Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kolorp1nk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Tue Nov 25, 2014 3:35

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by kolorp1nk »

Venturtle wrote: Sat Feb 10, 2018 3:20
kolorp1nk wrote: Sat Feb 10, 2018 0:08 Cx5FL 2015
-panel pintu masih hard plastic
-fitur Canggihny sering error. Ane trouble di BSM n motor headlamp. Speaker boseny jg sempet rusak. Untung warranty...
-biaya servis dan sparepart menguras kantong (cbu sih)
+BQ the best di kelasny

Xtrail t32 2014
-pintu bagasi sempet rattle, solved stlh di setel ulang
-ngelitik walo ud konsisten bbm ny pertamax
-pernah kena rack steering. Tp warranty jd aman.
+attention to detailny cukup bagus. BQ ny ok untuk ukuran ckd dan harga
+biaya servis dan spare part termasuk ramah kantong
panel pintu bagian atas CX5 FL bukannya uda soft touch ya om? :mky_01:
kalo bagian bawah tempat cup holder, dll kan biasanya memang hard plastic om.. :mky_01:
Hard plastic om, klo yg cx5 2017 tuh, baru soft bahkan ampe pintu blkg.
Yg dkt kaca yah maksudny.... tp tetep ga murahan sih :mky_01:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by Venturtle »

ane paling demen build quality yang bagus, daripada fitur berlimpah seperti paddle shift, cruise control, electric park brake, power back door, sunroof,, tapi jarang kepake/ ga kepake.. :big_peace:
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by adrevolution »

Venturtle wrote: Sun Feb 11, 2018 10:11 ane paling demen build quality yang bagus, daripada fitur berlimpah seperti paddle shift, cruise control, electric park brake, power back door, sunroof,, tapi jarang kepake/ ga kepake.. :big_peace:
In marketing perspective, lebih mudah masarin fitur2 gimmick begituan dibanding BQ... coba bandingin aja, utk konsumen awam "mobil ini dilengkapi dengan paddle shift (pake kesan resing), sunroof, power back door, rem parkir elektrik hanya dgn tombol" sama "mobil ini dilengkapi dengan kabin senyap & material soft touch" lebih wow mana... menarik mungkin 2 2nya oke tapi it's about wow factor...
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by setsuka09 »

adrevolution wrote:
Venturtle wrote: Sun Feb 11, 2018 10:11 ane paling demen build quality yang bagus, daripada fitur berlimpah seperti paddle shift, cruise control, electric park brake, power back door, sunroof,, tapi jarang kepake/ ga kepake.. :big_peace:
In marketing perspective, lebih mudah masarin fitur2 gimmick begituan dibanding BQ... coba bandingin aja, utk konsumen awam "mobil ini dilengkapi dengan paddle shift (pake kesan resing), sunroof, power back door, rem parkir elektrik hanya dgn tombol" sama "mobil ini dilengkapi dengan kabin senyap & material soft touch" lebih wow mana... menarik mungkin 2 2nya oke tapi it's about wow factor...
Paling gampang kasih krom segambreng, pasti laku apalagi kl merek T..
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by Venturtle »

adrevolution wrote: Sun Feb 11, 2018 11:52
Venturtle wrote: Sun Feb 11, 2018 10:11 ane paling demen build quality yang bagus, daripada fitur berlimpah seperti paddle shift, cruise control, electric park brake, power back door, sunroof,, tapi jarang kepake/ ga kepake.. :big_peace:
In marketing perspective, lebih mudah masarin fitur2 gimmick begituan dibanding BQ... coba bandingin aja, utk konsumen awam "mobil ini dilengkapi dengan paddle shift (pake kesan resing), sunroof, power back door, rem parkir elektrik hanya dgn tombol" sama "mobil ini dilengkapi dengan kabin senyap & material soft touch" lebih wow mana... menarik mungkin 2 2nya oke tapi it's about wow factor...
iya juga sih.. cuma melihat bq mobil2 zaman now yang mulai menurun , apakah ini imbas dari fitur2 yg makin berlimpah?
jadi dikasih fitur ini itu, tapi bq dikorbankan?
mengingat zaman sebelum keluar fitur2 berlimpah seperti sekarang ini, bq mobil zaman dulu terhitung sangat baik.. :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by ChZ »

adrevolution wrote: Sun Feb 11, 2018 11:52
Venturtle wrote: Sun Feb 11, 2018 10:11 ane paling demen build quality yang bagus, daripada fitur berlimpah seperti paddle shift, cruise control, electric park brake, power back door, sunroof,, tapi jarang kepake/ ga kepake.. :big_peace:
In marketing perspective, lebih mudah masarin fitur2 gimmick begituan dibanding BQ... coba bandingin aja, utk konsumen awam "mobil ini dilengkapi dengan paddle shift (pake kesan resing), sunroof, power back door, rem parkir elektrik hanya dgn tombol" sama "mobil ini dilengkapi dengan kabin senyap & material soft touch" lebih wow mana... menarik mungkin 2 2nya oke tapi it's about wow factor...
Tul, dulu jaman 2000 early jarang ada mobil pake erbeg dan ABS apalagi layar-layar bodoh... tapi kualitas bener-bener paripurna... liat interior Honda Estillo dan Honda CR-V 2001 rasanya gak kayak liat interior Civic dan CR-V zaman now yg detik pertama keluar dealer dah rattle... Masalahnya ya tau lah konsumen mintanya apa... kurang fitur, dibandingin sama merek A,B,C yang berani kasih fitur paripurna dengan harga sama... ya gampang ngasih fitur gituan wong sekarang produsen elektronik dari tiongkok makin banyak... ngaku aja fitur canggih padahal mana tau bikinnya jg last minute waktu RnD colokin sensor atau elektrikal murah... rusak tinggal ngeles... kan PR ATPM Indonesia paling jago soal ngeles...

Padahal sorry, menurut saya, fitur-fitur *bodoh* tersebut mayoritas gak kepake ya... cm buat keren-kerenan aja... Jujur, saya nyoba Mazda's new product sih secara ride suka banget, tapi begitu makin kesini dikasih MZD Connect lah, i-ACTIVSENSE lah, i-STOP lah... enjoyment tersebut berkurang karena ngurusin fitur - fitur tersebut... ujungnya dimatiin juga. Beda sama nyoba let's say Mazda CX-5 generasi awal yang blom ada MZD Connectnya... atau Mazda CX-7... sekarang even MX-5 yang driver's car juga dikasih layar itu... my God...

BTT... ngomongin build quality mobil - mobil saya...

2015 T32 Nissan X-Trail 2.5 CVT (26.000 on going...)
- AC bunyi "krekkk" waktu on-off...
- Handle pintu dan plat pintu rasanya nggak se-solid T31 X-Trail dulu... kayak kekaleng-kalengan...
- Kaki-kaki ridiculously ringkih... 26ribu dah ganti shock dan link stabilizer...
- Elektrikal gak kalah bodoh lagi... kemarin ganti ABS sensor habis sejuta... kayaknya gara-gara kena banjir dan kapan lalu ada sampah nyangkut di sensor ABSnya... lha ki piye to... seumur2 mobil kena banjir ABS sensor aman-aman aja...

2015 RU5 Honda HR-V Prestige 1.8 CVT (15.000 on going...)
- Kaki-kaki..... problem klasik
- Engine start-stop sensor broke down... mobil 2 hari gak bisa diapa-apain di rumah a.k.a ngelock (gara-gara gak sengaja aktifin rem parkir dan gobloknya lagi rem parkir gak bisa nonaktif pas mesin mati...)

2016 F652RM Toyota Avanza 1.3 G Auto (20.000 on going...)
- Setir bunyi klak-klek-klak-klek waktu diputer... avanza yang "reliable" they said...

Sisanya Civic Hatchback 2017 "blom" ketemu masalah... Toyota Harrier 2011 gak ada masalah serius padahal udah mau 7 tahun... Civic Sedan 2012 juga nggak ada masalah cuma interior ngelupas aja...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by nyotnyet »

Calya 2016 G A/T (odo 70.000 something)
- fan ac udah ganti, rusak karna terjang banjir, PnP punya avanza
- interior nglupas semua yg cat2an di door trim
- rattle di bagasi belakang (dari ban serep)

Innova 2011 V A/T diesel (77rb km)
- kaki2 minta jajan, masih bisa diakali, lumayan ngirit banyak hahahaha
- lainnya ga pernah aneh2 sih...ya penggantian normal aja

Mazda 8 2013
- dari saya beli dari si kucing mesum, belum pernah diapai2in, abis ini ultah 5 taun sama ban waktunya ganti

Soul Red zoom zoom
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by daftar »

belum ada yang review wuling nih,, mobil top sugestion di SM
:ngacir:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by FRD »

2014 brio e satya mt
cat bodi kayanya tipis banget, mudah baret alus, handle bagian dalem pake lion star keknya, panel gap everywhere...

2014 mobilio rs cvt
panelgap..., pw kanan belakang dah rusak (ga mau naik) skrg dah diganti, urusan dashboard ga usah gw jelasin lah ya kan dah pada tau gimana kualitas dashboard brio-mobilio 1st batch hahahaaa

2013 pajero sport dakar 4x2 (sold)
panel silver di dashboard gampang baret, sama "wadah" airbag di passenger side kaya ga rapi gt

2014 avanza 1.3 g mt
skrg odo 25rb rattle menggila, logo toyota dah ngelotok, heran mobil jarang jalan malah logo ngelotok duluan

2017 anki 2.0 g mt
blom nemu "cacat" nya sih mklum baru 1000km wkwkwkwkwkwkwk, aah ada 1 sih jeleknya, hu lemotnyaaa ampun wkwkwkwk tp ga masuk ke build quality kan ya itu..
:big_smoking:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by Venturtle »

ChZ wrote: Sun Feb 11, 2018 13:58
adrevolution wrote: Sun Feb 11, 2018 11:52
Venturtle wrote: Sun Feb 11, 2018 10:11 ane paling demen build quality yang bagus, daripada fitur berlimpah seperti paddle shift, cruise control, electric park brake, power back door, sunroof,, tapi jarang kepake/ ga kepake.. :big_peace:
In marketing perspective, lebih mudah masarin fitur2 gimmick begituan dibanding BQ... coba bandingin aja, utk konsumen awam "mobil ini dilengkapi dengan paddle shift (pake kesan resing), sunroof, power back door, rem parkir elektrik hanya dgn tombol" sama "mobil ini dilengkapi dengan kabin senyap & material soft touch" lebih wow mana... menarik mungkin 2 2nya oke tapi it's about wow factor...
Tul, dulu jaman 2000 early jarang ada mobil pake erbeg dan ABS apalagi layar-layar bodoh... tapi kualitas bener-bener paripurna... liat interior Honda Estillo dan Honda CR-V 2001 rasanya gak kayak liat interior Civic dan CR-V zaman now yg detik pertama keluar dealer dah rattle... Masalahnya ya tau lah konsumen mintanya apa... kurang fitur, dibandingin sama merek A,B,C yang berani kasih fitur paripurna dengan harga sama... ya gampang ngasih fitur gituan wong sekarang produsen elektronik dari tiongkok makin banyak... ngaku aja fitur canggih padahal mana tau bikinnya jg last minute waktu RnD colokin sensor atau elektrikal murah... rusak tinggal ngeles... kan PR ATPM Indonesia paling jago soal ngeles...

Padahal sorry, menurut saya, fitur-fitur *bodoh* tersebut mayoritas gak kepake ya... cm buat keren-kerenan aja... Jujur, saya nyoba Mazda's new product sih secara ride suka banget, tapi begitu makin kesini dikasih MZD Connect lah, i-ACTIVSENSE lah, i-STOP lah... enjoyment tersebut berkurang karena ngurusin fitur - fitur tersebut... ujungnya dimatiin juga. Beda sama nyoba let's say Mazda CX-5 generasi awal yang blom ada MZD Connectnya... atau Mazda CX-7... sekarang even MX-5 yang driver's car juga dikasih layar itu... my God...

BTT... ngomongin build quality mobil - mobil saya...

2015 T32 Nissan X-Trail 2.5 CVT (26.000 on going...)
- AC bunyi "krekkk" waktu on-off...
- Handle pintu dan plat pintu rasanya nggak se-solid T31 X-Trail dulu... kayak kekaleng-kalengan...
- Kaki-kaki ridiculously ringkih... 26ribu dah ganti shock dan link stabilizer...
- Elektrikal gak kalah bodoh lagi... kemarin ganti ABS sensor habis sejuta... kayaknya gara-gara kena banjir dan kapan lalu ada sampah nyangkut di sensor ABSnya... lha ki piye to... seumur2 mobil kena banjir ABS sensor aman-aman aja...

2015 RU5 Honda HR-V Prestige 1.8 CVT (15.000 on going...)
- Kaki-kaki..... problem klasik
- Engine start-stop sensor broke down... mobil 2 hari gak bisa diapa-apain di rumah a.k.a ngelock (gara-gara gak sengaja aktifin rem parkir dan gobloknya lagi rem parkir gak bisa nonaktif pas mesin mati...)

2016 F652RM Toyota Avanza 1.3 G Auto (20.000 on going...)
- Setir bunyi klak-klek-klak-klek waktu diputer... avanza yang "reliable" they said...

Sisanya Civic Hatchback 2017 "blom" ketemu masalah... Toyota Harrier 2011 gak ada masalah serius padahal udah mau 7 tahun... Civic Sedan 2012 juga nggak ada masalah cuma interior ngelupas aja...
ane juga kurang demen mobil yang punya banyak sensor2 dan fitur2 canggih.. ga kebayang aja kalo rusak diluar masa garansi.. :big_childish:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by Venturtle »

FRD wrote: Sun Feb 11, 2018 14:44 2014 brio e satya mt
cat bodi kayanya tipis banget, mudah baret alus, handle bagian dalem pake lion star keknya, panel gap everywhere...

2014 mobilio rs cvt
panelgap..., pw kanan belakang dah rusak (ga mau naik) skrg dah diganti, urusan dashboard ga usah gw jelasin lah ya kan dah pada tau gimana kualitas dashboard brio-mobilio 1st batch hahahaaa

2013 pajero sport dakar 4x2 (sold)
panel silver di dashboard gampang baret, sama "wadah" airbag di passenger side kaya ga rapi gt

2014 avanza 1.3 g mt
skrg odo 25rb rattle menggila, logo toyota dah ngelotok, heran mobil jarang jalan malah logo ngelotok duluan

2017 anki 2.0 g mt
blom nemu "cacat" nya sih mklum baru 1000km wkwkwkwkwkwkwk, aah ada 1 sih jeleknya, hu lemotnyaaa ampun wkwkwkwk tp ga masuk ke build quality kan ya itu..
anki setirnya berat ya, mod ? :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by ChZ »

Venturtle wrote: Sun Feb 11, 2018 15:00
ane juga kurang demen mobil yang punya banyak sensor2 dan fitur2 canggih.. ga kebayang aja kalo rusak diluar masa garansi.. :big_childish:
Cukup pesawat aja yang punya layar-layar banyak... mobil mah apa sih yang dipantau...

coba liat BMW 320i F30 dan BMW 323i E36 aja lah... interior jauh lebih sedap dipandang 323i E36... gak kebanyakan tombol... driver bisa lebih fokus nyetir.

Rusak di luar masa garansi sih makanan sehari - hari owner BMW 2005 up om... hehehe... ada aja errornya kebanyakan indikator...

dan skrg mobil jepangan mau niru kayak gitu... oh well... tapi terbukti kan emang mobil jepangan modern lebih mudah error di elektrikal ketimbang mekanikal... mirip sindromnya sama mobil Eropa...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by FRD »

Venturtle wrote: Sun Feb 11, 2018 15:03
FRD wrote: Sun Feb 11, 2018 14:44 2014 brio e satya mt
cat bodi kayanya tipis banget, mudah baret alus, handle bagian dalem pake lion star keknya, panel gap everywhere...

2014 mobilio rs cvt
panelgap..., pw kanan belakang dah rusak (ga mau naik) skrg dah diganti, urusan dashboard ga usah gw jelasin lah ya kan dah pada tau gimana kualitas dashboard brio-mobilio 1st batch hahahaaa

2013 pajero sport dakar 4x2 (sold)
panel silver di dashboard gampang baret, sama "wadah" airbag di passenger side kaya ga rapi gt

2014 avanza 1.3 g mt
skrg odo 25rb rattle menggila, logo toyota dah ngelotok, heran mobil jarang jalan malah logo ngelotok duluan

2017 anki 2.0 g mt
blom nemu "cacat" nya sih mklum baru 1000km wkwkwkwkwkwkwk, aah ada 1 sih jeleknya, hu lemotnyaaa ampun wkwkwkwk tp ga masuk ke build quality kan ya itu..
anki setirnya berat ya, mod ? :big_childish:
gak ahh om, biasa kok, dakar lebih berat... :ngacir:
:big_smoking:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by b8099ok »

Itu logo avanza ngelotok bukan krn kualitasnya kurang bagus. Tp cenderung krn kena iler FRD,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by vp920b »

Swedeppon wrote: Sat Feb 10, 2018 13:13
vp920b wrote: Sat Feb 10, 2018 4:44 BQ mobil yang ane inget yah..

1. VW Touareg 2005 V6
+Tough
+Mewah pada jamannya
+Interior sama dengan Phaeton(baby Bentley)
+Panel gap rapet
- electric seat sempet eror tidak jalan
- setir tidak mau naik pas kita keluar dari mobil
- tempat penyimpanan dashboard tengah berisik dan fragile
- platicnya dilapis karet mudah terkelontok
- sangking kuatnya tuh mobil, mobil beratnya 2.6ton jadinya, bikin bensin boros amit

Nanti lanjut lagi..
Kena brp om rata2 kebengkel dengan touareg ( pasti mahal tp rata2 di brp rupiah )
Waktu itu service besar 2 tahunan sekitar 5 juta rupiah saja.

Service kursi dan setir eror cuma 2 juta saja.

Sisanya ga ada problem
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by vp920b »

Lanjut lagi yah...

2. Mercy E200K W211 2004

+bau masih mercy jadul
+panel rapet
+tutup pintu khas mercy yang berat dan "bek"
+ bantingan comfort
-SBC brake, bikin was was
-beberapa tombol terkesan murah(hard plastic)
-mesin pincang ampe nginep di bengkel 2 bulan
-non electric seat dan folding mirror padahal termasuk premium sedan

3. BMW 523i E60 2006

+Sporty
+Bantingan pas antara comfort dan sport
+Panel gap rapat
+Soft touch dimana mana
-Plastic di kasih rubber sehingga mudah ngelontok
-Ban RFT pernah jebol dan harus ganti mahal banget, jadinya ganti velg dan ban biasa aja
-Harga jual drop super parah pada jamannya

4. Range Rover Vouge TDi 6 2006

+Bantingan super comfy
+Build quality superb, soft touch and leather everywhere
+Loads of offroad gadgets
+Terjang banjir ga takut
+Jual ga pakai rugi
-Spare part mahal
-Mesin lemot
-Suara mesin diesel masuk ke kabin(Beemer old 6 cylinder diesel engine)
-Transmisi lemot

5. Range Rover Sport TDV8 2010

+Bantingan sporty
+Build quality superb, wood panel and leather everywhere
+Off road capability and gadgets
+Sound system bagus, Meridian Sound System
+Kenceng sekali
+Jual pakai untung
-Transmisi mulai bermasalah mechatronicnya dan memang suka rusak pas tanya ama JLR
-Solar tetep boros(Dalkot 1:5)
-Terlalu keras kalau pakai ban profil 40, akhirnya ganti ke 50
-Ruangan di dalam agak sempit untuk penumpang belakang

Nanti lanjut lagi..
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by sandal »

2011 Fortuner G MT
Kulit setir terkelupas dan lengket udah mulai odo 30rb an

2013 Ertiga GX MT (udah dijual pd odo 42rb)
Setir ada bbrp bagian yg ngelupas, krum transmisi MT terkelupas, kaki2 udah mulai bunyi

2014 Brio Sport AT
Udah nggak usah bahas dasbor lagi, udah tahu kan :ngacir:, lip bumper depan bautnya udah ilang sebagian

2017 Ignis GX MT
Tuas Electric Mirror goyang

Itu dulu aja sih :ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by Swedeppon »

vp920b wrote: Mon Feb 12, 2018 0:12 Waktu itu service besar 2 tahunan sekitar 5 juta rupiah saja.

Service kursi dan setir eror cuma 2 juta saja.

Sisanya ga ada problem
Di vw pik atau ada specialist workshop?

Menarik juga yg tdi, konon yg diesel ada yg V10 juga ya?

Oh iya, dia sdh dsg?
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by adriangaut »

Suzuki Baleno SX4 2008 M/T (odo 176xxx ongoing)
Ada rattle daerah dashboard kanan (depannya area speedometer) gara" th 2010 nginjek lubang kecepatan cukup tinggi, rattlingnya sampe sekarang, diemin aja
Kursinya udah bunyi" ngik-ngik, diemin aja
Shift knob udah ngelupas, sampe tinggal besinya aja, udah ganti baru

Hyundai Tucson 2011 (odo 65xxx ongoing)
Kabin senyap, tapi materialnya kurang enak dilihat, agak shiny" reflektif gimana gitu, dan material sekitar shifter sudah baret"

Mercedes-Benz 300E 1988 M/T (odo 168xxx ongoing)
Dashboard senyap no rattle, tapi kisi" ac udah pada patah, bahan dashboardnya bagus bgt
Kursi juga udah rada bunyi ngik"
Tutup speaker belakang udah pada patah, karena panas jadi getas sepertinya, umur juga sih...

Mercedes-Benz C230 Sport 2006 (odo 93xxx ongoing)
Ada rattle sedikit kalau lewat jalan gak rata, kursi juga rada bunyi ngik" mirip sama SX4, tapi gak parah
Sensor seatbelt sebelah kiri sepertinya rusak, warning nyala terus, solusinya pakein aja seatbeltnya terus meskipun lg sendirian, gak ganggu
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by Senargitar »

ChZ wrote: Sun Feb 11, 2018 13:58
adrevolution wrote: Sun Feb 11, 2018 11:52
Venturtle wrote: Sun Feb 11, 2018 10:11 ane paling demen build quality yang bagus, daripada fitur berlimpah seperti paddle shift, cruise control, electric park brake, power back door, sunroof,, tapi jarang kepake/ ga kepake.. :big_peace:
In marketing perspective, lebih mudah masarin fitur2 gimmick begituan dibanding BQ... coba bandingin aja, utk konsumen awam "mobil ini dilengkapi dengan paddle shift (pake kesan resing), sunroof, power back door, rem parkir elektrik hanya dgn tombol" sama "mobil ini dilengkapi dengan kabin senyap & material soft touch" lebih wow mana... menarik mungkin 2 2nya oke tapi it's about wow factor...
Tul, dulu jaman 2000 early jarang ada mobil pake erbeg dan ABS apalagi layar-layar bodoh... tapi kualitas bener-bener paripurna... liat interior Honda Estillo dan Honda CR-V 2001 rasanya gak kayak liat interior Civic dan CR-V zaman now yg detik pertama keluar dealer dah rattle... Masalahnya ya tau lah konsumen mintanya apa... kurang fitur, dibandingin sama merek A,B,C yang berani kasih fitur paripurna dengan harga sama... ya gampang ngasih fitur gituan wong sekarang produsen elektronik dari tiongkok makin banyak... ngaku aja fitur canggih padahal mana tau bikinnya jg last minute waktu RnD colokin sensor atau elektrikal murah... rusak tinggal ngeles... kan PR ATPM Indonesia paling jago soal ngeles...

Padahal sorry, menurut saya, fitur-fitur *bodoh* tersebut mayoritas gak kepake ya... cm buat keren-kerenan aja... Jujur, saya nyoba Mazda's new product sih secara ride suka banget, tapi begitu makin kesini dikasih MZD Connect lah, i-ACTIVSENSE lah, i-STOP lah... enjoyment tersebut berkurang karena ngurusin fitur - fitur tersebut... ujungnya dimatiin juga. Beda sama nyoba let's say Mazda CX-5 generasi awal yang blom ada MZD Connectnya... atau Mazda CX-7... sekarang even MX-5 yang driver's car juga dikasih layar itu... my God...

Pantes crv ngasih hu sampah begitu... menurut honda mungkin bagus dikasih hu sampah dari pada layar-layar bodoh
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by ChZ »

Senargitar wrote: Tue Feb 13, 2018 5:38
Pantes crv ngasih hu sampah begitu... menurut honda mungkin bagus dikasih hu sampah dari pada layar-layar bodoh
honda sih gak dikasih fitur juga gakpapa tapi dijual sama harganya kayak yang full fitur...

cvvan oriented :mky_02: kami menghargai investasi anda dengan inovasi di bidang cvvan :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by vp920b »

Swedeppon wrote: Tue Feb 13, 2018 4:13
vp920b wrote: Mon Feb 12, 2018 0:12 Waktu itu service besar 2 tahunan sekitar 5 juta rupiah saja.

Service kursi dan setir eror cuma 2 juta saja.

Sisanya ga ada problem
Di vw pik atau ada specialist workshop?

Menarik juga yg tdi, konon yg diesel ada yg V10 juga ya?

Oh iya, dia sdh dsg?
Di audi MT Haryono sekalian bokap kerja.

TDI ada V10 tapi entah pada bisa ngurus apa gak. Jeleknya yang V10 TDI tidak air sus, padahal bantingan enak airsus.

Belum DSG, 6 speed auto biasa..
User avatar
ripratama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by ripratama »

Suzuki Swift GL (CBU) 2006, beli dari baru.

Strengths:
+ Superior build quality, no rattle (kecuali dari bagian knalpot yg diganti karena double muffler facelift GT total) walaupun sdh 12 thn
+ Fitur beda jauh dgn CKD - ABS, double airbag, steering wheel remote, trip computer (skrg sudah jamak, tapi di 2006 termasuk unggulan)
+ Panel gap minim, presisi
+ Cat pearl white eksterior masih putih tidak menguning

Weaknesses:
- Lampu kiri depan sudah ngembun (bisa diservis)
- Foglamp depan keruh (tidak bisa dibersihkan)
- Cat pearl white bagian engine bay menguning (efek suhu mesin?)
- Remote kunci berfungsi intermittent - kadang mau, kadang sulit. Bukan krn batere


Mercedes Benz E250 2010, beli second tahun lalu

Strengths:
++++ too many to write, intinya BQ body, interior dll superb quality KECUALI ... (lihat bawah)

Weaknesses:
- interior trim premature wear, ngelupas baik tombol central lock, power window, maupun trim center console
- hose turbo retak di lapisan luarnya (happened twice now, dulu C200 skrg E250 ini) - ga bahaya tapi jelek dilihat
- speaker sudah rusak (mungkin owner sebelum saya suka stel keras2x)
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by farizfsa »

ripratama wrote: Wed Feb 14, 2018 3:37 Mercedes Benz E250 2010, beli second tahun lalu

Strengths:
++++ too many to write, intinya BQ body, interior dll superb quality KECUALI ... (lihat bawah)

Weaknesses:
- interior trim premature wear, ngelupas baik tombol central lock, power window, maupun trim center console
- hose turbo retak di lapisan luarnya (happened twice now, dulu C200 skrg E250 ini) - ga bahaya tapi jelek dilihat
- speaker sudah rusak (mungkin owner sebelum saya suka stel keras2x)
kalo speaker mah emang bawaan nya cupu, cuma busa speaker rontok, benerin cuma 400rb kok 2 speaker. interior trim yg pake rubber coating kaya pencetan2 tombol ini itu jangan pake kuku om mencetnya, pake buku jari jamin lebih awet.

tambanin deh E300 W212 2010 akhir

Strengths
++++ sama aja kaya om diatas, gap antar panel rapet baik exterior dan interior, nutup pintu juga enak bunyi nya dep ga klontang2, electric no problem, mbl udah 10 tahun 0 malfunction

weakness
- speaker busa nya brodol, udh dibenerin total 4 speaker 800rb
- sedikit rattle di dashboard bagian kanan, males urusin
- bunyi ac desis dikit, ga sunyi

CLK 230 2001 awal
strengths
+++ interior hampir ga ada rattle
+++ interior gap nya lumayan oke
+++ mesin no problem udah mau 17 tahun cuma perawatan rutin aja
+++ kaki2 kuat sama kaya mesin
+++ audio ga pernah masalah (by Bose)

weakness
--- elektrik suka labil, kunci suka tiba2 ga mau baca, (3x dalam 17 tahun), suka dibilang lampu ada yg defect tp padahal ga ada
--- panel gap exterior besar2
--- lampu depan gampang kotor
--- buka tutup pintu payah, bunyi ga enak, nutup pintu jg ga halus
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki

Post by ChZ »

interior premature wear ada yang lebih parah... saya kapan hari dipinjami Camry 2008 2.4V setir dah menjijikkan item-item semua, dipegang lengket-lengket...

trus tombol hazard bisa lepas...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7