Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
sinchan17
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: 15 Jan 2015, 11:12

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by sinchan17 »

Produksi ckd karawang, pajak 1500cc, sunatan massal, tapi harga bisa mahal. Yg bikin mahal apanya yak? Engine dan transmisi inhouse kan? Casting di karawang juga?
Puffy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 27 Nov 2016, 22:59

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Puffy »

daftar wrote: 23 Apr 2018, 12:39 yang saya heran, dengan mesin 1500 kan pajak BBN bisa lebih murah dari sebelumnya/pesaingnya, harusnya Honda bisa ngasih lebih dari selisih pajak tersebut ke build quality, tapi nyatanya....,



tapi kalo saya pribadi masalahnya di desain honda belakangan menurut saya jelek, terlebih chrome bar yang ada di bawah kaca belakang kayak CRV dan Jazz itu kenapa harus ada, pokoknya kebanyak chrome lah,, toyota rush mobil "kampung" aja udah nggak pake chrome2an
dari segi ukuran juga CRV ini kurang tinggi sehingga terkesan kurang gagah (masih lebih tinggi avanza waktu dijejerin), kalo lebar sih udah pas
Ane jga sempat mikir bgitu jga om., stlh pricelistnya kluar jadi makin hilang keinginan ane unt spk dgn fitur yg bgitu sih mahallllll...
Mmg honda sll ambil profit gede.
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: 21 Jan 2016, 18:01
Location: Semarang

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Koddy »

ginting wrote:
liat2aja wrote: 23 Apr 2018, 06:52 Saya malah lebih suka SUV kayak CR-V/CX-5 atau X-Trail dibanding PS/Fortuner. PS/Fortuner menurut saya terlalu besar, tidak praktis, naik turun sulit, modelnya ya gitu deh... Tapi kalau benar penjualannya lebih tinggi dibanding kelasnya CR-V ya mungkin karena kebutuhan melihat jalan2 di Indonesia belum semuanya bagus.
Saya sih mikirnya, makin banyak jalan toll dibangun Pak Jokowi, maka minat orang beli SUV ladderframe akan berkurang.
Yang akan naik adalah sedan dan monokok.
Tapi kalau jalan masih banyak yang rusak, maka suv ladder frame masih idola
Masalahnya jalan tol nya sendiri bumpy, kadang banyak yang rusak. Naik sedan juga resiko.....
Sedikit OOT, Heran sebenernya, kenapa jalan tol juga pada rusak. Udah paling bener angkutan overload ga boleh masuk tol lah....j.
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: 29 Sep 2016, 18:10
Location: Sleman

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by dizco »

Koddy wrote: 23 Apr 2018, 16:48
ginting wrote:
liat2aja wrote: 23 Apr 2018, 06:52 Saya malah lebih suka SUV kayak CR-V/CX-5 atau X-Trail dibanding PS/Fortuner. PS/Fortuner menurut saya terlalu besar, tidak praktis, naik turun sulit, modelnya ya gitu deh... Tapi kalau benar penjualannya lebih tinggi dibanding kelasnya CR-V ya mungkin karena kebutuhan melihat jalan2 di Indonesia belum semuanya bagus.
Saya sih mikirnya, makin banyak jalan toll dibangun Pak Jokowi, maka minat orang beli SUV ladderframe akan berkurang.
Yang akan naik adalah sedan dan monokok.
Tapi kalau jalan masih banyak yang rusak, maka suv ladder frame masih idola
Masalahnya jalan tol nya sendiri bumpy, kadang banyak yang rusak. Naik sedan juga resiko.....
Sedikit OOT, Heran sebenernya, kenapa jalan tol juga pada rusak. Udah paling bener angkutan overload ga boleh masuk tol lah....j.
nganu untuk infrastruktur mohon jangan ekspektasi terlalu tinggi :mky_01:

makanya untuk perjalanan terutama keluar kota lebih baik pakai kendaraan dengan kaki-kaki yang terjamin ketangguhannya

balik ke CR-V, mungkin solusi terbaik adalah diskon gede gedean kalau mau laris :mky_01:
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15461
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

sinchan17 wrote: 23 Apr 2018, 16:13 Produksi ckd karawang, pajak 1500cc, sunatan massal, tapi harga bisa mahal. Yg bikin mahal apanya yak? Engine dan transmisi inhouse kan? Casting di karawang juga?
Yang bikin mahal : gajinya jonpis dan kawan kawan :ngacir:

CR-V kan memang cashcow nya HPM... bukan Brio atau Lio atau HRV... untung paling gede memang dari CR-V.

Tapi AFAIK cost untuk produksi mesin berturbo memang mahal... apalagi GDI Turbo macem CR-V gini. Menang di pajak tapi ongkos produksi tetep tinggi karena turbo ya jatohnya sama mahal.

Sedangkan dibandingin mesin K24 lama, justru secara logika ongkos produksinya harusnya sangat rendah karena mesinnya sudah berusia lebih dari 15 tahun... dipake 3 generasi CR-V dari gen 2 sampe gen 4. Dengan kata lain selama 15 taun mereka nggak invest buat moulding baru untuk mesin, transmisi, kaki-kaki di pabriknya. Bayangin berapa milyar yang dihemat dengan komponen yang sama selama 15 tahun... alias udah balik modal dari CR-V gen 2 sampe 4.

So klo dibilang ngecuan banyak ya ngecuan banyak ... tapi dua duanya pasti dalam level margin yang 11-12. Satunya pajak, satunya karena mesin jadul.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by nyotsaeba »

twa wrote:
Winz wrote: 22 Apr 2018, 18:26
Apa mungkin orang2 yg fanatik body monokok sudah beralih all new cx-5? Secara BQ, fitur dan packaging lebih menarik daripada ini, apalagi klo bandingi fun to drive’nya
Nah, kalo udh test drive 2 mobil baru bisa komentar. gw termasuk yg awalnya mau beli crv turbo, begitu baca banyak kasus, termasuk saudara kena juga di tombol transmisi yg patah langsung ilfil.. tanya sales honda semua kompak ngaku BQ mrk makin turun dibanding dulu..

Iseng mampir mazda nyobain test drive CX5 sekalian ngajakin saudara yg pakai crv turbo ( ke showroomnya malah pakai crv :big_grin: ). hasil test di tol n jalan konblok langsung dah, saudara gw ngoceh " nyesal gw seblm beli crv ngak test drive nih mobil " :big_biglaugh: BQ dan fun to drivenya bedanya berasa...

langsung diskusi sama bini, ditanya " garansinya gimana ?" eh pas inget waktu giias mrk kasih 5 thn deh. tanya ke sales iims bisa sama ngak ? dijawab 70% lah, langsung komit kalo bener kasih 5thn gw ambil, ternyata bener malah ada lucky dip lagi ( mayan dpt 10jt lagi pas spk jumat lalu ) :mky_01:

ladder frame ANF/PJS ? sempat TD ipah yg v diesel, lah kok ngak nyaman yah, langsung dibilang ANF lebih ngak nyaman lagi pak. :big_chicken:
nyoba duduk baris ke 2 ANF kok jarak kepala ke plafon nempel... PJS ? tuh saudara pakai gak sampai setahun jual ganti crv, krn penumpang ngoceh ketinggian n mabok.. so gak test drive langsung coret dari daftar.
Mabok nggaknya selera orang jg om, kebalikan sm keluarga sayah, anak bini semua anti mobil ceper, kl naek sedan mau merek jepun smp eropah ga sampe 10 mnt pada mabok semua ga ngerti knp, pdhal sayah mah demen bgt mobil ceper, yah bye2 lah niat punya civic hb ......

Jdnya kl beli mobil minimal hrs mpv, inopah paling ideal, kl naek kelas ya pd pilih anps/anf, crv ditolak mentah2 krn ga keliatan seharga setengah em itu
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15461
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

nyotsaeba wrote:
twa wrote:
Winz wrote: 22 Apr 2018, 18:26
Apa mungkin orang2 yg fanatik body monokok sudah beralih all new cx-5? Secara BQ, fitur dan packaging lebih menarik daripada ini, apalagi klo bandingi fun to drive’nya
Nah, kalo udh test drive 2 mobil baru bisa komentar. gw termasuk yg awalnya mau beli crv turbo, begitu baca banyak kasus, termasuk saudara kena juga di tombol transmisi yg patah langsung ilfil.. tanya sales honda semua kompak ngaku BQ mrk makin turun dibanding dulu..

Iseng mampir mazda nyobain test drive CX5 sekalian ngajakin saudara yg pakai crv turbo ( ke showroomnya malah pakai crv :big_grin: ). hasil test di tol n jalan konblok langsung dah, saudara gw ngoceh " nyesal gw seblm beli crv ngak test drive nih mobil " :big_biglaugh: BQ dan fun to drivenya bedanya berasa...

langsung diskusi sama bini, ditanya " garansinya gimana ?" eh pas inget waktu giias mrk kasih 5 thn deh. tanya ke sales iims bisa sama ngak ? dijawab 70% lah, langsung komit kalo bener kasih 5thn gw ambil, ternyata bener malah ada lucky dip lagi ( mayan dpt 10jt lagi pas spk jumat lalu ) :mky_01:

ladder frame ANF/PJS ? sempat TD ipah yg v diesel, lah kok ngak nyaman yah, langsung dibilang ANF lebih ngak nyaman lagi pak. :big_chicken:
nyoba duduk baris ke 2 ANF kok jarak kepala ke plafon nempel... PJS ? tuh saudara pakai gak sampai setahun jual ganti crv, krn penumpang ngoceh ketinggian n mabok.. so gak test drive langsung coret dari daftar.
Mabok nggaknya selera orang jg om, kebalikan sm keluarga sayah, anak bini semua anti mobil ceper, kl naek sedan mau merek jepun smp eropah ga sampe 10 mnt pada mabok semua ga ngerti knp, pdhal sayah mah demen bgt mobil ceper, yah bye2 lah niat punya civic hb ......

Jdnya kl beli mobil minimal hrs mpv, inopah paling ideal, kl naek kelas ya pd pilih anps/anf, crv ditolak mentah2 krn ga keliatan seharga setengah em itu
Mabok atau nggak berdasarkan pengalaman sih kok lebih ke faktor driver dan jalanan ya um... Hehehe...

Klo twisty road ditambah drivernya manuvernya ngawur mobil apapun bisa mabok...

Btw klo suka driving ya salah beli CR-V... CR-V skrg mobil yang lebih berkarakter family car, ngejer nyaman daripada fun to drive. Dalam hal ini rival sepadan nya X-Trail.

Mazda sendiri waktu training CX-5 diceritain sama sales manager disediainnya BMW X1 ma Merc GLA dan bukan CR-V. Krn target pasarnya memang udah beda dan benchmarking nya ke Jerman.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by nyotsaeba »

ChZ wrote:
nyotsaeba wrote:
twa wrote: Nah, kalo udh test drive 2 mobil baru bisa komentar. gw termasuk yg awalnya mau beli crv turbo, begitu baca banyak kasus, termasuk saudara kena juga di tombol transmisi yg patah langsung ilfil.. tanya sales honda semua kompak ngaku BQ mrk makin turun dibanding dulu..

Iseng mampir mazda nyobain test drive CX5 sekalian ngajakin saudara yg pakai crv turbo ( ke showroomnya malah pakai crv :big_grin: ). hasil test di tol n jalan konblok langsung dah, saudara gw ngoceh " nyesal gw seblm beli crv ngak test drive nih mobil " :big_biglaugh: BQ dan fun to drivenya bedanya berasa...

langsung diskusi sama bini, ditanya " garansinya gimana ?" eh pas inget waktu giias mrk kasih 5 thn deh. tanya ke sales iims bisa sama ngak ? dijawab 70% lah, langsung komit kalo bener kasih 5thn gw ambil, ternyata bener malah ada lucky dip lagi ( mayan dpt 10jt lagi pas spk jumat lalu ) :mky_01:

ladder frame ANF/PJS ? sempat TD ipah yg v diesel, lah kok ngak nyaman yah, langsung dibilang ANF lebih ngak nyaman lagi pak. :big_chicken:
nyoba duduk baris ke 2 ANF kok jarak kepala ke plafon nempel... PJS ? tuh saudara pakai gak sampai setahun jual ganti crv, krn penumpang ngoceh ketinggian n mabok.. so gak test drive langsung coret dari daftar.
Mabok nggaknya selera orang jg om, kebalikan sm keluarga sayah, anak bini semua anti mobil ceper, kl naek sedan mau merek jepun smp eropah ga sampe 10 mnt pada mabok semua ga ngerti knp, pdhal sayah mah demen bgt mobil ceper, yah bye2 lah niat punya civic hb ......

Jdnya kl beli mobil minimal hrs mpv, inopah paling ideal, kl naek kelas ya pd pilih anps/anf, crv ditolak mentah2 krn ga keliatan seharga setengah em itu
Mabok atau nggak berdasarkan pengalaman sih kok lebih ke faktor driver dan jalanan ya um... Hehehe...

Klo twisty road ditambah drivernya manuvernya ngawur mobil apapun bisa mabok...

Btw klo suka driving ya salah beli CR-V... CR-V skrg mobil yang lebih berkarakter family car, ngejer nyaman daripada fun to drive. Dalam hal ini rival sepadan nya X-Trail.

Mazda sendiri waktu training CX-5 diceritain sama sales manager disediainnya BMW X1 ma Merc GLA dan bukan CR-V. Krn target pasarnya memang udah beda dan benchmarking nya ke Jerman.
Hehe bs jd om, pdhal sy sih always pake 3 pedal, jdnya cukup pd nyetirnya ga ajrut2 an, tetap aja mabok (terakhir pake city gd loong time ago). Tp memang aneh sih, naek taksi sedan di singapur tiap kali mabok dan eneg semua (kecuali saya). Mungkin faktor matic &style supir nya yg cenderung ajrut2 an.
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by bensinsolar »

Bener kata Om Chz, naik CX-5 utk kepuasan pengemudi & CRV utk accomodation lbh family oriented. Sering naik CX-5 teman yang pre-FL duduk di row 2nya menurut saya gak enak & sempit. Apalagi waktu itu duduk ber 3 kepala saya puyeng dah. :mky_05:
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: 21 Jan 2016, 18:01
Location: Semarang

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Koddy »

bensinsolar wrote:Bener kata Om Chz, naik CX-5 utk kepuasan pengemudi & CRV utk accomodation lbh family oriented. Sering naik CX-5 teman yang pre-FL duduk di row 2nya menurut saya gak enak & sempit. Apalagi waktu itu duduk ber 3 kepala saya puyeng dah. :mky_05:
CR-V seri RE dan RM memang lebih family oriented, karena ruang kabin row kedua super lebar dan longgar. Sayangnya hal ini dihilangkan dengan nongolnya CR-V Turbo seri RW ini.....
Mobil kelas SUV yang paling nyaman row kedua sampai sekarang masih CR-V RE dan RM kok.
Mau X-Trail, mau CX-5, mau si ladder frame, semua row keduanya kurang nyaman. Sayangnya keunggulan positif ini, hilang di CR-V RW. Alhasil, dengan kondisi yang 11-12 dengan kompetitor nya, prefer CX-5 atau XTrail untuk kelas SUV monocoque dibanding CR-V RW.
Ingkak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 08 Mar 2017, 20:46
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Grandlivina

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Ingkak »

Di pekanbaru kota lumayan rame kok yg ambil CRV TURBO ini, walopun gak sepasaran duo ladder frame. Tapi sering seliweran juga ni mobil, apalagi tipe prestige nya yg paling laku. Utk CX 5 yg baru juga rame kok, biasanya chinesse yg make terutama warna merah nya sering juga liat d jalanan. Klo duo ladderframe itu lebih ke org daerah/sawit yg fanatik dengan dua jenis itu.
dani123
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: 22 Oct 2012, 13:28

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by dani123 »

Di Jakarta perasaan cukup sering kok lihat CRV turbo ini, dan hampir selalu yg Prestige. Kalau Civic turbo nah itu baru jarang banget kelihatan.
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: 14 Apr 2007, 11:44

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by surya »

ChZ wrote: 23 Apr 2018, 09:16
Bulgogi wrote:Pasarnya memang kecil, mau jungkir balik marketting kaya gimana juga ngga bakal naik penjualannya..

Lihat aja ada ngga yg lebih laku dr CRV ?
Ngga ada.

Berarti bukan ngga laku..
Memang pasarnya cuma segitu..
Betul...

Sebelum ane dituduh bela HPM...

Pasar CR-V dkk itu kegusur karena 2 hal :

- Naik "kelas" nya Pajero/Fortuner jadi lebih meVVah... Kan mobil kelas gini buat menunjang status sosial. Size does matter cuy.
- Adiknya sendiri, HR-V. Gak peduli brapa kacau kualitasnya ya tetep kacang goreng. Yah gimana, compact SUV memang lebih praktis buat sehari-hari. Dulu jaman RE mah ngga ada HR-V... Jangan salah, dari segitu banyak pengguna HR-V yang ngeluh cukup banyak... tapi ya gimana lagi beli merek lain mau servis dimana klo di daerah... (Chevy, Mazda) sementara yang ono pesaing ketatnya H malah jual crossover harga seenak jidat.

T32 yang value for money banget dan CX-5 yang BQnya dewa aja senasib ... klo dibanding-bandingin sama zaman RE ya gak relevan blas. Dulu varian mobil belom sebanyak skrg. 2007 orang buat menunjang image ya belinya CR-V atau X-Trail atau Fortuner.
Betul. Gak fair buat Honda karena komentar2 dari orang2 yang belum pernah memiliki atau mengendarai CRV Turbo, lantas berkomentar negatif hanya karena omongan orang lain. Ane yang sudah mengendarai mobil ini selama setengah tahun.. malah merasa CRV Turbo ini sangat bagus sebagai product Improvement dari CRV sebelumnya.. (kebetulan masih keep CRV RM juga di rumah). Bahkan dibandingkan dengan ANPS yang sangat sering ane naiki, malah merasa CRV Turbo jauh lebih nyaman dan ga kalah BQ nya.
Kalau ANF mah ga masuk kelas lah buat lawan CRV Turbo.. ANF itu mobil over price dengan teknologi seadanya.... cuma Innova ganti body buat ane... ga ada nyaman2nya.. cuma jualan logo T doank.. BQ juga so-so lah....

Kalau soal mobil mesin 1500 CC dihargai sampai setengah M... mungkin perlu belajar lagi soal apa itu namanya mesin turbo.. apa itu namanya torsi dan horse power... masa mau disama2in sama Ruster 1500 CC?? Aya aya wae... hahaha
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15461
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

Koddy wrote:
bensinsolar wrote:Bener kata Om Chz, naik CX-5 utk kepuasan pengemudi & CRV utk accomodation lbh family oriented. Sering naik CX-5 teman yang pre-FL duduk di row 2nya menurut saya gak enak & sempit. Apalagi waktu itu duduk ber 3 kepala saya puyeng dah. :mky_05:
CR-V seri RE dan RM memang lebih family oriented, karena ruang kabin row kedua super lebar dan longgar. Sayangnya hal ini dihilangkan dengan nongolnya CR-V Turbo seri RW ini.....
Mobil kelas SUV yang paling nyaman row kedua sampai sekarang masih CR-V RE dan RM kok.
Mau X-Trail, mau CX-5, mau si ladder frame, semua row keduanya kurang nyaman. Sayangnya keunggulan positif ini, hilang di CR-V RW. Alhasil, dengan kondisi yang 11-12 dengan kompetitor nya, prefer CX-5 atau XTrail untuk kelas SUV monocoque dibanding CR-V RW.
All New CX-5 pun kecenderungannya row 2 dan bantingan masih kalah dgn CR-V RW soal empuknya. Luas memang 11-12, CX-5 soalnya makin panjang.

X-Trail... Sebagai pengguna baris kedua posisi duduknya masih agak tinggi... Jok tebel sih cuma posisinya tetep kalah dari RE/RM/RW... RM jangan disebut ah, jok tipis macem papan triplek gitu. Gak heran luas.

RE/RM meskipun lapang bantingannya aduh... Kaku abis. Klo dah naik RW langit bumi... Lbh comfort oriented.

Sebagai tester dan user jadi pernah coba yang manapun... CX-5 gen 1/2, CRV RE/RM/RW, X-Trail T31/T32.
surya wrote:Betul. Gak fair buat Honda karena komentar2 dari orang2 yang belum pernah memiliki atau mengendarai CRV Turbo, lantas berkomentar negatif hanya karena omongan orang lain. Ane yang sudah mengendarai mobil ini selama setengah tahun.. malah merasa CRV Turbo ini sangat bagus sebagai product Improvement dari CRV sebelumnya.. (kebetulan masih keep CRV RM juga di rumah). Bahkan dibandingkan dengan ANPS yang sangat sering ane naiki, malah merasa CRV Turbo jauh lebih nyaman dan ga kalah BQ nya. Kalau ANF mah ga masuk kelas lah buat lawan CRV Turbo.. ANF itu mobil over price.. cuma Innova ganti body buat ane... ga ada nyaman2nya.. cuma jualan logo T doank.. BQ juga so-so lah....

Kalau soal mobil mesin 1500 CC dihargai sampai setengah M... mungkin perlu belajar lagi soal apa itu namanya mesin turbo.. apa itu namanya torsi dan horse power... masa mau disama2in sama Suster 1500 CC?? Aya aya wae... hahaha
Klo dah thread kayak gini selalu ada komentar love and hate om... Apalagi di forum SM selalu jadi pelabuhan curhat para user. Hahahahaha. Yang asbun dan yang udah coba beneran keliatan kok komentarnya.

Ngomongin build quality T32 X-Trail juga 11-12 kacaunya... walaupun gak sampe tuas transmisi patah sih. Tapi glitch nya lumayan banyak dan waktu 20ribu kilo dah banyak ganti part kaki-kaki dan sensor ABS...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
haeven
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: 07 Feb 2013, 13:45

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by haeven »

Kalau menurut sy sih tergantung kebutuhan ya.
Saya sdh pakai ini mobil 4 bulan .
Kalo dari segi model tarikan dan kenyamanan memang ok menurut saya.
Memang dari sisi BQ saya akui mobil ini ga bagus.
Saya ada BRV lbh parah dari ini..
Saya juga ada FORTUNER VNT kl disuruh pakai buat sehari hari saya akan pilih ANCRV karena jauh lebih lincah bawanya.
Dan lebih nyaman. Cari parkir gampang karena bawanya ga kaya mobil besar.

So sekali lagi tergantung kebutuhan dan selera. Kalo sudah punya ladder frame buat apa beli ladder frame lagi.
Naikannya lebih enak monocoq kemana mana.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15461
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

nyotsaeba wrote: 23 Apr 2018, 17:32 Hehe bs jd om, pdhal sy sih always pake 3 pedal, jdnya cukup pd nyetirnya ga ajrut2 an, tetap aja mabok (terakhir pake city gd loong time ago). Tp memang aneh sih, naek taksi sedan di singapur tiap kali mabok dan eneg semua (kecuali saya). Mungkin faktor matic &style supir nya yg cenderung ajrut2 an.
Pengalaman soalnya kerja banyak naik taksi onlen, adaptasi dengan ratusan style driver yang bervariasi... Memang sih faktor mobil juga pengaruh, biasa bawa mobil sedan jadi begitu dapetnya avanza/xenia lebih cepet pusing, Tapi jauh lebih berpengaruh style pengemudinya, krn dapet mobilio yang posisi duduknya rendah kayak sedan atau toyota limo (klo dapet bluebird) ya tetep aja pusing kalo yang bawa ajrut-ajrutan :mky_01:

apalagi dapet avanza/xenia yang bawa ajrut-ajrutan... walah... :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Bulgogi »

ChZ wrote: Konon katanya HPM memanfaatkan skema LCGC buat ngurangin cost produksi Lio... (ya ujungnya mahal juga sekarang).
Eh buset, duit pajak disikat juga sm HPM.. dompet karyawan HPM tebel2 nih kayanya.. :ngacir:
crest
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 29 Sep 2013, 20:59

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by crest »

Kalo saya ogah beli batch pertama apapun merknya (pengalaman pribadi) masih bingung aja sama pabrikan di indonesia, apa R&D yang kurang atau sengaja dibuat utk mengurangi cost R&D atau strategi buat FL gen berikutnya, tapi bingung juga apa gak takut dgn brand image kalo banyak cacat, ah sudahlah gak ikutan beli juga maaf oot ya om, duitpun gak nyampai segitu :big_sorry:
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: 30 Aug 2015, 19:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by fizrmen »

ChZ wrote: 23 Apr 2018, 16:54
sinchan17 wrote: 23 Apr 2018, 16:13 Produksi ckd karawang, pajak 1500cc, sunatan massal, tapi harga bisa mahal. Yg bikin mahal apanya yak? Engine dan transmisi inhouse kan? Casting di karawang juga?
Yang bikin mahal : gajinya jonpis dan kawan kawan :ngacir:

CR-V kan memang cashcow nya HPM... bukan Brio atau Lio atau HRV... untung paling gede memang dari CR-V.

Tapi AFAIK cost untuk produksi mesin berturbo memang mahal... apalagi GDI Turbo macem CR-V gini. Menang di pajak tapi ongkos produksi tetep tinggi karena turbo ya jatohnya sama mahal.

Sedangkan dibandingin mesin K24 lama, justru secara logika ongkos produksinya harusnya sangat rendah karena mesinnya sudah berusia lebih dari 15 tahun... dipake 3 generasi CR-V dari gen 2 sampe gen 4. Dengan kata lain selama 15 taun mereka nggak invest buat moulding baru untuk mesin, transmisi, kaki-kaki di pabriknya. Bayangin berapa milyar yang dihemat dengan komponen yang sama selama 15 tahun... alias udah balik modal dari CR-V gen 2 sampe 4.

So klo dibilang ngecuan banyak ya ngecuan banyak ... tapi dua duanya pasti dalam level margin yang 11-12. Satunya pajak, satunya karena mesin jadul.
GEN4 cuannya paling gede, speknya miris.... *nengok ke rm replektor digarasi*
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4106
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by b0ku »

ChZ wrote: 23 Apr 2018, 09:56
marama wrote: 23 Apr 2018, 09:41
Setuju , scr g langsung memang dimakan adikya (HRV) itu sendiri, ini mobil dihina2 se SM, dan forum sblh krn byk bunyi tp knp penjualannya masih stabil, tapi yg saya liat skrg HPM terlalu terlena sama backbone HRV nya facelift nya aja blm pasti taun ini dijual. Cuma ya mgkn mereka lihat skrg blm ada pesaing yg menganggu.
Yup, cuma 2 produk yang kayaknya masih jadi backbone : Brio dan HR-V. Belom kena pesaing yang bener-bener serius dari major brand.

Kemunculan gay/alay 1200cc gak memberi perlawanan sengit buat Brio, wong itu varian 1200cc juga mepet CalSig harganya. Udh jarang liat gay/alay baru di jalan rasanya... banyakan konsumen toyodai lari ke CalSig.

HR-V yang laris bak kacang goreng yang 1.5L, krn harganya masih terjangkau dan pemakai biasanya ibu-ibu atau nak kuliahan... :mky_01:

Lio BRV hancur kena 4 pesaing sekaligus. CRV juga kena ANF/ANPS. Sedan stagnan. Odyssey jangan harep. CRZ apalagi.
type R market leader :ngacir:

gw ampe ngucek2x liat type r di jalan banyak jg yg alay modifannya dari di sricker dove sampe pasang sticker gede di kaca depan :big_dunno:
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: 11 Feb 2014, 20:33
Location: Jakarta

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by piggypig77 »

fizrmen wrote: 23 Apr 2018, 21:01
ChZ wrote: 23 Apr 2018, 16:54
sinchan17 wrote: 23 Apr 2018, 16:13 Produksi ckd karawang, pajak 1500cc, sunatan massal, tapi harga bisa mahal. Yg bikin mahal apanya yak? Engine dan transmisi inhouse kan? Casting di karawang juga?
Yang bikin mahal : gajinya jonpis dan kawan kawan :ngacir:

CR-V kan memang cashcow nya HPM... bukan Brio atau Lio atau HRV... untung paling gede memang dari CR-V.

Tapi AFAIK cost untuk produksi mesin berturbo memang mahal... apalagi GDI Turbo macem CR-V gini. Menang di pajak tapi ongkos produksi tetep tinggi karena turbo ya jatohnya sama mahal.

Sedangkan dibandingin mesin K24 lama, justru secara logika ongkos produksinya harusnya sangat rendah karena mesinnya sudah berusia lebih dari 15 tahun... dipake 3 generasi CR-V dari gen 2 sampe gen 4. Dengan kata lain selama 15 taun mereka nggak invest buat moulding baru untuk mesin, transmisi, kaki-kaki di pabriknya. Bayangin berapa milyar yang dihemat dengan komponen yang sama selama 15 tahun... alias udah balik modal dari CR-V gen 2 sampe 4.

So klo dibilang ngecuan banyak ya ngecuan banyak ... tapi dua duanya pasti dalam level margin yang 11-12. Satunya pajak, satunya karena mesin jadul.
GEN4 cuannya paling gede, speknya miris.... *nengok ke rm replektor digarasi*
Gen 4 saya kok projector ya bos?


*eh :ngacir:
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by impactful »

https://asia.nikkei.com/Business/Compan ... a-in-China

di china malah kena suspension/recall issue...

di Bogor/Sentul populasi lumayan banyak... tiap hari pasti ketemu C-RV turbo / Civic Turbo, sedan maupun hatchback... tadi pagi sampai lihat 2 Civic Turbo sedan hitam jalan samping2an...

yg ane heran, kenalan yg biasa pakai Mercy sedan terbaru dan koleksi SUV BMW nya bejibun...

kok minggu lalu terlihat pakai CR-V Turbo... pas mau ditanya orangnya keburu cao... :mky_06:
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by nugroho bagor »

CRV kok 1500 CC,geli2 lah,dopost
f1r3f0x
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 09 Aug 2017, 14:26
Location: Jkt

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by f1r3f0x »

Masalahnya hanya 2 :
1. Penurunan daya beli (semua jenis mobil turun level, crv k hrv, avania k calsig, hatchback ke city car, city car ke lcgc) yg biasanya dibenarkan dgn berbagai alasan spt size lbh compact, lbh irit, lbh agile di dlm kota dll, pdhl intinya lbh murah aja.

2. Perubahan gaya hidup
Milenials view: Sharing economy, public transport, go green, online transport, YOLO, travelling #1, property bukan lg kebutuhan primer dan mobil bukan lagi gaya hidup, bukan lagi sesuatu yg diidamkan/diimpikan dan dibeli scr impulsif. Mobil hanya alat transport yg bs disubtitusi oleh taxol, LRT, MRT, gojek dsb.

Bukan sales..
500jt itu bs beli mobil yg rasanya 300jt dan dlm 5 taun terdepresiasi sisa tinggal 250jt atau bs beli 3 unit apartment di M**karta..
Kadang saya bingung, ini yg ga waras yg jual mobil apa yg jual apartment..
KemPling
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 15 Mar 2017, 10:41
Location: Jakarta
Daily Vehicle: matic

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by KemPling »

Serba salah sih ya. Harusnya dg harga yg sekarang itu lbh cocok buat crv 1.6 diesel awd 9at.

Tapi orang awam nanti ngebandingkan jg cc nya masi kalah sama si duo ladder, & sales tambah bingung ditanyai "bisa minum solar goceng gak?" :e-doh:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post