Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Renjiro »

Om om kalo ngetap oli lewat atas seperti di shop n drive dibandingkan dg ngetap oli dr bawah lebih bersih yg mana? Terimakasih
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by rudyzanetti »

exflowly wrote: Tue Nov 13, 2018 2:37
rudyzanetti wrote: Mon Nov 12, 2018 11:48 Kok ga aada yg ngomongin united oil ya?
Itu 0w30 nya harga menggiurkan bgt di kelasnya? Ditulis pao lagi 😂
Itu kl bisa kirim ke lampung, uda saya embat 0w30 nya. 😄😄

Edit: barusan cek uda balik harga normal 😂😂😂
Saya dulu juga pake oli 0w40 yang ditulis PAO juga harga murmer dan akhirnya ngotorin mesin yang barusan turun. Sampai sekarang masih ada 1 dus di garasi, saya pake cuman buat flushing aja. Sumbernya oli saya sama sepertinya dengan United Oil.

Kalo nggak salah ada juga yang kerja di United Oil di SM dan menanyakan kenapa kok United Oil reputasinya tidak terlalu kinclong. Mungkin ada benang merahnya tu.
Bikin sludge kah om, oli yg om pake itu? Blh tau kronologinya gmn?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Renjiro wrote:Om om kalo ngetap oli lewat atas seperti di shop n drive dibandingkan dg ngetap oli dr bawah lebih bersih yg mana? Terimakasih
oke aja sih asal selang nya bener2 sampe ke dasar
Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Renjiro »

Turboman wrote: Tue Nov 13, 2018 4:00
Renjiro wrote:Om om kalo ngetap oli lewat atas seperti di shop n drive dibandingkan dg ngetap oli dr bawah lebih bersih yg mana? Terimakasih
oke aja sih asal selang nya bener2 sampe ke dasar
Soalnya kemarin baru ganti oli sesuai rekomendasi om turbo, Q8 excel LL 5w-40 dr pak halim 7 liter, di tap di shop n drive tp via selang dr atas, ditap dpt 5'5 liter oli lama hx7 usia 1tahun dpt 3000an km, tuang 6,5 ltr Q8, sementara impresi mesin jd halus tarikan jg enteng, kira2 kalo biar makin halus perlu tambah NanoE, ceratec ato xafo revit? Lebih bagus mana diantara ketiganya? Terima Kasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Renjiro wrote:
Turboman wrote: Tue Nov 13, 2018 4:00
Renjiro wrote:Om om kalo ngetap oli lewat atas seperti di shop n drive dibandingkan dg ngetap oli dr bawah lebih bersih yg mana? Terimakasih
oke aja sih asal selang nya bener2 sampe ke dasar
Soalnya kemarin baru ganti oli sesuai rekomendasi om turbo, Q8 excel LL 5w-40 dr pak halim 7 liter, di tap di shop n drive tp via selang dr atas, ditap dpt 5'5 liter oli lama hx7 usia 1tahun dpt 3000an km, tuang 6,5 ltr Q8, sementara impresi mesin jd halus tarikan jg enteng, kira2 kalo biar makin halus perlu tambah NanoE, ceratec ato xafo revit? Lebih bagus mana diantara ketiganya? Terima Kasih
kalo mesin masih sehat gak perlu tambah2 additip
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Fookyoo »

marmut wrote: Mon Nov 12, 2018 14:41
Fookyoo wrote: Mon Nov 12, 2018 10:34 Om semua, ada yang udah pernah coba Total Quartz 9000 yang 5W30?
specnya kalo gak salah ACEA A5/B5, API SN (atau SL ya?)/CF. :mky_01:
Kalo kurang recommended, apa ada saran oli yang sekelas (dan harga juga sekelas, around IDR 100-120 ribu/liter)? :big_childish:

5w30 nggak mungkin API SL.
Oh iya Om, API SN ternyata. Recommended kah? :mky_01: atua ada rekomendasi lain?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Fookyoo wrote:
marmut wrote: Mon Nov 12, 2018 14:41
Fookyoo wrote: Mon Nov 12, 2018 10:34 Om semua, ada yang udah pernah coba Total Quartz 9000 yang 5W30?
specnya kalo gak salah ACEA A5/B5, API SN (atau SL ya?)/CF. :mky_01:
Kalo kurang recommended, apa ada saran oli yang sekelas (dan harga juga sekelas, around IDR 100-120 ribu/liter)? :big_childish:

5w30 nggak mungkin API SL.
Oh iya Om, API SN ternyata. Recommended kah? :mky_01: atua ada rekomendasi lain?
ACEA A5 / B5 biasanya bisa utk Flat Tappet

kemaren 2 minggu PTT promo 5W30 nya ACEA A5 / B5 Kan

Full Syn

gak sampe 100 rb / L
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Turboman wrote: Tue Nov 13, 2018 7:48
Fookyoo wrote:
marmut wrote: Mon Nov 12, 2018 14:41


5w30 nggak mungkin API SL.
Oh iya Om, API SN ternyata. Recommended kah? :mky_01: atua ada rekomendasi lain?
ACEA A5 / B5 biasanya bisa utk Flat Tappet

kemaren 2 minggu PTT promo 5W30 nya ACEA A5 / B5 Kan

Full Syn

gak sampe 100 rb / L
Udh ga promo lagi om. Yg promo cm galonan, dr 495 jd 475
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by limsandy »

exflowly wrote: Tue Nov 13, 2018 2:37 Saya dulu juga pake oli 0w40 yang ditulis PAO juga harga murmer dan akhirnya ngotorin mesin yang barusan turun. Sampai sekarang masih ada 1 dus di garasi, saya pake cuman buat flushing aja. Sumbernya oli saya sama sepertinya dengan United Oil.

Kalo nggak salah ada juga yang kerja di United Oil di SM dan menanyakan kenapa kok United Oil reputasinya tidak terlalu kinclong. Mungkin ada benang merahnya tu.
[emo-me-too]

Ya..... Saya belom lama ini mulai kerja di United Oil. Saya kan pernah menanyakan kenapa United Oil reputasi nya tidak bagus, tapi sampai saat ini belom ada yang kasih tau saya pengalaman pribadi mereka ataupun cerita dari orang2 yang sudah pernah pake oli United. Terus terang, saya masih pake oli Amsoil sisa stock dari dulu sih jadi belom pindah aliran ke United Oil. :big_peace:

SM ini kan discussion forum ya. Kalo ada bad experience pake oli apa pun juga, saya rasa ngak ada tempat yang lebih cocok di-diskusikan di sini toh. Kalo ada kritik/masukan, akan saya terima dengan lapang dada kok. Mungkin bahkan bisa sampaikan ke pihak management kami supaya ke depan nya lebih baik lagi. Bisa juga lewat japri ke saya. :big_peace:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Jambangan »

marmut wrote: Mon Nov 12, 2018 14:43 lebih sering ganti lebih baik, bén bakulé cepet munggah kaji.....


















:ngacir:
:big_biglaugh:

Pemborosan ya om
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by bembenk95 »

limsandy wrote:
exflowly wrote: Tue Nov 13, 2018 2:37 Saya dulu juga pake oli 0w40 yang ditulis PAO juga harga murmer dan akhirnya ngotorin mesin yang barusan turun. Sampai sekarang masih ada 1 dus di garasi, saya pake cuman buat flushing aja. Sumbernya oli saya sama sepertinya dengan United Oil.

Kalo nggak salah ada juga yang kerja di United Oil di SM dan menanyakan kenapa kok United Oil reputasinya tidak terlalu kinclong. Mungkin ada benang merahnya tu.
[emo-me-too]

Ya..... Saya belom lama ini mulai kerja di United Oil. Saya kan pernah menanyakan kenapa United Oil reputasi nya tidak bagus, tapi sampai saat ini belom ada yang kasih tau saya pengalaman pribadi mereka ataupun cerita dari orang2 yang sudah pernah pake oli United. Terus terang, saya masih pake oli Amsoil sisa stock dari dulu sih jadi belom pindah aliran ke United Oil. :big_peace:

SM ini kan discussion forum ya. Kalo ada bad experience pake oli apa pun juga, saya rasa ngak ada tempat yang lebih cocok di-diskusikan di sini toh. Kalo ada kritik/masukan, akan saya terima dengan lapang dada kok. Mungkin bahkan bisa sampaikan ke pihak management kami supaya ke depan nya lebih baik lagi. Bisa juga lewat japri ke saya. :big_peace:
Jempol dah, kalo management bisa trima masukan atau kritikan, dan ada kelanjutan buat improve.. Kalo ane sih usul. Coba di kasih harga diskon utk produknya. Trus di test lab.. Ane mau kok.. Hhhh
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by arfs »

exflowly wrote:
rudyzanetti wrote: Mon Nov 12, 2018 11:48 Kok ga aada yg ngomongin united oil ya?
Itu 0w30 nya harga menggiurkan bgt di kelasnya? Ditulis pao lagi [emoji23]
Itu kl bisa kirim ke lampung, uda saya embat 0w30 nya. [emoji1][emoji1]

Edit: barusan cek uda balik harga normal [emoji23][emoji23][emoji23]
Saya dulu juga pake oli 0w40 yang ditulis PAO juga harga murmer dan akhirnya ngotorin mesin yang barusan turun. Sampai sekarang masih ada 1 dus di garasi, saya pake cuman buat flushing aja. Sumbernya oli saya sama sepertinya dengan United Oil.

Kalo nggak salah ada juga yang kerja di United Oil di SM dan menanyakan kenapa kok United Oil reputasinya tidak terlalu kinclong. Mungkin ada benang merahnya tu.
Image

Di PDS nya knp gk tertulis PAO yah... [emoji55] [emoji55] [emoji55] [emoji55]
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

limsandy wrote:
exflowly wrote: Tue Nov 13, 2018 2:37 Saya dulu juga pake oli 0w40 yang ditulis PAO juga harga murmer dan akhirnya ngotorin mesin yang barusan turun. Sampai sekarang masih ada 1 dus di garasi, saya pake cuman buat flushing aja. Sumbernya oli saya sama sepertinya dengan United Oil.

Kalo nggak salah ada juga yang kerja di United Oil di SM dan menanyakan kenapa kok United Oil reputasinya tidak terlalu kinclong. Mungkin ada benang merahnya tu.
[emo-me-too]

Ya..... Saya belom lama ini mulai kerja di United Oil. Saya kan pernah menanyakan kenapa United Oil reputasi nya tidak bagus, tapi sampai saat ini belom ada yang kasih tau saya pengalaman pribadi mereka ataupun cerita dari orang2 yang sudah pernah pake oli United. Terus terang, saya masih pake oli Amsoil sisa stock dari dulu sih jadi belom pindah aliran ke United Oil. :big_peace:

SM ini kan discussion forum ya. Kalo ada bad experience pake oli apa pun juga, saya rasa ngak ada tempat yang lebih cocok di-diskusikan di sini toh. Kalo ada kritik/masukan, akan saya terima dengan lapang dada kok. Mungkin bahkan bisa sampaikan ke pihak management kami supaya ke depan nya lebih baik lagi. Bisa juga lewat japri ke saya. :big_peace:
Kalo kantor ente ada rencana mau IPO

boleh hub ane
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by iwing »

marmut wrote: Sun Nov 11, 2018 5:16
pandaendut wrote: Sun Nov 11, 2018 3:53
Filter sekalian ganti aja ya. Baik om nanti sy gantinolinya
Terima kasih buat advisnya :big_okay:

filter oli diganti bareng sama oli mesin. toh harganya nggak seberapa dibanding resikonya.
suhu Turboman pernah kasi info, umur filter oli efektif kalo nggak salah 6000 KM saja.
lhaaa kalo umur filter oli segitu, gmn yg ganti oli nya sering diatas itu ya..??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

iwing wrote:
marmut wrote: Sun Nov 11, 2018 5:16
pandaendut wrote: Sun Nov 11, 2018 3:53
Filter sekalian ganti aja ya. Baik om nanti sy gantinolinya
Terima kasih buat advisnya :big_okay:

filter oli diganti bareng sama oli mesin. toh harganya nggak seberapa dibanding resikonya.
suhu Turboman pernah kasi info, umur filter oli efektif kalo nggak salah 6000 KM saja.
lhaaa kalo umur filter oli segitu, gmn yg ganti oli nya sering diatas itu ya..??
filter oli tergantung dimensi dan jenis mesin nya

Kalo di 2KD pake filter YZZZ2 yg agak kecil saya ganti filter per 5000 - 6000 km

Kalo YZZ D4 saya ganti di 10.000 km

Kalo di mesin bensin filter bisa lebih panjang krn kadar soot di oli gak setinggi di Diesel
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by limsandy »

Dddddddddddddd ddddddddddddddddddddddddddddd
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Pacific Lubritama

http://www.pli-corp.com/index.php/pages ... te-profile

Kalo suatu hari rencana mau IPO boleh kontak2 ane
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

limsandy wrote: Tue Nov 13, 2018 11:20
Ya..... Saya belom lama ini mulai kerja di United Oil. Saya kan pernah menanyakan kenapa United Oil reputasi nya tidak bagus, tapi sampai saat ini belom ada yang kasih tau saya pengalaman pribadi mereka ataupun cerita dari orang2 yang sudah pernah pake oli United. Terus terang, saya masih pake oli Amsoil sisa stock dari dulu sih jadi belom pindah aliran ke United Oil. :big_peace:

SM ini kan discussion forum ya. Kalo ada bad experience pake oli apa pun juga, saya rasa ngak ada tempat yang lebih cocok di-diskusikan di sini toh. Kalo ada kritik/masukan, akan saya terima dengan lapang dada kok. Mungkin bahkan bisa sampaikan ke pihak management kami supaya ke depan nya lebih baik lagi. Bisa juga lewat japri ke saya. :big_peace:
SM memang discussion forum, namun ini ranah publik. Ranah publik = apa yang kita diskusikan di sini terbuka bagi masyarakat. Masyarakat di sini termasuk para pemegang kepentingan, baik saya sebagai konsumen, orang-orang yang ingin produknya maju maupun orang-orang yang bisa saja mau supaya produknya tidak sesuai spec.

Kecuali om punya channel khusus whistleblower yang dijamin aman, mungkin baru ada yang mau voice opinion.

Saya juga berteman dengan orang yang jual oli yang sekarang saya endapkan di dus. Kenal baik malah. Teman mekanik saya sudah pernah wanti-wanti mengenai oli ini, tapi saya percaya karena specnya memadai (A3/B3).Om Turboman pernah bilang lebih baik diretur aja karena toh ambilnya dgn distributor. Saya memilih tidak retur, toh hanya rugi beberapa liter dan anggap aja pernah belajar jadi sekarang saya ngerti.

Oli yang saya pakai juga saya test lab, no issue. Tapi di 2 mesin, satu baru rebuilt (7K) dan satu lagi gak ada masalah (M52) setelah valve cover dibuka kondisi coklat banget setelah pake oli itu. Sekarang si 7K lagi pake Fastron dan M52 lagi pake Delvac1, coba nanti kita liat beberapa bulan lagi pas buka valve cover.
Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Renjiro »

exflowly wrote: Thu Nov 15, 2018 3:16
limsandy wrote: Tue Nov 13, 2018 11:20
Ya..... Saya belom lama ini mulai kerja di United Oil. Saya kan pernah menanyakan kenapa United Oil reputasi nya tidak bagus, tapi sampai saat ini belom ada yang kasih tau saya pengalaman pribadi mereka ataupun cerita dari orang2 yang sudah pernah pake oli United. Terus terang, saya masih pake oli Amsoil sisa stock dari dulu sih jadi belom pindah aliran ke United Oil. :big_peace:

SM ini kan discussion forum ya. Kalo ada bad experience pake oli apa pun juga, saya rasa ngak ada tempat yang lebih cocok di-diskusikan di sini toh. Kalo ada kritik/masukan, akan saya terima dengan lapang dada kok. Mungkin bahkan bisa sampaikan ke pihak management kami supaya ke depan nya lebih baik lagi. Bisa juga lewat japri ke saya. :big_peace:
SM memang discussion forum, namun ini ranah publik. Ranah publik = apa yang kita diskusikan di sini terbuka bagi masyarakat. Masyarakat di sini termasuk para pemegang kepentingan, baik saya sebagai konsumen, orang-orang yang ingin produknya maju maupun orang-orang yang bisa saja mau supaya produknya tidak sesuai spec.

Kecuali om punya channel khusus whistleblower yang dijamin aman, mungkin baru ada yang mau voice opinion.

Saya juga berteman dengan orang yang jual oli yang sekarang saya endapkan di dus. Kenal baik malah. Teman mekanik saya sudah pernah wanti-wanti mengenai oli ini, tapi saya percaya karena specnya memadai (A3/B3).Om Turboman pernah bilang lebih baik diretur aja karena toh ambilnya dgn distributor. Saya memilih tidak retur, toh hanya rugi beberapa liter dan anggap aja pernah belajar jadi sekarang saya ngerti.

Oli yang saya pakai juga saya test lab, no issue. Tapi di 2 mesin, satu baru rebuilt (7K) dan satu lagi gak ada masalah (M52) setelah valve cover dibuka kondisi coklat banget setelah pake oli itu. Sekarang si 7K lagi pake Fastron dan M52 lagi pake Delvac1, coba nanti kita liat beberapa bulan lagi pas buka valve cover.
Oli apa itu om yg bikin jd coklat banget? Acdc kah ato Original? Biar buat warning jg yg blm sempet terbeli
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

foto mesin batumakam dgn oli std BeRes batumakam dan interval ganti oli sesuai anjuran BeRes batumakam
1542258512379.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Bag bawah mesin
1542260404782.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Jambangan »

Turboman wrote: Thu Nov 15, 2018 5:08 foto mesin batumakam dgn oli std BeRes batumakam dan interval ganti oli sesuai anjuran BeRes batumakam 1542258512379.jpg
Wow wow wow
Mod DOHC dulu pernah share jg cylinder head livina pake oli NGO ganti tiap 10rb KM isinya sludge semua
Pernah ada jg member sini jg yg evalia nya divonis turun mesin gara2 pake oli NGO setelah pemakaian 9rb KM nguap emtah kemana jebol deh metal2
Bener kata om Turbo interval ganti di beres + pake oli atpm itu ada maksud terselubung
Biar kita cepat ganti mobil :big_biglaugh:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Jambangan wrote: Thu Nov 15, 2018 5:45
Turboman wrote: Thu Nov 15, 2018 5:08 foto mesin batumakam dgn oli std BeRes batumakam dan interval ganti oli sesuai anjuran BeRes batumakam 1542258512379.jpg
Wow wow wow
Mod DOHC dulu pernah share jg cylinder head livina pake oli NGO ganti tiap 10rb KM isinya sludge semua
Pernah ada jg member sini jg yg evalia nya divonis turun mesin gara2 pake oli NGO setelah pemakaian 9rb KM nguap emtah kemana jebol deh metal2
Bener kata om Turbo interval ganti di beres + pake oli atpm itu ada maksud terselubung
Biar kita cepat ganti mobil :big_biglaugh:
Wow gile jg ya. Wkt terakhir2 saya pake livina hr15 2007, pas rewel2nya udah mulai sering tambah oli. Oli pake NGO terus. Kejadian 2012 akhir, abis itu 2013 jual di km 140k. Sering tap oli apa gejala sludge kaya foto diatas ya?
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by arfs »

Mantap, untung ud ninggalin lama tuh NGO buat mesin lipindut ane..
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Jambangan »

erwinign wrote: Thu Nov 15, 2018 5:59 Wow gile jg ya. Wkt terakhir2 saya pake livina hr15 2007, pas rewel2nya udah mulai sering tambah oli. Oli pake NGO terus. Kejadian 2012 akhir, abis itu 2013 jual di km 140k. Sering tap oli apa gejala sludge kaya foto diatas ya?
Bisa jadi olinya berkurang gara2 udah jadi sludge om :upss:
Tapi ga tau jg sih bisa jadi emang olinya kualitas jelek gampang nguap
Dulu pernah pake oli HX8 di swift beli di online diragukan keasliannya dipake 4rban KM nguap
Pernah pake oli suzuki di swift jg nguap dipake 5rb KM

Ane pernah dapat mobil seken, mesin isinya sludge semua
Dipstick sampe lengket gara2 sludge
Oli sisa setengah antara FULL & LOW
Beli di sodara jadi percaya2 aja ga buka tutup oli pas periksa. Denger mesin suaranya halus ya udah sikat mumpung harga murmer
Eh besoknya pas cek oli lewat dipstick isinya sludge semua
Buru2 ke beres bersihin pake engine flush dan ganti oli dipercepat
Sekarang mobil masih dipake adek kuliah di bandung jadi ngeri takut sewaktu2 jebol