Data Penjualan Mobil - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ChZ »

Winz wrote: Mon Dec 18, 2017 8:28
dari segi tampang aja klo dibandingkan 4 itu jelas X-trail kalah, tapi dari segi harga juga jauh, 4 itu trim yang laku2 uda di atas setengah eM

ANF G, ANPS exceed, AN-CRV 2.0 juga sepi peminat, yang di rentang 400 jutaan baru head to head harga sama X-trail, ANPS exceed paling parah stok 2016 masih banyak terutama yang matic, diskon'nya juga cukup besar untuk tipe yang ini
Biasanya orang di rentang harga segini nggak terlalu pusing soal harga oom, makanya selisih 40-50juta trim tertinggi ya dihajar sekalian tipe tertinggi, buat orang di segmen ini nanggung beli tipe bawah.

Bwat saya Nissan kalah fresh aja dibanding 4 lawan utamanya, wong di awal peluncuran sempat kuat kok jualannya lebih tinggi dari CX-5, malah sempet lebih tinggi dari CR-V. Menurut saya dia senasib ama Isuzu MU-X ... karena kalah fresh sama pesaing jadi hancur penjualan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by liemivan86 »

(kejadian di T32 X-Trail, diskon 55jt bok). Entah berapa gede margin dikurangin atau malah jual rugi aja itu Nissan X-Trail dipotong segitu gede.
[/quote]

Ralat, diskon 65 jt.. Ha2... *saya yang beli soalnya*

Saya sih yakin mereka masih profit ya walaupun dipotong segitu besar, karena ongkos produksi mobil dan hp itu murah (lainnya saya kurang tahu), yang mahal itu ongkos riset nya, overhead, dll.

Tapi memang Nissan ini parah, saya lihat showroom nya aja uda bosan, soalnya produk nya lama semua, tidak ada pembaruan. Padahal produk Nissan terkenal dengan kenyamanan, mesin canggih dan build quality yang lebih baik dibanding yang lain, tapi ya itu, entah di Indonesia koq mati suri. ATPM nya nda niat nih...
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Mon Dec 18, 2017 7:51
kok gw mencium bau itu pabrik Nissan kalo nggak efektif bakal dialihfungsikan jadi pabrik MMKSI... :big_biglaugh: sama kayak pabrik GM di pondok ungu yah akhirnya yang pake juga dia sendiri a.k.a SGMW (SAIC-GM-Wuling).

secara indent Xpander mengular dan peminatnya masih banyak rasanya pake production facility MMKSI yang sekarang ngga kekejer...

Sekalian nanti Livina baru berbasis Xpander diproduksi di situ :mky_01:
lebih parah lagi... tukang jait buat merek lain.. padahal aslinya induknya si tiga berlian.. cuma indomobil yang bisa gini kalau kejadian :mky_07: padahal mana ada sejarahnya indomobil jadi tukang jait merek lain.. ada juga di-rebadge tiga berlian atau sempet mazda.
penjualan Livina bulan lalu bahkan gak sampe 1/2 nya Wuling... kan ngenes... padahal Wuling cuma jual Confero semua transmisi M/T sedangkan Livina punya A/T dan varian lebih banyak.

Karena mayoritas produk Nissan sudah obsolete, kalau menurut saya pribadi. Nggak ada sesuatu yang bikin orang mikir mau beli Nissan selain karena diskon gede (kejadian di T32 X-Trail, diskon 55jt bok). Entah berapa gede margin dikurangin atau malah jual rugi aja itu Nissan X-Trail dipotong segitu gede.

FYI, produk Nissan yang paling baru itu tahun 2015 (X-Trail dan Navara). which is udah 2 taun lalu. Bayangin 2 taun tanpa produk yang "segar" di gangbang sama major brands, apalagi 2 tahun terakhir pasar otomotif cukup agresif persaingannya.

Datsun di gangbang CalSig, terus muncul Wuling dan Xpander, X-Trail di gangbang Fortuner Pajero CR-V CX-5 (bayangin sales Nissan musti muter otak apa kelebihan X-Trail yang teknologinya dah obsolete dibanding 4 kompetitor utama ini, secara meskipun gak sekelas sering banget kan Fortuner Pajero dibawa - bawa ama konsumen). Kelas citycar cuma punya Go Hatchback ama March, sementara ada saudara sepayungnya Ignis yang lebih seger dan Brio Satya plus AgyaYla 1.2L.

Coba iseng liat di suggestion corner SM aja rasanya yang sering disebut cuma X-Trail itupun karena diskon gede wkwkwkw... sisanya low mpv gak ada yang nyebutin Grand Livina baru ...
sebenernya bukan masalah obsolete tapi sejak evalia nyangsang dan nyungsep terus proyek2 habis2an di datsun cuma jalan sebentar saya rasa itu udah kaya kehabisan modal... jadi jual seadanya... budget buat R&D yang baru, promo marketing semua minim...

padahal nissan itu secara ngomongin obyek sebagai mobil kan ga jelek, ga ada yang bilang nissan lebih hancur dari driving experience duo kaleng? malah dibandingkan rival setara sekelas biasanya driving experience nissan itu yang oke, ga neko2... tapi urusan mobil di indo kan yang penting resale value. nah resale value itu dari image, image yg dibentuk opini publik = pedege mobkas. nah imaging aja kaya sekarang gitu gimana mau jualan. padahal ya urusan spare part so far sudah 5 tahun oke dan ga masalah, harga juga soal stok oke, di marketplace ada aja yang jualan spare part-nya.

btw paling ngeri itu kalau tiba2 indomobil cut-off... dan merek nissan out dari indo [emo-yesno] tapi kalau cut-off dan independen sebagai Nissan Motor Indonesia nah ini yang akan menarik.
cengki308
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
Location: Bogor

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by cengki308 »

Sorry oot dikit, mobilio jika tembus 40 disc masih worthed ga? Harga jabotabek 222.5 ecvt, ga jauh sama wuling jadinya wkwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ChZ »

liemivan86 wrote: Mon Dec 18, 2017 9:02 Ralat, diskon 65 jt.. Ha2... *saya yang beli soalnya*

Saya sih yakin mereka masih profit ya walaupun dipotong segitu besar, karena ongkos produksi mobil dan hp itu murah (lainnya saya kurang tahu), yang mahal itu ongkos riset nya, overhead, dll.

Tapi memang Nissan ini parah, saya lihat showroom nya aja uda bosan, soalnya produk nya lama semua, tidak ada pembaruan. Padahal produk Nissan terkenal dengan kenyamanan, mesin canggih dan build quality yang lebih baik dibanding yang lain, tapi ya itu, entah di Indonesia koq mati suri. ATPM nya nda niat nih...
kemarin iseng nanya wkt pameran di mall dari dealer nissan sidoarjo sih 55jt om... mungkin bisa dipush lagi kali ya ampe 65.

Cuma dengan diskon segitu gede kalo memang nggak rugi ini yang serem... entah kualitas aftersales menurun atau memang dia ngambil untung kebanyakan, atau kualitas barangnya yang menurun buat jaga margin dealer dan ATPM. Secara pabrik cuma 30% kan gila juga.

Karena jujur T32 X-Trail ini gak terlalu bagus kalo dipikir-pikir... Banyak hal jelek yang gak worth mentioning sebagai ex-user T31 X-Trail dan ex user kompetitornya (CR-V RM). Contoh simpelnya, hal yang paling anti saya omongin selama ini : plat body, T32 rasanya lebih tipis plat body nya daripada T31 atau CR-V RM, entahlah ada yang disini ngerasain apa enggak, tapi saya sih ngerasa nutup pintu T32 gak berasa se-solid nutup pintunya T31. Belum ngomongin keawetan barangnya...
kunaskun wrote: Mon Dec 18, 2017 10:18
lebih parah lagi... tukang jait buat merek lain.. padahal aslinya induknya si tiga berlian.. cuma indomobil yang bisa gini kalau kejadian :mky_07: padahal mana ada sejarahnya indomobil jadi tukang jait merek lain.. ada juga di-rebadge tiga berlian atau sempet mazda.

sebenernya bukan masalah obsolete tapi sejak evalia nyangsang dan nyungsep terus proyek2 habis2an di datsun cuma jalan sebentar saya rasa itu udah kaya kehabisan modal... jadi jual seadanya... budget buat R&D yang baru, promo marketing semua minim...

padahal nissan itu secara ngomongin obyek sebagai mobil kan ga jelek, ga ada yang bilang nissan lebih hancur dari driving experience duo kaleng? malah dibandingkan rival setara sekelas biasanya driving experience nissan itu yang oke, ga neko2... tapi urusan mobil di indo kan yang penting resale value. nah resale value itu dari image, image yg dibentuk opini publik = pedege mobkas. nah imaging aja kaya sekarang gitu gimana mau jualan. padahal ya urusan spare part so far sudah 5 tahun oke dan ga masalah, harga juga soal stok oke, di marketplace ada aja yang jualan spare part-nya.

btw paling ngeri itu kalau tiba2 indomobil cut-off... dan merek nissan out dari indo [emo-yesno] tapi kalau cut-off dan independen sebagai Nissan Motor Indonesia nah ini yang akan menarik.
Possible future buat NMI, akan di merger ama MMKSI atau independent. Karena yang ngeri sekarang kan Mitsubishi Motors dah under Nissan-Renault. Masalahnya MMKSI kok kayaknya nggak mungkin di take-over Indomobil meskipun 2 induknya (Nissan/Renault) di bawah Indomobil. Tinggal kebijakan induknya aja gimana. Klo prestasi NMI kayak gini gw rasa induknya juga gak akan tinggal diem.

Yup akar dari kenapa mobil Nissan terasa obsolete sebenernya ada di situ mungkin ya, saking nggak punya resource buat training produk baru dan marketing akhirnya mandek deh gak ngapa-ngapain 2 taun terakhir. Yang paling sedih kemarin di GIIAS September boothnya paling sepi pengunjung...

NMI kayaknya kalo mikir strategi terlalu short-term, cuma efektif di bulan-bulan sampe tahun awal mobilnya muncul, begitu kompetitor keluar yang lebih baru lagi kayak nggak siap... akhirnya K.O. , semua polanya kayak gitu. Livina, Juke, X-Trail.

Livina yang exist cukup lama soalnya hype LMPV baru dimulai sejak Ertiga dan Lio keluar... Sebelumnya kan dikuasai duo kaleng yang ajrut-ajrutan mengerikan itu dari 2003. Ibaratnya orang mau upgrade tengah-tengah antara kaleng dan Innova belinya Livina series. Cuma yang ngagetin ya klo cuma 197 unit di bulan lalu itu kalopun data wholesales, betapa overstock nya Livina di dealer - dealer. Kayak gimana istilahnya ya, orang mungkin di antara pilihan duo kaleng, ertiga, lio, xpander, wuling, lupa kalo masih ada Livina dengan range harga mirip... brand awarenessnya berkurang jauh dari 5 tahun yang lalu.

Juke itu apalagi pakabar rasanya hampir gak pernah liat Juke baru di jalan, sedangkan kompetitornya si Haerpi makin kayak kacang goreng banyak temennya biarpun masalahnya juga nggak kalah banyak. :mky_05:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Mkresnap »

ChZ wrote: Mon Dec 18, 2017 13:15
liemivan86 wrote: Mon Dec 18, 2017 9:02 Ralat, diskon 65 jt.. Ha2... *saya yang beli soalnya*

Saya sih yakin mereka masih profit ya walaupun dipotong segitu besar, karena ongkos produksi mobil dan hp itu murah (lainnya saya kurang tahu), yang mahal itu ongkos riset nya, overhead, dll.

Tapi memang Nissan ini parah, saya lihat showroom nya aja uda bosan, soalnya produk nya lama semua, tidak ada pembaruan. Padahal produk Nissan terkenal dengan kenyamanan, mesin canggih dan build quality yang lebih baik dibanding yang lain, tapi ya itu, entah di Indonesia koq mati suri. ATPM nya nda niat nih...
kemarin iseng nanya wkt pameran di mall dari dealer nissan sidoarjo sih 55jt om... mungkin bisa dipush lagi kali ya ampe 65.

Cuma dengan diskon segitu gede kalo memang nggak rugi ini yang serem... entah kualitas aftersales menurun atau memang dia ngambil untung kebanyakan, atau kualitas barangnya yang menurun buat jaga margin dealer dan ATPM. Secara pabrik cuma 30% kan gila juga.

Karena jujur T32 X-Trail ini gak terlalu bagus kalo dipikir-pikir... Banyak hal jelek yang gak worth mentioning sebagai ex-user T31 X-Trail dan ex user kompetitornya (CR-V RM). Contoh simpelnya, hal yang paling anti saya omongin selama ini : plat body, T32 rasanya lebih tipis plat body nya daripada T31 atau CR-V RM, entahlah ada yang disini ngerasain apa enggak, tapi saya sih ngerasa nutup pintu T32 gak berasa se-solid nutup pintunya T31. Belum ngomongin keawetan barangnya...
kunaskun wrote: Mon Dec 18, 2017 10:18
lebih parah lagi... tukang jait buat merek lain.. padahal aslinya induknya si tiga berlian.. cuma indomobil yang bisa gini kalau kejadian :mky_07: padahal mana ada sejarahnya indomobil jadi tukang jait merek lain.. ada juga di-rebadge tiga berlian atau sempet mazda.

sebenernya bukan masalah obsolete tapi sejak evalia nyangsang dan nyungsep terus proyek2 habis2an di datsun cuma jalan sebentar saya rasa itu udah kaya kehabisan modal... jadi jual seadanya... budget buat R&D yang baru, promo marketing semua minim...

padahal nissan itu secara ngomongin obyek sebagai mobil kan ga jelek, ga ada yang bilang nissan lebih hancur dari driving experience duo kaleng? malah dibandingkan rival setara sekelas biasanya driving experience nissan itu yang oke, ga neko2... tapi urusan mobil di indo kan yang penting resale value. nah resale value itu dari image, image yg dibentuk opini publik = pedege mobkas. nah imaging aja kaya sekarang gitu gimana mau jualan. padahal ya urusan spare part so far sudah 5 tahun oke dan ga masalah, harga juga soal stok oke, di marketplace ada aja yang jualan spare part-nya.

btw paling ngeri itu kalau tiba2 indomobil cut-off... dan merek nissan out dari indo [emo-yesno] tapi kalau cut-off dan independen sebagai Nissan Motor Indonesia nah ini yang akan menarik.
Possible future buat NMI, akan di merger ama MMKSI atau independent. Karena yang ngeri sekarang kan Mitsubishi Motors dah under Nissan-Renault. Masalahnya MMKSI kok kayaknya nggak mungkin di take-over Indomobil meskipun 2 induknya (Nissan/Renault) di bawah Indomobil. Tinggal kebijakan induknya aja gimana. Klo prestasi NMI kayak gini gw rasa induknya juga gak akan tinggal diem.

Yup akar dari kenapa mobil Nissan terasa obsolete sebenernya ada di situ mungkin ya, saking nggak punya resource buat training produk baru dan marketing akhirnya mandek deh gak ngapa-ngapain 2 taun terakhir. Yang paling sedih kemarin di GIIAS September boothnya paling sepi pengunjung...

NMI kayaknya kalo mikir strategi terlalu short-term, cuma efektif di bulan-bulan sampe tahun awal mobilnya muncul, begitu kompetitor keluar yang lebih baru lagi kayak nggak siap... akhirnya K.O. , semua polanya kayak gitu. Livina, Juke, X-Trail.

Livina yang exist cukup lama soalnya hype LMPV baru dimulai sejak Ertiga dan Lio keluar... Sebelumnya kan dikuasai duo kaleng yang ajrut-ajrutan mengerikan itu dari 2003. Ibaratnya orang mau upgrade tengah-tengah antara kaleng dan Innova belinya Livina series. Cuma yang ngagetin ya klo cuma 197 unit di bulan lalu itu kalopun data wholesales, betapa overstock nya Livina di dealer - dealer. Kayak gimana istilahnya ya, orang mungkin di antara pilihan duo kaleng, ertiga, lio, xpander, wuling, lupa kalo masih ada Livina dengan range harga mirip... brand awarenessnya berkurang jauh dari 5 tahun yang lalu.

Juke itu apalagi pakabar rasanya hampir gak pernah liat Juke baru di jalan, sedangkan kompetitornya si Haerpi makin kayak kacang goreng banyak temennya biarpun masalahnya juga nggak kalah banyak. :mky_05:
gimana lagi gan juke tuh mobl dengan teknologi tahun berapa, ya walaupun untuk sekarang masih okelah sama, cuma desainnya itu loh udah nggak ada pembaharuan, denger denger malah mau diganti sama nissan kick, wah kalau masuk beneran bagus tuh nissan kick, sama nissan march versi eropa itu keren banget
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Winz »

ChZ wrote: Mon Dec 18, 2017 9:00
Winz wrote: Mon Dec 18, 2017 8:28
dari segi tampang aja klo dibandingkan 4 itu jelas X-trail kalah, tapi dari segi harga juga jauh, 4 itu trim yang laku2 uda di atas setengah eM

ANF G, ANPS exceed, AN-CRV 2.0 juga sepi peminat, yang di rentang 400 jutaan baru head to head harga sama X-trail, ANPS exceed paling parah stok 2016 masih banyak terutama yang matic, diskon'nya juga cukup besar untuk tipe yang ini
Biasanya orang di rentang harga segini nggak terlalu pusing soal harga oom, makanya selisih 40-50juta trim tertinggi ya dihajar sekalian tipe tertinggi, buat orang di segmen ini nanggung beli tipe bawah.

Bwat saya Nissan kalah fresh aja dibanding 4 lawan utamanya, wong di awal peluncuran sempat kuat kok jualannya lebih tinggi dari CX-5, malah sempet lebih tinggi dari CR-V. Menurut saya dia senasib ama Isuzu MU-X ... karena kalah fresh sama pesaing jadi hancur penjualan.
Trim teratas yg keluar belakangan masih kalah laku dengan trim lama klo di ANPS sama ANF, Dakar Ultimate dan Dakar Limited kalah laku dengan Dakar 4x2, VRZ TRD kalah laku sama VRZ biasa

Mungkin ga terlalu dbutuhkan juga macam bodykit doank perbedaan’nya dengan trim bawahnya (dakar limited dan VRZ TRD) yang dimana ga semua juga suka, cmiiw
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ChZ »

Mkresnap wrote: Mon Dec 18, 2017 13:55
gimana lagi gan juke tuh mobl dengan teknologi tahun berapa, ya walaupun untuk sekarang masih okelah sama, cuma desainnya itu loh udah nggak ada pembaharuan, denger denger malah mau diganti sama nissan kick, wah kalau masuk beneran bagus tuh nissan kick, sama nissan march versi eropa itu keren banget
Juke mah teknologinya masih ngikutin banget... HR-V teknologi mesinnya nggak spesial - spesial amat kok, desain, nah ini pertanyaan sebenernya, kalo desainnya susah di terima, dulu tahun 2010 pertama keluar penjualannya sempet ngehajar Honda Jazz dan Suzuki SX4.

Memang sih HR-V menang space lebih gede, tapi masak Juke se-ngenes itu.

Naaah all new March itu tinggal kapan munculnya, taun lalu kan kita kena PHP dikira yang masuk all new March, eh March lama dikasih DRL doang.
Winz wrote: Mon Dec 18, 2017 13:58
Trim teratas yg keluar belakangan masih kalah laku dengan trim lama klo di ANPS sama ANF, Dakar Ultimate dan Dakar Limited kalah laku dengan Dakar 4x2, VRZ TRD kalah laku sama VRZ biasa

Mungkin ga terlalu dbutuhkan juga macam bodykit doank perbedaan’nya dengan trim bawahnya (dakar limited dan VRZ TRD) yang dimana ga semua juga suka, cmiiw
pastinya om, klo trim aksesoris mah nggak semua orang suka hehehe... Krn harus nambah harga mahal cuma dapet bodykit. Memang ada sih peminatnya tapi nggak banyak, cuma bwat gaet konsumen yang pengen tampil beda aja kan lbh praktis beli langsung dapet kit daripada mesti bolak balik beli kit.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by adrevolution »

ChZ wrote: Mon Dec 18, 2017 13:15
liemivan86 wrote: Mon Dec 18, 2017 9:02 Ralat, diskon 65 jt.. Ha2... *saya yang beli soalnya*

Saya sih yakin mereka masih profit ya walaupun dipotong segitu besar, karena ongkos produksi mobil dan hp itu murah (lainnya saya kurang tahu), yang mahal itu ongkos riset nya, overhead, dll.

Tapi memang Nissan ini parah, saya lihat showroom nya aja uda bosan, soalnya produk nya lama semua, tidak ada pembaruan. Padahal produk Nissan terkenal dengan kenyamanan, mesin canggih dan build quality yang lebih baik dibanding yang lain, tapi ya itu, entah di Indonesia koq mati suri. ATPM nya nda niat nih...
kemarin iseng nanya wkt pameran di mall dari dealer nissan sidoarjo sih 55jt om... mungkin bisa dipush lagi kali ya ampe 65.

Cuma dengan diskon segitu gede kalo memang nggak rugi ini yang serem... entah kualitas aftersales menurun atau memang dia ngambil untung kebanyakan, atau kualitas barangnya yang menurun buat jaga margin dealer dan ATPM. Secara pabrik cuma 30% kan gila juga.

Karena jujur T32 X-Trail ini gak terlalu bagus kalo dipikir-pikir... Banyak hal jelek yang gak worth mentioning sebagai ex-user T31 X-Trail dan ex user kompetitornya (CR-V RM). Contoh simpelnya, hal yang paling anti saya omongin selama ini : plat body, T32 rasanya lebih tipis plat body nya daripada T31 atau CR-V RM, entahlah ada yang disini ngerasain apa enggak, tapi saya sih ngerasa nutup pintu T32 gak berasa se-solid nutup pintunya T31. Belum ngomongin keawetan barangnya...
kunaskun wrote: Mon Dec 18, 2017 10:18
lebih parah lagi... tukang jait buat merek lain.. padahal aslinya induknya si tiga berlian.. cuma indomobil yang bisa gini kalau kejadian :mky_07: padahal mana ada sejarahnya indomobil jadi tukang jait merek lain.. ada juga di-rebadge tiga berlian atau sempet mazda.

sebenernya bukan masalah obsolete tapi sejak evalia nyangsang dan nyungsep terus proyek2 habis2an di datsun cuma jalan sebentar saya rasa itu udah kaya kehabisan modal... jadi jual seadanya... budget buat R&D yang baru, promo marketing semua minim...

padahal nissan itu secara ngomongin obyek sebagai mobil kan ga jelek, ga ada yang bilang nissan lebih hancur dari driving experience duo kaleng? malah dibandingkan rival setara sekelas biasanya driving experience nissan itu yang oke, ga neko2... tapi urusan mobil di indo kan yang penting resale value. nah resale value itu dari image, image yg dibentuk opini publik = pedege mobkas. nah imaging aja kaya sekarang gitu gimana mau jualan. padahal ya urusan spare part so far sudah 5 tahun oke dan ga masalah, harga juga soal stok oke, di marketplace ada aja yang jualan spare part-nya.

btw paling ngeri itu kalau tiba2 indomobil cut-off... dan merek nissan out dari indo [emo-yesno] tapi kalau cut-off dan independen sebagai Nissan Motor Indonesia nah ini yang akan menarik.
Possible future buat NMI, akan di merger ama MMKSI atau independent. Karena yang ngeri sekarang kan Mitsubishi Motors dah under Nissan-Renault. Masalahnya MMKSI kok kayaknya nggak mungkin di take-over Indomobil meskipun 2 induknya (Nissan/Renault) di bawah Indomobil. Tinggal kebijakan induknya aja gimana. Klo prestasi NMI kayak gini gw rasa induknya juga gak akan tinggal diem.

Yup akar dari kenapa mobil Nissan terasa obsolete sebenernya ada di situ mungkin ya, saking nggak punya resource buat training produk baru dan marketing akhirnya mandek deh gak ngapa-ngapain 2 taun terakhir. Yang paling sedih kemarin di GIIAS September boothnya paling sepi pengunjung...

NMI kayaknya kalo mikir strategi terlalu short-term, cuma efektif di bulan-bulan sampe tahun awal mobilnya muncul, begitu kompetitor keluar yang lebih baru lagi kayak nggak siap... akhirnya K.O. , semua polanya kayak gitu. Livina, Juke, X-Trail.

Livina yang exist cukup lama soalnya hype LMPV baru dimulai sejak Ertiga dan Lio keluar... Sebelumnya kan dikuasai duo kaleng yang ajrut-ajrutan mengerikan itu dari 2003. Ibaratnya orang mau upgrade tengah-tengah antara kaleng dan Innova belinya Livina series. Cuma yang ngagetin ya klo cuma 197 unit di bulan lalu itu kalopun data wholesales, betapa overstock nya Livina di dealer - dealer. Kayak gimana istilahnya ya, orang mungkin di antara pilihan duo kaleng, ertiga, lio, xpander, wuling, lupa kalo masih ada Livina dengan range harga mirip... brand awarenessnya berkurang jauh dari 5 tahun yang lalu.

Juke itu apalagi pakabar rasanya hampir gak pernah liat Juke baru di jalan, sedangkan kompetitornya si Haerpi makin kayak kacang goreng banyak temennya biarpun masalahnya juga nggak kalah banyak. :mky_05:
nissan sebenernya punya stok mobil2 yg potensial kompetitif di kelasnya kalo dimasukin market indo... X-Trail T32 facelift (top trim kasih mesin 1.6 DIG-T MR16DDT), March K14 (kasih harga kayak baleno & mesin cenggo+cvt bisa laku), Serena C27 (pasarnya gak gede sih, tapi model fresh & bisa ambil kue pasar mobil roti tawar medium), belom lagi kalo masukin navara versi SUV yg spyshotnya udah beredar...

cuman NMI rada bolot aja strateginya :mky_05: kalo prinsipal ganti eks astra macem chevy bakal lain ceritanya....

datsunnya juga gak kalah kacau, minim product improvement & go-cross kayaknya akan ga laku2 amat juga krn most likely go+ yg dikasih popok :mky_07:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by kunaskun »

nah iya maksud saya disitu kyaa udah kehabisan bensin, jadi jual seadanya. dan emang tipikal NMI kan gitu, mirip induknya di indo si indomobil, jualan mobil hanya laku di generasi pertama. sisanya mati pelan2.. di facelift pun biasanya ga banyak laku2 sekali.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ChZ »

adrevolution wrote: Mon Dec 18, 2017 14:47 nissan sebenernya punya stok mobil2 yg potensial kompetitif di kelasnya kalo dimasukin market indo... X-Trail T32 facelift (top trim kasih mesin 1.6 DIG-T MR16DDT), March K14 (kasih harga kayak baleno & mesin cenggo+cvt bisa laku), Serena C27 (pasarnya gak gede sih, tapi model fresh & bisa ambil kue pasar mobil roti tawar medium), belom lagi kalo masukin navara versi SUV yg spyshotnya udah beredar...

cuman NMI rada bolot aja strateginya :mky_05: kalo prinsipal ganti eks astra macem chevy bakal lain ceritanya....

datsunnya juga gak kalah kacau, minim product improvement & go-cross kayaknya akan ga laku2 amat juga krn most likely go+ yg dikasih popok :mky_07:
Kemarin iseng nanya salesnya, yang rencana pasti 2018 dimasukin Nissan Navara SUV... X-Trail Facelift gak ada kabar :mky_05:

Nah March tuh klo seharga Baleno rasanya bisa kompetitif, secara hatchback level ini kebanyakan dah deket 300 juta.

Datsun tu terlalu pede nurut saya oom... Sekian taun liat kompetitor ada varian transmisi matic, dia cuma gosip doang dari dulu bakal keluar datsun matic... :mky_05: Wuling oke lah cuma ada manual toh dia paling murah di kelasnya, kualitas juga bersaing ama rival lainnya malah lebih bagus, fitur juga lengkap. Datsun ? Kualitas dan desain interior paling parah, harga juga ngga murah banget... :mky_05: ane baru sadar DatGo ternyata skrg dah 130an di Surabaya entry levelnya. Tinggal nunggu Datsun jadi Diesoon aja sih ini namanya...
kunaskun wrote: Mon Dec 18, 2017 15:36 nah iya maksud saya disitu kyaa udah kehabisan bensin, jadi jual seadanya. dan emang tipikal NMI kan gitu, mirip induknya di indo si indomobil, jualan mobil hanya laku di generasi pertama. sisanya mati pelan2.. di facelift pun biasanya ga banyak laku2 sekali.
From hero to zero.... :big_biglaugh: Di awal sih kayaknya ngagetin kompetitor eh efeknya cuma sebulan dua bulan awal maksimal setaun :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by liemivan86 »

Ini salah satu kebiasaan buruk NMI, sering lengah dan keenakan. Dan itu terjadi berulang kali. Dulu launching X-trail T30, laku keras, sekian tahun tidak ada pengembangan, akhirnya tidak laku dan turun, T31 juga tidak menolong.

Grand livina juga gitu, launching, laku keras, lengah, tidak ada pengembangan, waktu sudah turun baru mau pengembangan ya terlambat, akhirnya versi facelift ya mati juga karena tidak banyak yang berubah.

Avanza saja sudah generasi ke 2, kalo hitung facelift sudah 3x ganti model, ini livina cuma 1x saja.

Parah deh...

Tapi T32 menurut saya tetap enak sih, dibanding CRV 2014 dan CX-5 2015. Ha2...
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Mkresnap »

kunaskun wrote: Mon Dec 18, 2017 15:36 nah iya maksud saya disitu kyaa udah kehabisan bensin, jadi jual seadanya. dan emang tipikal NMI kan gitu, mirip induknya di indo si indomobil, jualan mobil hanya laku di generasi pertama. sisanya mati pelan2.. di facelift pun biasanya ga banyak laku2 sekali.
sampe volvo pindah atpm ya gan :mky_07:
Indra97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 906
Joined: Tue Jan 10, 2017 8:38

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Indra97 »

ChZ wrote: Mon Dec 18, 2017 13:15
liemivan86 wrote: Mon Dec 18, 2017 9:02 Ralat, diskon 65 jt.. Ha2... *saya yang beli soalnya*

Saya sih yakin mereka masih profit ya walaupun dipotong segitu besar, karena ongkos produksi mobil dan hp itu murah (lainnya saya kurang tahu), yang mahal itu ongkos riset nya, overhead, dll.

Tapi memang Nissan ini parah, saya lihat showroom nya aja uda bosan, soalnya produk nya lama semua, tidak ada pembaruan. Padahal produk Nissan terkenal dengan kenyamanan, mesin canggih dan build quality yang lebih baik dibanding yang lain, tapi ya itu, entah di Indonesia koq mati suri. ATPM nya nda niat nih...
kemarin iseng nanya wkt pameran di mall dari dealer nissan sidoarjo sih 55jt om... mungkin bisa dipush lagi kali ya ampe 65.

Cuma dengan diskon segitu gede kalo memang nggak rugi ini yang serem... entah kualitas aftersales menurun atau memang dia ngambil untung kebanyakan, atau kualitas barangnya yang menurun buat jaga margin dealer dan ATPM. Secara pabrik cuma 30% kan gila juga.

Karena jujur T32 X-Trail ini gak terlalu bagus kalo dipikir-pikir... Banyak hal jelek yang gak worth mentioning sebagai ex-user T31 X-Trail dan ex user kompetitornya (CR-V RM). Contoh simpelnya, hal yang paling anti saya omongin selama ini : plat body, T32 rasanya lebih tipis plat body nya daripada T31 atau CR-V RM, entahlah ada yang disini ngerasain apa enggak, tapi saya sih ngerasa nutup pintu T32 gak berasa se-solid nutup pintunya T31. Belum ngomongin keawetan barangnya...
kunaskun wrote: Mon Dec 18, 2017 10:18
lebih parah lagi... tukang jait buat merek lain.. padahal aslinya induknya si tiga berlian.. cuma indomobil yang bisa gini kalau kejadian :mky_07: padahal mana ada sejarahnya indomobil jadi tukang jait merek lain.. ada juga di-rebadge tiga berlian atau sempet mazda.

sebenernya bukan masalah obsolete tapi sejak evalia nyangsang dan nyungsep terus proyek2 habis2an di datsun cuma jalan sebentar saya rasa itu udah kaya kehabisan modal... jadi jual seadanya... budget buat R&D yang baru, promo marketing semua minim...

padahal nissan itu secara ngomongin obyek sebagai mobil kan ga jelek, ga ada yang bilang nissan lebih hancur dari driving experience duo kaleng? malah dibandingkan rival setara sekelas biasanya driving experience nissan itu yang oke, ga neko2... tapi urusan mobil di indo kan yang penting resale value. nah resale value itu dari image, image yg dibentuk opini publik = pedege mobkas. nah imaging aja kaya sekarang gitu gimana mau jualan. padahal ya urusan spare part so far sudah 5 tahun oke dan ga masalah, harga juga soal stok oke, di marketplace ada aja yang jualan spare part-nya.

btw paling ngeri itu kalau tiba2 indomobil cut-off... dan merek nissan out dari indo [emo-yesno] tapi kalau cut-off dan independen sebagai Nissan Motor Indonesia nah ini yang akan menarik.
Possible future buat NMI, akan di merger ama MMKSI atau independent. Karena yang ngeri sekarang kan Mitsubishi Motors dah under Nissan-Renault. Masalahnya MMKSI kok kayaknya nggak mungkin di take-over Indomobil meskipun 2 induknya (Nissan/Renault) di bawah Indomobil. Tinggal kebijakan induknya aja gimana. Klo prestasi NMI kayak gini gw rasa induknya juga gak akan tinggal diem.

Yup akar dari kenapa mobil Nissan terasa obsolete sebenernya ada di situ mungkin ya, saking nggak punya resource buat training produk baru dan marketing akhirnya mandek deh gak ngapa-ngapain 2 taun terakhir. Yang paling sedih kemarin di GIIAS September boothnya paling sepi pengunjung...

NMI kayaknya kalo mikir strategi terlalu short-term, cuma efektif di bulan-bulan sampe tahun awal mobilnya muncul, begitu kompetitor keluar yang lebih baru lagi kayak nggak siap... akhirnya K.O. , semua polanya kayak gitu. Livina, Juke, X-Trail.

Livina yang exist cukup lama soalnya hype LMPV baru dimulai sejak Ertiga dan Lio keluar... Sebelumnya kan dikuasai duo kaleng yang ajrut-ajrutan mengerikan itu dari 2003. Ibaratnya orang mau upgrade tengah-tengah antara kaleng dan Innova belinya Livina series. Cuma yang ngagetin ya klo cuma 197 unit di bulan lalu itu kalopun data wholesales, betapa overstock nya Livina di dealer - dealer. Kayak gimana istilahnya ya, orang mungkin di antara pilihan duo kaleng, ertiga, lio, xpander, wuling, lupa kalo masih ada Livina dengan range harga mirip... brand awarenessnya berkurang jauh dari 5 tahun yang lalu.

Juke itu apalagi pakabar rasanya hampir gak pernah liat Juke baru di jalan, sedangkan kompetitornya si Haerpi makin kayak kacang goreng banyak temennya biarpun masalahnya juga nggak kalah banyak. :mky_05:
Rasanya tetep independent, prinsipal tinggal beli saham" indomobil di NMI dan jadilah NMI baru dgn full control dari prinsipal, gak yakin kalau mau dimerger ke krama yudha (MMKSI)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ChZ »

liemivan86 wrote: Mon Dec 18, 2017 17:16 Ini salah satu kebiasaan buruk NMI, sering lengah dan keenakan. Dan itu terjadi berulang kali. Dulu launching X-trail T30, laku keras, sekian tahun tidak ada pengembangan, akhirnya tidak laku dan turun, T31 juga tidak menolong.

Grand livina juga gitu, launching, laku keras, lengah, tidak ada pengembangan, waktu sudah turun baru mau pengembangan ya terlambat, akhirnya versi facelift ya mati juga karena tidak banyak yang berubah.

Avanza saja sudah generasi ke 2, kalo hitung facelift sudah 3x ganti model, ini livina cuma 1x saja.

Parah deh...

Tapi T32 menurut saya tetap enak sih, dibanding CRV 2014 dan CX-5 2015. Ha2...
T30 dulu sempet berhasil bikin CR-V kejang-kejang sampe akhirnya keluarin versi 2.4 Liter di 2005 :big_slap:

T31 sih mungkin faktor imejnya kurang bagus dikira masih mobil yang sama dengan T30 secara model mirip banget, orang lebih pilih CR-V yang bentuknya lebih SUV kota dan metroseksual + mewah. T32 berubah metroseksual sempet saingan ama CR-V dan CX-5 sebelum akhirnya kayak skrg diobral :big_slap:

T32 klo secara entity mobilnya bagus sih, bwat ane gak se-ngenes Toyota Yaris dibanding rival, ini mobil yang pake old engine dan teknologi masih basisnya persis dengan yang lama tapi bisa keeping up dengan rivalnya yang lebih baru teknologinya.

cuma sayang yah kena standar perakitan Nissan CKD jadi kualitasnya agak kacau.
Indra97 wrote: Mon Dec 18, 2017 21:50
Rasanya tetep independent, prinsipal tinggal beli saham" indomobil di NMI dan jadilah NMI baru dgn full control dari prinsipal, gak yakin kalau mau dimerger ke krama yudha (MMKSI)
Klo NMI full control dari prinsipal jadi makin penasaran bakal kayak Mazda gak yah... ngeluarin produk - produk spektakuler. Apalagi semenjak aturan pajak Hybrid direvisi, mereka kan banyak lineup hybrid nya.

Indomob mah fokus ngurusin Suzuki aja udah... :big_biglaugh: kayaknya anak yang itu lebih dirawat daripada Nissan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by iwing »

mungkin kalo koleos di label xtrail facelift bisa menolong kali ya karena desain nya bagius
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by kunaskun »

nah iya, ujung2nya emang ga ada obatnya si Nissan Indo ini, lepas dari induk jadi kaya mazda mungkin jauh lebih baik daripada kaya sekarang yang napas sekenanya aja. dulu mah digadang2 jadi big three secara volumenya sangar bener, eh malah dimatiin sama indomobil kali biar si suzuki tetap big three... :mky_07:

heran ganti CEO berkali2 ga ada yang beres juga, ini ganti CEO orang jepang asli pun kayanya ga mempan. kebanyakan konsilidasi, efisiensi, iritsasi lama2 tutup juga kali :p apalagi kalau nanti nongol laporan wholesales tahun ini... jangan2 digabung datsun pun ga nyampe 50 ribu unit.. [emo-yesno]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by DOHC »

jahh batu makam... crita klasik ini merek mahh... ga bsa jaga momentum..

sbenernya plg yoi tuh pas jaman2 GL baru kluar, kasi parts yg berkualitas (bukan barang kualitas cungkwo), aftersales jg brani nendang.. dan tiap taon facelift kl perlu.. mustinya sehh ga ampe se ngenes kaya skrg..

lah ini gmana mau survive, wong ntuh GL yg sempet jd backbone batu makam aj seken nya ud nyungsep ke jurang, blom lg awal2 ntah itu pake komponen buatan desa2 terpencil di cungkwo kl yg pake 2-3 taon pada jebol ... konyol nya lg, Nisan used car nya aj sbg salah satu induk persh ga brani beli mahal merek sendiri... harga beli mirip2 ama harga wtc...

kl ud gt, gmana mau ngasi imej bagus... ibarat baru buka resto tp makanan ad kecoa, piring retak, nasi basi... mau yg masak gordon ramsay jg tetep bangkrut..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by vipere »

ngomong2 soal diskon xtrail yg sampe 65 juta, jadi inget thread informasi diskon mobil , kenapa ya tuh thread ditutup ? padahal sangat berguna sekali.
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Mkresnap »

[/quote]

Klo NMI full control dari prinsipal jadi makin penasaran bakal kayak Mazda gak yah... ngeluarin produk - produk spektakuler. Apalagi semenjak aturan pajak Hybrid direvisi, mereka kan banyak lineup hybrid nya.

Indomob mah fokus ngurusin Suzuki aja udah... :big_biglaugh: kayaknya anak yang itu lebih dirawat daripada Nissan.
[/quote]

btw om mazda produk produk spektakulernya keluar setelah dipengan eurokars bukan prinsipal IMHO :mky_01:
Indra97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 906
Joined: Tue Jan 10, 2017 8:38

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Indra97 »

kunaskun wrote: Tue Dec 19, 2017 9:49 nah iya, ujung2nya emang ga ada obatnya si Nissan Indo ini, lepas dari induk jadi kaya mazda mungkin jauh lebih baik daripada kaya sekarang yang napas sekenanya aja. dulu mah digadang2 jadi big three secara volumenya sangar bener, eh malah dimatiin sama indomobil kali biar si suzuki tetap big three... :mky_07:

heran ganti CEO berkali2 ga ada yang beres juga, ini ganti CEO orang jepang asli pun kayanya ga mempan. kebanyakan konsilidasi, efisiensi, iritsasi lama2 tutup juga kali :p apalagi kalau nanti nongol laporan wholesales tahun ini... jangan2 digabung datsun pun ga nyampe 50 ribu unit.. [emo-yesno]
Big three? Big five kali....
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Wistuwis »

vipere wrote: Tue Dec 19, 2017 14:17 ngomong2 soal diskon xtrail yg sampe 65 juta, jadi inget thread informasi diskon mobil , kenapa ya tuh thread ditutup ? padahal sangat berguna sekali.
viewtopic.php?p=977056#p977056
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ChZ »

Mkresnap wrote: Tue Dec 19, 2017 14:25
btw om mazda produk produk spektakulernya keluar setelah dipengan eurokars bukan prinsipal IMHO :mky_01:
Hmmm maksud saya mau menggarisbawahi tentang alih kepemilikan om... Mazda lepas dari Indomobil bangkit juga kok di 2007ish, tapi surut lagi di 2016 sampe di take-over Eurokars. Entah bisa bertahan lama atau enggak.

krn seru aja liat dinamika pergerakan ATPM mobil begitu di take over pihak lain.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Mkresnap »

ChZ wrote: Tue Dec 19, 2017 18:32
Mkresnap wrote: Tue Dec 19, 2017 14:25
btw om mazda produk produk spektakulernya keluar setelah dipengan eurokars bukan prinsipal IMHO :mky_01:
Hmmm maksud saya mau menggarisbawahi tentang alih kepemilikan om... Mazda lepas dari Indomobil bangkit juga kok di 2007ish, tapi surut lagi di 2016 sampe di take-over Eurokars. Entah bisa bertahan lama atau enggak.

krn seru aja liat dinamika pergerakan ATPM mobil begitu di take over pihak lain.
wah iya om ane setuju, bahkan volvo aja lepas dari indomobil sekarang saking nggak jalannya
User avatar
indrasir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Jun 08, 2012 4:22
Location: South Jakarta

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by indrasir »

mudah2an volvo setelah berdiri sendiri bisa jualan lagi biar pasar mobil mewah makin variatif, jangan sampe nasibnya kaya infinty yg habis begitu saja nggak ada jualan apa2 dan dealernya malah buat numpang mobil livina dan datsun.