesin, udah nyerah komplain kalo masalah ini)
2. pipa ac udah 2 kali kena (benerin di bengkel ac aja, di beres hyundai mahal krn ganti 1 set, pdhl bisa potong sambung, tinggal di las)
3. hidrolik pintu blkg keropos dah 2 kali. (dulu ganti 1 kali free, krn garansi)
4. pulley damper bunyi rattle (free krn garansi)
5. udah ganti hid kiri kanan

problem yg skrg:

1. ada bunyi dengung di area mesin, blm ketemu penyebabnya
2. kaki kaki dah kacau balau

om2 disini boleh info bengkel kaki kaki rekomen seputar tangerang. bsd dan jak bar?


thanks
Om pake oli visco brp ? Sy juga ga pernah pake oli bawaan beres selalu bawa sendiri..pengalaman bau gosong dulu sy pernah ngalamin juga sepertinya dari lubang ac depan jd ditutup aja switchnya

Gejala pulley damper rattle bgmana om ? Kalau kaki2 saran saya ganti merk ori atau mobis, kalau ada ke kemayoran bisa ke sakura motor
saya biasa pake Oli Mesin Diesel Q8 Oils FT 8700 FE 5W-30, mengenai lubang ac udah di pencet switch nya tetep aja msh bau, pulley damper rattle biasa nya pas di gas ada bunyi krik..krik gitu.

kaki kaki ada yg kasi tau persatuan motor di kemayoran, ternyata di buku servis ada list nama2 toko yg jual spare part, tinggal telp aja yg mana deket rumah
Oh pake q8 8700 fe ? Penguapannya bgmana om..interval dan top up brp km ? Kl starter pagi kasar ga mesinnya ? Dl pernah pake q8 jg tp bkn yg fe sih..

Utk kaki2 di kemayoran banyak om..so far cukup happy sih ama ni mobil kaki2nya lumayan kuat
Broll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Apr 09, 2013 10:10

Re: Saran Hyundai Santa fe diesel

Post by Broll »

ipOi78 wrote: ↑Sun May 20, 2018 15:48
ChZ wrote: ↑Thu May 10, 2018 18:40
ipOi78 wrote: ↑Thu May 10, 2018 16:01 Udah pake santafe dm diesel hampir 3 tahun..dr pengalaman yg perlu diperhatikan sbb

Sensor abs lemah
Wajib Dex..shell pun tidak disarankan
Lampu depan yg std HID kurang terang
Posisi duduk penumpang depan terlalu dalem
Bunyi rattle di row ke dua
Ban bawaan biasanya cepet gompal

But itu semuanya kalah dengan kenyamanan, good driving position, very smooth and fast engine yg ditawarkan oleh santafe ini..so jangan ragu deh
Kayaknya ini emang penyakit ya ? Saya tadi barusan sensor nyala... juga di-DM instagram ama user santi yang bilang "oh itu emang penyakit bawaannya santi"...

Setuju dengan posisi duduk depan yang dalem... kalo nyetir kudu ati-ati karena sering kena blindspot.
Betul om chz..sensor abs penyakit akutnya si santi ini dan kl ud nyala bisa hilang nyala lagi..sebenernya gpp kl gak diganti..gak ada perbedaan pas pengereman tp akhirnya saya ganti juga krn risih..dulu diganti wajib satu set ama bearingnya tuh..infonya skrg sdh ada single partsnya

Posisi duduk dibanding bawa fd2 emang memang perlu waktu penyesuain tp kalau ud "dapet" paling oke sih dibanding suv sekelas kayak anpjs, anf, xtrail dan crv kecuali si cx5 yah..
Saya punya SF Crdi 2013:
1. Sensor abs baru aja ganti 3 bulan yll, karena problem yang sama, suka mati nyala dan masalahnya hanya disensornya, tapi masih mesti ganti utuh dengan bearing, belum ada single partnya.
2. Selalu pake DEX dan memang kerasa lebih baik drpd Shell (ga tau sugesti doang apa beneran)
3. Lampu HID Depan, terasa seperti kurang terang, tapi setelah minta di setelin posisi sorotnya agar lebih baik, jadi terasa OK.
4. Posisi duduk penumpang depan emang agak ambles seperti di mobil2 sport..hahaha, kalau mau lebih tinggi ya ke tukang jok dibuka bagian penumpang depan, diisi busa lagi terus dijahit lagi.
5. Bunyi rattle di row 2 belum terjadi
6. Ban bawaan cuma pakai sebentar trus ganti ke toyo 255/50/20 trus ke landsail 275/45/20 (belakang) dan yokohama 245/50/20 (depan)
7. Air wiper 2 bulan terakhir habis dalam 1-2 hari, ternyata menetes dari pompa wipernya. Jadi ganti baru pompanya.

sementara belum ada masalah lain. Ini mobil enak dan irit, ngeliat model baru ga gitu suka, kurang gagah rasanya, jadi keep dulu deh yang Generasi 3 ini sampai ada generasi 5. :big_smile]