Page 7 of 11

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Mar 13, 2018 2:15
by evanbngdor
Galaxy14 wrote: Mon Mar 12, 2018 16:36
evanbngdor wrote: Mon Mar 12, 2018 10:18
Kalo starter susah nyala/ngga bs langsung langsam berarti supply bensinnya. Kalo motor karburator biasakan aktifin choke nya aja kalau mau starter, kalo motor injeksi, cek sistem injeksinya.
Iya nih om, saya juga pake choke terus. Kadang malah keluar asap putih juga kalo pagi.
Asep putih pekat atau gimana? kalau tipis sih kemungkinan banjir itu bensinnya, jgn kelamaan aktifin choke nya.

Kalau pekat bisa jd ada oli yg terbakar.

CMIIW

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Mar 13, 2018 16:39
by Galaxy14
evanbngdor wrote: Tue Mar 13, 2018 2:15
Galaxy14 wrote: Mon Mar 12, 2018 16:36
evanbngdor wrote: Mon Mar 12, 2018 10:18
Kalo starter susah nyala/ngga bs langsung langsam berarti supply bensinnya. Kalo motor karburator biasakan aktifin choke nya aja kalau mau starter, kalo motor injeksi, cek sistem injeksinya.
Iya nih om, saya juga pake choke terus. Kadang malah keluar asap putih juga kalo pagi.
Asep putih pekat atau gimana? kalau tipis sih kemungkinan banjir itu bensinnya, jgn kelamaan aktifin choke nya.

Kalau pekat bisa jd ada oli yg terbakar.

CMIIW
Asap putih tipis om. Bener, kayanya bensinnya banjir soalnya kelamaan narik choke nya. Kalo dichoke cuma sebentar ngga nyala soalnya om.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Mar 13, 2018 22:20
by coklatMetalik
Galaxy14 wrote: Tue Mar 13, 2018 16:39
evanbngdor wrote: Tue Mar 13, 2018 2:15
Galaxy14 wrote: Mon Mar 12, 2018 16:36

Iya nih om, saya juga pake choke terus. Kadang malah keluar asap putih juga kalo pagi.
Asep putih pekat atau gimana? kalau tipis sih kemungkinan banjir itu bensinnya, jgn kelamaan aktifin choke nya.

Kalau pekat bisa jd ada oli yg terbakar.

CMIIW
Asap putih tipis om. Bener, kayanya bensinnya banjir soalnya kelamaan narik choke nya. Kalo dichoke cuma sebentar ngga nyala soalnya om.
Mungkin jg cuma uap air

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Thu Mar 15, 2018 17:38
by liemivan86
evanbngdor wrote:
kunaskun wrote: Mon Mar 12, 2018 15:36
oh kalo gini biasanya kadang ini unit hasil pengadaan/proyek/borongan. udah lama si ga liat ginian di pantura, dulu sempat lihat. biasanya avanza E/G warna silver/putih. ini juga saya tahu pas dikasih tau sales yoyota dimari, kenapa ada avanza plat putih B konvoi ke arah smg.

kalau yoyota/nissan si dari gudang pabrik ke master/main dealer wajib naik truk, dan sudah lama. kurang paham sekarang. dealer setahu saya ya itu kalau mau reset odo agak rumit, entah d kalau ada dealer nakal. maklum cuma sekali seumur2 beli mobil di non master/main dealer habis itu kapok kaerna odo udah hampir 100km, berdebu ada bekas rokok, dan mobil well kotor, menang diskon si tapi tetep aja ngeselin.
Waktu itu yg ogut liat sih Small hatchback ya, jd entah deh itu gimana.

Reset odo malah sangat mudah om, cost nya lebih kecil dibandingkan ngirim mobil pake truk ke luar kota.

:mky_04: :mky_04:
Di thread sebelah kan uda dibahas, bukan reset odometer, tapi kabel odometer nya dilepas waktu pengiriman begitu. Jadi odometer nya tidak tambah. Bahkan di thread lain ada yang terima mobil dalam keadaan kabel odometer belum dipasang..

Saya hampir tiap hari sih ketemu mobil gini an. Kebetulan posisi kantor ada di daerah pelabuhan, jadi banyak dari mobil itu yang keluar dari kapal langsung balapan di jalan menuju ke dealer masing-masing. Mobil paling banyak: avanza, xenia, Ayla, agya, calya dan sigra. Sempat ketemu Terios dan Rush baru juga.. Terios nya flashing lampu jauh tiap 2 detik sekali, entah apa maksud nya.. Jadi umur LED nya entah berkurang berapa banyak itu flashing kayak gitu terus..

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Fri Mar 16, 2018 10:38
by iwing
kabarnya kalo cari mobil second eropa, perlu cari yang dipakai harian. kalo garage queen itu rentan di kelistrikan. ini mitos atau fakta..??

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Fri Mar 16, 2018 12:19
by turbine888
iwing wrote: Fri Mar 16, 2018 10:38 kabarnya kalo cari mobil second eropa, perlu cari yang dipakai harian. kalo garage queen itu rentan di kelistrikan. ini mitos atau fakta..??
Sepertinya mitos om, soalnya banyak temen2 yg angkat boil eropa seken garage queen (odo <10k) dan sejauh ini ga ada masalah di elektrikal. Kalo kata bengkel spesialis merc langganan sih yang pengaruh malah setelan dan komponen kaki2 karena mobilnya duduk terus.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Fri Mar 16, 2018 16:49
by Pugman
turbine888 wrote: Fri Mar 16, 2018 12:19
iwing wrote: Fri Mar 16, 2018 10:38 kabarnya kalo cari mobil second eropa, perlu cari yang dipakai harian. kalo garage queen itu rentan di kelistrikan. ini mitos atau fakta..??
Sepertinya mitos om, soalnya banyak temen2 yg angkat boil eropa seken garage queen (odo <10k) dan sejauh ini ga ada masalah di elektrikal. Kalo kata bengkel spesialis merc langganan sih yang pengaruh malah setelan dan komponen kaki2 karena mobilnya duduk terus.
iwing wrote: Fri Mar 16, 2018 10:38 kabarnya kalo cari mobil second eropa, perlu cari yang dipakai harian. kalo garage queen itu rentan di kelistrikan. ini mitos atau fakta..??
Kalau secara logika ada plus minusnya seh
Kalau garage queen yang maksud adalah mobil diam ditempat bisa 1 bulan lebih maka kelemahannya
1. Kaki-kaki statis dan terkena tekanan bodi secara konstan, maka ada beberapa orang yang menyarankan parkirnya didongkrak pakai jack stand di keempat roda.
2. Oli tetaplah cairan, lama-lama juga akan turun kebawah karena gravitasi, jadi bagian yang kehilangan oli akan lebih cepat aus.
3. Kita ga tahu seberapa banyak endapan oli beserta kotoran dalam mesin, berhenti dalam jangka waktu lama tanpa menyalakan mesin berpotensi menyumbat saluran-saluran sirkulasi oli.
4. Aki bisa tekor, jika mesin tak pernah dinyalakan hingga berbulan-bulan
5. Debu yang menempel pada alternator karena tak pernah berputar juga berpotensi menimbulkan sprak.

Jadi meskipun garage queen tapi kalau mesin rutin dinyalakan minimal 1 minggu sekali maka berpeluang untuk tetap bisa awet. Sedangkan mobil Eropa yang rutin berjalan cenderung lebih awet itu karena oli dan saluran BBM terus bersirkulasi jadi memperkecil timbulnya endapan oli/bbm. Faktor lain mungkin ada suhu yang bisa tambahkan.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Fri Mar 16, 2018 17:45
by octafiantos
Treat garage queen as a queen.
Treat work horse as a horse.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sat Mar 17, 2018 1:21
by michaelgiri93
Pugman wrote: Fri Mar 16, 2018 16:49
Kalau secara logika ada plus minusnya seh
Kalau garage queen yang maksud adalah mobil diam ditempat bisa 1 bulan lebih maka kelemahannya
1. Kaki-kaki statis dan terkena tekanan bodi secara konstan, maka ada beberapa orang yang menyarankan parkirnya didongkrak pakai jack stand di keempat roda.
2. Oli tetaplah cairan, lama-lama juga akan turun kebawah karena gravitasi, jadi bagian yang kehilangan oli akan lebih cepat aus.
3. Kita ga tahu seberapa banyak endapan oli beserta kotoran dalam mesin, berhenti dalam jangka waktu lama tanpa menyalakan mesin berpotensi menyumbat saluran-saluran sirkulasi oli.
4. Aki bisa tekor, jika mesin tak pernah dinyalakan hingga berbulan-bulan
5. Debu yang menempel pada alternator karena tak pernah berputar juga berpotensi menimbulkan sprak.

Jadi meskipun garage queen tapi kalau mesin rutin dinyalakan minimal 1 minggu sekali maka berpeluang untuk tetap bisa awet. Sedangkan mobil Eropa yang rutin berjalan cenderung lebih awet itu karena oli dan saluran BBM terus bersirkulasi jadi memperkecil timbulnya endapan oli/bbm. Faktor lain mungkin ada suhu yang bisa tambahkan.
Masuk akal sih om.
Mobil saya skrng jadi garage queen(karena di kerjaan gak boleh bawa mobil).
Ketar ketir juga kalau ntr rewel.
Dulu tahun 2014 an tu mobil juga sempet jadi garage queen selama beberapa bulan, ketika di bawa jalan ya gitu dah penyakit pada berdatangan.
Sekarang krn takut hal tsb terulang paling gak seminggu sekali tu mobil ta bawa jalan² walaupun cuma 1 jam an.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Mar 20, 2018 11:16
by Pugman
#Informasi menarik, Sejarah Nama Porsche 911.
Awalnya Seri Porsche 911 sebenarnya bernama 901, sebelum pada tahun 1964 pabrikan mobil asal Perancis, Peugeot, marah-marah hanya karena ada angka ‘0’ ditengahnya dan mengklaim bahwa angka ‘0’ ditengah itu adalah trademark milik Peugeot.

Padahal, pada titik ini Porsche sudah mulai memproduksi 82 unit varian 901 dalam jumlah yang sedikit sejak tahun 1963, sehingga pihak Porsche pun harus langsung mengganti nama produknya menjadi 911 per 1965.

Lantas, untuk alasan mengapa nama (01 lebih dipilih ketimbang 902 atau lain sebagainya, adalah karena emblem angka "9", "0" dan "1" sudah terlanjur diproduksi, dan bakal merepotkan jika membuat emblem anyar.

https://m.otosia.com/berita/ternyata-pe ... -bisa.html

https://otomotifnet.gridoto.com/read/02 ... r?page=all

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sun Mar 25, 2018 12:40
by Pugman
#Informasi menarik, dalam berlalu lintas di Jepang, tradisi memberi iayarat Dua Kali Kedipan Lampu Hazard Setelah Lampu Sein mati saat mendahului Sama Dengan ucapan tanda Terima Kasih karena Sudah Diberi Jalan. Tradisi baik yang mungkin bisa juga diaplikasikan disini.

https://m.otosia.com/berita/dua-kali-ke ... jalan.html

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sun Mar 25, 2018 22:40
by ipat
Pugman wrote: Sun Mar 25, 2018 12:40 #Informasi menarik, dalam berlalu lintas di Jepang, tradisi memberi iayarat Dua Kali Kedipan Lampu Hazard Setelah Lampu Sein mati saat mendahului Sama Dengan ucapan tanda Terima Kasih karena Sudah Diberi Jalan. Tradisi baik yang mungkin bisa juga diaplikasikan disini.

https://m.otosia.com/berita/dua-kali-ke ... jalan.html
Saya kalo luar kota sering kyk gini,kalo abis minta jalan/ngasih jalan ke kendaraan besar mereka udh tau isyarat jalanan,beda sama mobil kecil yg jarang tau isyarat dijalanan, contoh. kita isyarat kanan mau nyalip karna didepan kosong malah jalan diblok,

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sun Mar 25, 2018 23:27
by Rakean
Mitos atau fakta:

Mencampurkan minyak goreng ke oli mesin
memakai HDEO di motor

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Mar 27, 2018 15:32
by iwing
Rakean wrote: Sun Mar 25, 2018 23:27 Mitos atau fakta:

Mencampurkan minyak goreng ke oli mesin
memakai HDEO di motor
kalo soal minyak goreng, yang saya denger syaratnya adalah minyak goreng tersebut tidak boleh beku jika dimasukkan ke dalam freezer. yang saya denger lagi, rantai kimia minyak goreng tersebut mirip dengan ester. jadi mencampur sedikit minyak goreng dengan oli sama halnya dengan oli yang mengandung ester. entah bener gak nya. yang pinter kimia mungkin yang bisa menjawabnya

oli hdeo di motor sih gak masalah. saya udah bertahun2 pakai hdeo di motor bebek saya dulu sampai saya jual. vario saya sampai saat ini juga pakai pcmo

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Mar 27, 2018 17:12
by liemivan86
Pugman wrote:#Informasi menarik, dalam berlalu lintas di Jepang, tradisi memberi iayarat Dua Kali Kedipan Lampu Hazard Setelah Lampu Sein mati saat mendahului Sama Dengan ucapan tanda Terima Kasih karena Sudah Diberi Jalan. Tradisi baik yang mungkin bisa juga diaplikasikan disini.

https://m.otosia.com/berita/dua-kali-ke ... jalan.html
Informasi yang menarik!

Sayang nya, saya dalam 10 tahun belakangan 1 tahun minimal 5x ke Jepang, dan belum pernah lihat ada yang lakukan sih. Justru mereka sangat ketat dalam penggunaan hazard..

Mungkin beritanya salah? Atau saya yang salah pergi nya? [emoji16]

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Mar 27, 2018 17:16
by gerobak nippon
Turbo timer utk mesin berturbo sebenarnya perlu gak sih ?

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Mar 27, 2018 23:46
by Pugman
liemivan86 wrote: Tue Mar 27, 2018 17:12
Pugman wrote:#Informasi menarik, dalam berlalu lintas di Jepang, tradisi memberi iayarat Dua Kali Kedipan Lampu Hazard Setelah Lampu Sein mati saat mendahului Sama Dengan ucapan tanda Terima Kasih karena Sudah Diberi Jalan. Tradisi baik yang mungkin bisa juga diaplikasikan disini.

https://m.otosia.com/berita/dua-kali-ke ... jalan.html
Informasi yang menarik!

Sayang nya, saya dalam 10 tahun belakangan 1 tahun minimal 5x ke Jepang, dan belum pernah lihat ada yang lakukan sih. Justru mereka sangat ketat dalam penggunaan hazard..

Mungkin beritanya salah? Atau saya yang salah pergi nya? [emoji16]
Si Om mendahului orang terus kali dan ga pernah didahului orang hihihihi

:big_smile]

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Wed Mar 28, 2018 0:46
by ginting
gerobak nippon wrote:Turbo timer utk mesin berturbo sebenarnya perlu gak sih ?
di trit sebelah sdh dibahas dulu.

jawabnya :
perlu sbg second line of protection

gak perlu
kalau abis geber2 kan gak langsung matiin mesin


Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Fri Apr 06, 2018 8:27
by selipgaji
mitos sekaligus fakta:

bawa mobil semurah apapun tetep belaga orang kayah..

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sat Apr 07, 2018 7:27
by iwing
setelah cuci motor, entah knp rasanya lebih enak dibanding sebelum di cuci. at least itulah yang saya rasakan. penjelasan nya gak paham wkwkkwkwk

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sat Apr 07, 2018 8:36
by Herman7103
Mitos Pengisian BBM, Jangan Isi Bensin Sesudah Tangki SPBU Diisi

https://www.gridoto.com/read/01237484/m ... spbu-diisi

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sat Apr 07, 2018 12:34
by Herman7103
Beda Mobil 4WD dengan AWD


Sistem penggerak 4WD menggunakan diferesial tengah atau transfer case. Part tersebut berfungsi untuk membagi traksi pada roda depan dan belakang.
Biasanya, mobil yang mengusung sistem yang juga disebut 4X4 ini bisa mengubahnya menjadi 4X2 atau hanya dua roda. Gampangnya, pada 4WD, mesin hanya menggerakkan dua roda dan kemudian disalurkan kepada roda sisanya.
Berbeda dengan 4WD, AWD tidak bisa diubah menjadi sistem 4X2. Pasalnya, tenaga dari mesin langsung disalurkan untuk menggerakkan keempat roda.
Canggihnya lagi, pada beberapa mobil, pembagian tenaga pada masing-masing roda bisa berbeda. Teknologi tersebut memudahkan pengemudi ketika harus berbelok dengan kecepatan tinggi.
Hal itu membuat sistem AWD juga diterapkan pada beberapa super car dan luxury Sedan


https://m.otosia.com/berita/apa-beda-mo ... n-awd.html

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Sat Apr 07, 2018 12:38
by Pugman
iwing wrote: Sat Apr 07, 2018 7:27 setelah cuci motor, entah knp rasanya lebih enak dibanding sebelum di cuci. at least itulah yang saya rasakan. penjelasan nya gak paham wkwkkwkwk
Sama, perasaan saya juga begitu kalau dimotor tapi kalau di mobil ga terlalu terasa, hanya lebih nyaman. Tapi biasanya terasa di motor yang tenaganya kecil.
Mungkin penjelasannya seperti ini.
Motor mesinnya sebagian terekspose sehingga mudah kotoran menempel ke bagian mesin seperti silinder blok atau radiator untuk motor yang pakai radiator. Sehingga heat exchange jadi kurang baik karena tertutup kotoran dan karena tenaga mesin yang tidak terlalu besar maka perubahannya bisa kita rasakan. Mungkin kalau motor yang powernya diatas 40HP bisa jadi ga terlalu terasa.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Apr 10, 2018 7:49
by civic12
Pugman wrote: Sun Mar 25, 2018 12:40 #Informasi menarik, dalam berlalu lintas di Jepang, tradisi memberi iayarat Dua Kali Kedipan Lampu Hazard Setelah Lampu Sein mati saat mendahului Sama Dengan ucapan tanda Terima Kasih karena Sudah Diberi Jalan. Tradisi baik yang mungkin bisa juga diaplikasikan disini.

https://m.otosia.com/berita/dua-kali-ke ... jalan.html
ini bener om, cuma ya ga sering juga. Ane kemarin sempat lama studi di tokyo dan beberapa kali kok ketemu kayak gini, tapi khusus sesama mobil ya. Klo mobil sama pejalan kaki, pejalan kaki yang diutamain, walaupun kadang barengan gitu pejalan kaki mau nyebrang dan driver mau belok/jalan, ane tiap mempersilahkan mereka jalan duluan, mereka selalu ngasih ane (pejalan kaki) buat jalan lebih dulu, dan mereka pun sabar banget nungguin orang yang lagi nyebrang.

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Posted: Tue Apr 10, 2018 18:38
by liemivan86

civic12 wrote: ini bener om, cuma ya ga sering juga. Ane kemarin sempat lama studi di tokyo dan beberapa kali kok ketemu kayak gini, tapi khusus sesama mobil ya. Klo mobil sama pejalan kaki, pejalan kaki yang diutamain, walaupun kadang barengan gitu pejalan kaki mau nyebrang dan driver mau belok/jalan, ane tiap mempersilahkan mereka jalan duluan, mereka selalu ngasih ane (pejalan kaki) buat jalan lebih dulu, dan mereka pun sabar banget nungguin orang yang lagi nyebrang.
Nah, ini bener banget. Bahkan kadang walaupun mereka lagi kenceng banget sampe kita yang takut mau nyeberang, mereka malah rem kuat2 dan kasih kita jalan dulu, selama nyeberang di tempat dan waktu yang tepat ya..

Wah, kalo soal lampu itu benar, lain kali iseng perhatikan deh..