Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
sesuai dgn judul
pake kata2 overtake ben keyen sperti di balapan formula one
karna newbie tok pnasaran denger beberapa opini kalo metik cmn enak di dalam kota yg macet, tapi begitu udah keluar kota agak empot2 an kalo mo nyalip
karna enakan manual karna bisa dimaksimalkan ngegas dan torsi nya saat overtake trutama di jalur lukot yg lbih ganas
apalage jika pake enjin besar wahh maknyuss tenan , lebig tenang dan mantep rasa nya saat overtake
beda dgn jalur dalam kota yg lebih jinak shingga cocok utk metik
kao newbie tok yg byasa manja pake metik spertine ndak majalah mo nyalip di lukot pake metik tu
tapi harus diakui kalo sy emank jarang setir ke luar kota dlm waktu lama apalage roadtrip
jlas pasti kalah jam terbang dan pengalaman dgn master2 dan smers di mari
mungkin emank metik lbih enak di enjin besar daripada di enjin kecil smisal (1300cc-1500cc)
bingung jg jadi nya
mgkn ini yg menyebabakan lmpv dan low suv masih byk yg manual dibanding mobil di atas 2000 cc yg sudah metik smua nya kale ya ?
ato mungin mo manual ato metik yo tetep enak2 sahaja saat overtake baik di dalam kota atopun jalur luar kota
pake kata2 overtake ben keyen sperti di balapan formula one
karna newbie tok pnasaran denger beberapa opini kalo metik cmn enak di dalam kota yg macet, tapi begitu udah keluar kota agak empot2 an kalo mo nyalip
karna enakan manual karna bisa dimaksimalkan ngegas dan torsi nya saat overtake trutama di jalur lukot yg lbih ganas
apalage jika pake enjin besar wahh maknyuss tenan , lebig tenang dan mantep rasa nya saat overtake
beda dgn jalur dalam kota yg lebih jinak shingga cocok utk metik
kao newbie tok yg byasa manja pake metik spertine ndak majalah mo nyalip di lukot pake metik tu
tapi harus diakui kalo sy emank jarang setir ke luar kota dlm waktu lama apalage roadtrip
jlas pasti kalah jam terbang dan pengalaman dgn master2 dan smers di mari
mungkin emank metik lbih enak di enjin besar daripada di enjin kecil smisal (1300cc-1500cc)
bingung jg jadi nya
mgkn ini yg menyebabakan lmpv dan low suv masih byk yg manual dibanding mobil di atas 2000 cc yg sudah metik smua nya kale ya ?
ato mungin mo manual ato metik yo tetep enak2 sahaja saat overtake baik di dalam kota atopun jalur luar kota
Last edited by fabreguz on Mon Jan 15, 2018 8:55, edited 1 time in total.
Don't ate
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 294
- Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Karena sering bawa manual sih ane lebih suka manual kalo lukot, soalnya kalo mau downshift memang sesukanya ane.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Mau dalam atau luar kota, 3 pedal memang lebih bisa mengontrol waktu overtake karena ngga pake ada gejala selip. ngga enaknya cuma kadang waktu cukup terbuang aja waktu shifting
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Hmmm sama aja sih om
Kalau manual turun gigi, matic kan juga bisa disuruh turun gigi dengan mindah tuas transmisi tanpa harus kickdown.
Kalau manual turun gigi, matic kan juga bisa disuruh turun gigi dengan mindah tuas transmisi tanpa harus kickdown.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Sama aja.
Matic dari jaman dulu udah ada kick down, ada overdrive on/off. Yang jadul agak mahalan dikit (ha ha) biasanya pake ecu matik ada sport-mode. Kalo ga ada semua tombolnya, sejadul jadulnya bisa diturunin langsung pake tuas.
Matic dari jaman dulu udah ada kick down, ada overdrive on/off. Yang jadul agak mahalan dikit (ha ha) biasanya pake ecu matik ada sport-mode. Kalo ga ada semua tombolnya, sejadul jadulnya bisa diturunin langsung pake tuas.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
dibawah 2000cc enakan manual....
menurut ogut ya
menurut ogut ya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2293
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Dua2nya sama enaknya.. selama skill dan selah mengemudinya sudah oke, mau matic atau manual ga jadi masalah seharusnya.
Even cvt yg paling dihujat kedua (hujat kedua setelah amt), enak2 aja dibawa keluar kota..
Tapi IMHO, untuk gesit tetap enak manual.
Even cvt yg paling dihujat kedua (hujat kedua setelah amt), enak2 aja dibawa keluar kota..
Tapi IMHO, untuk gesit tetap enak manual.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Belum pernah pakai conventional A/T maupun CVT untuk luar kota. Di Pantura Jatim sampai Bali saya pakai DCT di manual mode. Rasanya pake manual dengan kopling masih lebih enak
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Secara umum ttp enak manual, tapi...matic makin kesini makin enak juga...
Manual yg bikin enak selain minim power loss juga rasio gigi lbh rapet (asumsi jumlah giginya sama), tapi krn matic giginya kesini2 makin banyak jadi makin rapet juga rasionya, but sometimes hrs diakalin dgn mode manual depends on TCM logic. In case of CVT, ini sebenernya asyik kl tau celahnya, karena gak tergantung jumlah gigi, tergantung injekan gas dan TCM aja.
Manual yg bikin enak selain minim power loss juga rasio gigi lbh rapet (asumsi jumlah giginya sama), tapi krn matic giginya kesini2 makin banyak jadi makin rapet juga rasionya, but sometimes hrs diakalin dgn mode manual depends on TCM logic. In case of CVT, ini sebenernya asyik kl tau celahnya, karena gak tergantung jumlah gigi, tergantung injekan gas dan TCM aja.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Wed Mar 01, 2017 9:04
- Location: Bandungan
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Kalo yg nyetirnya aggressive tetap lebih enak manual, or kalo matic ya matic yg udah high tech.
Karena kemaren ngerasain make papansa matic di tanjakan sempat hilang momentum overtaking ._.
Karena kemaren ngerasain make papansa matic di tanjakan sempat hilang momentum overtaking ._.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
kalau soal enak gak enak, kayaknya bukan pada matic atau manualnya...tapi lebih kepada mobilnya apa ? torsinya , powernya gimana ?
kalau cc kecil mobil rakyat biasa (below 1500 cc) memang keluar kota maticnya kurang responsif untuk nyalib...karena seringnya waktut yg tersedia sangat sedikit karena dari arah berlawanan mobilnya rame banget...
tapi pengalaman saya sih, jauh lebih enak bawa matic ke luar kota.
nyetir 19 jam , kalau bawa manual, betis pegel dan otot perut sudah lelah (faktor usia mungkin)...
kalau bawa matic agak lebih ringan di badan.
tapi kembali lagi balik ke selera sih...
two cents of mine, dari nubie..
kalau cc kecil mobil rakyat biasa (below 1500 cc) memang keluar kota maticnya kurang responsif untuk nyalib...karena seringnya waktut yg tersedia sangat sedikit karena dari arah berlawanan mobilnya rame banget...
tapi pengalaman saya sih, jauh lebih enak bawa matic ke luar kota.
nyetir 19 jam , kalau bawa manual, betis pegel dan otot perut sudah lelah (faktor usia mungkin)...
kalau bawa matic agak lebih ringan di badan.
tapi kembali lagi balik ke selera sih...
two cents of mine, dari nubie..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
kebetulan saya pake diesel manual, capek juga karena rpmnya dikit jadi mesti ganti gigi pas overtake terutama kalau dari gigi 2 ke 3 seringnya.
kalau diesel gini sepertinya saya lebih enak matic.
kalau diesel gini sepertinya saya lebih enak matic.
gnki diesel kopling jadi kuda harian
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1558
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Sama aja menurut saya kalau matic tinggal gas dalem sedangkan manual butuh proses downshift dulu.. belul lg ganti gear klo napasnya pendek
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
tergantung mobilnya menurut saya. apakah torque mumpuni, matiknya slip, dsb. kalau misal dua mobil sama persis hanya beda transmisi nah ini baru bisa dibandingkan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Sama aja se... bisa krn biasa aja sih...
Klo biasa bw mt ya enak mt bisa pilih gigi semaunya
Klo biasa bw at ya enak" aja... shiftingnya msh lbh cpt drpd manual (utk kls mobil biasa ya... bukan sportcar)
Cm kan matic ini kdg org g brani pindah" d32l od off... takut rusak lah etc...
Blm lg... kls mobil kleceran (avxen; r3; xp; ipah) itu kan klo manual 5spd, matic 4 spd... final drive pendekan yg mt... ya mesti ae matic e lemot... jarak gigi 2 mb 3 e sg matic kyk surga ke neraka
Klo biasa bw mt ya enak mt bisa pilih gigi semaunya
Klo biasa bw at ya enak" aja... shiftingnya msh lbh cpt drpd manual (utk kls mobil biasa ya... bukan sportcar)
Cm kan matic ini kdg org g brani pindah" d32l od off... takut rusak lah etc...
Blm lg... kls mobil kleceran (avxen; r3; xp; ipah) itu kan klo manual 5spd, matic 4 spd... final drive pendekan yg mt... ya mesti ae matic e lemot... jarak gigi 2 mb 3 e sg matic kyk surga ke neraka
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
- Location: +62
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Kalau dari pengalaman saya hampir sama saja, malahan saya lebih milih matik, karena lebih nyaman tidak perlu injak kopling
Enak tidaknya dalam overtake itu bukan faktor transmisi saja, tapi lebih penting ke power mesinnya
Buat apa transmisi gesit tapi mesin tidak ada tenaga
Enak tidaknya dalam overtake itu bukan faktor transmisi saja, tapi lebih penting ke power mesinnya
Buat apa transmisi gesit tapi mesin tidak ada tenaga
powered by B20VTEC kick in yoo
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Kalau dari pengalaman selama jln luar kota overtake pake matic enak enak aja lake mode sport, yg ngak enak kalau jln mlm luar kota byk motor yg lampu belakangnya mati dan kondisi jln byk lubang serta tanpa penerangan kudu ganti head lamp pake HID baru lebih safe.
HR15DE 2014
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
pake cc 2000cc ke bawah enak manual, pake 2000cc ke atas enak matik.. bahkan mesin 2000cc saya pake ke luar kota jarang kickdown dan hampir ga pernah pake mode manual, colek pedal gas dikit langsung ngacir.. ga kerasa tau tau udah 120km/jam.. cuma begitu lihat mid stabil di 1:8,5.. kaki kanan sekolah juga paling mentok di 1:11
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
pengalaman ogut cocoknya conventional a/t yg 5 atau 6 speed + paddle shift. di kecepatan lukot rpm mid-high itu lock-up sdh engage so basically no slip
paling ga cocok cvt, with or without paddle shift. suara raungan mesin bikin badan xtra fatigue. kecuali cruising tanpa overtake
paling ga cocok cvt, with or without paddle shift. suara raungan mesin bikin badan xtra fatigue. kecuali cruising tanpa overtake
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Saya pakai manual lebih suka.. Tinggal pintar2 mengatur dimana torsi aja jadi gak sering2 ganti gir, saya kalau ke Bali salip2 paling rendah gir 2 itu pun dijalan yang agak menanjak di sekitar Baluran sisanya ya gir 3 nya aja udah nampol kok tarikan nya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Luar kota menurut sy avg. Speed yg penting.. mo nyelip ya tinggal toel gas agak dalem cukup lah matic2 skrg..
Oot dikit.. klo perkara overtake rasa ny mobil diesel lebih enak aja drpd bensin. Matic tentunya.. sorry oot
Oot dikit.. klo perkara overtake rasa ny mobil diesel lebih enak aja drpd bensin. Matic tentunya.. sorry oot
engine roaring!
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Mon Mar 14, 2016 3:49
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Manual lah kalo utk lukot... Bisa atur gigi... Tapi matik jaman now kan dah pinter... Tinggal torsi gede yg menentukan...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 99
- Joined: Wed Jul 08, 2015 7:46
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Tergantung power mesin. Saya sekarang pake mobil cc kecil turbo matic. Tinggal towel gas sedikit sudah ngacir. Buat nyalip nyalip kalau roadtrip sudah nikmat sekali. Tiptronicnya malah jarang digunakan. Paling buat downshift saja untuk membantu pengereman.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
manual for the winner..
mo sepinter otak komputer, tetep otak manusia lebih pinter
mo sepinter otak komputer, tetep otak manusia lebih pinter
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Sat Jul 01, 2017 15:23
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Lebih enak manual ya..
Sensasi mindahin perseneling itu ga ada yg ngalahin sih..
Sensasi mindahin perseneling itu ga ada yg ngalahin sih..