Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pandaendut
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Aug 24, 2017 15:42
Location: Bogor
Daily Vehicle: Freed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by pandaendut »

Untung kaga pernah nurutin beres. Service setiap 10-12rb km di beres, tapi oli mesin setiap 5-6rb pasti diganti di bengkel umum dekat rumah. Cuma salahnya ganti filter oli tiap 2x ganti oli mesin, salah kaprah selama ini. Mana bengkel umum dekat rumah juga bilang begitu :big_cry:
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Auanz »

menurut ane ganti tiap 9000km aja boss itu kalo yang oli FULL SYNTHETIC.

namanya bisnis pasti maunya sesering mungkin ganti oli atau service service.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

Renjiro wrote: Thu Nov 15, 2018 4:43
Oli apa itu om yg bikin jd coklat banget? Acdc kah ato Original? Biar buat warning jg yg blm sempet terbeli
Original om. Review onlinenya bagus, makanya saya juga pake gara-gara yakin bagus hehehehe

Kalo yang KW Delvac 1 juga sudah pernah pake (bukan karena pilihan, karena ditipu) di test lab juga keliatan langsung tapi gak sempet beribu-ribu km jadinya sudah didrain sebelum bermasalah.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by DOHC »

Jambangan wrote: Thu Nov 15, 2018 5:45
Turboman wrote: Thu Nov 15, 2018 5:08 foto mesin batumakam dgn oli std BeRes batumakam dan interval ganti oli sesuai anjuran BeRes batumakam 1542258512379.jpg
Wow wow wow
Mod DOHC dulu pernah share jg cylinder head livina pake oli NGO ganti tiap 10rb KM isinya sludge semua
Pernah ada jg member sini jg yg evalia nya divonis turun mesin gara2 pake oli NGO setelah pemakaian 9rb KM nguap emtah kemana jebol deh metal2
Bener kata om Turbo interval ganti di beres + pake oli atpm itu ada maksud terselubung
Biar kita cepat ganti mobil :big_biglaugh:
ntuh yg perna ane share dl yg make oli NGO 10-30 .. entahlah kl yg 5-30 atau yg 0-20 nya gmana..
btw enjin kelas HR ama MR mahh penyiksa oli banget itu.. puanasss nya minta ampun, oli kelas generik sehh mending interval nya dipercepet aj diganti..

laen crita kl enjin 1TR, ane ampe skrg masi sering cekokin oli2 atpm dan ganti tiap setaon skali (gara2 ini mobil jd bener2 garage queen), kapan hari buka head, masi bebas sludge..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Renjiro »

exflowly wrote: Thu Nov 15, 2018 8:03
Renjiro wrote: Thu Nov 15, 2018 4:43
Oli apa itu om yg bikin jd coklat banget? Acdc kah ato Original? Biar buat warning jg yg blm sempet terbeli
Original om. Review onlinenya bagus, makanya saya juga pake gara-gara yakin bagus hehehehe

Kalo yang KW Delvac 1 juga sudah pernah pake (bukan karena pilihan, karena ditipu) di test lab juga keliatan langsung tapi gak sempet beribu-ribu km jadinya sudah didrain sebelum bermasalah.
Inisial merk olinya apa om (yg jd coklat banget)?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Jambangan wrote: Thu Nov 15, 2018 6:22
erwinign wrote: Thu Nov 15, 2018 5:59 Wow gile jg ya. Wkt terakhir2 saya pake livina hr15 2007, pas rewel2nya udah mulai sering tambah oli. Oli pake NGO terus. Kejadian 2012 akhir, abis itu 2013 jual di km 140k. Sering tap oli apa gejala sludge kaya foto diatas ya?
Bisa jadi olinya berkurang gara2 udah jadi sludge om :upss:
Tapi ga tau jg sih bisa jadi emang olinya kualitas jelek gampang nguap
Dulu pernah pake oli HX8 di swift beli di online diragukan keasliannya dipake 4rban KM nguap
Pernah pake oli suzuki di swift jg nguap dipake 5rb KM

Ane pernah dapat mobil seken, mesin isinya sludge semua
Dipstick sampe lengket gara2 sludge
Oli sisa setengah antara FULL & LOW
Beli di sodara jadi percaya2 aja ga buka tutup oli pas periksa. Denger mesin suaranya halus ya udah sikat mumpung harga murmer
Eh besoknya pas cek oli lewat dipstick isinya sludge semua
Buru2 ke beres bersihin pake engine flush dan ganti oli dipercepat
Sekarang mobil masih dipake adek kuliah di bandung jadi ngeri takut sewaktu2 jebol
Oli saya pernah sisa hampir low om di crv k24. Ternyata stl dibawa ke honda ada 2 paking kecil yg rembes hahahah. BTT, itu dipstick saya mo nanya om. Mobil saya th lalu waktu ganti oli kt mekanik nya ada oli lama yg nempel di dipstick spt kerak itu tanda2 apa ya?
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Jambangan »

DOHC wrote: Thu Nov 15, 2018 8:18
ntuh yg perna ane share dl yg make oli NGO 10-30 .. entahlah kl yg 5-30 atau yg 0-20 nya gmana..
btw enjin kelas HR ama MR mahh penyiksa oli banget itu.. puanasss nya minta ampun, oli kelas generik sehh mending interval nya dipercepet aj diganti..

laen crita kl enjin 1TR, ane ampe skrg masi sering cekokin oli2 atpm dan ganti tiap setaon skali (gara2 ini mobil jd bener2 garage queen), kapan hari buka head, masi bebas sludge..
Nah ane pernah pake xtrail T31 mesin MR20DE itu kalo oli udah nyentuh 3rb KM warnanya udah coklat kehitaman mod
Makanya tiap hampir 5rb KM ane ganti
Ganti di shop n drive aja males di nissan banyak pengalaman2 aneh
Mungkin bener jg apa yg dibilang mod DOHC kalo mesin nissan HR n MR panas bgt jadinya oli cepat terdegradasi

erwinign wrote: Thu Nov 15, 2018 9:05 Oli saya pernah sisa hampir low om di crv k24. Ternyata stl dibawa ke honda ada 2 paking kecil yg rembes hahahah. BTT, itu dipstick saya mo nanya om. Mobil saya th lalu waktu ganti oli kt mekanik nya ada oli lama yg nempel di dipstick spt kerak itu tanda2 apa ya?
Bisa jadi itu sludge om
Warnanya apa om?
Kalo di mobil ane yg penuh sludge itu warnanya hitam kyk aspal nempel di dipstick
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Herman7103 »

erwinign wrote:
Jambangan wrote: Thu Nov 15, 2018 6:22
erwinign wrote: Thu Nov 15, 2018 5:59 Wow gile jg ya. Wkt terakhir2 saya pake livina hr15 2007, pas rewel2nya udah mulai sering tambah oli. Oli pake NGO terus. Kejadian 2012 akhir, abis itu 2013 jual di km 140k. Sering tap oli apa gejala sludge kaya foto diatas ya?
Bisa jadi olinya berkurang gara2 udah jadi sludge om :upss:
Tapi ga tau jg sih bisa jadi emang olinya kualitas jelek gampang nguap
Dulu pernah pake oli HX8 di swift beli di online diragukan keasliannya dipake 4rban KM nguap
Pernah pake oli suzuki di swift jg nguap dipake 5rb KM

Ane pernah dapat mobil seken, mesin isinya sludge semua
Dipstick sampe lengket gara2 sludge
Oli sisa setengah antara FULL & LOW
Beli di sodara jadi percaya2 aja ga buka tutup oli pas periksa. Denger mesin suaranya halus ya udah sikat mumpung harga murmer
Eh besoknya pas cek oli lewat dipstick isinya sludge semua
Buru2 ke beres bersihin pake engine flush dan ganti oli dipercepat
Sekarang mobil masih dipake adek kuliah di bandung jadi ngeri takut sewaktu2 jebol
Oli saya pernah sisa hampir low om di crv k24. Ternyata stl dibawa ke honda ada 2 paking kecil yg rembes hahahah. BTT, itu dipstick saya mo nanya om. Mobil saya th lalu waktu ganti oli kt mekanik nya ada oli lama yg nempel di dipstick spt kerak itu tanda2 apa ya?
Coba baca di sini tentang Engine engine sludge
http://www.proctorcars.com/engine-sludg ... explained/

Saya sendiri sudah menggunakan mobil All New Grand Livina 1.5 SV CVT yg bermesin HR15DE dengan dual injection dengan twin VTC untuk saluran intake dan exhaust dari tahun 2014 dan oli mesin selalu pakai NGO 5W30 Fully Synthetic (krn ogah Gonta ganti merk oli mesin) yg selalu beli di beres selama ini dan selalu ganti oli mesin setahun 2 kali, belum ketemu ada tanda tanda Engine sludge , belum pernah ngalami engine overheat dan mobil tidak pernah mogok serta fuel economy bbm stabil dan irit sampai skrg cuma pernah ganti 4 ban, Aki, dan karet wiper depan saja serta ganti oli matic CVT tipe NS 3 dan kuras radiator coolant ditahun ke 4, serta ganti filter filter sesuai buku manual. So far so good. [emoji1]
:glodak:
HR15DE 2014
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Jambangan wrote: Thu Nov 15, 2018 10:17
DOHC wrote: Thu Nov 15, 2018 8:18
ntuh yg perna ane share dl yg make oli NGO 10-30 .. entahlah kl yg 5-30 atau yg 0-20 nya gmana..
btw enjin kelas HR ama MR mahh penyiksa oli banget itu.. puanasss nya minta ampun, oli kelas generik sehh mending interval nya dipercepet aj diganti..

laen crita kl enjin 1TR, ane ampe skrg masi sering cekokin oli2 atpm dan ganti tiap setaon skali (gara2 ini mobil jd bener2 garage queen), kapan hari buka head, masi bebas sludge..
Nah ane pernah pake xtrail T31 mesin MR20DE itu kalo oli udah nyentuh 3rb KM warnanya udah coklat kehitaman mod
Makanya tiap hampir 5rb KM ane ganti
Ganti di shop n drive aja males di nissan banyak pengalaman2 aneh
Mungkin bener jg apa yg dibilang mod DOHC kalo mesin nissan HR n MR panas bgt jadinya oli cepat terdegradasi

erwinign wrote: Thu Nov 15, 2018 9:05 Oli saya pernah sisa hampir low om di crv k24. Ternyata stl dibawa ke honda ada 2 paking kecil yg rembes hahahah. BTT, itu dipstick saya mo nanya om. Mobil saya th lalu waktu ganti oli kt mekanik nya ada oli lama yg nempel di dipstick spt kerak itu tanda2 apa ya?
Bisa jadi itu sludge om
Warnanya apa om?
Kalo di mobil ane yg penuh sludge itu warnanya hitam kyk aspal nempel di dipstick
Warna kurleb coklat kekuningan oli biasanya om (spt setelah jalan 3-4rb km). Nempel di dipstick bagian atas banget deket cap tutup dipstick. Setelah itu sy ganti oli, beberapa kali sy cek lagi cuma ada kerak itu. Waktu di beres sih mereka blg kalo itu oli nya udah sampe "kebakar banget". Sekarang mobil saya pake ttp halus, tarikan wajar.

Dulu waktu masih garansi pake SGO 5w30 fullsyn, sekarang pake kendall 5w30. Kl saya buka tutup tempat tuang oli, keliatan warna coklat kekuningan di ruang bakarnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Herman7103 wrote:
erwinign wrote:
Jambangan wrote: Thu Nov 15, 2018 6:22 Bisa jadi olinya berkurang gara2 udah jadi sludge om :upss:
Tapi ga tau jg sih bisa jadi emang olinya kualitas jelek gampang nguap
Dulu pernah pake oli HX8 di swift beli di online diragukan keasliannya dipake 4rban KM nguap
Pernah pake oli suzuki di swift jg nguap dipake 5rb KM

Ane pernah dapat mobil seken, mesin isinya sludge semua
Dipstick sampe lengket gara2 sludge
Oli sisa setengah antara FULL & LOW
Beli di sodara jadi percaya2 aja ga buka tutup oli pas periksa. Denger mesin suaranya halus ya udah sikat mumpung harga murmer
Eh besoknya pas cek oli lewat dipstick isinya sludge semua
Buru2 ke beres bersihin pake engine flush dan ganti oli dipercepat
Sekarang mobil masih dipake adek kuliah di bandung jadi ngeri takut sewaktu2 jebol
Oli saya pernah sisa hampir low om di crv k24. Ternyata stl dibawa ke honda ada 2 paking kecil yg rembes hahahah. BTT, itu dipstick saya mo nanya om. Mobil saya th lalu waktu ganti oli kt mekanik nya ada oli lama yg nempel di dipstick spt kerak itu tanda2 apa ya?
Coba baca di sini tentang Engine engine sludge
http://www.proctorcars.com/engine-sludg ... explained/

Saya sendiri sudah menggunakan mobil All New Grand Livina 1.5 SV CVT yg bermesin HR15DE dengan dual injection dengan twin VTC untuk saluran intake dan exhaust dari tahun 2014 dan oli mesin selalu pakai NGO 5W30 Fully Synthetic (krn ogah Gonta ganti merk oli mesin) yg selalu beli di beres selama ini dan selalu ganti oli mesin setahun 2 kali, belum ketemu ada tanda tanda Engine sludge , belum pernah ngalami engine overheat dan mobil tidak pernah mogok serta fuel economy bbm stabil dan irit sampai skrg cuma pernah ganti 4 ban, Aki, dan karet wiper depan saja serta ganti oli matic CVT tipe NS 3 dan kuras radiator coolant ditahun ke 4, serta ganti filter filter sesuai buku manual. So far so good. [emoji1]
ya ganti oli per 6 bulan ya aman
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by marmut »

20180619_161724.jpg
20180619_161839.jpg
20180619_161818.jpg
mesin B230E redblock.
pakai rimula r4x sedari 2008 sampai 2015 akhir. mulai 2016 awal sampai sekarang kondisi mesin tidak nyala dan belum lama ini iseng saya buka valve cover-nya.
penggantian oli setiap 10-12 bulan sekali karena mobil jarang jalan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Herman7103 »

Turboman wrote:
Herman7103 wrote:
erwinign wrote: Oli saya pernah sisa hampir low om di crv k24. Ternyata stl dibawa ke honda ada 2 paking kecil yg rembes hahahah. BTT, itu dipstick saya mo nanya om. Mobil saya th lalu waktu ganti oli kt mekanik nya ada oli lama yg nempel di dipstick spt kerak itu tanda2 apa ya?
Coba baca di sini tentang Engine engine sludge
http://www.proctorcars.com/engine-sludg ... explained/

Saya sendiri sudah menggunakan mobil All New Grand Livina 1.5 SV CVT yg bermesin HR15DE dengan dual injection dengan twin VTC untuk saluran intake dan exhaust dari tahun 2014 dan oli mesin selalu pakai NGO 5W30 Fully Synthetic (krn ogah Gonta ganti merk oli mesin) yg selalu beli di beres selama ini dan selalu ganti oli mesin setahun 2 kali, belum ketemu ada tanda tanda Engine sludge , belum pernah ngalami engine overheat dan mobil tidak pernah mogok serta fuel economy bbm stabil dan irit sampai skrg cuma pernah ganti 4 ban, Aki, dan karet wiper depan saja serta ganti oli matic CVT tipe NS 3 dan kuras radiator coolant ditahun ke 4, serta ganti filter filter sesuai buku manual. So far so good. [emoji1]
ya ganti oli per 6 bulan ya aman
Yup rata rata setahun 2X walaupun yg dipakai oli fully syntetic asli, selalu konsisten saja saat ganti oli tsb masa pakai oli tsb selalu cukup jauh dibawah 10000 km masa pakainya (rata rata masa pakainya cuma 5000 an sampai 7500 an km saja).
Serta konsisten saat check dipstik oli mesin, warna oli mesin di dipstik setelah ditarik dipstiknya perlahan dan bersihkan dengan tissue kemudian tancapkan kembali beberapa saat dan cabut kalau masih kuning & bening serta oli yg terangkat di dipstik serta posisinya masih diantara atau ditengah tulisan F (Full) dan E (Empty) nya, oli masih oke, tapi kalau warna oli yg terangkat sudah "mulai" ke warna mengarah ke gelap dan tidak bening artinya saat ganti oli tiba, selama ini check dipstiknya tiap bulan utk make sure dan juga ganti filter olinya juga saat lagi ganti oli jadi memang aman.
Ini dilakukan karena Mobil mau dipakai jangka panjang jadi selalu baca berbagai sumber bacaan tentang otomotif bersumber dari forum atau artikel otomotif dari luar atau dlm negeri yg memang bermanfaat untuk merawat mobil biar prima dan peace of mind[emoji1]

http://stpoil.co.id/tips-dr-oto-deteksi ... oli-mobil/


:glodak:
HR15DE 2014
Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Renjiro »

Tanya om om semua, kalo mau ngecek oli baik VOA dan UOA didaerah Semarang ato Solo dimana ya? Terima kasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Renjiro wrote:Tanya om om semua, kalo mau ngecek oli baik VOA dan UOA didaerah Semarang ato Solo dimana ya? Terima kasih
coba cari perwakilan Trakindo

tanya apa mrk bisa terima gak

Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Renjiro »

Turboman wrote: Sat Nov 17, 2018 7:29
Renjiro wrote:Tanya om om semua, kalo mau ngecek oli baik VOA dan UOA didaerah Semarang ato Solo dimana ya? Terima kasih
coba cari perwakilan Trakindo

tanya apa mrk bisa terima gak
Biasanya berapa om biayanya utk tes oli gitu?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Renjiro wrote:
Turboman wrote: Sat Nov 17, 2018 7:29
Renjiro wrote:Tanya om om semua, kalo mau ngecek oli baik VOA dan UOA didaerah Semarang ato Solo dimana ya? Terima kasih
coba cari perwakilan Trakindo

tanya apa mrk bisa terima gak
Biasanya berapa om biayanya utk tes oli gitu?
kalo oli baru (VOA) Rp 168 rb

analisa TBN / Visc 100 C / Additive & Boron

kalo oli bekas (UOA) 190 rb krn parameternya lebih banyak, ada Oxidation, Contaminant & Wear Metals juga
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Sharing Report test lab TMO Diesel 5W30 - ACEA A5/B5

Keadaan oli = kondisi baru (Virgin Oil Analysis)

Oli dibeli di BeRes T

Result =
TBN = 7,90 mg KOH
Calcium = 1698 ppm

Personal Note =
Utk status Oli mesin Diesel yang digunakan di Indonesia dgn kondisi BBM di Indonesia, kalau saya pribadi pake oli ini hanya berani sampai 7500 km saja atau max 8 - 9 bulan (mentok2 ya 8000 km lah)

TBN di bawah 8 mg KOH dan kadar Calcium di bawah 2000 ppm akan kurang efektif menghadapi Biosolar & DexLite........terutama karena sulphur yang masih agak tinggi dan kadar BioDiesel yang tinggi (BioDiesel dapat menggerus TBN lebih cepat)

Kalo utk digunakan di mesin bensin ya oke saja, bisa sanpai 9000 - 10.000 km.

Utk kandungan antiwear bagus, ada Zn / Boron dan sedikit Moly (total ampir 900 ppm).

* Just Personal note *
20181117-222602-1.jpg
IMG_20181117_231639.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Melihat hasil test lab TMO DESEL 5W30

Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal

Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

Turboman wrote:Melihat hasil test lab TMO DESEL 5W30

Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal

Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention
Setuju om Turbo.

Kalo ngeliat specnya dan keadaan solar tanah air... saya ragu untik pake oli ini di mesin diesel lebih dr 6000km dgn biosolar.

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Jambangan »

Turboman wrote: Sat Nov 17, 2018 17:07 Melihat hasil test lab TMO DESEL 5W30

Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal

Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention
Om, kalo untuk bensin NA oke ga?


:thanks:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Jambangan wrote:
Turboman wrote: Sat Nov 17, 2018 17:07 Melihat hasil test lab TMO DESEL 5W30

Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal

Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention
Om, kalo untuk bensin NA oke ga?


:thanks:
oke aja
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by zzzprince »

Turboman wrote:Sharing Report test lab TMO Diesel 5W30 - ACEA A5/B5

Keadaan oli = kondisi baru (Virgin Oil Analysis)

Oli dibeli di BeRes T

Result =
TBN = 7,90 mg KOH
Calcium = 1698 ppm

Personal Note =
Utk status Oli mesin Diesel yang digunakan di Indonesia dgn kondisi BBM di Indonesia, kalau saya pribadi pake oli ini hanya berani sampai 7500 km saja atau max 8 - 9 bulan (mentok2 ya 8000 km lah)

TBN di bawah 8 mg KOH dan kadar Calcium di bawah 2000 ppm akan kurang efektif menghadapi Biosolar & DexLite........terutama karena sulphur yang masih agak tinggi dan kadar BioDiesel yang tinggi (BioDiesel dapat menggerus TBN lebih cepat)

Kalo utk digunakan di mesin bensin ya oke saja, bisa sanpai 9000 - 10.000 km.

Utk kandungan antiwear bagus, ada Zn / Boron dan sedikit Moly (total ampir 900 ppm).

* Just Personal note *
20181117-222602-1.jpg
IMG_20181117_231639.jpg
Kemasan galon kena berapa om turbo? Rencana calya ogut mau pakein oli yang agak lebih kental melihat 1 unit udah nyentuk kilometer 50rb
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

zzzprince wrote:
Turboman wrote:Sharing Report test lab TMO Diesel 5W30 - ACEA A5/B5

Keadaan oli = kondisi baru (Virgin Oil Analysis)

Oli dibeli di BeRes T

Result =
TBN = 7,90 mg KOH
Calcium = 1698 ppm

Personal Note =
Utk status Oli mesin Diesel yang digunakan di Indonesia dgn kondisi BBM di Indonesia, kalau saya pribadi pake oli ini hanya berani sampai 7500 km saja atau max 8 - 9 bulan (mentok2 ya 8000 km lah)

TBN di bawah 8 mg KOH dan kadar Calcium di bawah 2000 ppm akan kurang efektif menghadapi Biosolar & DexLite........terutama karena sulphur yang masih agak tinggi dan kadar BioDiesel yang tinggi (BioDiesel dapat menggerus TBN lebih cepat)

Kalo utk digunakan di mesin bensin ya oke saja, bisa sanpai 9000 - 10.000 km.

Utk kandungan antiwear bagus, ada Zn / Boron dan sedikit Moly (total ampir 900 ppm).

* Just Personal note *
20181117-222602-1.jpg
IMG_20181117_231639.jpg
Kemasan galon kena berapa om turbo? Rencana calya ogut mau pakein oli yang agak lebih kental melihat 1 unit udah nyentuk kilometer 50rb
selama ini Cayla pake 0W20 ?

kalo penguapan minim ya lanjut aja 0W20

zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by zzzprince »

Turboman wrote:
zzzprince wrote:
Turboman wrote:Sharing Report test lab TMO Diesel 5W30 - ACEA A5/B5

Keadaan oli = kondisi baru (Virgin Oil Analysis)

Oli dibeli di BeRes T

Result =
TBN = 7,90 mg KOH
Calcium = 1698 ppm

Personal Note =
Utk status Oli mesin Diesel yang digunakan di Indonesia dgn kondisi BBM di Indonesia, kalau saya pribadi pake oli ini hanya berani sampai 7500 km saja atau max 8 - 9 bulan (mentok2 ya 8000 km lah)

TBN di bawah 8 mg KOH dan kadar Calcium di bawah 2000 ppm akan kurang efektif menghadapi Biosolar & DexLite........terutama karena sulphur yang masih agak tinggi dan kadar BioDiesel yang tinggi (BioDiesel dapat menggerus TBN lebih cepat)

Kalo utk digunakan di mesin bensin ya oke saja, bisa sanpai 9000 - 10.000 km.

Utk kandungan antiwear bagus, ada Zn / Boron dan sedikit Moly (total ampir 900 ppm).

* Just Personal note *
20181117-222602-1.jpg
IMG_20181117_231639.jpg
Kemasan galon kena berapa om turbo? Rencana calya ogut mau pakein oli yang agak lebih kental melihat 1 unit udah nyentuk kilometer 50rb
selama ini Cayla pake 0W20 ?

kalo penguapan minim ya lanjut aja 0W20
So far penguapan minim banget om, cek dipstik, posisi oli gak pernah berubah semenjak dituang
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by arfs »

Label baru di botol PTT:
Image
Image
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.