Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

atmadeva
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50

Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by atmadeva »

Saya ada E30 lawas yang tak terawat dan kepikiran untuk modifikasi saja, untuk mainan weekend pleasure. Just for fun saja sekalian buat eksperimen. Niatnya adalah bodi 4-pintu akan saya buat 2-pintu (atau cabriolet mungkin?). Pertanyaan saya, apakah hal ini memungkinkan?

Kalau dilihat dari foto-foto, sepintas wheelbase E30 tipe sedan, coupe, atau wagon, terlihat sama saja. Beda dengan E36 atau E46 yang kasat mata saja sudah terlihat wheelbasenya tidak sama. Kalau memang bisa dilakukan, bagaimana stepnya? Apakah harus beli pintu/kaca coupe copotan dari luar? Adakah bengkel di sini yang bisa mengerjakan? Berapa biayanya?

Mohon pencerahannya.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by qushay20019 »

ane nubie gak pernah nyoba/ numpang/ apalagi punya bmw apapun om, tapi kayaknya mending direstorasi aja daripada dimodif ekstrim macam gitu. Setau ane E30 yang udah full restored to factory standard sekarang ini tinggi nilainya krn udah masuk kelas antik
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by newrubble »

pillar-b position 2 pintu beda dgn 4 pintu ..... bgitu juga dgn doorpiece length

kecuali rear door pair mau di lasch n tutup dempul n rear side glass set di ganti single piece bikinan toko kaca dekat dekat situ

hasil nya pasti (mata tua sy ya) kliatan kalo itu bikinan

tapi terserah yg punya mobil kan wang dia sendiri
User avatar
puskas
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by puskas »

Dibikin pick up menarik juga..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
siluman knalpot
waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by waterlo »

enaknya sih back to original ya, tapi terserah ts sih. atau kalau ada wang, knp gak hunting aja E30 yg coupe. tuker tambah dgn yg skrg mungkin nambahnya dikit ketimbang rombak besar2an, total biaya yg dikeluarin sama.


soalnya positioning mbl ini skrg, dibilang rare collector's item ya belum. tapi harga aksesorisnya di goreng pedege aksesoris semua. mahal2. yg saya seneng punyanya om jureq, E30 paling kenceng tp tampang paling kalem. tapi back to ts lah senengnya gimana, persis kata om nr. wang2 ts sendiri, bukan wang saya hehehehe...
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by newrubble »

front end bs di jadikan meja tulis n rear end bs jadi sofa

complete dash trmsk attached steering wheel bs jadi wall ornament

front chasis bisa jadi trailer
imanoff
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by imanoff »

Di forum sebelah, dulu kalau tidak salah pernah ada yang jual E30 dua pintu, tapi dihujat oleh members karena ketahuan itu dua pintu hasil modifan. Saya lupa bagaimana hasilnya tapi dia pasang harga 100 juta sekian. Memangnya ada ya E30 coupe di Indonesia? Dalam kondisi apapun?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2590
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by farizfsa »

imanoff wrote: Sat Jan 13, 2018 12:59 Di forum sebelah, dulu kalau tidak salah pernah ada yang jual E30 dua pintu, tapi dihujat oleh members karena ketahuan itu dua pintu hasil modifan. Saya lupa bagaimana hasilnya tapi dia pasang harga 100 juta sekian. Memangnya ada ya E30 coupe di Indonesia? Dalam kondisi apapun?
Ada um banyak..
Coupe asli ada
Cabrio asli ada
Saloon asli ada
Coupe baur asli ada
Hatchback (bikinan) jg ada
Pickup (bikinan) jg ada

Mau versi normal, hartge, alpina, m3 jg ada
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
comandor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Dec 28, 2016 14:30

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by comandor »

2 door beda di panjang pintu, pillar b mundur 10an cm, ujung belakang pintu samping 2 pintu nggak cuma garis lurus, pillar c (istilahnya hofmeister kink) 2 pintu potongannya nggak langsung lurus tapi ada mbuletnya dikit, kaca belakang modelnya kayak kaca belakangnya carry futura minibus (apa itu istilahnya).
kalo dibikin replika E30 M3 lebih banyak lagi bedanya (fender depan belakang, pilar c sama bagasinya misalnya).

saran aja, sama seperti diatas, restorasi kayak baru selesai dirakit dipabriknya.
atau kalau emang kurang kerjaan, pertahanin 4 pintu bisa tuh dibikin wagon (touring) sama kayak cerita awalnya ada E30 touring didunia https://ranwhenparked.net/2013/10/16/th ... 0-touring/ atau malah dibikin hatchback http://www.mobilmotorlama.com/2016/12/m ... hback.html

soal biaya makin rela tebal dompetmu dikempesin, makin bagus hasilnya (ya, nggak selalu gitu juga sih)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by newrubble »

e30 st wgn (kombi istilah sy) sy pernah ada 324td (1990) beli lelangan pt mega eltra menteng ex cekoslovakian embassy (LHD, merah) ..... sy pake (tepat nya simpan) 1995-2001

abis itu laku rp 120juta lengkap bpkb stnk asli
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by octafiantos »

Keep it 4dr factory standard atau pasangin barang single tuner lebih berharga. Ga worth the money buat diubah imo. Ubah eksterior ke 2 dr banyak banget ubahannya, even ambil basis yang paling std (non m3 dan non vert). Pintu dan doortrim, panel bodi belakang dan doortrim., kaca model butterfly. Sun shade deck, plafon dan lampu dalem coupe posisinya beda.

Selain itu sentuh interior dan elektrikal juga. Yang simple aja, center konsolnya kalo ga diganti bakal aneh karena power windownya masih 4 set, 8 biji tombol naik turun. Kalo coupe yang udah pw kan sepi, cuma ada 4 doang. Depan tuas transmisi mesti ada obc. Yang mata awas ga bakal lirik lama, lebih ngelirik janda tapi ga operasi.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by POS VETT »

E36 2 pintu dan 4 pintu wheelbasenya sama; kasus yang sama dengan E46. Bedanya di bodi dan tidak cuma spakbor, kap mesin, kaca2
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by newrubble »

ini kan e30 yg mau di jagal plastik
User avatar
Dummy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Wed Mar 01, 2017 9:04
Location: Bandungan

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by Dummy »

Jadi wagon lebih mudah sepertinya.

Tapi lebih worth jadiin ori lagi aja, skrg mulai banyak e30 yg jadi bangkai ditangan org2 yg cari mobil "murah"
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by Tats »

Kyknya lebih mending tuker sm e30 coupe asli sekalian om
Takutnya keluar duitnya beda2 tipis kalau convert sendiri
Hasilnya jg blm tentu mirip (kalau mau sm persis rasanya hampir ga mungkin)
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by octafiantos »

Dummy wrote:Jadi wagon lebih mudah sepertinya.

Tapi lebih worth jadiin ori lagi aja, skrg mulai banyak e30 yg jadi bangkai ditangan org2 yg cari mobil "murah"
Secara teori lebih mudah.
UK punya wagon E30 M40B18, jadi kalo konvert penuh bisa plek dari basis stir sama. Masalahnya wagon barangnya langka pake banget di junkyard. Tapi coba saja udak udak ebay UK. Dulu meskipun saya ga ada bujet buat begini, saya suka ubek ubek ebay. Pengisi waktu cari dagangan asesoris di situ.
Kavling kosong, bisa dikridit.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by newrubble »

coba bicara deh sama bengkel kupu2 malem jocja u ubah jadi 2'door cabrio mendekati asli apa bs n brapa
atmadeva
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by atmadeva »

Terimakasi banya atas sarannya. Nampaknya memang lebih baik kembali kepada standaran saja.
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sat May 06, 2017 11:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by calonjenazah »

waduh jangan masuk bengkel kupu kupu malam jogja deh, ntar keluar keluar jadi alien spaceship loh mobilnya. Beda aliran bengkel itu sama selera orang sini. (saya sudah berkali kali masuk workshop kupu" malam jogja)
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sat May 06, 2017 11:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by calonjenazah »

atmadeva wrote: Mon Jan 15, 2018 4:15 Terimakasi banya atas sarannya. Nampaknya memang lebih baik kembali kepada standaran saja.
di buat standard ting ting seperti baru keluar pabrik saja om, e30 ini lagi masuk masa apresiasi harganya dia masa depresiasi sudah lewat.
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by satrialiar69 »

atmadeva wrote: Mon Jan 15, 2018 4:15 Terimakasi banya atas sarannya. Nampaknya memang lebih baik kembali kepada standaran saja.
:mky_01:

syukurlah...
soalnya kalo sampe berhenti di tengah jalan, udah chop sana sini.... sia2 jadinya om
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by octafiantos »

Saya malah penasaran sama trade mark kupu kupu malem.
Nama bengkelnya menarik.
Kavling kosong, bisa dikridit.
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sat May 06, 2017 11:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by calonjenazah »

Kalau penasaran main main aja om ke workshopnya, kalau aliran mobil mobil lempeng orisinilan kaya saya sih sakit mata liat mobil" yg dikerjakan disana.

kalau yg suka aliran ekstrim ekstrim ya mungkin masuk sama seleranya, tapi cara pengerjaannya memang bagus & rapi kok di kupu" malam.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by newrubble »

octafiantos wrote: Mon Jan 15, 2018 5:43 Saya malah penasaran sama trade mark kupu kupu malem.
Nama bengkelnya menarik.
sy pernah bawa k owner nya jaman dia masih kerja di pu ...... sy lupa apa sdh pake nama itu dia

wkt itu pintu blakang kanan '48 desoto macet n bagasi blakang juga ...... ongkos nya rp 3 jutaan... mnrt sy tdk mahal krn pintu itu tdk di buka skitar 20 thn (cuma yg kiri sj yg dibuka) bgt juga bagasi
User avatar
katumiri
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sun Dec 25, 2016 2:18
Location: Jakarta

Re: Mengubah E30 4-pintu jadi 2-pintu

Post by katumiri »

balikin ke ori aja, atau kalo maksa memang mau convert ke 2 pintu, ganti shell sekalian