Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by b8099ok »

gregoriusgerry wrote: Wed Sep 19, 2018 4:55
b8099ok wrote: Tue Sep 18, 2018 6:17
Turboman wrote: Tue Sep 18, 2018 4:22 wah belom pernah pake

coba aja pake 7500 km trus oli bekasnya test lab um
Ada bad exp pake itu,... Plis don't,...
waduhhh :mky_01: :mky_01:
saya dah 2x pake untuk interval 10rb km di innova gw..
kalo boleh di share om bad exp nya biar ga banyak yg kena
:big_childish: :big_childish: :big_childish:
Jgn dishare. Masa cm gw yg kena,... :emo-big_love:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Turboman wrote: Wed Sep 19, 2018 8:39
erwinign wrote:
Turboman wrote: Wed Sep 19, 2018 6:43 mobil apa
Ertiga om, atf comply AW-1. Kondisi br pernah ganti atf 4lt wkt km 40rb, salah spek wkt itu om (beres ngeganti pake atf 3317)
Odo belom 100 rb km belom perlu ganti filter ATF
Kondisinya begitu jd saya kepikir sekalian ganti filter strainer nya om biar bersih semua. Sekarang kl ngecek dipstick ATFnya, warna oli nya udah biru bening pucat. Kl dipake jalan, terutama di kecepatan tinggi/agak digeber (80an km/h keatas) mesti kedengeran suara kasar banget kaya nguknguknguknguk ngikutin irama mesin (dugaan saya dr transmisi, krn dulu persis setelah ganti ATF 4lt yang salah tipe mulai muncul bunyi itu).

Sempet beberapa kali tanya SA di beres suzuki, saya suru cek kondisi ATF dr 2 orang SA berbeda merek bilang "masih bagus", "masih tahan sampe 80rb km" dan saya ndak percaya samsek krn selama saya pake mobil ini udah muncul gejala2 itu sama warna atf nya jelas2 bukan lagi merah om. Siapin berapa liter ya kira2 saya om utk ATFnya? Rencana pake Q8 unitrans JK
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

erwinign wrote:
Turboman wrote: Wed Sep 19, 2018 8:39
erwinign wrote: Ertiga om, atf comply AW-1. Kondisi br pernah ganti atf 4lt wkt km 40rb, salah spek wkt itu om (beres ngeganti pake atf 3317)
Odo belom 100 rb km belom perlu ganti filter ATF
Kondisinya begitu jd saya kepikir sekalian ganti filter strainer nya om biar bersih semua. Sekarang kl ngecek dipstick ATFnya, warna oli nya udah biru bening pucat. Kl dipake jalan, terutama di kecepatan tinggi/agak digeber (80an km/h keatas) mesti kedengeran suara kasar banget kaya nguknguknguknguk ngikutin irama mesin (dugaan saya dr transmisi, krn dulu persis setelah ganti ATF 4lt yang salah tipe mulai muncul bunyi itu).

Sempet beberapa kali tanya SA di beres suzuki, saya suru cek kondisi ATF dr 2 orang SA berbeda merek bilang "masih bagus", "masih tahan sampe 80rb km" dan saya ndak percaya samsek krn selama saya pake mobil ini udah muncul gejala2 itu sama warna atf nya jelas2 bukan lagi merah om. Siapin berapa liter ya kira2 saya om utk ATFnya? Rencana pake Q8 unitrans JK
Biasa kuras pake mesin abis brp L pak ?

7 / 8 / 9 ?

ganti filter AT buka oil pan ya tambah 2 L deh utk jaga2
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Turboman wrote: Thu Sep 20, 2018 5:56
erwinign wrote:
Turboman wrote: Wed Sep 19, 2018 8:39 Odo belom 100 rb km belom perlu ganti filter ATF
Kondisinya begitu jd saya kepikir sekalian ganti filter strainer nya om biar bersih semua. Sekarang kl ngecek dipstick ATFnya, warna oli nya udah biru bening pucat. Kl dipake jalan, terutama di kecepatan tinggi/agak digeber (80an km/h keatas) mesti kedengeran suara kasar banget kaya nguknguknguknguk ngikutin irama mesin (dugaan saya dr transmisi, krn dulu persis setelah ganti ATF 4lt yang salah tipe mulai muncul bunyi itu).

Sempet beberapa kali tanya SA di beres suzuki, saya suru cek kondisi ATF dr 2 orang SA berbeda merek bilang "masih bagus", "masih tahan sampe 80rb km" dan saya ndak percaya samsek krn selama saya pake mobil ini udah muncul gejala2 itu sama warna atf nya jelas2 bukan lagi merah om. Siapin berapa liter ya kira2 saya om utk ATFnya? Rencana pake Q8 unitrans JK
Biasa kuras pake mesin abis brp L pak ?

7 / 8 / 9 ?

ganti filter AT buka oil pan ya tambah 2 L deh utk jaga2
Sebelum ini saya uda pernah kuras di yaris bakpao abis 8lt, crv k24 7lt om. Semua pake mesin. Yg yaris di carfix semarang (bengkel non resmi, selevel sama toda dkk), crv k24 di beres. Filter atf engga ganti wkt itu.

Wkt saya tanya ke beres suzuki, metode flushing mereka pake mesin, oli atf lama didorong keluar pake oli atf baru. Yg bikin saya bingung, kalo mau flush pake mesin sama ganti filter juga, berarti harus buka dulu oil pan buat ngelepas filter nya om (it means oli atf lama keluar semua). Stl ganti filter atf berarti gearbox assy keadaan kosong tnp oli. Terus oli atf baru dimasukkin pake mesin-selang. Kl pengisian atf baru pake mesin tp keadaan gearbox kosong tnp oli aman kah om?

Soal volume atf baru, beres suzuki bilang ga bs jamin persis nya brp liter om, alesan mereka bs lebih dr 10lt krn jg ngebersihin gram2 sisa dr atf lama
bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by bismo16 »

osbertc0ol wrote:
Turboman wrote: Wed Sep 19, 2018 5:29 Utk oli yg lagi promo saat ini
Demikian sharing info
Mantap eneos 0w20 itu bisa 10rb gak yah? Kalo online pun eneos harusnya ga ada palsu lah yaa..
Dan itu ATF kalo dibanding aisin gimana?
tq om turbo.
Saya pernah pake, dan kurang suka.. waktu sudah 5000 km mesin suaranya lebih kasar, larinya nggak selincah waktu baru ganti. Akhirnya di 6000 km tukar kendall 5w30.
Mobilnya sx4 2008 MT
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

erwinign wrote:
Turboman wrote: Thu Sep 20, 2018 5:56
erwinign wrote: Kondisinya begitu jd saya kepikir sekalian ganti filter strainer nya om biar bersih semua. Sekarang kl ngecek dipstick ATFnya, warna oli nya udah biru bening pucat. Kl dipake jalan, terutama di kecepatan tinggi/agak digeber (80an km/h keatas) mesti kedengeran suara kasar banget kaya nguknguknguknguk ngikutin irama mesin (dugaan saya dr transmisi, krn dulu persis setelah ganti ATF 4lt yang salah tipe mulai muncul bunyi itu).

Sempet beberapa kali tanya SA di beres suzuki, saya suru cek kondisi ATF dr 2 orang SA berbeda merek bilang "masih bagus", "masih tahan sampe 80rb km" dan saya ndak percaya samsek krn selama saya pake mobil ini udah muncul gejala2 itu sama warna atf nya jelas2 bukan lagi merah om. Siapin berapa liter ya kira2 saya om utk ATFnya? Rencana pake Q8 unitrans JK
Biasa kuras pake mesin abis brp L pak ?

7 / 8 / 9 ?

ganti filter AT buka oil pan ya tambah 2 L deh utk jaga2
Sebelum ini saya uda pernah kuras di yaris bakpao abis 8lt, crv k24 7lt om. Semua pake mesin. Yg yaris di carfix semarang (bengkel non resmi, selevel sama toda dkk), crv k24 di beres. Filter atf engga ganti wkt itu.

Wkt saya tanya ke beres suzuki, metode flushing mereka pake mesin, oli atf lama didorong keluar pake oli atf baru. Yg bikin saya bingung, kalo mau flush pake mesin sama ganti filter juga, berarti harus buka dulu oil pan buat ngelepas filter nya om (it means oli atf lama keluar semua). Stl ganti filter atf berarti gearbox assy keadaan kosong tnp oli. Terus oli atf baru dimasukkin pake mesin-selang. Kl pengisian atf baru pake mesin tp keadaan gearbox kosong tnp oli aman kah om?

Soal volume atf baru, beres suzuki bilang ga bs jamin persis nya brp liter om, alesan mereka bs lebih dr 10lt krn jg ngebersihin gram2 sisa dr atf lama
nah paling tepat lakukan Metoda Gerlong deh

jangan pake mesin
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Turboman wrote: Thu Sep 20, 2018 9:50
erwinign wrote:
Turboman wrote: Thu Sep 20, 2018 5:56 Biasa kuras pake mesin abis brp L pak ?

7 / 8 / 9 ?

ganti filter AT buka oil pan ya tambah 2 L deh utk jaga2
Sebelum ini saya uda pernah kuras di yaris bakpao abis 8lt, crv k24 7lt om. Semua pake mesin. Yg yaris di carfix semarang (bengkel non resmi, selevel sama toda dkk), crv k24 di beres. Filter atf engga ganti wkt itu.

Wkt saya tanya ke beres suzuki, metode flushing mereka pake mesin, oli atf lama didorong keluar pake oli atf baru. Yg bikin saya bingung, kalo mau flush pake mesin sama ganti filter juga, berarti harus buka dulu oil pan buat ngelepas filter nya om (it means oli atf lama keluar semua). Stl ganti filter atf berarti gearbox assy keadaan kosong tnp oli. Terus oli atf baru dimasukkin pake mesin-selang. Kl pengisian atf baru pake mesin tp keadaan gearbox kosong tnp oli aman kah om?

Soal volume atf baru, beres suzuki bilang ga bs jamin persis nya brp liter om, alesan mereka bs lebih dr 10lt krn jg ngebersihin gram2 sisa dr atf lama
nah paling tepat lakukan Metoda Gerlong deh

jangan pake mesin
Siapin berapa liter ya om oli atf nya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

erwinign wrote:
Turboman wrote: Thu Sep 20, 2018 9:50
erwinign wrote: Sebelum ini saya uda pernah kuras di yaris bakpao abis 8lt, crv k24 7lt om. Semua pake mesin. Yg yaris di carfix semarang (bengkel non resmi, selevel sama toda dkk), crv k24 di beres. Filter atf engga ganti wkt itu.

Wkt saya tanya ke beres suzuki, metode flushing mereka pake mesin, oli atf lama didorong keluar pake oli atf baru. Yg bikin saya bingung, kalo mau flush pake mesin sama ganti filter juga, berarti harus buka dulu oil pan buat ngelepas filter nya om (it means oli atf lama keluar semua). Stl ganti filter atf berarti gearbox assy keadaan kosong tnp oli. Terus oli atf baru dimasukkin pake mesin-selang. Kl pengisian atf baru pake mesin tp keadaan gearbox kosong tnp oli aman kah om?

Soal volume atf baru, beres suzuki bilang ga bs jamin persis nya brp liter om, alesan mereka bs lebih dr 10lt krn jg ngebersihin gram2 sisa dr atf lama
nah paling tepat lakukan Metoda Gerlong deh

jangan pake mesin
Siapin berapa liter ya om oli atf nya?
Gerlong paling abis 6 L

ya siapkan 8 L deh buat jaga2
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Turboman wrote: Thu Sep 20, 2018 11:57
erwinign wrote:
Turboman wrote: Thu Sep 20, 2018 9:50 nah paling tepat lakukan Metoda Gerlong deh

jangan pake mesin
Siapin berapa liter ya om oli atf nya?
Gerlong paling abis 6 L

ya siapkan 8 L deh buat jaga2
Oke oom tks infonya
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by limsandy »

gregoriusgerry wrote: Wed Sep 19, 2018 4:55
b8099ok wrote: Tue Sep 18, 2018 6:17
Turboman wrote: Tue Sep 18, 2018 4:22 wah belom pernah pake

coba aja pake 7500 km trus oli bekasnya test lab um
Ada bad exp pake itu,... Plis don't,...
waduhhh :mky_01: :mky_01:
saya dah 2x pake untuk interval 10rb km di innova gw..
kalo boleh di share om bad exp nya biar ga banyak yg kena
:big_childish: :big_childish: :big_childish:
Hallo, saya mau clarify dong. Baru2 ini saya mulai kerja di pabrik United Oil, PT. PLI.

Om, boleh tau bad experience nya kenapa? Kadang ada faktor external yg tidak diketahui oleh user, bahkan mekanik di bengkel dan menyalahkan oli kami sebagai penyebab kerusakan/masalah.

Coba dong di share jadi semua bisa tau dan kalo bisa kasih solusi kan lebih baik untuk kita semua.

Terima kasih, salam om b8099ok. :D
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

limsandy wrote:
gregoriusgerry wrote: Wed Sep 19, 2018 4:55
b8099ok wrote: Tue Sep 18, 2018 6:17 Ada bad exp pake itu,... Plis don't,...
waduhhh :mky_01: :mky_01:
saya dah 2x pake untuk interval 10rb km di innova gw..
kalo boleh di share om bad exp nya biar ga banyak yg kena
:big_childish: :big_childish: :big_childish:
Hallo, saya mau clarify dong. Baru2 ini saya mulai kerja di pabrik United Oil, PT. PLI.

Om, boleh tau bad experience nya kenapa? Kadang ada faktor external yg tidak diketahui oleh user, bahkan mekanik di bengkel dan menyalahkan oli kami sebagai penyebab kerusakan/masalah.

Coba dong di share jadi semua bisa tau dan kalo bisa kasih solusi kan lebih baik untuk kita semua.

Terima kasih, salam om b8099ok. :D
B 8099 itu Professor automotive om

FYI
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

limsandy wrote: Sat Sep 22, 2018 7:41
Hallo, saya mau clarify dong. Baru2 ini saya mulai kerja di pabrik United Oil, PT. PLI.

Om, boleh tau bad experience nya kenapa? Kadang ada faktor external yg tidak diketahui oleh user, bahkan mekanik di bengkel dan menyalahkan oli kami sebagai penyebab kerusakan/masalah.

Coba dong di share jadi semua bisa tau dan kalo bisa kasih solusi kan lebih baik untuk kita semua.

Terima kasih, salam om b8099ok. :D
Saya juga tertarik ni. Teman mekanik saya juga kalo udah United Oil/Gulf dah anti banget, bilangnya pake base oil yang kualitas mepet nan rendah. Aditif juga kurang bagus, etc.etc.

Mohon pencerahan juga supaya kita juga ngerti sebenarnya ada apa sama United Oil.

Calling om Rubble ni kalo perlu...wkwkwkwk...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

limsandy wrote:
gregoriusgerry wrote: Wed Sep 19, 2018 4:55
b8099ok wrote: Tue Sep 18, 2018 6:17 Ada bad exp pake itu,... Plis don't,...
waduhhh :mky_01: :mky_01:
saya dah 2x pake untuk interval 10rb km di innova gw..
kalo boleh di share om bad exp nya biar ga banyak yg kena
:big_childish: :big_childish: :big_childish:
Hallo, saya mau clarify dong. Baru2 ini saya mulai kerja di pabrik United Oil, PT. PLI.

Om, boleh tau bad experience nya kenapa? Kadang ada faktor external yg tidak diketahui oleh user, bahkan mekanik di bengkel dan menyalahkan oli kami sebagai penyebab kerusakan/masalah.

Coba dong di share jadi semua bisa tau dan kalo bisa kasih solusi kan lebih baik untuk kita semua.

Terima kasih, salam om b8099ok. :D
bagian R&D anda bisa riset benchmarking dgn oli dgn spec yg sama dari merek lain yg kualitas oke

Kalo orang2 nya ngerti oli pasti paham gimana oli yg berkualitas....mau dari aspek test lab / aspek real spt suara mesin & performa / aspek endapan pada jeroan mesin

Berkualitas tidak berarti harus mahal

nuelgs
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by nuelgs »

Om turbo kalo oli q8 aman dari palsu kah?
Nemu di tokped q8 excel diesel kena 95rb/liter
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

nuelgs wrote:Om turbo kalo oli q8 aman dari palsu kah?
Nemu di tokped q8 excel diesel kena 95rb/liter
sejauh ini sih aman ya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Info promo oli utk tgl 17 - 29 Sept 2018

Q8 & Eneos

Link ToPed : https://m.tokopedia.com/tdmotor

As subject

Q8 T8700 - 5W30 API CJ-4 - Rp. 140.000 / L

Q8 Excel Dies 5W40 - Rp. 110.000 / L

Q8 Auto MV Full Synth ATF (WS comply) - Rp. 130.000 / L

ENEOS 0W20 API SN - Rp. 90.000 / L

Semua barang2 asli dari distro resmi masing masing

Utk pembelian bisa hub +62817199919

Pembelian minimum = 6 L

Eneos 0W20 min 4 L

Demikian sharing info
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by arfs »

Importir Pelumas Kendaraan Tuding Ada Persaingan Tak Sehat
Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 14/05/2018 17:35 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Perhimpunan Distributor Importir dan Produsen Pelumas Indonesia (PERDIPPI) menolak Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk setiap produk pelumas di dalam negeri. Mereka menilai ada celah menuju persaingan usaha tidak sehat dalam industri pelumas jika aturan tersebut disahkan.

Menurut Ketua Umum Perdippi Paul Toar bahwa wacana ini tidak lain sebagai upaya untuk menghambat produk pelumas impor di Indonesia. Sebab persyaratan mendapatkan label SNI harus dilakukan pengujian dan membutuhkan biaya tidak sedikit. Adapun besaran biaya senilai Rp500 juta per jenis.

Bila perusahaan importir pelumas memiliki 40 jenis pelumas yang diwajibkan SNI, maka biayanya sekitar Rp20 miliar. Sertifikasi tersebut pun hanya berlaku empat tahun.


Dengan wacana itu menurut dia, tentu ini bakal mengurangi daya saing perusahaan kecil dan menengah lantaran biaya akan masuk harga yang dibebankan kepada konsumen.

"Artinya akan terjadi persaingan yang tidak sehat," kata Paul kepada wartawan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Paul pun menyebut jika ketentuan SNI diberlakukan, maka akan bertentangan dengan Undang-Undang (UU) No. 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Bahkan berpotensi melanggar melanggar peraturan dan perundang-undangan lainnya.

Di mana sesuai UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas dan turunannya wewenang pengaturan soal mutu turunan minyak bumi seperti bahan bakar minyak dan pelumas berada di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Dilihat dari kacamata KPPU

Kepala Biro Humas Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Taufik Aryanto pun berpendapat ada potensi persaingan usaha tak sehat dalam industri pelumas nantinya jika kewajiban SNI ditetapkan.

Dijelaskan Taufik, penerapan wajib SNI bakal membuat suplai oli atau pelumas di dalam negeri berkurang drastis terutama pelumas impor dan menyebabkan pasar dikuasai sebagian produsen saja.

"Bisa aja (seperti itu) kalau oli impor berkurang dalam jumlah signifikan. Jadi pilihan makin terbatas. Otomatis persaingan pasar oli berkurang," kata Taufik saat dihubungi CNNIndonesia.com.

"Teorinya, kalau pasokan impor berkurang konsentrasi pangsa pasar produsen dalam negri akan naik. Kalau produsennya banyak, tentu tidak masalah. Kalau cuma beberapa pelaku usaha aja, itu yang nantinya berpotensi ke bentuk-bentuk penguasaan pasar," ujar dia melanjutkan.

Oleh karena itu Ia berharap hal-hal tersebut dapat menjadi pertimbangan dari pemerintah, meski SNI wajib adalah upaya melindungi konsumen dan industri di Tanah Air.

"Ya tentunya kami berharap faktor ini juga menjadi pertimbangan dari pemerintah dalam rencana SNI wajib tadi. Supaya pasokan oli dalam negri tetap stabil dan tingkat persaingan terjaga," kata Taufik.

Pertamina buka suara

Sebelumnya, perwakilan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Harjanto mengungkapkan bahwa SNI wajib untuk pelumas adalah hal penting lantaran produk ini digunakan untuk banyak hal, mulai manufaktur sampai dengan sektor transportasi.

Dia pun mengakui banyak desakan terkait itu termasuk dari asosiasi seperti Asosiasi Produsen Pelumas Dalam Negeri (ASPELINDO) dan Masyarakat Pelumas Indonesia (MASPI).

"Kemenperin akan segera memberlakukan secara wajib, tunggu waktunya saja, karena ini sesuatu yang penting," ucap Harjanto.

Sementara Direktur Sales dan Marketing Pertamina Lubricants Andria Nusa menyatakan sebagai salah satu produsen pelumas mendukung wacana itu. Sehingga yang semula SNI hanya bersifat sukarela berubah menjadi wajib.

"Jika tidak maka itu bakal tidak dilakukan dan terus saja membawa ancaman bagi konsumen," tutup Andria. (mik)
[emo-police]
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Turboman wrote: Tue Sep 25, 2018 9:47 Info promo oli utk tgl 17 - 29 Sept 2018

Q8 & Eneos

Link ToPed : https://m.tokopedia.com/tdmotor

As subject

Q8 T8700 - 5W30 API CJ-4 - Rp. 140.000 / L

Q8 Excel Dies 5W40 - Rp. 110.000 / L

Q8 Auto MV Full Synth ATF (WS comply) - Rp. 130.000 / L

ENEOS 0W20 API SN - Rp. 90.000 / L

Semua barang2 asli dari distro resmi masing masing

Utk pembelian bisa hub +62817199919

Pembelian minimum = 6 L

Eneos 0W20 min 4 L

Demikian sharing info
Om turbo, q8 5w-30 long life SN acea c3 bisa dipake di ertiga (flat tapped) sama yaris bakpao?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

erwinign wrote:
Turboman wrote: Tue Sep 25, 2018 9:47 Info promo oli utk tgl 17 - 29 Sept 2018

Q8 & Eneos

Link ToPed : https://m.tokopedia.com/tdmotor

As subject

Q8 T8700 - 5W30 API CJ-4 - Rp. 140.000 / L

Q8 Excel Dies 5W40 - Rp. 110.000 / L

Q8 Auto MV Full Synth ATF (WS comply) - Rp. 130.000 / L

ENEOS 0W20 API SN - Rp. 90.000 / L

Semua barang2 asli dari distro resmi masing masing

Utk pembelian bisa hub +62817199919

Pembelian minimum = 6 L

Eneos 0W20 min 4 L

Demikian sharing info
Om turbo, q8 5w-30 long life SN acea c3 bisa dipake di ertiga (flat tapped) sama yaris bakpao?
Flat tappet sy lebih vote Shell Astra 5W30 yg masi promo di Bli2
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by jdm86 »

Atau Kendall GT-1 dengan antiwear tinggi.
So far pake di m15a memuaskan ( butt'o meter), lebih memuaskan daripada 0w-20.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

jdm86 wrote: Fri Sep 28, 2018 2:30 Atau Kendall GT-1 dengan antiwear tinggi.
So far pake di m15a memuaskan ( butt'o meter), lebih memuaskan daripada 0w-20.
Masalahnya kendall udh susah cari nya om, di bli2 udah ngilang. Smntr ini saya alternatif nya ptt, tapi hari2 ini ada diskon q8 long life 5w-30 juga jadi galau
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by jdm86 »

erwinign wrote: Fri Sep 28, 2018 2:36
jdm86 wrote: Fri Sep 28, 2018 2:30 Atau Kendall GT-1 dengan antiwear tinggi.
So far pake di m15a memuaskan ( butt'o meter), lebih memuaskan daripada 0w-20.
Masalahnya kendall udh susah cari nya om, di bli2 udah ngilang. Smntr ini saya alternatif nya ptt, tapi hari2 ini ada diskon q8 long life 5w-30 juga jadi galau
Masa sih om ? di Jakarta - Tangerang sih banyak om kendall.
Di Tokped juga ada yang jual.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

erwinign wrote:
jdm86 wrote: Fri Sep 28, 2018 2:30 Atau Kendall GT-1 dengan antiwear tinggi.
So far pake di m15a memuaskan ( butt'o meter), lebih memuaskan daripada 0w-20.
Masalahnya kendall udh susah cari nya om, di bli2 udah ngilang. Smntr ini saya alternatif nya ptt, tapi hari2 ini ada diskon q8 long life 5w-30 juga jadi galau
di BliBli ada lagi tuh

cek BliBli aja
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by evanbngdor »

Turboman wrote: Fri Sep 28, 2018 3:05
erwinign wrote:
jdm86 wrote: Fri Sep 28, 2018 2:30 Atau Kendall GT-1 dengan antiwear tinggi.
So far pake di m15a memuaskan ( butt'o meter), lebih memuaskan daripada 0w-20.
Masalahnya kendall udh susah cari nya om, di bli2 udah ngilang. Smntr ini saya alternatif nya ptt, tapi hari2 ini ada diskon q8 long life 5w-30 juga jadi galau
di BliBli ada lagi tuh

cek BliBli aja
Lapaknya ada tp produknya ngga ada om.

Kebetulan ane juga pemantau blibli

:mky_01: :mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T