Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by paidjho »

Biar seru ahh.... Pasti rame ini....

http://www.superstreetonline.com/how-to ... -cleaners/

Nunggu comment suhu2 dimari...

[emoji16][emoji16][emoji16]
tremonti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
Location: Jakarta

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by tremonti »

ChZ wrote: Wed Mar 07, 2018 4:42
adityabp wrote:
Pugman wrote: Tue Mar 06, 2018 17:01 ..cut..
# Fakta dan Mitos, umum seputar Ban
Mitos yang berkembang dikalangan pengguna mobil adalah sebagian pengguna kendaraan yang hanya mengganti 2 buah ban saja berpendapat ban baru lebih baik dipasang didepan.
Faktanya, meski memasang ban baru dibagian depan dan ban lama dibelakang tidaklah dilarang tetapi produsen ban terkemuka seperti bridgestone justru lebih merekomendasikan ban baru untuk dipasang dibelakang. Alasannya tidak lain adalah safety. Penjelasannya, ban baru memberi grip lebih baik dari ban lama, saat ban baru dipasang didepan maka ia akan memiliki lebih banyak traksi dibandingkan ban belakang, kondisi seperti dapat berakibat oversteer saat berbelok sebaliknya jika ban baru dipasang dibelakang, maka ban baru yang memiliki lebih banyak grip dan traksi akan berefek pada gejala understeer. Bagi pengemudi awam, gejala understeer lebih mudah dikendalikan dibandingkan gejala oversteer karena pengemudi hanya perlu mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.
..cut..
Kalo RWD, make sense.
Kalo FWD, bukannya ban depan nantinya malah selip mulu krn kurang traksi?
Nope.

Kalo mobil 2wd better ban yang bagus kasih belakang.

Krn ban depan ilang traksi bisa dikontrol pake steering.

Ban blakang ilang traksi wassalam... jd hrs kita pastikan ban blakang gak kehilangan traksi supaya se amsiong2nya bokong ndak liar.

Plus, di mobil FF ban depan masih dapet extra traction klo mobil mesin depan... Krn pembagian beban mayoritas di depan.

Mau FWD juga punya tendency oversteer tergantung setting suspensi.

Om Fitra pernah bahas juga di salah 1 videonya klo ndak salah...

Pernah ngalamin ini om.. ngelibas aquaplanning,mobil melayang... Pas pulang cek, ban kiri belakang benangnya ud keliatan...
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »


adityabp wrote: Bagaimana jika kena aquaplanning?
Selama ini saya pake RWD, kalo kena aquaplanning (stir tiba2x belok tapi mobil tetap lurus), saya cukup lepas gas.
Saya gak kebayang kalo FWD kena aquaplanning. Yg pasti salah satu roda depan pasti slip. Kalo ditambah stir yg tiba2x belok, waduh kayaknya ngeri nih.
Menurut saya, lebih bahaya kalo roda belakang yang aquaplanning, om. Krn di mobil FF bokong mobil tu cuma ngikut aja.

Klo roda depan aquaplanning dan setir liar, masih bisa dikontrol pake gas dan rem kok... Hehehe... Saya kan tiap hari pake mobil FF dan jujur gak susah detect aquaplanning, sama triknya gas juga saya lepas. No big deal.

Di FF control waktu aquaplanning justru lebih mudah krn respon gas lebih direct. Coba cari di yutub jeremy clarkson wktu masih di TG nguji drag race M135i dan Golf GTI... M135i nya yang RWD malah aquaplanning melintir di tengah.

Tp tetep saya nda terlalu rekomen ganti ban 2 biji aja... Hehehe... Ganti 4 langsung klo saya.

Cm ya just in case klo cuma sanggup afford 2 biji biar bini nda ngomel di rumah, ya mending yang bagus kasih ke blakang.

Saya juga baru tau ini krn om Fitra, selama ini anggapan saya sama : kasih ke roda penggerak. Dan om Fitra racer jadi saya yakin infonya akurat.

IMHO yaa... Based on own experience.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by efact »

Yg lagi kepikiran.. mitos: exhaust brake truck yg di on off on off berulang waktu downhill dengan alasan supaya mesinnya bisa napas lega..
Fakta: exhaust brake hanya akan aktif saat engine brake, no load, dan kenyataannya gas buang ttp diloloskan sebagian.. malah + nya lebi aman mobil ga geloyoran
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by adityabp »

ChZ wrote: Wed Mar 07, 2018 6:17
adityabp wrote: Bagaimana jika kena aquaplanning?
Selama ini saya pake RWD, kalo kena aquaplanning (stir tiba2x belok tapi mobil tetap lurus), saya cukup lepas gas.
Saya gak kebayang kalo FWD kena aquaplanning. Yg pasti salah satu roda depan pasti slip. Kalo ditambah stir yg tiba2x belok, waduh kayaknya ngeri nih.
Menurut saya, lebih bahaya kalo roda belakang yang aquaplanning, om. Krn di mobil FF bokong mobil tu cuma ngikut aja.

Klo roda depan aquaplanning dan setir liar, masih bisa dikontrol pake gas dan rem kok... Hehehe... Saya kan tiap hari pake mobil FF dan jujur gak susah detect aquaplanning, sama triknya gas juga saya lepas. No big deal.

Di FF control waktu aquaplanning justru lebih mudah krn respon gas lebih direct. Coba cari di yutub jeremy clarkson wktu masih di TG nguji drag race M135i dan Golf GTI... M135i nya yang RWD malah aquaplanning melintir di tengah.

Tp tetep saya nda terlalu rekomen ganti ban 2 biji aja... Hehehe... Ganti 4 langsung klo saya.

Cm ya just in case klo cuma sanggup afford 2 biji biar bini nda ngomel di rumah, ya mending yang bagus kasih ke blakang.

Saya juga baru tau ini krn om Fitra, selama ini anggapan saya sama : kasih ke roda penggerak. Dan om Fitra racer jadi saya yakin infonya akurat.

IMHO yaa... Based on own experience.
Selama ini aquaplanning yg saya alami kalo saya sengaja/tdk sengaja nerabas genangan air.
Blm pernah ngalamin aquaplanning ketika lagi cruising.
Well, berhubung RWD-nya sdh saya jual dan skrg gantinya FWD, mungkin saya mesti tes aquaplanning dulu nih.
:mky_01:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by evanbngdor »

ginting wrote: Wed Mar 07, 2018 3:13
evanbngdor wrote: Wed Mar 07, 2018 1:45
IMHO sih bukan mitos om,

D4D saya kalo lg isi solar mau dipenuhin, harus digoyang2in biar turun, busa nya banyak.

Misal nozzle nya udah "cetek" di 20 liter, tp kalo ogut goyang2in dulu, kedengeran itu suara solar nya turun karena banyak angin di dalem, bisa masuk 5-8 liter lg.
Kalau soal busa memang pasti ada...tapi itu akan turun seiring berubahnya buih jadi cairan....

soal nozzel yang "cetek" itu sebenarnya peringatan sama petugas bahwa sudah mau penuh...
coba aja isi lagi solarnya, gak usah diguncang2, entar juga turun...

atau dibalik. coba aja kosongin tanki, lalu isi solar dgn cara diguncang guncang...isi terus sampe full 100%...
lalu coba lagi isi dengan metode tidak diguncang2, lalu lihat muat berapa liter....
Udah sering ogut coba om, kalo ngga digoyang2in ya solar posisi penuh di leher tangki itu ngga mau turun, digoyangin baru turun.

Nanti kalo isi solar lg ogut videoin deh.

BTW, busa solar ngga secepet bensin turunnya.

Memang ada mobil yang lubang hawa di saluran tangki bensinnya bagus, jd angin bisa keluar lebih cepet, tp di kasus saya solar itu ngga bisa turun karena terhalang udara, waktu di goyang2 ya seperti wastafel mampet yg tiba2 lancar, ada suara udara yg keluar.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ginting »

adityabp wrote: Wed Mar 07, 2018 6:42
ChZ wrote: Wed Mar 07, 2018 6:17
adityabp wrote: Bagaimana jika kena aquaplanning?
Selama ini saya pake RWD, kalo kena aquaplanning (stir tiba2x belok tapi mobil tetap lurus), saya cukup lepas gas.
Saya gak kebayang kalo FWD kena aquaplanning. Yg pasti salah satu roda depan pasti slip. Kalo ditambah stir yg tiba2x belok, waduh kayaknya ngeri nih.
Menurut saya, lebih bahaya kalo roda belakang yang aquaplanning, om. Krn di mobil FF bokong mobil tu cuma ngikut aja.

Klo roda depan aquaplanning dan setir liar, masih bisa dikontrol pake gas dan rem kok... Hehehe... Saya kan tiap hari pake mobil FF dan jujur gak susah detect aquaplanning, sama triknya gas juga saya lepas. No big deal.

Di FF control waktu aquaplanning justru lebih mudah krn respon gas lebih direct. Coba cari di yutub jeremy clarkson wktu masih di TG nguji drag race M135i dan Golf GTI... M135i nya yang RWD malah aquaplanning melintir di tengah.

Tp tetep saya nda terlalu rekomen ganti ban 2 biji aja... Hehehe... Ganti 4 langsung klo saya.

Cm ya just in case klo cuma sanggup afford 2 biji biar bini nda ngomel di rumah, ya mending yang bagus kasih ke blakang.

Saya juga baru tau ini krn om Fitra, selama ini anggapan saya sama : kasih ke roda penggerak. Dan om Fitra racer jadi saya yakin infonya akurat.

IMHO yaa... Based on own experience.
Selama ini aquaplanning yg saya alami kalo saya sengaja/tdk sengaja nerabas genangan air.
Blm pernah ngalamin aquaplanning ketika lagi cruising.
Well, berhubung RWD-nya sdh saya jual dan skrg gantinya FWD, mungkin saya mesti tes aquaplanning dulu nih.
:mky_01:
Saya paling anti (gak suka) aqua planning...karena merasa ada moment kita tak bisa kendalikan hidup kita.

jangan ditest ulang oom,....kita gak tahu melintirnya nanti ke kiri atau ke kanan...banyak atau dikit...
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by F272 »

evanbngdor wrote: Wed Mar 07, 2018 1:45
ginting wrote: Wed Mar 07, 2018 1:02 Mitos.

Kalau isi fuel, mobil diguncang2 biar muat lebih banyak di tanki kita.

Fakta

Fuel adalah cairan yg tak bisa dikompresi.
fuel itu bukan kedelai dalam karung yg bisa disodok2 pk gagang sapu supaya padat.

tanki bbm gak ada tembolok rahasia. jadi kalo isi fuel gak usah digoncang2.

alasan supaya fuel cepat turun juga gak make sense.. ini cairan bukan tepung terigu yg perlu diguncang2 supaya turun cepet.
IMHO sih bukan mitos om,

D4D saya kalo lg isi solar mau dipenuhin, harus digoyang2in biar turun, busa nya banyak.

Misal nozzle nya udah "cetek" di 20 liter, tp kalo ogut goyang2in dulu, kedengeran itu suara solar nya turun karena banyak angin di dalem, bisa masuk 5-8 liter lg.
Banyak amat om isi solar 20 liter..?
Lha saya isi 5 liter Pertabo udah mau luber...

di goyang2 malah tumpah..wkwkwk

#Vario :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by F272 »

paidjho wrote: Wed Mar 07, 2018 5:04 Biar seru ahh.... Pasti rame ini....

http://www.superstreetonline.com/how-to ... -cleaners/

Nunggu comment suhu2 dimari...

[emoji16][emoji16][emoji16]
Ada versi translate nya ga om ..?
Bahasa Sunda gitu............. :angel:
User avatar
kramatbatu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: NCP93

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by kramatbatu »

mau tny suhu2 sm disini. utk kita stater mobil apa baiknya nunggu indikator2 spti abs , airbag , engine check , dll sampe ilang? kt orang bengkel ada baiknya nunggu sampe ilang dulu agar sensor2 nya awet. itu mitos apa fakta?

terimakasih :mky_01:
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Wed Mar 07, 2018 7:28
Udah sering ogut coba om, kalo ngga digoyang2in ya solar posisi penuh di leher tangki itu ngga mau turun, digoyangin baru turun.

Nanti kalo isi solar lg ogut videoin deh.

BTW, busa solar ngga secepet bensin turunnya.

Memang ada mobil yang lubang hawa di saluran tangki bensinnya bagus, jd angin bisa keluar lebih cepet, tp di kasus saya solar itu ngga bisa turun karena terhalang udara, waktu di goyang2 ya seperti wastafel mampet yg tiba2 lancar, ada suara udara yg keluar.
kalau saya si ya: buat apa isi solar sampe tumpah2 gitu, tapi ini saya ya. perlu digoyang2 ya karena theoritically speaking: overfilled. jadi tangki sudah penuh, diisi terus mau ga mau itu pipa pengisian jadi penuh, dan seperti halnya udara, cairan akan mengisi celah yang tersisa sampe ke breather valve di pipa/tangki bbm. karena breather valve itu mestinya ga keisi cairan jadilah pas digoyang2 ada berasa udara keluar. --> ini kata kabeng a2k dulu ya. karena secara design tangki bbm mobil modern itu di sekat2 dan diatur agar isi bisa tetap maksimal di segala situasi.

trik saya si dulu biar ga perlu goyang2: isinya pelan2 banget, mau dari kosong juga, minta satu klik saja, lama si tapi daripada goyang2in. dan kalau itu spbu solarnya berbusa biasa si saya ga mau isi disitu lagi kalau bisa karena pengalaman biasanya itu kualitas solarnya jelek.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by kunaskun »

kramatbatu wrote: Wed Mar 07, 2018 9:38 mau tny suhu2 sm disini. utk kita stater mobil apa baiknya nunggu indikator2 spti abs , airbag , engine check , dll sampe ilang? kt orang bengkel ada baiknya nunggu sampe ilang dulu agar sensor2 nya awet. itu mitos apa fakta?

terimakasih :mky_01:
yang tepat si biar ECU dikasih waktu untuk "mikir" dulu berdasarkan input dari sensor, bukan sensornya awet. kalau sampe tunggu lampu airbag OFF si lama ya bisa belasan detik. saya si palingan itungan detik saja.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by IGedeAmat »

F 272 wrote: Wed Mar 07, 2018 8:41
paidjho wrote: Wed Mar 07, 2018 5:04 Biar seru ahh.... Pasti rame ini....

http://www.superstreetonline.com/how-to ... -cleaners/

Nunggu comment suhu2 dimari...

[emoji16][emoji16][emoji16]
Ada versi translate nya ga om ..?
Bahasa Sunda gitu............. :angel:
Nih translate nya Oom;
"panjang teuing, hoream maca na.. "
a.k.a TL/DR
:ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Herman7103 »

Just want to share too

Fact or Fiction? 8 Myths About Your Car.
I read from this

https://www.dealnews.com/features/Fact- ... 53535.html

Ngacir..
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by lonely1999 »

IGedeAmat wrote: Wed Mar 07, 2018 4:53 #Mitos;
Hanya Tuhan dan sopir yang tahu kapan angkot akan belok
#Fakta;
Bahkan Tuhan pun tak tahu...
kalo bajaj akan belok
hanya setan dan supir yg tahu
bahkan penumpang tak tahu jalan pulang :mky_07:
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by supriyadi »

kalo parkir lama dibawah terik matahari, wiper diangkat biar awet. Fakta atau mitos Om :big_childish: :big_childish:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by alvin23 »

supriyadi wrote:kalo parkir lama dibawah terik matahari, wiper diangkat biar awet. Fakta atau mitos Om :big_childish: :big_childish:
Fakta, tapi masalahnya karet wiper awet per wiper yg buat lipet bisa cepet lemah. Jd mending dibiarin aja, krn lbh gampang ganti karet wiper dibanding per lipet wiper
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by michaelgiri93 »

supriyadi wrote: Wed Mar 07, 2018 12:10 kalo parkir lama dibawah terik matahari, wiper diangkat biar awet. Fakta atau mitos Om :big_childish: :big_childish:
Punya saya waktu ngekos 3 tahun mobil kejemur gak pernah ta angkat wipernya
Sampe saat itu fine fine aja om :ngacir:
Meski akhirnya ta ganti aja krn umur wiper sudah 4 tahunan.
Dan mobil sekarang sudah balik garasi lagi :mky_01:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

kramatbatu wrote: Wed Mar 07, 2018 9:38 mau tny suhu2 sm disini. utk kita stater mobil apa baiknya nunggu indikator2 spti abs , airbag , engine check , dll sampe ilang? kt orang bengkel ada baiknya nunggu sampe ilang dulu agar sensor2 nya awet. itu mitos apa fakta?

terimakasih :mky_01:
Sebaiknya tunggu sampai semua indikator mati, kalau langsung dinyalakan bukan akibat langsung ke sensor tapi ke ECU atau modul elektroniknya, karena saat pertama On, ECU sedang self scanning anggota komponen atau sensor yang terhubung dengan kendaraan. Kalau langsung di On takutnya ECU/modulnya Hang, meskipun kemungkinan sangat kecil.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by pengendiesel »

IGedeAmat wrote: Wed Mar 07, 2018 4:53 #Mitos;
Hanya Tuhan dan sopir yang tahu kapan angkot akan belok
#Fakta;
Bahkan Tuhan pun tak tahu...
:mky_07: :mky_07:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

# Informasi menarik, Honda NSX
Honda membeli beberapa supercar saat mereka memutuskan untuk merancang Supercar mereka NSX, salah satunya adalah Ferrari 458 yang mereka pelajari untuk diaplikasi segala kelebihan kedalam produk mereka, dan Ferrari tersebut berakhir di mesin penghancur saat NSX berhasil dibuat.

#Informasi menarik, kebangkitan Hatchback (HB)
Era 2000 awal merupakan era dimana mobil jenis HB kembali diminati di Indonesia setelah di era 90-an model ini tidak terlalu banyak, era ini ditandai dengan larisnya model HB dari Peugeot yaitu 206 kemudian dilanjutkan Honda Jazz sekitar 2003. Yang berbeda adalah nasib kedua mobil tersebut, dimana Peugeot sudah tidak lagi memasarkan penerusnya dan hanya beberapa tipe limited, sementara Jazz sampai hari ini boleh kiranya kita sebut sebagai Raja HB yang bertahan hingga hari ini.

#Informasi menarik, Dump Truck untuk Tambang.
Dari cerita para senior saya yang sudah bekerja ditambang, ternyata aplikasi automatic transmition sudah diaplikasi ke mobil Dump truck seperti komatsu atau catterpilar sejak tahun 1970-an. Kenyataan menarik lainnya adalah, ternyata kendaraan ini memiliki suspensi yang lembut dan nyaman seperti tidak berada dijalan pertambangan. Kecepatan juga dibatasi sekitar 40kpj saja.

#Informasi menarik, Warna Asap knalpot
Saat mesin mobil atau motor bensin menyala, jika dalam kondisi normal maka tidak akan ada asap pekat yang keluar, berikut beberapa kondisi yang menyebabkan knalpot mobil atau motor mengeluarkan asap
1. Asap putih tidak pekat dipagi hari. Ini bisa berasal dari uap air yang terkondensasi karena knalpot yang dingin atau pembuangan air AC yang terjebak masuk kedalam knalpot. Asap ini terjadi karena air yang menguap karena suhu knalpot yang makin panas, asap akan hilang jika air yang terjebak di dalam knalpot habis dan ini adalah kondisi normal. Kondisi ini tidak terjadi pada motor
2. Asap putih pekat dan terjadi selama mesin menyala,
Kalau untuk mesin 2 tak, hal ini adalah normal. Namun untuk mesin mobil atau motor 4 tak maka ini adalah tanda bahwa ring piston telah aus atau dinding silinder tergores meski hanya sebesar 1 helai rambut. Asap ini terjadi karena ada oli yang tertinggal pada dinding silinder dan akhirnya terbakar saat terjadi ledakan pembakaran dalam ruang mesin. Ini menyebabkan oli mesin cepat berkurang dari kondisi normal.
3. Asap hitam saat gas dibuka lebar, ini adalah tanda bahwa terjadi pembakaran tidak sempurna dimana jumlah bahan bakar yang masuk keruang bakar lebih banyak dari yang dibutuhkan. Bagian kepala busi juga akan tampak hitam karena banyak jelaga, dimana normalnya adalah berwarna coklat. Untuk mesin injeksi melakukan setting ulang CO/AFR adalah yang salah satu cara yang bisa dilakukan sedang mesin dengan karburator melakukan perubahan pada pilot dan main jet.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote:
evanbngdor wrote: Wed Mar 07, 2018 7:28
Udah sering ogut coba om, kalo ngga digoyang2in ya solar posisi penuh di leher tangki itu ngga mau turun, digoyangin baru turun.

Nanti kalo isi solar lg ogut videoin deh.

BTW, busa solar ngga secepet bensin turunnya.

Memang ada mobil yang lubang hawa di saluran tangki bensinnya bagus, jd angin bisa keluar lebih cepet, tp di kasus saya solar itu ngga bisa turun karena terhalang udara, waktu di goyang2 ya seperti wastafel mampet yg tiba2 lancar, ada suara udara yg keluar.
kalau saya si ya: buat apa isi solar sampe tumpah2 gitu, tapi ini saya ya. perlu digoyang2 ya karena theoritically speaking: overfilled. jadi tangki sudah penuh, diisi terus mau ga mau itu pipa pengisian jadi penuh, dan seperti halnya udara, cairan akan mengisi celah yang tersisa sampe ke breather valve di pipa/tangki bbm. karena breather valve itu mestinya ga keisi cairan jadilah pas digoyang2 ada berasa udara keluar. --> ini kata kabeng a2k dulu ya. karena secara design tangki bbm mobil modern itu di sekat2 dan diatur agar isi bisa tetap maksimal di segala situasi.

trik saya si dulu biar ga perlu goyang2: isinya pelan2 banget, mau dari kosong juga, minta satu klik saja, lama si tapi daripada goyang2in. dan kalau itu spbu solarnya berbusa biasa si saya ga mau isi disitu lagi kalau bisa karena pengalaman biasanya itu kualitas solarnya jelek.
Ogut sih ngga sampe tumpah2, cuma sampe full aja di leher. Itu jg kalo lg pas full tank in aja.

Kalo dibilang solar berbuih yg ogut isi itu kualitasnya jelek sih ngga juga. Rutin kuras tangki dan selalu bersih ngga ada endapan di tangki nya.

Kalo isi solar jg lebih sering pas malam hari dan speed nya 1 klik. Kalo speed nozzle nya full sih harusnya bs masuk 20 liter, tp itu 15 liter udah 'cetek'

So far sih 5 tahun, 120rb km ngga pernah ada masalah yg berhubungan dengan tangki&filter solar
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by coklatMetalik »

Kalo pengalaman saya, jika kondis mobil "dingin" baru berangkat, bisa aja isi bensin sampe penuh banget, pas di bibir lubang pengisian. Tp jangan melakukan itu jika mobil baru selesai perjalanan jauh, krn biasanya sesudah selesai isi bensin keluar banyak gelembung2 udara, sampe bensinnya keliatan kyk bergolak mendidih. Jika dipaksakan ngisi sampe bibir lubang, dijamin itu bensin banyak yg langsung luber keluar lg sampe membasahi bodi & karet mud guard
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ipat »

Mitos yg saya tau
-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
-kasih knalpot(motor) oli biar awet
-lampu burem kasih odol
-manual lebih murah perawatan dll. ketimbang matic(kata yg ga punya mobil matic)
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by michaelgiri93 »

Kalau membiarkan mesin idle setelah hard driving itu fakta atau mitos om?
Saya kalau abis luar kota biasa ac saya matikan lalu mesin ta biarkan cooldown sekitar 1-2 menit sembari memasukkan mobil ke garasi. Terutama mesin galant yang lebih tua dan besar dan panas...
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt