Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
demonicorchestra
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Wed May 03, 2017 6:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by demonicorchestra »

ChZ wrote: Mon Jun 25, 2018 16:01
Quorra wrote: Mon Jun 25, 2018 15:23 Bicara soal CRV Turbo, baru aja kemarin saya ketemu sama kerabat yang baru beli ini mobil. Dia ambil yang 1.5 T Prestige, kagetnya saat saya tanya diisi BBM apa tuh mobilnya dan kerabat saya bilang pertalite. Kebetulan kerabat saya ini orangnya ga paham mobil tau nya cuman pake aja. Model yang ga suka ribet ngurusin mobil, asal pake aja. Saya bilang bukannya harus isi pertamax / pertabo ya buat mesin ini, dia jawab dari baru dikirim dari dealer ke rumah udah diisiin pertalite dan dia nanya ke salesnya dibilang isi pertalite aja. Apa emang teknologi turbonya Honda ini bisa minum oktan rendah ?
klo ditanya "bisa" ya "bisa" aja... selama algorithm ECU nya memungkinkan...

Tapi rekomendasinya dari pabrik aja RON91 minimum (global, bukan karangan HPM)... Udah sering banget kok kejadian CR-V Turbo sama dealer diisi di bawah RON92... padahal jelas-jelas di fuelcap nya ada tulisan RON91 minimal... di Civic saya sih ada... tapi saya ngisinya RON98 terus, lah gimana performanya beda jauh banget isi pertabo ama pertamax.

Ya gini ini, gimana mau ngajarin konsumen ngerawat mobil kalo yang jual aja gak patuh... salesnya juga misleading banget...

jangankan CR-V, dulu modcat malah sempet ngetes BMW X3 korban solar busuk...
Ane aja jazz ama sienta sering diisi vpower, pertamax/pertalite klo lg kepepet doang wkwk. Ga kasian apa ya buat pemakaian jangka panjang mesin turbo gitu keseringan diisi pertalite
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
Puffy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sun Nov 27, 2016 15:59

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Puffy »

demonicorchestra wrote: Thu Jul 05, 2018 10:03
ChZ wrote: Mon Jun 25, 2018 16:01
Quorra wrote: Mon Jun 25, 2018 15:23 Bicara soal CRV Turbo, baru aja kemarin saya ketemu sama kerabat yang baru beli ini mobil. Dia ambil yang 1.5 T Prestige, kagetnya saat saya tanya diisi BBM apa tuh mobilnya dan kerabat saya bilang pertalite. Kebetulan kerabat saya ini orangnya ga paham mobil tau nya cuman pake aja. Model yang ga suka ribet ngurusin mobil, asal pake aja. Saya bilang bukannya harus isi pertamax / pertabo ya buat mesin ini, dia jawab dari baru dikirim dari dealer ke rumah udah diisiin pertalite dan dia nanya ke salesnya dibilang isi pertalite aja. Apa emang teknologi turbonya Honda ini bisa minum oktan rendah ?
klo ditanya "bisa" ya "bisa" aja... selama algorithm ECU nya memungkinkan...

Tapi rekomendasinya dari pabrik aja RON91 minimum (global, bukan karangan HPM)... Udah sering banget kok kejadian CR-V Turbo sama dealer diisi di bawah RON92... padahal jelas-jelas di fuelcap nya ada tulisan RON91 minimal... di Civic saya sih ada... tapi saya ngisinya RON98 terus, lah gimana performanya beda jauh banget isi pertabo ama pertamax.

Ya gini ini, gimana mau ngajarin konsumen ngerawat mobil kalo yang jual aja gak patuh... salesnya juga misleading banget...

jangankan CR-V, dulu modcat malah sempet ngetes BMW X3 korban solar busuk...
Ane aja jazz ama sienta sering diisi vpower, pertamax/pertalite klo lg kepepet doang wkwk. Ga kasian apa ya buat pemakaian jangka panjang mesin turbo gitu keseringan diisi pertalite
Sudah om, jgn dibahas lagi makin dbahas saya makin kecewa..
Wong dr pihak honda sendiri ngmg ini mobil aman diisi pertalite..
Lol..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by maastricht889 »

Puffy wrote: Thu Jul 05, 2018 10:19
demonicorchestra wrote: Thu Jul 05, 2018 10:03
ChZ wrote: Mon Jun 25, 2018 16:01

klo ditanya "bisa" ya "bisa" aja... selama algorithm ECU nya memungkinkan...

Tapi rekomendasinya dari pabrik aja RON91 minimum (global, bukan karangan HPM)... Udah sering banget kok kejadian CR-V Turbo sama dealer diisi di bawah RON92... padahal jelas-jelas di fuelcap nya ada tulisan RON91 minimal... di Civic saya sih ada... tapi saya ngisinya RON98 terus, lah gimana performanya beda jauh banget isi pertabo ama pertamax.

Ya gini ini, gimana mau ngajarin konsumen ngerawat mobil kalo yang jual aja gak patuh... salesnya juga misleading banget...

jangankan CR-V, dulu modcat malah sempet ngetes BMW X3 korban solar busuk...
Ane aja jazz ama sienta sering diisi vpower, pertamax/pertalite klo lg kepepet doang wkwk. Ga kasian apa ya buat pemakaian jangka panjang mesin turbo gitu keseringan diisi pertalite
Sudah om, jgn dibahas lagi makin dbahas saya makin kecewa..
Wong dr pihak honda sendiri ngmg ini mobil aman diisi pertalite..
Lol..
Wah ternyata strategi marketing nya (terutama buat pilihan oktan bengsin) belum berubah ya om, masih banyak (banget) orang percaya "kata sales", "katanya".

Makanya standar bensin di indonesia ndak maju2. Ndak kebayang ke depannya gimana kl pemerintah udah netepin standard euro 4 di mobil sama bensin nya, kl ttp masih ada pertalite ya gitu deh. Sy aja pake yaris 2007 yg mesin nya masih mesin biasa dikasih pertalite ngelitik terus, akhirnya balik pertamax lagi.

Apa mungkin nanti diakali sama pabrikan pake compatible to euro 4 spt honda ato gimana
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by nyotsaeba »

erwinign wrote:
Puffy wrote: Thu Jul 05, 2018 10:19
demonicorchestra wrote: Thu Jul 05, 2018 10:03 Ane aja jazz ama sienta sering diisi vpower, pertamax/pertalite klo lg kepepet doang wkwk. Ga kasian apa ya buat pemakaian jangka panjang mesin turbo gitu keseringan diisi pertalite
Sudah om, jgn dibahas lagi makin dbahas saya makin kecewa..
Wong dr pihak honda sendiri ngmg ini mobil aman diisi pertalite..
Lol..
Wah ternyata strategi marketing nya (terutama buat pilihan oktan bengsin) belum berubah ya om, masih banyak (banget) orang percaya "kata sales", "katanya".

Makanya standar bensin di indonesia ndak maju2. Ndak kebayang ke depannya gimana kl pemerintah udah netepin standard euro 4 di mobil sama bensin nya, kl ttp masih ada pertalite ya gitu deh. Sy aja pake yaris 2007 yg mesin nya masih mesin biasa dikasih pertalite ngelitik terus, akhirnya balik pertamax lagi.

Apa mungkin nanti diakali sama pabrikan pake compatible to euro 4 spt honda ato gimana
Sebenernya ngelitik itu ada faktor lain jg kl ya selain bbm, pengalaman pake gnki 2012 dicekokin premios bertahun2 sebelum ada pertalite ga ada ngelitik tuh, tp oli nya pake yg paling encer 0w-20. Pengalaman ngelitik malah pas pake taruna efi 2002, tuh mobil isi premium uda kyk mesin ketik bunyinya...
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by haristk7 »

deket tempat ane nguli, pas lagi toilet break malah nemu ini lagi antri di barisan octane 88, plat putih, ntah dealer mana yang punya

Image

kayaknya siapapun yang ada sangkut pautnya dengan delivery mobil berturbo, terlepas dari merk apanya, kudu dikasi minimum octane requirementnya brp...

:big_chicken:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Winz »

haristk7 wrote: Thu Jul 05, 2018 11:16 deket tempat ane nguli, pas lagi toilet break malah nemu ini lagi antri di barisan octane 88, plat putih, ntah dealer mana yang punya

Image

kayaknya siapapun yang ada sangkut pautnya dengan delivery mobil berturbo, terlepas dari merk apanya, kudu dikasi minimum octane requirementnya brp...

:big_chicken:
Mobil saya pas delivery dikasih solar busuk juga kaya’nya, ga enak banget tarikan’e, alasan sales ya masa inreyen, gitu ta habisin hampir e ganti pertadex, jauh banget beda’nya :e-think:

Di daerah mana tuw ada premium? Di daerah saya Bali minim pertalite sekarang, tangki premium sudah enggak ada lagi
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Pugman »

Padahal kalaupun ga mau isi Pertabo full, masih ada jalan lain. Campur saja pertalite dan pertabo, 1:1 dapat ekuivalen ron 94 seharga pertamax 92.
lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Nov 09, 2017 11:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by lightarmy10 »

Pugman wrote:Padahal kalaupun ga mau isi Pertabo full, masih ada jalan lain. Campur saja pertalite dan pertabo, 1:1 dapat ekuivalen ron 94 seharga pertamax 92.
Campur2 oplos gitu aman om?
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by lemonadelovers »

Klo mobil2 non turbo diisi premium ngelitik coba deh disettinh (pakai alat) mundurin timing 1 - 2 derajat biasanya ilang kok
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Pugman »

lightarmy10 wrote: Thu Jul 05, 2018 14:07
Pugman wrote:Padahal kalaupun ga mau isi Pertabo full, masih ada jalan lain. Campur saja pertalite dan pertabo, 1:1 dapat ekuivalen ron 94 seharga pertamax 92.
Campur2 oplos gitu aman om?
Aman Om, kan bahan dasar sama hanya treatment lanjutan saja yang beda, apalagi yang sama-sama dari pertamina. Dulu waktu kuliah pernah kunjungan ke Pertamina dan saya tanya langsung mengenai hal ini.

Saya juga sudah praktikan bertahun-tahun baik di motor maupun mobil yang saya punya.
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Vicvic »

nyotsaeba wrote: Thu Jul 05, 2018 11:00
erwinign wrote:
Puffy wrote: Thu Jul 05, 2018 10:19

Sudah om, jgn dibahas lagi makin dbahas saya makin kecewa..
Wong dr pihak honda sendiri ngmg ini mobil aman diisi pertalite..
Lol..
Wah ternyata strategi marketing nya (terutama buat pilihan oktan bengsin) belum berubah ya om, masih banyak (banget) orang percaya "kata sales", "katanya".

Makanya standar bensin di indonesia ndak maju2. Ndak kebayang ke depannya gimana kl pemerintah udah netepin standard euro 4 di mobil sama bensin nya, kl ttp masih ada pertalite ya gitu deh. Sy aja pake yaris 2007 yg mesin nya masih mesin biasa dikasih pertalite ngelitik terus, akhirnya balik pertamax lagi.

Apa mungkin nanti diakali sama pabrikan pake compatible to euro 4 spt honda ato gimana
Sebenernya ngelitik itu ada faktor lain jg kl ya selain bbm, pengalaman pake gnki 2012 dicekokin premios bertahun2 sebelum ada pertalite ga ada ngelitik tuh, tp oli nya pake yg paling encer 0w-20. Pengalaman ngelitik malah pas pake taruna efi 2002, tuh mobil isi premium uda kyk mesin ketik bunyinya...
Pakai oli encer 0w-20 sejak kapan om secara tuh oli encer masih blm lama keluar
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

erwinign wrote: Thu Jul 05, 2018 10:42
Puffy wrote: Thu Jul 05, 2018 10:19
demonicorchestra wrote: Thu Jul 05, 2018 10:03

Ane aja jazz ama sienta sering diisi vpower, pertamax/pertalite klo lg kepepet doang wkwk. Ga kasian apa ya buat pemakaian jangka panjang mesin turbo gitu keseringan diisi pertalite
Sudah om, jgn dibahas lagi makin dbahas saya makin kecewa..
Wong dr pihak honda sendiri ngmg ini mobil aman diisi pertalite..
Lol..
Wah ternyata strategi marketing nya (terutama buat pilihan oktan bengsin) belum berubah ya om, masih banyak (banget) orang percaya "kata sales", "katanya".

Makanya standar bensin di indonesia ndak maju2. Ndak kebayang ke depannya gimana kl pemerintah udah netepin standard euro 4 di mobil sama bensin nya, kl ttp masih ada pertalite ya gitu deh. Sy aja pake yaris 2007 yg mesin nya masih mesin biasa dikasih pertalite ngelitik terus, akhirnya balik pertamax lagi.

Apa mungkin nanti diakali sama pabrikan pake compatible to euro 4 spt honda ato gimana
Ya gitu lah selama "ban serep belum pernah turun, buku manual masih plastikan" jadi nilai jual waktu ngejual mobil lagi.

Sebenernya ngomong isi pertalet bisa, aman, ya aman-aman aja, algoritma ECU nya kalo memungkinkan retard timing sampe segitu ya mampu aja, masalahnya, timing retard berarti power kan gak sesuai brosur dan umur komponen pasti berkurang... knocking diakalin bisa, lha komponen lain?

disuruh rajin tune up mana mau sih commoners yang gak ngerti mobil. Ya buku manual bilangnya 10ribu atau setaun sekali, tapi kan dalam kondisi ideal pake RON91 minimal, masalahnya ya mana mau ngerti konsumen ama beginian. Lagian maaf nih heran aja pada beli mobil tapi ngga mau nikmatin power maksimalnya.. saya ngerasain civic pake ron92 aja gak tahan kok langsung naik ke 98 karena lemot... apakabar pertalet...

Fuelcap nulis RON 91 TANPA TIMBAL aja didiemin, buku manual apalagi kagak mungkin udah dibaca. RON91 ini bukan karangan HPM, memang global setara itu (di USA AKI 87).

ngomong BBM, 4D56T Hi-Power di OPJS Dakar awal-awal beberapa kena cek enjin tuh sebelum akhirnya sama KTB dimodifikasi fuel filternya dobel.

Pertalet ma dexlet mah banyak yang ngeluh kualitasnya ngga beda ma premium/solar...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by nyotsaeba »

Vicvic wrote:
nyotsaeba wrote: Thu Jul 05, 2018 11:00
erwinign wrote: Wah ternyata strategi marketing nya (terutama buat pilihan oktan bengsin) belum berubah ya om, masih banyak (banget) orang percaya "kata sales", "katanya".

Makanya standar bensin di indonesia ndak maju2. Ndak kebayang ke depannya gimana kl pemerintah udah netepin standard euro 4 di mobil sama bensin nya, kl ttp masih ada pertalite ya gitu deh. Sy aja pake yaris 2007 yg mesin nya masih mesin biasa dikasih pertalite ngelitik terus, akhirnya balik pertamax lagi.

Apa mungkin nanti diakali sama pabrikan pake compatible to euro 4 spt honda ato gimana
Sebenernya ngelitik itu ada faktor lain jg kl ya selain bbm, pengalaman pake gnki 2012 dicekokin premios bertahun2 sebelum ada pertalite ga ada ngelitik tuh, tp oli nya pake yg paling encer 0w-20. Pengalaman ngelitik malah pas pake taruna efi 2002, tuh mobil isi premium uda kyk mesin ketik bunyinya...
Pakai oli encer 0w-20 sejak kapan om secara tuh oli encer masih blm lama keluar
Mulai tahun 2012 uda ada kok tmo 0w-20, nah kl taruna dulu masih jaman top 1 20w50
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Vicvic »

nyotsaeba wrote: Thu Jul 05, 2018 16:38
Vicvic wrote:
nyotsaeba wrote: Thu Jul 05, 2018 11:00 Sebenernya ngelitik itu ada faktor lain jg kl ya selain bbm, pengalaman pake gnki 2012 dicekokin premios bertahun2 sebelum ada pertalite ga ada ngelitik tuh, tp oli nya pake yg paling encer 0w-20. Pengalaman ngelitik malah pas pake taruna efi 2002, tuh mobil isi premium uda kyk mesin ketik bunyinya...
Pakai oli encer 0w-20 sejak kapan om secara tuh oli encer masih blm lama keluar
Mulai tahun 2012 uda ada kok tmo 0w-20, nah kl taruna dulu masih jaman top 1 20w50
Maaf om setau saya launchingnya aja pas GIIAS 2015 tapi om ud pake di 2012 jadi 3 tahun kemudian baru launching ya
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by sintoni »

Vicvic wrote: Thu Jul 05, 2018 17:33
nyotsaeba wrote: Thu Jul 05, 2018 16:38
Vicvic wrote:
Pakai oli encer 0w-20 sejak kapan om secara tuh oli encer masih blm lama keluar
Mulai tahun 2012 uda ada kok tmo 0w-20, nah kl taruna dulu masih jaman top 1 20w50
Maaf om setau saya launchingnya aja pas GIIAS 2015 tapi om ud pake di 2012 jadi 3 tahun kemudian baru launching ya
Maap ikut nimbrung om, kalau TMO ane kurang tau, tapi kalo 0w-20 dah lama keluarnya om, apalg diluaran sudah berapa tahun itu oli encer dijual.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by RezPrat »

Di LN(Japan, US) oli 0w-20 udah developed dr 2002, waktu itu masih ILSAC gf3 (skrg udah gf 5 rata2), mungkin baru widely used tahun 2005 keatas. 2010 aja forum2 diskusi udah rame ngomongin 0w20. Cmiiw.

https://www.sae.org/publications/techni ... 2-01-1636/
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by nyotsaeba »

Vicvic wrote:
nyotsaeba wrote: Thu Jul 05, 2018 16:38
Vicvic wrote:
Pakai oli encer 0w-20 sejak kapan om secara tuh oli encer masih blm lama keluar
Mulai tahun 2012 uda ada kok tmo 0w-20, nah kl taruna dulu masih jaman top 1 20w50
Maaf om setau saya launchingnya aja pas GIIAS 2015 tapi om ud pake di 2012 jadi 3 tahun kemudian baru launching ya
Seharusnya sih sebelum 2015 uda pake tmo 0-20 ya, masih inget bener, beli gnki april 2012, 1000 km langsung ganti oli fk massimo freshing (keracunan trit kioc), jadi harusnya minimal di 2013 uda pake oli yg dijual a2k ga gt ngeh jg sih tmo atau bukan mereknya, kl ga salah namanya waktu itu masih tgmo bukan tmo, harganya waktu itu 100 rb an promo diskon 20%, SA nya sampe ngomong, "sebenernya nih oli buat camry ke atas pak" tp krn mau ngejer tarikan enteng ya sikat aja.

Jaman itu njezz juga uda pake oli 0w yg katanya seencer air putih..
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by twa »

haristk7 wrote: Thu Jul 05, 2018 11:16 deket tempat ane nguli, pas lagi toilet break malah nemu ini lagi antri di barisan octane 88, plat putih, ntah dealer mana yang punya

Image

kayaknya siapapun yang ada sangkut pautnya dengan delivery mobil berturbo, terlepas dari merk apanya, kudu dikasi minimum octane requirementnya brp...

:big_chicken:
beh beda jauh dgn standart Mazda ya, mrk kasih pertamax/shell super IDR 99rb/mobil sblm delivery :mrgreen:
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
Location: Jakarta

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Fookyoo »

ChZ wrote: Thu Jul 05, 2018 16:29
erwinign wrote: Thu Jul 05, 2018 10:42
Puffy wrote: Thu Jul 05, 2018 10:19

Sudah om, jgn dibahas lagi makin dbahas saya makin kecewa..
Wong dr pihak honda sendiri ngmg ini mobil aman diisi pertalite..
Lol..
Wah ternyata strategi marketing nya (terutama buat pilihan oktan bengsin) belum berubah ya om, masih banyak (banget) orang percaya "kata sales", "katanya".

Makanya standar bensin di indonesia ndak maju2. Ndak kebayang ke depannya gimana kl pemerintah udah netepin standard euro 4 di mobil sama bensin nya, kl ttp masih ada pertalite ya gitu deh. Sy aja pake yaris 2007 yg mesin nya masih mesin biasa dikasih pertalite ngelitik terus, akhirnya balik pertamax lagi.

Apa mungkin nanti diakali sama pabrikan pake compatible to euro 4 spt honda ato gimana
Ya gitu lah selama "ban serep belum pernah turun, buku manual masih plastikan" jadi nilai jual waktu ngejual mobil lagi.

Sebenernya ngomong isi pertalet bisa, aman, ya aman-aman aja, algoritma ECU nya kalo memungkinkan retard timing sampe segitu ya mampu aja, masalahnya, timing retard berarti power kan gak sesuai brosur dan umur komponen pasti berkurang... knocking diakalin bisa, lha komponen lain?

disuruh rajin tune up mana mau sih commoners yang gak ngerti mobil. Ya buku manual bilangnya 10ribu atau setaun sekali, tapi kan dalam kondisi ideal pake RON91 minimal, masalahnya ya mana mau ngerti konsumen ama beginian. Lagian maaf nih heran aja pada beli mobil tapi ngga mau nikmatin power maksimalnya.. saya ngerasain civic pake ron92 aja gak tahan kok langsung naik ke 98 karena lemot... apakabar pertalet...

Fuelcap nulis RON 91 TANPA TIMBAL aja didiemin, buku manual apalagi kagak mungkin udah dibaca. RON91 ini bukan karangan HPM, memang global setara itu (di USA AKI 87).

ngomong BBM, 4D56T Hi-Power di OPJS Dakar awal-awal beberapa kena cek enjin tuh sebelum akhirnya sama KTB dimodifikasi fuel filternya dobel.

Pertalet ma dexlet mah banyak yang ngeluh kualitasnya ngga beda ma premium/solar...
Ini sedikit banyak juga faktor dari user2 mobil juga, Om. IMHO ya.... maunya terlihat keren doang (mobil baru, dll dll). Tapi running cost ditekan segila-gilanya. :mky_07:
Ada beberapa temen ane bahkan mikirnya, "ah pake mobil max 4-5 tahun, nanti dijual.... kalo diisi bensin mahal terus, nanti owner berikutnya enak dong sedangkan kita yang keluar ongkos bensin mahal, buat apaan?." [emo-yesno]
Susah ngomong sama yang model begini :big_slap:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Winz »

Fookyoo wrote: Fri Jul 06, 2018 5:19
ChZ wrote: Thu Jul 05, 2018 16:29
erwinign wrote: Thu Jul 05, 2018 10:42

Wah ternyata strategi marketing nya (terutama buat pilihan oktan bengsin) belum berubah ya om, masih banyak (banget) orang percaya "kata sales", "katanya".

Makanya standar bensin di indonesia ndak maju2. Ndak kebayang ke depannya gimana kl pemerintah udah netepin standard euro 4 di mobil sama bensin nya, kl ttp masih ada pertalite ya gitu deh. Sy aja pake yaris 2007 yg mesin nya masih mesin biasa dikasih pertalite ngelitik terus, akhirnya balik pertamax lagi.

Apa mungkin nanti diakali sama pabrikan pake compatible to euro 4 spt honda ato gimana
Ya gitu lah selama "ban serep belum pernah turun, buku manual masih plastikan" jadi nilai jual waktu ngejual mobil lagi.

Sebenernya ngomong isi pertalet bisa, aman, ya aman-aman aja, algoritma ECU nya kalo memungkinkan retard timing sampe segitu ya mampu aja, masalahnya, timing retard berarti power kan gak sesuai brosur dan umur komponen pasti berkurang... knocking diakalin bisa, lha komponen lain?

disuruh rajin tune up mana mau sih commoners yang gak ngerti mobil. Ya buku manual bilangnya 10ribu atau setaun sekali, tapi kan dalam kondisi ideal pake RON91 minimal, masalahnya ya mana mau ngerti konsumen ama beginian. Lagian maaf nih heran aja pada beli mobil tapi ngga mau nikmatin power maksimalnya.. saya ngerasain civic pake ron92 aja gak tahan kok langsung naik ke 98 karena lemot... apakabar pertalet...

Fuelcap nulis RON 91 TANPA TIMBAL aja didiemin, buku manual apalagi kagak mungkin udah dibaca. RON91 ini bukan karangan HPM, memang global setara itu (di USA AKI 87).

ngomong BBM, 4D56T Hi-Power di OPJS Dakar awal-awal beberapa kena cek enjin tuh sebelum akhirnya sama KTB dimodifikasi fuel filternya dobel.

Pertalet ma dexlet mah banyak yang ngeluh kualitasnya ngga beda ma premium/solar...
Ini sedikit banyak juga faktor dari user2 mobil juga, Om. IMHO ya.... maunya terlihat keren doang (mobil baru, dll dll). Tapi running cost ditekan segila-gilanya. :mky_07:
Ada beberapa temen ane bahkan mikirnya, "ah pake mobil max 4-5 tahun, nanti dijual.... kalo diisi bensin mahal terus, nanti owner berikutnya enak dong sedangkan kita yang keluar ongkos bensin mahal, buat apaan?." [emo-yesno]
Susah ngomong sama yang model begini :big_slap:
Pas dijual kan bisa kasih embel2 selalu minum bbm terbaik, wkwkwk, jadi bisa agak tinggian dikit jual, toh yg pakai selanjut’nya juga bisa ngerasain perbedaan keawetan mesinnya
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Kent »

Fookyoo wrote: Fri Jul 06, 2018 5:19
Ini sedikit banyak juga faktor dari user2 mobil juga, Om. IMHO ya.... maunya terlihat keren doang (mobil baru, dll dll). Tapi running cost ditekan segila-gilanya. :mky_07:
Ada beberapa temen ane bahkan mikirnya, "ah pake mobil max 4-5 tahun, nanti dijual.... kalo diisi bensin mahal terus, nanti owner berikutnya enak dong sedangkan kita yang keluar ongkos bensin mahal, buat apaan?." [emo-yesno]
Susah ngomong sama yang model begini :big_slap:
Tp gak salah loh.. bener 5 thn ketika dijual harga jg gk beda.
jika mobil 5thn jadi 100rb KM, asumsi 1:9 km/ltr (11.111 liter Bensin)
jika selisih 3rb, sudah 33jt (lumayan buat nambahin beli model baru)
jika kredit 2thn dgn bunga 3,5% (sudah save 35jt)
hehehe....

tapi ya mesti terima kata om Crz, gk dpt potensi maximal mobil.
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Kent »

Untuk CRV ini, mungkin orang pada gk sreg liat Speedometer nya?
model luar sudah cakep, tp speedometer nya kelihatan kuna.
Padahal menarik bgt jika pakai seperti diluar (full LCD).
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by nyotsaeba »

Fookyoo wrote:
ChZ wrote: Thu Jul 05, 2018 16:29
erwinign wrote: Thu Jul 05, 2018 10:42 Wah ternyata strategi marketing nya (terutama buat pilihan oktan bengsin) belum berubah ya om, masih banyak (banget) orang percaya "kata sales", "katanya".

Makanya standar bensin di indonesia ndak maju2. Ndak kebayang ke depannya gimana kl pemerintah udah netepin standard euro 4 di mobil sama bensin nya, kl ttp masih ada pertalite ya gitu deh. Sy aja pake yaris 2007 yg mesin nya masih mesin biasa dikasih pertalite ngelitik terus, akhirnya balik pertamax lagi.

Apa mungkin nanti diakali sama pabrikan pake compatible to euro 4 spt honda ato gimana
Ya gitu lah selama "ban serep belum pernah turun, buku manual masih plastikan" jadi nilai jual waktu ngejual mobil lagi.

Sebenernya ngomong isi pertalet bisa, aman, ya aman-aman aja, algoritma ECU nya kalo memungkinkan retard timing sampe segitu ya mampu aja, masalahnya, timing retard berarti power kan gak sesuai brosur dan umur komponen pasti berkurang... knocking diakalin bisa, lha komponen lain?

disuruh rajin tune up mana mau sih commoners yang gak ngerti mobil. Ya buku manual bilangnya 10ribu atau setaun sekali, tapi kan dalam kondisi ideal pake RON91 minimal, masalahnya ya mana mau ngerti konsumen ama beginian. Lagian maaf nih heran aja pada beli mobil tapi ngga mau nikmatin power maksimalnya.. saya ngerasain civic pake ron92 aja gak tahan kok langsung naik ke 98 karena lemot... apakabar pertalet...

Fuelcap nulis RON 91 TANPA TIMBAL aja didiemin, buku manual apalagi kagak mungkin udah dibaca. RON91 ini bukan karangan HPM, memang global setara itu (di USA AKI 87).

ngomong BBM, 4D56T Hi-Power di OPJS Dakar awal-awal beberapa kena cek enjin tuh sebelum akhirnya sama KTB dimodifikasi fuel filternya dobel.

Pertalet ma dexlet mah banyak yang ngeluh kualitasnya ngga beda ma premium/solar...
Ini sedikit banyak juga faktor dari user2 mobil juga, Om. IMHO ya.... maunya terlihat keren doang (mobil baru, dll dll). Tapi running cost ditekan segila-gilanya. :mky_07:
Ada beberapa temen ane bahkan mikirnya, "ah pake mobil max 4-5 tahun, nanti dijual.... kalo diisi bensin mahal terus, nanti owner berikutnya enak dong sedangkan kita yang keluar ongkos bensin mahal, buat apaan?." [emo-yesno]
Susah ngomong sama yang model begini :big_slap:
Itu sayah om *ngacung jari
Pake mbl paling lama 5 thn or 100k km, udah itu diganti baru sm cop perusahaan. Mobil disiksa puas2 in aja 5 thn asal jgn sampe rontok yg keliatan banget bikin nilai jual jatuh.
Gausah pikir mobil awet buat jk panjang, tahan 5 thn cukup.

Pernah jg piara mbl 5thn km cm 24rb krn males pake nya. Jual jg harganya mirip2 aja sm yg cape....
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
Location: Jakarta

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Fookyoo »

nyotsaeba wrote: Fri Jul 06, 2018 7:08
Fookyoo wrote:
ChZ wrote: Thu Jul 05, 2018 16:29

Ya gitu lah selama "ban serep belum pernah turun, buku manual masih plastikan" jadi nilai jual waktu ngejual mobil lagi.

Sebenernya ngomong isi pertalet bisa, aman, ya aman-aman aja, algoritma ECU nya kalo memungkinkan retard timing sampe segitu ya mampu aja, masalahnya, timing retard berarti power kan gak sesuai brosur dan umur komponen pasti berkurang... knocking diakalin bisa, lha komponen lain?

disuruh rajin tune up mana mau sih commoners yang gak ngerti mobil. Ya buku manual bilangnya 10ribu atau setaun sekali, tapi kan dalam kondisi ideal pake RON91 minimal, masalahnya ya mana mau ngerti konsumen ama beginian. Lagian maaf nih heran aja pada beli mobil tapi ngga mau nikmatin power maksimalnya.. saya ngerasain civic pake ron92 aja gak tahan kok langsung naik ke 98 karena lemot... apakabar pertalet...

Fuelcap nulis RON 91 TANPA TIMBAL aja didiemin, buku manual apalagi kagak mungkin udah dibaca. RON91 ini bukan karangan HPM, memang global setara itu (di USA AKI 87).

ngomong BBM, 4D56T Hi-Power di OPJS Dakar awal-awal beberapa kena cek enjin tuh sebelum akhirnya sama KTB dimodifikasi fuel filternya dobel.

Pertalet ma dexlet mah banyak yang ngeluh kualitasnya ngga beda ma premium/solar...
Ini sedikit banyak juga faktor dari user2 mobil juga, Om. IMHO ya.... maunya terlihat keren doang (mobil baru, dll dll). Tapi running cost ditekan segila-gilanya. :mky_07:
Ada beberapa temen ane bahkan mikirnya, "ah pake mobil max 4-5 tahun, nanti dijual.... kalo diisi bensin mahal terus, nanti owner berikutnya enak dong sedangkan kita yang keluar ongkos bensin mahal, buat apaan?." [emo-yesno]
Susah ngomong sama yang model begini :big_slap:
Itu sayah om *ngacung jari
Pake mbl paling lama 5 thn or 100k km, udah itu diganti baru sm cop perusahaan. Mobil disiksa puas2 in aja 5 thn asal jgn sampe rontok yg keliatan banget bikin nilai jual jatuh.
Gausah pikir mobil awet buat jk panjang, tahan 5 thn cukup.

Pernah jg piara mbl 5thn km cm 24rb krn males pake nya. Jual jg harganya mirip2 aja sm yg cape....
Kent wrote: Fri Jul 06, 2018 7:02
Fookyoo wrote: Fri Jul 06, 2018 5:19
Ini sedikit banyak juga faktor dari user2 mobil juga, Om. IMHO ya.... maunya terlihat keren doang (mobil baru, dll dll). Tapi running cost ditekan segila-gilanya. :mky_07:
Ada beberapa temen ane bahkan mikirnya, "ah pake mobil max 4-5 tahun, nanti dijual.... kalo diisi bensin mahal terus, nanti owner berikutnya enak dong sedangkan kita yang keluar ongkos bensin mahal, buat apaan?." [emo-yesno]
Susah ngomong sama yang model begini :big_slap:
Tp gak salah loh.. bener 5 thn ketika dijual harga jg gk beda.
jika mobil 5thn jadi 100rb KM, asumsi 1:9 km/ltr (11.111 liter Bensin)
jika selisih 3rb, sudah 33jt (lumayan buat nambahin beli model baru)
jika kredit 2thn dgn bunga 3,5% (sudah save 35jt)
hehehe....

tapi ya mesti terima kata om Crz, gk dpt potensi maximal mobil.
yah memang preference sih ane akui, ada yang memang gak minat "menikmati" mobil. Mobil hanya alat transport dari point A ke point B. That's it.
Cuma temen ane emang agak ajaib sih, bagi dia mobil sama sekali gak perlu disayang2/diurusin...... gak pernah service selama 3 tahunan sejak beli sampai dijual :wkkk:
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by IGedeAmat »

Fookyoo wrote: Fri Jul 06, 2018 7:17
yah memang preference sih ane akui, ada yang memang gak minat "menikmati" mobil. Mobil hanya alat transport dari point A ke point B. That's it.
Cuma temen ane emang agak ajaib sih, bagi dia mobil sama sekali gak perlu disayang2/diurusin...... gak pernah service selama 3 tahunan sejak beli sampai dijual :wkkk:
Mungkin temen Om udah masuk golongan orang berada,
yang kalo cuma sekelas Avanza, kapan aja mo ganti mobil tinggal tunjuk.

Kalo kemampuan financial saya udah sampe level itu,
mungkin saya juga sama, baru sekelas Avanza aja mah gak bakal diurus, pokoknya mulai rewel tinggal buang,

:big_smoking: