Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Renjiro »

Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 10:41
Renjiro wrote:
Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 10:05 ya kalo mau bagus yg Full syn 75W90 GL-5 aja :

Q8 T65
Mobil1 - 75W90 LS

misal
Kalo oli gardan yg base stock PAO sesuai spek gl5 apa om? Denger2 yg terbaik base stocknya PAO, terimakasih
Biasa yg pake PAO ya si Mobil1 & oli2 kelas high end macam Amsoil / Redline / Royal Purple

Redline gear oil 75W90 GL-5
Royal Purple Max Gear

ada yg jual

cari aja di online

Btw kebutuhannya utk apa sih om ?

kalo mesin om udah heavily modified dgn Torsi 700 - 800 Nm, oli gardan pake aja Redline ShockProof yg label merah

ada yg jual
Buat harian om, tp sesekali jg pengen agresive driving jg hehehe, ok berarti redline recommended, kalo RP Max gear blm liat di online jg. Kalo 77 autogear 75w90 itu dibandingkan dg redline ato RP bagus mana? Soalnya di toped kok hrg 77 autogear per liter 300ribuan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Renjiro wrote:
Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 10:41
Renjiro wrote: Kalo oli gardan yg base stock PAO sesuai spek gl5 apa om? Denger2 yg terbaik base stocknya PAO, terimakasih
Biasa yg pake PAO ya si Mobil1 & oli2 kelas high end macam Amsoil / Redline / Royal Purple

Redline gear oil 75W90 GL-5
Royal Purple Max Gear

ada yg jual

cari aja di online

Btw kebutuhannya utk apa sih om ?

kalo mesin om udah heavily modified dgn Torsi 700 - 800 Nm, oli gardan pake aja Redline ShockProof yg label merah

ada yg jual
Buat harian om, tp sesekali jg pengen agresive driving jg hehehe, ok berarti redline recommended, kalo RP Max gear blm liat di online jg. Kalo 77 autogear 75w90 itu dibandingkan dg redline ato RP bagus mana? Soalnya di toped kok hrg 77 autogear per liter 300ribuan
kalo dari pengalaman saya ttg oli Gardan

mau pake yg harga 300 rb / L VS yg 100 - 150 rb / L

sama aja rasanya selama viskositas sama2 75W90 GL-5

om gak bisa ngerasain beda nya

saya pake Q8 T-65 sampe 2,5 tahun / 45.000 km dibuka juga masih cukup bening olinya

Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Renjiro »

Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 13:18
Renjiro wrote:
Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 10:41 Biasa yg pake PAO ya si Mobil1 & oli2 kelas high end macam Amsoil / Redline / Royal Purple

Redline gear oil 75W90 GL-5
Royal Purple Max Gear

ada yg jual

cari aja di online

Btw kebutuhannya utk apa sih om ?

kalo mesin om udah heavily modified dgn Torsi 700 - 800 Nm, oli gardan pake aja Redline ShockProof yg label merah

ada yg jual
Buat harian om, tp sesekali jg pengen agresive driving jg hehehe, ok berarti redline recommended, kalo RP Max gear blm liat di online jg. Kalo 77 autogear 75w90 itu dibandingkan dg redline ato RP bagus mana? Soalnya di toped kok hrg 77 autogear per liter 300ribuan
kalo dari pengalaman saya ttg oli Gardan

mau pake yg harga 300 rb / L VS yg 100 - 150 rb / L

sama aja rasanya selama viskositas sama2 75W90 GL-5

om gak bisa ngerasain beda nya

saya pake Q8 T-65 sampe 2,5 tahun / 45.000 km dibuka juga masih cukup bening olinya
Hrg Q8 T-65 170k vs redline 225k kira2 wothed mana ya om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Renjiro wrote:
Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 13:18
Renjiro wrote: Buat harian om, tp sesekali jg pengen agresive driving jg hehehe, ok berarti redline recommended, kalo RP Max gear blm liat di online jg. Kalo 77 autogear 75w90 itu dibandingkan dg redline ato RP bagus mana? Soalnya di toped kok hrg 77 autogear per liter 300ribuan
kalo dari pengalaman saya ttg oli Gardan

mau pake yg harga 300 rb / L VS yg 100 - 150 rb / L

sama aja rasanya selama viskositas sama2 75W90 GL-5

om gak bisa ngerasain beda nya

saya pake Q8 T-65 sampe 2,5 tahun / 45.000 km dibuka juga masih cukup bening olinya
Hrg Q8 T-65 170k vs redline 225k kira2 wothed mana ya om?
kembali lagi kepada kebutuhan

Torsi mesin mobil anda brp....200 / 250 / 280 / 300 .......atau udah 500 Nm ke atas ?

kalo Torsi 200 - 300 Nm sih bebas pake oli gardan apa aja

Kalo udah 400 - 500 Nm nah pake yg kelas premium

Kalo udah 700 - 800 Nm apalagi Torsi di RPM rendah nya gede / nonjok banget, pakailah yg Shock Proof

Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Renjiro »

Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 14:28
Renjiro wrote:
Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 13:18 kalo dari pengalaman saya ttg oli Gardan

mau pake yg harga 300 rb / L VS yg 100 - 150 rb / L

sama aja rasanya selama viskositas sama2 75W90 GL-5

om gak bisa ngerasain beda nya

saya pake Q8 T-65 sampe 2,5 tahun / 45.000 km dibuka juga masih cukup bening olinya
Hrg Q8 T-65 170k vs redline 225k kira2 wothed mana ya om?
kembali lagi kepada kebutuhan

Torsi mesin mobil anda brp....200 / 250 / 280 / 300 .......atau udah 500 Nm ke atas ?

kalo Torsi 200 - 300 Nm sih bebas pake oli gardan apa aja

Kalo udah 400 - 500 Nm nah pake yg kelas premium

Kalo udah 700 - 800 Nm apalagi Torsi di RPM rendah nya gede / nonjok banget, pakailah yg Shock Proof
Kalo yg kelas premium apakah lebih lama OCI-nya jika dipake di mobil dg torsi standar?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Renjiro wrote:
Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 14:28
Renjiro wrote: Hrg Q8 T-65 170k vs redline 225k kira2 wothed mana ya om?
kembali lagi kepada kebutuhan

Torsi mesin mobil anda brp....200 / 250 / 280 / 300 .......atau udah 500 Nm ke atas ?

kalo Torsi 200 - 300 Nm sih bebas pake oli gardan apa aja

Kalo udah 400 - 500 Nm nah pake yg kelas premium

Kalo udah 700 - 800 Nm apalagi Torsi di RPM rendah nya gede / nonjok banget, pakailah yg Shock Proof
Kalo yg kelas premium apakah lebih lama OCI-nya jika dipake di mobil dg torsi standar?
pakai Q8 T-65 aja.....75W90 GL-5 .Full syn yg harga bersahabat....... 2,5 - 3 tahun bisa

masih asli buatan Eropa

cari aja di online......barang aman gak ada acdc nya

Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Renjiro »

Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 15:55
Renjiro wrote:
Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 14:28 kembali lagi kepada kebutuhan

Torsi mesin mobil anda brp....200 / 250 / 280 / 300 .......atau udah 500 Nm ke atas ?

kalo Torsi 200 - 300 Nm sih bebas pake oli gardan apa aja

Kalo udah 400 - 500 Nm nah pake yg kelas premium

Kalo udah 700 - 800 Nm apalagi Torsi di RPM rendah nya gede / nonjok banget, pakailah yg Shock Proof
Kalo yg kelas premium apakah lebih lama OCI-nya jika dipake di mobil dg torsi standar?
pakai Q8 T-65 aja.....75W90 GL-5 .Full syn yg harga bersahabat....... 2,5 - 3 tahun bisa

masih asli buatan Eropa

cari aja di online......barang aman gak ada acdc nya
Siip terimakasih om Turboman :big_okay:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by solar_kerosen »

:mKmrn service 1000 km , ditawari ganti oli tp bayar olinya . Gue blg ga usah ntar aja km 8000 :mrgreen:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
Babaliong
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Tue Nov 06, 2018 10:47

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Babaliong »

Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 7:19
Babaliong wrote:Mau nanya lagi nih om turbo.Jikalau sebelum nya saya pakai Kendall 0w-20 lalu jadwal ganti oli berikutnya saya ganti pakai Q8 0w-20 ..apakah harus di flushing dulu atau cukup ganti filter oli saja om? Thanx
kalo ganti nya long drain / di atas 7000 km paling tuang aja Mesran 1 L buat dorong sisa2 oli kotor keluar semua
berarti setelah oli lama dibuang trus dimasukin oli mesran 1 liter aja gitu kan om? Itu gpp mesin dinyalain dalam kondisi oli cuma 1 liter om? Trus nyalain mesin nya berapa lama kira2 om? Maaf saya banyak tanya karena memang bener2 noob.Thanx om turbo jawaban nya
streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Jul 27, 2018 7:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by streetrod60 »

Turboman wrote: Thu Oct 25, 2018 11:52
streetrod60 wrote:
Turboman wrote: Thu Oct 25, 2018 10:36 di manual book nya SAE terendah yg diijinkan SAE brp um ?
Belom Pernah Liat manual book nya om. Nanya nanya yang lain, dan nanya beres, mereka biasanya pakek 5W40 (Sekarang juga saya pakek ini). Pernah Bukak https://applications.castrol.com/oilselector/, Pilih Merk mobil, tipe, tahun dan jenis mobil, pilih negara (Sayang gak ada indonesia). akhirnya ane coba coba beberapa negara dengan jenis mobil yang sama : Ane masukin Jenis "Volkswagen Touran 2014 1.4 TSI 103KW" >>> Italy (5W-30), German (0W-40), middle East (5W-40), Australia (5W-30). kayake tergantung iklim negara yak? kalo ane pengen lebih irit, kira kira loncat ke viskositas berapa yak?
loh manual book nya kemana ??

Btw ini mesin NA atau TSI ?

Kalo TSI 1.4 ya better oli buntut 40 aja atau se rendah2 nya oli buntut 30

mau lebih sip ya pake yg API SN+ atau Dexos 1 gen 2

atau oli yg kadar Calcium nya 1500 - 1600 an ppm (low Calcium) utk mencegah knocking pada mesin bensin Turbo

si PTT 5W30 sih udah tergolong low Calcium tu (1600 an ppm)
Iya 1.4 TSI om turbo. Btw, saya udah kepikiran pengen pakek 5W30 agar lebih "Encer" sehingga kerja mesin lebih ringan (Mudah mudahan pengetahuan saya benar). Btw, Sempet kemarin ngobrol sama ex mechanic Beres, dia tidak menyarankan turun viskositas untuk negara "panas" dan macet macam indo. Dia malah saran kan untuk tingkatkan viskositas ke 5w50 kalau mau enak (Mungkin dia pikir saya mau ganti spec oli karena pengen lebih kencang, padahal sebenernya tujuan saya pengen lebih irit). Katanya lagi; castrol udah keluarkan spec 5W50 yang biasa dia pakai untuk mesin mesin yang udah di "Upgrade" performa nya.
Pertanyaan saya sebagai awam : kok untuk mesin yang sudah "upgrade" malah pakai oli yang lebih kental ya? apakah karena lebih melindungi? bukannya seharusnya ganti yang lebih encer supaya lebih cepat masuk ke celah kecil, jadi lebih mendukung ketika mesin yang udah upgrade itu "disiksa" ? dan kerja mesin lebih ringan?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Babaliong wrote:
Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 7:19
Babaliong wrote:Mau nanya lagi nih om turbo.Jikalau sebelum nya saya pakai Kendall 0w-20 lalu jadwal ganti oli berikutnya saya ganti pakai Q8 0w-20 ..apakah harus di flushing dulu atau cukup ganti filter oli saja om? Thanx
kalo ganti nya long drain / di atas 7000 km paling tuang aja Mesran 1 L buat dorong sisa2 oli kotor keluar semua
berarti setelah oli lama dibuang trus dimasukin oli mesran 1 liter aja gitu kan om? Itu gpp mesin dinyalain dalam kondisi oli cuma 1 liter om? Trus nyalain mesin nya berapa lama kira2 om? Maaf saya banyak tanya karena memang bener2 noob.Thanx om turbo jawaban nya
mesin mati om
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

streetrod60 wrote:
Turboman wrote: Thu Oct 25, 2018 11:52
streetrod60 wrote: Belom Pernah Liat manual book nya om. Nanya nanya yang lain, dan nanya beres, mereka biasanya pakek 5W40 (Sekarang juga saya pakek ini). Pernah Bukak https://applications.castrol.com/oilselector/, Pilih Merk mobil, tipe, tahun dan jenis mobil, pilih negara (Sayang gak ada indonesia). akhirnya ane coba coba beberapa negara dengan jenis mobil yang sama : Ane masukin Jenis "Volkswagen Touran 2014 1.4 TSI 103KW" >>> Italy (5W-30), German (0W-40), middle East (5W-40), Australia (5W-30). kayake tergantung iklim negara yak? kalo ane pengen lebih irit, kira kira loncat ke viskositas berapa yak?
loh manual book nya kemana ??

Btw ini mesin NA atau TSI ?

Kalo TSI 1.4 ya better oli buntut 40 aja atau se rendah2 nya oli buntut 30

mau lebih sip ya pake yg API SN+ atau Dexos 1 gen 2

atau oli yg kadar Calcium nya 1500 - 1600 an ppm (low Calcium) utk mencegah knocking pada mesin bensin Turbo

si PTT 5W30 sih udah tergolong low Calcium tu (1600 an ppm)
Iya 1.4 TSI om turbo. Btw, saya udah kepikiran pengen pakek 5W30 agar lebih "Encer" sehingga kerja mesin lebih ringan (Mudah mudahan pengetahuan saya benar). Btw, Sempet kemarin ngobrol sama ex mechanic Beres, dia tidak menyarankan turun viskositas untuk negara "panas" dan macet macam indo. Dia malah saran kan untuk tingkatkan viskositas ke 5w50 kalau mau enak (Mungkin dia pikir saya mau ganti spec oli karena pengen lebih kencang, padahal sebenernya tujuan saya pengen lebih irit). Katanya lagi; castrol udah keluarkan spec 5W50 yang biasa dia pakai untuk mesin mesin yang udah di "Upgrade" performa nya.
Pertanyaan saya sebagai awam : kok untuk mesin yang sudah "upgrade" malah pakai oli yang lebih kental ya? apakah karena lebih melindungi? bukannya seharusnya ganti yang lebih encer supaya lebih cepat masuk ke celah kecil, jadi lebih mendukung ketika mesin yang udah upgrade itu "disiksa" ? dan kerja mesin lebih ringan?
Skg tinggal tergantung pemakaian aja

kalo setir santai en jarang RPM tinggi, monggo pake 5W30

kalo sering RPM tinggi pake 0W40 / 5W40

5W30 cari aja Amsoil ASL - Sign series.....di online banyak........

AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by AGSA »

Dear Om Turboman,
Saya sdh beli oli ptt sesuai arahan Om Turboman. Berapa interval ganti oli ptt untuk mesin 1mz-fe saya ya? Dan kmrn mekanik sdh mengganti oli mobil saya dgn mobil 1 delvac mx. Apakah bahaya bagi mesin mobil saya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

AGSA wrote:Dear Om Turboman,
Saya sdh beli oli ptt sesuai arahan Om Turboman. Berapa interval ganti oli ptt untuk mesin 1mz-fe saya ya? Dan kmrn mekanik sdh mengganti oli mobil saya dgn mobil 1 delvac mx. Apakah bahaya bagi mesin mobil saya?
dari 15W40 ke 5W30 ya jamin spt orang kena Asma trus lega total tanpa Asma

Kons BBM juga akan beda banget

oli 15W40 nya tampung di wadah yg bersih, bisa dipake utk :
- Panther
- L300
- Truk
- GenSet

atau bisa juga pake tuh 15W40 jalan 2000 km utk cuci mesin, abis itu buang

Btw itu DelvacMX nya yakin ASLI kan ?
AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by AGSA »

Delvac nya sudah di cek barcode resmi Om. Saya berpikir mau pakai oli diesel nya utk cuci mesin apakah ada efek samping nya apa tdk ya Om? Apakah dengan pemakaian delvac untuk cuci bisa mengurangi resiko sludge pada mesin mz-fe?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

AGSA wrote:Delvac nya sudah di cek barcode resmi Om. Saya berpikir mau pakai oli diesel nya utk cuci mesin apakah ada efek samping nya apa tdk ya Om? Apakah dengan pemakaian delvac untuk cuci bisa mengurangi resiko sludge pada mesin mz-fe?
jalan 2000 an km utk cuci mesin
AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by AGSA »

Turboman wrote: Thu Nov 08, 2018 9:30
AGSA wrote:Delvac nya sudah di cek barcode resmi Om. Saya berpikir mau pakai oli diesel nya utk cuci mesin apakah ada efek samping nya apa tdk ya Om? Apakah dengan pemakaian delvac untuk cuci bisa mengurangi resiko sludge pada mesin mz-fe?
jalan 2000 an km utk cuci mesin
Bisa mengurangi resiko sludge tdk dengan menggunakan oli diesel utk cuci mesin? Apakah ada efek samping om?
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by rudyzanetti »

AGSA wrote: Thu Nov 08, 2018 9:25 Delvac nya sudah di cek barcode resmi Om. Saya berpikir mau pakai oli diesel nya utk cuci mesin apakah ada efek samping nya apa tdk ya Om? Apakah dengan pemakaian delvac untuk cuci bisa mengurangi resiko sludge pada mesin mz-fe?
Ikut nimbrung ya om..
Kl dl sih jaman masih anak ngerantau(ngekos 😁), k3ve malah saya cekokin meditran sx. Pas tanggal tua dan waktunya kebetulan ganti oli, meditran sx lah solusinya.haha..
Emg sih berasa tarikan berat, tp mau gmn lagi kl emg uda waktu nya ganti oli dan duit tipis.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by benzz89 »

Om Turbo numpang nanya, spec oli gardan untuk fortuner 2010 D4D matic (sudah dastek unichip 176Hp/416Nm) kasih 75W-90 atau 80W-90 yah? Kemarin ganti di toda di kasih Q8 80W-90. Sebelumnya pakai mobil 1 75W-90. Apakah aman atau harus ganti lagi ke 75/90? Trims sebelumnya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

benzz89 wrote:Om Turbo numpang nanya, spec oli gardan untuk fortuner 2010 D4D matic (sudah dastek unichip 176Hp/416Nm) kasih 75W-90 atau 80W-90 yah? Kemarin ganti di toda di kasih Q8 80W-90. Sebelumnya pakai mobil 1 75W-90. Apakah aman atau harus ganti lagi ke 75/90? Trims sebelumnya
aman aja

yg penting GL-5
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by benzz89 »

Turboman wrote:
benzz89 wrote:Om Turbo numpang nanya, spec oli gardan untuk fortuner 2010 D4D matic (sudah dastek unichip 176Hp/416Nm) kasih 75W-90 atau 80W-90 yah? Kemarin ganti di toda di kasih Q8 80W-90. Sebelumnya pakai mobil 1 75W-90. Apakah aman atau harus ganti lagi ke 75/90? Trims sebelumnya
aman aja

yg penting GL-5
Oke thanks for fast response Om Turbo, harusnya sih GL-5 juga.

Perbedaan diantara keduanya di viscositas kah? Apakah 80/90 (kata orang toda sedikit lebih kental) bisa menyebabkan akselerasi lebih berat?

Sejujurnya ane tidak merasakan perbedaannya dari 75 ke 80, hanya mobil sudah jalan 7.000-an KM & baru "ngeh" ternyata di kasihnya 80/90 ama toda.

Sempat komplain tapi katanya 75/90 biasanya buat yang manual & gak masalah pakai 80/90 buat yang matic. Semoga bisa diberikan sedikit pencerahan. Nuhun Om Turbo
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

benzz89 wrote:
Turboman wrote:
benzz89 wrote:Om Turbo numpang nanya, spec oli gardan untuk fortuner 2010 D4D matic (sudah dastek unichip 176Hp/416Nm) kasih 75W-90 atau 80W-90 yah? Kemarin ganti di toda di kasih Q8 80W-90. Sebelumnya pakai mobil 1 75W-90. Apakah aman atau harus ganti lagi ke 75/90? Trims sebelumnya
aman aja

yg penting GL-5
Oke thanks for fast response Om Turbo, harusnya sih GL-5 juga.

Perbedaan diantara keduanya di viscositas kah? Apakah 80/90 (kata orang toda sedikit lebih kental) bisa menyebabkan akselerasi lebih berat?

Sejujurnya ane tidak merasakan perbedaannya dari 75 ke 80, hanya mobil sudah jalan 7.000-an KM & baru "ngeh" ternyata di kasihnya 80/90 ama toda.

Sempat komplain tapi katanya 75/90 biasanya buat yang manual & gak masalah pakai 80/90 buat yang matic. Semoga bisa diberikan sedikit pencerahan. Nuhun Om Turbo
ya pake aja dulu yg skg

nanti lewat 10.000 km ganti yg 75W90 GL-5
pandaendut
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Aug 24, 2017 15:42
Location: Bogor
Daily Vehicle: Freed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by pandaendut »

Om Turbo tanya lg dong...
Freed sy terakhir ganti oli 8 Mei, odo 96xxx. sekarang odo 105xxx. Saya cek stick oli batas olinya turun dari titik batas atas, apakah ini yang namanya penguapan ya? Sy cium bau olinya sih masih aman aja ga ada bau aneh-aneh. Waktu ganti di toko oli langganan juga sy entah didaftarin apa ke shell, dapet e-mail notifikasi warranty atau apa ya waktu itu 😅
Udah pesen Q8 5w30 ke pak Halim yang rekomen om Turbo dari page di atas, baiknya ganti sekarang atau sabar tunggu 1000km lg ya?
Kata seller olinya kalo mobil dah berasa ga enak baru ganti tuh oli, ga usah sering2 ganti. Sellernya ramah enak diajak curcol
ariobima79
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Dec 29, 2014 9:58
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by ariobima79 »

Selamat pagi, mau minta info yang pertama untuk oli transmisi matik Honda Freed 2013 ( skr 50.000 km ) bisa menggunakan pilihan apa ya dan yang kedua untuk oli Nissan Grand Livina jika sebelumnya selalu menggunakan sae 5w30 lalu sekarang menggunakan 10w30 apakah ada perbedaannya, kondisi mobil normal rutin tiap 5000km ganti oli, thx atas sarannya masukannya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

pandaendut wrote:Om Turbo tanya lg dong...
Freed sy terakhir ganti oli 8 Mei, odo 96xxx. sekarang odo 105xxx. Saya cek stick oli batas olinya turun dari titik batas atas, apakah ini yang namanya penguapan ya? Sy cium bau olinya sih masih aman aja ga ada bau aneh-aneh. Waktu ganti di toko oli langganan juga sy entah didaftarin apa ke shell, dapet e-mail notifikasi warranty atau apa ya waktu itu [emoji28]
Udah pesen Q8 5w30 ke pak Halim yang rekomen om Turbo dari page di atas, baiknya ganti sekarang atau sabar tunggu 1000km lg ya?
Kata seller olinya kalo mobil dah berasa ga enak baru ganti tuh oli, ga usah sering2 ganti. Sellernya ramah enak diajak curcol
Shell type apa ? HX8 ?

Notifikasi kode segel ya