Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

astronot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Mon Jul 16, 2012 4:24

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by astronot »

Oot, Kadang saya bersyukur cabut jakarta, pindah ke daerah... Di jakarta, tipes langganan tiap 6 bulan sekali, sekalinya pindah luar kota...ga pernah sama sekalipun kena tipes...hehe, lebih damai, sesekali tamasya ke jakarta
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by lemonadelovers »

pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 14:33
irdna wrote: Tue Mar 06, 2018 6:36 mendingan semua tol di jakarta itu di larang lewat truk2 besar dan kontainer kecuali jam 10 malem ++ sampe pagi baru boleh lewat
( cuman ya resikonya ini karena byk okontainer2 ini tujuannya ke priok pasti bkin tanjung priok bakal super padet di malem hari resikonya)


kalau tol cikampek ini byknya kontainer2 dan truk2 gede jalannya pada pelan blm lagi penyempitan jalan karena ada proyek2 di daerah sana

saya sering bgt lewat ke sana macetnya ampun2 deh kalau hari senen - sabtu jam brp aja pasti macet
Sy sebagai orang yg usaha di transportasi(truk), dilema jg kalau harus kudu jalan malam (22-pagi), sebab jg kudu ikuti jadwal kapal n antri jg sebelum memasuki kapal/kadang kudu beberapa hari jg, belum lg kalau masuk kawasan pergudangan (datang malam, g aman)

Untuk d ketahui semua, kalau truk muatan berat normal, ga akan balik modal / bunuh usaha sendiri

Rata2 angkutan barang kebanyakan muatan berlebih
(Sy g ada data, cuma pengalaman sy dan kebanyakan truk angkutan yg sy lihat)

Kalaupun d paksa dengan muatan normal, dan tarif d sesuaikan akan berimbas dgn naiknya tarif angkutan barang yg mana jg akan berpengaruh besar dlm harga pasar
(boleh tanya yg usaha angkutan truk)..

Kadang d satu sisi pas sy pakai jalan sebagai driver mobil,
Jg gedeg sm truk muatan berlebih, tp mo gimana lg.
Akses transportasi logistik d negara kita baru mencakup angkutan darat truk yg primer...

Dan sampai sekarang belum ada solusi yg bener2 nyata akan hal tsb (win2 solution)

Maaf y om

No offense, sekedar share aja....
Sayangnya pengambil keputusan mau gampangnya aja, klo cuma ngelarang semua bisa. Untuk truk sebaiknya diizinkan untuk double trailer toh jalan tol transjawa sebentar lg tersambung, untuk jalan yg sudah exist tinggal disesuaikan saja baik rambu2 maupun jalannya dilebarkan untuk bagian tikungan
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by octafiantos »

pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 14:33
Sy sebagai orang yg usaha di transportasi(truk), dilema jg kalau harus kudu jalan malam (22-pagi), sebab jg kudu ikuti jadwal kapal n antri jg sebelum memasuki kapal/kadang kudu beberapa hari jg, belum lg kalau masuk kawasan pergudangan (datang malam, g aman)
Saya setuju kalo ini bukan solusi permanen.
Salah satu yang bener adalah tol truk dan mobil kecil dipisah dan direct port seperti Malaysia. Jadi meminggirkan truk untuk alasan kenyamanan mobil pribadi -meskipun saya merasakan sepinya tol tanpa truk- tapi sebetulnya tidak fair dan efeknya juga panjang. Efek paling terlihat salah satunya layanan kurir pasti akan lebih lama, suka atau enggak suka. Tidak tahu kapan ruas tol Karawang - Priuk untuk truk dibangun dan bisa dipakai.
pernahmiskin wrote: Untuk d ketahui semua, kalau truk muatan berat normal, ga akan balik modal / bunuh usaha sendiri

Rata2 angkutan barang kebanyakan muatan berlebih
(Sy g ada data, cuma pengalaman sy dan kebanyakan truk angkutan yg sy lihat)
Di tempat saya lahir begitu.
Ayah saya dulu punya dua truk colt diesel. Kir Cilacap untuk colt diesel 100PS 6 ban dsk pada saat itu (1989 saat ayah saya punya truk) 3.850kg. Tergantung muatan, biasanya kalo beras akan diisi kisaran 6-6.5 ton. Saya ngga hapal besaran angka muatan maks truk sekarang, paling besar saya pernah lihat untuk colt diesel 6 ban daerah Jawa Barat, 4.250kg. Untuk muat pasir satu rit ngga cukup.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by Pugman »

pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 14:33
irdna wrote: Tue Mar 06, 2018 6:36 mendingan semua tol di jakarta itu di larang lewat truk2 besar dan kontainer kecuali jam 10 malem ++ sampe pagi baru boleh lewat
( cuman ya resikonya ini karena byk okontainer2 ini tujuannya ke priok pasti bkin tanjung priok bakal super padet di malem hari resikonya)


kalau tol cikampek ini byknya kontainer2 dan truk2 gede jalannya pada pelan blm lagi penyempitan jalan karena ada proyek2 di daerah sana

saya sering bgt lewat ke sana macetnya ampun2 deh kalau hari senen - sabtu jam brp aja pasti macet
Sy sebagai orang yg usaha di transportasi(truk), dilema jg kalau harus kudu jalan malam (22-pagi), sebab jg kudu ikuti jadwal kapal n antri jg sebelum memasuki kapal/kadang kudu beberapa hari jg, belum lg kalau masuk kawasan pergudangan (datang malam, g aman)

Untuk d ketahui semua, kalau truk muatan berat normal, ga akan balik modal / bunuh usaha sendiri

Rata2 angkutan barang kebanyakan muatan berlebih
(Sy g ada data, cuma pengalaman sy dan kebanyakan truk angkutan yg sy lihat)

Kalaupun d paksa dengan muatan normal, dan tarif d sesuaikan akan berimbas dgn naiknya tarif angkutan barang yg mana jg akan berpengaruh besar dlm harga pasar
(boleh tanya yg usaha angkutan truk)..

Kadang d satu sisi pas sy pakai jalan sebagai driver mobil,
Jg gedeg sm truk muatan berlebih, tp mo gimana lg.
Akses transportasi logistik d negara kita baru mencakup angkutan darat truk yg primer...

Dan sampai sekarang belum ada solusi yg bener2 nyata akan hal tsb (win2 solution)

Maaf y om

No offense, sekedar share aja....
Ya saya ngerti Om, itu memang dilema. Ditempat saya juga transporter bawa beban bisa 2x berat normal makanya kalau diisi berat normal perlu 2x lebih banyak jumlah truk yang operasi dijalan padahal dengan loading yang sekarang sudah pakai lebih dari 5000 unit truk yang operasi per hari nah kalau pakai berat normal maka perlu 10.000 unit truk, nah makin tambah macet. Bingung to..? Itu saja sudah dikurangi menggunakan kereta.
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by pernahmiskin »

Yg paling sulit ketika ada yg bilang peraturan kudu d tegakkan.....

Memang benar peraturan kudu d tegakan....
Tp y kudu ada solusi permanent dl yg ga merugikan salah 1 pihak...

Jangan asal kamu kudu gini, kudu gitu aja...

Contoh kecil, pasir...
Pada tahu khan pasir drmana berasal?
Sebagian besar dr sungai(sedot) and gunung (gali)....

Tambang pasir merusak lingkungan Benar sekali....
(sy setuju)

Apakah tambang tradisional bisa mencukupi kebutuhan pasir daerah bahkan nasional


Adakah solusi nyata?

Pasir yg di kirim buat proyek2 besar pembangunan nasional, sy kurang percaya kalau dr tambang tradisional....

Di satu sisi pembuat peraturan melarang , sisi yg lain tutup mata....

Mumet khan...podo aku iyo

Maaf kalau oot....
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by Tats »

pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 16:18 Yg paling sulit ketika ada yg bilang peraturan kudu d tegakkan.....

Memang benar peraturan kudu d tegakan....
Tp y kudu ada solusi permanent dl yg ga merugikan salah 1 pihak...

Jangan asal kamu kudu gini, kudu gitu aja...

....
Kalau sy sih masalah berat melebihi kapasitas malah merugikan org lain om
Jalanan jadi rusak dan saat di tol bamyak (hampir semuanya) truk berjalan di bawah batas kecepatan
Tapi mau menyalahkan pengusaha truk juga ga sepenuhnya mereka salah, krn semakin baik infrastruktur semakin efisien
Kalau sudah efisien, tanpa "melanggar" pun sy yakin costnya lebih sedikit jadinya pengusaha untung
Infrastruktur di indo belum merata, kualitasnya pun sy ga yakin
Apakah jalanan rusak itu disebabkan oleh truk kelebihan muatan atau kualitas jalan yg buruk, atau kedua2nya?
Who knows?
Tinggal pemerintah yg bisa memperbaiki semuanya supaya semuanya bisa untung, bukan cuma salah satu pihak

Itu pun kalau pemerintahnya peduli, semoga iya
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by anrico17 »

Kalo mau mengurangi macet di tol... Daripada gini mending naikin tarif tol, misalnya 2x lipat di jam jam tertentu.... Y semacam erp beta version....

Ganjil genap imo ide yang bodoh dan efektif untuk menindas yang sudah tertindas... Dari dulu pembatasan kendaraan itu emang hanya berpengaruh yang 'pas pasan'
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by pernahmiskin »

Tats wrote: Tue Mar 06, 2018 16:48
pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 16:18 Yg paling sulit ketika ada yg bilang peraturan kudu d tegakkan.....

Memang benar peraturan kudu d tegakan....
Tp y kudu ada solusi permanent dl yg ga merugikan salah 1 pihak...

Jangan asal kamu kudu gini, kudu gitu aja...

....
Kalau sy sih masalah berat melebihi kapasitas malah merugikan org lain om
Jalanan jadi rusak dan saat di tol bamyak (hampir semuanya) truk berjalan di bawah batas kecepatan
Tapi mau menyalahkan pengusaha truk juga ga sepenuhnya mereka salah, krn semakin baik infrastruktur semakin efisien
Kalau sudah efisien, tanpa "melanggar" pun sy yakin costnya lebih sedikit jadinya pengusaha untung
Infrastruktur di indo belum merata, kualitasnya pun sy ga yakin
Apakah jalanan rusak itu disebabkan oleh truk kelebihan muatan atau kualitas jalan yg buruk, atau kedua2nya?
Who knows?
Tinggal pemerintah yg bisa memperbaiki semuanya supaya semuanya bisa untung, bukan cuma salah satu pihak

Itu pun kalau pemerintahnya peduli, semoga iya
Kalau mau jujur, sy lebih senang bawa muatan normal buat truk2 sy...

Truk awet, irit ban jg solar..

Tp sy ga mau bunuh usaha sy....dgn keadaan yg ada sekarang...

Boleh di katakan dlm usaha sy ini

Kerja Jujur Malah Ajur
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by iwing »

pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 19:06
Kalau mau jujur, sy lebih senang bawa muatan normal buat truk2 sy...

Truk awet, irit ban jg solar..

Tp sy ga mau bunuh usaha sy....dgn keadaan yg ada sekarang...

Boleh di katakan dlm usaha sy ini

Kerja Jujur Malah Ajur
om mau tanya, misal ada musibah (kecelakaan) truk akibat muatan berlebih, itu yang 'salah' apakah driver truk saja atau pengusahanya juga..?? sori kalo kurang berkenan pertanyaan nya. gak dijawab gpp om, cuma penasaran aja
User avatar
ambifi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Tue Sep 26, 2017 1:48

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by ambifi »

pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 19:06
Tats wrote: Tue Mar 06, 2018 16:48
pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 16:18 Yg paling sulit ketika ada yg bilang peraturan kudu d tegakkan.....

Memang benar peraturan kudu d tegakan....
Tp y kudu ada solusi permanent dl yg ga merugikan salah 1 pihak...

Jangan asal kamu kudu gini, kudu gitu aja...

....
Kalau sy sih masalah berat melebihi kapasitas malah merugikan org lain om
Jalanan jadi rusak dan saat di tol bamyak (hampir semuanya) truk berjalan di bawah batas kecepatan
Tapi mau menyalahkan pengusaha truk juga ga sepenuhnya mereka salah, krn semakin baik infrastruktur semakin efisien
Kalau sudah efisien, tanpa "melanggar" pun sy yakin costnya lebih sedikit jadinya pengusaha untung
Infrastruktur di indo belum merata, kualitasnya pun sy ga yakin
Apakah jalanan rusak itu disebabkan oleh truk kelebihan muatan atau kualitas jalan yg buruk, atau kedua2nya?
Who knows?
Tinggal pemerintah yg bisa memperbaiki semuanya supaya semuanya bisa untung, bukan cuma salah satu pihak

Itu pun kalau pemerintahnya peduli, semoga iya
Kalau mau jujur, sy lebih senang bawa muatan normal buat truk2 sy...

Truk awet, irit ban jg solar..

Tp sy ga mau bunuh usaha sy....dgn keadaan yg ada sekarang...

Boleh di katakan dlm usaha sy ini

Kerja Jujur Malah Ajur
Kalau mau jujur.. Sebenarnya biaya krusial yg membuat rugi kalo tidak bawa muatan melebihi normal itu apa sih om?
Mungkin disini kita bs share, bantu cr solusinya. Maaf oot
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by pernahmiskin »

Sudah ya....jangan di quote lg, malah sungkan sy..
Di kira cuma cari pembenaran dlm muatan berlebih...

Sy tekankan muatan berlebih itu salah..... :big_peace:




iwing wrote: Tue Mar 06, 2018 23:18
pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 19:06
Kalau mau jujur, sy lebih senang bawa muatan normal buat truk2 sy...

Truk awet, irit ban jg solar..

Tp sy ga mau bunuh usaha sy....dgn keadaan yg ada sekarang...

Boleh di katakan dlm usaha sy ini

Kerja Jujur Malah Ajur
om mau tanya, misal ada musibah (kecelakaan) truk akibat muatan berlebih, itu yang 'salah' apakah driver truk saja atau pengusahanya juga..?? sori kalo kurang berkenan pertanyaan nya. gak dijawab gpp om, cuma penasaran aja
Kedua'nya... sudah konsekuensi....

Sopir salah karena mengetahui ada muatan berlebih tidak menolak
(Kadang bukan terpaksa, tp ongkos yg berbeda, banyak jg koq truk muatan normal tapinya sopir ga mau jalan / ongkos dikit), rata2 yg orang awam ketahui sopir truk terpaksa jalan karena perintah pengusaha atau perusahaan padahal ga sepenuhnya benar, ongkos sopir pasti lebih banyak yg muatan berlebih

Kadang ada jg sopir yg sengaja nambahin muatan tanpa d ketahui pengusaha, lalu ongkos masuk kantong pribadi
(di daerah sy balen)


Pengusaha jg salah, karena sdh mengetahui muatan berlebih tp tetap d jalankan....kenapa muatan berlebih tetap jalan, kembali lg sm ongkos dan profit

Muatan dikit tarif beaya muatan mahal, akhirnya ga ada yg sewa and bangkrut !

Hukum pasar berlaku..

Contoh:

1 : Paket barang dgn paket A jakarta ke sby tarif 1200/kg
(Muatan berlebih)

2 : Paket barang dgn paket B jakarta ke sby tarif 2400/kg
(Muatan normal)

Kebanyakan awam kira2 bakal pilih mana?
Paket A atau Paket B

Selama banyak yg pilih Paket A, sy rasa truk muatan berlebih akan sulit di hilangkan.....

Kalaupun ada penyewa yg memaksa pilih paket B
(jd pelopor), apakah harga barang muatan yg di jual akan bisa bersaing dgn yg pakai Paket A dgn asumsi barang dpt dr distributor yg sama...



ambifi wrote: Wed Mar 07, 2018 1:01
pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 19:06
Tats wrote: Tue Mar 06, 2018 16:48
Kalau mau jujur.. Sebenarnya biaya krusial yg membuat rugi kalo tidak bawa muatan melebihi normal itu apa sih om?
Mungkin disini kita bs share, bantu cr solusinya. Maaf oot
Sebenarnya ga selalu rugi kalau muatan normal..
Tp jangka panjang rugi besar akibat di tinggal penyewa yg menginginkan harga ongkos muatan murah yg pasti berimbas muatan berlebih

Kalau ada solusi yg mantap boleh d bagi sm sy om
(by pm)
Sy malah senang dan sangat tertarik....

Asal jangan solusi
Dengan muatan normal yakin dan percaya sj, rejeki sdh ada yg ngatur...
(sy pernah ikut seminar angkutan darat, dan si pembicara ksh solusi itu)

:big_biglaugh:
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by vipere »

Sebenernya gak masalah truk lewat di tol, yang masalah itu banyak truk butut yg suka mogok atau kecelakaan. kebanyakan kalo ketemu macet di tol , pasti penyebabnya truk yg lagi mogok.
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by Knalpot »

astronot wrote: Tue Mar 06, 2018 15:38 Oot, Kadang saya bersyukur cabut jakarta, pindah ke daerah... Di jakarta, tipes langganan tiap 6 bulan sekali, sekalinya pindah luar kota...ga pernah sama sekalipun kena tipes...hehe, lebih damai, sesekali tamasya ke jakarta
Pindah ke kota mana Om kalau boleh tahu.. tinggal didaerah memang jauh lebih tenang dan nyaman.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by adityabp »

pernahmiskin wrote: Wed Mar 07, 2018 1:09 ..cut
Asal jangan solusi
Dengan muatan normal yakin dan percaya sj, rejeki sdh ada yg ngatur...
(sy pernah ikut seminar angkutan darat, dan si pembicara ksh solusi itu)

:big_biglaugh:
Namanya pembicara, ya dibayar buat ngomong, bukan cari solusi.
:mky_07:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by jivos »

itu rencana Cilamaya Port di Kerawang jd jalan ya? Infonya buat ngurangi loading priok port, sm tekan logistic cost yg skrg bertengger d kitaran 24-30% dr cost produksi vs 15% diluaran. Ntah nanti cikampek bkl jd lancar ato sama saja.

Pagi td ...arah cikampek dah mulai stucked mulai dr jatibening :mrgreen:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by iwansiagian »


pernahmiskin wrote:Sudah ya....jangan di quote lg, malah sungkan sy..
Di kira cuma cari pembenaran dlm muatan berlebih...

Sy tekankan muatan berlebih itu salah..... :big_peace:




iwing wrote: Tue Mar 06, 2018 23:18
pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 19:06
Kalau mau jujur, sy lebih senang bawa muatan normal buat truk2 sy...

Truk awet, irit ban jg solar..

Tp sy ga mau bunuh usaha sy....dgn keadaan yg ada sekarang...

Boleh di katakan dlm usaha sy ini

Kerja Jujur Malah Ajur
om mau tanya, misal ada musibah (kecelakaan) truk akibat muatan berlebih, itu yang 'salah' apakah driver truk saja atau pengusahanya juga..?? sori kalo kurang berkenan pertanyaan nya. gak dijawab gpp om, cuma penasaran aja
Kedua'nya... sudah konsekuensi....

Sopir salah karena mengetahui ada muatan berlebih tidak menolak
(Kadang bukan terpaksa, tp ongkos yg berbeda, banyak jg koq truk muatan normal tapinya sopir ga mau jalan / ongkos dikit), rata2 yg orang awam ketahui sopir truk terpaksa jalan karena perintah pengusaha atau perusahaan padahal ga sepenuhnya benar, ongkos sopir pasti lebih banyak yg muatan berlebih

Kadang ada jg sopir yg sengaja nambahin muatan tanpa d ketahui pengusaha, lalu ongkos masuk kantong pribadi
(di daerah sy balen)


Pengusaha jg salah, karena sdh mengetahui muatan berlebih tp tetap d jalankan....kenapa muatan berlebih tetap jalan, kembali lg sm ongkos dan profit

Muatan dikit tarif beaya muatan mahal, akhirnya ga ada yg sewa and bangkrut !

Hukum pasar berlaku..

Contoh:

1 : Paket barang dgn paket A jakarta ke sby tarif 1200/kg
(Muatan berlebih)

2 : Paket barang dgn paket B jakarta ke sby tarif 2400/kg
(Muatan normal)

Kebanyakan awam kira2 bakal pilih mana?
Paket A atau Paket B

Selama banyak yg pilih Paket A, sy rasa truk muatan berlebih akan sulit di hilangkan.....

Kalaupun ada penyewa yg memaksa pilih paket B
(jd pelopor), apakah harga barang muatan yg di jual akan bisa bersaing dgn yg pakai Paket A dgn asumsi barang dpt dr distributor yg sama...



ambifi wrote: Wed Mar 07, 2018 1:01
pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 19:06
Kalau mau jujur.. Sebenarnya biaya krusial yg membuat rugi kalo tidak bawa muatan melebihi normal itu apa sih om?
Mungkin disini kita bs share, bantu cr solusinya. Maaf oot


Asal jangan solusi
Dengan muatan normal yakin dan percaya sj, rejeki sdh ada yg ngatur...
(sy pernah ikut seminar angkutan darat, dan si pembicara ksh solusi itu)

:big_biglaugh:
Hahahaha iya paling males kalo dah ada yang ngomong gitu.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by iwansiagian »

jivos wrote:itu rencana Cilamaya Port di Kerawang jd jalan ya? Infonya buat ngurangi loading priok port, sm tekan logistic cost yg skrg bertengger d kitaran 24-30% dr cost produksi vs 15% diluaran. Ntah nanti cikampek bkl jd lancar ato sama saja.

Pagi td ...arah cikampek dah mulai stucked mulai dr jatibening :mrgreen:
Berubah om. Daerah Patimban Subang jadi nya terakhir.. Ga tau pindah lagi ntar:)
Memang harus holistic sih solusi nya macet nya tol cikampek itu. Kebetulan saya tiap hari lewat situ juga.
Rencana kereta barang dari daerah industri Cikarang dan Karawang harus segera ada ke Priok. Pelabuhan laut alternatif selain Priok di timur jakarta yang deket kawasan industri. Kemudian bandara di timur jakarta yang bisa alternatif Soekarno Hatta dan Halim (domestik dan LN) apakah Kertajati bisa mengambil alih sebagian peran Soekarno Hatta dan Halim belum tau.
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by Joehard30 »

Jelas uadh rusak dari sumbernya lah, kirrr truk aja bisa muncul sudut lampu tanpa truk dateng kan, gimn truk2 busuk ga pada rusak, lemot dan hambat yang lain, ditambah lagi overload. Pengusaha sih menurut saya dari hal yang basic saja dulu, memulai ga mau pake jalur belakang kalo ujian kirrr aja udah bagus, dari sisi penguasa tikus2 tu pada dibersihin lebih giat lagi, kebanyakan tikus juga di mereka
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by irdna »

pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 14:33
irdna wrote: Tue Mar 06, 2018 6:36 mendingan semua tol di jakarta itu di larang lewat truk2 besar dan kontainer kecuali jam 10 malem ++ sampe pagi baru boleh lewat
( cuman ya resikonya ini karena byk okontainer2 ini tujuannya ke priok pasti bkin tanjung priok bakal super padet di malem hari resikonya)


kalau tol cikampek ini byknya kontainer2 dan truk2 gede jalannya pada pelan blm lagi penyempitan jalan karena ada proyek2 di daerah sana

saya sering bgt lewat ke sana macetnya ampun2 deh kalau hari senen - sabtu jam brp aja pasti macet
Sy sebagai orang yg usaha di transportasi(truk), dilema jg kalau harus kudu jalan malam (22-pagi), sebab jg kudu ikuti jadwal kapal n antri jg sebelum memasuki kapal/kadang kudu beberapa hari jg, belum lg kalau masuk kawasan pergudangan (datang malam, g aman)

Untuk d ketahui semua, kalau truk muatan berat normal, ga akan balik modal / bunuh usaha sendiri

Rata2 angkutan barang kebanyakan muatan berlebih
(Sy g ada data, cuma pengalaman sy dan kebanyakan truk angkutan yg sy lihat)

Kalaupun d paksa dengan muatan normal, dan tarif d sesuaikan akan berimbas dgn naiknya tarif angkutan barang yg mana jg akan berpengaruh besar dlm harga pasar
(boleh tanya yg usaha angkutan truk)..

Kadang d satu sisi pas sy pakai jalan sebagai driver mobil,
Jg gedeg sm truk muatan berlebih, tp mo gimana lg.
Akses transportasi logistik d negara kita baru mencakup angkutan darat truk yg primer...

Dan sampai sekarang belum ada solusi yg bener2 nyata akan hal tsb (win2 solution)

Maaf y om

No offense, sekedar share aja....
ya bener makanya saya blg resikonya itu bakal padet bgt di pelabuhan apa tanjung priuk mampu jgn sampe di sana lumpuh total karena byknya kendaraannya yg "ngetem" nunggu kapal

ya kalau muatan lebih saya rasa itu udah rahasia umum
kasi uang ke tukang nimbang jalan semua beres
hahahah
tp saya rasa rugi karena muatan normal juga ga bisa di blg bener
justru yang rugi kalau pulangnya ga ada muatan
saya rasa asal pergi dan pulang ada muatan masi bsa untung

kyk kita knea tilang kasi uang ke polisi aja udah rahasia umum smua orang tau tp sampe skrg ga ada tindakan tegas nya hhehe :mky_07:
makanya sbnernya harusnya bagian dishub ini tegas sama truk2 muatan lebih
selain ngerusak jalan jg bahaya bgt
pernah denger kan truk2 ga kuat nanjak jadi mundur kena mobil sebelah?
alhasil mobil penyek dan pengendara dan penumpang mobil meninggal di tempat

saya sering bgt lewat jalur selatan karena kerja di jawa barat bagian selatan
ini truk2 byk bgt ga kuat nanjak di tanjakan gentong
dan jujur aja byk truk yang "kuat" tp bener2 setengah mati kita di belakang jg was2 takut mundur
kalau mndur kita ga bsa lari lagi
Last edited by irdna on Wed Mar 07, 2018 2:57, edited 1 time in total.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by jivos »

iwansiagian wrote: Wed Mar 07, 2018 2:47
jivos wrote:itu rencana Cilamaya Port di Kerawang jd jalan ya? Infonya buat ngurangi loading priok port, sm tekan logistic cost yg skrg bertengger d kitaran 24-30% dr cost produksi vs 15% diluaran. Ntah nanti cikampek bkl jd lancar ato sama saja.

Pagi td ...arah cikampek dah mulai stucked mulai dr jatibening :mrgreen:
Berubah om. Daerah Patimban Subang jadi nya terakhir.. Ga tau pindah lagi ntar:)
Memang harus holistic sih solusi nya macet nya tol cikampek itu. Kebetulan saya tiap hari lewat situ juga.
Rencana kereta barang dari daerah industri Cikarang dan Karawang harus segera ada ke Priok. Pelabuhan laut alternatif selain Priok di timur jakarta yang deket kawasan industri. Kemudian bandara di timur jakarta yang bisa alternatif Soekarno Hatta dan Halim (domestik dan LN) apakah Kertajati bisa mengambil alih sebagian peran Soekarno Hatta dan Halim belum tau.
Eh...berubah" lagi lokasinya :mrgreen:

He he Iya um....idealnya ada koneksi langsung dr industry area ke port.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by patrickstar »

kalo saya ngga 100% nyalahin truk walaupun kadang dongkol juga.
ingat, ( contohnya ) siapa tahu kita punya sudara di jawa, mereka punya usaha yg bahan bakunya diantar pake kontainer lewat merak - pantura. kalo kiriman bahan baku susah, yg repot kita sodara-sodara kita juga. saya juga kasihan sama sopir2 truk yg dipalak sana-sini dengan gaji ngga seberapa.

btw oot, tol jorr cikunir - pondok indah dulu dibikin untuk mengurangi arus truk yg lewat dalam kota, tapi akhirnya mobil pribadi pada lewat situ & tetap pada nyalahin truk-truk. rumit emang ...
Santai dijalan, nikmati hidup.
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by adhika »

[OOT] Tapi permasalahan tersebut hanya terjadi di Indoensia kan? Banyak juga praktek 'bribing' di luar terutama di perbatasan
anakgembrot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Wed Sep 11, 2013 1:26

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by anakgembrot »

pernahmiskin wrote:
irdna wrote: Tue Mar 06, 2018 6:36 mendingan semua tol di jakarta itu di larang lewat truk2 besar dan kontainer kecuali jam 10 malem ++ sampe pagi baru boleh lewat
( cuman ya resikonya ini karena byk okontainer2 ini tujuannya ke priok pasti bkin tanjung priok bakal super padet di malem hari resikonya)


kalau tol cikampek ini byknya kontainer2 dan truk2 gede jalannya pada pelan blm lagi penyempitan jalan karena ada proyek2 di daerah sana

saya sering bgt lewat ke sana macetnya ampun2 deh kalau hari senen - sabtu jam brp aja pasti macet
Sy sebagai orang yg usaha di transportasi(truk), dilema jg kalau harus kudu jalan malam (22-pagi), sebab jg kudu ikuti jadwal kapal n antri jg sebelum memasuki kapal/kadang kudu beberapa hari jg, belum lg kalau masuk kawasan pergudangan (datang malam, g aman)

Untuk d ketahui semua, kalau truk muatan berat normal, ga akan balik modal / bunuh usaha sendiri

Rata2 angkutan barang kebanyakan muatan berlebih
(Sy g ada data, cuma pengalaman sy dan kebanyakan truk angkutan yg sy lihat)

Kalaupun d paksa dengan muatan normal, dan tarif d sesuaikan akan berimbas dgn naiknya tarif angkutan barang yg mana jg akan berpengaruh besar dlm harga pasar
(boleh tanya yg usaha angkutan truk)..

Kadang d satu sisi pas sy pakai jalan sebagai driver mobil,
Jg gedeg sm truk muatan berlebih, tp mo gimana lg.
Akses transportasi logistik d negara kita baru mencakup angkutan darat truk yg primer...

Dan sampai sekarang belum ada solusi yg bener2 nyata akan hal tsb (win2 solution)

Maaf y om

No offense, sekedar share aja....
nice info om, pantesan jln pada bolong, truk overload semua
Aviation Enthusiast:

http://www.aeronef.net/
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by adityabp »

patrickstar wrote: Fri Mar 09, 2018 8:55 ..cut..
btw oot, tol jorr cikunir - pondok indah dulu dibikin untuk mengurangi arus truk yg lewat dalam kota, tapi akhirnya mobil pribadi pada lewat situ & tetap pada nyalahin truk-truk. rumit emang ...
Kenyataannya, antara jam 2200 s/d 0500 tetap aja truk konvoi masuk tol dalam kota.
Kenapa? Karena jauh lebih murah daripd lewat JORR.
:mky_07:
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018

Post by Angelpesek »

pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 14:33
irdna wrote: Tue Mar 06, 2018 6:36 mendingan semua tol di jakarta itu di larang lewat truk2 besar dan kontainer kecuali jam 10 malem ++ sampe pagi baru boleh lewat
( cuman ya resikonya ini karena byk okontainer2 ini tujuannya ke priok pasti bkin tanjung priok bakal super padet di malem hari resikonya)


kalau tol cikampek ini byknya kontainer2 dan truk2 gede jalannya pada pelan blm lagi penyempitan jalan karena ada proyek2 di daerah sana

saya sering bgt lewat ke sana macetnya ampun2 deh kalau hari senen - sabtu jam brp aja pasti macet
Sy sebagai orang yg usaha di transportasi(truk), dilema jg kalau harus kudu jalan malam (22-pagi), sebab jg kudu ikuti jadwal kapal n antri jg sebelum memasuki kapal/kadang kudu beberapa hari jg, belum lg kalau masuk kawasan pergudangan (datang malam, g aman)

Untuk d ketahui semua, kalau truk muatan berat normal, ga akan balik modal / bunuh usaha sendiri

Rata2 angkutan barang kebanyakan muatan berlebih
(Sy g ada data, cuma pengalaman sy dan kebanyakan truk angkutan yg sy lihat)

Kalaupun d paksa dengan muatan normal, dan tarif d sesuaikan akan berimbas dgn naiknya tarif angkutan barang yg mana jg akan berpengaruh besar dlm harga pasar
(boleh tanya yg usaha angkutan truk)..

Kadang d satu sisi pas sy pakai jalan sebagai driver mobil,
Jg gedeg sm truk muatan berlebih, tp mo gimana lg.
Akses transportasi logistik d negara kita baru mencakup angkutan darat truk yg primer...

Dan sampai sekarang belum ada solusi yg bener2 nyata akan hal tsb (win2 solution)

Maaf y om

No offense, sekedar share aja....
Ya bener om harga barang berpengaruh kesitu..
tp knp ya angkutan barang pake kereta api kurang diberdayakan..