Data Penjualan Mobil - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

salz23
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Dec 14, 2016 14:40

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by salz23 »

20 Mobil Terlaris Bulan Mei, Xpander Tak Tergoyahkan
Dina Rayanti - detikOto

Jakarta - Mitsubishi Xpander masih menjadi raja mobil terlaris sepanjang bulan Mei 2018. Penjualannya pun mencatatkan peningkatan apabila dibandingkan bulan sebelumnya yakni April 2018.

Mengacu pada data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) milik Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) pada April Xpander terkirim ke diler sebanyak 7.097 unit sementara pada Mei menjadi 7.601 unit.

Posisi kedua yang selama ini diisi Toyota Avanza pun terganti oleh Toyota Calya. Calya terjual sebanyak 6.694 unit.

Sementara Avanza harus rela posisinya tergusur oleh sang adik pada bulan kelima tahun 2018 ini. Avanza pada bulan Mei terjual 6.480 unit. Selain ketiga posisi teratas, detikOto juga telah merangkum 20 mobil terlaris di Indonesia. Berikut daftarnya.

1. Mitsubishi Xpander: 7.601 unit
2. Toyota Calya: 6.694 unit
3. Toyota Avanza: 6.480 unit
4. Toyota Innova: 5.011 unit
5. Daihatsu Sigra: 4.903 unit
6. Suzuki Ertiga: 4.449 unit
7. Honda Brio Satya: 4.379 unit
8. Honda HR-V: 3.238 unit
9. Daihatsu Xenia: 3.089 unit
10. Suzuki Carry Pick-up: 2.848 unit
11. Toyota Rush: 2.832 unit
12. Honda Mobilio: 2.764 unit
13. Daihatsu Terios: 2.700 unit
14. Mitsubishi Pajero Sport: 2.624 unit
15. Toyota Agya: 2.511
16. Daihatsu Ayla: 2.289 unit
17. Suzuki Ignis: 1.930 unit
18. Daihatsu Granmax Pick-up: 1.725 unit
19. Toyota Fortuner: 1.362 unit
20. Toyota Yaris: 1.319 unit
Last edited by salz23 on Wed Jul 04, 2018 16:57, edited 1 time in total.
salz23
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Dec 14, 2016 14:40

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by salz23 »

Winz wrote: Wed Jul 04, 2018 3:57
Bdw kenapa CX-3 masuk LSUV ya? HR-V 1.8L dan CH-R aja masuk midSUV, padahal cc uda 2000cc, klasifikasinya bagaimana?

sama Chevy Trax ma Trailblazer pun ga nampak dari data LSUV dan midSUV, masuk kategori manakah mereka?
Chevy trax 122 unit
Chevy trailblazer 72 unit

Mungkin keselip data narasumbernya..
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by alvin23 »

ChZ wrote:
nyotsaeba wrote: Wed Jul 04, 2018 5:05 Yg ane belum jelas, kl misalnya ckd kurang laku, bisa ga sih kapasitas produksinya dialihin ke tipe lain, misalnya sienta, trus dialihin ke yaris gt?
menurut pengamatan sotoy.. ya bisa aja... asal masih dibuat dalam 1 plant ya mungkin aja. Klo demand untuk unit A kurang laku sementara unit B yang diproduksi di tempat yang sama lebih laku dan diantri orang, mungkin aja produksi B digenjot dengan mengurangi kuota produksi unit A.

Pengamatan sotoy ya, sapa tau ada yang lebih berpengalaman di pabrik :mky_01:
Bisa apalagi mobil skrg banyak common part, tp ttp aja ada casting/cetakan tertentu yg harus dibikin baru pas ningkatin produksi.

Alasan bbrp mobil galaku galangsung distop produksinya, soalnya begitu casting/alat produksi diadjust ke tipe lain, susah lagi (mahal) buat ngubah lagi.

Intinya ngubah jg butuh cost, apalagi stop produksi
Rocky R ADS CVT 2021
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by casabalancas »

salz23 wrote: Wed Jul 04, 2018 16:49 20 Mobil Terlaris Bulan Mei, Xpander Tak Tergoyahkan
Dina Rayanti - detikOto

Jakarta - Mitsubishi Xpander masih menjadi raja mobil terlaris sepanjang bulan Mei 2018. Penjualannya pun mencatatkan peningkatan apabila dibandingkan bulan sebelumnya yakni April 2018.

Mengacu pada data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) milik Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) pada April Xpander terkirim ke diler sebanyak 7.097 unit sementara pada Mei menjadi 7.601 unit.

Posisi kedua yang selama ini diisi Toyota Avanza pun terganti oleh Toyota Calya. Calya terjual sebanyak 6.694 unit.

Sementara Avanza harus rela posisinya tergusur oleh sang adik pada bulan kelima tahun 2018 ini. Avanza pada bulan Mei terjual 6.480 unit. Selain ketiga posisi teratas, detikOto juga telah merangkum 20 mobil terlaris di Indonesia. Berikut daftarnya.

1. Mitsubishi Xpander: 7.601 unit
2. Toyota Calya: 6.694 unit
3. Toyota Avanza: 6.480 unit
4. Toyota Innova: 5.011 unit
5. Daihatsu Sigra: 4.903 unit
6. Suzuki Ertiga: 4.449 unit
7. Honda Brio Satya: 4.379 unit
8. Honda HR-V: 3.238 unit
9. Daihatsu Xenia: 3.089 unit
10. Suzuki Carry Pick-up: 2.848 unit
11. Toyota Rush: 2.832 unit
12. Honda Mobilio: 2.764 unit
13. Daihatsu Terios: 2.700 unit
14. Mitsubishi Pajero Sport: 2.624 unit
15. Toyota Agya: 2.511
16. Daihatsu Ayla: 2.289 unit
17. Suzuki Ignis: 1.930 unit
18. Daihatsu Granmax Pick-up: 1.725 unit
19. Toyota Fortuner: 1.362 unit
20. Toyota Yaris: 1.319 unit
Akhirnya konsumen makin pinter, kalo gak butuh naik turun gunung, bawa barang banyak & selalu diisi 7 orang sih untuk city cruise memang jauh lebih nyaman Calya daripada AvXen. AvXen dengan harga di kisaran 200jt memang sudah waktunya full model change dan full kaki-kaki change
jengkey
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Feb 08, 2017 4:56

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by jengkey »

Mobilio semakin ketinggalan... :ngacir:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ak4ng »

2624 vs 1362..... hahahhaa... spek emg ga bohong.. cangkang tampak mewah doang bisa nipuuuu
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by sintoni »

Baru sadar Yasir kok diatas Njes ya?

Saatnya FL dengan fitur ditambah mungkin ya buat Njes?
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Michaelktp »

AN AvXen sekalipun keluar tahun depan belum tentu bisa mengulang booming seperti saat akhir 2003. Secara harga LMPV akan semakin mahal dan mungkin saja LCGC benar-benar akan bisa menggeser posisi dominan LMPV saat ini. Tidak hanya 2 bulan tahun lalu dan 1 bulan terakhir ini. Apalagi kalau bisa ada LCGC diesel yang bisa minum biosolar. Bisa antrian inden bertahun-tahun hahaha J/K.
PT. MMKYSI dan SIS better bisa masuk juga ke segmen MPV LCGC.
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by dizco »

mantep mitsubishi bisa stabil kurang lebih 10 ribu unit per bulan untuk xpander & pajero sport

fortuner kalau masih spek indonesia rasanya berat ya mau bersaing, harus mau facelift nambah fitur gede gedean dan mainin diskon kalau mau bersaing.
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Winz »

ak4ng wrote: Thu Jul 05, 2018 2:17 2624 vs 1362..... hahahhaa... spek emg ga bohong.. cangkang tampak mewah doang bisa nipuuuu
ANPS makin tak terkejar oleh Pesaing2'nya, Bukti nyata konsumen mulai melek :
Image
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by dsign1990 »

Michaelktp wrote: Thu Jul 05, 2018 2:31 AN AvXen sekalipun keluar tahun depan belum tentu bisa mengulang booming seperti saat akhir 2003. Secara harga LMPV akan semakin mahal dan mungkin saja LCGC benar-benar akan bisa menggeser posisi dominan LMPV saat ini. Tidak hanya 2 bulan tahun lalu dan 1 bulan terakhir ini. Apalagi kalau bisa ada LCGC diesel yang bisa minum biosolar. Bisa antrian inden bertahun-tahun hahaha J/K.
PT. MMKYSI dan SIS better bisa masuk juga ke segmen MPV LCGC.
tapi kalau perubahannya seperti rushter lama ke rushter baru yg mana harga gak naik dg impresi yg lebih menarik sih rasanya gak sulit naikin ke angka 8-9-10rb dan kembali di posisi puncak
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ChZ »

Winz wrote: Thu Jul 05, 2018 3:34
ak4ng wrote: Thu Jul 05, 2018 2:17 2624 vs 1362..... hahahhaa... spek emg ga bohong.. cangkang tampak mewah doang bisa nipuuuu
ANPS makin tak terkejar oleh Pesaing2'nya, Bukti nyata konsumen mulai melek :
Image
Kalo konsumen mulai melek mah beli nya yang nomer 3 om... :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
merkapa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 476
Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by merkapa »

Toyota kayaknya harus bertobat do fortuner ama Avanzanya. Rush udah lumayan. Honda juga harus bertobat kalo ga mau ketinggalan atau disalip Wuling kayak nissan
Tumben ertiga bisa ancurin mobilio
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Michaelktp »

dsign1990 wrote: Thu Jul 05, 2018 3:36
Michaelktp wrote: Thu Jul 05, 2018 2:31 AN AvXen sekalipun keluar tahun depan belum tentu bisa mengulang booming seperti saat akhir 2003. Secara harga LMPV akan semakin mahal dan mungkin saja LCGC benar-benar akan bisa menggeser posisi dominan LMPV saat ini. Tidak hanya 2 bulan tahun lalu dan 1 bulan terakhir ini. Apalagi kalau bisa ada LCGC diesel yang bisa minum biosolar. Bisa antrian inden bertahun-tahun hahaha J/K.
PT. MMKYSI dan SIS better bisa masuk juga ke segmen MPV LCGC.
tapi kalau perubahannya seperti rushter lama ke rushter baru yg mana harga gak naik dg impresi yg lebih menarik sih rasanya gak sulit naikin ke angka 8-9-10rb dan kembali di posisi puncak
Garis besar perubahan design AN AvXen saya rasa sudah bisa dilihat di AN RusTer. Tidak akan terlalu bombastis secara tampilan luar antara LMPV - LSUV semakin tipis kalau tidak mau dibilang sama.
Tampilan LMPV mix crossover yang dipelopori oleh Xpander sehingga Xpander sering juga dibenturkan dengan AN RusTer. Padahal Xpander adalah LMPV bukan LSUV 7 seater.
Saya dulu juga pernah punya Old Avanza 1.3G K3-DE juga Xenia 1.3 Xi (non tacho) tahun 2004. Sekarang diganti ke ANA akhir 2011 batch 1 non ABS dan sudah terbiasa dengan mobil Daihatsu yang hanya diberi emblem triple elips.
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by dsign1990 »

Michaelktp wrote: Thu Jul 05, 2018 4:27
dsign1990 wrote: Thu Jul 05, 2018 3:36
Michaelktp wrote: Thu Jul 05, 2018 2:31 AN AvXen sekalipun keluar tahun depan belum tentu bisa mengulang booming seperti saat akhir 2003. Secara harga LMPV akan semakin mahal dan mungkin saja LCGC benar-benar akan bisa menggeser posisi dominan LMPV saat ini. Tidak hanya 2 bulan tahun lalu dan 1 bulan terakhir ini. Apalagi kalau bisa ada LCGC diesel yang bisa minum biosolar. Bisa antrian inden bertahun-tahun hahaha J/K.
PT. MMKYSI dan SIS better bisa masuk juga ke segmen MPV LCGC.
tapi kalau perubahannya seperti rushter lama ke rushter baru yg mana harga gak naik dg impresi yg lebih menarik sih rasanya gak sulit naikin ke angka 8-9-10rb dan kembali di posisi puncak
Garis besar perubahan design AN AvXen saya rasa sudah bisa dilihat di AN RusTer. Tidak akan terlalu bombastis secara tampilan luar antara LMPV - LSUV semakin tipis kalau tidak mau dibilang sama.
Tampilan LMPV mix crossover yang dipelopori oleh Xpander sehingga Xpander sering juga dibenturkan dengan AN RusTer. Padahal Xpander adalah LMPV bukan LSUV 7 seater.
Saya dulu juga pernah punya Old Avanza 1.3G K3-DE juga Xenia 1.3 Xi (non tacho) tahun 2004. Sekarang diganti ke ANA akhir 2011 batch 1 non ABS dan sudah terbiasa dengan mobil Daihatsu yang hanya diberi emblem triple elips.
Maksud saya diatas kalau nanti eksekusinya spt rushter yg impresinya membaik tapi harga tetap atau bahkan turun dikit bisa sukses lagi spt rushter itu yg sampe inden lumayan lama.
Dipikir2 kalau lihat konsep DN multisix di GIIAS lalu sepertinya next avxen gak bakal ada sisipan aura crossover dia bakal menjauh dari kesan itu tapi ia bakal lebih nyondong ke aura elegan - mature... ditambah terios bener2 udh masuk teritori harga LMPV bahkan rush juga bisa dikata demikian... gak asyik mungkin liat 2 segmen saling cakar2an.
Nah kepikiran juga kata multisix nya kayak menekankan banget bakal ada varian captain seat pertama di lmpv perkiraan saya buat varian avanza veloz dan xenia R deluxe biar kesan mature nya lebih nampol.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by marama »

kalau avxen hrgnya dibuat seperti rushter yg tdk naik ketika full model change, brarti tipe plg mahal g lebih dari 230an jt , menarik sih . astra kononn baru mau gnt model stlh pilpres 2019 wait n see dulu kondisi politik indonesia toh jualan dgn model skrg juga masih bs laku 6000an
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by dsign1990 »

marama wrote: Thu Jul 05, 2018 7:49 kalau avxen hrgnya dibuat seperti rushter yg tdk naik ketika full model change, brarti tipe plg mahal g lebih dari 230an jt , menarik sih . astra kononn baru mau gnt model stlh pilpres 2019 wait n see dulu kondisi politik indonesia toh jualan dgn model skrg juga masih bs laku 6000an
gak kelamaan itu akhir 2019 ?
makin lama new ertiga makin dikenal belum lagi kalau mitsu nambah kapasitas Xpander dan gak inden lagi ditambah wuling makin tenar
bisa2 terus nyosor
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Wistuwis »

ak4ng wrote: Thu Jul 05, 2018 2:17 2624 vs 1362..... hahahhaa... spek emg ga bohong.. cangkang tampak mewah doang bisa nipuuuu
Padahal saya lebih suka jd penumpang fortuner daripada anps.
Entah kenapa kalau naik anps ataupun ops selalu mabok :shrug:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by iwing »

kalo saya dari pada naik anps atau fortuner, mending naik innova aja lah wkkwkwkwk
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ginting »

Wistuwis wrote: Thu Jul 05, 2018 18:51
ak4ng wrote: Thu Jul 05, 2018 2:17 2624 vs 1362..... hahahhaa... spek emg ga bohong.. cangkang tampak mewah doang bisa nipuuuu
Padahal saya lebih suka jd penumpang fortuner daripada anps.
Entah kenapa kalau naik anps ataupun ops selalu mabok :shrug:
Kalau saya juga merasa gitu oom, suspensinya ngayun banget (std)..
karena GC tinggi, suspensi empuk, serasa kayak di perahu...

Kalau saya beli Dakar (misal) maka saya akan lakukan perubahan :
- ganti shock sama yang lebih stiff
- Buang itu console tengah yang ngembang (bikin kaki kiri gak bebas ruang geraknya, otot paha / panggul bakal capek kalau jalan jauh, gak bisa relax). ganti sama console tengah Exceed yang lebih ramping (google aja)
- Kalau bisa pasang rel di kursi tengah supaya bisa disorong maju mundur (andai dapat 10 cm sudah lumayan). Jadi kalau penumpang 7 orang, yg di blkg bisa agak lega leg roomnya.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by osbertc0ol »

CRV Hilang lagi?

Thread crv lesu bangkit lg dong :big_biglaugh:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by nyotsaeba »

iwing wrote:kalo saya dari pada naik anps atau fortuner, mending naik innova aja lah wkkwkwkwk
Nah ini bener 100% setuju, abis td anf trus td inopah, langsung berasa bener kerasnya bantingan tuh anf..
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Winz »

osbertc0ol wrote: Fri Jul 06, 2018 2:52 CRV Hilang lagi?

Thread crv lesu bangkit lg dong :big_biglaugh:
mei 2018 masih mending di angka 1100an, di Juni 2018 kembali 200an :mky_04:

tapi baru ahond yang publish wholesales untuk bulan juni 2018, "NEW" BR-V meningkat drastis :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ChZ »

osbertc0ol wrote: Fri Jul 06, 2018 2:52 CRV Hilang lagi?

Thread crv lesu bangkit lg dong :big_biglaugh:
Habis ini kayaknya ada yang bikin "kenapa ANF bisa dikalahkan penjualannya oleh ANPS" :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by arfs »

ChZ wrote:
osbertc0ol wrote: Fri Jul 06, 2018 2:52 CRV Hilang lagi?

Thread crv lesu bangkit lg dong :big_biglaugh:
Habis ini kayaknya ada yang bikin "kenapa ANF bisa dikalahkan penjualannya oleh ANPS" :big_biglaugh:
Wkk ntar kyk disebelah (ka ef oh ceh) ada yg tanya mending anps atau anf trus ada yg gk terima, ngambek sampe para sesepuhnya minta closed thread nya :big_biglaugh:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.