Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by kunaskun »

iwing wrote: 09 Mar 2018, 10:34 tapi om, bukan nya di forum ada yang ngomong pada mobilnya jika di pagi hari dinyalakan, pertama akan bunyi tek tek tek dan setelah bbrp saat hilang. sebelunya dia memakai oli dengan awalan 10W. namun setelah dia ganti menggunakan oli dengan awalan 5W, bunyi tek tek tek dipagi hari tersebut berkurang/hilang. buntut kedua oli tersebut sama
ga aneh si kalau berkurang bunyi atau tambah berisik, karena oli itu kan hanya disetarakan viskositas (biar gampang belinya) dan distandarkan SAE/API sekian2, tapi isinya apa ya produsen yang tahu, bisa jadi oli yang baru itu emang karakternya kasar karena aditif apanya ga ada. belum lagi soal oli lama itu sudah kebuang semua ga, filter gimana, kondisi internal mesin gimana. mesin sama2 baru, dengan oli sama persis saja saya yakin bunyinya akan beda. karena too many parts = factor to calculate.

yang saya lebih peduli si soal penguapan oli, kalau tinggi apakah something wrong with the enjin atau memang karakter oli tsb.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 09 Mar 2018, 16:34 mitos: mobil baru skg tidak perlu inreyen
fakta: tetap perlu, at least jangan langsung disiksa selama 1000 km pertama. dan jangan lupa ganti oli mesin di km 1000.
Setuju, jangan disiksa tapi vary the load... misalnya sesekali jalanin di tol main RPM low-mid-high... divariasi supaya mesin terbiasa dengan gaya berkendara si empunya...

Tapi mengingat kadang beberapa mobil dari car carrier ke gudang dibawa serabutan sama supirnya... ya agak ngeri juga ini.

Oli mesin di KM 1000 nah ini... sebenernya antara yes or no karena pabrikan justru nggak mewajibkan... klo saya tetep rekomendasi diganti di KM 1000 karena dari 0 sampai 1000 itu mereka masih pakai oli mineral supaya dinding silindernya "kebentuk" ... ini penjelasan saya pernah dengar di mana gitu lupa.

cuma yah klo saya rekomendasi di bawah 1000 karena mobil kita kan sebelum masuk gudang dan di delivery "sebenernya" udah dites jalan. Jadi nggak bener-bener nol putul waktu kita terima.

tapi kalopun kita nggak nge-reyen... mungkin ada master yang ngerti apakah ECU mobil di 1000 KM awal di-setting untuk kondisi "learning" ? Karena jujur waktu coba Mazda3 kayak power mesin "dibatasi"... dan beberapa hasil pengetesan media sebelum dan setelah inreyen berbeda...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 09 Mar 2018, 16:56
evanbngdor wrote: 09 Mar 2018, 16:34 mitos: mobil baru skg tidak perlu inreyen
fakta: tetap perlu, at least jangan langsung disiksa selama 1000 km pertama. dan jangan lupa ganti oli mesin di km 1000.
Setuju, jangan disiksa tapi vary the load... misalnya sesekali jalanin di tol main RPM low-mid-high... divariasi supaya mesin terbiasa dengan gaya berkendara si empunya...

Tapi mengingat kadang beberapa mobil dari car carrier ke gudang dibawa serabutan sama supirnya... ya agak ngeri juga ini.

Oli mesin di KM 1000 nah ini... sebenernya antara yes or no karena pabrikan justru nggak mewajibkan... klo saya tetep rekomendasi diganti di KM 1000 karena dari 0 sampai 1000 itu mereka masih pakai oli mineral supaya dinding silindernya "kebentuk" ... ini penjelasan saya pernah dengar di mana gitu lupa.

cuma yah klo saya rekomendasi di bawah 1000 karena mobil kita kan sebelum masuk gudang dan di delivery "sebenernya" udah dites jalan. Jadi nggak bener-bener nol putul waktu kita terima.

tapi kalopun kita nggak nge-reyen... mungkin ada master yang ngerti apakah ECU mobil di 1000 KM awal di-setting untuk kondisi "learning" ? Karena jujur waktu coba Mazda3 kayak power mesin "dibatasi"... dan beberapa hasil pengetesan media sebelum dan setelah inreyen berbeda...
kadang malah ada dealer yg nakal, dari gudang ke dealer dibawa jalan, sampe di dealer di 0 in lg.

pernah ketemu karyawan dealer ******** itu mobil pake plat profit dibawa dr jakarta sampe semarang, ketemu sepanjang jalan pas mudik. bawanya jg ngawur banget. kasian itu konsumen yg dapet mobil itu.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

#Informasi menarik: Berdasarkan data sirkuit yang digunakan pada MotoGp 2017 dimana berdasarkan data panjang sirkuit dikali jumlah lap, jarak yang ditempuh 110 - 120 km tidak termasuk warm up dan victory lap. Jarak tempuh terjauh terjadi pada balapan di sirkuit Red Bull Ring dengan 120,9km.
Dengan panjang sirkuit Austria tersebut 4,3km Maka jika jarak total balap ditambah warm up lap dan victory lap yaitu 8,6km jarak tempuh total motor berjalan adalah 129,5km.

Dari jarak tempuh dan dengan jumlah bahan bakar yang sudah dipatok untuk motor pabrikan sebanyak 22liter, artinya konsumsi BBM motor MotoGp setidaknya 1 ltr: 5,89km atau bisa lebih karena bisa saja sampai pitstop masih ada 1-2liter sisa dalam tangki.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwing »

ChZ wrote: 09 Mar 2018, 10:47
iwing wrote: 09 Mar 2018, 10:34
tapi om, bukan nya di forum ada yang ngomong pada mobilnya jika di pagi hari dinyalakan, pertama akan bunyi tek tek tek dan setelah bbrp saat hilang. sebelunya dia memakai oli dengan awalan 10W. namun setelah dia ganti menggunakan oli dengan awalan 5W, bunyi tek tek tek dipagi hari tersebut berkurang/hilang. buntut kedua oli tersebut sama
Spek dan merek olinya sama persis ? Karena sebenarnya selain angka grade viskositas juga terdapat parameter lain... lengkapnya baca thread oom Turbo... atau bisa jadi faktor lain di luar oli... umur komponen dan mobil juga pengaruh.

Tapi yang lucu itu tuh, kenapa dikasih lebih encer justru lebih alus... hahahhaa... 5W kan pastinya lebih encer daripada 10W... padahal mekanik balap kenalan saya (mas yudha GAR) malah sempet bilang klo dah tua jangan encer-encer... malah saya sering dengar beberapa mobil yang minta 5W30 dikasih 0W20 jadi kasar banget.

Memang angka W itu pengaruhnya di performa oil pumping saat cold start... tapi nah kalau di negara tropis kayak Indonesia jelas nggak mungkin kan suhu drop di bawah nol... atau ada master yang punya penjelasan lain... tuh di atas sudah saya tambahin index chart nya.

sejauh ini saya pakai 5W dan 10W sama-sama buntut 30 ya nggak ada masalah ...

btw... suka nih dengan thread ini... jadi bisa diskusi pake data dan gak pake feeling atau debat kusir...
setahu saya, secara umum oli dengan awalan 10W itu semi sintetik atau mungkin mineral sedangkan oli dengan awalan 5W itu secara umum full sintetik atau semi sintetik. jadi seperti nya oli yang diganti tersebut mungkin berubah yang awalnya semi sintetik (10W) menjadi full sintetik (5W) dengan buntut yang sama (40). jadi spek oli nya gak sama

hanya saja, jika mengacu pada chart di atas di negara ini, hal ini seharusnya tidak menjadi masalah namun pada aplikasi nya ternyata lebih baik yang 5W dibanding 10W pada saat cold start

dan jika mengacu pada chart di atas, negara ini seharusnya menggunakan buntut 30 dan 40. namun pada kenyataan nya, mobil2 terbaru justru menganjurkan oli encer seperti 0W-20 sesuai manual book. yang saya denger2, menggunakan oli encer untuk mobil2 baru saat ini karena celahnya lebih rapat. entah bener gak nya

btw untuk oli antara 5W dan 10W dengan buntut sama2 30, setahu saya kadang encer yang 10W om

contoh, kendall

Image

jadi menurut saya, chart diatas saat ini hanya mitos. kalo dulu iya itu fakta, at least tahun 90-2000 an awal
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by coklatMetalik »

iwing wrote: 10 Mar 2018, 07:21
ChZ wrote: 09 Mar 2018, 10:47
iwing wrote: 09 Mar 2018, 10:34
tapi om, bukan nya di forum ada yang ngomong pada mobilnya jika di pagi hari dinyalakan, pertama akan bunyi tek tek tek dan setelah bbrp saat hilang. sebelunya dia memakai oli dengan awalan 10W. namun setelah dia ganti menggunakan oli dengan awalan 5W, bunyi tek tek tek dipagi hari tersebut berkurang/hilang. buntut kedua oli tersebut sama
Spek dan merek olinya sama persis ? Karena sebenarnya selain angka grade viskositas juga terdapat parameter lain... lengkapnya baca thread oom Turbo... atau bisa jadi faktor lain di luar oli... umur komponen dan mobil juga pengaruh.

Tapi yang lucu itu tuh, kenapa dikasih lebih encer justru lebih alus... hahahhaa... 5W kan pastinya lebih encer daripada 10W... padahal mekanik balap kenalan saya (mas yudha GAR) malah sempet bilang klo dah tua jangan encer-encer... malah saya sering dengar beberapa mobil yang minta 5W30 dikasih 0W20 jadi kasar banget.

Memang angka W itu pengaruhnya di performa oil pumping saat cold start... tapi nah kalau di negara tropis kayak Indonesia jelas nggak mungkin kan suhu drop di bawah nol... atau ada master yang punya penjelasan lain... tuh di atas sudah saya tambahin index chart nya.

sejauh ini saya pakai 5W dan 10W sama-sama buntut 30 ya nggak ada masalah ...

btw... suka nih dengan thread ini... jadi bisa diskusi pake data dan gak pake feeling atau debat kusir...
setahu saya, secara umum oli dengan awalan 10W itu semi sintetik atau mungkin mineral sedangkan oli dengan awalan 5W itu secara umum full sintetik atau semi sintetik. jadi seperti nya oli yang diganti tersebut mungkin berubah yang awalnya semi sintetik (10W) menjadi full sintetik (5W) dengan buntut yang sama (40). jadi spek oli nya gak sama

hanya saja, jika mengacu pada chart di atas di negara ini, hal ini seharusnya tidak menjadi masalah namun pada aplikasi nya ternyata lebih baik yang 5W dibanding 10W pada saat cold start

dan jika mengacu pada chart di atas, negara ini seharusnya menggunakan buntut 30 dan 40. namun pada kenyataan nya, mobil2 terbaru justru menganjurkan oli encer seperti 0W-20 sesuai manual book. yang saya denger2, menggunakan oli encer untuk mobil2 baru saat ini karena celahnya lebih rapat. entah bener gak nya

btw untuk oli antara 5W dan 10W dengan buntut sama2 30, setahu saya kadang encer yang 10W om

contoh, kendall

Image

jadi menurut saya, chart diatas saat ini hanya mitos. kalo dulu iya itu fakta, at least tahun 90-2000 an awal
Bisa jadi om
Krn sy liat di manual book Kisul bensin, yg paling disarankan adalah 10W30
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Herman7103 »

ChZ wrote:OK ane belum sempat share beberapa myth yang ane masih geli denger di forum SM ini... dan supaya relevan ane kasih referensi biar para haters nggak ribut...

referensinya pun bukan abal-abal... bener-bener orang yang ngerti engineering bukan modal bacot...kan SM "katanya" isinya orang-orang pinter...
Baru tadi nonton complete semua video clip yg mod unggah, mostly of all video clip explanations exactly logic and quite same with what I already read on overseas Automotive online information. This could make ordinary people more smart and could know the difference of myth and fact and very selective with Auto products which ones is the real good and valuable
[emoji3]
Last edited by artoodetoo on 11 Mar 2018, 06:40, edited 1 time in total.
Reason: Terlalu panjang, quote seperlunya
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: 01 Oct 2015, 08:05

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by geofreyap »

Mitos : Power shift sah dilakukan jika moment & tekhnik nya pas.

Fakta : Oe penasaran pengen coba, pernah sekali, smooth, tapi deg²an. Hahaha.. :big_biglaugh:

Apakah power shift benar aman kalau moment & tekhnik nya pas ?
:big_think:
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

Mitos : belajar teknik balapan, emang mau ngebut dimana?

Fakta : teknik balapan faktanya justru merupakan teknik nyetir yang kalau dipelajari bisa membuat kita jadi driver yang lebih halus. Pembalap beneran justru nyetirnya alus nggak memabukkan penumpangnya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

ChZ wrote: 10 Mar 2018, 12:51 Mitos : belajar teknik balapan, emang mau ngebut dimana?

Fakta : teknik balapan faktanya justru merupakan teknik nyetir yang kalau dipelajari bisa membuat kita jadi driver yang lebih halus. Pembalap beneran justru nyetirnya alus nggak memabukkan penumpangnya...
Yups setuju. Baik untuk mobil apalagi motor, teknik balap melatih orang berbelok secepat mungkin, dengan rem seperlunya saja, melakukan perpindahan gigi secepat dan sehalus mungkin tanpa membuat ban selip yang akhirnya memangkas waktu dan membuay ban cepat aus. Untuk motor juga melatih posisi duku dan respon sikap tubuh jika jatuh.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: 09 Mar 2018, 17:33
kadang malah ada dealer yg nakal, dari gudang ke dealer dibawa jalan, sampe di dealer di 0 in lg.

pernah ketemu karyawan dealer ******** itu mobil pake plat profit dibawa dr jakarta sampe semarang, ketemu sepanjang jalan pas mudik. bawanya jg ngawur banget. kasian itu konsumen yg dapet mobil itu.
sampe ke smg apa ga rugi itu dealer? karena factory marking di ban sudah pada hilang, ban itu jalan 100 km saja udah pudar markingnya, apalagi sampai smg. mungkin memang beli dari jkt bawa ke smg pake driver lepasan dengan plat pinjaman = kadang saya lihat di pantura.

soal mundurin odometer si memang beres/dealer pasti bisa karena modal colok doang ke scanner, tapi setahu saya prosedurnya rumit musti acc sana sini dulu, sama kaya beli kunci set atau speedometer assy.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by martinnn »

Mundurin odo itu mudah...dulu waktu masih nyambi jadi sales Mobil tinggal panggil and bayar 100 ribu
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
User avatar
LTZ
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: 29 Feb 2016, 19:28

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by LTZ »

ChZ wrote: 09 Mar 2018, 11:09
LTZ wrote: 09 Mar 2018, 06:52 Mitos: Penggunaan bahan bakar diesel cetane tinggi dan minim sulfur tidak cocok untuk diesel jadul misal 2L,4D56 & 4JA1 karena injection pump membutuhkan kadar sulfur untuk melumasi.
apa benar ? tapi kalau nyoba di kuda diesel, pertadex jadi minim asap dan bau...
Bukanya pertadex juga masih ada kadar sulphurnya walau dikit, oom ?

Cetane number DEX dan biosolar gak beda jauh setau saya juga oom.

Selain sulphur, ada buanyak kandungan gak bagus di biosolar... semisal kandungan airnya... jadi tetep IMHO isi pertadex di diesel jadul nggak akan masalah...

dan setau saya, sulphur itu kan unsur padat jadi nggak mungkin dipake melumasi, klo melumasi ya BBM itu sendiri berfungsi sebagai "pelumas", makanya tangki BBM klo sering kosong bakal jebol fuelpump nya krn BBM itu sendiri berfungsi melumasi fuelpump dan sistem-sistem lain.
maksud saya om, karena kadar sulfur pertadex rendah jadi kurang melumasi. bukan tidak ada sama sekali sulfur :mky_02:
makanya, saya sendiri bingung sama mitos itu :mky_01:
LJ479QNE2
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by pernahmiskin »

Mitos : mobil TD lebih kuat
(jd ingat om sy yg dl.kalau beli motor baru lebih seneng yg ada stiker TD)

Fakta : mobik TD banyak d pakai orang secara serampangan

Maaf oot dikit, mobil2 TD bakal d kemanain ya ?
d jual lg dgn reset odometer n rekondisi atau d jual murah dlm intern dealer...

Coz kadang dlm 1 dealer kdg ada beberapa unit TD dlm jenis yg sama
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: 26 Aug 2007, 10:43

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by artoodetoo »

Halo teman2, sekali lagi saya mengingatkan, kalau quote tulisan user lain, mohon diambil yg perlu saja, jangan semua diquote (kecuali kalau pendek ya, 2-3 baris doang).
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

pernahmiskin wrote: 10 Mar 2018, 17:50 Mitos : mobil TD lebih kuat
(jd ingat om sy yg dl.kalau beli motor baru lebih seneng yg ada stiker TD)

Fakta : mobik TD banyak d pakai orang secara serampangan

Maaf oot dikit, mobil2 TD bakal d kemanain ya ?
d jual lg dgn reset odometer n rekondisi atau d jual murah dlm intern dealer...

Coz kadang dlm 1 dealer kdg ada beberapa unit TD dlm jenis yg sama
Dijual um... entah ke umum atau ke internal saja... sy dua kali dapet mobil bekas TD kok.

Odometernya sih ndak direset tapi kalo showroom nakal ya ada aja...

tapi pernah denger ada juga beberapa yang dikembalikan ke prinsipal... seperti Auto2000... CMIIW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

ChZ wrote: 11 Mar 2018, 12:15

Dijual um... entah ke umum atau ke internal saja... sy dua kali dapet mobil bekas TD kok.

Odometernya sih ndak direset tapi kalo showroom nakal ya ada aja...

tapi pernah denger ada juga beberapa yang dikembalikan ke prinsipal... seperti Auto2000... CMIIW.
Kalau unit yang dipakai review jurnalis atau blogger dikemanain ya?

Karena dulu jaman rilis Yamaha R25, ternyata unit yang dites jurnalis dan yang dijual ke konsumen punya selisih power on wheel yang cukup signifikan di tes di mesin dyno yang sama. On paper, klaim power 36hp on cranck, unit test dapat 31-32hp on wheel sementara unit konsumen hanya 28-29hp on wheel.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

#Informasi menarik, project mobil 2&4 milik honda adalah mobil berbentuk formula klasik yang menggunakan mesin berbasis Honda RCV 4 silinder 999cc, dengan komponen eksotis seperti yang dipakai pada mesin Motogp RCV, mesin ini sanggup berkitir hingga 13000rpm dan ledakan power hingga 215hp dan torsi 118Nm.

#Informasi menarik, superbike 4 silinder 1000cc NA hari ini mampu menghasilkan tenaga rata-rata 200hp on Stock dan torsi 100-120Nm, sementara disisi lain mobil 1500cc NA kebanyakan masih dikisaran 95-120hp namun torsi rata-rata yang dihasilkan lebih tinggi sekitar 140Nm yang sama di ukur On Cranck.

Jika teknik pembuatan dan spesifikasi diaplikasi dengan perlakuan yang sama maka mesin NA yang memiliki CC lebih besar akan memiliki power dan torsi yang lebih besar pula.
Lalu bagaimana penjelasannya,
1. Material mesin: superbike memiliki bagian part dengan kualitas yang tingkat diatas mesin mobil biasa, seperti valve titanium dengan berilium valve seat, forged piston dengan campuran silikon, spring valve yang sanggup menjaga dari floating hingga 18-20ribu rpm, cylinder coating dll.
2. Putaran mesin: dengan material eksotis, Piston speed bisa dilajukan diatas 21m/s sehingga dengan desain bore x stroke yang overbore Mesin Superbike memiliki kemampuan berkitir hingga 16000-18000rpm sementara mobil hanya maksimal di 8000rpm. Dengan rumus power yang merupakan perkalian torsi dengan rpm maka dari sinilah mengapa Power bisa lebih tinggi namun torsi lebih rendah.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by silentIm2 »

mitos: mobil dengan airbag ga perlu pake sabuk pengaman

fakta: menghantam airbag tanpa sabuk pengaman bisa saja sama bahayanya sama ga ada airbag. leher, rahang bawah, tulang rawan hidung bisa cedera ato patah, karena tertekan momentum berat badan sendiri. belom lagi tidak semua kecelakaan mentrigger airbag, misalnya ditabrak dari belakang ato samping, mobil terguling, menabrak tiang, ato tabrakan yang memutus kabel airbag.


mitos: penumpang belakang ga perlu pake sabuk pengaman
fakta: walaupun secara hukum boleh,tapi secara teknis sangat tinggi resikonya. Mei 2017, penumpang pajero sport terlempar keluar saat kecelakaan di tol dalkot Jakarta https://m.detik.com/news/berita/3498268 ... as-flyover. belom lagi yang lain2: https://m.detik.com/news/berita/d-13074 ... ari-mobil)
http://thetanjungpuratimes.com/2017/10/ ... bau-tewas/
Memang pakai seatbelt sebagai penumpang awalnya ga nyaman, tapi saya sendiri akhirnya lebih suka pake seatbelt, biar pas tidur ga kelempar lempar. Anak bayi saya dudukkan di childseat, biar ga resiko. http://medan.tribunnews.com/2017/05/30/ ... jalan-raya.

Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by coklatMetalik »

silentIm2 wrote: 11 Mar 2018, 20:14 mitos: mobil dengan airbag ga perlu pake sabuk pengaman

fakta: menghantam airbag tanpa sabuk pengaman bisa saja sama bahayanya sama ga ada airbag. leher, rahang bawah, tulang rawan hidung bisa cedera ato patah, karena tertekan momentum berat badan sendiri. belom lagi tidak semua kecelakaan mentrigger airbag, misalnya ditabrak dari belakang ato samping, mobil terguling, menabrak tiang, ato tabrakan yang memutus kabel airbag.


mitos: penumpang belakang ga perlu pake sabuk pengaman
fakta: walaupun secara hukum boleh,tapi secara teknis sangat tinggi resikonya. Mei 2017, penumpang pajero sport terlempar keluar saat kecelakaan di tol dalkot Jakarta https://m.detik.com/news/berita/3498268 ... as-flyover. belom lagi yang lain2: https://m.detik.com/news/berita/d-13074 ... ari-mobil)
http://thetanjungpuratimes.com/2017/10/ ... bau-tewas/
Memang pakai seatbelt sebagai penumpang awalnya ga nyaman, tapi saya sendiri akhirnya lebih suka pake seatbelt, biar pas tidur ga kelempar lempar. Anak bayi saya dudukkan di childseat, biar ga resiko. http://medan.tribunnews.com/2017/05/30/ ... jalan-raya.
Om2 yg skrg ditangkep KPK itu kan duduk di baris 2 fortuner trus nabrak tiang listrik & benjol segede bakpao. :ngacir: Brarti bener nih penumpang belakang sebaiknya pk seatbelt
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by liemivan86 »

silentIm2 wrote:mitos: mobil dengan airbag ga perlu pake sabuk pengaman

fakta: menghantam airbag tanpa sabuk pengaman bisa saja sama bahayanya sama ga ada airbag. leher, rahang bawah, tulang rawan hidung bisa cedera ato patah, karena tertekan momentum berat badan sendiri. belom lagi tidak semua kecelakaan mentrigger airbag, misalnya ditabrak dari belakang ato samping, mobil terguling, menabrak tiang, ato tabrakan yang memutus kabel airbag.


mitos: penumpang belakang ga perlu pake sabuk pengaman
fakta: walaupun secara hukum boleh,tapi secara teknis sangat tinggi resikonya. Mei 2017, penumpang pajero sport terlempar keluar saat kecelakaan di tol dalkot Jakarta https://m.detik.com/news/berita/3498268 ... as-flyover. belom lagi yang lain2: https://m.detik.com/news/berita/d-13074 ... ari-mobil)
http://thetanjungpuratimes.com/2017/10/ ... bau-tewas/
Memang pakai seatbelt sebagai penumpang awalnya ga nyaman, tapi saya sendiri akhirnya lebih suka pake seatbelt, biar pas tidur ga kelempar lempar. Anak bayi saya dudukkan di childseat, biar ga resiko. http://medan.tribunnews.com/2017/05/30/ ... jalan-raya.
Mitos: mobil ber airbag 6 lebih aman walau tidak pakai seat belt di row 2

Fakta: ada yang mau coba bukti kan?

Opini saya sih, efek nya akan sama dengan tidak pakai seat belt di depan saat airbag meletus, yaitu sangat berbahaya. Saya pribadi, karena penumpang belakang belum bisa disiplin pakai seat belt, sementara pakai mobil ber airbag 2 aja deh... *alasan*
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by silentIm2 »

liemivan86 wrote: 12 Mar 2018, 00:13 Mitos: mobil ber airbag 6 lebih aman walau tidak pakai seat belt di row 2

Fakta: ada yang mau coba bukti kan?

Opini saya sih, efek nya akan sama dengan tidak pakai seat belt di depan saat airbag meletus, yaitu sangat berbahaya. Saya pribadi, karena penumpang belakang belum bisa disiplin pakai seat belt, sementara pakai mobil ber airbag 2 aja deh... *alasan*
Bahkan bisa membahayakan penumpang di depannya. Kursi depan dihantam badan penumpang belakang bisa patah, trus mematahkan tenggorokan ato tulang rusuk penumpang depan yang badannya lagi tertahan sabuk pengaman. Belom lagi muka hancur kejedot kursi di depan, kelempar dari jendela belakang.


Btw klo di luar negeri yang setiap pengemudi wajib asuransi, asuransi bisa saja mengurangi klaim biaya rumah sakit karena tidak pakai seatbelt. Untung di sini kayaknya belom.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

silentIm2 wrote: 12 Mar 2018, 01:11
Bahkan bisa membahayakan penumpang di depannya. Kursi depan dihantam badan penumpang belakang bisa patah, trus mematahkan tenggorokan ato tulang rusuk penumpang depan yang badannya lagi tertahan sabuk pengaman. Belom lagi muka hancur kejedot kursi di depan, kelempar dari jendela belakang.


Btw klo di luar negeri yang setiap pengemudi wajib asuransi, asuransi bisa saja mengurangi klaim biaya rumah sakit karena tidak pakai seatbelt. Untung di sini kayaknya belom.
Setuju Om, bahkan penumpang belakang yang duduk dikursi tengah bisa terlempar keluar menembus kaca depan saat terjadi tabrakan jika tidak menggunakan seatbelt.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

#Informasi menarik: Seputar mobil truk, Hati-hati berjalan dibelakang truk besar tanpa perisai kolong.
Dalam aturan lalu lintas, Bagian bed Truk dengan panjang julur belakang (rear overhang) lebih dari 100cm dan tinggi 70cm atau lebih wajib memasang perisai kolong belakang dan samping. Material yang digunakan harus mampu menahan benturan dari kendaraan kecil agar tidak masuk ke kolong mobil.
Faktanya tidak semua truk memasang perisai kolong dan sebagian lain memasang seadanya tanpa memperhitungkan kekuatannya terutama untuk bagian samping. Posisi bed truk tingginya sejajar dengan kepala pengemudi mobil kecil seperti sedan/mpv kecil dan kebanyakan panjang bonet mobil tersebut juga tidak sampai 100cm.
Contoh terbaik dari aplikasi perisai kolong yang ada di Indonesia adalah truk tangki Pertamina.
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: 30 Oct 2011, 18:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwidiyanto »

kalau pemikiran bahwa mobil ato motor jika pemakaian awal udah ngga bener, mau diapain jg tetep g bisa bener... itu mitos ato fakta?
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post