Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by fabreguz »

sesuai dgn judul

pake kata2 overtake ben keyen sperti di balapan formula one :mky_03: :mky_01:
karna newbie tok pnasaran denger beberapa opini kalo metik cmn enak di dalam kota yg macet, tapi begitu udah keluar kota agak empot2 an kalo mo nyalip :big_think: :big_think:
karna enakan manual karna bisa dimaksimalkan ngegas dan torsi nya saat overtake trutama di jalur lukot yg lbih ganas
apalage jika pake enjin besar wahh maknyuss tenan , lebig tenang dan mantep rasa nya saat overtake :big_think: :big_think:
beda dgn jalur dalam kota yg lebih jinak shingga cocok utk metik :emo-flowerforyou: :emo-flowerforyou:
kao newbie tok yg byasa manja pake metik spertine ndak majalah mo nyalip di lukot pake metik tu :big_think: :big_think:
tapi harus diakui kalo sy emank jarang setir ke luar kota dlm waktu lama apalage roadtrip :wkkk: :big_biglaugh: :big_grin:
jlas pasti kalah jam terbang dan pengalaman dgn master2 dan smers di mari :big_peace: :big_peace:
mungkin emank metik lbih enak di enjin besar daripada di enjin kecil smisal (1300cc-1500cc)
bingung jg jadi nya
mgkn ini yg menyebabakan lmpv dan low suv masih byk yg manual dibanding mobil di atas 2000 cc yg sudah metik smua nya kale ya ?
ato mungin mo manual ato metik yo tetep enak2 sahaja saat overtake baik di dalam kota atopun jalur luar kota
:big_deal: :big_okay: :off_good_job:
Last edited by fabreguz on Mon Jan 15, 2018 8:55, edited 1 time in total.
Don't Imageate
fikrirukmanaa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by fikrirukmanaa »

Karena sering bawa manual sih ane lebih suka manual kalo lukot, soalnya kalo mau downshift memang sesukanya ane.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by evanbngdor »

Mau dalam atau luar kota, 3 pedal memang lebih bisa mengontrol waktu overtake karena ngga pake ada gejala selip. ngga enaknya cuma kadang waktu cukup terbuang aja waktu shifting
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by michaelgiri93 »

Hmmm sama aja sih om
Kalau manual turun gigi, matic kan juga bisa disuruh turun gigi dengan mindah tuas transmisi tanpa harus kickdown.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by octafiantos »

Sama aja.
Matic dari jaman dulu udah ada kick down, ada overdrive on/off. Yang jadul agak mahalan dikit (ha ha) biasanya pake ecu matik ada sport-mode. Kalo ga ada semua tombolnya, sejadul jadulnya bisa diturunin langsung pake tuas.
Kavling kosong, bisa dikridit.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by martinnn »

dibawah 2000cc enakan manual....

menurut ogut ya
:big_biglaugh:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by PRBS »

Dua2nya sama enaknya.. selama skill dan selah mengemudinya sudah oke, mau matic atau manual ga jadi masalah seharusnya.

Even cvt yg paling dihujat kedua (hujat kedua setelah amt), enak2 aja dibawa keluar kota..

Tapi IMHO, untuk gesit tetap enak manual.
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by alexdonovan »

Belum pernah pakai conventional A/T maupun CVT untuk luar kota. Di Pantura Jatim sampai Bali saya pakai DCT di manual mode. Rasanya pake manual dengan kopling masih lebih enak
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by adrevolution »

Secara umum ttp enak manual, tapi...matic makin kesini makin enak juga...
Manual yg bikin enak selain minim power loss juga rasio gigi lbh rapet (asumsi jumlah giginya sama), tapi krn matic giginya kesini2 makin banyak jadi makin rapet juga rasionya, but sometimes hrs diakalin dgn mode manual depends on TCM logic. In case of CVT, ini sebenernya asyik kl tau celahnya, karena gak tergantung jumlah gigi, tergantung injekan gas dan TCM aja.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
Dummy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Wed Mar 01, 2017 9:04
Location: Bandungan

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by Dummy »

Kalo yg nyetirnya aggressive tetap lebih enak manual, or kalo matic ya matic yg udah high tech.
Karena kemaren ngerasain make papansa matic di tanjakan sempat hilang momentum overtaking ._.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by ginting »

kalau soal enak gak enak, kayaknya bukan pada matic atau manualnya...tapi lebih kepada mobilnya apa ? torsinya , powernya gimana ?

kalau cc kecil mobil rakyat biasa (below 1500 cc) memang keluar kota maticnya kurang responsif untuk nyalib...karena seringnya waktut yg tersedia sangat sedikit karena dari arah berlawanan mobilnya rame banget...

tapi pengalaman saya sih, jauh lebih enak bawa matic ke luar kota.
nyetir 19 jam , kalau bawa manual, betis pegel dan otot perut sudah lelah (faktor usia mungkin)...
kalau bawa matic agak lebih ringan di badan.

tapi kembali lagi balik ke selera sih...

two cents of mine, dari nubie..
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by dieselman228 »

kebetulan saya pake diesel manual, capek juga karena rpmnya dikit jadi mesti ganti gigi pas overtake terutama kalau dari gigi 2 ke 3 seringnya.
kalau diesel gini sepertinya saya lebih enak matic.
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by lemonadelovers »

Sama aja menurut saya kalau matic tinggal gas dalem sedangkan manual butuh proses downshift dulu.. belul lg ganti gear klo napasnya pendek
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by kunaskun »

tergantung mobilnya menurut saya. apakah torque mumpuni, matiknya slip, dsb. kalau misal dua mobil sama persis hanya beda transmisi nah ini baru bisa dibandingkan.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by doge »

Sama aja se... bisa krn biasa aja sih...

Klo biasa bw mt ya enak mt bisa pilih gigi semaunya

Klo biasa bw at ya enak" aja... shiftingnya msh lbh cpt drpd manual (utk kls mobil biasa ya... bukan sportcar)

Cm kan matic ini kdg org g brani pindah" d32l od off... takut rusak lah etc...

Blm lg... kls mobil kleceran (avxen; r3; xp; ipah) itu kan klo manual 5spd, matic 4 spd... final drive pendekan yg mt... ya mesti ae matic e lemot... jarak gigi 2 mb 3 e sg matic kyk surga ke neraka
:ngacir:
User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by mamat »

Kalau dari pengalaman saya hampir sama saja, malahan saya lebih milih matik, karena lebih nyaman tidak perlu injak kopling
Enak tidaknya dalam overtake itu bukan faktor transmisi saja, tapi lebih penting ke power mesinnya
Buat apa transmisi gesit tapi mesin tidak ada tenaga
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by Herman7103 »

Kalau dari pengalaman selama jln luar kota overtake pake matic enak enak aja lake mode sport, yg ngak enak kalau jln mlm luar kota byk motor yg lampu belakangnya mati dan kondisi jln byk lubang serta tanpa penerangan kudu ganti head lamp pake HID baru lebih safe.
:glodak:
HR15DE 2014
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by ddyta27 »

pake cc 2000cc ke bawah enak manual, pake 2000cc ke atas enak matik.. bahkan mesin 2000cc saya pake ke luar kota jarang kickdown dan hampir ga pernah pake mode manual, colek pedal gas dikit langsung ngacir.. ga kerasa tau tau udah 120km/jam.. cuma begitu lihat mid stabil di 1:8,5.. kaki kanan sekolah juga paling mentok di 1:11 :D
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by Omnibus »

pengalaman ogut cocoknya conventional a/t yg 5 atau 6 speed + paddle shift. di kecepatan lukot rpm mid-high itu lock-up sdh engage so basically no slip

paling ga cocok cvt, with or without paddle shift. suara raungan mesin bikin badan xtra fatigue. kecuali cruising tanpa overtake
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by NYoman »

Saya pakai manual lebih suka.. Tinggal pintar2 mengatur dimana torsi aja jadi gak sering2 ganti gir, saya kalau ke Bali salip2 paling rendah gir 2 itu pun dijalan yang agak menanjak di sekitar Baluran sisanya ya gir 3 nya aja udah nampol kok tarikan nya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by walid_007 »

Luar kota menurut sy avg. Speed yg penting.. mo nyelip ya tinggal toel gas agak dalem cukup lah matic2 skrg..

Oot dikit.. klo perkara overtake rasa ny mobil diesel lebih enak aja drpd bensin. Matic tentunya.. sorry oot
engine roaring!
jontor
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Mar 14, 2016 3:49

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by jontor »

Manual lah kalo utk lukot... Bisa atur gigi... Tapi matik jaman now kan dah pinter... Tinggal torsi gede yg menentukan...
fiqhi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: Wed Jul 08, 2015 7:46

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by fiqhi »

Tergantung power mesin. Saya sekarang pake mobil cc kecil turbo matic. Tinggal towel gas sedikit sudah ngacir. Buat nyalip nyalip kalau roadtrip sudah nikmat sekali. Tiptronicnya malah jarang digunakan. Paling buat downshift saja untuk membantu pengereman.
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by Rakean »

manual for the winner..

mo sepinter otak komputer, tetep otak manusia lebih pinter
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
nylekamin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sat Jul 01, 2017 15:23

Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?

Post by nylekamin »

Lebih enak manual ya..
Sensasi mindahin perseneling itu ga ada yg ngalahin sih..