Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by fernando_lim »

erwinign wrote: Mon Feb 12, 2018 11:34 SGO itu baru 7 bulan aja di head piston udah numpuk keraknya om, padahal saya slm 7 bulan baru jalan 5rb km. Sejak pake kendall 5w-30+carb clean enak banget om. Saya pake ertiga juga, brp hari lalu jg baru post review kendall di thread ini.
Saya malah wkt odo 5000 buka penutup pengisian oli intip ke dalam sekilas liat metalnya mulai2 ada endapan oli (sgo botol emas) langsung buru2 cekokin dxa 10w30 gunakan sampai umur odo 5000
Baru ganti ke fullsyn
lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Nov 09, 2017 11:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by lightarmy10 »

Om turbo , kemarin ganti oli kendall 0w20 120rb/ ltr di tirezone anugrah ban bsd.. cuman kemasannya masih warna merah , tdk acdc kan om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

lightarmy10 wrote:Om turbo , kemarin ganti oli kendall 0w20 120rb/ ltr di tirezone anugrah ban bsd.. cuman kemasannya masih warna merah , tdk acdc kan om?
loh

justru yg generasi baru itu botol merah

yg lama2 itu botol hitam & abu2

Kendall sih aman dr acdc so far
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Feb 12, 2018 12:54
erwinign wrote: Mon Feb 12, 2018 11:34 SGO itu baru 7 bulan aja di head piston udah numpuk keraknya om, padahal saya slm 7 bulan baru jalan 5rb km. Sejak pake kendall 5w-30+carb clean enak banget om. Saya pake ertiga juga, brp hari lalu jg baru post review kendall di thread ini.
bahan bakar pake oktan berapa?

*note :
kalau sampai ada kerak oli di piston, sudah bisa dipastikan ada kebocoran cukup parah diantara ring piston, seal klep, atau bos klep. dan dari ujung knalpot pasti keluar asap terus menerus disertai berkurangnya jumlah oli mesin plus ukung knalpot basah oli.
andaikata oli tidak berkurang dan tidak ada asap keluar dari ujung knalpot tapi piston berkerak, kemungkinannya hanya pemakaian bahan bakar oktan rendah secara terus menerus, atau sering kena macet, atau kombinasi keduanya.
numpang sharing..

idem ama om marmut barbel... ipah ane dl pake q8 excel full syn, motul htech, kendall botol abu2 dan sgala oli2 full syn laen nya, pas buka busi pasti ntuh kepala piston kerak smua koq.. buka intake manifold jg ntuh klep2 abis berselimutkan kerak2 tebel..

jadi yahh kayanya kl kerak2 di bagian combustion chamber itu lebi ke arah bensin yg dipake kl.. scara ipah ane premium mulu..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Kerak timbul bukan sebab RON BBM

Tapi akibat komposisi BBM itu sendiri & minimnya zat detergent & dispersant

makanya kalo ane isi premios selalu tambah zat PEA dikit, baik dr RL CFSC atau Ams PI

trit khusus PEA udah ada & jika mau lanjut diskusi visa diteruskan di trit ttg PEA

PEA = Poly Ether Amine
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Kerak timbul bukan sebab RON BBM

Tapi akibat komposisi BBM itu sendiri & minimnya zat detergent & dispersant

makanya kalo ane isi premios selalu tambah zat PEA dikit, baik dr RL CFSC atau Ams PI

trit khusus PEA udah ada & jika mau lanjut diskusi bisa diteruskan di trit ttg PEA

PEA = Poly Ether Amine
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Herman7103 »

I am agree with om Turbo.
I am quote what I have remember related knocking occurs from Petrol engine.

1. Reduce over Heat, due to the overheating of the engine: In the case of engines, if the heat of combustion chamber is not efficiently dissipated, then there is a significant rise in the temperatures of the combustion chamber parts such as piston head, valve heads, spark plug and threads of spark plugs screw and other similar parts. Due to this rise in temperature, these all overheated parts act as ignition sources and start multiple flame fronts, which collide and cause knocking.
It can be fixed by fixing/improving/modifying the engines cooling system and use coolent if possible.
2.Knocking characteristics of the fuel: The fuel to be used in the engine should be tested for it knocking characteristics in a standard engine setup and a good quality antiknocking sensor should be used in order to get rid of this issue.
Intinya kalau knocking sensor is good it will minimize knocking and car cooling systems should be in good shape no leaks and good coolant fluid.


:glodak:
HR15DE 2014
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

exflowly wrote: Mon Feb 12, 2018 19:34
Masih lanjut ni om. Testing Delvac1 jerigen 5 liter, ada 2. Satu keluar olinya bening, satu lagi keluar olinya lebih gelap, dua-duanya ditest.
Hasil lab dah keluar.

Delvac 1 Jerigen 5L Oli Terang : TBN di bawah 4. Uedannnn..... Dapet oli flushing 5L nih

Delvac 1 Jerigen 5L Oli Gelap : Asli mestinya, tapi Trakindo bilang caution karena TBN dibawah spec Mobil website US, TBN cuman 11 padahal mestinya 12..... Ca 25XX Zinc 11XX P dll levelnya ok. Downgrade buat pasar Indo kali yak.

Delvac 1 di mesin yang udah di drain: TBN masih 6,8 setelah 5000km tapi Zinc cuman 432... kayaknya aspal, tapi dapet tbnnya bagusan dikit.

Kemarin jerigen Delvac yang TBNnya 11 ciri-ciri olinya: gelap/kuning kecoklatan, bau olinya agak beraroma alkohol sedikit.

Untuk yang dituang ke mesin sampe full kemarin si Delvac gelap....

Sekarang si toko ngakunya hanya jual oli asli. Malah ngakunya jual oli asli lebih gampang karena ada diskon kalo ngambil banyak.

Parah deh...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

exflowly wrote:
exflowly wrote: Mon Feb 12, 2018 19:34
Masih lanjut ni om. Testing Delvac1 jerigen 5 liter, ada 2. Satu keluar olinya bening, satu lagi keluar olinya lebih gelap, dua-duanya ditest.
Hasil lab dah keluar.

Delvac 1 Jerigen 5L Oli Terang : TBN di bawah 4. Uedannnn..... Dapet oli flushing 5L nih

Delvac 1 Jerigen 5L Oli Gelap : Asli mestinya, tapi Trakindo bilang caution karena TBN dibawah spec Mobil website US, TBN cuman 11 padahal mestinya 12..... Ca 25XX Zinc 11XX P dll levelnya ok. Downgrade buat pasar Indo kali yak.

Delvac 1 di mesin yang udah di drain: TBN masih 6,8 setelah 5000km tapi Zinc cuman 432... kayaknya aspal, tapi dapet tbnnya bagusan dikit.

Kemarin jerigen Delvac yang TBNnya 11 ciri-ciri olinya: gelap/kuning kecoklatan, bau olinya agak beraroma alkohol sedikit.

Untuk yang dituang ke mesin sampe full kemarin si Delvac gelap....

Sekarang si toko ngakunya hanya jual oli asli. Malah ngakunya jual oli asli lebih gampang karena ada diskon kalo ngambil banyak.

Parah deh...
Bahaya bener ya

Yg TBN cuman 4 dan yg ZDDP 400 an itu sih jelas oli gak bener

yg TBN 11 / Ca 2500 an / ZDDP 1100 an sih ini sebetulnya oli layak pakai, tinggal liat viskositasnya aja

Btw ni oli mending beli di seller yg jelas2 aja
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Dat510 »

Om-om mau tanya dong, tadi ke TODA saya cari shell helix ultra 5-40, disana ada tapi tanggal produksi nya Juli-2015, TODA harus nya asli lah ya, saya lihat juga di satu rak itu batch number sama semua. Itilah nya New Old stock lah.

Kalo oli produksi lama gitu apa performa nya seperti seharsusnya ngga si om? atau ada penurunan?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Dat510 wrote:Om-om mau tanya dong, tadi ke TODA saya cari shell helix ultra 5-40, disana ada tapi tanggal produksi nya Juli-2015, TODA harus nya asli lah ya, saya lihat juga di satu rak itu batch number sama semua. Itilah nya New Old stock lah.

Kalo oli produksi lama gitu apa performa nya seperti seharsusnya ngga si om? atau ada penurunan?
ga masalah

nanti kocok aja sebelum tuang

Btw oli spec setara yg lagi promo = Q8 Excel LongLife 5W40 di Bli2

mau buat mobil Diesel atau Mercedes CGI ?
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

Dat510 wrote: Thu Feb 15, 2018 4:48 Om-om mau tanya dong, tadi ke TODA saya cari shell helix ultra 5-40, disana ada tapi tanggal produksi nya Juli-2015, TODA harus nya asli lah ya, saya lihat juga di satu rak itu batch number sama semua. Itilah nya New Old stock lah.

Kalo oli produksi lama gitu apa performa nya seperti seharsusnya ngga si om? atau ada penurunan?
Kemarin dapet kabar burung selentingan, konon penjual oli terbesar itu beli Shell bukan dari Shell Indonesia. Lalu Shell Indo tau dan ngenain denda yang lumayan.... karena mestinya si penjual oli ini ngambilnya HARUS dari Shell Indonesia untuk oli Shell. Oli yang dibeli bukan dari Shell Indo ini juga produksi Shell, tapi bukan dari Shell Indo.

Monggo boleh dicek kebenarannya, kalo ternyata hoax alias cuman kabar burung ya sudah... tapi kalo bener, yah begitulah. Sejauh pengetahuan saya (dan pengalaman sendiri) oli yang dijual di Toda si oli asli.

Turboman wrote: Wed Feb 14, 2018 23:38 Bahaya bener ya

Yg TBN cuman 4 dan yg ZDDP 400 an itu sih jelas oli gak bener

yg TBN 11 / Ca 2500 an / ZDDP 1100 an sih ini sebetulnya oli layak pakai, tinggal liat viskositasnya aja

Btw ni oli mending beli di seller yg jelas2 aja
Betul om Turbo. Jadi gatel juga mau main ke tempatnya Ko Amin dan cek Delvacnya dia.
Terus terang walaupun dapet yang aspal, suara mesin 2KD jadi lebih alus.... dibandingin pake Pertamina Fastron atau Toyota 15w40.

Buat info yang beli Delvac jerigen, yang palsu kemarin itu kode produksinya J551186, tgl produksi 2015 05 26 WA, baik di botol maupun di jerigen.
Nah, ini yang nyebelin ni : oli yang layak pakai itu, kode produksi dan tanggal produksinya juga sama..... J551186, tgl produksi 2015 05 26 WA.
Segel tutup dan segel aluminum di leher botol dua-duanya rapih dan ngebukanya sama persis, gak ada yang lebih keras dan gak ada yang lebih lengket/susah/bocor duluan.

Mudah-mudahan gak ada distributor yang nakal dan main tuang Bimoli aja ke botol Mobil Delvac 1...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by marmut »

exflowly wrote: Thu Feb 15, 2018 17:22
-

Betul om Turbo. Jadi gatel juga mau main ke tempatnya Ko Amin dan cek Delvacnya dia.
Terus terang walaupun dapet yang aspal, suara mesin 2KD jadi lebih alus....

-

baru keinget,
menjelang akhir tahun kemarin ada ayla dateng ke workshop saya mau beli oli mesin untuk nambah karena kurang. saya cek dipstik memang beneran kurang banyak. setelah tutup pengisian oli dibuka, saya lihat kok olinya mengental hampir seperti grease warnanya hitam kecoklatan pekat dan penambahan olinya hampir 2 liter.
suara mesin sebelum dan sesudah ditambah oli sangat normal tidak ada perubahan menurut telinga saya. entah jika menggunakan alat ukur.
menurut yang punya mobil kondisi seperti ini semenjak ganti oli di BeRes dan sudah berjalan lebih dari 2000 KM.
kesimpulan saya pribadi, oli acdc jaman sekarang sangat canggih. tidak membuat suara mesin menjadi kasar apalagi merontokkan jeroan mesin dalam waktu singkat seperti 20 tahun lalu.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Dat510 »

Turboman wrote: Thu Feb 15, 2018 8:42 ga masalah

nanti kocok aja sebelum tuang

Btw oli spec setara yg lagi promo = Q8 Excel LongLife 5W40 di Bli2

mau buat mobil Diesel atau Mercedes CGI ?
Buat mesin tuwir M54 Om. :mky_01:
Sip deh kalo aman, kemarin akhir nya saya beli juga karena stok nya ya tinggal yang batch tsb.
Q8 juga saya udah lirik2 di blibli, cuma karena belum waktu nya ganti filter jd lanjut SHU dlu, nanti pas sekalian ganti filter baru mau coba yg lain.
exflowly wrote: Thu Feb 15, 2018 17:22
Kemarin dapet kabar burung selentingan, konon penjual oli terbesar itu beli Shell bukan dari Shell Indonesia. Lalu Shell Indo tau dan ngenain denda yang lumayan.... karena mestinya si penjual oli ini ngambilnya HARUS dari Shell Indonesia untuk oli Shell. Oli yang dibeli bukan dari Shell Indo ini juga produksi Shell, tapi bukan dari Shell Indo.

Monggo boleh dicek kebenarannya, kalo ternyata hoax alias cuman kabar burung ya sudah... tapi kalo bener, yah begitulah. Sejauh pengetahuan saya (dan pengalaman sendiri) oli yang dijual di Toda si oli asli.


Betul om Turbo. Jadi gatel juga mau main ke tempatnya Ko Amin dan cek Delvacnya dia.
Terus terang walaupun dapet yang aspal, suara mesin 2KD jadi lebih alus.... dibandingin pake Pertamina Fastron atau Toyota 15w40.

Buat info yang beli Delvac jerigen, yang palsu kemarin itu kode produksinya J551186, tgl produksi 2015 05 26 WA, baik di botol maupun di jerigen.
Nah, ini yang nyebelin ni : oli yang layak pakai itu, kode produksi dan tanggal produksinya juga sama..... J551186, tgl produksi 2015 05 26 WA.
Segel tutup dan segel aluminum di leher botol dua-duanya rapih dan ngebukanya sama persis, gak ada yang lebih keras dan gak ada yang lebih lengket/susah/bocor duluan.

Mudah-mudahan gak ada distributor yang nakal dan main tuang Bimoli aja ke botol Mobil Delvac 1...
Betul om, TODA sebelumnya ambil Shell produksi eropa, salesnya bilang ke saya, di botol yg kemarin saya beli pun made in EU. Kayanya lagi ngabisin stok yg EU dulu baru yg shell made in indonesia nya dipajang, soalnya beberapa udah made in indonesia yg ada sticker anticounterfeit nya itu (HX8, HX5), sementara SHU dan HX7 masih yg made in EU.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by iwing »

marmut wrote: Fri Feb 16, 2018 2:01
baru keinget,
menjelang akhir tahun kemarin ada ayla dateng ke workshop saya mau beli oli mesin untuk nambah karena kurang. saya cek dipstik memang beneran kurang banyak. setelah tutup pengisian oli dibuka, saya lihat kok olinya mengental hampir seperti grease warnanya hitam kecoklatan pekat dan penambahan olinya hampir 2 liter.
suara mesin sebelum dan sesudah ditambah oli sangat normal tidak ada perubahan menurut telinga saya. entah jika menggunakan alat ukur.
menurut yang punya mobil kondisi seperti ini semenjak ganti oli di BeRes dan sudah berjalan lebih dari 2000 KM.
kesimpulan saya pribadi, oli acdc jaman sekarang sangat canggih. tidak membuat suara mesin menjadi kasar apalagi merontokkan jeroan mesin dalam waktu singkat seperti 20 tahun lalu.
waduh gawat kalo misal beneran oli acdc udah masuk beres juga
ipOi78
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Apr 01, 2014 15:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by ipOi78 »

marmut wrote: Fri Feb 16, 2018 2:01
exflowly wrote: Thu Feb 15, 2018 17:22
-

Betul om Turbo. Jadi gatel juga mau main ke tempatnya Ko Amin dan cek Delvacnya dia.
Terus terang walaupun dapet yang aspal, suara mesin 2KD jadi lebih alus....

-

baru keinget,
menjelang akhir tahun kemarin ada ayla dateng ke workshop saya mau beli oli mesin untuk nambah karena kurang. saya cek dipstik memang beneran kurang banyak. setelah tutup pengisian oli dibuka, saya lihat kok olinya mengental hampir seperti grease warnanya hitam kecoklatan pekat dan penambahan olinya hampir 2 liter.
suara mesin sebelum dan sesudah ditambah oli sangat normal tidak ada perubahan menurut telinga saya. entah jika menggunakan alat ukur.
menurut yang punya mobil kondisi seperti ini semenjak ganti oli di BeRes dan sudah berjalan lebih dari 2000 KM.
kesimpulan saya pribadi, oli acdc jaman sekarang sangat canggih. tidak membuat suara mesin menjadi kasar apalagi merontokkan jeroan mesin dalam waktu singkat seperti 20 tahun lalu.
Setuju ama pendapat om marmut, oli acdc sekarang " makin canggih " dan mungkin saja secara kualitas bisa mendekati oli asli tapi siapa yg mau nanggung resikonya ? Pengalaman saya pribadi pernah kena dengan oli aspal merk Mot*l CRDI, biasanya ane selalu langganan ganti oli sama salah satu trusted seller di dtm fatmawati yg sering disebutkan disini..nah karena iseng dpt voucher salah satu onlineshop dan direkomendasi sama temen akhirnya cobain beli online si Motu* tsb dengan harga jauh dibawah pasaran tentunya..beli 7 liter trus ganti oli filter pasang sendiri..nah awal2nya 2000km pertama tidak ada perbedaan sama sekali malah cenderung suara mesin lebih halus dibanding q8..dalam pikiran saya ini oli emang bagus..tapi yg membedakan adalah penguapan olinya, per 2000km saya biasanya cek dipstick dan paling nambah 100 s,d 200 ml sampe ke max limit..tapi ini sampe >300 ml lebih jadi sisa pas beli oli hamir kepake semua dan baru 90% max ( msh ada 0,1 ltr sisa oli yg diduga aspal ini )

Ane jadi curiga trus ane beli 1 ltr Mot CRDI di SnD deket rumah ane buat cadangan, harga > 160rb, harusnya ini asli kan...ane tuang dikit aja biar pas 100% max limit..sampai akhirnya pas 4000km saya cek diptick top up ampir 500ml..nah ane lsg cek detail fisik 2 botol termasuk isinya antara oli aspal dan oli yg sy beli di SnD..dan hasilnya kalau jeli bisa sangat terdeteksi..ciri2nya sbb :

1. Fisik : Packaging botol, nomor seri, tutup botol sama plek plek..hanya di oli aspal nomer seri "agak" buram printnya, dan sticker jg gampang rusak diujung2nya, ini terlihat jelas krn sisa botol oli saya simpen di tempat yg sama
2. Perbedaan yg paling gampang terdeteksi adalah BAUnya...yg aspal ada bau kayak minyak tanah, yg asli lebih WANGI ada scent alkoholnya
3. Dari warna karena saya tuang sama2 di botol bening pake kertas putih..yg asli lebih terang, yg aspal lebih gelap

Akhirnya pas 4000km ane lsg flush dan kembali ke jalan yg benar..hehe
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

Dat510 wrote: Fri Feb 16, 2018 2:05 Betul om, TODA sebelumnya ambil Shell produksi eropa, salesnya bilang ke saya, di botol yg kemarin saya beli pun made in EU. Kayanya lagi ngabisin stok yg EU dulu baru yg shell made in indonesia nya dipajang, soalnya beberapa udah made in indonesia yg ada sticker anticounterfeit nya itu (HX8, HX5), sementara SHU dan HX7 masih yg made in EU.
Saya mah pasti ambil yang made in EU kemana-mana daripada yang dari Indo, apalagi SHU. Biasanya buat pasar kita kan kena downspec...
marmut wrote: Fri Feb 16, 2018 2:01
suara mesin sebelum dan sesudah ditambah oli sangat normal tidak ada perubahan menurut telinga saya. entah jika menggunakan alat ukur.
menurut yang punya mobil kondisi seperti ini semenjak ganti oli di BeRes dan sudah berjalan lebih dari 2000 KM.
kesimpulan saya pribadi, oli acdc jaman sekarang sangat canggih. tidak membuat suara mesin menjadi kasar apalagi merontokkan jeroan mesin dalam waktu singkat seperti 20 tahun lalu.
Mekanik beres skrg banyak yang nakal dan punya oli stock "sendiri" buat isiin oli asli yang di bagian spareparts. Sompret dah...

Nah ini mobil saya juga pake oli asli merk tertentu 2 dan katanya mengandung PAO mesin jadi coklat kuning parah padahal baru dibersihin dalam waktu 10 dan 4 ribu km. Virgin Oil Analysis dari oli ini juga ok... kandungan dan etc ok. Hanya mungkin kudu test NOACK supaya tau kenapa dia bikin sludge parah....

Used oil analysis pake oli aspal juga gak ada yang caution di 2KD, kecuali satu : fuel dilution, tapi di bawah 4%. Saya mikir karena rute sering macet ya terbilang normal. Dan ngeliat TBNnya masih 6,8 setelah 5000km sih sebenernya ni oli Delvac aspal pake full sampe 7500-8000km mestinya si ok. Fe cuman 7 di 4-5000km... taruh lah ganti di 8-10k kaliin 2 kali dapet 14 tambahin 2 ya dapet 16. Hebat bener dah...

Sekarang pakai Delvac TBN 11 di 2KD suara mesin tetep alus juga si.... dashyat deh. Sekarang di 2KD yang lebih kedengeran halus atau enggak tuh solarnya. Solar Pertamina jelek banget ya sekarang... wajib additive.
ipOi78 wrote: Fri Feb 16, 2018 7:35 Setuju ama pendapat om marmut, oli acdc sekarang " makin canggih " dan mungkin saja secara kualitas bisa mendekati oli asli tapi siapa yg mau nanggung resikonya ? Pengalaman saya pribadi pernah kena dengan oli aspal merk Mot*l CRDI...
Kemarin ada juga teman ganti oli Motul di toko oli terkenal di Kelapa Gading (dan saya sering ke sana, kenal ownernya juga, olinya ambil dari distributor dan asli) dan ternyata setelah ganti suara mesin kasar dan baru sembuh pas diflush dengan oli Motul beli di tempat lain setelah 1000km.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by josomba »

exflowly wrote: Fri Feb 16, 2018 8:57
Dat510 wrote: Fri Feb 16, 2018 2:05 Betul om, TODA sebelumnya ambil Shell produksi eropa, salesnya bilang ke saya, di botol yg kemarin saya beli pun made in EU. Kayanya lagi ngabisin stok yg EU dulu baru yg shell made in indonesia nya dipajang, soalnya beberapa udah made in indonesia yg ada sticker anticounterfeit nya itu (HX8, HX5), sementara SHU dan HX7 masih yg made in EU.
Saya mah pasti ambil yang made in EU kemana-mana daripada yang dari Indo, apalagi SHU. Biasanya buat pasar kita kan kena downspec...
marmut wrote: Fri Feb 16, 2018 2:01
suara mesin sebelum dan sesudah ditambah oli sangat normal tidak ada perubahan menurut telinga saya. entah jika menggunakan alat ukur.
menurut yang punya mobil kondisi seperti ini semenjak ganti oli di BeRes dan sudah berjalan lebih dari 2000 KM.
kesimpulan saya pribadi, oli acdc jaman sekarang sangat canggih. tidak membuat suara mesin menjadi kasar apalagi merontokkan jeroan mesin dalam waktu singkat seperti 20 tahun lalu.
Mekanik beres skrg banyak yang nakal dan punya oli stock "sendiri" buat isiin oli asli yang di bagian spareparts. Sompret dah...

Nah ini mobil saya juga pake oli asli merk tertentu 2 dan katanya mengandung PAO mesin jadi coklat kuning parah padahal baru dibersihin dalam waktu 10 dan 4 ribu km. Virgin Oil Analysis dari oli ini juga ok... kandungan dan etc ok. Hanya mungkin kudu test NOACK supaya tau kenapa dia bikin sludge parah....

Used oil analysis pake oli aspal juga gak ada yang caution di 2KD, kecuali satu : fuel dilution, tapi di bawah 4%. Saya mikir karena rute sering macet ya terbilang normal. Dan ngeliat TBNnya masih 6,8 setelah 5000km sih sebenernya ni oli Delvac aspal pake full sampe 7500-8000km mestinya si ok. Fe cuman 7 di 4-5000km... taruh lah ganti di 8-10k kaliin 2 kali dapet 14 tambahin 2 ya dapet 16. Hebat bener dah...

Sekarang pakai Delvac TBN 11 di 2KD suara mesin tetep alus juga si.... dashyat deh. Sekarang di 2KD yang lebih kedengeran halus atau enggak tuh solarnya. Solar Pertamina jelek banget ya sekarang... wajib additive.
ipOi78 wrote: Fri Feb 16, 2018 7:35 Setuju ama pendapat om marmut, oli acdc sekarang " makin canggih " dan mungkin saja secara kualitas bisa mendekati oli asli tapi siapa yg mau nanggung resikonya ? Pengalaman saya pribadi pernah kena dengan oli aspal merk Mot*l CRDI...
Kemarin ada juga teman ganti oli Motul di toko oli terkenal di Kelapa Gading (dan saya sering ke sana, kenal ownernya juga, olinya ambil dari distributor dan asli) dan ternyata setelah ganti suara mesin kasar dan baru sembuh pas diflush dengan oli Motul beli di tempat lain setelah 1000km.
Om, noack, astm d 5800 kan? Itu bukannya berkaitan dengan penguapan aja ya? Atau emg ada kaitan kalau di atas 15% bisa sekalian ninggalin residu?
Image
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

josomba wrote: Fri Feb 16, 2018 9:02
Om, noack, astm d 5800 kan? Itu bukannya berkaitan dengan penguapan aja ya? Atau emg ada kaitan kalau di atas 15% bisa sekalian ninggalin residu?
Ya betul penguapan om. Sepengetahuan saya kalo noacknya kecil ya berarti olinya makin bagus (dan logikanya nggak ninggalin sludge).
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by fernando_lim »

exflowly wrote: Fri Feb 16, 2018 8:57
Dat510 wrote: Fri Feb 16, 2018 2:05 Betul om, TODA sebelumnya ambil Shell produksi eropa, salesnya bilang ke saya, di botol yg kemarin saya beli pun made in EU. Kayanya lagi ngabisin stok yg EU dulu baru yg shell made in indonesia nya dipajang, soalnya beberapa udah made in indonesia yg ada sticker anticounterfeit nya itu (HX8, HX5), sementara SHU dan HX7 masih yg made in EU.
Saya jg ogah shell indo
Pengalaman dulu sebelum populer bgt langganan shell helix plus / hx7
Sampai berganti ke hx7 masih dapat blend singapore masih enak , sempet 1x hx7 blend indo tuang di hyundai getz rasanya ga enak bgt

Ada pengalaman mesin jadi kasar dan ngelitik wkt berat wkt start awal jalan terutama jika kondisi cuaca panas + macet parah, wkt itu umur oli 2200km 2 bln
Krn curiga bahan bakar ya diisi pertamax ngelitik juga ujungnya , tes lagi petronas 92 eh ngelitik jg jika di rpm bawah dan awal start jalan
Akhirnya curiga oli mulai drop , saya ganti ke caltex havoline langsung ilang ngelitik parahnya itu

Dan yakin bgt tu oli bukan acdc krn langsung ngambil sama temen yg kerja di distributor medan
mcdelivery
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Mon Jan 25, 2016 7:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by mcdelivery »

Baru ganti oli 5w30 nya mitsu, impresi awal mesin halus ya. Ganti dri oli toyo botol biru, kayanya acdc soale g bau wangi.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

fernando_lim wrote: Sat Feb 17, 2018 12:16
Saya jg ogah shell indo
Pengalaman dulu sebelum populer bgt langganan shell helix plus / hx7
Sampai berganti ke hx7 masih dapat blend singapore masih enak , sempet 1x hx7 blend indo tuang di hyundai getz rasanya ga enak bgt

Ada pengalaman mesin jadi kasar dan ngelitik wkt berat wkt start awal jalan terutama jika kondisi cuaca panas + macet parah, wkt itu umur oli 2200km 2 bln
Krn curiga bahan bakar ya diisi pertamax ngelitik juga ujungnya , tes lagi petronas 92 eh ngelitik jg jika di rpm bawah dan awal start jalan
Akhirnya curiga oli mulai drop , saya ganti ke caltex havoline langsung ilang ngelitik parahnya itu

Dan yakin bgt tu oli bukan acdc krn langsung ngambil sama temen yg kerja di distributor medan
Saya sebenarnya ingin suka sama produk Shell, hanya kenyataan ternyata berkata lain. Shell Helix Ultra AB (sebelum ganti botol) 5w30 saya pikir cocok di M52, tapi ternyata olinya cepet nguap dan juga kalau hari cuaca panas dan macet jadi turun viscositasnya. Keliatan dari oil pressure light yang flicker di dashboard pas bermacet ria, padahal mestinya tahan karena ACEA A3/B3/B4 spec.

Terus pas pake Shell V-Power jaman sebelum Pertamax Turbo mah ok bingits, tapi akhir-akhir ini malah nggak enak. Timing spark nggak bisa maju kayak dulu sebelum jaman Pertabo. Padahal dulu kalo isi V-Power mobil lgsg lebih irit dan juga terikan joss....

Ya sutralah... Oli Pertamina ok, dan bahan bakarnya lumayan (isi dari Pom 31 yak, yang 34 dah lama nggak ngisi) tapi saya sebenarnya pengen Shell berhasil karena tempat pom bensinnya lebih ok servicenya dan lebih tenang.
danisnug
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Mon Apr 25, 2016 15:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by danisnug »

Mau tanya, amsoil ss 5w-30 selain toda beli dimana yah? Biasanya beli di graha sakti, terakhir kali kesana udah gak stock lagi (sept'17).

Bisa beli langsung dari dist. resmi kayak aisin gak ya?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by josomba »

danisnug wrote: Sun Feb 18, 2018 9:28 Mau tanya, amsoil ss 5w-30 selain toda beli dimana yah? Biasanya beli di graha sakti, terakhir kali kesana udah gak stock lagi (sept'17).

Bisa beli langsung dari dist. resmi kayak aisin gak ya?
Distro menurut web amsoil ada Dynamic Auto...n doi ada onlinenya both Blibli n toped
Image
Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Satya21 »

Om turbo, 0w20 bagusan mana antara fastron dan eneos?
Fastron dan eneos masing2 bisa dipakai sampai brp KM?