Page 10 of 11

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 16, 2019 13:15
by Tampanman
iroedii5 wrote: Wed Jan 16, 2019 10:19
rajapb wrote:mitos atau fakta, setir EPS pasti feedback nya selalu lebih jelek daripada setir hydraulic?
Nambahin pertanyaan mitos atau fakta:
Setir EPS lbh cpt rusak drpd setir Hydraulic?
Nambahin, yang EPS apa selalu lebih ringan dari hydraulic?

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 16, 2019 17:52
by bismo16
Tampanman wrote:
iroedii5 wrote: Wed Jan 16, 2019 10:19
rajapb wrote:mitos atau fakta, setir EPS pasti feedback nya selalu lebih jelek daripada setir hydraulic?
Nambahin pertanyaan mitos atau fakta:
Setir EPS lbh cpt rusak drpd setir Hydraulic?
Nambahin, yang EPS apa selalu lebih ringan dari hydraulic?
Ndak selalu, tergantung setingan EPS nya. Coba nyetir SX4 gen 1 (x over / x road / neo baleno). Setirnya berat, lebih berat dari PS hidrolik

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Thu Jan 17, 2019 0:58
by IGedeAmat
coklatMetalik wrote: Wed Jan 16, 2019 9:03
supriyadi wrote: Wed Jan 16, 2019 9:01
IGedeAmat wrote: Wed Jan 16, 2019 7:55

Mitos apa fakta, katanya kalo pake Go Pay ada harga promo.. ?
eh.. lagi ngomongin apa seh.. ?
Ngomongin yang 80 juta tuh Om....
Klo 80 jt dibayar pk gopay diskon brp tuh?
pake go pay dapet 1 kupon om, kumpulin 10 kupon dapet free 1 kali...
(kok kayak car wash ya...)

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Thu Jan 17, 2019 6:51
by iwing
bismo16 wrote: Wed Jan 16, 2019 17:52
Tampanman wrote:
iroedii5 wrote: Wed Jan 16, 2019 10:19 Nambahin pertanyaan mitos atau fakta:
Setir EPS lbh cpt rusak drpd setir Hydraulic?
Nambahin, yang EPS apa selalu lebih ringan dari hydraulic?
Ndak selalu, tergantung setingan EPS nya. Coba nyetir SX4 gen 1 (x over / x road / neo baleno). Setirnya berat, lebih berat dari PS hidrolik
betul sx4 x-over lumayan mantep setir nya padahal eps

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Fri Jan 18, 2019 8:06
by ginting
erwinign wrote: Wed Jan 16, 2019 7:32
newcity_vtec wrote: Wed Jan 16, 2019 5:20 Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.
Mitos om, saya pake mobil umur 12th dr baru pake 5w-30 sampe hr ini ndak ada masalah. Tokcer terus. Tapi sy butuh penjelasan detail juga ini, penasaran
Penjelasannya gini.
Ketika mobil masih baru, maka clearance antar moving parts itu masih rapet...lama lama kelamaan seiring usia, maka makin longgar.
kalau masih rapat, maka oli encer gampang masuk ke celak celahnya...
kalau oli kental maka susah masuk ke celah celah

kalau sudah berumur maka sudah makin lebar gap, clearance partsnya...sehingga suara juga makin kasar.
kalau dikasih oli encer maka suara masih kasar
kalau dikasih oli kentel maka suara makin senyap. (makanya banyak pedagang nakal kasih oli kentel ke mobil mereka supaya kesannya suara mesin halus).
kalau clearance sudah longgar maka oli yg kental bisa jadi kayak bantalan untuk mengurangi gesekan..


#demikian-analisa-sotoy-dari-nubie

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Fri Jan 18, 2019 15:47
by Pugman
ginting wrote: Fri Jan 18, 2019 8:06
erwinign wrote: Wed Jan 16, 2019 7:32
newcity_vtec wrote: Wed Jan 16, 2019 5:20 Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.
Mitos om, saya pake mobil umur 12th dr baru pake 5w-30 sampe hr ini ndak ada masalah. Tokcer terus. Tapi sy butuh penjelasan detail juga ini, penasaran
Penjelasannya gini.
Ketika mobil masih baru, maka clearance antar moving parts itu masih rapet...lama lama kelamaan seiring usia, maka makin longgar.
kalau masih rapat, maka oli encer gampang masuk ke celak celahnya...
kalau oli kental maka susah masuk ke celah celah

kalau sudah berumur maka sudah makin lebar gap, clearance partsnya...sehingga suara juga makin kasar.
kalau dikasih oli encer maka suara masih kasar
kalau dikasih oli kentel maka suara makin senyap. (makanya banyak pedagang nakal kasih oli kentel ke mobil mereka supaya kesannya suara mesin halus).
kalau clearance sudah longgar maka oli yg kental bisa jadi kayak bantalan untuk mengurangi gesekan..


#demikian-analisa-sotoy-dari-nubie
👍
:big_exellent:
Ilmu Suhu akhirnya keluar juga mantap Om..
:mky_02:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sat Jan 19, 2019 1:57
by htk
Mitos atau fakta, kalau kita mau buka pintu dari dalam mobil yang masih terkunci, kalo kita tarik sendiri tuas pembuka nya selain pintu driver, katanya bikin rusak ?
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sat Jan 19, 2019 14:26
by geofreyap
htk wrote: Sat Jan 19, 2019 1:57 Mitos atau fakta, kalau kita mau buka pintu dari dalam mobil yang masih terkunci, kalo kita tarik sendiri tuas pembuka nya selain pintu driver, katanya bikin rusak ?
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver
Mitos.
Central lock dibuat sama halnya seperti power window, dimana dari sisi driver bisa kontrol semua pintu tanpa harus geser pantat.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sun Jan 20, 2019 5:30
by ders
mitos atau fakta ya..

1. di mesin diesel.. klo terbiasa isi solar saat level indikator nya kurang dr seperempat, maka akan terjadi "masuk angin" pada sistim suplai bahan bakar

2. titik tengah dasboard (segaris lurus kebawah dr spion tengah) bisa digunakan sebagai acuan saat berkendara.. apakah kedua ban di bagian kiri sudah menyentuh tepi luar aspal (mepet trotoar) atau belum.
Hanya utk kondisi jalan datar dan lurus.

3. saat berkendara malam hari - dini hari terutama di wilayah sepanjang jateng jatim dst.. driver akan cenderung mengekor mobil didepannya.. saat kecepatan rendah maupun tinggi.. dan tidak akan pernah nyalip terkecuali kita berhenti... saat kita melakukan hal yg sama.. ngikutin atau mengekor mereka.. mereka pun juga akan paham dan menjalankan mobilnya sesuai kebutuhan cepat atau lambat... Hal tersebut dilakukan untuk menambah adrenalin dan bisa menjadi teman di perjalanan ben ora ngantuk.. diakhiri dengan 1-2x bunyi klakson sbg tanda salam apabila salah satu mobil berhenti.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Thu Jan 24, 2019 6:36
by sukerdan02
ders wrote: Sun Jan 20, 2019 5:30 mitos atau fakta ya..

1. di mesin diesel.. klo terbiasa isi solar saat level indikator nya kurang dr seperempat, maka akan terjadi "masuk angin" pada sistim suplai bahan bakar

MITOS.. selama kondisi saluran bahan bakar semua masih vacuum, mau isi solar sampe mepet juga ga masalah.. Yg penting jangan sampai kehabisan..
Trooper sy yg tahun 90 aja, dulu setelah benerin tangki bocor cuma diisi solar 3 liter cuma sekedar buat sampe ke SPBU, dipompa di primer pump sebentar (karena dari posisi tangki turun) ga masuk angin kok.. Selama kondisi jalan normal (ga naik turun extrim), dan kondisi tangki ga banyak kotoran, solar masih bisa disedot normal

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Thu Jan 24, 2019 10:52
by bismo16
Kalo nyampur BBM, misal : pertalite + pertamax turbo dalam takaran tertentu bisa dapat bensin RON setara pertamax dengan harga lebih reasonable itu mitos / fakta?

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Thu Jan 24, 2019 11:50
by pernahmiskin
ders wrote: Sun Jan 20, 2019 5:30 mitos atau fakta ya..

1. di mesin diesel.. klo terbiasa isi solar saat level indikator nya kurang dr seperempat, maka akan terjadi "masuk angin" pada sistim suplai bahan bakar

2. titik tengah dasboard (segaris lurus kebawah dr spion tengah) bisa digunakan sebagai acuan saat berkendara.. apakah kedua ban di bagian kiri sudah menyentuh tepi luar aspal (mepet trotoar) atau belum.
Hanya utk kondisi jalan datar dan lurus.

3. saat berkendara malam hari - dini hari terutama di wilayah sepanjang jateng jatim dst.. driver akan cenderung mengekor mobil didepannya.. saat kecepatan rendah maupun tinggi.. dan tidak akan pernah nyalip terkecuali kita berhenti... saat kita melakukan hal yg sama.. ngikutin atau mengekor mereka.. mereka pun juga akan paham dan menjalankan mobilnya sesuai kebutuhan cepat atau lambat... Hal tersebut dilakukan untuk menambah adrenalin dan bisa menjadi teman di perjalanan ben ora ngantuk.. diakhiri dengan 1-2x bunyi klakson sbg tanda salam apabila salah satu mobil berhenti.
Bantu jwb nomor 3, kebetulan tinggal d jatim..

Ane merasa risih kalau ada mobil yg mengekor, jd kalau ada yg mengekor ane biasa kasih sein kiri, biar dia nyalip..

Ane lebih seneng ngekor(kalau terpaksa), itupun d belakang truk 3/4 atau bus yg lajunya mayan kencang...ketimbang mobil pribadi

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Thu Jan 24, 2019 14:52
by Pugman
bismo16 wrote: Thu Jan 24, 2019 10:52 Kalo nyampur BBM, misal : pertalite + pertamax turbo dalam takaran tertentu bisa dapat bensin RON setara pertamax dengan harga lebih reasonable itu mitos / fakta?
Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnya

(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Thu Jan 24, 2019 15:51
by bismo16
Pugman wrote:
bismo16 wrote: Thu Jan 24, 2019 10:52 Kalo nyampur BBM, misal : pertalite + pertamax turbo dalam takaran tertentu bisa dapat bensin RON setara pertamax dengan harga lebih reasonable itu mitos / fakta?
Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnya

(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
Wah, makasih infonya oom @pugman

Jadi kalo saya campur 100rb pertamax turbo & 200rb pertalite perhitungannya berdasar rumus tadi seperti ini ya :
((98x8,33)+(90x26,14)) : (8,33+26,14) = 91,93 RON

harga per liter :
(200rb+100rb) : (8,33+26,14) = Rp. 8.703/liter..

Dapat pertamax murah dong saya [emoji1]

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sat Jan 26, 2019 4:21
by ginting
htk wrote:Mitos atau fakta, kalau kita mau buka pintu dari dalam mobil yang masih terkunci, kalo kita tarik sendiri tuas pembuka nya selain pintu driver, katanya bikin rusak ?
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver
Ini maksudnya pintu itu adalah Pintu penumpang kiri depan, dan pintu row 2 kan ?

kalau itu sih setengan MITOS setengah FAKTA.

Mitosnya adalah bahwa tombol CL yg dari driver itu cuma trigger supaya motor (atau vacuum kalo di mercy jadul) yg ada di tiap pintu prnumpang nyundul pelatuk utk buka/tutup saja. dah itu doang.

FAKTA.
dengan seringnya dibuka pitu itu lewat tombol CL yg dipencet supir, maka tombol kecil pintu sebelah dalam (tuas pengungkit) makin awet krn jarang dipake...gak gsmpang dooll.

Yang seru tuh mertua gue, kalau buka pintu penumpang caranya gini : ..tarik tuas...open...lepas tiba tiba...**pletakkk**
ha ha ha ha

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sat Jan 26, 2019 4:27
by ginting
bismo16 wrote:
Pugman wrote:
bismo16 wrote: Thu Jan 24, 2019 10:52 Kalo nyampur BBM, misal : pertalite + pertamax turbo dalam takaran tertentu bisa dapat bensin RON setara pertamax dengan harga lebih reasonable itu mitos / fakta?
Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnya

(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
Wah, makasih infonya oom @pugman

Jadi kalo saya campur 100rb pertamax turbo & 200rb pertalite perhitungannya berdasar rumus tadi seperti ini ya :
((98x8,33)+(90x26,14)) : (8,33+26,14) = 91,93 RON

harga per liter :
(200rb+100rb) : (8,33+26,14) = Rp. 8.703/liter..

Dapat pertamax murah dong saya [emoji1]
Caveat :

Rumus ini bisa dilakukan kalau satu merk fuelnya. misalnya Pertabo dan Pertalite itu sMa sama Pertamina.

Emang kenapa kalau Shell V Power dioplos sama Pertalite ?
Takutnya zat additif peningkat octane yg dipake beda jenis..jadi dalam rumus kimia mol (molaritas) nya gak nambah..malah yg ada 2 zat additive masuk ..dah gitu aja...


Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sat Jan 26, 2019 4:53
by supriyadi
ginting wrote: Sat Jan 26, 2019 4:27
bismo16 wrote:
Pugman wrote:
Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnya

(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
Wah, makasih infonya oom @pugman

Jadi kalo saya campur 100rb pertamax turbo & 200rb pertalite perhitungannya berdasar rumus tadi seperti ini ya :
((98x8,33)+(90x26,14)) : (8,33+26,14) = 91,93 RON

harga per liter :
(200rb+100rb) : (8,33+26,14) = Rp. 8.703/liter..

Dapat pertamax murah dong saya [emoji1]
Caveat :

Rumus ini bisa dilakukan kalau satu merk fuelnya. misalnya Pertabo dan Pertalite itu sMa sama Pertamina.

Emang kenapa kalau Shell V Power dioplos sama Pertalite ?
Takutnya zat additif peningkat octane yg dipake beda jenis..jadi dalam rumus kimia mol (molaritas) nya gak nambah..malah yg ada 2 zat additive masuk ..dah gitu aja...
Kalo nyampurnya di drum/tanki terus dimixer baru dituang ke tanki mobil mungkin baru pas. Kalo isi pertabo trus pindah ke pertalte takutnya oplosannya nggak sempurna, malah ndut2an mobilnya

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sat Jan 26, 2019 5:01
by supriyadi
3. saat berkendara malam hari - dini hari terutama di wilayah sepanjang jateng jatim dst.. driver akan cenderung mengekor mobil didepannya.. saat kecepatan rendah maupun tinggi.. dan tidak akan pernah nyalip terkecuali kita berhenti... saat kita melakukan hal yg sama.. ngikutin atau mengekor mereka.. mereka pun juga akan paham dan menjalankan mobilnya sesuai kebutuhan cepat atau lambat... Hal tersebut dilakukan untuk menambah adrenalin dan bisa menjadi teman di perjalanan ben ora ngantuk.. diakhiri dengan 1-2x bunyi klakson sbg tanda salam apabila salah satu mobil berhenti.
[/quote]

Saya sering praktekin ini Om. Kalo pulkam ke Sumbar atau balik ke Pekanbaru.Tapi ngekor travel yang pake panther, soalnya kalo travel pake panther rata2 bawanya alus & tenang nggak ngebut2 amat. Jadi nyaman & tenang, kalo ngekor avzen atau luxio nggak berani. Mereka bawanya sruntulan sih

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sat Jan 26, 2019 8:57
by bismo16
ginting wrote:
bismo16 wrote:
Pugman wrote: Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnya

(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
Wah, makasih infonya oom @pugman

Jadi kalo saya campur 100rb pertamax turbo & 200rb pertalite perhitungannya berdasar rumus tadi seperti ini ya :
((98x8,33)+(90x26,14)) : (8,33+26,14) = 91,93 RON

harga per liter :
(200rb+100rb) : (8,33+26,14) = Rp. 8.703/liter..

Dapat pertamax murah dong saya [emoji1]
Caveat :

Rumus ini bisa dilakukan kalau satu merk fuelnya. misalnya Pertabo dan Pertalite itu sMa sama Pertamina.

Emang kenapa kalau Shell V Power dioplos sama Pertalite ?
Takutnya zat additif peningkat octane yg dipake beda jenis..jadi dalam rumus kimia mol (molaritas) nya gak nambah..malah yg ada 2 zat additive masuk ..dah gitu aja...
Siap oom @ginting. Kebetulan di tempat saya hanya ada pertamina. [emoji16]

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Mon Jan 28, 2019 2:08
by htk
ginting wrote: Sat Jan 26, 2019 4:21
htk wrote:Mitos atau fakta, kalau kita mau buka pintu dari dalam mobil yang masih terkunci, kalo kita tarik sendiri tuas pembuka nya selain pintu driver, katanya bikin rusak ?
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver
Ini maksudnya pintu itu adalah Pintu penumpang kiri depan, dan pintu row 2 kan ?

kalau itu sih setengan MITOS setengah FAKTA.

Mitosnya adalah bahwa tombol CL yg dari driver itu cuma trigger supaya motor (atau vacuum kalo di mercy jadul) yg ada di tiap pintu prnumpang nyundul pelatuk utk buka/tutup saja. dah itu doang.

FAKTA.
dengan seringnya dibuka pitu itu lewat tombol CL yg dipencet supir, maka tombol kecil pintu sebelah dalam (tuas pengungkit) makin awet krn jarang dipake...gak gsmpang dooll.

Yang seru tuh mertua gue, kalau buka pintu penumpang caranya gini : ..tarik tuas...open...lepas tiba tiba...**pletakkk**
ha ha ha ha
iya bener, buka pintu selain pintu driver

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 30, 2019 14:32
by bismo16
Mitos / fakta, pomade tancho bisa digunakan sebagai pengganti grease pada bearing roda?
Pernah tau mekanik truk kaya gitu [emoji16]

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 30, 2019 17:09
by Pugman
bismo16 wrote: Wed Jan 30, 2019 14:32 Mitos / fakta, pomade tancho bisa digunakan sebagai pengganti grease pada bearing roda?
Pernah tau mekanik truk kaya gitu [emoji16]
Saya ga tahu ya, mungkin bisa, tapi pomade itu kan lebih gampang hilang entah menguap atau ikut larut kena air. Lagian bukannya harga grease yang paling murah sama harga pomade itu mirip ya?

Kayanya saya tahu alasannya, jadi kalau si supir beli grease, dia cuma bisa buat bearing, tapi kalau beli pomade, bisa buat bearing sekaligus gaya bikin rambut jadi wet look

:mky_03:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 30, 2019 17:31
by Pugman
Untuk warga SM yang mengalami radiator bocor dibagian kisi pembuang panas atau heat exchanger, maka bisa dicoba trik berikut ini untuk menambal kebocoran dengan syarat
1. Kita tahu letak kebocoran
2. Besarnya kebocoran maksimal hanya sebatas lubang jarum

Caranya sebagai berikut:
1. Nyalakan mesin hingga tekanan air meningkat dan kita dapat mengetahui titik kebocoran dari titik sumber air yang menetes atau menyembur
2. Tandai bagian yang bocor, tunggu sampai tekanan air turun dan semburan atau tetesan air berhenti
3. Langsung tuangkan beberapa tetes lem korea, atau super glue, alteco dan sejenisnya ke bagian yang bocor. Tunggu sebentar hingga agak kering lalu nyalakan mesin agar lem menjadi lebih cepat kering.
4.Tambahkan beberapa tetes lagi sambil mesin dinyalakan untuk memperkuat hasil perekatan lem.

Trik ini sudah saya coba di mobil 406 saya, hasilnya bagaimana? Dari saat bocor ditemukan pada awal 2017 hingga kemarin mobilnya dijual pertengahan 2018, kisi radiator tetap dalam keadaan baik.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Jan 30, 2019 17:44
by Pugman
Berikut ini adalah DIY trik mengatasi jika selang dibagian radiator yang terbuat dari karet mengalami kebocoran kecil yang tidak terlalu parah. Maka kita bisa membungkus selang radiator dengan bahan berikut ini.

Bahan yang diperlukan adalah seal tape yang digunakan untuk pipa air PVC dan electric tape (contohnya Nitto electric tape). Seal tape digunakan untuk membungkus lapisan pertama yang bersentuhan dengan air yang bocor, sedangkan eletric tape digunakan untuk membungkus seal tape tersebut.

Kenapa menggunakan 2 bahan tersebut?
1. Seal tape dan electric tape cukup tahan panas sampai 90°C dan tidak mudah terbakar.
2. Mudah didapat dan harganya cukup murah
3. Sebagai repair kit keadaan darurat, ukurannya kecil dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Dan yang pasti, trik ini juga pernah saya lakukan sendiri.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Thu Jan 31, 2019 2:52
by marmut
bismo16 wrote: Wed Jan 30, 2019 14:32 Mitos / fakta, pomade tancho bisa digunakan sebagai pengganti grease pada bearing roda?
Pernah tau mekanik truk kaya gitu [emoji16]

karena pomade walaupun yang murah sekalipun tetep wangi ngga kaya grease.......




(walaupun wanginya kaya pakdhe-pakdhe....)
:mrgreen: