Ask : cara merawat mesin turbo

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

greyrevolver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26

Ask : cara merawat mesin turbo

Post by greyrevolver »

Hi all

Saat ini sudah mulai banyak mobil yg dari pabrikannya sudah berturbo...mulai dari mobil jepang civic,crv...eropa bmw,mercy hingga usa trax..

Untuk penggunaan sehari2 apakah ada cara2 atau ritual yg berbeda dari mesin n/a biasa, agar mesin turbo ini bisa awet ?

Thanks..
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by liemivan86 »

Setau saya sih tidak perlu perawatan khusus ya.. Paling pakai oli lebih encer atau khusus mesin turbo, lalu Biasa kan tidak langsung matikan mesin begitu sampai, terutama setelah turbo kerja keras, agar turbo ada waktu untuk cool down..
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by dieselman228 »

Paling utama sepertinya pake oli bagus deh
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by iwing »

liemivan86 wrote: Tue Dec 05, 2017 2:07 Setau saya sih tidak perlu perawatan khusus ya.. Paling pakai oli lebih encer atau khusus mesin turbo, lalu Biasa kan tidak langsung matikan mesin begitu sampai, terutama setelah turbo kerja keras, agar turbo ada waktu untuk cool down..
+1
meskipun banyak yang mengatakan klo mesin ber turbo gak masalah kalo langsung matikan mesin setelah 'kerja keras', tapi buat saya 'ritual' tidak langsung mematikan mesin itu perlu ketika berhenti. paling gak 1-2 menit lah

jangan lupa pakai oli bagus
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by NYoman »

Oli yang bagus itu wajib untuk turbo.. Semi mineral it's ok tapi rajin ganti ya..
Untuk turbo mau diesel ataupun petrol ada ritual untuk setidaknya tidak langsung cut off power setelah digunakan perjalanan jauh atau dalam load tinggi.. Setidaknya 1 menit agar turbo mendapat oli yang lebih dingin dari mesin agar pendinginan maksimal..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by martinnn »

oktan tinggi jgn lupa [emo-police] [emo-police]
:big_biglaugh:
greyrevolver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by greyrevolver »

Ok berarti setelah stasioner mesin didiamkan dulu 1-2 menit baru di off

Kalau waktu baru nyala, apakah harus tunggu temperatur optimal, baru boleh turbo nya aktif ?

Kalau untuk oli saya biasa pake rekomendasi beres
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by liemivan86 »

greyrevolver wrote:Ok berarti setelah stasioner mesin didiamkan dulu 1-2 menit baru di off

Kalau waktu baru nyala, apakah harus tunggu temperatur optimal, baru boleh turbo nya aktif ?

Kalau untuk oli saya biasa pake rekomendasi beres
Yup. Sebenarnya seperti di pajero sport exceed lama, turbo baru bekerja max di 2000 rpm, sedangkan kalo saya sih, dari jalan raya ke rumah, sekitar 10-15 menit tapi tidak bisa jalan kenceng, tidak bisa mencapai 2000 rpm, jadi ya tidak terlalu perlu cool down sih.

Jadi misal kita baru jalan di tol, lalu berhenti di tempat istirahat di tol, itu turbo perlu cool down agak lama.

Kalo saya sih, paling gampang, pasang turbo timer. Perlu atau tidak, pokoknya lebih tenang pikiran.

Soal start, saya begitu start, tunggu rpm stabil, langsung bejek. Tidak perlu pemanasan.. Kembali lagi, yang penting oli bagus.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by marmut »

silahkan baca manual book dengan seksama, sudah dijelaskan dari A sampai Z disitu.
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by rajapb »

Kalo mager buat nunggu bisa pake turbo timer, nanti mesin nya mati sendiri.
greyrevolver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by greyrevolver »

rajapb wrote:Kalo mager buat nunggu bisa pake turbo timer, nanti mesin nya mati sendiri.
Untuk pemakaian turbo timer ini apakah akan menghanguskan garansi ?
greyrevolver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by greyrevolver »

marmut wrote:silahkan baca manual book dengan seksama, sudah dijelaskan dari A sampai Z disitu.
Hehee...sudah baca2 manual booknya Om, pake yg versi online nya juga ..tapi memang gak ketemu yg membahas mengenai turbo ini, atau saya yg gak teliti :)
Puffy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sun Nov 27, 2016 15:59

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Puffy »

Sprtinya yg paling susah dijaga pemakaian bbm ya.
Byk user yg blm paham mesib turbo (diisiin premium), kadang kalo lg di spbu suka nemu cibo yg dicekokin sikuning miris.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Turboman »

ini Turbo bensin atau Diesel ?

keduanya ya setir santai 5 menit sebelum parkir

oli full synth sgt direkomen

Utk Gasoline = minimum RON 92 (rekomen 95 - 98)

mau lebih sip pasang EGT meter
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by marmut »

ini yang utama,

Image

setelah itu mohon ini juga diperhatikakan,

Image

dan juga pemilihan oli yang tepat sesuai dengan apa yang diminta oleh mesin kendaraan.

setiap manual book harusnya ada keterangan-keterangan atau panduan lengkap. kalau di manual book tidak ada atau tidak lengkap, artinya silahkan anda pakai saja mobil sesuka hati dan siap-siap beli yang baru di tahun berikutnya.
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Tats »

Yang penting bensin oktan 95-98, sesuai rekomendasi pabrikan
Sampai sekarang saya belum pernah berani pakai bensin oktan 92, takut nanti ada apa2
Toh mobil saya yang sekarang tetap jauh lebih irit dari mobil n/a saya dulu (mesin cuma beda 100cc)
Padahal mobil saya yang dulu pakai oktan 92

Sisanya ga ada perawatan yg spesial, ganti oli dll aja
Mudah2an awet terus
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by iwansiagian »

Selama ini ritual standard aja sih matikan mesin 1 menit setelah berhenti.

Oli pakai nya yang 5-40 full sintètis tapi karena sering jalan pendek pendek, macet dan debu, saya ganti oli setiap 5000 km.

Sekarang udah 30 ribu km. Belum ada masalah sih turbo dan mesin nya.
greyrevolver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by greyrevolver »

Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 4:54 ini Turbo bensin atau Diesel ?

keduanya ya setir santai 5 menit sebelum parkir

oli full synth sgt direkomen

Utk Gasoline = minimum RON 92 (rekomen 95 - 98)

mau lebih sip pasang EGT meter
Saya menggunakan turbo diesel Om Turbo, kalau sudah jalan santai sebelum parkir apakah berarti tetap harus tunggu 1-2 menit sebelum mematikan mesin ?
marmut wrote: Tue Dec 05, 2017 4:58 ini yang utama,

Image

setelah itu mohon ini juga diperhatikakan,

Image

dan juga pemilihan oli yang tepat sesuai dengan apa yang diminta oleh mesin kendaraan.

setiap manual book harusnya ada keterangan-keterangan atau panduan lengkap. kalau di manual book tidak ada atau tidak lengkap, artinya silahkan anda pakai saja mobil sesuka hati dan siap-siap beli yang baru di tahun berikutnya.
Thanks Om infonya...di manual yg punya saya tadi tidak ada info seperti itu, hehehe...tapi gak akan saya gunakan mobil sesuka hati, tanya2 ke rekan2 disini...gak kuat beli mobil tiap tahun :big_dunno:
Tats wrote: Tue Dec 05, 2017 6:37 Yang penting bensin oktan 95-98, sesuai rekomendasi pabrikan
Sampai sekarang saya belum pernah berani pakai bensin oktan 92, takut nanti ada apa2
Toh mobil saya yang sekarang tetap jauh lebih irit dari mobil n/a saya dulu (mesin cuma beda 100cc)
Padahal mobil saya yang dulu pakai oktan 92

Sisanya ga ada perawatan yg spesial, ganti oli dll aja
Mudah2an awet terus
Noted Om, selama ini memang menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Turboman »

oalah Turbo Diesel mah gak perlu kayak Turbo bensin

jalan santai 5 menit sebelum parkir

saat patkir matiin mesin aja lgs

yg penting oli minimal semi synthetic

saya mah heran orang2 masi byk yg mau sumbang duit ke seller Turbo timer

Truk3 narik beban berat......oli single grade....ada gak tuh yg pake Turbo timer ?

padahal Turbonya truk gede2 gitu mahal loh
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Rakean »

iwing wrote: Tue Dec 05, 2017 2:15
liemivan86 wrote: Tue Dec 05, 2017 2:07 Setau saya sih tidak perlu perawatan khusus ya.. Paling pakai oli lebih encer atau khusus mesin turbo, lalu Biasa kan tidak langsung matikan mesin begitu sampai, terutama setelah turbo kerja keras, agar turbo ada waktu untuk cool down..
+1
meskipun banyak yang mengatakan klo mesin ber turbo gak masalah kalo langsung matikan mesin setelah 'kerja keras', tapi buat saya 'ritual' tidak langsung mematikan mesin itu perlu ketika berhenti. paling gak 1-2 menit lah

jangan lupa pakai oli bagus
buang waktu ajah nunggu 1 - 2 menit :mky_01:

matiin langsung ajah gpp, asal sebelum matiin jangan di blayer2 ajah mesin nya :mky_01:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2584
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by farizfsa »

selama pake pake C200 CGI dulu, 2 tahun km nambah 60rb, cuma ganti oli sesuai pabrikan, filter2 dan isi bensin pertamax biru,

geber2 santai2, ga ada ritual mau matiin mbl diemin dulu semenit dua menit, nyalain mbl, semenit kemudian lgs jalan, sehat2 aja. ga ada turbo leak or whatsoever.

ada juga sih yg makenya santai2 aja tp ttp aja turbo nya putuan :ngacir:
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2532
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by KielConstantine »

Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 8:15 Truk3 narik beban berat......oli single grade....ada gak tuh yg pake Turbo timer ?

padahal Turbonya truk gede2 gitu mahal loh
Ini yang jadi pertanyaan ane jg om dari dulu..
Truk2, bus bus. kan mesin dieselnya gede2 smua tuh CC besar lah pake turbo gede banget pula. Tapi smua pada cekokin biosolar gpp tuh..

Giliran mobil penumpang aja dikasih perjanjian minimal pertadex, klo berani ngasih biosol garansi hangus.. 😴 💤
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Turboman »

KielConstantine wrote:
Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 8:15 Truk3 narik beban berat......oli single grade....ada gak tuh yg pake Turbo timer ?

padahal Turbonya truk gede2 gitu mahal loh
Ini yang jadi pertanyaan ane jg om dari dulu..
Truk2, bus bus. kan mesin dieselnya gede2 smua tuh CC besar lah pake turbo gede banget pula. Tapi smua pada cekokin biosolar gpp tuh..

Giliran mobil penumpang aja dikasih perjanjian minimal pertadex, klo berani ngasih biosol garansi hangus.. [emoji42] [emoji99]
Truk en Bus kan kebanyakan masi pompa mekanikal PE inline

walau ada sebagian yg udah CRD

sebagian lagi sistem EUI, pake ECU juga
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by liemivan86 »

KielConstantine wrote:
Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 8:15 Truk3 narik beban berat......oli single grade....ada gak tuh yg pake Turbo timer ?

padahal Turbonya truk gede2 gitu mahal loh
Ini yang jadi pertanyaan ane jg om dari dulu..
Truk2, bus bus. kan mesin dieselnya gede2 smua tuh CC besar lah pake turbo gede banget pula. Tapi smua pada cekokin biosolar gpp tuh..

Giliran mobil penumpang aja dikasih perjanjian minimal pertadex, klo berani ngasih biosol garansi hangus.. [emoji42] [emoji99]
Beda om. Volvo 520 hp saya displacement nya 12rb cc lebih. Berarti 1000 cc hanya dapat 43,33 hp. Sedangkan Santa Fe (yang harus dex), 2.200 cc bisa dapat 198 hp. Jadi per 1000 cc bisa dapat 87.3 hp. Otomatis dengan hasil tenaga yang semakin besar dibanding isi silinder nya, tekanan injeksi solar, rpm, dll, disesuaikan, dan akhirnya kebutuhan bahan bakar berkualitas juga harus menyesuaikan.

Mengenai turbo di mesin truk yang tidak gampang rusak, sebenarnya banyak juga masalah turbo rusak di truk. Tapi karena truk bersifat menghasilkan uang, jadi kalo rusak ya harus diganti dan dimasukkan ke biaya operasional, sedangkan kalau mobil kecil kan kalo rusak kesan nya seperti menghabiskan uang saja.

Selain itu, Sopir2 truk juga tidak langsung matikan mesin begitu sampai tujuan. Mereka biasanya biarkan mesin idle beberapa menit, bukan dengan tujuan agar turbo awet, tapi untuk isi angin, setrum aki , dll..
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Penikmat_Kopi »

Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 8:15 oalah Turbo Diesel mah gak perlu kayak Turbo bensin

jalan santai 5 menit sebelum parkir

saat patkir matiin mesin aja lgs

yg penting oli minimal semi synthetic

saya mah heran orang2 masi byk yg mau sumbang duit ke seller Turbo timer

Truk3 narik beban berat......oli single grade....ada gak tuh yg pake Turbo timer ?

padahal Turbonya truk gede2 gitu mahal loh
Nah ini mencerahkan. Turbo diesel gak perlu nunggu 1-2 menit sebelum dimatiin dan juga gak perlu turbo timer