Ask : cara merawat mesin turbo

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by NYoman »

Hehe beda lho turbo diesel heavy duty dengan passenger car..
Sbg contoh, diesel 2L saat ini mampu memberikan 160hp lebih sedangkan heavy duty itu mampu 500hp dalam displacement yang sangat besar >10L.. Selain itu heavy duty engine limitasi beban kerjanya tidak sampai 2500RPM sedangkan modern passenger diesel sudah melewati 4500RPM bahkan ada yang 5000RPM sangat tinggi untuk sebuah mesin dengan kompresi tinggi.. Artinya mesin untuk mobil penumpang punya load kerja yang lebih tinggi dengan turbo yang lebih kecil artiny aperlu putaran lebih kencang untuk menghasilkan "force induction" setara dengna kompresi mesin yang artinya juga lebih panas lagi.. gak salah kalau perlu waktu untuk pendinginan kan..

Turbo heavy duty gak pernah rusak? Saya ada teman yang jual part2 original mercs heavy duty, jangan tanya berapa keluar turbo dalam sebulan.. dia seminggu bisa keluar selusin dus turbo ke perusahaan2 transportasi.. Yakin gak pernah rusak?

SOP untuk penggunaan heavy duty yang lebih baru makin ketat.. Saya ingat waktu di proyek beberapa ada yang pakai MAN, Scania dan Hino baru SOP nya jauh lebih ketat.. Mesin harus idle beberapa saat selain memberikan waktu untuk cooling juga untuk pengisian aki dan kompresor..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Turboman »

Tapi loadnya beda

Truk2 di Indo rata2 dimuati melebihi spek, bahkan sampe 2X spek

High Load = High EGT

Mesin kerja RPM rendah dgn pedal gas dibejek dalam itu justru EGT tinggi......drpd putaran menengah dgn gas secukupnya (light load)

Mesin2 Truk / Bus dari pabrik-nya di set dgn AFR di atas 1:20 utk mencegah EGT terbang......tapi ya tetap aja kalo dimuati overlimit ya EGT akan naik juga, apalagi kalo filter udara kotor

Kalo Turbo rusak di bus / truk, mungkin lebih banyak disebabkan kualitas oli dimana rata2 pake oli mineral / bahkan mineral kelas murah single grade / kotoran masuk lewat saluran intake.

CMIIW


User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Turboman »

Tetap utk keawetan Turbo itu yg sangat penting :
- Kualitas oli mesin
- Kualitas Filter oli
- Kualitas Filter udara (andai pakai free flow, pastikan daya saring baik)

Driving habbit = setir santai 5 menit sebelum parkir dah cukup

akan lebih baik juga banyak glide, jadi EGT lgs turun dgn cepat saat cruising (Fuel Cut)

saat parkir bisa lgs shut down

setir santai 5 menit udah cukup mengembalikan suhu oli mesin ke suhu kerja normal walau abis high speed driving (dari pengamatan saya ber tahun2 di 2KD dgn Oil Temp gauge)

atau kalau mobil matik saat maju mundur di parkiran juga kan itu udah hitung idle

Viskositas Oli :

Utk mesin dgn Turbo harap ikuti viskositas oli sesuai buku manual

krn viskositas oli berkorelasi dgn oil Pressure saat suhu mesin panas

Jika oil pressure drop.....suffer lah si Turbo
fiqhi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: Wed Jul 08, 2015 7:46

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by fiqhi »

Untuk Chevy Trax malah ga boleh pake sembarangan oli.

Wajib Dexos 1 Gen 2 yang kadar kalsium di bawah 1000 ppm. Mencegah superknocking (bulletinnya dikeluarkan beberapa bulan yll)

Di beres baru ada 1 pilihan, Mobil 1 Dexos 1 5w30.

Sent from my Redmi Note 4 using Seraya Motor mobile app

greyrevolver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by greyrevolver »

Turboman wrote:Tetap utk keawetan Turbo itu yg sangat penting :
- Kualitas oli mesin
- Kualitas Filter oli
- Kualitas Filter udara (andai pakai free flow, pastikan daya saring baik)

Driving habbit = setir santai 5 menit sebelum parkir dah cukup

akan lebih baik juga banyak glide, jadi EGT lgs turun dgn cepat saat cruising (Fuel Cut)

saat parkir bisa lgs shut down

setir santai 5 menit udah cukup mengembalikan suhu oli mesin ke suhu kerja normal walau abis high speed driving (dari pengamatan saya ber tahun2 di 2KD dgn Oil Temp gauge)

atau kalau mobil matik saat maju mundur di parkiran juga kan itu udah hitung idle

Viskositas Oli :

Utk mesin dgn Turbo harap ikuti viskositas oli sesuai buku manual

krn viskositas oli berkorelasi dgn oil Pressure saat suhu mesin panas

Jika oil pressure drop.....suffer lah si Turbo
Om Turbo , kriteria setir santai ini bagaimana ya? Saya biasanya kalau sudah dekat rumah karena banyak poldur , speed nya hanya 30-50 kph , sudah termasuk kriteri stir santai ya..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Turboman »

greyrevolver wrote:
Turboman wrote:Tetap utk keawetan Turbo itu yg sangat penting :
- Kualitas oli mesin
- Kualitas Filter oli
- Kualitas Filter udara (andai pakai free flow, pastikan daya saring baik)

Driving habbit = setir santai 5 menit sebelum parkir dah cukup

akan lebih baik juga banyak glide, jadi EGT lgs turun dgn cepat saat cruising (Fuel Cut)

saat parkir bisa lgs shut down

setir santai 5 menit udah cukup mengembalikan suhu oli mesin ke suhu kerja normal walau abis high speed driving (dari pengamatan saya ber tahun2 di 2KD dgn Oil Temp gauge)

atau kalau mobil matik saat maju mundur di parkiran juga kan itu udah hitung idle

Viskositas Oli :

Utk mesin dgn Turbo harap ikuti viskositas oli sesuai buku manual

krn viskositas oli berkorelasi dgn oil Pressure saat suhu mesin panas

Jika oil pressure drop.....suffer lah si Turbo
Om Turbo , kriteria setir santai ini bagaimana ya? Saya biasanya kalau sudah dekat rumah karena banyak poldur , speed nya hanya 30-50 kph , sudah termasuk kriteri stir santai ya..
pedal gas toel2

banyak gliding
CikidingTralala
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Tue Apr 01, 2008 8:38

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by CikidingTralala »

1. oli berkualitas (at least sesuai spek minimal di buku manual)
2. jadwal penggantian oli harus diperhatikan
3. pasang turbo timer (bisa juga idle bbrp menit sebelum mematikan mesin, tapi perlu perhatian khusus ketika mendaki cukup lama, kemudian mematikan mesin, nah ini biasanya EGT - exhaust gas temperature- terbang tinggi, dan diusahakan idle lebih lama lagi sebelum mematikan mesin)
4. pake boost meter jg membantu kok menjaga keawetan turbo dan mesin, mana tau overboost... (apalagi udah pake piggy back)
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by liemivan86 »


greyrevolver wrote: Om Turbo , kriteria setir santai ini bagaimana ya? Saya biasanya kalau sudah dekat rumah karena banyak poldur , speed nya hanya 30-50 kph , sudah termasuk kriteri stir santai ya..
Sebenarnya bukan dari kecepatannya sih, tapi dilihat dari driving style nya. Kalo kecepatan 30-50 tapi setiap kali lewat polisi tidur gas poll terus ya bukan setir santai.

Kalo saya sih biasa nya gas nya di urut, akselerasi pelan2, tahan rpm agar tidak terlalu tinggi. Kalo kita setir santai kan rata-rata Matic akan pindah gigi di sekitar 2000 rpm.
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by NYoman »

Nyetir nyantai itu ya gas ngurut.. jangan gas pedal to the floor any time any where..
Pakai manual ganti gear pendek2 ala matic, kyk di innova saya ganti gear di tiap 2000 dalkot, 2500 lukot..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
danielkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sun Aug 17, 2014 7:43

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by danielkt »

Ada di buku manualnya d4d
1. Dalkot : lsg matiin
2.tol/kecepatan tinggi : 1 menit idle sebelum mesin mati
3.mendaki panjang trus : 2 menit idle
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by jivos »

Perlakuan turbo di mesin gasoline n diesel apakah sama saja yak?
Testi diatas banyakan user diesel turbo.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by NYoman »

Di C250 saya sendiri biasanya saya biarin idle sebentar, yah sambil nutup pintu garasi dan pagar cukup lah 1 menit baru matikan..

Turbo di gasoline lebih panas BTW daripada turbo di diesel
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by idlamahilang »

Kalau saya selalu jalan santai dulu minimal 2 menit sebelum sampai tempat tujuan.. Yang penting turbo nya ga ngeboost, jaga rpm dibawah 1800 (turbo mobilku mulai aktif di 1850 rpm soalnya). Tiap mobil beda2 yah,contoh vw tsi keliatannya aktif mulai 1400 rpm.
Jadi sampai di tempat tidak perlu nunggu 1-2 menit buat matiin mesin. Karena tangan selalu reflek matiin mesin kalau udah sampai tempat tujuan. Hehe.
dimzis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Thu Aug 04, 2016 9:23

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by dimzis »

Fe
dimzis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Thu Aug 04, 2016 9:23

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by dimzis »

Fe
k4sus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Tue Sep 18, 2012 11:56

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by k4sus »

iwing wrote: Tue Dec 05, 2017 2:15
liemivan86 wrote: Tue Dec 05, 2017 2:07 Setau saya sih tidak perlu perawatan khusus ya.. Paling pakai oli lebih encer atau khusus mesin turbo, lalu Biasa kan tidak langsung matikan mesin begitu sampai, terutama setelah turbo kerja keras, agar turbo ada waktu untuk cool down..
+1
meskipun banyak yang mengatakan klo mesin ber turbo gak masalah kalo langsung matikan mesin setelah 'kerja keras', tapi buat saya 'ritual' tidak langsung mematikan mesin itu perlu ketika berhenti. paling gak 1-2 menit lah

jangan lupa pakai oli bagus
mesin turbo sekarang sudah canggih. meskipun mesin sudah dimatikan tapi pompa air/oli masih jalan untuk mendinginkan turbo selama 2-5 menit tergantung suhu turbo nya.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by liemivan86 »

k4sus wrote:
mesin turbo sekarang sudah canggih. meskipun mesin sudah dimatikan tapi pompa air/oli masih jalan untuk mendinginkan turbo selama 2-5 menit tergantung suhu turbo nya.
Wah, ini pengetahuan baru ini. Ada referensi nya om?
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Pugman »

liemivan86 wrote: Tue Dec 05, 2017 13:21
KielConstantine wrote:
Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 8:15 Truk3 narik beban berat......oli single grade....ada gak tuh yg pake Turbo timer ?

padahal Turbonya truk gede2 gitu mahal loh
Ini yang jadi pertanyaan ane jg om dari dulu..
Truk2, bus bus. kan mesin dieselnya gede2 smua tuh CC besar lah pake turbo gede banget pula. Tapi smua pada cekokin biosolar gpp tuh..

Giliran mobil penumpang aja dikasih perjanjian minimal pertadex, klo berani ngasih biosol garansi hangus.. [emoji42] [emoji99]
Beda om. Volvo 520 hp saya displacement nya 12rb cc lebih. Berarti 1000 cc hanya dapat 43,33 hp. Sedangkan Santa Fe (yang harus dex), 2.200 cc bisa dapat 198 hp. Jadi per 1000 cc bisa dapat 87.3 hp. Otomatis dengan hasil tenaga yang semakin besar dibanding isi silinder nya, tekanan injeksi solar, rpm, dll, disesuaikan, dan akhirnya kebutuhan bahan bakar berkualitas juga harus menyesuaikan.

Mengenai turbo di mesin truk yang tidak gampang rusak, sebenarnya banyak juga masalah turbo rusak di truk. Tapi karena truk bersifat menghasilkan uang, jadi kalo rusak ya harus diganti dan dimasukkan ke biaya operasional, sedangkan kalau mobil kecil kan kalo rusak kesan nya seperti menghabiskan uang saja.

Selain itu, Sopir2 truk juga tidak langsung matikan mesin begitu sampai tujuan. Mereka biasanya biarkan mesin idle beberapa menit, bukan dengan tujuan agar turbo awet, tapi untuk isi angin, setrum aki , dll..
Hahaha jadi inget waktu pakai hino, kalau saya dulu idling mesin bukan pas mau berhenti tapi sebelum jalan idle dulu sekitar 2-3 menit nunggu angin lebih dari 5 bar kemudian baru jalan. Saluran angin seperti ada bocor halus, yang kalau berhenti lebih dari 1 jam anginnya habis
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Turboman »

k4sus wrote:
iwing wrote: Tue Dec 05, 2017 2:15
liemivan86 wrote: Tue Dec 05, 2017 2:07 Setau saya sih tidak perlu perawatan khusus ya.. Paling pakai oli lebih encer atau khusus mesin turbo, lalu Biasa kan tidak langsung matikan mesin begitu sampai, terutama setelah turbo kerja keras, agar turbo ada waktu untuk cool down..
+1
meskipun banyak yang mengatakan klo mesin ber turbo gak masalah kalo langsung matikan mesin setelah 'kerja keras', tapi buat saya 'ritual' tidak langsung mematikan mesin itu perlu ketika berhenti. paling gak 1-2 menit lah

jangan lupa pakai oli bagus
mesin turbo sekarang sudah canggih. meskipun mesin sudah dimatikan tapi pompa air/oli masih jalan untuk mendinginkan turbo selama 2-5 menit tergantung suhu turbo nya.
Kalo bisa begitu, berarti mobil tsb pakai

Electric water pump

Electric oil pump alias Dry Sump

Mobil apa yg pake sistem spt itu ?
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by xtr40rd1n4rym4n »

Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 8:15 oalah Turbo Diesel mah gak perlu kayak Turbo bensin

...
kl turbo bensin kenapa om Turboman?
nubie ijin nyimak..

hehehehe :mky_01:
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by xtr40rd1n4rym4n »

Turboman wrote: Sun Dec 10, 2017 5:26
k4sus wrote:
mesin turbo sekarang sudah canggih. meskipun mesin sudah dimatikan tapi pompa air/oli masih jalan untuk mendinginkan turbo selama 2-5 menit tergantung suhu turbo nya.
Kalo bisa begitu, berarti mobil tsb pakai

Electric water pump

Electric oil pump alias Dry Sump

Mobil apa yg pake sistem spt itu ?
entah benar apa tidak, tapi ipar punya tiguan terkadang habis mesin mati tuh kipas masi tetap jalan loh sekitar semenit an..
padahal empunya uda keluar mobil, mesin mati dan dikunci.

apakah ini salah satu contoh mobil yg dimaksud?
:mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Turboman »

xtr40rd1n4rym4n wrote:
Turboman wrote: Sun Dec 10, 2017 5:26
k4sus wrote:
mesin turbo sekarang sudah canggih. meskipun mesin sudah dimatikan tapi pompa air/oli masih jalan untuk mendinginkan turbo selama 2-5 menit tergantung suhu turbo nya.
Kalo bisa begitu, berarti mobil tsb pakai

Electric water pump

Electric oil pump alias Dry Sump

Mobil apa yg pake sistem spt itu ?
entah benar apa tidak, tapi ipar punya tiguan terkadang habis mesin mati tuh kipas masi tetap jalan loh sekitar semenit an..
padahal empunya uda keluar mobil, mesin mati dan dikunci.

apakah ini salah satu contoh mobil yg dimaksud?
:mky_01:
itu kipas listrik radiator

Accord Cielo th 94 dulu juga udah spt itu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by Turboman »

xtr40rd1n4rym4n wrote:
Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 8:15 oalah Turbo Diesel mah gak perlu kayak Turbo bensin

...
kl turbo bensin kenapa om Turboman?
nubie ijin nyimak..

hehehehe :mky_01:
EGT dan suhu oli mesin lebih panas drpd Turbo D
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by xtr40rd1n4rym4n »

Turboman wrote: Mon Dec 11, 2017 14:02
xtr40rd1n4rym4n wrote:
Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 8:15 oalah Turbo Diesel mah gak perlu kayak Turbo bensin

...
kl turbo bensin kenapa om Turboman?
nubie ijin nyimak..

hehehehe :mky_01:
EGT dan suhu oli mesin lebih panas drpd Turbo D
siap hu, thanks buat infonya.. :mky_02:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Ask : cara merawat mesin turbo

Post by NYoman »

kalau kipas elektrik sih di yaris bakpau saya juga gitu.. masih nyala kalau dianggap panas oleh sensor..

kalau air, di innova saya juga terdengar seperti air mengalir kalau habis matikan mesin.. hehe
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)