Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GpN
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu Apr 20, 2017 10:32
Location: Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by GpN »

shell helix astra 5w-30 apa sama dgn shel hx 8 5w-30 om turbo?
Cocok dipake berapa lama om?
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by rudyzanetti »

exflowly wrote: Wed Oct 03, 2018 4:10
Berarti dia masang di rumah filternya ya? Boleh difotoin atau info beli di mana?
Untuk mesin tuir saya baca forum-forum kudu ngetap baut pegangan selang oli (bautnya hollow alias kosong dalemnya, jadi kudu di drill/tap yang bagus aja terus pasang), tapi sampai sekarang belum berani ngerjain.
[/quote]

Nama kerennya oil filter sandwich om.
Dl saya beli di china via lazada. Soalnya dl di tokped/bkalapak beda harganya hampir separuh.
Tp terakhir searching2 di tokped uda ada yg jual murah.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

GpN wrote:shell helix astra 5w-30 apa sama dgn shel hx 8 5w-30 om turbo?
Cocok dipake berapa lama om?
gak yakin sama persis

di negara lain ada HX7 - 5W30 juga
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by jdm86 »

HX7 sudah ada 5w-30 juga di sini.
Tadi siang liat di 1 station
angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 4:07 Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.

Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
Untuk SGO 0w-20 masih API SM, sedangkan ertiga ini walalupun mesinnya baru (K15B) tetapi masih teknologi shim / flat tappet.
Bisa di search mungkin kaitan antara flat tappet dengan API SM.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

jdm86 wrote: Wed Oct 03, 2018 6:52 HX7 sudah ada 5w-30 juga di sini.
Tadi siang liat di 1 station
angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 4:07 Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.

Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
Untuk SGO 0w-20 masih API SM, sedangkan ertiga ini walalupun mesinnya baru (K15B) tetapi masih teknologi shim / flat tappet.
Bisa di search mungkin kaitan antara flat tappet dengan API SM.
Nah mungkin problem nya ini om msh api SM
ARIDWI2411
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Nov 21, 2017 10:30
Location: Kediri
Daily Vehicle: Suzuki_Splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by ARIDWI2411 »

W42d wrote: Tue Oct 02, 2018 2:45 Pagi om semua, mau minta masukan ni. Avanza ane th 2010 KM 80rb-an, terakhir ganti oli dec 17 pake kendall full syn 5w30. Rencana mau ganti lagi di des 18 dgn KM yg cuma nambah 5rb-6rb. Masalahnya sekarang rada susah ya nyari kendall n harganya uda ga promo lagi. Masih ada sisa 1L pula bekas kmrn ganti oli. Enaknya ganti oli apa ya om? Mau nya yg bisa dipake 1 th, KM ga sampe 10rb, BBM pertalite. Thank you om semua.
bener om Kendall susah sekarang stock pada kosong di sby, sekarang beralih ke STP full syn yg 5w30 harga mirip2 Kendall
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by dimasapri »

Mumpung lagi ngomongin oli Shell, ada yg tau gak dari sekian banyak line produk oli Shell yg mana yg sudah menggunakan base stock VHVI dari kilang GTL nya Shell?
Seingat saya ada yg pernah komen, selain di Qatar, Shell juga bikin kilang GTL di Malaysia
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by snoepje »

dimasapri wrote: Wed Oct 03, 2018 7:28 Mumpung lagi ngomongin oli Shell, ada yg tau gak dari sekian banyak line produk oli Shell yg mana yg sudah menggunakan base stock VHVI dari kilang GTL nya Shell?
Seingat saya ada yg pernah komen, selain di Qatar, Shell juga bikin kilang GTL di Malaysia
Shell Ultra om,

yang di botolnya ada tulisan Shell PurePlus Technology.
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by dimasapri »

snoepje wrote: Wed Oct 03, 2018 7:41
dimasapri wrote: Wed Oct 03, 2018 7:28 Mumpung lagi ngomongin oli Shell, ada yg tau gak dari sekian banyak line produk oli Shell yg mana yg sudah menggunakan base stock VHVI dari kilang GTL nya Shell?
Seingat saya ada yg pernah komen, selain di Qatar, Shell juga bikin kilang GTL di Malaysia
Shell Ultra om,

yang di botolnya ada tulisan Shell PurePlus Technology.
Ooowww....Shell Ultra ya.
Emang kerasa bgt bedanya ya jika dibandingkan brand lain dgn kelas harga yg sama?
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by dimasapri »

jdm86 wrote: Wed Oct 03, 2018 6:52 HX7 sudah ada 5w-30 juga di sini.
Tadi siang liat di 1 station
angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 4:07 Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.

Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
Untuk SGO 0w-20 masih API SM, sedangkan ertiga ini walalupun mesinnya baru (K15B) tetapi masih teknologi shim / flat tappet.
Bisa di search mungkin kaitan antara flat tappet dengan API SM.
Kalau gak salah, semua mobil2 buatan Toyota - Daihatsu - Suzuki yg dijual di sini walaupun keluaran terbaru tetap masih menggunakan flat tappet deh.
Malah banyak yg tidak gunakan HLA.
Honda yg masih menggunakan roller tappet.
CMIIW.

Nyatanya aman2 saja pakai oli SM.
Kelihatannya dilakukan penyesuaian pada profile cam lobe.
Dan untuk mitigasinya, material flat tappet bucketnya dibuat lebih lunak daripada material cam lobe.
Sehingga kalaupun terjadi keausan, cukup mengganti flat tappet bucketnya dengan biaya yg sangat minim.

Flat tappet masih jadi favorit karena selain biaya produksi lebih murah, juga punya keunggulan yg lebih baik timing precisionnya, terutama di high rpm
Last edited by dimasapri on Wed Oct 03, 2018 8:59, edited 1 time in total.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by sintoni »

jdm86 wrote: Wed Oct 03, 2018 6:52 HX7 sudah ada 5w-30 juga di sini.
Tadi siang liat di 1 station
angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 4:07 Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.

Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
Untuk SGO 0w-20 masih API SM, sedangkan ertiga ini walalupun mesinnya baru (K15B) tetapi masih teknologi shim / flat tappet.
Bisa di search mungkin kaitan antara flat tappet dengan API SM.
Flat tappet harusnya cocok pake SN atau SL om, pernah ane baca di trit mana gitu, kalo flat tappet malah ga cocok pake SM.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by marmut »

dimasapri wrote: Wed Oct 03, 2018 8:26

-

Honda yg masih menggunakan roller tappet.
CMIIW.

Nyatanya aman2 saja pakai oli SM.

-
semua tappet solid, tidak ada yang roller. yang pakai roller biasanya rocker arm dan hydraulic lifter.
untuk penggunaan API SM di flat tappet, efeknya tidak dalam jangka pendek. jadi, mau pakai API apapun silahkan apalagi penggunaan mobil hanya 1-3 tahun, mau pakai oli acdc pun sesuka hati.
sama halnya setiap hari sarapan pagi dan ngemil sorenya gorengan yang 2000 perak dapet 3, bukan berarti minggu depan anda mati kan?
User avatar
angelspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Jul 16, 2015 4:23
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: Honda HRV E CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by angelspeed »

Turboman wrote: Wed Oct 03, 2018 5:07
angelspeed wrote:Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.

Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
ya lebih bagus HX8 - 0W20 drpd SGO

Ndut2 an = pake bensin apa ?
Pake pertamax om turbo dari awal beli mobil. Apa ada yang salah ya om? Atau perasaan saya saja?
User avatar
angelspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Jul 16, 2015 4:23
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: Honda HRV E CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by angelspeed »

jdm86 wrote: Wed Oct 03, 2018 6:52 HX7 sudah ada 5w-30 juga di sini.
Tadi siang liat di 1 station
angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 4:07 Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.

Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
Untuk SGO 0w-20 masih API SM, sedangkan ertiga ini walalupun mesinnya baru (K15B) tetapi masih teknologi shim / flat tappet.
Bisa di search mungkin kaitan antara flat tappet dengan API SM.
Sorry om saya kurang ngerti flat tappet/ API SM. Tapi untuk all new ertiga matic saya apa mending ganti oli lagi ke SGO sesuai beres? Sebenernya sayang karna baru ganti hx8 0w20, tapi kalo memang bukan peruntukannya mau ga mau saya ke beres gantiin olinya lagi. Mohon infonya ya, makasi.
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by jdm86 »

angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 9:55
Sorry om saya kurang ngerti flat tappet/ API SM. Tapi untuk all new ertiga matic saya apa mending ganti oli lagi ke SGO sesuai beres? Sebenernya sayang karna baru ganti hx8 0w20, tapi kalo memang bukan peruntukannya mau ga mau saya ke beres gantiin olinya lagi. Mohon infonya ya, makasi.
Singkat kata di API Service SM ada pengurangan kadar antiwear yang berfungsi melindungi shim / tappet untuk menggerakan valvetrain.
Nah karena itulah API Service SM ga dianjurkan untuk mesin flat tappet seperti pada ertiga. Mending langsung ke SN , seperti hx8 0w-20 yang om pake.

Masalah ndut2an coba afr / timing di adjust karena om pake pertamax turbo.
Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Satya21 »

Turboman wrote: Wed Oct 03, 2018 6:46
GpN wrote:shell helix astra 5w-30 apa sama dgn shel hx 8 5w-30 om turbo?
Cocok dipake berapa lama om?
gak yakin sama persis

di negara lain ada HX7 - 5W30 juga
Di spbu shell ada jual hx7 5w30 om, botolnya warna biru spt hx7 10w40.
Tp spt nya semi syn krn gak ada tulisan full syn spt hx8 5w30.
Harganya gak sampai 130ribu per liternya.
User avatar
angelspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Jul 16, 2015 4:23
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: Honda HRV E CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by angelspeed »

jdm86 wrote: Wed Oct 03, 2018 10:35
angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 9:55
Sorry om saya kurang ngerti flat tappet/ API SM. Tapi untuk all new ertiga matic saya apa mending ganti oli lagi ke SGO sesuai beres? Sebenernya sayang karna baru ganti hx8 0w20, tapi kalo memang bukan peruntukannya mau ga mau saya ke beres gantiin olinya lagi. Mohon infonya ya, makasi.
Singkat kata di API Service SM ada pengurangan kadar antiwear yang berfungsi melindungi shim / tappet untuk menggerakan valvetrain.
Nah karena itulah API Service SM ga dianjurkan untuk mesin flat tappet seperti pada ertiga. Mending langsung ke SN , seperti hx8 0w-20 yang om pake.

Masalah ndut2an coba afr / timing di adjust karena om pake pertamax turbo.
Oh iya om tadi saya google hx8 ada kode SN nya. Berarti ga perlu ke beres ya om karna saya uda bener ya harusnya SN.
*koreksi om saya pake pertamax biasa (saya tadi itu ketik pake "pertamax" ke om turboman, bukan pertamax turbo) hehe.
Makasi ya infonya om.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 13:01
jdm86 wrote: Wed Oct 03, 2018 10:35
angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 9:55
Sorry om saya kurang ngerti flat tappet/ API SM. Tapi untuk all new ertiga matic saya apa mending ganti oli lagi ke SGO sesuai beres? Sebenernya sayang karna baru ganti hx8 0w20, tapi kalo memang bukan peruntukannya mau ga mau saya ke beres gantiin olinya lagi. Mohon infonya ya, makasi.
Singkat kata di API Service SM ada pengurangan kadar antiwear yang berfungsi melindungi shim / tappet untuk menggerakan valvetrain.
Nah karena itulah API Service SM ga dianjurkan untuk mesin flat tappet seperti pada ertiga. Mending langsung ke SN , seperti hx8 0w-20 yang om pake.

Masalah ndut2an coba afr / timing di adjust karena om pake pertamax turbo.
Oh iya om tadi saya google hx8 ada kode SN nya. Berarti ga perlu ke beres ya om karna saya uda bener ya harusnya SN.
*koreksi om saya pake pertamax biasa (saya tadi itu ketik pake "pertamax" ke om turboman, bukan pertamax turbo) hehe.
Makasi ya infonya om.
Satu lagi om jangan lupa, ertiga baru 4speed auto mestinya tipe tranny nya msh sama kaya yg lama. Atf ertiga comply nya ke AW-1, nanti kl udah kelipatan km 20rb (ganti di carter) ato flush di kelipatan 40rb biasanya ditawarin suzuki pake oli atf nya yg 3317. Harus kekeuh pake aw-1 krn di manual book ketulis disitu (kl di suzuki atf botol putih gambar dashboard ertiga).

Punya saya wkt ganti yg di carter (servis 40rb, 2th lalu) krn ga ngerti apa2 soal atf wkt itu dimasukin sama mereka pake atf 3317. Sejak hari itu sampe sekarang jadi kasar banget matic nya (sering dengung kalo digeber/di kec tinggi).

Sekarang saya rencana akhir th mau flush sama ganti filter atf, tapi oli atf nya pake q8 uni jk (sy diinfoin kl q8 atf ini udah fullsyn atf nya, yg SGO aw-1 atf belum fullsyn)
User avatar
angelspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Jul 16, 2015 4:23
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: Honda HRV E CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by angelspeed »

erwinign wrote: Wed Oct 03, 2018 13:13
angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 13:01
jdm86 wrote: Wed Oct 03, 2018 10:35

Singkat kata di API Service SM ada pengurangan kadar antiwear yang berfungsi melindungi shim / tappet untuk menggerakan valvetrain.
Nah karena itulah API Service SM ga dianjurkan untuk mesin flat tappet seperti pada ertiga. Mending langsung ke SN , seperti hx8 0w-20 yang om pake.

Masalah ndut2an coba afr / timing di adjust karena om pake pertamax turbo.
Oh iya om tadi saya google hx8 ada kode SN nya. Berarti ga perlu ke beres ya om karna saya uda bener ya harusnya SN.
*koreksi om saya pake pertamax biasa (saya tadi itu ketik pake "pertamax" ke om turboman, bukan pertamax turbo) hehe.
Makasi ya infonya om.
Satu lagi om jangan lupa, ertiga baru 4speed auto mestinya tipe tranny nya msh sama kaya yg lama. Atf ertiga comply nya ke AW-1, nanti kl udah kelipatan km 20rb (ganti di carter) ato flush di kelipatan 40rb biasanya ditawarin suzuki pake oli atf nya yg 3317. Harus kekeuh pake aw-1 krn di manual book ketulis disitu (kl di suzuki atf botol putih gambar dashboard ertiga).

Punya saya wkt ganti yg di carter (servis 40rb, 2th lalu) krn ga ngerti apa2 soal atf wkt itu dimasukin sama mereka pake atf 3317. Sejak hari itu sampe sekarang jadi kasar banget matic nya (sering dengung kalo digeber/di kec tinggi).

Sekarang saya rencana akhir th mau flush sama ganti filter atf, tapi oli atf nya pake q8 uni jk (sy diinfoin kl q8 atf ini udah fullsyn atf nya, yg SGO aw-1 atf belum fullsyn)
Siap om makasi banyak infonya, saya catet biar ga lupa nanti pas ganti atfnya. 20 ribu km ganti oli atf, kalo 40 rb kuras atf ya.
Saya baca dibuku manualnya kalau sampe ganti oli diluar SGO dan ketauan beres bisa hangus garansi. Gimana ya? Sekarang saya km 1000 uda ganti hx8 masa nanti diberes ganti lagi pas 5000 km (kalo ikutin garansi beres) ? Apalagi hx8 0w20 bisa 7000 km ya?

Saya kepikiran garansi soalnya ertiga lama saya dulu sempet claim garansi (ganti modul abs, axle beam, dll), lumayan banget kebantu garansi. Kalo sampe ga ada garansi kan repot juga pikir saya. Mudah2an ertiga baru ga ada masalah aneh2 :mky_01:
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by snoepje »

dimasapri wrote: Wed Oct 03, 2018 8:19
snoepje wrote: Wed Oct 03, 2018 7:41
dimasapri wrote: Wed Oct 03, 2018 7:28 Mumpung lagi ngomongin oli Shell, ada yg tau gak dari sekian banyak line produk oli Shell yg mana yg sudah menggunakan base stock VHVI dari kilang GTL nya Shell?
Seingat saya ada yg pernah komen, selain di Qatar, Shell juga bikin kilang GTL di Malaysia
Shell Ultra om,

yang di botolnya ada tulisan Shell PurePlus Technology.
Ooowww....Shell Ultra ya.
Emang kerasa bgt bedanya ya jika dibandingkan brand lain dgn kelas harga yg sama?
Nggak kerasa bedanya om.

Saya pernah pake Shell Ultra ini 2x di 2KD.

Rasanya sama seperti Motul CRDi , dari kehalusan, tarikan, dan sama-sama mulai kasar di km 8000.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

angelspeed wrote:
erwinign wrote: Wed Oct 03, 2018 13:13
angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 13:01 Oh iya om tadi saya google hx8 ada kode SN nya. Berarti ga perlu ke beres ya om karna saya uda bener ya harusnya SN.
*koreksi om saya pake pertamax biasa (saya tadi itu ketik pake "pertamax" ke om turboman, bukan pertamax turbo) hehe.
Makasi ya infonya om.
Satu lagi om jangan lupa, ertiga baru 4speed auto mestinya tipe tranny nya msh sama kaya yg lama. Atf ertiga comply nya ke AW-1, nanti kl udah kelipatan km 20rb (ganti di carter) ato flush di kelipatan 40rb biasanya ditawarin suzuki pake oli atf nya yg 3317. Harus kekeuh pake aw-1 krn di manual book ketulis disitu (kl di suzuki atf botol putih gambar dashboard ertiga).

Punya saya wkt ganti yg di carter (servis 40rb, 2th lalu) krn ga ngerti apa2 soal atf wkt itu dimasukin sama mereka pake atf 3317. Sejak hari itu sampe sekarang jadi kasar banget matic nya (sering dengung kalo digeber/di kec tinggi).

Sekarang saya rencana akhir th mau flush sama ganti filter atf, tapi oli atf nya pake q8 uni jk (sy diinfoin kl q8 atf ini udah fullsyn atf nya, yg SGO aw-1 atf belum fullsyn)
Siap om makasi banyak infonya, saya catet biar ga lupa nanti pas ganti atfnya. 20 ribu km ganti oli atf, kalo 40 rb kuras atf ya.
Saya baca dibuku manualnya kalau sampe ganti oli diluar SGO dan ketauan beres bisa hangus garansi. Gimana ya? Sekarang saya km 1000 uda ganti hx8 masa nanti diberes ganti lagi pas 5000 km (kalo ikutin garansi beres) ? Apalagi hx8 0w20 bisa 7000 km ya?

Saya kepikiran garansi soalnya ertiga lama saya dulu sempet claim garansi (ganti modul abs, axle beam, dll), lumayan banget kebantu garansi. Kalo sampe ga ada garansi kan repot juga pikir saya. Mudah2an ertiga baru ga ada masalah aneh2 :mky_01:
Di buku manual Dia interval 5000 atau 10.000 km ?

Kalo interval 5000 km pakai aja oli yg biasa2

Kalo interval 10 rb baru deh masukkin yg Full Synth kelas premium
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 14:12
erwinign wrote: Wed Oct 03, 2018 13:13
angelspeed wrote: Wed Oct 03, 2018 13:01

Oh iya om tadi saya google hx8 ada kode SN nya. Berarti ga perlu ke beres ya om karna saya uda bener ya harusnya SN.
*koreksi om saya pake pertamax biasa (saya tadi itu ketik pake "pertamax" ke om turboman, bukan pertamax turbo) hehe.
Makasi ya infonya om.
Satu lagi om jangan lupa, ertiga baru 4speed auto mestinya tipe tranny nya msh sama kaya yg lama. Atf ertiga comply nya ke AW-1, nanti kl udah kelipatan km 20rb (ganti di carter) ato flush di kelipatan 40rb biasanya ditawarin suzuki pake oli atf nya yg 3317. Harus kekeuh pake aw-1 krn di manual book ketulis disitu (kl di suzuki atf botol putih gambar dashboard ertiga).

Punya saya wkt ganti yg di carter (servis 40rb, 2th lalu) krn ga ngerti apa2 soal atf wkt itu dimasukin sama mereka pake atf 3317. Sejak hari itu sampe sekarang jadi kasar banget matic nya (sering dengung kalo digeber/di kec tinggi).

Sekarang saya rencana akhir th mau flush sama ganti filter atf, tapi oli atf nya pake q8 uni jk (sy diinfoin kl q8 atf ini udah fullsyn atf nya, yg SGO aw-1 atf belum fullsyn)
Siap om makasi banyak infonya, saya catet biar ga lupa nanti pas ganti atfnya. 20 ribu km ganti oli atf, kalo 40 rb kuras atf ya.
Saya baca dibuku manualnya kalau sampe ganti oli diluar SGO dan ketauan beres bisa hangus garansi. Gimana ya? Sekarang saya km 1000 uda ganti hx8 masa nanti diberes ganti lagi pas 5000 km (kalo ikutin garansi beres) ? Apalagi hx8 0w20 bisa 7000 km ya?

Saya kepikiran garansi soalnya ertiga lama saya dulu sempet claim garansi (ganti modul abs, axle beam, dll), lumayan banget kebantu garansi. Kalo sampe ga ada garansi kan repot juga pikir saya. Mudah2an ertiga baru ga ada masalah aneh2 :mky_01:
Kl interval yg sy bilang itu rata2 bengkel suzuki kaya gitu om, tp ada bbrp yang std nya di 100rb (ngeyel aja sama mereka kalo std interval bengkel bali gitu, kasian tranny nya). Yg penting tipe atf nya sih om yg saya wanti2. Kl soal oli, setau sy selama garansi hrs pake sgo om (itu di dealer semarang sama bandung, tau lah tujuan nya ke mana kalo ky gitu). Sapa tau yg beres suzuki bali bs bawa oli ndiri lbh baik om, saya slh satu yg cukup kecewa sama oli oem atpm salah satunya sgo ini
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Turboman wrote: Wed Oct 03, 2018 15:14
angelspeed wrote:
erwinign wrote: Wed Oct 03, 2018 13:13

Satu lagi om jangan lupa, ertiga baru 4speed auto mestinya tipe tranny nya msh sama kaya yg lama. Atf ertiga comply nya ke AW-1, nanti kl udah kelipatan km 20rb (ganti di carter) ato flush di kelipatan 40rb biasanya ditawarin suzuki pake oli atf nya yg 3317. Harus kekeuh pake aw-1 krn di manual book ketulis disitu (kl di suzuki atf botol putih gambar dashboard ertiga).

Punya saya wkt ganti yg di carter (servis 40rb, 2th lalu) krn ga ngerti apa2 soal atf wkt itu dimasukin sama mereka pake atf 3317. Sejak hari itu sampe sekarang jadi kasar banget matic nya (sering dengung kalo digeber/di kec tinggi).

Sekarang saya rencana akhir th mau flush sama ganti filter atf, tapi oli atf nya pake q8 uni jk (sy diinfoin kl q8 atf ini udah fullsyn atf nya, yg SGO aw-1 atf belum fullsyn)
Siap om makasi banyak infonya, saya catet biar ga lupa nanti pas ganti atfnya. 20 ribu km ganti oli atf, kalo 40 rb kuras atf ya.
Saya baca dibuku manualnya kalau sampe ganti oli diluar SGO dan ketauan beres bisa hangus garansi. Gimana ya? Sekarang saya km 1000 uda ganti hx8 masa nanti diberes ganti lagi pas 5000 km (kalo ikutin garansi beres) ? Apalagi hx8 0w20 bisa 7000 km ya?

Saya kepikiran garansi soalnya ertiga lama saya dulu sempet claim garansi (ganti modul abs, axle beam, dll), lumayan banget kebantu garansi. Kalo sampe ga ada garansi kan repot juga pikir saya. Mudah2an ertiga baru ga ada masalah aneh2 :mky_01:
Di buku manual Dia interval 5000 atau 10.000 km ?

Kalo interval 5000 km pakai aja oli yg biasa2

Kalo interval 10 rb baru deh masukkin yg Full Synth kelas premium
Di buku manual seinget saya 10rb km om, makanya dl saya hajar pake sgo sampe segitu. Trs th lalu mobil mulai jarang sy pake, br jalan 5000km kondisi oli di dipstick udah jelek banget akhirnya ganti kendall (udah ndak garansi lg wkt itu)
bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by bismo16 »

Maaf oom moderator, sedikit OOT..
pengen nanya tentang oli tranny manual.
Kalo standard nya adalah API GL4 apakah boleh diganti dengan API GL5?
soalnya viskositas incaran (75W90) adanya yang GL5, sedangkan yang GL4 adanya 80W90.
Makasih sebelumnya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

bismo16 wrote:Maaf oom moderator, sedikit OOT..
pengen nanya tentang oli tranny manual.
Kalo standard nya adalah API GL4 apakah boleh diganti dengan API GL5?
soalnya viskositas incaran (75W90) adanya yang GL5, sedangkan yang GL4 adanya 80W90.
Makasih sebelumnya
diliat di manual book-nya aja

jika diijinkan GL-5 ya monggo

Mau cari 75W90 GL-4 ? Beli aja Wuling MTF di BeRes Wuling - bag spare parts