Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by kunaskun »

exflowly wrote: 21 Feb 2018, 01:33 Kalau saya jualan KNN so pasti saya bakal bilang hal yang sama om kun. Tapi ya untuk case om kun kalau filter standarnya memang wet oiled paper ya saya rasa sama KNN 11-12 dah. Boleh tau mobil apa om?
wet oiled paper filter di nissan march. rada antik si, macem mobil eropa.

ya buat saya si tetep terasa beda antara K&N dan standardnya. tapi ya ini kan menurut saya. karena memng dari zaman dulu K&N jualan dan begitu juga banyak merek lain jualan, banyak yang sangsi dsb makanya saya blg buat saya faktor ekonomis saja. dan saya bukan jualan, cuma pemakai yg hepi karena hemat duit, performa tetep stabil, dan terasa ada beda buat saya.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by exflowly »

kunaskun wrote: 21 Feb 2018, 22:51
wet oiled paper filter di nissan march. rada antik si, macem mobil eropa.

ya buat saya si tetep terasa beda antara K&N dan standardnya. tapi ya ini kan menurut saya. karena memng dari zaman dulu K&N jualan dan begitu juga banyak merek lain jualan, banyak yang sangsi dsb makanya saya blg buat saya faktor ekonomis saja. dan saya bukan jualan, cuma pemakai yg hepi karena hemat duit, performa tetep stabil, dan terasa ada beda buat saya.
Siap om kun.. thank you buat review positifnya..... saya juga barusan order filter KNN, saya mau coba lagi buat mobil jadul saya, siapa tau beda.

Saya baru tau om Nissan March pake yang wet oil. Saya dulu pernah pegang Nissan jaman jadul juga, taon 97.... filternya saya beliin yg kertas, walaupun pernah dipakein KNN, gak nahan si ngebersihinnya... hehehe...
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 626
Joined: 24 Dec 2013, 10:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by r1409 »

pernah pake knn di evalia, lumayan kerasa beda akselerasinya. di rpm bawah bedanya dikit, tapi di rpm atas lumayan berasa.

sekarang pake apex di calya AT. waktu beli agak sangsi karena murah banget buat filter cotton gauze, tapi setelah liat lumayan juga, benang cotton nya serapat knn. udah diterawang jejer sama knn evalia ane, kerapatannya ga keliatan bedanya.

pasang di calya AT, performa ga kerasa beda karena memang dasarnya calya AT tarikan lemot, nambah tenaga 5 persen pun ga bakalan kerasa. iritnya juga sepertinya mirip.
sepertinya bakal berasa bedanya di biaya penggantian filter, karena pake apex ini jauh lebih murah dari knn ( apex <150k, knn >900k). tinggal diliat aja nanti kebersihan ruang mesin pas servis...
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 222
Joined: 19 Jan 2018, 11:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by Angelpesek »

Ganti filter gini otomatis udara masuk makin banyak, seharusnya output alias exhaust system jg oke donk atw ngeplonk :big_exellent:
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by exflowly »

Angelpesek wrote: 23 Feb 2018, 13:57 Ganti filter gini otomatis udara masuk makin banyak, seharusnya output alias exhaust system jg oke donk atw ngeplonk :big_exellent:
Gak perlu si.

Ilang torsi bawah kalo terlalu plong... air speed exhaust melambat, scavenging effect turun..
User avatar
civic12
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 10 Apr 2018, 12:57
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Civic FD1 MT

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by civic12 »

Ganti filter udara itu tujuannya ada 2:
1. Racing/balap
2. Daily

Klo buat racing/balap biasanya pakai open filter, ini ane ga perlu bahas.

Klo buat daily (yang pengen hp naik dikit2 ane masukin daily), tergantung juga. Klo open filter, beberapa kali ternyata malah nurunin hp. Yang replacement juga sama, beberapa kali ada yang nurunin hp dari filter oem. Tapi ada juga beberapa yang hp naik 1-2hp dari oem. Taunya dari mana hp naik atau turun? DYNO. Sekali lagi, jangan cuma feel doang, tapi diukur lewat dyno. Pengalaman pernah pake open filter simota, kerasa tarikan lebih ngisi tetapi di dyno ternyata hp malah berkurang.

Kemudian untuk yang ga nyari hp, bisa dipertimbangkan filter aftermarket (sakura, knn, ferrox, dll) buat lebih ekonomis karena beberapa merk harganya cukup bersaing dan masa pakai bisa lebih lama dari oem.

Jadi balik lagi tergantung tujuannya apa, dan sekali lagi belum tentu ganti filter aftermarket bakal naikin hp, percuma pake feeling, klo ane tetep musti dibuktiin sama dyno dulu.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by maastricht889 »

iwing wrote: 21 Feb 2018, 22:00
erwinign wrote: 21 Feb 2018, 21:53
iwing wrote: 21 Feb 2018, 21:49 kalo saya pakai sakura dan ganti setahun sekali kalo mo mudik lebaran meskipun setahun jalan dibawah 5 ribu km kwkwkwkw. murah meriah
dibanding air filter oem tarikannya gimana om? om pake mobil apa ya?
tarikan nya sama aja sih om. mobil sx4 fl. kalo mo tarikan enak, saya akan campur bbm nya dengan pertabo 100 ribu. bbm saya selama ini selalu pertamax. terasa bener bedanya kalo campur gitu. oli pake fastron gold 5w-30
Om, selama pake sakura engga pernah ada masalah imbas ke mesin kan? Amit2 kalo debunya masuk lbh banyak kena ke ruang bakar kan repot juga
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by quyquy »

Ane share ya pengalaman ane pake JFC di innova dan xenia.

Pake replacemnet filter racing itu

1. Tarikan beda tipis banget cm awalnya aja dan itu tiiiipis banget dibanding pake filter udara standar.
2. Harus rajin ngebersihinnya dan bebersih kayak gini mudah tapi lumayan take time banget.
Pertama, disemprot air tekanan sedang satu celah satu per satu. Kalo cuma di cemplungin di air ember trs di goyang2 gak maksimal bersihnya.
Kedua, habis dicuci dikeringin dulu alias dijemur.
Ketiga, kalo udah kering di kasih oli. Udah gitu ngasih oli nya celah demi celah.
Jadi singkat cerita ngebersihinnya mudah tapi take time bangeeeet!!!
3. Harus rajin bersihin sensor2 kayak MAF atau Intake temperatur atau sensor idle up.
4. Hitungannya murah karena nggak bolak balik ganti. Tapiii dibayar jg dng bolak balik bebersih.

Jadi kesimpulannya kalau mobil gak dipake balapan tetapi pake filter replacement itu:
Capek bebersih.

Mending kalo capek bebersih tapi dpt tenaga yang wow.. Ternyata enggak. Dapetnya seupil.

Kalo pengen murah ttg urusan filter udara, mending pake yg ori trs tiap kalo habis gnt oli mesin filter udaranya disemprot2 aja. Baru gnt kalo udah 3-4x gnt oli mesin.

Kalo pengen nyari tarikan bawah naik dikit dan murmer mending pake cai yg bypass ke selang vakum intake. Jng lupa dikasih filter sbg saringan kotoran (pake filter bensin udah oke dan diganti tiap gnt oli mesin). Itu menolong banget buat narik bawah. Ane uda coba di bnyk mobil. Tp msg2 mbl beda2 karakter ada yg minta loss ada yg minta dikit aja, makanya ane tambahin stop kran.

Kalo pengen nyari tarikan bawah dan midle naik banyak tnp ubah jeroan mesin satu2nya jalan cm satu: header 421. Dan itupun cari yg bonafid biar gak dpt zonk.

Remap atau piggyback: itu jalan terakhir aja. Penyempurna aja.
Peleqbuto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 13 Mar 2017, 22:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xenia

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by Peleqbuto »

Gue pernah pake beginian. Menurut gue yah gak ngaruh. Jgn terpengaruh sama sugesti yah. Kalau mau enak tanpa rombak mesin. Yah maen di knalpot sampe header aja 1 set. Cari merk bagus atau bengkel knalpot yg bonafid.
pojokban
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 16 Nov 2014, 20:03

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by pojokban »

Perawatan mudah, cuci pakai air+sabun cuci piring sunlight keringkan dan olesi oli.
Om, emang gak kenapa ya pake sabun cuci piring, ane sih udah pakan KNN sudah lebih dari 6 tahun, selama ini sih terasa tarikan lebih enteng
Top



devin96 wrote: 20 Feb 2018, 20:01 mobil jazz ge8 saya pake filter replacement ferrox yg saya rasakan dari filter std sih beda nya ya cuma dikit aja, paling pas kalo lagi mau narik buat nyalip2 bus gitu terasa lebih plong dikit dan sensasi suara nya lebih terasa whoshhh pas di tarik, menandakan udara yang masuk ke mesin makin banyak. Cuma ya klo udh pake filter replacement gini owner harus lebih rajin bersih2 nya karna lebih cepet kotor, dan perawatan kalo ferrox gampang cuma mobil air aja sama sabun cuci piring, ga ada sabun cuci piring jg gpp sih dan ga perlu oli, beres cuci tinggal jemur aja terus pasang lagi deh.

Kelemahan filter ferrox yg ane liat sih ada beberapa kasus ane liat di instagram gara2 owner gapernah bersihin jadi filter nya bengkok2 gitu karna udara masuk ketahan debu2, so harus rajin2 bersihin maksimal 2000 km lah..tp ane karna emg hobi bersih2 mobil jadi kadang pas bersihin ruang mesin suka gatel aja kalo ga buka box filter udara wkwwk jadi kadang masih bersih tuh filter saya cuci lagi dan selalu sedia filter udara cadangan (kebetulan ada apex jg, knn versih murah) buat cadangan klo pas lg nyuci ferrox dan belum kering dan mobil mau dipake.

nah kalo apex dlu sempet pake ya mirip2 aja sih rasanya sama ferrox, cuma filter cotton based gitu lebih repot rawat nya harus pake deterjen dan oli. Karna mahal kalo beli clener dan oli bisa di akalin pake sabun cuci piring dan oli samping motor. Filter udara cotton based kayak knn lebih bagus filtrasi nya dari yg model stainless, cuma ya itu repot bersihin dan klo sampe kebanyakan kasih oli malah mampet dan MAF sensor bisa kotor...utk jangka panjang bagi pengguna filter replacement mungkin bisa sedia MAF sensor cleaner kayak crc, atau pake contact cleaner bersihin sendiri gampang kok
Om, apa gak rusak bahannya (KNN) kalau bersihin pake sabun cuci piring dan oles pake oli samping.
Boleh dicoba ilmunya kalau selama Om pake gak masalah
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by iwing »

erwinign wrote: 16 Apr 2018, 21:48

Om, selama pake sakura engga pernah ada masalah imbas ke mesin kan? Amit2 kalo debunya masuk lbh banyak kena ke ruang bakar kan repot juga
setiap pergantian filter udara, saya selalu cek jalur setelah filter udara tersebut. selama ini bersih dan gak pernah ada masalah. filter udaranya kalo dilihat kasat mata, bagus. btw filter udara mesin, filter ac/kabin dan filter oli saat ini pakai sakura semua dan gak ada keluhan. yang penting rajin ganti aja
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by Dat510 »

Saya pernah jajal filter gruppeM yang cold-intake seharga 5 jutaan kalau ngga salah (saya lupa harga soalnya dikasih pinjem aja buat test), penambahan tenaga ngga signifikan kalau berdasarkan feeling ane, kenapa pake feeling? karena kalo nyetir mobil kan yg main feeling, percuma kalo pas dyno nambah 10HP tapi feeling saya sama2 aja.. Wkwk, IMHO ya

Abis dari itu saya udah ngga minat sama filter udara after market, pake OEM aja, gampang 15rb KM langsung buang ganti baru ngga perlu bersihin terus pakein oli dsb dsb, toh harga nya ngga mahal2 amat cuma 1xx ribu..
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by devin96 »

pojokban wrote: 17 Apr 2018, 08:02
Perawatan mudah, cuci pakai air+sabun cuci piring sunlight keringkan dan olesi oli.
Om, emang gak kenapa ya pake sabun cuci piring, ane sih udah pakan KNN sudah lebih dari 6 tahun, selama ini sih terasa tarikan lebih enteng
Top



devin96 wrote: 20 Feb 2018, 20:01 mobil jazz ge8 saya pake filter replacement ferrox yg saya rasakan dari filter std sih beda nya ya cuma dikit aja, paling pas kalo lagi mau narik buat nyalip2 bus gitu terasa lebih plong dikit dan sensasi suara nya lebih terasa whoshhh pas di tarik, menandakan udara yang masuk ke mesin makin banyak. Cuma ya klo udh pake filter replacement gini owner harus lebih rajin bersih2 nya karna lebih cepet kotor, dan perawatan kalo ferrox gampang cuma mobil air aja sama sabun cuci piring, ga ada sabun cuci piring jg gpp sih dan ga perlu oli, beres cuci tinggal jemur aja terus pasang lagi deh.

Kelemahan filter ferrox yg ane liat sih ada beberapa kasus ane liat di instagram gara2 owner gapernah bersihin jadi filter nya bengkok2 gitu karna udara masuk ketahan debu2, so harus rajin2 bersihin maksimal 2000 km lah..tp ane karna emg hobi bersih2 mobil jadi kadang pas bersihin ruang mesin suka gatel aja kalo ga buka box filter udara wkwwk jadi kadang masih bersih tuh filter saya cuci lagi dan selalu sedia filter udara cadangan (kebetulan ada apex jg, knn versih murah) buat cadangan klo pas lg nyuci ferrox dan belum kering dan mobil mau dipake.

nah kalo apex dlu sempet pake ya mirip2 aja sih rasanya sama ferrox, cuma filter cotton based gitu lebih repot rawat nya harus pake deterjen dan oli. Karna mahal kalo beli clener dan oli bisa di akalin pake sabun cuci piring dan oli samping motor. Filter udara cotton based kayak knn lebih bagus filtrasi nya dari yg model stainless, cuma ya itu repot bersihin dan klo sampe kebanyakan kasih oli malah mampet dan MAF sensor bisa kotor...utk jangka panjang bagi pengguna filter replacement mungkin bisa sedia MAF sensor cleaner kayak crc, atau pake contact cleaner bersihin sendiri gampang kok
Om, apa gak rusak bahannya (KNN) kalau bersihin pake sabun cuci piring dan oles pake oli samping.
Boleh dicoba ilmunya kalau selama Om pake gak masalah
dulu selama pake filter apex ga masalah om bersihin pake sabun cuci piring dan oles pake oli samping, kit dari knn juga sejenis itu om setau saya. Dulu jg pernah tanya tkg aksesoris di mgk tempat saya beli apex, dia blg gpp pake sabun cuci piring sm oli samping, padahal dia jg jual kit pembersih dari knn nya haha
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by exflowly »

Ok update dikit sesuai omongan dulu : seri 5 lama mesin M52 pake KNN filter ~ pedal gas kalo dilepas/diangkat jalannya masih laju/rpm gak langsung turun secepet kalo pake filter kertas. Cruising di jalanan biasa (kalo gak macet) pun juga lebih landai turun rpmnya. Konsumsi bensin sepertinya sama, walaupun mestinya kalo lagi cruising lebih irit... tapi ya gimana, rumah kantor sehari-hari memang macet dan gak lewat tol.

Verdict: puas tapi mau dicek setelah 1000/2000km.. sepertinya kudu dibersihin pas 4000/5000km.
z3r099
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 07 May 2015, 21:32

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by z3r099 »

Mohon info dan bimbingan suhu sekalian.
Ini cuma pemikiran nubie sih, tlg dikoreksi klo salah, ane pake panther grand touring 2012, dan ane pake ferrox sbgai filternya, rajin sih ane bersihkan, kdg ga sampai 2k km pas lagi bersih2 mesin/cek aki pasti ane bersihkan juga sampai dalam tempatnya. Nah tapi ga menutup kemungkinan kan debu2 halus masuk ke mesin, pasti ada secara ferrox cma menang di tarikan enteng tapi ngorbanin penyaringan debu tadi. Tapi kira2 menurut suhu sekalian, klo ane pake addiktif yg diiskan ke bahan bakar utk membersihkan mesin yg ada detergentnya, kira2 bisa dan ngefek ga utk menanggulangi kekurangan dari filter tadi? Anggaplah sementara kita mengesampingkan biaya yg tambah mahal utk perawatannya. Bagaimana para pendapat suhu sekalian? Mohon bimbingannya.
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 23 Oct 2016, 22:48

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by Ivano »

z3r099 wrote:Mohon info dan bimbingan suhu sekalian.
Ini cuma pemikiran nubie sih, tlg dikoreksi klo salah, ane pake panther grand touring 2012, dan ane pake ferrox sbgai filternya, rajin sih ane bersihkan, kdg ga sampai 2k km pas lagi bersih2 mesin/cek aki pasti ane bersihkan juga sampai dalam tempatnya. Nah tapi ga menutup kemungkinan kan debu2 halus masuk ke mesin, pasti ada secara ferrox cma menang di tarikan enteng tapi ngorbanin penyaringan debu tadi. Tapi kira2 menurut suhu sekalian, klo ane pake addiktif yg diiskan ke bahan bakar utk membersihkan mesin yg ada detergentnya, kira2 bisa dan ngefek ga utk menanggulangi kekurangan dari filter tadi? Anggaplah sementara kita mengesampingkan biaya yg tambah mahal utk perawatannya. Bagaimana para pendapat suhu sekalian? Mohon bimbingannya.
Sebaiknya pilih yg ada semacam kainnya om.
Partikel debu sangat kecil pasti lolos.
Kalau bertemu uap oli, bisa jadi semacam lumpur di intake.
Kalau sampai tersedot ke ruang bakar (apalagi diesel turbo yg pressure nya tinggi), bisa melukai dinding silinder.
Ujungnya kompresi akan turun.
Dan tekanan ruang bakar akan lolos ke ruang kruk as, dan akan membuat oli cepet berkurang, karena lebih banyak lolos ke intake lagi, dan seterusnya.

Meskipun panther parts nya tergolong murah, kalau turun mesin ya pasti abis banyak, karena kalau ganti liner silinder yg sudah baret, satu-satunya jalan ya turun mesin.

Mending kalo mau produk aftermarket, pakai aja yg semacam JFC, BMC atau semacamnya.
Flow lebih bagus dari std, tapi masih bisa menyaring debu dan partikel kecil (dengan catatan rutin cleaning).

CMIIW ya.
z3r099
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 07 May 2015, 21:32

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by z3r099 »

Ivano wrote: 12 Jun 2018, 23:02
z3r099 wrote:Mohon info dan bimbingan suhu sekalian.
Ini cuma pemikiran nubie sih, tlg dikoreksi klo salah, ane pake panther grand touring 2012, dan ane pake ferrox sbgai filternya, rajin sih ane bersihkan, kdg ga sampai 2k km pas lagi bersih2 mesin/cek aki pasti ane bersihkan juga sampai dalam tempatnya. Nah tapi ga menutup kemungkinan kan debu2 halus masuk ke mesin, pasti ada secara ferrox cma menang di tarikan enteng tapi ngorbanin penyaringan debu tadi. Tapi kira2 menurut suhu sekalian, klo ane pake addiktif yg diiskan ke bahan bakar utk membersihkan mesin yg ada detergentnya, kira2 bisa dan ngefek ga utk menanggulangi kekurangan dari filter tadi? Anggaplah sementara kita mengesampingkan biaya yg tambah mahal utk perawatannya. Bagaimana para pendapat suhu sekalian? Mohon bimbingannya.
Sebaiknya pilih yg ada semacam kainnya om.
Partikel debu sangat kecil pasti lolos.
Kalau bertemu uap oli, bisa jadi semacam lumpur di intake.
Kalau sampai tersedot ke ruang bakar (apalagi diesel turbo yg pressure nya tinggi), bisa melukai dinding silinder.
Ujungnya kompresi akan turun.
Dan tekanan ruang bakar akan lolos ke ruang kruk as, dan akan membuat oli cepet berkurang, karena lebih banyak lolos ke intake lagi, dan seterusnya.

Meskipun panther parts nya tergolong murah, kalau turun mesin ya pasti abis banyak, karena kalau ganti liner silinder yg sudah baret, satu-satunya jalan ya turun mesin.

Mending kalo mau produk aftermarket, pakai aja yg semacam JFC, BMC atau semacamnya.
Flow lebih bagus dari std, tapi masih bisa menyaring debu dan partikel kecil (dengan catatan rutin cleaning).

CMIIW ya.
Siap hu, trims atas penjelasannya, cuman bagaimana klo kita prevent debu yg lolos tadi dengan tambahan adiktif? Kira2 bisa dan ngefek ga?
dwipraya
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 14 Jun 2017, 22:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Crv

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by dwipraya »

Logika dodol saya mengatakan, kalau memang filter model after market itu meningkatkan performa kendaraan, meningkatkan efisiensi bahan bakar, aman buat mesin kendaraan dan tak berefek negatif apapun, produsen mobil pasti sudah menggunakan filter itu sejak mobil keluar dari pabriknya.
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: 26 Apr 2009, 23:30

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by omenRoo »

hmm.. pantes aja banyak orang mau beli mobil dgn stiker TRD SPORTIVO ULTIMO LUARBIASO.. stikernya bisa meningkatkan performa, bahan bakar efisien dan tak berefek negatif apapun karena sudah menggunakan stiker itu sejak mobil keluar dari pabriknya.... malah mobil merk laen kadang2 pasang juga stikernya... :big_slap:
tulalit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: 26 Feb 2014, 11:32

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by tulalit »

dwipraya wrote: 13 Jun 2018, 00:54 Logika dodol saya mengatakan, kalau memang filter model after market itu meningkatkan performa kendaraan, meningkatkan efisiensi bahan bakar, aman buat mesin kendaraan dan tak berefek negatif apapun, produsen mobil pasti sudah menggunakan filter itu sejak mobil keluar dari pabriknya.
kl saya bilang ATPM selalu nya untuk aman dan reabilitas kendaraan. ngak mau mereka ribet2 memaksimalkan potensi kendaraan ampe max , tapi ujung2nya banyak masalah di reability.

contoh simple memang air filter, exhaust system juga kan banyak aftermarket yang terbukti (dyno proven) menaikkan tenaga ,efisiensi(tergantung kaki) dan juga masih aman buat mesin .


untuk airfilter semua mobil yg saya pake selalu di ganti ke aftermarket , tapi pertimbangan utama sih biar bisa di cuci aja dan ga beli di beres yang selalu ganti di 10rbkm.

just my 0.02 :big_peace:
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 23 Oct 2016, 22:48

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by Ivano »

z3r099 wrote:
Ivano wrote: 12 Jun 2018, 23:02
z3r099 wrote:Mohon info dan bimbingan suhu sekalian.
Ini cuma pemikiran nubie sih, tlg dikoreksi klo salah, ane pake panther grand touring 2012, dan ane pake ferrox sbgai filternya, rajin sih ane bersihkan, kdg ga sampai 2k km pas lagi bersih2 mesin/cek aki pasti ane bersihkan juga sampai dalam tempatnya. Nah tapi ga menutup kemungkinan kan debu2 halus masuk ke mesin, pasti ada secara ferrox cma menang di tarikan enteng tapi ngorbanin penyaringan debu tadi. Tapi kira2 menurut suhu sekalian, klo ane pake addiktif yg diiskan ke bahan bakar utk membersihkan mesin yg ada detergentnya, kira2 bisa dan ngefek ga utk menanggulangi kekurangan dari filter tadi? Anggaplah sementara kita mengesampingkan biaya yg tambah mahal utk perawatannya. Bagaimana para pendapat suhu sekalian? Mohon bimbingannya.
Sebaiknya pilih yg ada semacam kainnya om.
Partikel debu sangat kecil pasti lolos.
Kalau bertemu uap oli, bisa jadi semacam lumpur di intake.
Kalau sampai tersedot ke ruang bakar (apalagi diesel turbo yg pressure nya tinggi), bisa melukai dinding silinder.
Ujungnya kompresi akan turun.
Dan tekanan ruang bakar akan lolos ke ruang kruk as, dan akan membuat oli cepet berkurang, karena lebih banyak lolos ke intake lagi, dan seterusnya.

Meskipun panther parts nya tergolong murah, kalau turun mesin ya pasti abis banyak, karena kalau ganti liner silinder yg sudah baret, satu-satunya jalan ya turun mesin.

Mending kalo mau produk aftermarket, pakai aja yg semacam JFC, BMC atau semacamnya.
Flow lebih bagus dari std, tapi masih bisa menyaring debu dan partikel kecil (dengan catatan rutin cleaning).

CMIIW ya.
Siap hu, trims atas penjelasannya, cuman bagaimana klo kita prevent debu yg lolos tadi dengan tambahan adiktif? Kira2 bisa dan ngefek ga?
Beda jalur om...[emoji5]

Aditif (bbm) itu di saluran bbm yg ujungnya di injector, sedangkan udara terkompresi, lewatnya intake, kemudian masuk lewat inlet valve (katup masuk).

Ketemunya di ruang bakar.
Kalau debu itu sudah ada di ruang bakar, ya ndak pengaruh sama additive.
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 23 Oct 2016, 22:48

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by Ivano »

dwipraya wrote:Logika dodol saya mengatakan, kalau memang filter model after market itu meningkatkan performa kendaraan, meningkatkan efisiensi bahan bakar, aman buat mesin kendaraan dan tak berefek negatif apapun, produsen mobil pasti sudah menggunakan filter itu sejak mobil keluar dari pabriknya.
Pabrikan merancang suatu produk dengan catatan pemakaian global om.
Dipakai di jakarta, di pegunungan di jawa, dipesisir pantai sampai pedalaman papua.
Jadi mereka men-generalisasikan parts dan kemampuan produk.
Termasuk pemakaian jenis bbm dan habit pengoperasian.

Nah, produk after market, menyasar user yg ingin meningkatkan performa sebenarnya dari produk, dengan paham konsekuensinya (harus lebih care sama perawatannya, medan operasional dll).

Jadi sebenarnya, masih ada margin performa dari suatu mesin (elektrikal, mekanical, ecu dll), yang bisa dioptimalkan.

Begitu kira-kira penjelasannya.
Crossoverjersey
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: 05 Mar 2017, 14:05
Location: Bandung

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by Crossoverjersey »

dwipraya wrote: 13 Jun 2018, 00:54 Logika dodol saya mengatakan, kalau memang filter model after market itu meningkatkan performa kendaraan, meningkatkan efisiensi bahan bakar, aman buat mesin kendaraan dan tak berefek negatif apapun, produsen mobil pasti sudah menggunakan filter itu sejak mobil keluar dari pabriknya.
Kalo K & N jualan nya ngga punya efek apa apa Dan hanya omong Kosong doang mah ngga mungkin masih jualan Dan punya pabrik gede sampai Sekarang wkwkkwwk...


Cuma memang saya sih ngga rekomended ferrox ya.. Ada artikel Kan Kalo filtrasi ferrox tuh terlalu ngeplong sedangkan K n N hasil filtrasi nya ngga terlalu beda jauh Sama filter kertas

Nah Ada lagi namanya air filter APEXI Dan hasil fitrasi nya paling bagus Dan gain hp nya juga bagus.. APEXI ya Bukan Apex
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by exflowly »

exflowly wrote: 28 May 2018, 13:51 Ok update dikit sesuai omongan dulu : seri 5 lama mesin M52 pake KNN filter ~ pedal gas kalo dilepas/diangkat jalannya masih laju/rpm gak langsung turun secepet kalo pake filter kertas. Cruising di jalanan biasa (kalo gak macet) pun juga lebih landai turun rpmnya. Konsumsi bensin sepertinya sama, walaupun mestinya kalo lagi cruising lebih irit... tapi ya gimana, rumah kantor sehari-hari memang macet dan gak lewat tol.

Verdict: puas tapi mau dicek setelah 1000/2000km.. sepertinya kudu dibersihin pas 4000/5000km.
Setelah abis jalan 200km saya copot lagi KNNnya ganti balik ke filter kertas.

Tarikan gas dan lagi stabil memang lebih enak pake KNN, tapi konsumsi bensin jadi gak efisien - turun di bawah 5km/l padahal biasanya dapet sekitar 5,5-6km/l dengan rute dan gaya nyetir sama.
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: 18 Jun 2014, 10:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by lonely1999 »

ane pake ferrox

pengaruh tidak banyak tetapi ada perbedaan sedikit ditarikan awal
dan untuk pembersihan tidak repot, karena cuci sendiri gampang
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post