Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by evanbngdor »

Galaxy14 wrote: 12 Mar 2018, 23:36
evanbngdor wrote: 12 Mar 2018, 17:18
Kalo starter susah nyala/ngga bs langsung langsam berarti supply bensinnya. Kalo motor karburator biasakan aktifin choke nya aja kalau mau starter, kalo motor injeksi, cek sistem injeksinya.
Iya nih om, saya juga pake choke terus. Kadang malah keluar asap putih juga kalo pagi.
Asep putih pekat atau gimana? kalau tipis sih kemungkinan banjir itu bensinnya, jgn kelamaan aktifin choke nya.

Kalau pekat bisa jd ada oli yg terbakar.

CMIIW
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 01 Feb 2017, 09:24

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Galaxy14 »

evanbngdor wrote: 13 Mar 2018, 09:15
Galaxy14 wrote: 12 Mar 2018, 23:36
evanbngdor wrote: 12 Mar 2018, 17:18
Kalo starter susah nyala/ngga bs langsung langsam berarti supply bensinnya. Kalo motor karburator biasakan aktifin choke nya aja kalau mau starter, kalo motor injeksi, cek sistem injeksinya.
Iya nih om, saya juga pake choke terus. Kadang malah keluar asap putih juga kalo pagi.
Asep putih pekat atau gimana? kalau tipis sih kemungkinan banjir itu bensinnya, jgn kelamaan aktifin choke nya.

Kalau pekat bisa jd ada oli yg terbakar.

CMIIW
Asap putih tipis om. Bener, kayanya bensinnya banjir soalnya kelamaan narik choke nya. Kalo dichoke cuma sebentar ngga nyala soalnya om.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by coklatMetalik »

Galaxy14 wrote: 13 Mar 2018, 23:39
evanbngdor wrote: 13 Mar 2018, 09:15
Galaxy14 wrote: 12 Mar 2018, 23:36

Iya nih om, saya juga pake choke terus. Kadang malah keluar asap putih juga kalo pagi.
Asep putih pekat atau gimana? kalau tipis sih kemungkinan banjir itu bensinnya, jgn kelamaan aktifin choke nya.

Kalau pekat bisa jd ada oli yg terbakar.

CMIIW
Asap putih tipis om. Bener, kayanya bensinnya banjir soalnya kelamaan narik choke nya. Kalo dichoke cuma sebentar ngga nyala soalnya om.
Mungkin jg cuma uap air
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by liemivan86 »

evanbngdor wrote:
kunaskun wrote: 12 Mar 2018, 22:36
oh kalo gini biasanya kadang ini unit hasil pengadaan/proyek/borongan. udah lama si ga liat ginian di pantura, dulu sempat lihat. biasanya avanza E/G warna silver/putih. ini juga saya tahu pas dikasih tau sales yoyota dimari, kenapa ada avanza plat putih B konvoi ke arah smg.

kalau yoyota/nissan si dari gudang pabrik ke master/main dealer wajib naik truk, dan sudah lama. kurang paham sekarang. dealer setahu saya ya itu kalau mau reset odo agak rumit, entah d kalau ada dealer nakal. maklum cuma sekali seumur2 beli mobil di non master/main dealer habis itu kapok kaerna odo udah hampir 100km, berdebu ada bekas rokok, dan mobil well kotor, menang diskon si tapi tetep aja ngeselin.
Waktu itu yg ogut liat sih Small hatchback ya, jd entah deh itu gimana.

Reset odo malah sangat mudah om, cost nya lebih kecil dibandingkan ngirim mobil pake truk ke luar kota.

:mky_04: :mky_04:
Di thread sebelah kan uda dibahas, bukan reset odometer, tapi kabel odometer nya dilepas waktu pengiriman begitu. Jadi odometer nya tidak tambah. Bahkan di thread lain ada yang terima mobil dalam keadaan kabel odometer belum dipasang..

Saya hampir tiap hari sih ketemu mobil gini an. Kebetulan posisi kantor ada di daerah pelabuhan, jadi banyak dari mobil itu yang keluar dari kapal langsung balapan di jalan menuju ke dealer masing-masing. Mobil paling banyak: avanza, xenia, Ayla, agya, calya dan sigra. Sempat ketemu Terios dan Rush baru juga.. Terios nya flashing lampu jauh tiap 2 detik sekali, entah apa maksud nya.. Jadi umur LED nya entah berkurang berapa banyak itu flashing kayak gitu terus..
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwing »

kabarnya kalo cari mobil second eropa, perlu cari yang dipakai harian. kalo garage queen itu rentan di kelistrikan. ini mitos atau fakta..??
turbine888
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: 19 Jul 2016, 22:22

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by turbine888 »

iwing wrote: 16 Mar 2018, 17:38 kabarnya kalo cari mobil second eropa, perlu cari yang dipakai harian. kalo garage queen itu rentan di kelistrikan. ini mitos atau fakta..??
Sepertinya mitos om, soalnya banyak temen2 yg angkat boil eropa seken garage queen (odo <10k) dan sejauh ini ga ada masalah di elektrikal. Kalo kata bengkel spesialis merc langganan sih yang pengaruh malah setelan dan komponen kaki2 karena mobilnya duduk terus.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

turbine888 wrote: 16 Mar 2018, 19:19
iwing wrote: 16 Mar 2018, 17:38 kabarnya kalo cari mobil second eropa, perlu cari yang dipakai harian. kalo garage queen itu rentan di kelistrikan. ini mitos atau fakta..??
Sepertinya mitos om, soalnya banyak temen2 yg angkat boil eropa seken garage queen (odo <10k) dan sejauh ini ga ada masalah di elektrikal. Kalo kata bengkel spesialis merc langganan sih yang pengaruh malah setelan dan komponen kaki2 karena mobilnya duduk terus.
iwing wrote: 16 Mar 2018, 17:38 kabarnya kalo cari mobil second eropa, perlu cari yang dipakai harian. kalo garage queen itu rentan di kelistrikan. ini mitos atau fakta..??
Kalau secara logika ada plus minusnya seh
Kalau garage queen yang maksud adalah mobil diam ditempat bisa 1 bulan lebih maka kelemahannya
1. Kaki-kaki statis dan terkena tekanan bodi secara konstan, maka ada beberapa orang yang menyarankan parkirnya didongkrak pakai jack stand di keempat roda.
2. Oli tetaplah cairan, lama-lama juga akan turun kebawah karena gravitasi, jadi bagian yang kehilangan oli akan lebih cepat aus.
3. Kita ga tahu seberapa banyak endapan oli beserta kotoran dalam mesin, berhenti dalam jangka waktu lama tanpa menyalakan mesin berpotensi menyumbat saluran-saluran sirkulasi oli.
4. Aki bisa tekor, jika mesin tak pernah dinyalakan hingga berbulan-bulan
5. Debu yang menempel pada alternator karena tak pernah berputar juga berpotensi menimbulkan sprak.

Jadi meskipun garage queen tapi kalau mesin rutin dinyalakan minimal 1 minggu sekali maka berpeluang untuk tetap bisa awet. Sedangkan mobil Eropa yang rutin berjalan cenderung lebih awet itu karena oli dan saluran BBM terus bersirkulasi jadi memperkecil timbulnya endapan oli/bbm. Faktor lain mungkin ada suhu yang bisa tambahkan.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by octafiantos »

Treat garage queen as a queen.
Treat work horse as a horse.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by michaelgiri93 »

Pugman wrote: 16 Mar 2018, 23:49
Kalau secara logika ada plus minusnya seh
Kalau garage queen yang maksud adalah mobil diam ditempat bisa 1 bulan lebih maka kelemahannya
1. Kaki-kaki statis dan terkena tekanan bodi secara konstan, maka ada beberapa orang yang menyarankan parkirnya didongkrak pakai jack stand di keempat roda.
2. Oli tetaplah cairan, lama-lama juga akan turun kebawah karena gravitasi, jadi bagian yang kehilangan oli akan lebih cepat aus.
3. Kita ga tahu seberapa banyak endapan oli beserta kotoran dalam mesin, berhenti dalam jangka waktu lama tanpa menyalakan mesin berpotensi menyumbat saluran-saluran sirkulasi oli.
4. Aki bisa tekor, jika mesin tak pernah dinyalakan hingga berbulan-bulan
5. Debu yang menempel pada alternator karena tak pernah berputar juga berpotensi menimbulkan sprak.

Jadi meskipun garage queen tapi kalau mesin rutin dinyalakan minimal 1 minggu sekali maka berpeluang untuk tetap bisa awet. Sedangkan mobil Eropa yang rutin berjalan cenderung lebih awet itu karena oli dan saluran BBM terus bersirkulasi jadi memperkecil timbulnya endapan oli/bbm. Faktor lain mungkin ada suhu yang bisa tambahkan.
Masuk akal sih om.
Mobil saya skrng jadi garage queen(karena di kerjaan gak boleh bawa mobil).
Ketar ketir juga kalau ntr rewel.
Dulu tahun 2014 an tu mobil juga sempet jadi garage queen selama beberapa bulan, ketika di bawa jalan ya gitu dah penyakit pada berdatangan.
Sekarang krn takut hal tsb terulang paling gak seminggu sekali tu mobil ta bawa jalan² walaupun cuma 1 jam an.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

#Informasi menarik, Sejarah Nama Porsche 911.
Awalnya Seri Porsche 911 sebenarnya bernama 901, sebelum pada tahun 1964 pabrikan mobil asal Perancis, Peugeot, marah-marah hanya karena ada angka ‘0’ ditengahnya dan mengklaim bahwa angka ‘0’ ditengah itu adalah trademark milik Peugeot.

Padahal, pada titik ini Porsche sudah mulai memproduksi 82 unit varian 901 dalam jumlah yang sedikit sejak tahun 1963, sehingga pihak Porsche pun harus langsung mengganti nama produknya menjadi 911 per 1965.

Lantas, untuk alasan mengapa nama (01 lebih dipilih ketimbang 902 atau lain sebagainya, adalah karena emblem angka "9", "0" dan "1" sudah terlanjur diproduksi, dan bakal merepotkan jika membuat emblem anyar.

https://m.otosia.com/berita/ternyata-pe ... -bisa.html

https://otomotifnet.gridoto.com/read/02 ... r?page=all
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

#Informasi menarik, dalam berlalu lintas di Jepang, tradisi memberi iayarat Dua Kali Kedipan Lampu Hazard Setelah Lampu Sein mati saat mendahului Sama Dengan ucapan tanda Terima Kasih karena Sudah Diberi Jalan. Tradisi baik yang mungkin bisa juga diaplikasikan disini.

https://m.otosia.com/berita/dua-kali-ke ... jalan.html
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: 30 Oct 2015, 00:33

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ipat »

Pugman wrote: 25 Mar 2018, 19:40 #Informasi menarik, dalam berlalu lintas di Jepang, tradisi memberi iayarat Dua Kali Kedipan Lampu Hazard Setelah Lampu Sein mati saat mendahului Sama Dengan ucapan tanda Terima Kasih karena Sudah Diberi Jalan. Tradisi baik yang mungkin bisa juga diaplikasikan disini.

https://m.otosia.com/berita/dua-kali-ke ... jalan.html
Saya kalo luar kota sering kyk gini,kalo abis minta jalan/ngasih jalan ke kendaraan besar mereka udh tau isyarat jalanan,beda sama mobil kecil yg jarang tau isyarat dijalanan, contoh. kita isyarat kanan mau nyalip karna didepan kosong malah jalan diblok,
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: 31 Oct 2012, 10:49

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Rakean »

Mitos atau fakta:

Mencampurkan minyak goreng ke oli mesin
memakai HDEO di motor
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwing »

Rakean wrote: 26 Mar 2018, 06:27 Mitos atau fakta:

Mencampurkan minyak goreng ke oli mesin
memakai HDEO di motor
kalo soal minyak goreng, yang saya denger syaratnya adalah minyak goreng tersebut tidak boleh beku jika dimasukkan ke dalam freezer. yang saya denger lagi, rantai kimia minyak goreng tersebut mirip dengan ester. jadi mencampur sedikit minyak goreng dengan oli sama halnya dengan oli yang mengandung ester. entah bener gak nya. yang pinter kimia mungkin yang bisa menjawabnya

oli hdeo di motor sih gak masalah. saya udah bertahun2 pakai hdeo di motor bebek saya dulu sampai saya jual. vario saya sampai saat ini juga pakai pcmo
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by liemivan86 »

Pugman wrote:#Informasi menarik, dalam berlalu lintas di Jepang, tradisi memberi iayarat Dua Kali Kedipan Lampu Hazard Setelah Lampu Sein mati saat mendahului Sama Dengan ucapan tanda Terima Kasih karena Sudah Diberi Jalan. Tradisi baik yang mungkin bisa juga diaplikasikan disini.

https://m.otosia.com/berita/dua-kali-ke ... jalan.html
Informasi yang menarik!

Sayang nya, saya dalam 10 tahun belakangan 1 tahun minimal 5x ke Jepang, dan belum pernah lihat ada yang lakukan sih. Justru mereka sangat ketat dalam penggunaan hazard..

Mungkin beritanya salah? Atau saya yang salah pergi nya? [emoji16]
gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: 15 Sep 2012, 17:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by gerobak nippon »

Turbo timer utk mesin berturbo sebenarnya perlu gak sih ?
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

liemivan86 wrote: 28 Mar 2018, 00:12
Pugman wrote:#Informasi menarik, dalam berlalu lintas di Jepang, tradisi memberi iayarat Dua Kali Kedipan Lampu Hazard Setelah Lampu Sein mati saat mendahului Sama Dengan ucapan tanda Terima Kasih karena Sudah Diberi Jalan. Tradisi baik yang mungkin bisa juga diaplikasikan disini.

https://m.otosia.com/berita/dua-kali-ke ... jalan.html
Informasi yang menarik!

Sayang nya, saya dalam 10 tahun belakangan 1 tahun minimal 5x ke Jepang, dan belum pernah lihat ada yang lakukan sih. Justru mereka sangat ketat dalam penggunaan hazard..

Mungkin beritanya salah? Atau saya yang salah pergi nya? [emoji16]
Si Om mendahului orang terus kali dan ga pernah didahului orang hihihihi

:big_smile]
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ginting »

gerobak nippon wrote:Turbo timer utk mesin berturbo sebenarnya perlu gak sih ?
di trit sebelah sdh dibahas dulu.

jawabnya :
perlu sbg second line of protection

gak perlu
kalau abis geber2 kan gak langsung matiin mesin

selipgaji
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: 06 Apr 2018, 15:01
Location: gold coast

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by selipgaji »

mitos sekaligus fakta:

bawa mobil semurah apapun tetep belaga orang kayah..
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwing »

setelah cuci motor, entah knp rasanya lebih enak dibanding sebelum di cuci. at least itulah yang saya rasakan. penjelasan nya gak paham wkwkkwkwk
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Herman7103 »

Mitos Pengisian BBM, Jangan Isi Bensin Sesudah Tangki SPBU Diisi

https://www.gridoto.com/read/01237484/m ... spbu-diisi
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Herman7103 »

Beda Mobil 4WD dengan AWD


Sistem penggerak 4WD menggunakan diferesial tengah atau transfer case. Part tersebut berfungsi untuk membagi traksi pada roda depan dan belakang.
Biasanya, mobil yang mengusung sistem yang juga disebut 4X4 ini bisa mengubahnya menjadi 4X2 atau hanya dua roda. Gampangnya, pada 4WD, mesin hanya menggerakkan dua roda dan kemudian disalurkan kepada roda sisanya.
Berbeda dengan 4WD, AWD tidak bisa diubah menjadi sistem 4X2. Pasalnya, tenaga dari mesin langsung disalurkan untuk menggerakkan keempat roda.
Canggihnya lagi, pada beberapa mobil, pembagian tenaga pada masing-masing roda bisa berbeda. Teknologi tersebut memudahkan pengemudi ketika harus berbelok dengan kecepatan tinggi.
Hal itu membuat sistem AWD juga diterapkan pada beberapa super car dan luxury Sedan


https://m.otosia.com/berita/apa-beda-mo ... n-awd.html
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

iwing wrote: 07 Apr 2018, 14:27 setelah cuci motor, entah knp rasanya lebih enak dibanding sebelum di cuci. at least itulah yang saya rasakan. penjelasan nya gak paham wkwkkwkwk
Sama, perasaan saya juga begitu kalau dimotor tapi kalau di mobil ga terlalu terasa, hanya lebih nyaman. Tapi biasanya terasa di motor yang tenaganya kecil.
Mungkin penjelasannya seperti ini.
Motor mesinnya sebagian terekspose sehingga mudah kotoran menempel ke bagian mesin seperti silinder blok atau radiator untuk motor yang pakai radiator. Sehingga heat exchange jadi kurang baik karena tertutup kotoran dan karena tenaga mesin yang tidak terlalu besar maka perubahannya bisa kita rasakan. Mungkin kalau motor yang powernya diatas 40HP bisa jadi ga terlalu terasa.
User avatar
civic12
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 10 Apr 2018, 12:57
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Civic FD1 MT

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by civic12 »

Pugman wrote: 25 Mar 2018, 19:40 #Informasi menarik, dalam berlalu lintas di Jepang, tradisi memberi iayarat Dua Kali Kedipan Lampu Hazard Setelah Lampu Sein mati saat mendahului Sama Dengan ucapan tanda Terima Kasih karena Sudah Diberi Jalan. Tradisi baik yang mungkin bisa juga diaplikasikan disini.

https://m.otosia.com/berita/dua-kali-ke ... jalan.html
ini bener om, cuma ya ga sering juga. Ane kemarin sempat lama studi di tokyo dan beberapa kali kok ketemu kayak gini, tapi khusus sesama mobil ya. Klo mobil sama pejalan kaki, pejalan kaki yang diutamain, walaupun kadang barengan gitu pejalan kaki mau nyebrang dan driver mau belok/jalan, ane tiap mempersilahkan mereka jalan duluan, mereka selalu ngasih ane (pejalan kaki) buat jalan lebih dulu, dan mereka pun sabar banget nungguin orang yang lagi nyebrang.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by liemivan86 »


civic12 wrote: ini bener om, cuma ya ga sering juga. Ane kemarin sempat lama studi di tokyo dan beberapa kali kok ketemu kayak gini, tapi khusus sesama mobil ya. Klo mobil sama pejalan kaki, pejalan kaki yang diutamain, walaupun kadang barengan gitu pejalan kaki mau nyebrang dan driver mau belok/jalan, ane tiap mempersilahkan mereka jalan duluan, mereka selalu ngasih ane (pejalan kaki) buat jalan lebih dulu, dan mereka pun sabar banget nungguin orang yang lagi nyebrang.
Nah, ini bener banget. Bahkan kadang walaupun mereka lagi kenceng banget sampe kita yang takut mau nyeberang, mereka malah rem kuat2 dan kasih kita jalan dulu, selama nyeberang di tempat dan waktu yang tepat ya..

Wah, kalo soal lampu itu benar, lain kali iseng perhatikan deh..
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post