Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by bismo16 »

Turboman wrote:
bismo16 wrote:Maaf oom moderator, sedikit OOT..
pengen nanya tentang oli tranny manual.
Kalo standard nya adalah API GL4 apakah boleh diganti dengan API GL5?
soalnya viskositas incaran (75W90) adanya yang GL5, sedangkan yang GL4 adanya 80W90.
Makasih sebelumnya
diliat di manual book-nya aja

jika diijinkan GL-5 ya monggo

Mau cari 75W90 GL-4 ? Beli aja Wuling MTF di BeRes Wuling - bag spare parts
Matur nuwun infonya oom @Turboman.
Di buku manual nya hanya menyebutkan API GL4 saja, nggak ada yang lain..
Next ganti oli tranny saya cari oli dari Wuling yang 75W90 saja..
GpN
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu Apr 20, 2017 10:32
Location: Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by GpN »

Turboman wrote: Wed Oct 03, 2018 6:46 gak yakin sama persis

di negara lain ada HX7 - 5W30 juga
Beda berarti ya om kalo diganti per 12 bulan aman tdk om?
Mobil jarang digunakan paling seminggu sekali hehe..
Sama kalo oli gardan dan transmisi yg bagus apa ya om unt avanza dan kekentalan berapa?
Sama interval pergantian yg baik kalo mobil jarang digunakan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

GpN wrote:
Turboman wrote: Wed Oct 03, 2018 6:46 gak yakin sama persis

di negara lain ada HX7 - 5W30 juga
Beda berarti ya om kalo diganti per 12 bulan aman tdk om?
Mobil jarang digunakan paling seminggu sekali hehe..
Sama kalo oli gardan dan transmisi yg bagus apa ya om unt avanza dan kekentalan berapa?
Sama interval pergantian yg baik kalo mobil jarang digunakan
Bisa lah

Transmisi manual ? pakai aja Wuling MTF 75W90 - beli di BeRes W - bag parts

Oli gardan pake aja Eneos 75W90 GL-5
paulsiagian
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Oct 02, 2018 9:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by paulsiagian »

Turboman wrote: Wed Oct 03, 2018 23:19
GpN wrote:
Turboman wrote: Wed Oct 03, 2018 6:46 gak yakin sama persis

di negara lain ada HX7 - 5W30 juga
Beda berarti ya om kalo diganti per 12 bulan aman tdk om?
Mobil jarang digunakan paling seminggu sekali hehe..
Sama kalo oli gardan dan transmisi yg bagus apa ya om unt avanza dan kekentalan berapa?
Sama interval pergantian yg baik kalo mobil jarang digunakan
Bisa lah

Transmisi manual ? pakai aja Wuling MTF 75W90 - beli di BeRes W - bag parts

Oli gardan pake aja Eneos 75W90 GL-5
Selamat sore om turbo dan semuanya... Salam kenal... Nama saya Paul... Ada yg mau saya tanya... Apakah ada cara orang awam tau mesin mereka pakai flat tapped atau roller tapped tanpa harus bongkar mesin? Saya pengguna Honda dengan mesin L15Z. Termasuk jenis mesin yang flat tapped kah?

Terima kasih atas infonya om..


:thanks:
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by dimasapri »

snoepje wrote: Wed Oct 03, 2018 14:37
dimasapri wrote: Wed Oct 03, 2018 8:19
snoepje wrote: Wed Oct 03, 2018 7:41

Shell Ultra om,

yang di botolnya ada tulisan Shell PurePlus Technology.
Ooowww....Shell Ultra ya.
Emang kerasa bgt bedanya ya jika dibandingkan brand lain dgn kelas harga yg sama?
Nggak kerasa bedanya om.

Saya pernah pake Shell Ultra ini 2x di 2KD.

Rasanya sama seperti Motul CRDi , dari kehalusan, tarikan, dan sama-sama mulai kasar di km 8000.
Apa Motul CRDi juga pakai GTL? Atau jgn2 PAO? :)
User avatar
angelspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Jul 16, 2015 4:23
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: Honda HRV E CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by angelspeed »

erwinign wrote: Wed Oct 03, 2018 15:18
Turboman wrote: Wed Oct 03, 2018 15:14
angelspeed wrote:
Siap om makasi banyak infonya, saya catet biar ga lupa nanti pas ganti atfnya. 20 ribu km ganti oli atf, kalo 40 rb kuras atf ya.
Saya baca dibuku manualnya kalau sampe ganti oli diluar SGO dan ketauan beres bisa hangus garansi. Gimana ya? Sekarang saya km 1000 uda ganti hx8 masa nanti diberes ganti lagi pas 5000 km (kalo ikutin garansi beres) ? Apalagi hx8 0w20 bisa 7000 km ya?

Saya kepikiran garansi soalnya ertiga lama saya dulu sempet claim garansi (ganti modul abs, axle beam, dll), lumayan banget kebantu garansi. Kalo sampe ga ada garansi kan repot juga pikir saya. Mudah2an ertiga baru ga ada masalah aneh2 :mky_01:
Di buku manual Dia interval 5000 atau 10.000 km ?

Kalo interval 5000 km pakai aja oli yg biasa2

Kalo interval 10 rb baru deh masukkin yg Full Synth kelas premium
Di buku manual seinget saya 10rb km om, makanya dl saya hajar pake sgo sampe segitu. Trs th lalu mobil mulai jarang sy pake, br jalan 5000km kondisi oli di dipstick udah jelek banget akhirnya ganti kendall (udah ndak garansi lg wkt itu)
Kayanya nanti saya ganti aja deh sgo ikutin dealer drpd ntr kenapa2. Kalo abis garansi baru saya ganti oli sendiri rencananya.

Pengalaman ertiga old soalnya bikin deg2an. Tp atf ntr saya pastiin 20 rb ganti sama 40 rb flush pake aw1. Btw thanks ya om sarannya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

paulsiagian wrote:
Turboman wrote: Wed Oct 03, 2018 23:19
GpN wrote: Beda berarti ya om kalo diganti per 12 bulan aman tdk om?
Mobil jarang digunakan paling seminggu sekali hehe..
Sama kalo oli gardan dan transmisi yg bagus apa ya om unt avanza dan kekentalan berapa?
Sama interval pergantian yg baik kalo mobil jarang digunakan
Bisa lah

Transmisi manual ? pakai aja Wuling MTF 75W90 - beli di BeRes W - bag parts

Oli gardan pake aja Eneos 75W90 GL-5
Selamat sore om turbo dan semuanya... Salam kenal... Nama saya Paul... Ada yg mau saya tanya... Apakah ada cara orang awam tau mesin mereka pakai flat tapped atau roller tapped tanpa harus bongkar mesin? Saya pengguna Honda dengan mesin L15Z. Termasuk jenis mesin yang flat tapped kah?

Terima kasih atas infonya om..


:thanks:
Mesin2 mobil Honda sejak 2006 - onwards rata2 udah rolller rocker
paulsiagian
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Oct 02, 2018 9:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by paulsiagian »

Turboman wrote: Thu Oct 04, 2018 16:46
paulsiagian wrote:
Selamat sore om turbo dan semuanya... Salam kenal... Nama saya Paul... Ada yg mau saya tanya... Apakah ada cara orang awam tau mesin mereka pakai flat tapped atau roller tapped tanpa harus bongkar mesin? Saya pengguna Honda dengan mesin L15Z. Termasuk jenis mesin yang flat tapped kah?

Terima kasih atas infonya om..


:thanks:
Mesin2 mobil Honda sejak 2006 - onwards rata2 udah rolller rocker
Thx om Turbo buat infonya... Btw, om² dsini ada yg punya PDS dan MSDS nya oli HAO ga yah? Klo ada, bisa di share kah?

Terima kasih semua...

:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
User avatar
vvti16valve
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Tue Jan 28, 2014 5:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by vvti16valve »

om turboman, mohon saran pilihan mengkerucut antara kendall gt-max full synthetic 5w30 vs shell helix ultra 5w30 harga beti saat ini di blibli.. mesin G4FA flat tapped dohc pemakaian tiap hari 60km++ jalan macet merayap 70% dan weekand gas poll keluar kota sering..
mau ganti saat ini sudah jalan hampir 7000km dan minim penguapan pakai kendall gt-1 synt blend waktu itu.. thanks om atas advice nya..
:big_think:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by evanbngdor »

vvti16valve wrote: Thu Oct 04, 2018 23:40 om turboman, mohon saran pilihan mengkerucut antara kendall gt-max full synthetic 5w30 vs shell helix ultra 5w30 harga beti saat ini di blibli.. mesin G4FA flat tapped dohc pemakaian tiap hari 60km++ jalan macet merayap 70% dan weekand gas poll keluar kota sering..
mau ganti saat ini sudah jalan hampir 7000km dan minim penguapan pakai kendall gt-1 synt blend waktu itu.. thanks om atas advice nya..
Kalo mau pake kendall tunggu ada promo lg di blibli aja om. lumayan diskonnya
:mky_08: :mky_08:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

paulsiagian wrote:
Turboman wrote: Thu Oct 04, 2018 16:46
paulsiagian wrote:
Selamat sore om turbo dan semuanya... Salam kenal... Nama saya Paul... Ada yg mau saya tanya... Apakah ada cara orang awam tau mesin mereka pakai flat tapped atau roller tapped tanpa harus bongkar mesin? Saya pengguna Honda dengan mesin L15Z. Termasuk jenis mesin yang flat tapped kah?

Terima kasih atas infonya om..


:thanks:
Mesin2 mobil Honda sejak 2006 - onwards rata2 udah rolller rocker
Thx om Turbo buat infonya... Btw, om² dsini ada yg punya PDS dan MSDS nya oli HAO ga yah? Klo ada, bisa di share kah?

Terima kasih semua...

:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
oli OEM mah rata2 spec detailnya jarang di publish / dirahasiakan

Kalo mau tahu detailnya better beli aja 1 L di BeRes nya dan bawa ke Lab spt SOS Trak......test sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

vvti16valve wrote:om turboman, mohon saran pilihan mengkerucut antara kendall gt-max full synthetic 5w30 vs shell helix ultra 5w30 harga beti saat ini di blibli.. mesin G4FA flat tapped dohc pemakaian tiap hari 60km++ jalan macet merayap 70% dan weekand gas poll keluar kota sering..
mau ganti saat ini sudah jalan hampir 7000km dan minim penguapan pakai kendall gt-1 synt blend waktu itu.. thanks om atas advice nya..
bebas aja sih
User avatar
vvti16valve
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Tue Jan 28, 2014 5:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by vvti16valve »

evanbngdor wrote: Fri Oct 05, 2018 1:57
vvti16valve wrote: Thu Oct 04, 2018 23:40 om turboman, mohon saran pilihan mengkerucut antara kendall gt-max full synthetic 5w30 vs shell helix ultra 5w30 harga beti saat ini di blibli.. mesin G4FA flat tapped dohc pemakaian tiap hari 60km++ jalan macet merayap 70% dan weekand gas poll keluar kota sering..
mau ganti saat ini sudah jalan hampir 7000km dan minim penguapan pakai kendall gt-1 synt blend waktu itu.. thanks om atas advice nya..
Kalo mau pake kendall tunggu ada promo lg di blibli aja om. lumayan diskonnya
:mky_08: :mky_08:
waahh info menarik nih..
thanks om infonya.. better ke kendall juga sih apalagi ada kalo ada info mau promo itu..
:big_deal:
:big_think:
icraven
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Dec 02, 2012 4:13
Location: XV50 Cockpit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by icraven »

Selamat siang Suhu,

Saya lagi cari oli 0W-20 full synth buat pemakaian jangka panjang (12 bulan) karena odometer sudah pasti ga akan sampe 4.000 km dalam setahun. Kondisi lebih banyak di garasi.

Q8 Formula Ultra 0W-20 ketemu paling murah di harga 120rb/liter. Apakah harga segini oke?

Barangkali ada rekomendasi oli lain?

Terima kasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

icraven wrote:Selamat siang Suhu,

Saya lagi cari oli 0W-20 full synth buat pemakaian jangka panjang (12 bulan) karena odometer sudah pasti ga akan sampe 4.000 km dalam setahun. Kondisi lebih banyak di garasi.

Q8 Formula Ultra 0W-20 ketemu paling murah di harga 120rb/liter. Apakah harga segini oke?

Barangkali ada rekomendasi oli lain?

Terima kasih
aman lah itu
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Turboman wrote: Fri Oct 05, 2018 7:33
icraven wrote:Selamat siang Suhu,

Saya lagi cari oli 0W-20 full synth buat pemakaian jangka panjang (12 bulan) karena odometer sudah pasti ga akan sampe 4.000 km dalam setahun. Kondisi lebih banyak di garasi.

Q8 Formula Ultra 0W-20 ketemu paling murah di harga 120rb/liter. Apakah harga segini oke?

Barangkali ada rekomendasi oli lain?

Terima kasih
aman lah itu
Q8 long life dexron 5-30 aman buat flat tapped suzuki ndak om?
irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by irdna »

nanya dng, sbnernya apa efeknya ya kalau ganti oli nya ga sesuai standart km nya

maksudnya setiap 10 rb harus ganti oli
tp lewat 1000 km apa ya efek nya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

erwinign wrote:
Turboman wrote: Fri Oct 05, 2018 7:33
icraven wrote:Selamat siang Suhu,

Saya lagi cari oli 0W-20 full synth buat pemakaian jangka panjang (12 bulan) karena odometer sudah pasti ga akan sampe 4.000 km dalam setahun. Kondisi lebih banyak di garasi.

Q8 Formula Ultra 0W-20 ketemu paling murah di harga 120rb/liter. Apakah harga segini oke?

Barangkali ada rekomendasi oli lain?

Terima kasih
aman lah itu
Q8 long life dexron 5-30 aman buat flat tapped suzuki ndak om?
Saya belom pelajari lebih detail, tapi seharusnya Dexos std (1 or 2) memiliki daya perlindungan thd jeroan mesin yg lebih baik daripada std API SM

CMIIW
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

irdna wrote:nanya dng, sbnernya apa efeknya ya kalau ganti oli nya ga sesuai standart km nya

maksudnya setiap 10 rb harus ganti oli
tp lewat 1000 km apa ya efek nya?
Kalau olinya bagus aka VI tinggi dan TBN retention agent nya bagus, ga masalah, selama gak melewati 12 bulan
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by fernando_lim »

ferrariman wrote: Tue Oct 02, 2018 10:22 ane akhirnya berhasil mencoba oli 0w-20 kendall. tapi yang ane rasakan di gerobak lcgc ane, ternyata menjadi lebih boros. sebelomnya ane pake oli shell 5w-30 mendapatkan 1:13.5 - 14.5. Sekarang ane mendapatkan 1:12 - 12.6. ane baru pake oli kendall ini kurang lebih 1000km dan isi bensin full to full 3 kali. ane masih belom tau apakah karena ane menjadi agresif sejak menggunakan oli ini. ane akan update lagi setelah ane coba sampai kurang lebih setahun atau 9000km (mana yang tercapai duluan).
efek yang ane rasakan dengan oli encer ini ya tarikannya lebih enak sih dan ngelitiknya berkurang jauh sekali walaupun masih kadang-kadang masih terdengar.
Asik2 aja ertiga pakai kendall sejak umur km 10000
Awal2 1000 km pertama pakai sgo , kemudian 1000-5000 km tetep sgo biar tau ada malfunction engine apa ga , setelah 5000 ngecek rantai timing deket tutup oli mulai gejala kuning2 akhir di flush pakai kendall dxa 10w30 dari 5000-10000 km

Start 10000 km pakai kendall gt1 5w30 ( masih botol silver , sekarang gt1 max botol merah )
Umur odo 30000 start coba kendall 0w20 - sekarang km 36000 udah dipakai 6000an km

Utk atf ertiga sejak 15000 km mulai gejala bloon maticnya akhirnya flush di odo 20000 km
Ini yg saya cek juga gejala ban kiri matic ertiga suka getar2 jika diajak aksel dadakan dari pelan suka timbul getaran2 mengganggu diroda kiri spt jeda delay pindah gigi 1-2 ga pas ( mekanik beres ngecek ga pernah nemu sumber2 getarnya yg ada opini asbun disuruh balancing spooring pdhal sudah sejak baru saya balancing spooring )

Setelah ganti atf ke kendall versa trans gejala getarnya ilang tah kemana sama sekali ga pernah ngalamin lagi

Nanti di odo 40000 mau flush lagi utk cobain afw+
Jadi mau 3317 atau aw-1 yah egp lha istilah pabrikan
Intinya tetep aja dexron III
Yg penting kualitas atfnya bagus

Masalah garansi ?
Sori nih sebenarnya ga ada klausul menggugurkan grs mesin jika oli diluar genuine
Yg ada adalah oli yg tidak sesuai spesifikasi

Saya lebih pentingin kondisi mesin pasca grsnya ketimbang masa grs
Bagi saya sih jika mesin dari baru - 10000 km ga ada masalah berarti ga ada cacat pabrikan lagi
Memang beres suka nakutin konsumen
Jawaban saya ke mereka simpel aja, masa saya pakai oli yg lbh baik dari sgo grs mau digugurkan ? Situ sehat ?
Tolong tunjukin klausul suzuki berhubung saya dulu lama kerja di logo S divisi roda 2nya
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

fernando_lim wrote: Sat Oct 06, 2018 3:54
ferrariman wrote: Tue Oct 02, 2018 10:22 ane akhirnya berhasil mencoba oli 0w-20 kendall. tapi yang ane rasakan di gerobak lcgc ane, ternyata menjadi lebih boros. sebelomnya ane pake oli shell 5w-30 mendapatkan 1:13.5 - 14.5. Sekarang ane mendapatkan 1:12 - 12.6. ane baru pake oli kendall ini kurang lebih 1000km dan isi bensin full to full 3 kali. ane masih belom tau apakah karena ane menjadi agresif sejak menggunakan oli ini. ane akan update lagi setelah ane coba sampai kurang lebih setahun atau 9000km (mana yang tercapai duluan).
efek yang ane rasakan dengan oli encer ini ya tarikannya lebih enak sih dan ngelitiknya berkurang jauh sekali walaupun masih kadang-kadang masih terdengar.
Asik2 aja ertiga pakai kendall sejak umur km 10000
Awal2 1000 km pertama pakai sgo , kemudian 1000-5000 km tetep sgo biar tau ada malfunction engine apa ga , setelah 5000 ngecek rantai timing deket tutup oli mulai gejala kuning2 akhir di flush pakai kendall dxa 10w30 dari 5000-10000 km

Start 10000 km pakai kendall gt1 5w30 ( masih botol silver , sekarang gt1 max botol merah )
Umur odo 30000 start coba kendall 0w20 - sekarang km 36000 udah dipakai 6000an km

Utk atf ertiga sejak 15000 km mulai gejala bloon maticnya akhirnya flush di odo 20000 km
Ini yg saya cek juga gejala ban kiri matic ertiga suka getar2 jika diajak aksel dadakan dari pelan suka timbul getaran2 mengganggu diroda kiri spt jeda delay pindah gigi 1-2 ga pas ( mekanik beres ngecek ga pernah nemu sumber2 getarnya yg ada opini asbun disuruh balancing spooring pdhal sudah sejak baru saya balancing spooring )

Setelah ganti atf ke kendall versa trans gejala getarnya ilang tah kemana sama sekali ga pernah ngalamin lagi

Nanti di odo 40000 mau flush lagi utk cobain afw+
Jadi mau 3317 atau aw-1 yah egp lha istilah pabrikan
Intinya tetep aja dexron III
Yg penting kualitas atfnya bagus

Masalah garansi ?
Sori nih sebenarnya ga ada klausul menggugurkan grs mesin jika oli diluar genuine
Yg ada adalah oli yg tidak sesuai spesifikasi

Saya lebih pentingin kondisi mesin pasca grsnya ketimbang masa grs
Bagi saya sih jika mesin dari baru - 10000 km ga ada masalah berarti ga ada cacat pabrikan lagi
Memang beres suka nakutin konsumen
Jawaban saya ke mereka simpel aja, masa saya pakai oli yg lbh baik dari sgo grs mau digugurkan ? Situ sehat ?
Tolong tunjukin klausul suzuki berhubung saya dulu lama kerja di logo S divisi roda 2nya
Wah ban kiri nya saya ndak ngalamin (atau ndak kerasa?) om. Sekarang punya saya udah jalan 57k lebih, akhir th kemarin ganti kendall 5-30 udah lbh enak. Tapi kadang masih agak berat kalo ketemu tanjakan, dugaan saya transmisi udah mulai bloon sama suka dengung kl digeber (belum pernah kuras, cuma ganti di karter 4lt di beres oli nya salah lagi, 3317 dan waktu itu msh buta perolian). SA yang biasanya ditegur suka baper yaweslah ngalah saya.

Justru buat saya yang ngawur suzuki sendiri om, salah satunya ganti pake atf 3317 ke ertiga saya. Akhir th ini saya mau kuras oli matic sama ganti filter nya pake q8 uni jk.

Di manual book ATF nya harus comply AW-1 loh om, AFW+ saya liat ndak comply ke AW-1. Justru kyk q8 uni jk comply ke 3317 sama AW-1.
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by fernando_lim »

erwinign wrote: Sat Oct 06, 2018 6:39
fernando_lim wrote: Sat Oct 06, 2018 3:54
ferrariman wrote: Tue Oct 02, 2018 10:22 ane akhirnya berhasil mencoba oli 0w-20 kendall. tapi yang ane rasakan di gerobak lcgc ane, ternyata menjadi lebih boros. sebelomnya ane pake oli shell 5w-30 mendapatkan 1:13.5 - 14.5. Sekarang ane mendapatkan 1:12 - 12.6. ane baru pake oli kendall ini kurang lebih 1000km dan isi bensin full to full 3 kali. ane masih belom tau apakah karena ane menjadi agresif sejak menggunakan oli ini. ane akan update lagi setelah ane coba sampai kurang lebih setahun atau 9000km (mana yang tercapai duluan).
efek yang ane rasakan dengan oli encer ini ya tarikannya lebih enak sih dan ngelitiknya berkurang jauh sekali walaupun masih kadang-kadang masih terdengar.
Asik2 aja ertiga pakai kendall sejak umur km 10000
Awal2 1000 km pertama pakai sgo , kemudian 1000-5000 km tetep sgo biar tau ada malfunction engine apa ga , setelah 5000 ngecek rantai timing deket tutup oli mulai gejala kuning2 akhir di flush pakai kendall dxa 10w30 dari 5000-10000 km

Start 10000 km pakai kendall gt1 5w30 ( masih botol silver , sekarang gt1 max botol merah )
Umur odo 30000 start coba kendall 0w20 - sekarang km 36000 udah dipakai 6000an km

Utk atf ertiga sejak 15000 km mulai gejala bloon maticnya akhirnya flush di odo 20000 km
Ini yg saya cek juga gejala ban kiri matic ertiga suka getar2 jika diajak aksel dadakan dari pelan suka timbul getaran2 mengganggu diroda kiri spt jeda delay pindah gigi 1-2 ga pas ( mekanik beres ngecek ga pernah nemu sumber2 getarnya yg ada opini asbun disuruh balancing spooring pdhal sudah sejak baru saya balancing spooring )

Setelah ganti atf ke kendall versa trans gejala getarnya ilang tah kemana sama sekali ga pernah ngalamin lagi

Nanti di odo 40000 mau flush lagi utk cobain afw+
Jadi mau 3317 atau aw-1 yah egp lha istilah pabrikan
Intinya tetep aja dexron III
Yg penting kualitas atfnya bagus

Masalah garansi ?
Sori nih sebenarnya ga ada klausul menggugurkan grs mesin jika oli diluar genuine
Yg ada adalah oli yg tidak sesuai spesifikasi

Saya lebih pentingin kondisi mesin pasca grsnya ketimbang masa grs
Bagi saya sih jika mesin dari baru - 10000 km ga ada masalah berarti ga ada cacat pabrikan lagi
Memang beres suka nakutin konsumen
Jawaban saya ke mereka simpel aja, masa saya pakai oli yg lbh baik dari sgo grs mau digugurkan ? Situ sehat ?
Tolong tunjukin klausul suzuki berhubung saya dulu lama kerja di logo S divisi roda 2nya
Wah ban kiri nya saya ndak ngalamin (atau ndak kerasa?) om. Sekarang punya saya udah jalan 57k lebih, akhir th kemarin ganti kendall 5-30 udah lbh enak. Tapi kadang masih agak berat kalo ketemu tanjakan, dugaan saya transmisi udah mulai bloon sama suka dengung kl digeber (belum pernah kuras, cuma ganti di karter 4lt di beres oli nya salah lagi, 3317 dan waktu itu msh buta perolian). SA yang biasanya ditegur suka baper yaweslah ngalah saya.

Justru buat saya yang ngawur suzuki sendiri om, salah satunya ganti pake atf 3317 ke ertiga saya. Akhir th ini saya mau kuras oli matic sama ganti filter nya pake q8 uni jk.

Di manual book ATF nya harus comply AW-1 loh om, AFW+ saya liat ndak comply ke AW-1. Justru kyk q8 uni jk comply ke 3317 sama AW-1.
Saya pakai kendall versa trans jaso 1A aman aja sejauh ini
Atau aisin type ws aja , comply ke aw-1 tuh
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by fernando_lim »

Om turbo ini keterangan kendall versa trans LV
VersaTrans LV ATF is recommended for use in many newer Ford, GM and Japanese vehicles where the manufacturer recommends MERCON LV, DEXRON- VI, AW-1, DW-1, SP-IV, Type T-IV or Type WS  uids. It is not recommended for use in dual clutch transmissions (DCTs), belt or chain-driven continuously variable transmissions (CVTs), or older transmissions that require a higher-viscosity uid. Please refer to the owner’s manual for correct  uid recommendation.

Berarti cocok utk ertiga dunk ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

fernando_lim wrote:Om turbo ini keterangan kendall versa trans LV
VersaTrans LV ATF is recommended for use in many newer Ford, GM and Japanese vehicles where the manufacturer recommends MERCON LV, DEXRON- VI, AW-1, DW-1, SP-IV, Type T-IV or Type WS  uids. It is not recommended for use in dual clutch transmissions (DCTs), belt or chain-driven continuously variable transmissions (CVTs), or older transmissions that require a higher-viscosity uid. Please refer to the owner’s manual for correct  uid recommendation.

Berarti cocok utk ertiga dunk ?
Ertiga matic brp speed ?

kalo 4 AT sy sih prefer yg 7 sekian cSt spt Aisin AFW+

Kalo 5 AT / beyond oke pake yg 6 cSt
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by fernando_lim »

Turboman wrote: Sun Oct 07, 2018 12:29
fernando_lim wrote:Om turbo ini keterangan kendall versa trans LV
VersaTrans LV ATF is recommended for use in many newer Ford, GM and Japanese vehicles where the manufacturer recommends MERCON LV, DEXRON- VI, AW-1, DW-1, SP-IV, Type T-IV or Type WS  uids. It is not recommended for use in dual clutch transmissions (DCTs), belt or chain-driven continuously variable transmissions (CVTs), or older transmissions that require a higher-viscosity uid. Please refer to the owner’s manual for correct  uid recommendation.

Berarti cocok utk ertiga dunk ?
Ertiga matic brp speed ?

kalo 4 AT sy sih prefer yg 7 sekian cSt spt Aisin AFW+

Kalo 5 AT / beyond oke pake yg 6 cSt
4 AT om turbo
Jadi better afw+ aja ?
Saya mau kuras sekali lagi ngetes afw+