Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Satya21 wrote:Om turbo, pertanyaan ttg oli mesin bensin.
Kadang di tulisan bungkus oli ada tulisan "untuk mesin bensin dan mesin diesel" atau "untuk mesin bensin" saja.
Kira2 lebih baik pakai yang mana diantara 2 jenis ini om? Utk jenis pertama aman jika dipakai jangka panjang?
Lebih baik liat std API / ACEA/ std LongLife automakers & PDS nya

ACEA A series = Gasoline

B series = Diesel PCMO

C series = low SAPS (kalo di Indo ya utk bensin aja, kalo di negara Euro 5 bisa utk Desel PCMO)

Kadang2 ada oli yg ditulis API SN ILSAC GF-5, tapi setelah liat data VOA nya oli tsb sebetulnya juga bisa dipake di Desel.......TBN / antiwear agent & kadar Calcium nya cukup

Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Satya21 »

Turboman wrote: Thu Jul 19, 2018 0:34
Satya21 wrote:Om turbo, pertanyaan ttg oli mesin bensin.
Kadang di tulisan bungkus oli ada tulisan "untuk mesin bensin dan mesin diesel" atau "untuk mesin bensin" saja.
Kira2 lebih baik pakai yang mana diantara 2 jenis ini om? Utk jenis pertama aman jika dipakai jangka panjang?
Lebih baik liat std API / ACEA/ std LongLife automakers & PDS nya

ACEA A series = Gasoline

B series = Diesel PCMO

C series = low SAPS (kalo di Indo ya utk bensin aja, kalo di negara Euro 5 bisa utk Desel PCMO)

Kadang2 ada oli yg ditulis API SN ILSAC GF-5, tapi setelah liat data VOA nya oli tsb sebetulnya juga bisa dipake di Desel.......TBN / antiwear agent & kadar Calcium nya cukup
Terima kasih pencerahan nya om 👍
nobeldhp
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon May 15, 2017 5:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by nobeldhp »

Pagi om Turbo

Kalo di sinta, itu lbh baik mana ya kendall 0w-20 full atau Q8 0W-20 dengan pemakaian harian. Mohon pencerahannya Tks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

nobeldhp wrote:Pagi om Turbo

Kalo di sinta, itu lbh baik mana ya kendall 0w-20 full atau Q8 0W-20 dengan pemakaian harian. Mohon pencerahannya Tks
Bebas lah

ini Kendall 0W20 saya pake 7 bulan & 7000 km so far baik2 aja, mau coba terus sampe 9000 km
nobeldhp
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon May 15, 2017 5:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by nobeldhp »

Turboman wrote: Thu Jul 19, 2018 3:50
nobeldhp wrote:Pagi om Turbo

Kalo di sinta, itu lbh baik mana ya kendall 0w-20 full atau Q8 0W-20 dengan pemakaian harian. Mohon pencerahannya Tks
Bebas lah

ini Kendall 0W20 saya pake 7 bulan & 7000 km so far baik2 aja, mau coba terus sampe 9000 km
Ok tks informasinya om, soalnya di grah sakti lg promo Q8 0w-20 130rb
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

nobeldhp wrote:
Turboman wrote: Thu Jul 19, 2018 3:50
nobeldhp wrote:Pagi om Turbo

Kalo di sinta, itu lbh baik mana ya kendall 0w-20 full atau Q8 0W-20 dengan pemakaian harian. Mohon pencerahannya Tks
Bebas lah

ini Kendall 0W20 saya pake 7 bulan & 7000 km so far baik2 aja, mau coba terus sampe 9000 km
Ok tks informasinya om, soalnya di grah sakti lg promo Q8 0w-20 130rb
oo boleh tuu
Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Satya21 »

Turboman wrote: Thu Jul 19, 2018 3:50
nobeldhp wrote:Pagi om Turbo

Kalo di sinta, itu lbh baik mana ya kendall 0w-20 full atau Q8 0W-20 dengan pemakaian harian. Mohon pencerahannya Tks
Bebas lah

ini Kendall 0W20 saya pake 7 bulan & 7000 km so far baik2 aja, mau coba terus sampe 9000 km
Om, ini sy lagi pakai kendall 0w20 di anki, udah jalan 6000 km selama 3bulan lebih, suara mesin agak sedikit kasar dr biasanya, warna oli cek melalui dipstick sudah coklat/hitam, tarikan masih biasa saja.
Cukup sampai 7000 km saja atau bablasin sampai 9000 km om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Satya21 wrote:
Turboman wrote: Thu Jul 19, 2018 3:50
nobeldhp wrote:Pagi om Turbo

Kalo di sinta, itu lbh baik mana ya kendall 0w-20 full atau Q8 0W-20 dengan pemakaian harian. Mohon pencerahannya Tks
Bebas lah

ini Kendall 0W20 saya pake 7 bulan & 7000 km so far baik2 aja, mau coba terus sampe 9000 km
Om, ini sy lagi pakai kendall 0w20 di anki, udah jalan 6000 km selama 3bulan lebih, suara mesin agak sedikit kasar dr biasanya, warna oli cek melalui dipstick sudah coklat/hitam, tarikan masih biasa saja.
Cukup sampai 7000 km saja atau bablasin sampai 9000 km om?
bebas sii

Mau ganti di KM brp ya suka2 user aja
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by racho »

Turboman wrote: Wed Jul 18, 2018 15:44 Om kalau unil opal atau bizol 5w30 itu bagus ga? Dibengkel langganan harga keduanya sama 150rb.
Di botol tertulis bisa untuk Turbocharge engine. Memang beda ya spec oli mesin NA dan Turbo?

Oli ATF saya baca buku manual tipe MV, butuhnya sekitar 8ltr.
Saya juga lihat total ada ATF MV/LV harga 120rb, itu cocok dan bagus ga Om?
oli mesin liat std API / ACEA / MB std nya dan liat PDS nya

Kalo tulisan mah semua juga kecap saya no 1

TOTAL MVLV boleh tu, yg penting ASLI (harusnya sih type ini aman)
[/quote]

ane pernah baca speknya, Total MV LV itu bukannya tipe low viscosity yg confirm Dexron VI?
kalo tipe MV bukannya ada sendiri Total MV?
kalo ATF keenceran itu biasanya efeknya gimana ya om Turbo?

kalo buat mesin bensin turbo, sebenernya olinya kudu yang gimana sih?
bukannya harus yg lebih tahan panas ya? misal... 10w60 gitu?
ane kebetulan lagi penasaran pengen minang EJ20...
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

racho wrote:
Turboman wrote: Wed Jul 18, 2018 15:44 Om kalau unil opal atau bizol 5w30 itu bagus ga? Dibengkel langganan harga keduanya sama 150rb.
Di botol tertulis bisa untuk Turbocharge engine. Memang beda ya spec oli mesin NA dan Turbo?

Oli ATF saya baca buku manual tipe MV, butuhnya sekitar 8ltr.
Saya juga lihat total ada ATF MV/LV harga 120rb, itu cocok dan bagus ga Om?
oli mesin liat std API / ACEA / MB std nya dan liat PDS nya

Kalo tulisan mah semua juga kecap saya no 1

TOTAL MVLV boleh tu, yg penting ASLI (harusnya sih type ini aman)
ane pernah baca speknya, Total MV LV itu bukannya tipe low viscosity yg confirm Dexron VI?
kalo tipe MV bukannya ada sendiri Total MV?
kalo ATF keenceran itu biasanya efeknya gimana ya om Turbo?

kalo buat mesin bensin turbo, sebenernya olinya kudu yang gimana sih?
bukannya harus yg lebih tahan panas ya? misal... 10w60 gitu?
ane kebetulan lagi penasaran pengen minang EJ20...[/quote]ya kalo supercar rata2 sih minta buntut 60 / 50

apalagi kalo sering utk Track Day / sering high RPM

Higher RPM = suhu oli lebih panas

kalo daily drive ya pake 5W40 bisa

Kalo mobil2 Petrol Turbo biasa yg baru3 malah byk yg minta 0W20 spt Honda / Toyota......aneh nih

kalo sy lebih feeling 5W30 aja utk Petrol Turbo spt di CRV
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

Turboman wrote: Fri Jul 20, 2018 5:03 .......

Kalo mobil2 Petrol Turbo biasa yg baru3 malah byk yg minta 0W20 spt Honda / Toyota......aneh nih

kalo sy lebih feeling 5W30 aja utk Petrol Turbo spt di CRV
Iya tuh om, saya baca (per bobistheoilguy) karena kalo si Honda/Toyota molynya tinggi untuk oli 0w20 mereka ~ paling tidak untuk Jepang, makanya 0w20nya Jepang rada spesial.

https://www.bobistheoilguy.com/forums/u ... /4818343/1

Tapi kalo seandainya saya punya mobil-mobil tsb untuk penggunaan di sini saya bakal pilih 0w/5w30 yang bagus, atau mungkin ambil 0w40 Mobil 1 supaya saya yakin itu mobil bakal bisa lama saya pake (kalo saya beli mobil dari biasanya gak bakal dijual lagi untuk waktu yang lamaaaaaa wkwkwkwkwk).
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

exflowly wrote:
Turboman wrote: Fri Jul 20, 2018 5:03 .......

Kalo mobil2 Petrol Turbo biasa yg baru3 malah byk yg minta 0W20 spt Honda / Toyota......aneh nih

kalo sy lebih feeling 5W30 aja utk Petrol Turbo spt di CRV
Iya tuh om, saya baca (per bobistheoilguy) karena kalo si Honda/Toyota molynya tinggi untuk oli 0w20 mereka ~ paling tidak untuk Jepang, makanya 0w20nya Jepang rada spesial.

https://www.bobistheoilguy.com/forums/u ... /4818343/1

Tapi kalo seandainya saya punya mobil-mobil tsb untuk penggunaan di sini saya bakal pilih 0w/5w30 yang bagus, atau mungkin ambil 0w40 Mobil 1 supaya saya yakin itu mobil bakal bisa lama saya pake (kalo saya beli mobil dari biasanya gak bakal dijual lagi untuk waktu yang lamaaaaaa wkwkwkwkwk).
5w30 atau 0w30

0W40 mah nanti berat
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by gwsecretc »

Turboman wrote: Fri Jul 20, 2018 7:20
exflowly wrote:
Turboman wrote: Fri Jul 20, 2018 5:03 .......

Kalo mobil2 Petrol Turbo biasa yg baru3 malah byk yg minta 0W20 spt Honda / Toyota......aneh nih

kalo sy lebih feeling 5W30 aja utk Petrol Turbo spt di CRV
Iya tuh om, saya baca (per bobistheoilguy) karena kalo si Honda/Toyota molynya tinggi untuk oli 0w20 mereka ~ paling tidak untuk Jepang, makanya 0w20nya Jepang rada spesial.

https://www.bobistheoilguy.com/forums/u ... /4818343/1

Tapi kalo seandainya saya punya mobil-mobil tsb untuk penggunaan di sini saya bakal pilih 0w/5w30 yang bagus, atau mungkin ambil 0w40 Mobil 1 supaya saya yakin itu mobil bakal bisa lama saya pake (kalo saya beli mobil dari biasanya gak bakal dijual lagi untuk waktu yang lamaaaaaa wkwkwkwkwk).
5w30 atau 0w30

0W40 mah nanti berat
Jadi om turbo, crv turbo mending kasih 5w30 dibanding 0w20 ya? Masi bingung juga oli yg paling cocok buat ni mobil. Mau honda gold smpe q8 0w20 juga oil life nya cuma kisaran 3000-4000km :frm_bang_head:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

gwsecretc wrote:
Turboman wrote: Fri Jul 20, 2018 7:20
exflowly wrote: Iya tuh om, saya baca (per bobistheoilguy) karena kalo si Honda/Toyota molynya tinggi untuk oli 0w20 mereka ~ paling tidak untuk Jepang, makanya 0w20nya Jepang rada spesial.

https://www.bobistheoilguy.com/forums/u ... /4818343/1

Tapi kalo seandainya saya punya mobil-mobil tsb untuk penggunaan di sini saya bakal pilih 0w/5w30 yang bagus, atau mungkin ambil 0w40 Mobil 1 supaya saya yakin itu mobil bakal bisa lama saya pake (kalo saya beli mobil dari biasanya gak bakal dijual lagi untuk waktu yang lamaaaaaa wkwkwkwkwk).
5w30 atau 0w30

0W40 mah nanti berat
Jadi om turbo, crv turbo mending kasih 5w30 dibanding 0w20 ya? Masi bingung juga oli yg paling cocok buat ni mobil. Mau honda gold smpe q8 0w20 juga oil life nya cuma kisaran 3000-4000km :frm_bang_head:
itu oil service indicator kan itung dr engine hour dan kons BBM yak

oli sih bisa pake lebih dr 5000 km
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by gwsecretc »

Oke om turbo, berarti hajar terus aja ya sampe 5000an km.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

Turboman wrote: Fri Jul 20, 2018 7:20
0W40 mah nanti berat
Iya sih, agak berat dikit gpp dah... yang penting pikiran saya mesin lebih terpotreksi.

Saya masih belum bisa move on kalo mesin turbo kudu oli yang bantalannya rada tebel.

Saya juga masih pake mesin bensin NA yang sukanya juga oli tebel si hehehehe
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

exflowly wrote:
Turboman wrote: Fri Jul 20, 2018 7:20
0W40 mah nanti berat
Iya sih, agak berat dikit gpp dah... yang penting pikiran saya mesin lebih terpotreksi.

Saya masih belum bisa move on kalo mesin turbo kudu oli yang bantalannya rada tebel.

Saya juga masih pake mesin bensin NA yang sukanya juga oli tebel si hehehehe
paling bener ya ikutin manual book

Misal disarankan 0W20 trus kita pakai buntut 30 sih masih oke, tapi kalo ke 40 dah kelewat jauh

Mesin2 yg didisain menggunakan oli encer (0W20 ) itu disain pompa oli / jalur oli / kerapatan celah jeroan mesin tentu ada sedikit beda dgn mesin2 yg minta oli 15W40

Jadi penggunaan oli kental belum tentu selalu akan lebih baik

Kecuali anda modif extreme, itu lain cerita........misal ganti Turbo yg bisa boost tinggi disertai perubahan pada oil pump.....
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

Turboman wrote: Sun Jul 22, 2018 6:52
Saya juga masih pake mesin bensin NA yang sukanya juga oli tebel si hehehehe
paling bener ya ikutin manual book

Misal disarankan 0W20 trus kita pakai buntut 30 sih masih oke, tapi kalo ke 40 dah kelewat jauh

Mesin2 yg didisain menggunakan oli encer (0W20 ) itu disain pompa oli / jalur oli / kerapatan celah jeroan mesin tentu ada sedikit beda dgn mesin2 yg minta oli 15W40

Jadi penggunaan oli kental belum tentu selalu akan lebih baik

Kecuali anda modif extreme, itu lain cerita........misal ganti Turbo yg bisa boost tinggi disertai perubahan pada oil pump.....
[/quote]

Setuju si om, plg bener memang lewat manual book.

Saya sebenernya pengen ngestock oli satu aja, jadi 1TR, M52, 2KD, 7K dan 2ZR semuanya pake oli yang sama supaya stocknya gak puyeng.
Setelah dicoba, cuman Mobil1 0w40 yang rasanya enak di semua, tapi kurang tahan lama di 2KD (suara kasar setelah 6000km), kemahalan (buat di 7K), agak berat di 2ZR. Nah, sekarang lagi pake Kendall 0w20 buat 1TR dan 2ZR, 2KD pake Delvac, M52 pake 0w40 dan si 7K pake Fastron.
Katumbiri
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Jul 03, 2018 4:28

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Katumbiri »

om turbo..avanza 2011 ane kasi oli shell astra yg 5w30.ko habis perjalanan jauh suara mesinnya kaya ada gesekan gitu ya.sebelumnya pake yg 10w40 ga muncul suara apa2.normal ga om?apa perlu balik lagi ke 10w40?
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

exflowly wrote: Sun Jul 22, 2018 16:59
Setuju si om, plg bener memang lewat manual book.

Saya sebenernya pengen ngestock oli satu aja, jadi 1TR, M52, 2KD, 7K dan 2ZR semuanya pake oli yang sama supaya stocknya gak puyeng.
Setelah dicoba, cuman Mobil1 0w40 yang rasanya enak di semua, tapi kurang tahan lama di 2KD (suara kasar setelah 6000km), kemahalan (buat di 7K), agak berat di 2ZR. Nah, sekarang lagi pake Kendall 0w20 buat 1TR dan 2ZR, 2KD pake Delvac, M52 pake 0w40 dan si 7K pake Fastron.
Ini ada studi mengenai oli visco rendah vs tinggi tergantung dari HTHS:

http://www.defender2.net/forum/post142574.html

Sayang dia gak kasih info olinya apa aja (beda merk atau mungkin campur-campur, atau mungkin diblend sendiri).
dotti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Tue May 08, 2012 9:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by dotti »

Mobil saya crv 2.0 AT 2013 kmarin2 selalu ganti oli di beres, skg mau coba di luaran ky di toda, bagusnya pake oli mesin seperti apa yg bisa awet 10rb km? Saya foto buku manual ttg oli mesin krn ga ngerti bacanya. Thank youuuImage
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

dotti wrote:Mobil saya crv 2.0 AT 2013 kmarin2 selalu ganti oli di beres, skg mau coba di luaran ky di toda, bagusnya pake oli mesin seperti apa yg bisa awet 10rb km? Saya foto buku manual ttg oli mesin krn ga ngerti bacanya. Thank youuuImage
kalo mau enak dan hemat BBM pake 0W20

pilih yg full syn aja
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by arfs »

PTT Lubricants lagi promo buy 3 liters get 1 liter free.
Image
Image

*Bukan seles oli... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by josomba »

Just info beberapa oli yg ada di GIIAS

AMSOIL Sign series dipatok 240 ribu per liter dengan tambahan diskon 10%

Ravenol juga ikutan, mereka masarin oli 0W-16 dengan ukuran galon (4L) harganye 1.125 juta. Sales2nya ditraining untuk bilang boleh dipakai dengan mobil yg diperbolehkan 0w-20.

Sekilas spek-nya ravenol

Density at 20°C kg/m³ 843,1 EN ISO 12185
Colour green visual
Viscosity at 100°C mm²/s 7,24 DIN 51 562
Viscosity at 40°C mm²/s 38,36 DIN 51 562
Viscosity index VI 156 DIN ISO 2909
HTHS at 150°C mPа*s 2,4 CEC L-036-90
CCS Viscosity at -35°C mPa*s 4400 ASTM D5293
Viscosity (MRV) at -40°C mPa*s 10400 ASTM D 4684
Pourpoint °C -58 DIN ISO 3016
Noack Volatility % 8,2 ASTM D5800/b
TBN mg KOH/g 6,17 ASTM D2896
Sulphated ash %wt. 0,9 DIN 51 575

Agak ngeri liat TBN-nya.

Motul td ada lengkap serinya cuman lupa nanya harga, di toda mulai susah cari Motul specific 913D (A5/B5), kali2 ada yg cari bisa hunting di giias
Image
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by kenop »

josomba wrote: Sat Aug 04, 2018 9:52 Just info beberapa oli yg ada di GIIAS

AMSOIL Sign series dipatok 240 ribu per liter dengan tambahan diskon 10%

Ravenol juga ikutan, mereka masarin oli 0W-16 dengan ukuran galon (4L) harganye 1.125 juta. Sales2nya ditraining untuk bilang boleh dipakai dengan mobil yg diperbolehkan 0w-20.

Sekilas spek-nya ravenol

Density at 20°C kg/m³ 843,1 EN ISO 12185
Colour green visual
Viscosity at 100°C mm²/s 7,24 DIN 51 562
Viscosity at 40°C mm²/s 38,36 DIN 51 562
Viscosity index VI 156 DIN ISO 2909
HTHS at 150°C mPа*s 2,4 CEC L-036-90
CCS Viscosity at -35°C mPa*s 4400 ASTM D5293
Viscosity (MRV) at -40°C mPa*s 10400 ASTM D 4684
Pourpoint °C -58 DIN ISO 3016
Noack Volatility % 8,2 ASTM D5800/b
TBN mg KOH/g 6,17 ASTM D2896
Sulphated ash %wt. 0,9 DIN 51 575

Agak ngeri liat TBN-nya.

Motul td ada lengkap serinya cuman lupa nanya harga, di toda mulai susah cari Motul specific 913D (A5/B5), kali2 ada yg cari bisa hunting di giias
Ravenol merk nya kayak antiseptik ya :big_biglaugh: