Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

saifulalimr
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Jun 28, 2017 12:15
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Vitara

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by saifulalimr »

turbine888 wrote:#info menarik: Coba perhatikan posisi setir beberapa model dari Mercedes-Benz, pasti akan kelihatan kalau setirnya tidak “senter/lurus” dengan posisi tengah jok, melainkan sedikit mepet ke tengah dashboard :mky_04: . Ada om2 di sini yg mengerti penjelasan dari “keanehan” ini kah?
Mobil BMW E36 juga posisinya begitu, om. Pedal-pedalnya posisinya tidak persis di tengah tapi agak di sebelah kanan (arah keluar mobil). Waktu pertama-pertama nyetir serasa arah kaki agak miring ke kanan. Entah memang seperti itu atau perasaan sy aja om.

Juga di mobil Jerman, mayoritas pedal gas tertanam di floor. Menurut sy jadi lebih nyaman nginjaknya daripada mobil Jepang yang nggantung. Telapak kaki bisa sepenuhnya ditaruh di pedal karena pedalnya cukup berat dan kaki kanan bisa lebih rileks shg dengkul tdk cepat pegal.
saifulalimr
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Jun 28, 2017 12:15
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Vitara

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by saifulalimr »

Nyambung om turbine888, perasaan saya, BMW E36 juga seperti itu. Dulu waktu pertama kali nyetir agak ngerasa nyetirnya miring ke kanan karena pedal-pedal diposisikan lebih ke kanan. Jadi serasa nggak "center" dengan column steernya. Tapi nyaman nyaman aja kok
User avatar
LTZ
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by LTZ »

Mitos: Penggunaan bahan bakar diesel cetane tinggi dan minim sulfur tidak cocok untuk diesel jadul misal 2L,4D56 & 4JA1 karena injection pump membutuhkan kadar sulfur untuk melumasi.
apa benar ? tapi kalau nyoba di kuda diesel, pertadex jadi minim asap dan bau...
LJ479QNE2
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Koddy »

Myth : CVT is [cencored]
Fact : .... No comment, biar mbah Bebonk aja yang ngomong lah, daripada ntar di-bully Fansboy [emoji16]
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by adityabp »

Herman7103 wrote: Thu Mar 08, 2018 12:17 Pengalaman pribadi utk matic CVT motor Nouvo bisa dikategorikan tangguh krn selama pake motor ini 14 tahunan lebih sampai dgn sekarang masih bertahan matic CVT nya. Untuk matic CVT Mobil yg dua bulan lagi memasuki umur pake 4 tahun jadi masih perlu 10 tahun lagi operasional/dipakai tanpa kendala untuk dikategorikan tangguh. Hopefully matic mobil jg setangguh matic motor saya. Untuk biaya ganti oli matic motor nouvo murah di masa awal awal ikuti skedul ganti oli matic nya beres lewat masa garansi ganti oli maticnya sering telat sampe skrg, luckily ngak rusak Maticnya. Untuk matic Mobil blm pernah ganti oli CVT sampe skrg jadi no comments dulu deh.
Blm pernah ganti belt CVT Nouvo om?
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Herman7103 »

adityabp wrote:
Herman7103 wrote: Thu Mar 08, 2018 12:17 Pengalaman pribadi utk matic CVT motor Nouvo bisa dikategorikan tangguh krn selama pake motor ini 14 tahunan lebih sampai dgn sekarang masih bertahan matic CVT nya. Untuk matic CVT Mobil yg dua bulan lagi memasuki umur pake 4 tahun jadi masih perlu 10 tahun lagi operasional/dipakai tanpa kendala untuk dikategorikan tangguh. Hopefully matic mobil jg setangguh matic motor saya. Untuk biaya ganti oli matic motor nouvo murah di masa awal awal ikuti skedul ganti oli matic nya beres lewat masa garansi ganti oli maticnya sering telat sampe skrg, luckily ngak rusak Maticnya. Untuk matic Mobil blm pernah ganti oli CVT sampe skrg jadi no comments dulu deh.
Blm pernah ganti belt CVT Nouvo om?
Pernah di ganti saat masa masih servis di bengkel resmi Yamaha Palembang di odo sekitar 25 ribu an km kata mekanik nya saat itu sdh waktunya jadi ikuti ajah. Tapi setelah itu cuma sekali saja saya ganti lagi saat memang benar saya lihat sudah ada tanda tanda wear and tear di belt CVT Nouvo th 2003 saya, Itu pun atas keinginan saya sendiri tidak ikuti kelipatan 25 ribu km dulu itu sampe sekarang blm pernah putus belt CVT nya. Di Nouvo justru ban dalem yg jauh lebih sering di tambal dan kalau udah ada banyak tambalan ban dalem saya beli ban dalem baru dibanding ganti belt CVT, it is base on my experience maintain my only motorcycle brought June 2003 and using it until now, March 9, 2017. I like it much and will use it as long as still running well. It is make me feel..... if you ride motor cycle that quite rare.
:glodak:
HR15DE 2014
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ginting »

Antonov wrote: Thu Mar 08, 2018 1:18 Kalo berikut ini gak tau bisa digolongkan mitos atau bukan, tetapi byk yg melakukan : menghidupkan lampu hazard pas mau melewati perempatan jalan dan hendak jalan lurus :)
Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus :)
Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.
Ngidupin lampu hazard di simpang 4, padahal mau jalan lurus...ada videonya....malah terjadi tabrakan, karena mobil yang dari kiri hanya melihat lampu sein kiri yg kedap kedip, disangka mau belok kiri...padahal mau lurus...tabrakan deh..

soal mercy yang stirnya gak center dengan kursi, tapi agak serong, mungkin desainernya terinsipirasi sama supir metromini yang duduk serong, handuk di leher, tangan kiri pegang stir, tangan kanan di jendela dgn siku keluar sambil santai dengerin lagi Trio Ambisi "Demi Kau dan si buah hati,..terpaksa aku harus begini"...

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

OK ane belum sempat share beberapa myth yang ane masih geli denger di forum SM ini... dan supaya relevan ane kasih referensi biar para haters nggak ribut...

referensinya pun bukan abal-abal... bener-bener orang yang ngerti engineering bukan modal bacot...kan SM "katanya" isinya orang-orang pinter...

Myth : Plat bodi keras = aman
Fact : Yang menentukan keamanan suatu mobil bukanlah tebal plat bodinya, tapi kekuatan chassisnya terutama di bagian body shell. Faktanya mobil sekarang yang dikejar adalah bobot yang ringan karena punya advantage selain dari efisiensi bbm juga dinamika mobil yang lebih baik, sehingga sudah banyak teknologi seperti high-tensile steel yang membuat mobil dapat lebih ringan + aman. Plat bodi tebal hanyalah soal peredaman saja, no big deal soal keamanan. Untuk keamanan ? Ya. keamanan dari tembakan missile seperti Pindad sih bener....



Myth : CVT "menghambat" performance mobil
Fact : Sebaliknya, justru CVT adalah transmisi yang paling efisien dalam memindahkan daya, makanya ini favorit di mobil - mobil zaman now especially Jepang. Even saking efisiennya transmisi ini pernah diuji coba prototype mobil F1 dan banned karena terlalu kencang. Sedangkan performa CVT sendiri bergantung pada setting TCU nya, sekarang bahkan beberapa CVT sudah bisa simulate gear shifting sendiri (no infinite whinning - hal yang dibenci pengguna CVT). Selain itu transmisi ini compact dan sederhana konstruksinya sehingga ringan. Ya dalam prakteknya CVT di awal start akan ada banyak slip (karena prinsip transmisi dengan belt / pulley ya pasti ada slip) tapi begitu sudah lock-up nggak ubahnya dengan AT biasa kok. Malah convenient kalau dibawa-bawa ke tanjakan dan di tol. Nyaman banget.





Myth : Mesin wankel rotary tidak reliable
Fact : sebenarnya banyak user yang "kurang edukasi" atau nggak baca manual book saat membeli rotary (seriously, klo mazda bilang gini ke para pengguna RX-8 ane akan sangat-sangat-sangat-sangat memaklumi dan sangat-sangat setuju). Karena awamnya pengetahuan soal rotary engine, ritual wajib menambah oli tiap bulan nggak dilakukan. Rotary engine layaknya mesin motor 2-tak yang perlu perawatan intens. ada user rotary di forum ini pakai RX-8 dari 2005 baik-baik aja.

So... klo ane jadi kepala bengkel Mazda di-sue karena gak mau ngabulin warranty claim mesin rotary jebol akibat gak rutin nambah oli... I will say... f*ck off, read your frickin manual book...



Myth : AWD / 4WD is always better
Fact : Beberapa AWD bekerja secara on-demand sehingga di jalan aspal mulus tanpa selip ya dia hanya menyalurkan tenaga ke 2 roda saja, sehingga kalau jarang main tanah atau jarang ngetrek kurang signifikan punya mobil AWD. Sedangkan mobil 4WD di jalan aspal mulus lebih baik dioper ke mode 2WD karena berisiko merusak sistem 4WD nya.



Myth : Angka "W" di spek oli
Fact : W stands for winter, which means suhu di bawah nol derajat. Di Indonesia angka ini roughly bisa dicuekin karena kita suhu ngga pernah kurang dari 0 derajat. Jadi mau pake 10W dan 5W asalkan buntutnya sama-sama 30 ya performanya akan mirip-mirip saja. Pake oli sesuai rekomendasi pabrikan.



Image

Myth : Oktan lebih tinggi dari permintaan bikin performa mobil lebih baik
Fact : Sudah dipatahkan oleh banyak pihak, oktan tinggi nggak membuat mobil lebih kencang atau lebih irit. Adapun kenaikan hanya sedikit gak sampai 1%. Kalo nggak ada ECU mapping untuk itu ya nggak ada perlunya pake oktan tinggi. Hanya buang-buang duit saja. Ya, dicampur dikit boleh dengan alasan kandungan additive di bensin oktan tinggi lebih baik... untuk diesel... ah ane gak mau berkomentar ah... khan disini lebih banyak ahli diesel daripada saya...



Myth : Penghemat BBM
Fact : main di forum SM tapi masih percaya scam macem gini?



Myth : HP sells cars, Torque wins races.... err...
Fact : Dua hal ini selalu dikotomi di kalangan petrolheads. Padahal horsepower sebenarnya adalah fungsi dari torque x rev / 5252, jadi torque tanpa rev sebenarnya nggak akan jadi apa-apa, output horsepowernya kecil dan only good for inclination (liat truk yang torque nya gajah tapi horsepowernya kecil karena nggak akan dipake balapan juga jadi ngapain dikasih bisa muter sampe 4000-5000 RPM). Tapi dalam konteks balapan tetep butuh horsepower...

Faktanya honda S2000 dengan tenaga yang baru dapet di 9000 RPM dan VTEC yang baru nyala di 6000 RPM tetep 0-100 nya di angka 6 detikan... padahal torsinya "cuma" gak sampe 300 Nm... Mazda RX-8 juga di angka 6 detikan padahal tenaga baru muncul di atas 6000 RPM...

Torque wins races ? Iya... di tanjakan. and torque is good for doing wheelie...



1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 381
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by c4b13 »

IGedeAmat wrote: Wed Mar 07, 2018 4:53 #Mitos;
Hanya Tuhan dan sopir yang tahu kapan angkot akan belok
#Fakta;
Bahkan Tuhan pun tak tahu...
+1
:mky_07: :mky_07: :wkkk: :wkkk: :big_exellent:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwing »

ChZ wrote: Fri Mar 09, 2018 3:01 OK ane belum sempat share beberapa myth yang ane masih geli denger di forum SM ini... dan supaya relevan ane kasih referensi biar para haters nggak ribut...

referensinya pun bukan abal-abal... bener-bener orang yang ngerti engineering bukan modal bacot...kan SM "katanya" isinya orang-orang pinter...

Myth : Angka "W" di spek oli
Fact : W stands for winter, which means suhu di bawah nol derajat. Di Indonesia angka ini roughly bisa dicuekin karena kita suhu ngga pernah kurang dari 0 derajat. Jadi mau pake 10W dan 5W asalkan buntutnya sama-sama 30 ya performanya akan mirip-mirip saja. Pake oli sesuai rekomendasi pabrikan.
tapi om, bukan nya di forum ada yang ngomong pada mobilnya jika di pagi hari dinyalakan, pertama akan bunyi tek tek tek dan setelah bbrp saat hilang. sebelunya dia memakai oli dengan awalan 10W. namun setelah dia ganti menggunakan oli dengan awalan 5W, bunyi tek tek tek dipagi hari tersebut berkurang/hilang. buntut kedua oli tersebut sama
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

iwing wrote: Fri Mar 09, 2018 3:34
tapi om, bukan nya di forum ada yang ngomong pada mobilnya jika di pagi hari dinyalakan, pertama akan bunyi tek tek tek dan setelah bbrp saat hilang. sebelunya dia memakai oli dengan awalan 10W. namun setelah dia ganti menggunakan oli dengan awalan 5W, bunyi tek tek tek dipagi hari tersebut berkurang/hilang. buntut kedua oli tersebut sama
Spek dan merek olinya sama persis ? Karena sebenarnya selain angka grade viskositas juga terdapat parameter lain... lengkapnya baca thread oom Turbo... atau bisa jadi faktor lain di luar oli... umur komponen dan mobil juga pengaruh.

Tapi yang lucu itu tuh, kenapa dikasih lebih encer justru lebih alus... hahahhaa... 5W kan pastinya lebih encer daripada 10W... padahal mekanik balap kenalan saya (mas yudha GAR) malah sempet bilang klo dah tua jangan encer-encer... malah saya sering dengar beberapa mobil yang minta 5W30 dikasih 0W20 jadi kasar banget.

Memang angka W itu pengaruhnya di performa oil pumping saat cold start... tapi nah kalau di negara tropis kayak Indonesia jelas nggak mungkin kan suhu drop di bawah nol... atau ada master yang punya penjelasan lain... tuh di atas sudah saya tambahin index chart nya.

sejauh ini saya pakai 5W dan 10W sama-sama buntut 30 ya nggak ada masalah ...

btw... suka nih dengan thread ini... jadi bisa diskusi pake data dan gak pake feeling atau debat kusir...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

LTZ wrote: Thu Mar 08, 2018 23:52 Mitos: Penggunaan bahan bakar diesel cetane tinggi dan minim sulfur tidak cocok untuk diesel jadul misal 2L,4D56 & 4JA1 karena injection pump membutuhkan kadar sulfur untuk melumasi.
apa benar ? tapi kalau nyoba di kuda diesel, pertadex jadi minim asap dan bau...
Bukanya pertadex juga masih ada kadar sulphurnya walau dikit, oom ?

Cetane number DEX dan biosolar gak beda jauh setau saya juga oom.

Selain sulphur, ada buanyak kandungan gak bagus di biosolar... semisal kandungan airnya... jadi tetep IMHO isi pertadex di diesel jadul nggak akan masalah...

dan setau saya, sulphur itu kan unsur padat jadi nggak mungkin dipake melumasi, klo melumasi ya BBM itu sendiri berfungsi sebagai "pelumas", makanya tangki BBM klo sering kosong bakal jebol fuelpump nya krn BBM itu sendiri berfungsi melumasi fuelpump dan sistem-sistem lain.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fatmike21
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Thu Mar 14, 2013 3:56
Location: Lereng Merapi, Sleman, Jogja

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by fatmike21 »

ChZ wrote: Fri Mar 09, 2018 3:01
Faktanya honda S2000 dengan tenaga yang baru dapet di 9000 RPM dan VTEC yang baru nyala di 6000 RPM tetep 0-100 nya di angka 6 detikan... padahal torsinya "cuma" gak sampe 300 Nm... Mazda RX-8 juga di angka 6 detikan padahal tenaga baru muncul di atas 6000 RPM...

Torque wins races ? Iya... di tanjakan. and torque is good for doing wheelie...
BMW 328i dengan hp lebih kecil dan torque lebih besar dari S2000 kok 0-60 diangka 5 detik yah om????? Dia lebih berat dari S2000 juga.... :big_peace: hail straight 6
"straight 6 forever"
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

fatmike21 wrote: Fri Mar 09, 2018 4:25
BMW 328i dengan hp lebih kecil dan torque lebih besar dari S2000 kok 0-60 diangka 5 detik yah om????? Dia lebih berat dari S2000 juga.... :big_peace: hail straight 6
328i yang mana ?

F30 328i masih di angka 6 detikan juga... yang 335i baru 5 detik.

klo 328i yang lawas bisa 5 detik wow... ngalahin ///M3 nya dong...

http://www.autosnout.com/Cars-0-60mph-List.php

Honda S2000 0-100 6s persis... ini versi 2.2 F22C yang udah facelift
http://www.autosnout.com/Figures-Specs/ ... i-2004/285

BMW ///M3 E46 SMG... 5s tuh...
http://www.autosnout.com/Figures-Specs/ ... 6-2001/158

BMW 328Ci... 7.4s
http://www.autosnout.com/Figures-Specs/ ... 6-1998/129

Mazda RX-8 ... 6.4s
http://www.autosnout.com/Figures-Specs/ ... 3-2003/364

monggo... all hail hi revving engines :big_peace:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fatmike21
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Thu Mar 14, 2013 3:56
Location: Lereng Merapi, Sleman, Jogja

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by fatmike21 »

ChZ wrote: Fri Mar 09, 2018 4:36
fatmike21 wrote: Fri Mar 09, 2018 4:25
BMW 328i dengan hp lebih kecil dan torque lebih besar dari S2000 kok 0-60 diangka 5 detik yah om????? Dia lebih berat dari S2000 juga.... :big_peace: hail straight 6
328i yang mana ?

F30 328i masih di angka 6 detikan juga... yang 335i baru 5 detik.

klo 328i yang lawas bisa 5 detik wow... ngalahin ///M3 nya dong...

http://www.autosnout.com/Cars-0-60mph-List.php

monggo...
https://www.zeroto60times.com/5-second- ... mph-times/

https://www.0-60specs.com/bmw-328i-0-60-times/

monggo...
"straight 6 forever"
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

fatmike21 wrote: Fri Mar 09, 2018 4:41
ChZ wrote: Fri Mar 09, 2018 4:36
fatmike21 wrote: Fri Mar 09, 2018 4:25
BMW 328i dengan hp lebih kecil dan torque lebih besar dari S2000 kok 0-60 diangka 5 detik yah om????? Dia lebih berat dari S2000 juga.... :big_peace: hail straight 6
328i yang mana ?

F30 328i masih di angka 6 detikan juga... yang 335i baru 5 detik.

klo 328i yang lawas bisa 5 detik wow... ngalahin ///M3 nya dong...

http://www.autosnout.com/Cars-0-60mph-List.php

monggo...
https://www.zeroto60times.com/5-second- ... mph-times/

https://www.0-60specs.com/bmw-328i-0-60-times/

monggo...
Yang terbaru gak 6 inline kaleee...

4 silinder turbocharged... ya 2.0 liter turbocharged kan... did I say torque is not important ? Saya ndak bilang torque ndak penting sama sekali loh... lagian dari tahun 2000an sampe 2016... ya jelas leap teknologi udah jauh... satunya cuma MT satunya 8 AT...

compare yang sebanding kali mas... mosok beda taun satu dekade lebih dibandingin... turbo vs N/A pulak... gak ada yang bandingin performanya Mitsubishi Evo sama S2000 juga dulu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fatmike21
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Thu Mar 14, 2013 3:56
Location: Lereng Merapi, Sleman, Jogja

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by fatmike21 »

ChZ wrote: Fri Mar 09, 2018 4:44
fatmike21 wrote: Fri Mar 09, 2018 4:41
ChZ wrote: Fri Mar 09, 2018 4:36

328i yang mana ?

F30 328i masih di angka 6 detikan juga... yang 335i baru 5 detik.

klo 328i yang lawas bisa 5 detik wow... ngalahin ///M3 nya dong...

http://www.autosnout.com/Cars-0-60mph-List.php

monggo...
https://www.zeroto60times.com/5-second- ... mph-times/

https://www.0-60specs.com/bmw-328i-0-60-times/

monggo...
Yang terbaru gak 6 inline kaleee...

4 silinder turbocharged... ya 2.0 liter turbocharged kan... did I say torque is not important ? Saya ndak bilang torque ndak penting sama sekali loh... lagian dari tahun 2000an sampe 2016... ya jelas leap teknologi udah jauh... satunya cuma MT satunya 8 AT...

compare yang sebanding kali mas... mosok beda taun satu dekade lebih dibandingin... turbo vs N/A pulak... gak ada yang bandingin performanya Mitsubishi Evo sama S2000 juga dulu.
Saya tidak bahas mobil baru atau lama, turbo atau n/a, cuma bahas hp dan torquenya.....
https://prnt.sc/iorryn
"straight 6 forever"
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

sandal wrote: Thu Mar 08, 2018 14:32 Di sini nggak ada yg membahas tentang fakta dan mitos plat bodi yang berhubungan dengan kecelakaan? Ane kok masih belum2 paham ttg ginian ya? :ungg:
Maksudnya ketebalan Plat Body ya?
Dari yang saya tahu, Plat body tebal atau tipis itu terlihat bedanya untuk kecelakaan ringan dan kecepatan rendah mungkin dibawah 25kpj, seperti senggol pagar, tembok atau dengan kendaraan lain. Tapi lebih cepat dari itu maka yang lebih berperan adalah struktur rangka dari kendaraan itu sendiri, terutama untuk tabrak depan.

Manfaat lain dari plat body yang tebal adalah ketika rem kita tidak berfungsi normal maka jika kita berjalan di jalan yang ada pembatas jalan yang tingginya sama atau lebih tinggi dari pintu maka kita bisa gunakan bodi mobil untuk mengurangi kecepatan dengan menggesekkan ke pembatas tersebut.
nimoo wrote: Thu Mar 08, 2018 15:14
Mitos : melipat spion di motor sport fairing menambah tenaga 10hp & top speed 200 km/jam
Nah ini, tren ga bener dikalangan biker sport. Nyebelin
Kecuali dilipet kalau lagi berhenti, ga dinaikkin dan meain mati

:big_slap:
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by supriyadi »

ginting wrote: Fri Mar 09, 2018 2:46
Antonov wrote: Thu Mar 08, 2018 1:18 Kalo berikut ini gak tau bisa digolongkan mitos atau bukan, tetapi byk yg melakukan : menghidupkan lampu hazard pas mau melewati perempatan jalan dan hendak jalan lurus :)
Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus :)
Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.
Ngidupin lampu hazard di simpang 4, padahal mau jalan lurus...ada videonya....malah terjadi tabrakan, karena mobil yang dari kiri hanya melihat lampu sein kiri yg kedap kedip, disangka mau belok kiri...padahal mau lurus...tabrakan deh..

soal mercy yang stirnya gak center dengan kursi, tapi agak serong, mungkin desainernya terinsipirasi sama supir metromini yang duduk serong, handuk di leher, tangan kiri pegang stir, tangan kanan di jendela dgn siku keluar sambil santai dengerin lagi Trio Ambisi "Demi Kau dan si buah hati,..terpaksa aku harus begini"...

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Di daerah Riau & Sumbar banyak model beginian Om.Tiap simpang kalo mau lurus hidupin lampu hazard. Saya hidupin kalo inget, kalo nggak ya lurus aja :big_childish:

Pengalaman ya Om :big_peace: :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

fatmike21 wrote: Fri Mar 09, 2018 4:53 Saya tidak bahas mobil baru atau lama, turbo atau n/a, cuma bahas hp dan torquenya.....
https://prnt.sc/iorryn
Ngomong 0-100 ya gak akan lepas dari turbo atau N/A... gak akan lepas dari transmisi, ban, bobot, dll... faktornya sangat banyak. Gak bisa merely cuma liat angka hp dan torsi... Turbo punya more instant torque jadi 0-100 pasti hands down beats N/A ... torsi nya 328i juga nyaris twice as much dari S2000... dengan kata lain angka 0-100 dimana-mana mesin Turbo dengan torsi besar pasti ngalahin N/A... zero to sixty is a very complex matter... blom faktor cuaca dan bahan bakar... karena di Indo 328i yang om sebut itu 6 detikan berdasarkan pengetesan di Otodriver...

nah cuma tinggal ada yang mau ngadu sampe top speed nggak... masalahnya ya gak ada lahan... kecuali ada yang mau sewain runway untuk tes 328i F30 vs S2000 sampe top speed... menarik... saya juga penasaran kok um... Turbo modern vs N/A dengan hp mirip kira-kira menang siapa... yah kita kan blom pernah liat cuma pake data aja jadi kurang seru :big_peace:

Di atas saya juga cuma ngasih contoh saja... kalo high output sebenarnya nggak lepas dari how much the car can rev... kan sebelumnya saya ada bilang horsepower equals torque x rpm / 5252 ... so, just a simple example... mau lebih extrim lagi motorbikes malah rev nya bisa sampe puluhan ribu... atau F1 engine...

Lagian, gak dikit kok yang pasang supercharger di S2000 atau RX8 karena emang putaran bawahnya lemot... ya resiko mesin yang "teriak" ya gitu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

ChZ wrote: Fri Mar 09, 2018 3:47
Myth : Oktan lebih tinggi dari permintaan bikin performa mobil lebih baik
Fact : Sudah dipatahkan oleh banyak pihak, oktan tinggi nggak membuat mobil lebih kencang atau lebih irit. Adapun kenaikan hanya sedikit gak sampai 1%. Kalo nggak ada ECU mapping untuk itu ya nggak ada perlunya pake oktan tinggi. Hanya buang-buang duit saja. Ya, dicampur dikit boleh dengan alasan kandungan additive di bensin oktan tinggi lebih baik... untuk diesel... ah ane gak mau berkomentar ah... khan disini lebih banyak ahli diesel daripada saya...
Bahkan MotoGP tidak bicara masalah Oktan untuk BBM mereka tapi formula additif secara keseluruhan dimana menyesuaikan kebutuhan tiap tim.

#Informasi menarik, dalam Balap prototipe MotoGP, pabrikan peserta tidak pernah mempublis spec power dan torsi dari motor mereka secara terbuka melainkan hanya estimasi para jurnalis yang meliput. Estimasi Power Motor tersebut di 2017 sekitar 250-300hp.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by josomba »

iwing wrote: Fri Mar 09, 2018 3:34 tapi om, bukan nya di forum ada yang ngomong pada mobilnya jika di pagi hari dinyalakan, pertama akan bunyi tek tek tek dan setelah bbrp saat hilang. sebelunya dia memakai oli dengan awalan 10W. namun setelah dia ganti menggunakan oli dengan awalan 5W, bunyi tek tek tek dipagi hari tersebut berkurang/hilang. buntut kedua oli tersebut sama
Jatahnya om Turbo sih nih, ane embat dikit dulu ah :p . Jangan lupakan additive dalam oli om khususnya friction modifiernya. Untuk kasus om si awalan 10W dan 5W nya oli satu merk dan satu jenis ( Misalkan sama2 Mobil Super Synthetic) atau satu merk beda jenis (misalkan Mobil Super Synth vs Mobil Extended Performance) atau beda merk sama sekali? hehehe. Kalau pilihan nomor 2 dan 3, ya pastinya additive agak berbeda jadi bisa begitu.
Image
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by martinnn »

mitos : lewat rel kereta api kalo mogok harus pencet klakson keras keras , lewat daerah angker harus klakson / buang rokok

fact : ada yang punya jawabnya
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ChZ »

Pugman wrote: Fri Mar 09, 2018 5:20
ChZ wrote: Fri Mar 09, 2018 3:47
Myth : Oktan lebih tinggi dari permintaan bikin performa mobil lebih baik
Fact : Sudah dipatahkan oleh banyak pihak, oktan tinggi nggak membuat mobil lebih kencang atau lebih irit. Adapun kenaikan hanya sedikit gak sampai 1%. Kalo nggak ada ECU mapping untuk itu ya nggak ada perlunya pake oktan tinggi. Hanya buang-buang duit saja. Ya, dicampur dikit boleh dengan alasan kandungan additive di bensin oktan tinggi lebih baik... untuk diesel... ah ane gak mau berkomentar ah... khan disini lebih banyak ahli diesel daripada saya...
Bahkan MotoGP tidak bicara masalah Oktan untuk BBM mereka tapi formula additif secara keseluruhan dimana menyesuaikan kebutuhan tiap tim.

#Informasi menarik, dalam Balap prototipe MotoGP, pabrikan peserta tidak pernah mempublis spec power dan torsi dari motor mereka secara terbuka melainkan hanya estimasi para jurnalis yang meliput. Estimasi Power Motor tersebut di 2017 sekitar 250-300hp.
Yup, karena bensin oktan tinggi punya kandungan aditif yang lebih bagus jadi sesekali emang perlu mobil dicampur "sedikit" oktan tinggi buat dapet manfaat dari detergent nya, misalnya buat bersihin fuelpump dan sistem injeksi. Karena di bengkel-bengkel kalo bersihin fuelpump juga pake bensin, pikir saya lah kenapa gak sekalian kita campurin dikit bensin bagus biar sekalian dibersihin juga.

Bener, di balap terutama OMR atau balap turing biasanya power rate dirahasiakan sama team... kayak yang pernah waktu om Fitra Eri pake Jazz GK turing vs Ignis Turbo... bilang tenaga dirahasiakan oleh tim.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by evanbngdor »

mitos: mobil baru skg tidak perlu inreyen
fakta: tetap perlu, at least jangan langsung disiksa selama 1000 km pertama. dan jangan lupa ganti oli mesin di km 1000.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T