Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

Halo para suhu sekalian, di dunia maya tentu banyak sudah beredar informasi, fakta dan mitos seputar otomotif yang menarik untuk kita ketahui. Namun karena informasi tersebut terpencar kesana dan kemari tentu akan memakan waktu juga untuk kita mencarinya.

Kali ini saya kembali mengajak para suhu untuk mengumpulkan Informasi-informasi tersebut di forum ini khususnya di Thread ini mudah-mudahan ada manfaatnya.

Silakan berbagi Informasi tentu saja seputar otomotif baik roda 4, roda 2, bus, truk hingga industri pendukung atau parts. Informasi Bisa bersifat umum, brand tertentu atau menunjuk pada salah satu komponen unik yang terpasang pada sebuah kendaraan.

Formatnya adalah dibagian depan diberi tag berikut
# Informasi Menarik
# Fakta dan Mitos

Diikuti oleh kategori umum, nama brand, parts dll dan silakan ditambahkan yang lain. Informasi bisa ditambahkan link website (tidak wajib). Jika ada informasi dari post yang dirasa keliru silakan mengkoreksi namun bagi yang mengkoreksi wajib untuk attach data sahih atau link web yang berkaitan dengan koreksi tersebut. Oke mari kita mulai

# Informasi menarik, umum seputar tuas di setir
Tidak semua orang tahu bahwa mobil buatan jepang dan korea menggunakan tuas setir sebelah kanan sebagai sein dan lampu dan wiper disebelah kiri namun keadaan tersebut berlaku sebaliknya bagi mobil buatan Amerika dn eropa.

# Fakta dan Mitos, umum seputar Ban
Mitos yang berkembang dikalangan pengguna mobil adalah sebagian pengguna kendaraan yang hanya mengganti 2 buah ban saja berpendapat ban baru lebih baik dipasang didepan.
Faktanya, meski memasang ban baru dibagian depan dan ban lama dibelakang tidaklah dilarang tetapi produsen ban terkemuka seperti bridgestone justru lebih merekomendasikan ban baru untuk dipasang dibelakang. Alasannya tidak lain adalah safety. Penjelasannya, ban baru memberi grip lebih baik dari ban lama, saat ban baru dipasang didepan maka ia akan memiliki lebih banyak traksi dibandingkan ban belakang, kondisi seperti dapat berakibat oversteer saat berbelok sebaliknya jika ban baru dipasang dibelakang, maka ban baru yang memiliki lebih banyak grip dan traksi akan berefek pada gejala understeer. Bagi pengemudi awam, gejala understeer lebih mudah dikendalikan dibandingkan gejala oversteer karena pengemudi hanya perlu mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.

# Informasi menarik, Lexus LFA seputar saluran udara dimesin
Lexus LFA merupakan mobil sport yang dibuat dengan jumlah terbatas sekitar 500 unit. salah satu bagian unik ada pada mesin yaitu saluran intake udara dimana beberapa orang menyebut bentuknya seperti kepala setan. Bukan hanya bentuknya, saluran ini udara ini didesain oleh para Engineer YAMAHA untuk tidak hanya memberikan asupan udara yang baik keruang mesin sehingga menghasilkan tenaga besar tetapi juga mengahasilkan suara mesin merdu yang dijuluki "roar of angel"

# Informasi menarik, Yamaha seputar Cranck Shaft.
Yamaha merupakan salah satu produsen roda dua yang memiliki banyak lineup produk. Produk sport yang unik dari Yamaha adalah penerapan atau aplikasi crossplane cranck shaft pada beberapa Produk R-series dan MT-Series bermesin inline 2 - 4 silinder. Perbedaannya adalah pada timing order dimana umumnya menggunakan timing 180 atau 360 derajat maka pada Crossplane Cranck Shaft menggunakan 90 - 270 derajat. Aplikasi ini akan menghasilkan timing yang mirip dengan mesin konfigurasi V dengan pengapian normal 180 derajat. Keuntungan konfigurasi Crossplane adalah penyaluran tenaga yang linear ke roda, disamping itu suara mesin juga memiliki ciri unik yang bersuara parau dimana justru banyak juga yang menyukai.

Nah itu dari saya, nanti kalau ada yang ingat saya tambah lagi. Sekarang mohon dari para suhu ikut sharing

:big_peace:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ginting »

Mitos.

Kalau isi fuel, mobil diguncang2 biar muat lebih banyak di tanki kita.

Fakta

Fuel adalah cairan yg tak bisa dikompresi.
fuel itu bukan kedelai dalam karung yg bisa disodok2 pk gagang sapu supaya padat.

tanki bbm gak ada tembolok rahasia. jadi kalo isi fuel gak usah digoncang2.

alasan supaya fuel cepat turun juga gak make sense.. ini cairan bukan tepung terigu yg perlu diguncang2 supaya turun cepet.

liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by liep »

Mitos: ipah, mbl legendaris serba bisa, meyelesaikan masalah tanpa masalah
Fakta: errrrrrrr...........ane ga tau, ga pernah miara+takut kena sleding klo ngomong salah hehe
User avatar
ambifi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Tue Sep 26, 2017 1:48

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ambifi »

# Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin

Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.

Note : Dont try to do this
:big_smile]
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by marmut »

nubie numpang gelar tiker sambil nyeruput kopi dan ngunyah roti sumbu.....
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by evanbngdor »

ginting wrote: Wed Mar 07, 2018 1:02 Mitos.

Kalau isi fuel, mobil diguncang2 biar muat lebih banyak di tanki kita.

Fakta

Fuel adalah cairan yg tak bisa dikompresi.
fuel itu bukan kedelai dalam karung yg bisa disodok2 pk gagang sapu supaya padat.

tanki bbm gak ada tembolok rahasia. jadi kalo isi fuel gak usah digoncang2.

alasan supaya fuel cepat turun juga gak make sense.. ini cairan bukan tepung terigu yg perlu diguncang2 supaya turun cepet.
IMHO sih bukan mitos om,

D4D saya kalo lg isi solar mau dipenuhin, harus digoyang2in biar turun, busa nya banyak.

Misal nozzle nya udah "cetek" di 20 liter, tp kalo ogut goyang2in dulu, kedengeran itu suara solar nya turun karena banyak angin di dalem, bisa masuk 5-8 liter lg.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by sintoni »

ambifi wrote: Wed Mar 07, 2018 1:32 # Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin

Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.

Note : Dont try to do this
:big_smile]
Lah, tapi misal pas tangki cuma isi setengah bensinnya kan bisa aja om? Kan berarti ada setengah ruang isi udara kan?
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Cloud »

Pugman wrote: Tue Mar 06, 2018 17:01 Yamaha merupakan salah satu produsen roda dua yang memiliki banyak lineup produk. Produk sport yang unik dari Yamaha adalah penerapan atau aplikasi crossplane cranck shaft pada beberapa Produk R-series dan MT-Series bermesin inline 2 - 4 silinder. Perbedaannya adalah pada timing order dimana umumnya menggunakan timing 180 atau 360 derajat maka pada Crossplane Cranck Shaft menggunakan 90 - 270 derajat. Aplikasi ini akan menghasilkan timing yang mirip dengan mesin konfigurasi V dengan pengapian normal 180 derajat. Keuntungan konfigurasi Crossplane adalah penyaluran tenaga yang linear ke roda, disamping itu suara mesin juga memiliki ciri unik yang bersuara parau dimana justru banyak juga yang menyukai.
crossplane berarti kalo dilihat dari sumbu akan terlihat seperti salib (huruf x atau plus) sehingga sudutnya bukan 90 -270, tetapi ya 0, 90, 180, 270.
atau bisa juga sudutnya tidak dibuat per 90, tetapi bisa diatasnya (100) atau dibawahnya (75, 80, dsb). meski bentuknya bukan salib murni (90 derajat) tetap disebut crossplane.

penyaluran tenaga crossplane crank "tidak linear", tetapi cenderung big bang. yang linear itu screamer. screamer merata tenaganya, dari siklus 2 putaran (720 derajat) dibagi empat (atau per 180 derajat). crossplane urutan tenaganya tidak akan merata, tenaga terkumpul (pada 4 silinder biasanya terpisah jadi 2). dua silinder pengapian berdekatan, terus jeda jauh, dilanjutkan lagi dua silinder yang lain pengapian berdekatan. dari efisiensi justru crossplane ini jelek, karena tenaga tidak linear dan menyebabkan getaran (butuh balancer). adanya komponen tambahan efisiensi mekanis berkurang, atau tenaga turun, atau bbm lebih boros. kelebihan cuma satu buat motogp, degradasi ban berkurang. buat harian, menurut saya gimmick. suara gk menjerit (kurang serem), lebih boros atau tenaga lebih kecil (mana yang dipilih). road use bukan buat murni kebut2an. efek degradasi ban gk kerasa.
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Cloud »

isi bensin teorinya tidak perlu diguncang, tapi faktanya banyak udara terjebak di dalam tanki. biasanya pada tanki sepeda motor. mulut inlet lebih rendah posisinya dari permukaan atas tanki. efeknya pasti ada udara di atas tanki. (normalnya tanki tidak boleh isi full bbm, harus ada udara diatasnya). kalau ngisi kepenuhan dan diguncang2, maka masih bisa diisi bensin sedikit.
pada mobil juga gitu, karena banyak busa, untuk mempercepat isi bisa digoncang2.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by IGedeAmat »

sintoni wrote: Wed Mar 07, 2018 2:38
ambifi wrote: Wed Mar 07, 2018 1:32 # Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin

Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.

Note : Dont try to do this
:big_smile]
Lah, tapi misal pas tangki cuma isi setengah bensinnya kan bisa aja om? Kan berarti ada setengah ruang isi udara kan?
Mungkin maksudnya meledak disini itu kayak yg difilm hollywood,
atap mobil terbang, ban and parts2 berhamburan...

kalo sekedar menyala and kebakar aja seh masih mungkin kayaknya...
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ransyah1234 »

sintoni wrote: Wed Mar 07, 2018 2:38
ambifi wrote: Wed Mar 07, 2018 1:32 # Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin

Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.

Note : Dont try to do this
:big_smile]
Lah, tapi misal pas tangki cuma isi setengah bensinnya kan bisa aja om? Kan berarti ada setengah ruang isi udara kan?
udah pernah dites sama mythbuster kalo saya ga salah inget...coba aja di youtube om
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ginting »

evanbngdor wrote: Wed Mar 07, 2018 1:45
ginting wrote: Wed Mar 07, 2018 1:02 Mitos.

Kalau isi fuel, mobil diguncang2 biar muat lebih banyak di tanki kita.

Fakta

Fuel adalah cairan yg tak bisa dikompresi.
fuel itu bukan kedelai dalam karung yg bisa disodok2 pk gagang sapu supaya padat.

tanki bbm gak ada tembolok rahasia. jadi kalo isi fuel gak usah digoncang2.

alasan supaya fuel cepat turun juga gak make sense.. ini cairan bukan tepung terigu yg perlu diguncang2 supaya turun cepet.
IMHO sih bukan mitos om,

D4D saya kalo lg isi solar mau dipenuhin, harus digoyang2in biar turun, busa nya banyak.

Misal nozzle nya udah "cetek" di 20 liter, tp kalo ogut goyang2in dulu, kedengeran itu suara solar nya turun karena banyak angin di dalem, bisa masuk 5-8 liter lg.
Kalau soal busa memang pasti ada...tapi itu akan turun seiring berubahnya buih jadi cairan....

soal nozzel yang "cetek" itu sebenarnya peringatan sama petugas bahwa sudah mau penuh...
coba aja isi lagi solarnya, gak usah diguncang2, entar juga turun...

atau dibalik. coba aja kosongin tanki, lalu isi solar dgn cara diguncang guncang...isi terus sampe full 100%...
lalu coba lagi isi dengan metode tidak diguncang2, lalu lihat muat berapa liter....
ambifi wrote: Wed Mar 07, 2018 1:32 # Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin

Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.

Note : Dont try to do this
:big_smile]

Maksudnya, kalaupun ditembak, iya kebakaran bisa saja terjadi...tapi gak ddduuuuuarrrrrrr,,,meledak kayak film hollywood..
kebakar ya kebakar aja...

btw, sy suka nonton acara Mythbuster di TV Kabel.
Pernaha ada episode dimana si botak dan kawannya satu lagi itu mencoba memacahkan mitos kalau di film itu suka ada adegan mobil jatuh ke jurang, lalu meledak begitu terhempas ke jurang.
sudah beberapa mobil yang mereka jatuhkan tapi tak kunjung meledak..
:mky_07: :mky_07: :mky_07:
User avatar
ambifi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Tue Sep 26, 2017 1:48

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ambifi »

sintoni wrote: Wed Mar 07, 2018 2:38
ambifi wrote: Wed Mar 07, 2018 1:32 # Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin

Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.

Note : Dont try to do this
:big_smile]
Lah, tapi misal pas tangki cuma isi setengah bensinnya kan bisa aja om? Kan berarti ada setengah ruang isi udara kan?
Ada 3 hal yang diperlukan untuk memicu meledaknya tangki bensin : tekanan udara, panas dan oksigen.
Pas tangki bensin ditembak, peluru akan nembus 2 sisi tangki, jd ada dua lubang. Itu bikin udara di dalam tangki keluar dengan cepat sehingga ledakan pun nggak memungkinkan untuk terjadi (tekanan udara berkurang). Panas dari peluru yang ditembakkan pun ga cukup panas untuk memicu percikan api dari bensin.

Kalo ga salah pernah nonton di Discovery Channel. Ada percobaan apakah tangki bensin bisa meledak gara-gara ditembak peluru, mereka nembakin lima peluru ke tangki bensin sebuah mobil.
Hasilnya, nggak ada sedikit pun api yang muncul, apalagi ledakan.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ginting »

ambifi wrote: Wed Mar 07, 2018 3:18
sintoni wrote: Wed Mar 07, 2018 2:38
ambifi wrote: Wed Mar 07, 2018 1:32 # Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin

Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.

Note : Dont try to do this
:big_smile]
Lah, tapi misal pas tangki cuma isi setengah bensinnya kan bisa aja om? Kan berarti ada setengah ruang isi udara kan?
Ada 3 hal yang diperlukan untuk memicu meledaknya tangki bensin : tekanan udara, panas dan oksigen.
Pas tangki bensin ditembak, peluru akan nembus 2 sisi tangki, jd ada dua lubang. Itu bikin udara di dalam tangki keluar dengan cepat sehingga ledakan pun nggak memungkinkan untuk terjadi (tekanan udara berkurang). Panas dari peluru yang ditembakkan pun ga cukup panas untuk memicu percikan api dari bensin.

Kalo ga salah pernah nonton di Discovery Channel. Ada percobaan apakah tangki bensin bisa meledak gara-gara ditembak peluru, mereka nembakin lima peluru ke tangki bensin sebuah mobil.
Hasilnya, nggak ada sedikit pun api yang muncul, apalagi ledakan.
Adegan di film suka begini...
setelah kejar kejaran, tebka tembakan... mobilnya bandit terguling dan kakinya kejepit..gak bisa keluar...bensin mulai berceceran dan mengalir..
jagoannya datang dan terjadi dialog...
si bandit minta tolong, tapi dicuekin...dan jagoan pun balik badan dan keluarkan zippo, lempar ke belakang dengan gaya cool dan meledak itu mobil...

(tapi si jagoan tak ada sedikitpun expresi kaget atau nunduk saat ledakan...tapi tetap jalan dengan cool....THE END...


Kalau adegan film Indonesia, si penjahat berhasil dilumpuhkan dan polisi datang dengan Kijang Doyok, di bak belakang ada kursi back to back..

"Ini dia penjahat yang sudah lama kami cari"..

...... TAMAT .................. :mky_07: :mky_07: :mky_07:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

Wah asik ada thread begini... Saatnya bakar bensin.

Klo cari mythbusting2 gini coba liat channel om John Cadogan (autoexpertTV).

Kebanyakan ilmu saya dapet di situ... Penjelasannya logis dan lucu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwing »

ginting wrote: Wed Mar 07, 2018 3:26
ambifi wrote: Wed Mar 07, 2018 3:18
sintoni wrote: Wed Mar 07, 2018 2:38

Lah, tapi misal pas tangki cuma isi setengah bensinnya kan bisa aja om? Kan berarti ada setengah ruang isi udara kan?
Ada 3 hal yang diperlukan untuk memicu meledaknya tangki bensin : tekanan udara, panas dan oksigen.
Pas tangki bensin ditembak, peluru akan nembus 2 sisi tangki, jd ada dua lubang. Itu bikin udara di dalam tangki keluar dengan cepat sehingga ledakan pun nggak memungkinkan untuk terjadi (tekanan udara berkurang). Panas dari peluru yang ditembakkan pun ga cukup panas untuk memicu percikan api dari bensin.

Kalo ga salah pernah nonton di Discovery Channel. Ada percobaan apakah tangki bensin bisa meledak gara-gara ditembak peluru, mereka nembakin lima peluru ke tangki bensin sebuah mobil.
Hasilnya, nggak ada sedikit pun api yang muncul, apalagi ledakan.
Adegan di film suka begini...
setelah kejar kejaran, tebka tembakan... mobilnya bandit terguling dan kakinya kejepit..gak bisa keluar...bensin mulai berceceran dan mengalir..
jagoannya datang dan terjadi dialog...
si bandit minta tolong, tapi dicuekin...dan jagoan pun balik badan dan keluarkan zippo, lempar ke belakang dengan gaya cool dan meledak itu mobil...

(tapi si jagoan tak ada sedikitpun expresi kaget atau nunduk saat ledakan...tapi tetap jalan dengan cool....THE END...


Kalau adegan film Indonesia, si penjahat berhasil dilumpuhkan dan polisi datang dengan Kijang Doyok, di bak belakang ada kursi back to back..

"Ini dia penjahat yang sudah lama kami cari"..

...... TAMAT .................. :mky_07: :mky_07: :mky_07:
:wkkk: :wkkk: :wkkk:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by adityabp »

ginting wrote: Wed Mar 07, 2018 1:02 Mitos.

Kalau isi fuel, mobil diguncang2 biar muat lebih banyak di tanki kita.

Fakta

Fuel adalah cairan yg tak bisa dikompresi.
fuel itu bukan kedelai dalam karung yg bisa disodok2 pk gagang sapu supaya padat.

tanki bbm gak ada tembolok rahasia. jadi kalo isi fuel gak usah digoncang2.

alasan supaya fuel cepat turun juga gak make sense.. ini cairan bukan tepung terigu yg perlu diguncang2 supaya turun cepet.
Kenyataan
Saya isi bensin sampe luber, trus saya goyang2x mobilnya, turun lagi tuh bensinnya.
Malah kadang ampe muncrat pas turun.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by adityabp »

Pugman wrote: Tue Mar 06, 2018 17:01 ..cut..
# Fakta dan Mitos, umum seputar Ban
Mitos yang berkembang dikalangan pengguna mobil adalah sebagian pengguna kendaraan yang hanya mengganti 2 buah ban saja berpendapat ban baru lebih baik dipasang didepan.
Faktanya, meski memasang ban baru dibagian depan dan ban lama dibelakang tidaklah dilarang tetapi produsen ban terkemuka seperti bridgestone justru lebih merekomendasikan ban baru untuk dipasang dibelakang. Alasannya tidak lain adalah safety. Penjelasannya, ban baru memberi grip lebih baik dari ban lama, saat ban baru dipasang didepan maka ia akan memiliki lebih banyak traksi dibandingkan ban belakang, kondisi seperti dapat berakibat oversteer saat berbelok sebaliknya jika ban baru dipasang dibelakang, maka ban baru yang memiliki lebih banyak grip dan traksi akan berefek pada gejala understeer. Bagi pengemudi awam, gejala understeer lebih mudah dikendalikan dibandingkan gejala oversteer karena pengemudi hanya perlu mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.
..cut..
Kalo RWD, make sense.
Kalo FWD, bukannya ban depan nantinya malah selip mulu krn kurang traksi?
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by andyez86 »

mitos : 1.aki mobil umur pakai nya 2-3thn
2.bensin SPBU COCO lebih baik dan lebih akurat

Kenyataan : 1.selama pakai mbl aki nya selalu GS hybrid ijo,rutin dirawat tiap bulan cek air aki...rata2 umur aki 4thn bahkan innova bensin bs 4,5thn
2. yaa klo bahan bakar nya sering muter ya bagus,contoh disini dexlite ngga laku,ya basi....spbu coco yg 1 lg dex nya ngga laku,ttp beda lah rasanya sm spbu coco yang dex nya laku keras dan sering dpt kiriman baru
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

adityabp wrote:
Pugman wrote: Tue Mar 06, 2018 17:01 ..cut..
# Fakta dan Mitos, umum seputar Ban
Mitos yang berkembang dikalangan pengguna mobil adalah sebagian pengguna kendaraan yang hanya mengganti 2 buah ban saja berpendapat ban baru lebih baik dipasang didepan.
Faktanya, meski memasang ban baru dibagian depan dan ban lama dibelakang tidaklah dilarang tetapi produsen ban terkemuka seperti bridgestone justru lebih merekomendasikan ban baru untuk dipasang dibelakang. Alasannya tidak lain adalah safety. Penjelasannya, ban baru memberi grip lebih baik dari ban lama, saat ban baru dipasang didepan maka ia akan memiliki lebih banyak traksi dibandingkan ban belakang, kondisi seperti dapat berakibat oversteer saat berbelok sebaliknya jika ban baru dipasang dibelakang, maka ban baru yang memiliki lebih banyak grip dan traksi akan berefek pada gejala understeer. Bagi pengemudi awam, gejala understeer lebih mudah dikendalikan dibandingkan gejala oversteer karena pengemudi hanya perlu mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.
..cut..
Kalo RWD, make sense.
Kalo FWD, bukannya ban depan nantinya malah selip mulu krn kurang traksi?
Nope.

Kalo mobil 2wd better ban yang bagus kasih belakang.

Krn ban depan ilang traksi bisa dikontrol pake steering.

Ban blakang ilang traksi wassalam... jd hrs kita pastikan ban blakang gak kehilangan traksi supaya se amsiong2nya bokong ndak liar.

Plus, di mobil FF ban depan masih dapet extra traction klo mobil mesin depan... Krn pembagian beban mayoritas di depan.

Mau FWD juga punya tendency oversteer tergantung setting suspensi.

Om Fitra pernah bahas juga di salah 1 videonya klo ndak salah...


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Dogies »

#Informasi menarik...
Kendaraan2 di area ground handling bandara yg ceper2 itu macam push-back car, mobil ada tangganya, dll. Seringnya ngeliat merek hyundai.
Itu dijual berdasarkan pesanan atau diproduksi massal ya..? :big_smile]
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by IGedeAmat »

#Mitos;
Hanya Tuhan dan sopir yang tahu kapan angkot akan belok
#Fakta;
Bahkan Tuhan pun tak tahu...
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ginting »

https://www.viva.co.id/otomotif/601680- ... sin-kenapa

Sekedar sharing....

#wendy-,mana-wendy...harusnya dia lebih tahu...
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by adityabp »

ChZ wrote: Wed Mar 07, 2018 4:42
adityabp wrote:
Pugman wrote: Tue Mar 06, 2018 17:01 ..cut..
# Fakta dan Mitos, umum seputar Ban
Mitos yang berkembang dikalangan pengguna mobil adalah sebagian pengguna kendaraan yang hanya mengganti 2 buah ban saja berpendapat ban baru lebih baik dipasang didepan.
Faktanya, meski memasang ban baru dibagian depan dan ban lama dibelakang tidaklah dilarang tetapi produsen ban terkemuka seperti bridgestone justru lebih merekomendasikan ban baru untuk dipasang dibelakang. Alasannya tidak lain adalah safety. Penjelasannya, ban baru memberi grip lebih baik dari ban lama, saat ban baru dipasang didepan maka ia akan memiliki lebih banyak traksi dibandingkan ban belakang, kondisi seperti dapat berakibat oversteer saat berbelok sebaliknya jika ban baru dipasang dibelakang, maka ban baru yang memiliki lebih banyak grip dan traksi akan berefek pada gejala understeer. Bagi pengemudi awam, gejala understeer lebih mudah dikendalikan dibandingkan gejala oversteer karena pengemudi hanya perlu mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.
..cut..
Kalo RWD, make sense.
Kalo FWD, bukannya ban depan nantinya malah selip mulu krn kurang traksi?
Nope.

Kalo mobil 2wd better ban yang bagus kasih belakang.

Krn ban depan ilang traksi bisa dikontrol pake steering.

Ban blakang ilang traksi wassalam... jd hrs kita pastikan ban blakang gak kehilangan traksi supaya se amsiong2nya bokong ndak liar.

Plus, di mobil FF ban depan masih dapet extra traction klo mobil mesin depan... Krn pembagian beban mayoritas di depan.

Mau FWD juga punya tendency oversteer tergantung setting suspensi.

Om Fitra pernah bahas juga di salah 1 videonya klo ndak salah...
Bagaimana jika kena aquaplanning?
Selama ini saya pake RWD, kalo kena aquaplanning (stir tiba2x belok tapi mobil tetap lurus), saya cukup lepas gas.
Saya gak kebayang kalo FWD kena aquaplanning. Yg pasti salah satu roda depan pasti slip. Kalo ditambah stir yg tiba2x belok, waduh kayaknya ngeri nih.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by adityabp »

IGedeAmat wrote: Wed Mar 07, 2018 4:53 #Mitos;
Hanya Tuhan dan sopir yang tahu kapan angkot akan belok
#Fakta;
Bahkan Tuhan pun tak tahu...
Angkot punya jalur trayek, jadi beloknya di mana udah pasti.
Bajaj yg gak punya jalur trayek, makanya beloknya di mana gak akan ada yg tahu.
:mky_01: