Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by coklatMetalik »

-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
Ini sebetulnya bahaya & dulu kadang sy lakukan ketika bln tau. Bbrp kali malah setelah kunci diputar off mesin msh muter pelan, bunyi grekkk grekk grekk (dieseling)

-lampu burem kasih odol
Ini bener berfungsi, utk lampu yg pk mika kaca. Bs jg pk obat jamur kaca

-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
Bener oktan naik, tp asap knalpot jd lebih beracun & bikin rusak catalytic converter (cmiiw)

-kalau abis luar kota biasa ac saya matikan lalu mesin ta biarkan cooldown sekitar 1-2 menit
Entah ada efeknya atau nggak, tp sy jg lakukan hal ini, biasanya sambil kap mesin dibuka skalian beres2 barang bawaan & bersih2 bodi mobil kalo kehujanan. Setelah semua beres baru kap mesin ditutup
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwing »

ipat wrote: Wed Mar 07, 2018 15:42 Mitos yg saya tau
-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
-kasih knalpot(motor) oli biar awet
-lampu burem kasih odol
-manual lebih murah perawatan dll. ketimbang matic(kata yg ga punya mobil matic)
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
eh bukan nya emang beneran gitu ya om kalo perawatan manual lebih murah dibanding matic. oli matic kan sebaiknya dikuras antara 15-20 ribu biar transmisi sehat dan harga oli nya kan lebih mahal + banyak liter sedangkan manual paling cuma 2,5 liter aja dan oli transmisi nya juga murah
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

iwing wrote: Wed Mar 07, 2018 23:27
ipat wrote: Wed Mar 07, 2018 15:42 Mitos yg saya tau
-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
-kasih knalpot(motor) oli biar awet
-lampu burem kasih odol
-manual lebih murah perawatan dll. ketimbang matic(kata yg ga punya mobil matic)
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
eh bukan nya emang beneran gitu ya om kalo perawatan manual lebih murah dibanding matic. oli matic kan sebaiknya dikuras antara 15-20 ribu biar transmisi sehat dan harga oli nya kan lebih mahal + banyak liter sedangkan manual paling cuma 2,5 liter aja dan oli transmisi nya juga murah

Secara logika perawatan manual gearbox memang harusnya lebih murah, selain oli lebih sedikit, jangka waktu pakainya juga lebih panjang. Mobil saya rekomendasi ganti setiap 80rb km, kemarin saya ganti malah lebih dari 100rb dan cukup 2 liter.
:mky_01:
Saya juga sangat jarang dengar ada manual tranny rusak. Kalau rusak kebanyakan rusak secara mekanis dibagian seperti tuas pemindah atau hub/link bar yang terhubung ke mesin.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

coklatMetalik wrote: Wed Mar 07, 2018 16:25 -gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
Ini sebetulnya bahaya & dulu kadang sy lakukan ketika bln tau. Bbrp kali malah setelah kunci diputar off mesin msh muter pelan, bunyi grekkk grekk grekk (dieseling)

Nah ini juga banyak dilakukan oleh orang dimasa lalu, tekan gas dan menaikkan RPM sebelum dimatikan dan kalau di motor bebek adalagi kebiasaan kurang bagus yaitu matikan mesin saat posisi gear tidak netral atau kalau di motor matic, turunkan standar buat matikan mesin.

Efek dari perlakuan seperti ini adalah posisi piston tidak selalu berhenti di posisi Top/TMA dan Biasanya akan menimbulkan hentakan yang lebih besar dari prosedur off normal. Hentakan inilah yang dalam jangka panjang dapat berakibat pada dinding silinder tergores, ring piston aus atau bearing cranck shaft menjadi oblak.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by martinnn »

waduh vario gw sering tuh gw matiin mesinnya dengan sekalian turunin standar samping
:big_biglaugh:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by martinnn »

waduh vario gw sering tuh gw matiin mesinnya dengan sekalian turunin standar samping
:big_biglaugh:
Antonov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Nov 22, 2017 5:49

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Antonov »

Kalo berikut ini gak tau bisa digolongkan mitos atau bukan, tetapi byk yg melakukan : menghidupkan lampu hazard pas mau melewati perempatan jalan dan hendak jalan lurus :)
Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus :)
Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.
Antonov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Nov 22, 2017 5:49

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Antonov »

Kalo berikut ini gak tau bisa digolongkan mitos atau bukan, tetapi byk yg melakukan : menghidupkan lampu hazard pas mau melewati perempatan jalan dan hendak jalan lurus :)
Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus :)
Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.
Antonov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Nov 22, 2017 5:49

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Antonov »

Kalo berikut ini gak tau bisa digolongkan mitos atau bukan, tetapi byk yg melakukan : menghidupkan lampu hazard pas mau melewati perempatan jalan dan hendak jalan lurus :)
Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus :)
Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.
User avatar
kramatbatu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: NCP93

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by kramatbatu »

Pugman wrote: Wed Mar 07, 2018 12:49
kramatbatu wrote: Wed Mar 07, 2018 9:38 mau tny suhu2 sm disini. utk kita stater mobil apa baiknya nunggu indikator2 spti abs , airbag , engine check , dll sampe ilang? kt orang bengkel ada baiknya nunggu sampe ilang dulu agar sensor2 nya awet. itu mitos apa fakta?

terimakasih :mky_01:
Sebaiknya tunggu sampai semua indikator mati, kalau langsung dinyalakan bukan akibat langsung ke sensor tapi ke ECU atau modul elektroniknya, karena saat pertama On, ECU sedang self scanning anggota komponen atau sensor yang terhubung dengan kendaraan. Kalau langsung di On takutnya ECU/modulnya Hang, meskipun kemungkinan sangat kecil.
okkk makasih nice info om :mky_02:
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
User avatar
kramatbatu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: NCP93

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by kramatbatu »

kunaskun wrote: Wed Mar 07, 2018 9:51
kramatbatu wrote: Wed Mar 07, 2018 9:38 mau tny suhu2 sm disini. utk kita stater mobil apa baiknya nunggu indikator2 spti abs , airbag , engine check , dll sampe ilang? kt orang bengkel ada baiknya nunggu sampe ilang dulu agar sensor2 nya awet. itu mitos apa fakta?

terimakasih :mky_01:
yang tepat si biar ECU dikasih waktu untuk "mikir" dulu berdasarkan input dari sensor, bukan sensornya awet. kalau sampe tunggu lampu airbag OFF si lama ya bisa belasan detik. saya si palingan itungan detik saja.
okkk makasih nice info om :mky_02:
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwing »

kramatbatu wrote: Wed Mar 07, 2018 9:38 mau tny suhu2 sm disini. utk kita stater mobil apa baiknya nunggu indikator2 spti abs , airbag , engine check , dll sampe ilang? kt orang bengkel ada baiknya nunggu sampe ilang dulu agar sensor2 nya awet. itu mitos apa fakta?

terimakasih :mky_01:
mobil saya sx4. itu kalo mesin gak dinyalain, indikator2 seperti EC gak mati kalo mesin gak dinyalain wkwkkwkwkw
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwing »

Antonov wrote: Thu Mar 08, 2018 1:18 Kalo berikut ini gak tau bisa digolongkan mitos atau bukan, tetapi byk yg melakukan : menghidupkan lampu hazard pas mau melewati perempatan jalan dan hendak jalan lurus :)
Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus :)
Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.
saya kadang menyalakan hazard jika situasi seperti perempatan lampu merah yang rambu lampu merahnya mati/tidak berfungsi pada malam/subuh dan mengerem mendadak. saya sendiri kalo ada mobil di depan yang menyalakan hazard misal ngerem mendadak, saya lebih 'aware' dibanding gak menyalakan hazard
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ipat »

iwing wrote: Wed Mar 07, 2018 23:27
ipat wrote: Wed Mar 07, 2018 15:42 Mitos yg saya tau
-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
-kasih knalpot(motor) oli biar awet
-lampu burem kasih odol
-manual lebih murah perawatan dll. ketimbang matic(kata yg ga punya mobil matic)
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
eh bukan nya emang beneran gitu ya om kalo perawatan manual lebih murah dibanding matic. oli matic kan sebaiknya dikuras antara 15-20 ribu biar transmisi sehat dan harga oli nya kan lebih mahal + banyak liter sedangkan manual paling cuma 2,5 liter aja dan oli transmisi nya juga murah
Dulu waktu mau ambil dakar,banyak yg bilang kalo matic ini itu dll, yg intinya memberi kesan buruk sama mobil matik,trus saya tny "udh pernah punya/pake matic?",jawabnya belum,cuman "katanya"...
-mitos pasang tapal(sepatu) kuda biar aman,soalnya pas bongkar lantai lgx dulu ada tapal kuda nya..
-hand rem ketika rem mendadak, beberapa temen ada yg melintir,ada yg mobilnya terbalik,ada yg masuk jurang,ada yg meninggal...
-yg orang ga tau ttg kendaraan besar bahwa mereka ga bisa rem mendadak, manuver cepat(kecuali kosong), dan blid spot sangat banyak, bahkan kita didepan persis ga keliatan, jarak pandang spion hanya 3/4body (semakin panjang makin ga keliatan). CMIIW
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

Pugman wrote: Thu Mar 08, 2018 0:15
iwing wrote: Wed Mar 07, 2018 23:27
ipat wrote: Wed Mar 07, 2018 15:42 Mitos yg saya tau
-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
-kasih knalpot(motor) oli biar awet
-lampu burem kasih odol
-manual lebih murah perawatan dll. ketimbang matic(kata yg ga punya mobil matic)
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
eh bukan nya emang beneran gitu ya om kalo perawatan manual lebih murah dibanding matic. oli matic kan sebaiknya dikuras antara 15-20 ribu biar transmisi sehat dan harga oli nya kan lebih mahal + banyak liter sedangkan manual paling cuma 2,5 liter aja dan oli transmisi nya juga murah

Secara logika perawatan manual gearbox memang harusnya lebih murah, selain oli lebih sedikit, jangka waktu pakainya juga lebih panjang. Mobil saya rekomendasi ganti setiap 80rb km, kemarin saya ganti malah lebih dari 100rb dan cukup 2 liter.
:mky_01:
Saya juga sangat jarang dengar ada manual tranny rusak. Kalau rusak kebanyakan rusak secara mekanis dibagian seperti tuas pemindah atau hub/link bar yang terhubung ke mesin.
Ini sudah pernah dipatahkan di beberapa media um... sebenernya secara biaya sih mirip bahkan bisa dibilang lebih murah AT karena AT ngga ada ritual ganti kopling per sekian kilometer. Perawatan AT justru lebih simpel karena cuma ganti ATF (klo dilakukan secara reguler gak perlu kuras malahan).

Kalo urusan rusak hmmm rasanya jarang juga denger girbok metik rusak ya... metik konvensional bukan CVT atau DCT. Kerusakan AT biasanya karena usernya yang teledor sih... ya males ganti ATF lah, pakenya kasar lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwing »

ChZ wrote: Thu Mar 08, 2018 2:35
Pugman wrote: Thu Mar 08, 2018 0:15
iwing wrote: Wed Mar 07, 2018 23:27

eh bukan nya emang beneran gitu ya om kalo perawatan manual lebih murah dibanding matic. oli matic kan sebaiknya dikuras antara 15-20 ribu biar transmisi sehat dan harga oli nya kan lebih mahal + banyak liter sedangkan manual paling cuma 2,5 liter aja dan oli transmisi nya juga murah

Secara logika perawatan manual gearbox memang harusnya lebih murah, selain oli lebih sedikit, jangka waktu pakainya juga lebih panjang. Mobil saya rekomendasi ganti setiap 80rb km, kemarin saya ganti malah lebih dari 100rb dan cukup 2 liter.
:mky_01:
Saya juga sangat jarang dengar ada manual tranny rusak. Kalau rusak kebanyakan rusak secara mekanis dibagian seperti tuas pemindah atau hub/link bar yang terhubung ke mesin.
Ini sudah pernah dipatahkan di beberapa media um... sebenernya secara biaya sih mirip bahkan bisa dibilang lebih murah AT karena AT ngga ada ritual ganti kopling per sekian kilometer. Perawatan AT justru lebih simpel karena cuma ganti ATF (klo dilakukan secara reguler gak perlu kuras malahan).

Kalo urusan rusak hmmm rasanya jarang juga denger girbok metik rusak ya... metik konvensional bukan CVT atau DCT. Kerusakan AT biasanya karena usernya yang teledor sih... ya males ganti ATF lah, pakenya kasar lah.
biasanya per berapa km ganti kopling untuk mobil matic om..?? mobil manual sih biasanya di atas 50-60 ribu km ganti kopling (tergantung cara penggunaan juga sih)

ganti atf gak perlu kuras..?? bukan nya cuma dikit ya om atf yang diganti kalo gak pake kuras, maksud nya sebagian besar oli sisanya gak ikut keganti..?? maklum kudet soal matik
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

ChZ wrote: Thu Mar 08, 2018 2:35
Pugman wrote: Thu Mar 08, 2018 0:15
iwing wrote: Wed Mar 07, 2018 23:27

eh bukan nya emang beneran gitu ya om kalo perawatan manual lebih murah dibanding matic. oli matic kan sebaiknya dikuras antara 15-20 ribu biar transmisi sehat dan harga oli nya kan lebih mahal + banyak liter sedangkan manual paling cuma 2,5 liter aja dan oli transmisi nya juga murah

Secara logika perawatan manual gearbox memang harusnya lebih murah, selain oli lebih sedikit, jangka waktu pakainya juga lebih panjang. Mobil saya rekomendasi ganti setiap 80rb km, kemarin saya ganti malah lebih dari 100rb dan cukup 2 liter.
:mky_01:
Saya juga sangat jarang dengar ada manual tranny rusak. Kalau rusak kebanyakan rusak secara mekanis dibagian seperti tuas pemindah atau hub/link bar yang terhubung ke mesin.
Ini sudah pernah dipatahkan di beberapa media um... sebenernya secara biaya sih mirip bahkan bisa dibilang lebih murah AT karena AT ngga ada ritual ganti kopling per sekian kilometer. Perawatan AT justru lebih simpel karena cuma ganti ATF (klo dilakukan secara reguler gak perlu kuras malahan).

Kalo urusan rusak hmmm rasanya jarang juga denger girbok metik rusak ya... metik konvensional bukan CVT atau DCT. Kerusakan AT biasanya karena usernya yang teledor sih... ya males ganti ATF lah, pakenya kasar lah.

Hmm begitu ya? Mungkin karena manual saya ganti kopling dan oli Gb sampai 150rb km. Sedang matic ini yang pernah saya alami bukan rusak total seh hanya sekedar jedug dan gigi lompat.. Hehehe..
:big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

iwing wrote: Thu Mar 08, 2018 2:49
biasanya per berapa km ganti kopling untuk mobil matic om..?? mobil manual sih biasanya di atas 50-60 ribu km ganti kopling (tergantung cara penggunaan juga sih)

ganti atf gak perlu kuras..?? bukan nya cuma dikit ya om atf yang diganti kalo gak pake kuras, maksud nya sebagian besar oli sisanya gak ikut keganti..?? maklum kudet soal matik
AT gak ada istilah ganti kopling um... yang ada overhaul semua total. Pernah nih di Odyssey 2001 temen saya... abis 13 juta di specialist.

Ya kalo cuma ganti biasa paling ya 3 literan... kalo kuras bisa 8 liter. Kuras ATF itu secara literal bener-bener menguras sampe tetes terakhir (seluruh sistem)... :ngacir: nah, klo secara reguler per 10-20k ganti ATF logika saya (dan beberapa mekanik bilang) juga nggak perlu, pastinya karena secara reguler diganti ya semua di sistem baik-baik aja.

Ya tapi terserah masing-masing aja, intinya ATF flushing gak dilakukan ya gakpapa penting rajin ganti aja, dilakukan juga nggak salah asal caranya bener :mky_01:

Beberapa mobil malah gak menganjurkan dikuras... terutama mobil Eropa. Oh iya, klo nguras ATF baiknya cek filter ATFnya juga.

Kuraspun sebenernya gak terlalu costly um... jasa paling 600-700ribu (anggep aja "ongkos sewa" ATF changer), kuras per 40-50ribu KM... masih aman. ATF sekitar 70ribu dikali tergantung pake nya gimana, kalo gak terlalu parah ya 6-8 liter udah cukup. Kalo parah bisa sampe 11-12 liter :ngacir:
Pugman wrote: Thu Mar 08, 2018 2:55
Hmm begitu ya? Mungkin karena manual saya ganti kopling dan oli Gb sampai 150rb km. Sedang matic ini yang pernah saya alami bukan rusak total seh hanya sekedar jedug dan gigi lompat.. Hehehe..
:big_peace:
Pernah ngalamin matic "jedug" juga di S500 W220 :mky_01: itupun track record pemiliknya kurang bagus (gak kerawat)... jadi ya begitu deh...

Mobil metik lain yang di atas 10 tahun hmmm... pernah setir BMW E46 N42 dan M43 metik semua masih oke kok.

Bbrp transmisi AT justru lebih robust daripada versi MT nya loh um... misalnya Aisin A340 4AT di Innova lama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
motormatic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by motormatic »

Pugman wrote: Thu Mar 08, 2018 0:27 Nah ini juga banyak dilakukan oleh orang dimasa lalu, tekan gas dan menaikkan RPM sebelum dimatikan dan kalau di motor bebek adalagi kebiasaan kurang bagus yaitu matikan mesin saat posisi gear tidak netral atau kalau di motor matic, turunkan standar buat matikan mesin.

Efek dari perlakuan seperti ini adalah posisi piston tidak selalu berhenti di posisi Top/TMA
dan Biasanya akan menimbulkan hentakan yang lebih besar dari prosedur off normal. Hentakan inilah yang dalam jangka panjang dapat berakibat pada dinding silinder tergores, ring piston aus atau bearing cranck shaft menjadi oblak.
Kalo ini penjelasan detilnya seperti apa yah?
Apa bedanya matiin pake standar dan yang pake kunci?
trus gimana yang pake ISS?
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ipat »

Kalo saya abis jalan biasanya motor saya biasakan idle bentar baru dimatiin nanti bener ga ada bunyi aneh, kalo langsung dimatiin ada bunyi ngek/klek/semacam stater
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

motormatic wrote: Thu Mar 08, 2018 3:17
Pugman wrote: Thu Mar 08, 2018 0:27 Nah ini juga banyak dilakukan oleh orang dimasa lalu, tekan gas dan menaikkan RPM sebelum dimatikan dan kalau di motor bebek adalagi kebiasaan kurang bagus yaitu matikan mesin saat posisi gear tidak netral atau kalau di motor matic, turunkan standar buat matikan mesin.

Efek dari perlakuan seperti ini adalah posisi piston tidak selalu berhenti di posisi Top/TMA
dan Biasanya akan menimbulkan hentakan yang lebih besar dari prosedur off normal. Hentakan inilah yang dalam jangka panjang dapat berakibat pada dinding silinder tergores, ring piston aus atau bearing cranck shaft menjadi oblak.
Kalo ini penjelasan detilnya seperti apa yah?
Apa bedanya matiin pake standar dan yang pake kunci?
trus gimana yang pake ISS?
Untuk motor matic, antara standar samping dan kunci kontak fungsi logicnya adalah AND, sebenarnya ini lebih kepada masalah kebiasaan. Reaksi atau respon orang menurunkan standar itu bagi yang sudah terbiasa akan lebih cepat dari memutar kunci kontak dan ini membuat mesin motor tidak sempat idle, beberapa tipe motor ada yang memiliki bug pada modul ECM yaitu ketika standar diturunkan, mesin mati namun lampu utama tidak mati. Intinya adalah biarkan mesin idle sesaat 3-5detik.
Untuk auto start stop ini flowchartnya. Ini contoh dari motor Yamaha, dan untuk Honda juga tidak akan berbeda jauh. Ada beberapa syarat hingga sistem tersebut bisa aktif
ISS-yamaha-11.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Herman7103 »

Pengalaman pribadi utk matic CVT motor Nouvo bisa dikategorikan tangguh krn selama pake motor ini 14 tahunan lebih sampai dgn sekarang masih bertahan matic CVT nya. Untuk matic CVT Mobil yg dua bulan lagi memasuki umur pake 4 tahun jadi masih perlu 10 tahun lagi operasional/dipakai tanpa kendala untuk dikategorikan tangguh. Hopefully matic mobil jg setangguh matic motor saya. Untuk biaya ganti oli matic motor nouvo murah di masa awal awal ikuti skedul ganti oli matic nya beres lewat masa garansi ganti oli maticnya sering telat sampe skrg, luckily ngak rusak Maticnya. Untuk matic Mobil blm pernah ganti oli CVT sampe skrg jadi no comments dulu deh.

:glodak:
HR15DE 2014
turbine888
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by turbine888 »

#info menarik: Coba perhatikan posisi setir beberapa model dari Mercedes-Benz, pasti akan kelihatan kalau setirnya tidak “senter/lurus” dengan posisi tengah jok, melainkan sedikit mepet ke tengah dashboard :mky_04: . Ada om2 di sini yg mengerti penjelasan dari “keanehan” ini kah?
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3690
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by sandal »

Di sini nggak ada yg membahas tentang fakta dan mitos plat bodi yang berhubungan dengan kecelakaan? Ane kok masih belum2 paham ttg ginian ya? :ungg:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by nimoo »

Mitos : pakai oli mobil di motor matik bikin mesin rusak
Nyatanya malah enak, asal sae sesuai anjuran mesin

Mitos : melipat spion di motor sport fairing menambah tenaga 10hp & top speed 200 km/jam