Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by ChZ »

Pernyataan yang menarik...

karena jujur, mayoritas pabrikan "kecil" selalu berkompetisi menghadirkan fitur lengkap - harga bersahabat. Sudah banyak contoh kasusnya.

Subaru - mobil AWD dijual seharga mobil FWD, ternyata ngemplang pajak.
Ford - kabur. Entah karena selama ini jual rugi, atau memang pasarnya nggak prospektif...
Mazda - sekarang jadi mahal banget kan padahal dulu harganya mirip kompetitor.
VW - Ini apalagi... Golf MK.6 dulu harganya mepet malah lebih murah dari Honda Civic, sekarang ya begitulah harganya... mahal banget. Tiguan dulu harganya mepet - mepet aja sama CR-V skrg 150 jt lebih mahal dari CR-V...

Seneng sih klo ada pabrikan yang bisa kasih harga kompetitif dengan kelengkapan yang mantap banget... Tapi di sisi lain ane juga masih menaruh curiga terhadap skema permainan harganya. Wuling ini unik, karena kita tau dia merek China yang terkenal bikin barang murah.

Kemungkinannya :
- Major brands kayak Dai/Toyo/Hon yang kemahalan
- Merek Wuling taktiknya sama kayak merek lain (spt dikatakan di artikel)
- Merek Wuling ambil margin kecil
- Memang harga part nya lebih murah
- Ada "permainan"
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
LTZ
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by LTZ »

daihatsu mulai terpicu, dan mulai "lieur" dengan strategi SGMW....
intinya sih overprice ha ha ha :mky_02:
LJ479QNE2
User avatar
LTZ
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by LTZ »

ChZ wrote: Wed Jan 17, 2018 6:05 Pernyataan yang menarik...

karena jujur, mayoritas pabrikan "kecil" selalu berkompetisi menghadirkan fitur lengkap - harga bersahabat. Sudah banyak contoh kasusnya.

Subaru - mobil AWD dijual seharga mobil FWD, ternyata ngemplang pajak.
Ford - kabur. Entah karena selama ini jual rugi, atau memang pasarnya nggak prospektif...
Mazda - sekarang jadi mahal banget kan padahal dulu harganya mirip kompetitor.
VW - Ini apalagi... Golf MK.6 dulu harganya mepet malah lebih murah dari Honda Civic, sekarang ya begitulah harganya... mahal banget. Tiguan dulu harganya mepet - mepet aja sama CR-V skrg 150 jt lebih mahal dari CR-V...

Seneng sih klo ada pabrikan yang bisa kasih harga kompetitif dengan kelengkapan yang mantap banget... Tapi di sisi lain ane juga masih menaruh curiga terhadap skema permainan harganya. Wuling ini unik, karena kita tau dia merek China yang terkenal bikin barang murah.

Kemungkinannya :
- Major brands kayak Dai/Toyo/Hon yang kemahalan
- Merek Wuling taktiknya sama kayak merek lain (spt dikatakan di artikel)
- Merek Wuling ambil margin kecil
- Memang harga part nya lebih murah
- Ada "permainan"
mau berpendapat ya om, menurut saya yang point 1, point 3 dan 4 itu yang terjadi sekarang ini...
kalau untuk permainan, hmm bisa saja memang ada
LJ479QNE2
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by vipere »

Rundeer wrote: Wed Jan 17, 2018 4:18
farizfsa wrote: Wed Jan 17, 2018 4:09
Syauqi wrote: Wed Jan 17, 2018 3:51
Yang saya agak triggered itu waktu dia membahas kenapa daihatsu ga pake cvt, alasannya karena "cvt itu mahal trus kita mau jual brp ke konsumen ..." hahahaha..

Bilang aja kalo males develop teknologi mbak..
wakaka sedangkan datsun go cross sekarang pake cvt

banyak alesan nih toyodai sa ae
Dulu jg nih
Q: kenapa 42ner pake rem belakang tromol?
A: agar rem tidak mudah kotor (karena tertutup) dan cocok dengan medan berat.

Q: apa pentingnya sunroof di sebuah MPV?
A: sunroof tidak (terlalu) penting, kecuali Anda sering merokok.

:wkkk:

Dulu waktu Xenia belum ada airbag :
Soal ini, giliran Direktur MArketing Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra yang menjawabnya. Ia mengatakan, kedua fitur tersebut belum terlalu diperlukan untuk kondisi jalan raya di Indonesia.
"Konsumen kami masih belum membutuhkan rem ABS dan Airbags. Belum lagi, ini sangat mahal harganya buat mereka. Kalau ditambahkan bisa mempengaruhi harga jual. Jadi memang belum perlu," papar Amelia.
"Fitur keselamatan kita sudah cukup. Kita sudah uji tabrak dan uji lainnya. Tambahan fitur keselamatan malah akan menambah cost. Pengguna Xenia
masih belum butuh ABS dan airbag," ujarnya saat itu.

----
New Terios hanya 2 air bag :
Soal airbag hanya dua buah untuk pengemudi dan penumpang depan ini, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra punya alasannya.
"Dari survei yang kami lakukan, kebanyakan konsumen di pasar maunya seperti itu, kantung udara dua di depan," ujarnya di Jakarta.
Sedangkan untuk fitur keselamatan di bagian belakang, lanjut Amel menjelaskan, di Terios anyar sudah ada fitur yang dianggap mampu menggantikan peran kantung udara.
"Sudah ada Side Impact Beam, di bagian samping belakang kanan kiri," katanya.
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Winz »

vipere wrote: Wed Jan 17, 2018 6:35
Rundeer wrote: Wed Jan 17, 2018 4:18
farizfsa wrote: Wed Jan 17, 2018 4:09

wakaka sedangkan datsun go cross sekarang pake cvt

banyak alesan nih toyodai sa ae
Dulu jg nih
Q: kenapa 42ner pake rem belakang tromol?
A: agar rem tidak mudah kotor (karena tertutup) dan cocok dengan medan berat.

Q: apa pentingnya sunroof di sebuah MPV?
A: sunroof tidak (terlalu) penting, kecuali Anda sering merokok.

:wkkk:

Dulu waktu Xenia belum ada airbag :
Soal ini, giliran Direktur MArketing Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra yang menjawabnya. Ia mengatakan, kedua fitur tersebut belum terlalu diperlukan untuk kondisi jalan raya di Indonesia.
"Konsumen kami masih belum membutuhkan rem ABS dan Airbags. Belum lagi, ini sangat mahal harganya buat mereka. Kalau ditambahkan bisa mempengaruhi harga jual. Jadi memang belum perlu," papar Amelia.
"Fitur keselamatan kita sudah cukup. Kita sudah uji tabrak dan uji lainnya. Tambahan fitur keselamatan malah akan menambah cost. Pengguna Xenia
masih belum butuh ABS dan airbag," ujarnya saat itu.

----
New Terios hanya 2 air bag :
Soal airbag hanya dua buah untuk pengemudi dan penumpang depan ini, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra punya alasannya.
"Dari survei yang kami lakukan, kebanyakan konsumen di pasar maunya seperti itu, kantung udara dua di depan," ujarnya di Jakarta.
Sedangkan untuk fitur keselamatan di bagian belakang, lanjut Amel menjelaskan, di Terios anyar sudah ada fitur yang dianggap mampu menggantikan peran kantung udara.
"Sudah ada Side Impact Beam, di bagian samping belakang kanan kiri," katanya.
Ga Atoyot GA daih*ts* sama2 pinter ngeles dan edukasi :mky_07:
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Tats »

ChZ wrote: Wed Jan 17, 2018 6:05 Pernyataan yang menarik...

karena jujur, mayoritas pabrikan "kecil" selalu berkompetisi menghadirkan fitur lengkap - harga bersahabat. Sudah banyak contoh kasusnya.

Subaru - mobil AWD dijual seharga mobil FWD, ternyata ngemplang pajak.
Ford - kabur. Entah karena selama ini jual rugi, atau memang pasarnya nggak prospektif...
Mazda - sekarang jadi mahal banget kan padahal dulu harganya mirip kompetitor.
VW - Ini apalagi... Golf MK.6 dulu harganya mepet malah lebih murah dari Honda Civic, sekarang ya begitulah harganya... mahal banget. Tiguan dulu harganya mepet - mepet aja sama CR-V skrg 150 jt lebih mahal dari CR-V...

Seneng sih klo ada pabrikan yang bisa kasih harga kompetitif dengan kelengkapan yang mantap banget... Tapi di sisi lain ane juga masih menaruh curiga terhadap skema permainan harganya. Wuling ini unik, karena kita tau dia merek China yang terkenal bikin barang murah.

Kemungkinannya :
- Major brands kayak Dai/Toyo/Hon yang kemahalan
- Merek Wuling taktiknya sama kayak merek lain (spt dikatakan di artikel)
- Merek Wuling ambil margin kecil
- Memang harga part nya lebih murah
- Ada "permainan"
Sebenernya masih ada chevy yg jual produk relatif murah tp masih berkualitas juga
Seperti TB yang lebih murah dr kompetitor tp powernya terbesar (berdasarkan brosurnya)
Atau trax 1.4 turbo yg imported from south korea tapi harganya mepet crv 1.5 e ckd
Tapi sayangnya belum selaris produk2 jepang spt toyodai dan honda ini

Untuk ford kalau opini sy mereka itu rugi dan penjualannya terus menurun
Mobil2 mereka yg terlaris (fiesta dan ecosport) pakai transmisi dct yg bermasalah itu
Jadinya banyak yg klaim garansi dll menyebabkan keuntungannya terus tergerus (apakah ini tanggung jawab FMI atau ford pusat cmiiw)
Terbentuk lah image ford yg kurang reliable, menyebabkan penjualannya menurun
Lalu produk2 baru ford dikembangkan untuk global, akibatnya everest saat itu berharga 650jt
Kalau saya jadi mereka pun akan pusing sekali berjualan mobil yg lebih mahal dr kompetitor jepang dengan keadaan image mereka yg "katanya" kurang reliable

Melihat kata om chz di atas sy kira wuling sangat wajar memberikan harga yg murah
Kemungkinan2 mengapa bisa ngasih harga murah tsbt hanya wuling yg tau hahaha
Kalau sy liat, strategi pricing mereka itu untuk membuat orang2 yg mau coba pakai wuling tertarik
Mungkin harapannya produk yg murah tsbt ternyata sangat memuaskan konsumennya dan bisa bikin word of mouth yg positif
Seperti kata om NR, org indo lebih suka denger kata org dibanding cari fakta sendiri
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by mobilover »

Si amelia PRnya daihatsu kan emg ratu ngeles. Intinya cari alasan spy daihatsu paling bener di mata konsumen. Banyak pernyataan ngeyelnya dia yg akhirnya jilat ludah sendiri haha....
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by vp920b »

Lebih baik wuling tidak menanggapi dan abis ini keluarin cortez dengan harga yang lebih menggiurkan lagi..

Bisa kacau deh produk yang baru keluar..
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by coklatMetalik »

Rundeer wrote: Wed Jan 17, 2018 4:18
farizfsa wrote: Wed Jan 17, 2018 4:09
Syauqi wrote: Wed Jan 17, 2018 3:51
Yang saya agak triggered itu waktu dia membahas kenapa daihatsu ga pake cvt, alasannya karena "cvt itu mahal trus kita mau jual brp ke konsumen ..." hahahaha..

Bilang aja kalo males develop teknologi mbak..
wakaka sedangkan datsun go cross sekarang pake cvt

banyak alesan nih toyodai sa ae
Dulu jg nih
Q: kenapa 42ner pake rem belakang tromol?
A: agar rem tidak mudah kotor (karena tertutup) dan cocok dengan medan berat.

Q: apa pentingnya sunroof di sebuah MPV?
A: sunroof tidak (terlalu) penting, kecuali Anda sering merokok.

:wkkk:
Iya ngapain sih MPV pake sunroof
Kyknya Cuma buat bikin laku obat jamur kaca aja

:ngacir: :ngacir:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by ChZ »

LTZ wrote: Wed Jan 17, 2018 6:09 mau berpendapat ya om, menurut saya yang point 1, point 3 dan 4 itu yang terjadi sekarang ini...
kalau untuk permainan, hmm bisa saja memang ada
Soalnya dari empat contoh di atas yang saya sebutin... saya sih udah curiga pertama ama yang nomer satu, tapi sama nomer empat juga curiganya sama : harga perkenalan murah abis, giliran new model dimahalin buat nutupin rugi-rugi margin waktu jual pertama...
Tats wrote: Wed Jan 17, 2018 7:19
Sebenernya masih ada chevy yg jual produk relatif murah tp masih berkualitas juga
Seperti TB yang lebih murah dr kompetitor tp powernya terbesar (berdasarkan brosurnya)
Atau trax 1.4 turbo yg imported from south korea tapi harganya mepet crv 1.5 e ckd
Tapi sayangnya belum selaris produk2 jepang spt toyodai dan honda ini

Untuk ford kalau opini sy mereka itu rugi dan penjualannya terus menurun
Mobil2 mereka yg terlaris (fiesta dan ecosport) pakai transmisi dct yg bermasalah itu
Jadinya banyak yg klaim garansi dll menyebabkan keuntungannya terus tergerus (apakah ini tanggung jawab FMI atau ford pusat cmiiw)
Terbentuk lah image ford yg kurang reliable, menyebabkan penjualannya menurun
Lalu produk2 baru ford dikembangkan untuk global, akibatnya everest saat itu berharga 650jt
Kalau saya jadi mereka pun akan pusing sekali berjualan mobil yg lebih mahal dr kompetitor jepang dengan keadaan image mereka yg "katanya" kurang reliable

Melihat kata om chz di atas sy kira wuling sangat wajar memberikan harga yg murah
Kemungkinan2 mengapa bisa ngasih harga murah tsbt hanya wuling yg tau hahaha
Kalau sy liat, strategi pricing mereka itu untuk membuat orang2 yg mau coba pakai wuling tertarik
Mungkin harapannya produk yg murah tsbt ternyata sangat memuaskan konsumennya dan bisa bikin word of mouth yg positif
Seperti kata om NR, org indo lebih suka denger kata org dibanding cari fakta sendiri
Itu yang mereka harap dipikirkan oleh pasar.

Ford Motor setau saya di benua manapun juga terkenal kurang reliable dan bermasalah, Chevrolet juga termasuk, liat deh videonya John Cadogan (autoexpertTv). Dimaki-maki tuh dua merek sama dia.

On paper sih mereka keliatan menawarkan produk yang menggiurkan banget dengan harga sama (bahkan lebih murah) daripada Japs competitor yaa... Tapi kan nggak tau di balik "harga murah" itu ada apa aja...

Wuling nurut saya menarik di mata orang Indonesia karena dia masuk ke segmen paling rame di Indonesia. Ya bagus-bagus aja kalo Wuling bisa established di sini. Malah dealer Chevrolet sekarang kelakuannya kayak Nissan, ikut jualan Wuling.

Saya sih masih percaya harga itu bukan settingan "jual rugi" atau ngemplang pajak karena ini produk China. Yah, setidaknya itu bagusnya produk China krn udah punya imej murah... jd mo naik jg naik seberapa sih... cm entah bisa last berapa lama.
mobilover wrote: Wed Jan 17, 2018 7:21 Si amelia PRnya daihatsu kan emg ratu ngeles. Intinya cari alasan spy daihatsu paling bener di mata konsumen. Banyak pernyataan ngeyelnya dia yg akhirnya jilat ludah sendiri haha....
Yah namanya PR perusahaan kerjanya ya ngeles om :mky_01: termasuk TAM saat putu jedug heboh ya ngelesnya PRnya banyak banget termasuk "butuh edukasi"... gile orang beli mobil gopek tiau disangka beli LCGC butuh edukasi pake mobil :mky_01:

Cm klo dipikir-pikir, bener ga orang indonesia "gak butuh" safety ? :big_grin: ya gak bisa dijadiin alasan buat gak memberikan, cuman kenyataannya safety features ada di nomer berapa ketika orang Indonesia milih mobil ? nyetirnya seberapa "safe" ? :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Tats »

ChZ wrote: Wed Jan 17, 2018 7:58 Itu yang mereka harap dipikirkan oleh pasar.

Ford Motor setau saya di benua manapun juga terkenal kurang reliable dan bermasalah, Chevrolet juga termasuk, liat deh videonya John Cadogan (autoexpertTv). Dimaki-maki tuh dua merek sama dia.

On paper sih mereka keliatan menawarkan produk yang menggiurkan banget dengan harga sama (bahkan lebih murah) daripada Japs competitor yaa... Tapi kan nggak tau di balik "harga murah" itu ada apa aja...

Wuling nurut saya menarik di mata orang Indonesia karena dia masuk ke segmen paling rame di Indonesia. Ya bagus-bagus aja kalo Wuling bisa established di sini. Malah dealer Chevrolet sekarang kelakuannya kayak Nissan, ikut jualan Wuling.

Saya sih masih percaya harga itu bukan settingan "jual rugi" atau ngemplang pajak karena ini produk China. Yah, setidaknya itu bagusnya produk China krn udah punya imej murah... jd mo naik jg naik seberapa sih... cm entah bisa last berapa lama.
Ya betul om chz
Sekarang masih terlihat stakeholder wuling itu masih gambling
Baik pihak wuling yg masih menggodok value yg dibutuhkan dan diinginkan konsumen indo
Maupun konsumen yg blm tau wuling produknya spt apa, istilahnya masih coba2

Saya ikut sharing sedikit selama ini pengalaman pakai mobil non mainstream utk sehari2 sy
Kebetulan sy pernah pakai ford escape 3.0 2004, sparepartnya mahal sekali
Penggunaan escape saya sama persis dgn cerita sy dibawah nanti, silahkan disimak terus ya hehehe
Di saat yg sama saya pakai bavarian car, sparepartnya rasanya lebih murah
Saat itu ford dan bimmer sy cukup rewel jd sy ganti keduanya
Saya setuju memang ford sparepartnya tergolong mahal dan agak rewel

Lalu 2009 sy pakai captiva awd diesel, cukup awet dan harga sparepartnya mirip pjs dakar
Mobil ini sampai skr masih sy jadikan mobil tempur ke proyek2 di perdesaan dgn jalanan semi-offroad karena awd
Dulu sy sempat pakai rush 2008 buat transport karyawan kantor sy
Baru setahun kaki2nya udh minta ganti, akhirnya sy ganti aja mobilnya sekalian hahaha
Rushnya diganti innova d4d 2009an, kondisi skr udh ganti shock KYB krn yg aslinya udh lemah
Pdhl captiva saya dr tahun 2009 smp skr kaki2nya hanya baru ganti bearing aja, that's it
Tapi service per 6 bulan memang lebih mahal dari innova d4d
Mobil2 tersebut dipakai dgn rute yg sama dan selalu beriringan
Partnya captiva termasuk awet kok om, asal bisa pakai dgn benar aja
Disini byk yg pakai solbus dan marah2 bilang kurang reliable pdhl gara2 kesalahan mereka juga
Sy pakai dex dari baru dan selalu bela2in cari dex galonan di daerah2 terpencil

Karena puas dgn captiva sy, akhirnya sy pilih trax 2016 sbg mobil harian sy di kota
Traxnya menggantikan sx4 jadul sy untuk tempur di perkotaan
So far so good, mobil ini lumayan fun to drive dan ga rewel sama sekali
Walau pake pertamax turbo, pengeluaran sy utk bensin lebih dikit dibanding sx4 pakai pertamax 92
Skr pergi2 keluar kota sy byk pakai trax, akibatnya mobil "liburan" sy lebih sering jd garage queen hahaha
Pdhl rencananya trax ini cuma jd mobil dalam kota

Sy rasa chevy skr udah cukup reliable, bahkan lebih awet dari produk yg katanya paling reliable
Memang chevy zafira, optra, dan blazer dulu memang rewel krn karyawan sy ada yg pakai dan kerjaannya ngebengkel trus hahaha
Namun dari keunggulannya ada kelemahan juga, sy rasa mobilnya kurang keren desain eksteriornya
Lalu jumlah bengkelnya juga kurang banyak sehingga harus antri, untung ga terlalu jauh dr rumah sy
Kalau di luar negeri yg taxnya based on emission, chevy ini emisinya agak kurang bagus sehingga membebani pemiliknya
Sy temukan keluhan emisinya waktu research mau beli captiva dan trax ini, silahkan googling
Karena di indo blm ada aturan ttg emisi jd sy ambil produk2 chevy
Sori om chz jd oot, sy hanya ingin cerita ttg pengalaman sy aja harap dimaklumi :ngacir:
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by rajapb »

ini ibu amel dari dulu statement nya suka bikin senyum2 sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by kunaskun »

jadi keingat post om NR kemaren2: kebiasaan dikasih (ke)mahal(an) jadi dikasih yang murah malah bingung.
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Rundeer »

Apa yang tidak diberikan (fitur) pasti alasannya karena "permintaan konsumen". Konsumen dijadikan tameng ha ha ha...

- no airbags no rem abs, konsumen yang minta
- lampu projector disunat, konsumen yang minta
- airbags cuma 2, konsumen yang minta

Dan yg bener" diminta konsumen gak diturutin...
ex:
- VSC ESC di sebvah SUV 1/2M, gak diturutin sampe sekarang
- fitur keselamatan lengkap di semua tipe (not top trim only), gak diturutin jg (kecuali AN Rush)

conclusion:
jadi yang minta fitur keselamatan minim, fitur sunat, dsb. itu KONSUMEN YANG MANA??
Last edited by Rundeer on Wed Jan 17, 2018 11:08, edited 1 time in total.
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Herman7103 »

Untuk Wuling yg confero memang setting harganya sdh oke banget menurut pendapat pribadi saya. Tinggal pembuktian realibility dan after sales sj. Bila saja nanti di masa yg akan dtg byk costumernya satisfy dgn after sales, realibility Mobil serta harga sparepartnya yg terjangkau dan ready stock kurasa major costumer LCGC dan LMPV akan berpikir ngapain beli yg mahal kalau yg lebih murah ini aja sdh cukup terbukti realibility nya. Bagus utk edukasi calon first buyer dan memacu pabrikan lain utk lebih kompetitif. Ibarat kata Wuling aja bisa jual OTR segitu dgn fitur fitur lebih, bagaimana dgn pabrikan lainnya?
:glodak:
HR15DE 2014
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by maastricht889 »

Bu, bu, alesan kok nggak berubah dari jaman bahula, mbok buat alesan yg lebih pinter dan kreatip dikit, kl ibu bahas wuling soal harga keliatan dong kalo produknya ustahiad agak kegoyang2 ini
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by mike22 »

ChZ wrote: Wed Jan 17, 2018 6:05 Pernyataan yang menarik...

karena jujur, mayoritas pabrikan "kecil" selalu berkompetisi menghadirkan fitur lengkap - harga bersahabat. Sudah banyak contoh kasusnya.

Subaru - mobil AWD dijual seharga mobil FWD, ternyata ngemplang pajak.
Ford - kabur. Entah karena selama ini jual rugi, atau memang pasarnya nggak prospektif...
Mazda - sekarang jadi mahal banget kan padahal dulu harganya mirip kompetitor.
VW - Ini apalagi... Golf MK.6 dulu harganya mepet malah lebih murah dari Honda Civic, sekarang ya begitulah harganya... mahal banget. Tiguan dulu harganya mepet - mepet aja sama CR-V skrg 150 jt lebih mahal dari CR-V...

Seneng sih klo ada pabrikan yang bisa kasih harga kompetitif dengan kelengkapan yang mantap banget... Tapi di sisi lain ane juga masih menaruh curiga terhadap skema permainan harganya. Wuling ini unik, karena kita tau dia merek China yang terkenal bikin barang murah.

Kemungkinannya :
- Major brands kayak Dai/Toyo/Hon yang kemahalan
- Merek Wuling taktiknya sama kayak merek lain (spt dikatakan di artikel)
- Merek Wuling ambil margin kecil
- Memang harga part nya lebih murah
- Ada "permainan"
Kemungkinan karena ternyata stelah berkorban harga ternyata penjualannya juga kurang (jangan2 selalu ga nyampe target penjualannya) akhirnya ya mereka jadi milih jual seadanya saja drpd korban harga tp angka penjualannya jg segitu2 aja.
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Harchi »

rajapb wrote: Wed Jan 17, 2018 9:08 ini ibu amel dari dulu statement nya suka bikin senyum2 sendiri
namanya juga Diahasut....ya gitu deh
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Bulgogi »

Kan sudah di bahas di thread wuling..

Wuling itu ngga ada divisi R&D..
Mesin confero nyomot punya spin..
Mesin cortez nyolong dr corolla..

Jadi ya jelas murahlah..
imanoff
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by imanoff »

Makin banyak kompetitor makin baik. Ada inovasi. Ada less asymmetric information. Harga equilibrium baru yang lebih optimal akan terbentuk. Customer yang akhirnya akan diuntungkan.

After all, only time will tell. Apakah akan hilang seperti motor cina dulu yang ditelan Honda/Yamaha atau seperti Xiaomi yang bisa membayangi Apple/Samsung.
Dnisbo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xtrail T31

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Dnisbo »

Tadi sore liat dan duduk wuling cortez di mall, kaget juga dengan harga estimasi yg segitu, dapet fitur yg lengkap banget, ya walaupun kulit di jok dan steer agak berasa sintetik :mky_03:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by liemivan86 »

Bulgogi wrote:Kan sudah di bahas di thread wuling..

Wuling itu ngga ada divisi R&D..
Mesin confero nyomot punya spin..
Mesin cortez nyolong dr corolla..

Jadi ya jelas murahlah..
Saya baru tau nih kalo ternyata mobil itu yang perlu di R&D cuma mesin nya doang.. Thanks buat pengetahuan baru nya Om..

Berarti desain exterior, interior, fitur, chassis, sistem produksi, dll itu semua bisa langsung keluar ya, tanpa perlu R&D..
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Bulgogi »

liemivan86 wrote:
Bulgogi wrote:Kan sudah di bahas di thread wuling..

Wuling itu ngga ada divisi R&D..
Mesin confero nyomot punya spin..
Mesin cortez nyolong dr corolla..

Jadi ya jelas murahlah..
Saya baru tau nih kalo ternyata mobil itu yang perlu di R&D cuma mesin nya doang.. Thanks buat pengetahuan baru nya Om..

Berarti desain exterior, interior, fitur, chassis, sistem produksi, dll itu semua bisa langsung keluar ya, tanpa perlu R&D..
Its just satires man.. dont be serious..

At least mereka nda perlu keluar uang utk mikir keras bangun arsitektur dasarnya dr nol.. mereka r&d sisanya saja..
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by b8099ok »

patrickstar wrote: Wed Jan 17, 2018 6:03 btw, kalo kita liat dari segi kesejahteraan karyawan gimana ya ...
krn info yg saya dapat, kary dai & vendor suppliernya cukup happy selama ini, alias diatas rata-rata apalagi sering lembur.
kalo wuling kan harganya murah, jadi profit lebih sedikit untuk per unitnya.
apakah kary wuling digaji mentok umr karena kalo diberita, karyawan pabrik di china sana sering diperlakukan sadis-sadis yak.
Jd supplier "astor" tiap taun disuru cost cutting x%. Harga parts bukannya naik kyk umr malah turun.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by gobale »

jgn kasih murah2 lah....ntar dikira selama ini marginnya gede banget.....potensi naikin pajak niii.....