Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by silentIm2 »


PRBS wrote: Kalau masalah skill mungkin bisa dipelajari secara cepat, tapi kontrol emosi yg baik itu tidak segampang itu bisa digapai.. hanya jam terbang tinggi yg bisa menjawab.
sampai skarang pun saya masih belajar untuk menjadi smooth driver hehe
kalo saya nyadarnya gampang om, bus itu yang betulin kaki2 rusak perusahaan yang tanggung, bukan supir. kalo kasus kecelakaan perusahaan yang tanggung.

mobil pribadi kaki2 rusak saya sendiri yang tanggung. keselamatan keluarga juga saya sendiri yang tanggung.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by pernahmiskin »

Mumpung bahas cara nyetir...

Cara/antisipasi yg biasa di lakukan biar ga ke triger ikutan ngebut pengendara yg seruntulan d jalanan luar kota gimana om2 ?



Kalau sy pribadi, cenderung ingat keluarga d rumah, mana anak msh pada sekolah...kalau misalkan sy ada masalah d jalan, mereka gimana....
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by iwansiagian »

964 wrote:
nugroho bagor wrote: Sat Feb 24, 2018 11:52 Gunungnya daerah mana om? :ungg:
Jalanan Sumatera, Padang, Bengkulu, Kerinci. Enggak Gunung sih, lebih ke perbukitan.
Pesisir selatan om? Beautiful scenery jalan nya om. 30 tahun lalu saya belajar nyetir di rute itu :) . Painan arah batang kapas, rute pegunungan dengan view lautan juga. Jalanan kecil dulu ya hanya muat buat papasan mobil aja.
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by Rundeer »

pernahmiskin wrote: Sat Feb 24, 2018 20:59 Mumpung bahas cara nyetir...

Cara/antisipasi yg biasa di lakukan biar ga ke triger ikutan ngebut pengendara yg seruntulan d jalanan luar kota gimana om2 ?



Kalau sy pribadi, cenderung ingat keluarga d rumah, mana anak msh pada sekolah...kalau misalkan sy ada masalah d jalan, mereka gimana....
Pake mobil yg gk bisa ngebut n body rollnya parah. Dijamin mau ngebut pun pasti mikir-mikir :mky_03:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by 964 »

pernahmiskin wrote: Sat Feb 24, 2018 20:59 Mumpung bahas cara nyetir...

Cara/antisipasi yg biasa di lakukan biar ga ke triger ikutan ngebut pengendara yg seruntulan d jalanan luar kota gimana om2 ?



Kalau sy pribadi, cenderung ingat keluarga d rumah, mana anak msh pada sekolah...kalau misalkan sy ada masalah d jalan, mereka gimana....
Tergantung watak, tiap orang beda. Saya sendiri paling anti mencaci orang di jalan (dimanapun jg), meskipun orang lain yang salah, milih ngalah aja. Kemarin sore, di perempatan dekat rumah, gara gara lampu lalulintas mati, orang main serobot, saya dimaki "anjing" karena antara saya dan orang itu ragu siapa yg mau belok duluan. Nggak saya ladenin. Selagi kita baik di jalanan (dimanapun jg), saya percaya alam jg bakal baik dengan kita. Dan alhamdulillah, saya aman-aman saja selama ini. Apalagi cuma kepancing pengendara yang ngebut, mending santai aja, nikmatin jalan. Satu lagi, jangan pernah judi/tebak-tebakan saat motong kendaraan lain, ini pun juga soal emosi di jalan, ini sering terjadi menjelang tikungan di belakang truk, kalo saya milih sabar, tunggu benar-benar aman.
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by efact »

pernahmiskin wrote: Sat Feb 24, 2018 20:59 Mumpung bahas cara nyetir...

Cara/antisipasi yg biasa di lakukan biar ga ke triger ikutan ngebut pengendara yg seruntulan d jalanan luar kota gimana om2 ?



Kalau sy pribadi, cenderung ingat keluarga d rumah, mana anak msh pada sekolah...kalau misalkan sy ada masalah d jalan, mereka gimana....
Kalo saya mikir bensin nya om.. sayang kebuang percuma utk hal yg ga berguna..kecuali di sirkuit atau closed track dimana kita bayar (atau malah dibayar) utk hal semacam itu.. buru buru... emang mau kemana sih?

Cuman kadang sesekali bejek gas sih emang asik.. asal jgn pake seruntulan dan nantangin orang hahaha :big_biglaugh:
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by rajapb »

Waduh, nyetir di akina enak nih
sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Sat May 10, 2014 13:56
Location: Surabaya

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by sprint07 »

Dulu pernah pake innova utk keluarkota masuk pedesaan, klo dibuat kencang memang bikin capek, mau dipakai cara apapun tetap kerasa bgt bodyroll nya. Enakan brv yg saya pakai skrg. Tp jauh lagi enakan mazda atau subaru
Vermilion
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Dec 02, 2017 3:13
Location: Yogyakarta

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by Vermilion »

Wah ada trit cara nyetir di pegunungan, numpang tanya dong suhu2 SM. Jadi ane baru sekitar 1 tahun belajar nyetir nah ane paling ngga berani kalo suruh nyetirin di jalan pegunungan takut kagak kuat nanjak hehe, yg ane mau tanya gimana ya hu cara nyetir di jalan pegunungan yg sepanjang jalan banyak nanjaknya, kebetulan boil dirumah ada xenia sama r3, tuh mobil kan tenaga biasa banget apalagi yg r3 fwd. Gmana ya hu?
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by octafiantos »

pernahmiskin wrote: Sat Feb 24, 2018 20:59 Mumpung bahas cara nyetir...

Cara/antisipasi yg biasa di lakukan biar ga ke triger ikutan ngebut pengendara yg seruntulan d jalanan luar kota gimana om2 ?

Kalau sy pribadi, cenderung ingat keluarga d rumah, mana anak msh pada sekolah...kalau misalkan sy ada masalah d jalan, mereka gimana....
Saya pernah dinasehati praktisi TCM/Traditional Chinese Medicine.
Selalu set and stick to the goal. Misalnya Jakarta trip ke Cirebon, goalnya ya selamat sampai Cirebon. Semua godaan traffic di jalan dicuekin karena itu bukan goal. Simple tapi emang cukup ampuh buat hilangin napsu di jalan.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by marmut »

yang pertama sekali saya salut dan memberikan selamat buat TS, hampir nggak pernah saya nemu yang menyadari kesalahannya dan langsung koreksi supaya tidak terulang lagi kesalahannya (masalah mengemudi).
sekedar berbagi tips, akrab dengan kendaraan kita itu wajib lho.... akrab yang saya maksud adalah mengerti betul karakter mobil seperti tenaga maksimal mobil ini sebrapa besar sih? kelebihannya apa aja? kekurangannya apa aja? ini mobil maunya gimana? hal-hal seperti itu yang nggak banyak orang pahami.
contoh soal saja masalah "eco driving", pasti yang ada di pikiran adalah nyetir pelan dengan RPM serendah-rendahnya. ya salah besar lah...... nyetir pelan-pelan apa nunggu lebaran kuda baru sampe tujuan?
menjaga putaran mesin ada di peak torque saat melintas di jalan perbukitan/pegunungan adalah salah satu bentuk eco driving.
tidak menginjak pedal rem secara mendadak pun termasuk eco driving.

buat TS, cari info sebanyak-banyaknya mengenai driving skill, toh jaman sekarang sangat mudah nyari info. nggak seperti pertengahan 90 silam.
semoga berhasil.

akan ada kepuasan tersendiri bagi anda saat sudah bisa merasakan salah satu ban mulai "berteriak minta ampun karena grip ke aspal sudah berkurang", saat itu juga anda mengerti harus berbuat apa, dan berakhir dengan bahagia.
dan semua urutan kejadian itu berlangsung tidak lebih dari 2 detik.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by PRBS »

964 wrote: Sat Feb 24, 2018 16:50

Terimakasih sharingnya, saya suka quote orangtua anda.

Tentang eco driving: dalam perjalanan jauh saya cuek ttg eco driving, tp lebih memperhatikan kualitas nyetirnya. Poin saya yang shifting di rpm tinggi bukan sesuatu yang terus menerus. Cuma selingan agar lebih fun ketika nyetir tapi tetap memperhatikan kenyaman penumpang.
Sama2 om, beliau skarang malah males nyetir di era pensiunan ini.. lebih suka pake taksi online..

Memang ada kalanya untuk mengusir kantuk, kita mainin rev engine sih..
pernahmiskin wrote: Sat Feb 24, 2018 20:59 Mumpung bahas cara nyetir...

Cara/antisipasi yg biasa di lakukan biar ga ke triger ikutan ngebut pengendara yg seruntulan d jalanan luar kota gimana om2 ?

Kalau sy pribadi, cenderung ingat keluarga d rumah, mana anak msh pada sekolah...kalau misalkan sy ada masalah d jalan, mereka gimana....
Kalau saya sih jujur, sampai detik ini klau roadtrip keluar kota (biasanya saya jalan malem), pastii ada aja momen ngebut berjamaah bersama kendaraan lainnya..

Ibarat kata, itu sesuatu yg tidak bisa saya hindari.. dan memang saya nikmati (mungkin jiwa muda saya masih menggebu2)

Tapi biasanya saya melakukan itu ketika penumpang sudah tertidur semua hehe.. kalau masih bangun dan ngobrol2 sepanjang perjalanan, saya berusaha hindari konfrontasi dengan kendaraan lain..
Last edited by PRBS on Sun Feb 25, 2018 2:44, edited 2 times in total.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by marmut »

adityabp wrote: Sat Feb 24, 2018 13:56 Bisa dijelaskan gimana cara meminimalkan body roll di tikungan?
Thx.
1. kenali karakter mobil anda.
2. perhatikan dan batasi kecepatan saat akan memasuki tikungan.
3. sesuaikan kecepatan dengan putatan mesin. jangan seenaknya masuk-keluar tikungan apalagi tidak mengenal betul tikungannya sebrapa panjang, sebrapa tajam membeloknya, situasi dari arah lawan seperti apa.
4. selesai.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by marmut »

pernahmiskin wrote: Sat Feb 24, 2018 20:59 Mumpung bahas cara nyetir...

Cara/antisipasi yg biasa di lakukan biar ga ke triger ikutan ngebut pengendara yg seruntulan d jalanan luar kota gimana om2 ?



Kalau sy pribadi, cenderung ingat keluarga d rumah, mana anak msh pada sekolah...kalau misalkan sy ada masalah d jalan, mereka gimana....
saya juga punya pertanyaan untuk anda, bagaimana bisa anda tidak menghabiskan gaji sebulan untuk bersenang-senang ke panti pijat tiap minggu? atau makan dengan pacar baru?
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by iwidiyanto »

kalo jalan lukot gtu intinya kita nyetir sesuai ritme kita saja, jangan pernah terpengaruh gaya nyetir org lain...biasanya yg ngotot2 itu ejakulasi dini, dr jkt, sampai cirebon aja udah letoy...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by artoodetoo »

Trit yang bagus.
Kalau saya jujur saja nih, cenderung menghindari daerah pegunungan kalau pas nyetir sendiri :upss:
Maklum, dari dulu saya suka bawa sedan dan ada rasa tidak "tega" membawa sedan ke pegunungan walaupun ya pasti mampu.
Apalagi saya sekarang bawanya si kutu Mirage, tambah gak tega lagi :big_biglaugh:
Jadi jam terbang saya di pegunungan jujur rada minim.
Pengalaman saya bawa Mirage yg paling ekstrim "cuma" ke Kalibiru aja.
Kalibiru itu di Kulon Progo, Yogyakarta
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by erdinkurniawan »

artoodetoo wrote:Trit yang bagus.
Kalau saya jujur saja nih, cenderung menghindari daerah pegunungan kalau pas nyetir sendiri :upss:
Maklum, dari dulu saya suka bawa sedan dan ada rasa tidak "tega" membawa sedan ke pegunungan walaupun ya pasti mampu.
Apalagi saya sekarang bawanya si kutu Mirage, tambah gak tega lagi :big_biglaugh:
Jadi jam terbang saya di pegunungan jujur rada minim.
Pengalaman saya bawa Mirage yg paling ekstrim "cuma" ke Kalibiru aja.
Kalibiru itu di Kulon Progo, Yogyakarta
kalau sy selalu jalur nanjak tawang mangu lewat ngerong dan jalan jalan lama.


saya setuju sama TS.
sy kalau lg pgn nyetir srudukan. ya posisi saya nyetir saya sporty bgt. kaki + tangan pas. siap salip2 dan manuver.. klo lg ngendarai eco ya cr posisi selonjoran nyamann. udah itu aja..


User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by coklatMetalik »

Sedikit cerita sy ttg eco driving...

Bulan Agustus 2017, krn suatu urusan sy perlu pergi dr Bandung ke Majalengka (buat yg blm tau dimana tempat ini silakan googling), sy pilih pake tol cipularang & cipali krn males lewar jalur Sumedang yg banyak truk lelet. Saat itu penasaran dgn salah satu teori eco driving yg menyatakan mobil akan hemat ketika RPM dijaga tdk lebih dr torsi maksimum. Hal ini akhirnya jd lucu krn RPM torsi maksimum mesin 7K-E di mobil saya cuma 2800. Akhirnya sy praktekkan cara itu, RPM sy jaga di 2800-3000 sepanjang perjalanan, dgn RPM segitu mobil cuma jalan 80-100 kmpj. Memang perjalanan terasa membosankan tapi hasilnya memang membanggakan. Sy itung full to full, isi full pertalite di SPBU 500 meter dari tempat berangkat & isi lg di SPBU 200 meter dr tujuan. Hasilnya 14.075. Ini bikin saya sangat bangga saat itu, bayangkan betapa hematnya 1:14,075 untuk mesin K series yg terkenal boros......


Januari 2018, saya kembali melakukan perjalanan yg sama dgn mobil yg sama. Sblm berangkat, sy pikir2 apakah akan eco driving lagi spt sebelumnya? Setelah dipikir2, perjalanan sebelumnya terlalu membosankan. Perjalanan skrg sy rencanakan akan mengemudi lebih liar saja, bensin boros gapapa, paling jd 1:11an ya sudahlah. Kali ini lbh ngebut, ikut lari2 dgn bis2 mevvah SHD dgn 110-120 kmpj (itu pun kadang tdk terkejar krn bbrp bis napasnya lbh panjang dr napas mobil sy). RPM mesin jd lbh tinggi, 3200-3600 RPM. Sy itung full to full lg dgn isi pertalite di SPBU yg sama spt dulu, penasaran jd seboros apa. Dan hasilnya.....
1:14,021...

Kok kesel ya....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by erdinkurniawan »

octafiantos wrote:
pernahmiskin wrote: Sat Feb 24, 2018 20:59 Mumpung bahas cara nyetir...

Cara/antisipasi yg biasa di lakukan biar ga ke triger ikutan ngebut pengendara yg seruntulan d jalanan luar kota gimana om2 ?

Kalau sy pribadi, cenderung ingat keluarga d rumah, mana anak msh pada sekolah...kalau misalkan sy ada masalah d jalan, mereka gimana....
Saya pernah dinasehati praktisi TCM/Traditional Chinese Medicine.
Selalu set and stick to the goal. Misalnya Jakarta trip ke Cirebon, goalnya ya selamat sampai Cirebon. Semua godaan traffic di jalan dicuekin karena itu bukan goal. Simple tapi emang cukup ampuh buat hilangin napsu di jalan.
kadang ini yg buat saya nyetir santai kyk di pantai. terserah brapa lama perjalanan. yg penting nikmati. ngebut nya ketika memang sepi seperti jam 3 mlm...
imanoff
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by imanoff »

Terima kasih buat TS dan teman-teman lain. Saran yang sangat baik sekaligus jadi reminder lagi: rev matching, heel & toe, etc.

Dulu awal nyetir juga saya diajarin gimana caranya bisa sampai tujuan dengan aman dan cepat tapi penumpang tetap merasa nyaman. Kalau kita pintar atur gas-rem dan putaran setir, dan minimise gerakan sia-sia, nyetir jadi aktivitas yang sangat menyenangkan.

Kalau yang sruntal-sruntul sodok sana-sini malah biasanya newbie. Atau supir bus malam AKAP.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by marmut »

coklatMetalik wrote: Sun Feb 25, 2018 4:14 Sedikit cerita sy ttg eco driving...

Bulan Agustus 2017, krn suatu urusan sy perlu pergi dr Bandung ke Majalengka (buat yg blm tau dimana tempat ini silakan googling), sy pilih pake tol cipularang & cipali krn males lewar jalur Sumedang yg banyak truk lelet. Saat itu penasaran dgn salah satu teori eco driving yg menyatakan mobil akan hemat ketika RPM dijaga tdk lebih dr torsi maksimum. Hal ini akhirnya jd lucu krn RPM torsi maksimum mesin 7K-E di mobil saya cuma 2800. Akhirnya sy praktekkan cara itu, RPM sy jaga di 2800-3000 sepanjang perjalanan, dgn RPM segitu mobil cuma jalan 80-100 kmpj. Memang perjalanan terasa membosankan tapi hasilnya memang membanggakan. Sy itung full to full, isi full pertalite di SPBU 500 meter dari tempat berangkat & isi lg di SPBU 200 meter dr tujuan. Hasilnya 14.075. Ini bikin saya sangat bangga saat itu, bayangkan betapa hematnya 1:14,075 untuk mesin K series yg terkenal boros......


Januari 2018, saya kembali melakukan perjalanan yg sama dgn mobil yg sama. Sblm berangkat, sy pikir2 apakah akan eco driving lagi spt sebelumnya? Setelah dipikir2, perjalanan sebelumnya terlalu membosankan. Perjalanan skrg sy rencanakan akan mengemudi lebih liar saja, bensin boros gapapa, paling jd 1:11an ya sudahlah. Kali ini lbh ngebut, ikut lari2 dgn bis2 mevvah SHD dgn 110-120 kmpj (itu pun kadang tdk terkejar krn bbrp bis napasnya lbh panjang dr napas mobil sy). RPM mesin jd lbh tinggi, 3200-3600 RPM. Sy itung full to full lg dgn isi pertalite di SPBU yg sama spt dulu, penasaran jd seboros apa. Dan hasilnya.....
1:14,021...

Kok kesel ya....

:big_biglaugh:

jalan diatas 100 kmh ya silahkan saja, asalkan konstan nggak akan bikin jarum meter bensin cepet turun. kecuali emang dasaran mesinnya haus....
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by daftar »

b0ku wrote: Sat Feb 24, 2018 12:23 kalo mau bawa mobil enak di gunung jalan aspal bawa honda lah...... :ngacir:

innova kalo jalannya keriting baru enak
kalo pegunungan yang jalannya mulus mobil2 yang low slug dan monocouqe memang yang paling enak,
:ngacir:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by nugroho bagor »

Seninnya nyopir,kalau kita gak hapal jalan/baru masuk daerah tersebut, kalau malam dengan lihatin lampu mobil lawan, dan saya sering sebelum, belakang belok liatin GPS, oh lurus,hajar saja,belokkan ntar dulu, dan itu pakai GPS Garmin,yang bisa di lirik, IMHO
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by daftar »

Vermilion wrote: Sun Feb 25, 2018 2:17 Wah ada trit cara nyetir di pegunungan, numpang tanya dong suhu2 SM. Jadi ane baru sekitar 1 tahun belajar nyetir nah ane paling ngga berani kalo suruh nyetirin di jalan pegunungan takut kagak kuat nanjak hehe, yg ane mau tanya gimana ya hu cara nyetir di jalan pegunungan yg sepanjang jalan banyak nanjaknya, kebetulan boil dirumah ada xenia sama r3, tuh mobil kan tenaga biasa banget apalagi yg r3 fwd. Gmana ya hu?
tadi sebelumnya ada yang bahas, intinya harus mengerti mengerti torsi & power mobil keluar di rpm berapa.,
saya kalau bawa mobil bensin yang tenaga pas2an sih kalau mau nanjak tergantung bawaan, kalau mau pakai mode kencang biasanya saya ancang2 dari sebelum tanjakan saya gas kenceng sampai minimal 3000rpm karena disitu momentum dan tenaganya akan dapet, ini kalo jalanan lumayan sepi atau kalo di depan ada mobil yang agak pelan saya akan jaga jarak dulu sampai jarak yang cukup agar nanti bisa terus melaju sampai atas tanpa mengurangi throtle, disini saya baru mengurangi gigi ketika tenaga udah nggak cukup aja atau ketika mesin sudah ngelitik, kadang di tengah penanjakan atau malah nggak sampe turun gigi udah sampe atas.
tapi kalo pakai mode lambat ya nggak usah pakai ancang2, begitu mau nanjak langsung turunin gigi lalu kemudian menanjak pelan2, kelemahannya nanti rpm nya akan sangat tinggi dan berisik, ini biasanya dipakai kalau jalanan padat.
intinya jaga jarak dengan mobil depan dan bisa ngira2 tenaganya cukup di rpm berapa
:ngacir:
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by g4ndalf »

silentIm2 wrote: Sat Feb 24, 2018 17:04
tapi kalo pas lagi emosi ya bablas saja, apalagi pas kejar2an sama bus sumber rahayu/slamet ato eka/mira jurusan surabaya yogya. bus sampe miring 25 derajat di tikungan ga guling, masa mobil saya ngguling. gas pol ae wes.
Bus nya itu tiap malem jumat dimandiin air kembang... keramat... 😂