Re: Mobil baru bermasalah minta diganti baru . Apakah bisa?
Posted: Tue Dec 26, 2017 14:54
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Pre-delivery inspection om. Gara2 masang kf ga bener cairannya membekas di trim plastik pintu... pakenya blom ada seminggu.
Sy dikirim sabtu sore. Selasa pagi sudah bermslh.
Ini akhir cerita si mobil saya boros ya klaim sekian kenyataan sekian cmiiwefact wrote: ↑Wed Dec 27, 2017 1:43 sharing cerita aja.. dulu juga pernah ada kasus merk 'x' komplain keras dari konsumennya,
bolak balik dealer permasalahannya ga selesai2,
komplain lgsung ke atpm, juga tidak kunjung ketemu solusi,
krn konsumennya bersikeras mobilnya ga semestinya begitu, beliau gugat atpm utk tanggung jawab,
akhirnya unit nya ga diganti baru, tp dibeli balik oleh si atpm..
nah.. kalo saya lebih ke solusi yg ini sih.. drpd diganti unit baru, dan ternyata masalah yang sama juga tetep muncul.. ga kelar2 deh ngurus mobil nya
waduh, ANCR-V kena penyakit Rattle juga ya? HPM banyak bener kasus kaya gini, yang umum terjadi di brio, mobilio, br-v dan hr-v, yang rakitan dalam negeri kita tercinta ini rata2 begitu, Civic Turbo rakitan Thai hampir ga pernah kasus rattle kaya gini, CMIIWhaeven wrote: ↑Tue Dec 26, 2017 14:52 Halo semua.
Saya buat thread ini supaya teman teman bisa berbagi informasi mungkin ada yang pernah mengalami seperti judul diatas dan bagaimana kelanjutannya. Bagaimana juga dengan Hak konsumen menurut hukum yang ada? mungkin ada yang bisa bagi cerita.
Karena saya mengalami hal seperti ini 2x.
1.Yang pertama pengalaman membeli mobil batu makan . Roti tawar yang besar 3.500ccbeberapa tahun yang lalu
Setelah 3 bulan pemakaian ada kecelakaan dimana saya harus bongkar bagian depan . di dalmnya nampak kaca berserakan.
Pihak dealer memberikan waranty untuk kelistrikan di dashboarnya dan kompensasi sesuai dengan negosiasi.
2.Saya baru ambil mobil CRV turbo prestige setelah beberapa hari ada bunyi di bagian belakang .
Pihak dealer tidak mau memberikan penngantian unit. Cuman dicari mslhnya, infonya ada mslh di sunroof.
Saya lagi coba beberapa hari untuk memastikan apakah bunyi tersebut sudah benarbenar teratasi.
Yang dikhawatirkan apabila barang yang kita terima misalkan defact apakah konsumen bisa mendapatkan penggantian unit baru?
Dan kriteria kerusakan yang bagaimana yang diganti baru?
Civic Turbo juga sama aja. Saya korbanya. Bukan hanya rattle.. Accu baru 3 bulan modar. Bulan ke 4 kompresor AC yg modar.Winz wrote: ↑Wed Dec 27, 2017 2:28waduh, ANCR-V kena penyakit Rattle juga ya? HPM banyak bener kasus kaya gini, yang umum terjadi di brio, mobilio, br-v dan hr-v, yang rakitan dalam negeri kita tercinta ini rata2 begitu, Civic Turbo rakitan Thai hampir ga pernah kasus rattle kaya gini, CMIIWhaeven wrote: ↑Tue Dec 26, 2017 14:52 Halo semua.
Saya buat thread ini supaya teman teman bisa berbagi informasi mungkin ada yang pernah mengalami seperti judul diatas dan bagaimana kelanjutannya. Bagaimana juga dengan Hak konsumen menurut hukum yang ada? mungkin ada yang bisa bagi cerita.
Karena saya mengalami hal seperti ini 2x.
1.Yang pertama pengalaman membeli mobil batu makan . Roti tawar yang besar 3.500ccbeberapa tahun yang lalu
Setelah 3 bulan pemakaian ada kecelakaan dimana saya harus bongkar bagian depan . di dalmnya nampak kaca berserakan.
Pihak dealer memberikan waranty untuk kelistrikan di dashboarnya dan kompensasi sesuai dengan negosiasi.
2.Saya baru ambil mobil CRV turbo prestige setelah beberapa hari ada bunyi di bagian belakang .
Pihak dealer tidak mau memberikan penngantian unit. Cuman dicari mslhnya, infonya ada mslh di sunroof.
Saya lagi coba beberapa hari untuk memastikan apakah bunyi tersebut sudah benarbenar teratasi.
Yang dikhawatirkan apabila barang yang kita terima misalkan defact apakah konsumen bisa mendapatkan penggantian unit baru?
Dan kriteria kerusakan yang bagaimana yang diganti baru?
wah kok bisa om ? yg penting sudah di handle beres kan ? apa sudah tanya ke bengkel resminya kenapa bisa seperti itu ? penjelasannya gimana dari beres ?
Apa iya sesampah itu mobilnya? Accu 3 bln, compressor ac 4 bln...masbensin wrote: ↑Wed Dec 27, 2017 3:00Civic Turbo juga sama aja. Saya korbanya. Bukan hanya rattle.. Accu baru 3 bulan modar. Bulan ke 4 kompresor AC yg modar.Winz wrote: ↑Wed Dec 27, 2017 2:28waduh, ANCR-V kena penyakit Rattle juga ya? HPM banyak bener kasus kaya gini, yang umum terjadi di brio, mobilio, br-v dan hr-v, yang rakitan dalam negeri kita tercinta ini rata2 begitu, Civic Turbo rakitan Thai hampir ga pernah kasus rattle kaya gini, CMIIWhaeven wrote: ↑Tue Dec 26, 2017 14:52 Halo semua.
Saya buat thread ini supaya teman teman bisa berbagi informasi mungkin ada yang pernah mengalami seperti judul diatas dan bagaimana kelanjutannya. Bagaimana juga dengan Hak konsumen menurut hukum yang ada? mungkin ada yang bisa bagi cerita.
Karena saya mengalami hal seperti ini 2x.
1.Yang pertama pengalaman membeli mobil batu makan . Roti tawar yang besar 3.500ccbeberapa tahun yang lalu
Setelah 3 bulan pemakaian ada kecelakaan dimana saya harus bongkar bagian depan . di dalmnya nampak kaca berserakan.
Pihak dealer memberikan waranty untuk kelistrikan di dashboarnya dan kompensasi sesuai dengan negosiasi.
2.Saya baru ambil mobil CRV turbo prestige setelah beberapa hari ada bunyi di bagian belakang .
Pihak dealer tidak mau memberikan penngantian unit. Cuman dicari mslhnya, infonya ada mslh di sunroof.
Saya lagi coba beberapa hari untuk memastikan apakah bunyi tersebut sudah benarbenar teratasi.
Yang dikhawatirkan apabila barang yang kita terima misalkan defact apakah konsumen bisa mendapatkan penggantian unit baru?
Dan kriteria kerusakan yang bagaimana yang diganti baru?
Jadi bgni om. Kl nurut saya ini bukan rattle ya. Karena ga seperti bunyi2 di dashboard.liat2aja wrote: ↑Wed Dec 27, 2017 0:55 Artinya ada saja kejadian tukar unit baru ya.
Kalau saya lihat posisi agan sulit karena keluhan nya "hanya" rattle. Saya kasih tanda kutip karena rattle seperti apa tentunya saya tidak tahu. Tapi saya kebetulan tipe orang yg gampang terganggu sama suara rattle, ngelitik mesin, setir, suspensi dsb yg orang2 di lingkungan saya tidak peduli/tahu sama sekali. Yg saya bayangin rattle yg mengganggu sekali...
Sudah coba contact HPM? Agar dealer dalam posisi terbantu atau malah kejepit. Yg saya bayangin sebagai dealer:
1. mobil dapat dari pabrik
2. dijual ke customer tapi ada cacat
3. customer minta kembalikan dealer setuju
4. mobil agan sudah proses STNK
5. Mobil lama agan tidak bisa lagi dijual sebagai baru
6. HPM tidak mau bantu dealer
Kalau sebulan ada 5 customer saja yg tukar unit baru, bisa bangkrut dealer hehe
Padahal built quality CR-V terbaru menurut review sudah lebih baik dari gen sebelumnya.
Mudah-mudahan dapat solusi yg memuaskan...
Rattle ga ketemu sampe bolak balik 3x. Accu nunggu sehari buat ganti. Kompresor AC nunggu 3 minggu dengan alasan mobil baru masih inden slow moving partnya. Untuk problem kompresor AC.di bengkel Honda Prima kranji Bekasi, mobil saya adalah unit ke 2 yg claim hal yg sama. Beres hanya mengganti dan tidak bisa menjelaskan secara teknis yg masuk akal. Setelah 8 bulan pakai akhirnya saya jual karena udah ga nyaman sama nih mobil. Harga turun 50 jt, lumayan lah yg penting cepet laku. Kalo ada yg mo cross check mobil saya dulu plat nomernya cakep B 51 VIC. Yang beli kemaren temen basket saya.calonjenazah wrote: ↑Wed Dec 27, 2017 3:24wah kok bisa om ? yg penting sudah di handle beres kan ? apa sudah tanya ke bengkel resminya kenapa bisa seperti itu ? penjelasannya gimana dari beres ?
ngeri ngeri sedap juga civic turbo bisa sampe gitu.
dan herannya itu mobil tetep laku dan biasanya pembeli nya pada gk nyadar ato tau bahwa bunyi" begitu itu gk normalRundeer wrote: ↑Wed Dec 27, 2017 10:01 Btw Civic turbo cbu Thailand kan ya? Bukan dirakit di HPM? H tegak sekarang kok yg paling sering kedengeran ya masalah di mobilnya, terutama yg 1st batch.
Mobil baru udh pada rattle itu heran jg, saya minggu kmrn naik taksol dptnya ANKI 2017 udah ada rattle aja di pilar penumpang tengah sebelah kiri dan itu menurut saya lumayan annoying.
bunyinya seperti logam berderak / seperti logam diberikan stressing atau bukan ya?haeven wrote: ↑Wed Dec 27, 2017 4:46Jadi bgni om. Kl nurut saya ini bukan rattle ya. Karena ga seperti bunyi2 di dashboard.liat2aja wrote: ↑Wed Dec 27, 2017 0:55 Artinya ada saja kejadian tukar unit baru ya.
Kalau saya lihat posisi agan sulit karena keluhan nya "hanya" rattle. Saya kasih tanda kutip karena rattle seperti apa tentunya saya tidak tahu. Tapi saya kebetulan tipe orang yg gampang terganggu sama suara rattle, ngelitik mesin, setir, suspensi dsb yg orang2 di lingkungan saya tidak peduli/tahu sama sekali. Yg saya bayangin rattle yg mengganggu sekali...
Sudah coba contact HPM? Agar dealer dalam posisi terbantu atau malah kejepit. Yg saya bayangin sebagai dealer:
1. mobil dapat dari pabrik
2. dijual ke customer tapi ada cacat
3. customer minta kembalikan dealer setuju
4. mobil agan sudah proses STNK
5. Mobil lama agan tidak bisa lagi dijual sebagai baru
6. HPM tidak mau bantu dealer
Kalau sebulan ada 5 customer saja yg tukar unit baru, bisa bangkrut dealer hehe
Padahal built quality CR-V terbaru menurut review sudah lebih baik dari gen sebelumnya.
Mudah-mudahan dapat solusi yg memuaskan...
Ini ada bunyi yang cukup keras di bagian kiri belakang terutama pada saat tanjakan ke kiri. Yg pd akhirnya info dr pihak dealer ada yg kurang beres di bagian sunroof.( cuman sy jg tdk diinfo detailnya?. Ini lagi sy cb lagi dan berharap tdk timbul lagi.
Saya bikin thread ini cuman mau tahu prasyarat tukar baru itu secara hukum bagaimana ?
Karena setiap ada kejadian selalu pihak dealer infonya kan sdh ada bbn . Nama dll.
mungkin gara2 sudah ada diskon, dulu ga ada diskon sepeser punliat2aja wrote: ↑Wed Dec 27, 2017 0:55 Artinya ada saja kejadian tukar unit baru ya.
Kalau saya lihat posisi agan sulit karena keluhan nya "hanya" rattle. Saya kasih tanda kutip karena rattle seperti apa tentunya saya tidak tahu. Tapi saya kebetulan tipe orang yg gampang terganggu sama suara rattle, ngelitik mesin, setir, suspensi dsb yg orang2 di lingkungan saya tidak peduli/tahu sama sekali. Yg saya bayangin rattle yg mengganggu sekali...
Sudah coba contact HPM? Agar dealer dalam posisi terbantu atau malah kejepit. Yg saya bayangin sebagai dealer:
1. mobil dapat dari pabrik
2. dijual ke customer tapi ada cacat
3. customer minta kembalikan dealer setuju
4. mobil agan sudah proses STNK
5. Mobil lama agan tidak bisa lagi dijual sebagai baru
6. HPM tidak mau bantu dealer
Kalau sebulan ada 5 customer saja yg tukar unit baru, bisa bangkrut dealer hehe
Padahal built quality CR-V terbaru menurut review sudah lebih baik dari gen sebelumnya.
Mudah-mudahan dapat solusi yg memuaskan...