Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

brenz100
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Sat Sep 15, 2012 14:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by brenz100 »

evanbngdor wrote: Fri Feb 09, 2018 14:56
brenz100 wrote: Fri Feb 09, 2018 14:44 Sharing dikit

2 hari lalu ganti oli inova anki 2.0 manual beli dr baru ganti oli saat KM 600an lbh dikit

Oli mesin eneos 0w20 fulsyntetic

Oli persneling tmo 80w90 gl4 (tny tgmo yg d sarankan pak turboman sa nya ngom sdh gak ada skrg di ganti TMo ini)

Oli gardan fk pulse kalo gak salah inget 75w90 gl 5

Hasil :
pindah gigi sdh gak seberat oli bawaan pabrik.

Tarikan ama gas mirip2 sih nggak terlalu ngefek. (mgkn nanti ganti q8 berhubung sdh terlanjur beli oli fk and eneos di gut eman2 gak d pake)
Suara mesinnya sdkt tmbh besar yah

Utk ganti olinya pake cara tuang 1 liter oli baru buat push oli lama ada komen dari SA dan pegawai bengkelnya buang2 oli ktnya.

Komen ke dua dr sa ama org bengkelnya km mobil msh 600 kok sdh d ganti semua olinya buang2 duit ktnya..

Komen ke 3 dr org bengkelnya utk oli mesin nggak bisa push oli lama dgn cara nuang 1 liter. Posisi mesinnya bikin olinya lgsg jatuh ke bwh... Dunno bnr atau nggak ane awam mslh gini..

Lalu yg sempat ane perhatikan untuk ganti oli persneling dan gardan mereka pake semacam pompa ada tabungnya jg wrn hijau. Tp ya gt. Oli gardan ama oli persneling masuk ke tabung yg sama(bkn dicampur,bergantian) ane sempat tny apa nggak kecampur dgn oli lama. Ktnya nggak kecampur krn olinya bnr2 hbs d dlm tabung, sempat gak yakin ama omongan org bengkelnya..



Sharing lagi...

Selain ganti oli ipah ane kmrn jg ganti oli 2 mobil

1 mobil crv
Oli mesin kendall gt1 max olinya dpt dr ibu julia(referensi pak turboman)
Oli persneling pny honda

Hasil : tarikan lbh enteng ama sdkt lbh nendang. Suara mesin lbh halus.

1 mobil roti tawar pny toyota
Oli mesin idem dgn crv
Oli persneling pny toyota (next mau coba aisin yg cvt cfex)

Hasil : idem dgn crv

Semoga membantu
TMO 80w-90 GL-4 sih so so aja menurut ane. Ya cukupan lah kalo dibandingin dengan harganya.

Oli gardan nya kena berapa tuh om? diatas 100rb/liter ya? rasanya FK Pulse yg 75w-90 itu udah support LSD.

Ya memang push oli lama dengan menuang 1 liter ngga begitu efektif, tp better than tidak dilakukan. kalau mau bener-bener 'cuci mesin' ya isi oli yg kualitas nya so so tp tetep sesuai spek, pakai 1000 km aja terus ganti oli baru. Tp metode ini jelas more expenses

Pastinya lupa. Nanti sy cek hrgnya om. Moga2 msh ada Beli di gut motor citraland kmrn

Next mau coba pny wuling om. Mgkn ada referensi lain?

Enggak deh om kalo bolak balik bengkel. Bini sdh ngomel2 berhubung ane kerja luar kota jarang kumpul keluarga. Wkt kumpul malah ngurusi mobil sehari dua hari d bengkel atau di detailer

Itu maunya pake cara gerlong mekaniknya nggak tahu... Sy liatin chat di seraya motor yg nerangin gerlong. Geleng2 doang mekaniknya. Nggak berani maksa. Berhubung ane jg awam mslh gini...
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by evanbngdor »

brenz100 wrote: Fri Feb 09, 2018 15:07
Pastinya lupa. Nanti sy cek hrgnya om. Moga2 msh ada Beli di gut motor citraland kmrn

Next mau coba pny wuling om. Mgkn ada referensi lain?

Enggak deh om kalo bolak balik bengkel. Bini sdh ngomel2 berhubung ane kerja luar kota jarang kumpul keluarga. Wkt kumpul malah ngurusi mobil sehari dua hari d bengkel atau di detailer

Itu maunya pake cara gerlong mekaniknya nggak tahu... Sy liatin chat di seraya motor yg nerangin gerlong. Geleng2 doang mekaniknya. Nggak berani maksa. Berhubung ane jg awam mslh gini...
Kalau oli transmisi manual sih so far sesuai sama yg dibilang om turbo, wuling punya pake oke, baik itu dilihat dr sisi harga maupun kualitas.

Wajar om mekaniknya ngga tau, karena yg diajarkan ke mereka adalah prosedur-prosedur yang sudah dibakukan dan ngga boleh terlewat satu step sekalipun, karena impact nya gede, apalagi kalo udah kena audit.

kalau mau metode-metode alternatif gitu sih better ke bengkel swasta aja.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
brenz100
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Sat Sep 15, 2012 14:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by brenz100 »

Noted om
Next hbs warranty hbs. Plan mau coba di gut.
Thank you sarannya
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Numpang share, ikutan om turboman jg baru share. Bulan desember kmrn abis ganti oli ertiga pake kendall 5w-30 full syn botol merah (ertiga masi flat tapped, baca di forum erci) sekalian servis berkala 5000km, beli di bu julia graha sakti (thx om turbo buat rekomen oli ini). Ganti oli pas di odo 54xxx km (sebelumnya pake SGO 5w-30 full syn) di beres suzuki sekalian servis 5000km. Sampe hari ini udah jalan 2100km (odo 56xxx km).

Tarikan jauh lebih enak, suara mesin lebih halus. Waktu dibawa bandung-semarang PP di cipali, diajak nyalip tenaganya lebih ada.

Waktu pake SGO, mesin lebih ngeraung2 kl di tanjakan, suara mesin kasar banget. Dan anehnya, waktu ganti oli terakhir (ke kendall) sebelum diganti saya ditunjukin mekaniknya kalo head piston warnanya udah item, padahal oli SGO itu baru saya ganti 7 bulan sebelumnya (april '17). Kondisi oli SGO sebelum diganti udah item banget, sama saya ditunjukin di dipstick ada bekas oli SGO kering nempel (spt kerak).

Gara2 gitu saya sekalian tune up (carb clean sama bersihin saluran bensin) dan head piston udah bersih lagi (kualitas SGO kok begitu banget ya). Saya carb clean sebelumnya juga belum sampe setahun.

Anw, thx om turboman udah rekomen kendall ini ke user SM termasuk saya, harga sama kualitas nya cucuk bangett [emoji1] [emoji1]
IMG20171208105155.jpg
IMG20171208105943.jpg
IMG20171208110230.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Wah oli transmisi ANKI manual mah jangan kasih 80W90

kasih 75W90 GL-4

Jika TMO LV75W susah didapat, gunakan Wuling MTF 75W90 (GL-4 ini)

Juga utk semua mobil Toyota yg MT dan mobil manual apa aja yg minta oli 75W90 GL-4

enak oli ini

Beli Di BeRes Wuling di kota anda
kk_1515763965823.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
singgihcahyas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Jan 31, 2018 0:28
Location: Blitar
Daily Vehicle: motorcycle

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by singgihcahyas »

Maaf, mau tny ke suhu2 SM, unt engine L15A (Onda.Jazz Vtec 2007) sdh roller rocker atau msh flat tappet?
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by ecco »

exflowly wrote: Sat Jan 20, 2018 18:46
ecco wrote: Mon Dec 04, 2017 8:57
Gimana hasil tes Om? ada beda antara yg dari distro asli vs yg harga mencurigakan? he he he...
Ok, laporan ni.

Hasilnya mengkawatirkan. Sample saya ambil dari oli yang saya beli melalui toped, ada 4 sample total.

Yang saya publish di sini hanya 3, karena yang ke-empat hasilnya biasa saja namun setelah dipakai di 2 mesin dan dibuka valve cover ternyata warnanya kuning/coklat. Di mesin pertama dipakai sekitar 6000km, di mesin kedua dipakai baru 3000km. Sample ke-4 ini oli asli, dapat dari distributor.... jadi, walaupun oli itu keliatan normal/biasa saja namun ternyata bisa juga hasilnya jelek. Yang untung: sekarang saya punya banyak stock oli buat flushing...

Sample 1: Mobil 1 0W40 dengan sticker Mercedes Benz; TBN 9.87; Visc100 11.38; Additive not tested.
Hasilnya : Ini oli TBN dan Visco100nya di bawah spec, berdasarkan pds TBN mestinya 11.8 dan Visco100 13.5
Kesimpulan : Kayaknya ini oli aspal atau memang dapet sample yang dodol....

Sample 2: Mobil 1 5W50 tidak ada sticker Mercedes; TBN 9.53, Visc100 13.09 (retested, 12.82); CA 1701, Zinc 775
Hasilnya : Sama kayak yang ada sticker Mercedes, TBN dan Visconya di bawah spec, TBN mestinya 11.8 dan Visco100 17.5
Kesimpulan : Kayaknya ini oli juga aspal...
Personal note: Sebenernya kalo ini oli beneran visco100 nya 12-13, itu visco target yang saya paling suka untuk mobil saya (20 tahun ke atas). Tapi Zincnya kok rendah bener buat oli ini.

Sample 3: Mobil Delvac1 5w40 botol literan yang silver; TBN 6.98; Visc100 12.82; CA 1409
Hasilnya : Ini juga sama, TBN jauh di bawah spek, mestinya 12 dan Visc100 14.98. TBN 12 itu kata orang lab CAnya kudu sekitar 3000 ppm utk TBN 12, tapi kalo saya liat VOA oli Delvac lewat Google kayaknya enggak ada oli Delvac yang CAnya sampe segitu tinggi.
Kesimpulan : Ini oli aspal yang paling parah...

Silakan dikomentari.

Saya ada planning mau retest untuk stock oli asli. Mungkin pake Trakindo supaya lebih murah.
Wadow...saya beli satu dus pulak wkwkwk...untung ganti oli selalu dibawah 5000km karena per 6 bulan :big_smile]
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Sonzz »

Suhu mau tanya dong...klo Avanza Veloz AT 2015 (3SZ-VE) itu oli nya ada apa aja ya? Yg saya tahu cmn Oli mesin sama oli ATF...kemarin pernah ganti ATF pake Pertamina ATF 2liter....mobil sih uda 2tahun 3 bulan,,tpi Kilometer baru 11ribuan....Oli Mesin sih rajin ganti tiap 7 atau 8bulan sekali...Kalau ATF? Trus ada oli apa lgi yah? Perseneling? Gardan? Trus rekomendasi nya apa ya oli untuk Avanza saya? Oli mesin skrg pke Fastron Gold 0w-20,,ATF cmn change biasa pke Pertamiana ATF 2liter,,Perseneling sama Gardan blm pernah gnti dri baru...mohon bimbingannya suhu...salam newbie
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Sonzz wrote:Suhu mau tanya dong...klo Avanza Veloz AT 2015 (3SZ-VE) itu oli nya ada apa aja ya? Yg saya tahu cmn Oli mesin sama oli ATF...kemarin pernah ganti ATF pake Pertamina ATF 2liter....mobil sih uda 2tahun 3 bulan,,tpi Kilometer baru 11ribuan....Oli Mesin sih rajin ganti tiap 7 atau 8bulan sekali...Kalau ATF? Trus ada oli apa lgi yah? Perseneling? Gardan? Trus rekomendasi nya apa ya oli untuk Avanza saya? Oli mesin skrg pke Fastron Gold 0w-20,,ATF cmn change biasa pke Pertamiana ATF 2liter,,Perseneling sama Gardan blm pernah gnti dri baru...mohon bimbingannya suhu...salam newbie
Gardan

kasi 75W90 GL-5 aja

Eneos or Wuling oil

ATF kalo ganti sebagian di pan gunakan merek yg sama, jangan campur merek lain

kalo dah 2 tahun mending kuras ala Geelong aja, kasi AFW+
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by fernando_lim »

Karimun wagon dgn kendall fullsyn
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by josomba »

fernando_lim wrote: Sun Feb 11, 2018 8:00 Karimun wagon dgn kendall fullsyn
:big_love:

Mantapppp om
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by marmut »

fernando_lim wrote: Sun Feb 11, 2018 8:00 Karimun wagon dgn kendall fullsyn
camshaft kenapa dilepas? baret-baret semua?
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by fernando_lim »

marmut wrote: Mon Feb 12, 2018 4:52
fernando_lim wrote: Sun Feb 11, 2018 8:00 Karimun wagon dgn kendall fullsyn
camshaft kenapa dilepas? baret-baret semua?
Bukan om itu overhaul akibat mekanik beresnya gendeng buka busi dalam keadaan mesin panas bgt akhir patah didalam businya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by DOHC »

anjayy...

jadi keinget busi hrv ane masi ad satu yg stuck dr taon kmaren blom sempet ane buka...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Jambangan »

fernando_lim wrote: Mon Feb 12, 2018 8:31
marmut wrote: Mon Feb 12, 2018 4:52
fernando_lim wrote: Sun Feb 11, 2018 8:00 Karimun wagon dgn kendall fullsyn
camshaft kenapa dilepas? baret-baret semua?
Bukan om itu overhaul akibat mekanik beresnya gendeng buka busi dalam keadaan mesin panas bgt akhir patah didalam businya
Kacau
Beres suzuki mana tuh om??
Btw overhaulnya di beres itu jg atau bengkel lain??
Jaman dulu desember 2012 pake suzuki ganti oli mesin di odo 5000an KM di beres suzuki trimitra bekasi tanpa ganti filter oli tapi dimasukin engine flush ama mekaniknya
Baru tau pas baca invoice nya
Besoknya langsung kuras lagi tuh oli mesin n ganti filternya di shop n drive
Gila apa filter ga diganti tapi main masukin engine flush
Belakangan mobil ditarik diatas 4000 RPM ada suara kyk ngelitik/knocking kyk suara metal
Entah pengaruh dari engine flush itu apa ngga
Kecewa berat emang ama beres suzuki
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by marmut »

fernando_lim wrote: Mon Feb 12, 2018 8:31
marmut wrote: Mon Feb 12, 2018 4:52
fernando_lim wrote: Sun Feb 11, 2018 8:00 Karimun wagon dgn kendall fullsyn
camshaft kenapa dilepas? baret-baret semua?
Bukan om itu overhaul akibat mekanik beresnya gendeng buka busi dalam keadaan mesin panas bgt akhir patah didalam businya
saya buka busi selalu dalam keadaan mesin panas. tidak pernah ada masalah.
itu bisa patah, saya berani taruhan 1 gerobak mi ayam, pasti overtightening.
mohon ma'lum saja anak stm sok tau kalo pasang busi disamakan dengan ngencengin baut roda truk gandeng.
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by fernando_lim »

Jambangan wrote: Mon Feb 12, 2018 10:37
fernando_lim wrote: Mon Feb 12, 2018 8:31
marmut wrote: Mon Feb 12, 2018 4:52

camshaft kenapa dilepas? baret-baret semua?
Bukan om itu overhaul akibat mekanik beresnya gendeng buka busi dalam keadaan mesin panas bgt akhir patah didalam businya
Kacau
Beres suzuki mana tuh om??
Btw overhaulnya di beres itu jg atau bengkel lain??
Jaman dulu desember 2012 pake suzuki ganti oli mesin di odo 5000an KM di beres suzuki trimitra bekasi tanpa ganti filter oli tapi dimasukin engine flush ama mekaniknya
Baru tau pas baca invoice nya
Besoknya langsung kuras lagi tuh oli mesin n ganti filternya di shop n drive
Gila apa filter ga diganti tapi main masukin engine flush
Belakangan mobil ditarik diatas 4000 RPM ada suara kyk ngelitik/knocking kyk suara metal
Entah pengaruh dari engine flush itu apa ngga
Kecewa berat emang ama beres suzuki
Sama aja om semua beres kudu di perhatikan

Kan ada sop pengerjaan ,kalo ane selalu dikasi estimasi jika item2 tdk penting spt engine flush ya ane ngotot ga mau

Kita kan disini paham toh jd kita hrs smart juga

Beres malang tapi ga tau yg mana ,saya di medan

Saya sendiri 1000- 5000 sgo utk running
5000-10000 flush dgn kendall dxa running 5000 km
Start 10000 kendall fullsyn 5w30 sampai umur 30000 km beralih ke kendall 0w20 barusan krn rekomen disini aman utk tapped

Feelnya enteng bgt dan ga ada drop tenaga meski cuaca cukup panas belakangan di kota medan

Btw saya ertelu juga
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Jambangan »

fernando_lim wrote: Mon Feb 12, 2018 10:53 Sama aja om semua beres kudu di perhatikan

Kan ada sop pengerjaan ,kalo ane selalu dikasi estimasi jika item2 tdk penting spt engine flush ya ane ngotot ga mau

Kita kan disini paham toh jd kita hrs smart juga

Beres malang tapi ga tau yg mana ,saya di medan

Saya sendiri 1000- 5000 sgo utk running
5000-10000 flush dgn kendall dxa running 5000 km
Start 10000 kendall fullsyn 5w30 sampai umur 30000 km beralih ke kendall 0w20 barusan krn rekomen disini aman utk tapped

Feelnya enteng bgt dan ga ada drop tenaga meski cuaca cukup panas belakangan di kota medan

Btw saya ertelu juga
Nah masalahnya pas sebelum servis ga ada tertulis engine flush om
Cuma tertulis ganti oli SGO + general check
Eh pas disuruh bayar baru ada tertulis EF di invoice
Saya paling anti pake gituan dari dulu
Lagipula waktu itu mobil masih baru bgt baru 5000an KM kok dicekokin EF ama beres
Sejak itu ga pernah lagi menginjakkan kaki di beres itu lagi
Btw saya dulu pake swift zc21s mesin m15a om
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

SGO itu baru 7 bulan aja di head piston udah numpuk keraknya om, padahal saya slm 7 bulan baru jalan 5rb km. Sejak pake kendall 5w-30+carb clean enak banget om. Saya pake ertiga juga, brp hari lalu jg baru post review kendall di thread ini.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by marmut »

erwinign wrote: Mon Feb 12, 2018 11:34 SGO itu baru 7 bulan aja di head piston udah numpuk keraknya om, padahal saya slm 7 bulan baru jalan 5rb km. Sejak pake kendall 5w-30+carb clean enak banget om. Saya pake ertiga juga, brp hari lalu jg baru post review kendall di thread ini.
bahan bakar pake oktan berapa?

*note :
kalau sampai ada kerak oli di piston, sudah bisa dipastikan ada kebocoran cukup parah diantara ring piston, seal klep, atau bos klep. dan dari ujung knalpot pasti keluar asap terus menerus disertai berkurangnya jumlah oli mesin plus ukung knalpot basah oli.
andaikata oli tidak berkurang dan tidak ada asap keluar dari ujung knalpot tapi piston berkerak, kemungkinannya hanya pemakaian bahan bakar oktan rendah secara terus menerus, atau sering kena macet, atau kombinasi keduanya.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

marmut wrote: Mon Feb 12, 2018 12:54
erwinign wrote: Mon Feb 12, 2018 11:34 SGO itu baru 7 bulan aja di head piston udah numpuk keraknya om, padahal saya slm 7 bulan baru jalan 5rb km. Sejak pake kendall 5w-30+carb clean enak banget om. Saya pake ertiga juga, brp hari lalu jg baru post review kendall di thread ini.
bahan bakar pake oktan berapa?

*note :
kalau sampai ada kerak oli di piston, sudah bisa dipastikan ada kebocoran cukup parah diantara ring piston, seal klep, atau bos klep. dan dari ujung knalpot pasti keluar asap terus menerus disertai berkurangnya jumlah oli mesin plus ukung knalpot basah oli.
andaikata oli tidak berkurang dan tidak ada asap keluar dari ujung knalpot tapi piston berkerak, kemungkinannya hanya pemakaian bahan bakar oktan rendah secara terus menerus, atau sering kena macet, atau kombinasi keduanya.
saya pake pertamax 92 om, kebetulan 6 bulan terakhir mobil jarang saya pake (seminggu pake 1-2x). tiap pemakaian (di bandung) kena macet terus. knalpot kalo saya perhatiin mah ngga ada asap terus2an si om, di dipstick jumlah olinya masi cukupan.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

ecco wrote: Sat Feb 10, 2018 15:55

Wadow...saya beli satu dus pulak wkwkwk...untung ganti oli selalu dibawah 5000km karena per 6 bulan :big_smile]
Masih lanjut ni om. Testing Delvac1 jerigen 5 liter, ada 2. Satu keluar olinya bening, satu lagi keluar olinya lebih gelap, dua-duanya ditest.
User avatar
singgihcahyas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Jan 31, 2018 0:28
Location: Blitar
Daily Vehicle: motorcycle

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by singgihcahyas »

:big_bored:
singgihcahyas wrote: Sat Feb 10, 2018 14:39 Maaf, mau tny ke suhu2 SM, unt engine L15A (Onda.Jazz Vtec 2007) sdh roller rocker atau msh flat tappet?
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by iwing »

erwinign wrote: Mon Feb 12, 2018 11:34 SGO itu baru 7 bulan aja di head piston udah numpuk keraknya om, padahal saya slm 7 bulan baru jalan 5rb km. Sejak pake kendall 5w-30+carb clean enak banget om. Saya pake ertiga juga, brp hari lalu jg baru post review kendall di thread ini.
kok aneh ya. saya pernah pake sgo selama 5 ribu km (lupa brp bulan), aman2 aja. cuma SA beres nya rada aneh karena oli mesin katanya harus dituang 4,5 liter karena ganti filter oli. mesin m15a. oya kebiasaan saya kalo misal saya nyetir sendiri dan jalan sedikit kosong, shifting 4-5 ribu rpm
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by fernando_lim »

marmut wrote: Mon Feb 12, 2018 12:54
erwinign wrote: Mon Feb 12, 2018 11:34 SGO itu baru 7 bulan aja di head piston udah numpuk keraknya om, padahal saya slm 7 bulan baru jalan 5rb km. Sejak pake kendall 5w-30+carb clean enak banget om. Saya pake ertiga juga, brp hari lalu jg baru post review kendall di thread ini.
bahan bakar pake oktan berapa?

*note :
kalau sampai ada kerak oli di piston, sudah bisa dipastikan ada kebocoran cukup parah diantara ring piston, seal klep, atau bos klep. dan dari ujung knalpot pasti keluar asap terus menerus disertai berkurangnya jumlah oli mesin plus ukung knalpot basah oli.
andaikata oli tidak berkurang dan tidak ada asap keluar dari ujung knalpot tapi piston berkerak, kemungkinannya hanya pemakaian bahan bakar oktan rendah secara terus menerus, atau sering kena macet, atau kombinasi keduanya.
Ah sapa bilang om
Justru ertiga saya dulu bersih bgt pake premium, sejak premium hilang ganti pertalite malah ujung knalpot hitam berjelaga bgt
Wkt premium malah cling ujung knalpot