Toyota dan Holden Tutup, Nasib Sial Industri Mobil Australia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Jerome
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49

Re: Toyota dan Holden Tutup, Nasib Sial Industri Mobil Australia

Post by Jerome »

12valves wrote: Sun Oct 08, 2017 15:29 Ngga juga. Buktinya Wuling & Mitsu berani masuk sini utk menantang monopoli Toyodai.

Makin kesini sebenernya kita harus pakai mobil rakitan negeri sendiri, memprioritaskan CKD drpada CBU. Tujuan meninggikan pajak impor kan salah satunya utk memproteksi pabrik2 yg berinvestasi di Indonesia.

Dengan memakai mobil CKD kita membantu menghidupkan pabrik2 lokal yg menghidupi karyawan2 lokal pula.
Mitsu kan pemain lama, sdh exist, pas produk passanger (sedan) nya ancur mrk bs tetap exist dgn commercial cars,trucks,
pabrik & jaringan udah ada tinggal diperluas aja klo ada CKD model baru

yg terhitung 'berani' (kalo liat nasib motor & bbrpa mobil china) ya Wuling, masuk dr nol lgs CKD dgn mengandalkan MPV, kelas yg paling digemari di indo, sm kyk Chevy, yg 'cuma' rerun pabrik dgn MPV-Spin, toh akhirnya tumbang (lagi..)

klo nasib Wuling kyk motor china gak tau deh gimana tuh investasi nya

tp berharap brand lain yg cm punya sales puluhan-ratusan unit buka pabrik disini ya susah, hampir semua yg punya pabrik itu sales nya ribuan
klo liat 20besar mobil terlaris brand nya itu2 aja ya susah brand lain mau buka pabrik
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Toyota dan Holden Tutup, Nasib Sial Industri Mobil Australia

Post by kompresorz »

berarti kurang beruntung industri mobil australia...
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 413
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Toyota dan Holden Tutup, Nasib Sial Industri Mobil Australia

Post by fl4b1e »

Kalau mnrt pendapat saya, berkaca dari australia, pemerintah harusnya memberikan perhatian lebih dengan industri otomotif.

Karena bukan cuma pabrik mobilnya yg penting, tapi juga spare part, ban, kaca, karet2, filter dsb.

Berkaca dari australia seharusnya pemerintah berusaha meningkatkan konsumsi pembelian mobil ckd.

Misalnya pajak mobil tua yg sudah berusia 8-10 tahun ke atas dinaikkan secara drastis atau memang dikenakan pajak pembatasan usia mobil. Di sisi lain pajak atas mobil ckd diturunkan lebih banyak secara agresif.

Alhasil pembelian mobil akan lebih banyak di mobil baru ckd tuk memutar ekonomi.

Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1066
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Toyota dan Holden Tutup, Nasib Sial Industri Mobil Australia

Post by Zaxis »

Bikin aturan mobdin pejabat musti ckd
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Toyota dan Holden Tutup, Nasib Sial Industri Mobil Australia

Post by Koddy »

Zaxis wrote:Bikin aturan mobdin pejabat musti ckd
CKD saja kurang.
Mustinya kelas LCGC (Low Cost Green Car).
Bikin aturan mobil ramah lingkungan ya seharusnya jadi panutan dipakai di semua lini dahulu.
Semua mobdin pns dan pejabat menggunakan LCGC yang menurut aturan minimal konsumsi BBM nya 1:20.
Jadi selain penghematan anggaran negara karena biaya pembelian lebih murah, juga penghematan melalui biaya BBM yang lebih murah.

Masalahnya.... Mana pada mau?
PNS dan pejabat di Indonesia malah gengsinya ga ketulungan, padahal bukan mobil sendiri.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Toyota dan Holden Tutup, Nasib Sial Industri Mobil Australia

Post by nugroho bagor »

fl4b1e wrote: Fri Oct 13, 2017 15:48 Kalau mnrt pendapat saya, berkaca dari australia, pemerintah harusnya memberikan perhatian lebih dengan industri otomotif.

Karena bukan cuma pabrik mobilnya yg penting, tapi juga spare part, ban, kaca, karet2, filter dsb.

Berkaca dari australia seharusnya pemerintah berusaha meningkatkan konsumsi pembelian mobil ckd.

Misalnya pajak mobil tua yg sudah berusia 8-10 tahun ke atas dinaikkan secara drastis atau memang dikenakan pajak pembatasan usia mobil. Di sisi lain pajak atas mobil ckd diturunkan lebih banyak secara agresif.

Alhasil pembelian mobil akan lebih banyak di mobil baru ckd tuk memutar ekonomi.
Pajak mobil tua kok di naikkan drastis, bingung sama pendapat anda?dari Aussie kok ke pajak mobil tua?so wild
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1964
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Toyota dan Holden Tutup, Nasib Sial Industri Mobil Australia

Post by alvin23 »

fl4b1e wrote: Fri Oct 13, 2017 15:48 Kalau mnrt pendapat saya, berkaca dari australia, pemerintah harusnya memberikan perhatian lebih dengan industri otomotif.

Karena bukan cuma pabrik mobilnya yg penting, tapi juga spare part, ban, kaca, karet2, filter dsb.

Berkaca dari australia seharusnya pemerintah berusaha meningkatkan konsumsi pembelian mobil ckd.

Misalnya pajak mobil tua yg sudah berusia 8-10 tahun ke atas dinaikkan secara drastis atau memang dikenakan pajak pembatasan usia mobil. Di sisi lain pajak atas mobil ckd diturunkan lebih banyak secara agresif.

Alhasil pembelian mobil akan lebih banyak di mobil baru ckd tuk memutar ekonomi.
Loh ini kan sudah dilakukan dari dulu. Pajak mobil di Indonesia itu mahal, buat yg CBU jauh lebih mahal lagi

Ada juga pemerintah harusnya turunin lah pajak buat mobil, biar produk otomotif di Indonesia makin on par dengan market luar. Masak bayar 500jt (USD 37,000) cuma dapet Fortuner. Atau kayak yang sering dibilangin Om NR tentang pajak non final itu, biar bisa jadi hub ekspor/impor kompetitif
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Toyota dan Holden Tutup, Nasib Sial Industri Mobil Australia

Post by coklatMetalik »

nugroho bagor wrote: Sun Oct 15, 2017 7:59
fl4b1e wrote: Fri Oct 13, 2017 15:48 Kalau mnrt pendapat saya, berkaca dari australia, pemerintah harusnya memberikan perhatian lebih dengan industri otomotif.

Karena bukan cuma pabrik mobilnya yg penting, tapi juga spare part, ban, kaca, karet2, filter dsb.

Berkaca dari australia seharusnya pemerintah berusaha meningkatkan konsumsi pembelian mobil ckd.

Misalnya pajak mobil tua yg sudah berusia 8-10 tahun ke atas dinaikkan secara drastis atau memang dikenakan pajak pembatasan usia mobil. Di sisi lain pajak atas mobil ckd diturunkan lebih banyak secara agresif.

Alhasil pembelian mobil akan lebih banyak di mobil baru ckd tuk memutar ekonomi.
Pajak mobil tua kok di naikkan drastis, bingung sama pendapat anda?dari Aussie kok ke pajak mobil tua?so wild
Sedih banget nasib sy kalo gitu
Ntar sy harus ganti LGX sy jadi agya krn gk kuat bayarin pajaknya :big_cry:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Toyota dan Holden Tutup, Nasib Sial Industri Mobil Australia

Post by iwing »

disaat banyak pabrikan yang membuat aliansi dan banyak pabrikan yang tutup di suatu negara, kabarnya yamaha justru akan mulai membuat mobil di tahun 2019..?? nekat atau gmn ya kalo beneran direalisasi..?? apa gak terlambat ya..??