Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Auanz »

limsandy wrote: Mon Nov 19, 2018 11:05
arfs wrote: Mon Nov 19, 2018 10:34
Turboman wrote:Melihat hasil test lab TMO DESEL 5W30

Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal

Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention
Om turbo, kalau ptt dynamic commonrail 10w30 semi synthetic di pakai di mobil bensin n/a bisa tdk (terutama buat cuci jeroan mesin).. Lalu kalau bisa dipakai 5rb km / 6 bulan kelamaan atau gk? Rencana mau buat di batu makam hr15, mumpung masih bisa diselamatkan... :big_childish:
Kalo untuk oli diesel 10W-30 mungkin bisa lirik oli kami yg katanya udah full synthetic dengan kandungan PAO (Eco Max) dengan sertifikasi API CK-4.
Coba dilihat PDS nya:

http://www.united-oil.com/UploadedImg/P ... CO-MAX.pdf

*sales oli United :mky_01:
Share specs yang eco-elite 0w-20 donk gan. Spy kt pd tau.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by arfs »

Auanz wrote: Tue Nov 20, 2018 14:49 Share specs yang eco-elite 0w-20 donk gan. Spy kt pd tau.
Udah pernah saya share gan di page 76
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

Jambangan wrote:
exflowly wrote: Tue Nov 20, 2018 11:51 Kadang oil pressure light suka nyala... yg parah pas start awal suka lama matinya dan bunyi gesekan lumayan.

Itu yg saya pernah ketemu, mesinnya bukan hr15 ya.

Kalo sludge ringan si kalo gak buka valve cover gak keliatan
Om, ane dulu pernah punya innova bensin 2012
Kalo start pagi lampu oli agak lama matinya
Ga sampe 1 detik sih (pernah ukur pake stopwatch) tapi dibanding mobil lain keliatan agak lama matinya
Dan mesin agak kasar klek klek klek gitu 3 menitan baru senyap
Apa itu tanda2 mulai sludge??
Kalo ane curiga gara2 dipakein 10w40 terus dari baru mesin jadi agak kasar
Pernah baca dimana ya lupa katanya oli 10w40 bikin kerak di mesin makanya ane perhatiin mobil kalo udah pernah nyicip 10w40 jadi ngelitik parah ga ilang2
Pengalaman pribadi
Kalo pas start pertama kali abis berhenti lama ya mmg gitu. 1 detik kurang mah bagus, mesin saya aja yg gak ada sludge kadang lebih dr 2 detik pas start awal.

Saya si gak mikir mesin sludge berhubungan dengan viskositas olinya, lebih ke olinya langsung.... asli atau tidak, pake aditif atau tidak, ada yg nakal nyampur pake zat lain (sopir?), dan interval penggantian oli brp lama/km.

Mesin yg saya pernah liat banyak sludge itu oil pressure lightnya gak mati2x. Yg saya pernah liat itu rasanya kena oli palsu dan sepertinya dibawa jalan jauh... oil pressure lightnya nyala lama...bisa lebih dr 5 detik atau bahkan 10 detik... sampai saya minta matikan mesinnya karena bunyi camnya mengiris hati.

Tapi gak selamanya sludge menyebabkan oil pressure gak mati ya.

Oil pressure bisa nyala lama/gak mati sbb:

Bisa karena oil filter drain back valvenya jelek/bocor/gak sesuai spec jadi pas ditinggal lama olinya turun semua.
Bisa karena bearing sudah kemakan/aus atau oli yg dipakai terlalu encer. Bisa karena mekanisme variable valve/selang oli bocor/rembes.
Bisa karena pompa oli mmg sudah aus jadi tekanannya kurang.
Bisa karena timing chain sudah longgar/ketarik atau salah masang gigi timing chain sehingga jarak rantainya jadi lbh panjang dr semestinya, akibatnya pompa oli muternya kurang cepat.

Sludge menyebabkan oil pressure light nyala pada saat banyak sludge yg nutupin mesh/screen pompa oli (menghambat hisapan oli dr pompa oli) atau sludgenya nutupin lubang/jalur oli jadinya olinya gak bisa kehisap dan kedorong ke oil filter dgn tekanan yg cukup.

Kalo sludge adanya di jalur oli bagian camshaft misalnya, saya yakin oil pressure lightnya gak bakal nyala.... tp bakal kedengeran banget ada yg bergesek apalagi kalo mesin valve tapet.

Saya pernah nguras bak oli karter pake pertadex supaya sludge di bagian karter pada ilang dan (mudah2xan) jalur hisapan olinya juga kerendem supaya sludgenya hilang. Pas mesin mati dan setelah oli lama dikeluarkan, saya isi pertadex di carter sekitar kapasitas olinya tp tdk melalui valve cover karena gak mau kena valve stem seals dgn solar/dex. Mesin tidak dinyalakan, saya tunggu sekitar 1 jam lalu keluarkan dexnya (drain) terus setelah mau habis isi oli 1 liter buat dorong sisanya.

Setelah itu baru isi oli baru full dan jalankan mesin sekitar 15 menit. Lalu setelah itu dikeluarkan lagi olinya dan isi oli yg kita mau... baru dibawa jalan.

Hasilnya dr dex yg keluar lumayan hitam, oli yg buat bilas gak terlalu coklat... tp yg pasti oli yg dipakai setelah itu gak trll cepat jadi coklat.

Eh setelah baca2x forum lain, ada yg bilang mestinya butuh 2 hari. Jadi pas mesin panas (pastikan panas dan bukan mesin dingin) dan abis keluarin oli lama, mestinya diisi solar sampe kapasitas dikurangin 1 liter supaya gak ketemu bibir carter/oil seal. Biarin 12 jam atau lebih, nah abis itu baru didrain semaleman supaya solar keluar semua. Setelah itu diisiin oli biasa, pake sekitar 500km terus baru diisi oli yg kita mau. Katanya dgn cara ini carter jadi bersih dr sludge termasuk screen filter oil pump...asal belon ada yg jadi keras kayak batu2x/pasir.

Saya juga baca ada yg pake BG EPR tapi gak dituang semua, jadi dipake sekitar 1/4 - 1/3 kaleng dan dibawa jalan sekitar 200km baru dituang sisanya semua, jalankan mesin dgn idle speed sekitar 15 menit baru terus buang campuran oli dan BG EPRnya. Setelah itu ya isi oli baru dan bawa jalan deh.

Ini sekedar sharing saja ya, saya tidak menanggung resiko maupun manfaat dan tidak menyarankan hal2x di atas apabila ada yg mencoba lalu mesinnya menjadi rusak atau malah menjadi lebih baik.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by iwing »

jadi penasaran kalo misal oli yang digunakan di mesin yang berkerak/sludge di kirim utk test lab UOA kira2 gmn ya..?? atau mungkin oli yang berpotensi menyebabkan sludge di test lab UOA. gara2 lihat postingan om arfs, saya lihat lubang dipstik oli mobil saya, hasilnya baik2 aja/aman menurut mata saya heheheh. btw saya masih setia pakai oli pertamina
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

iwing wrote:jadi penasaran kalo misal oli yang digunakan di mesin yang berkerak/sludge di kirim utk test lab UOA kira2 gmn ya..?? atau mungkin oli yang berpotensi menyebabkan sludge di test lab UOA. gara2 lihat postingan om arfs, saya lihat lubang dipstik oli mobil saya, hasilnya baik2 aja/aman menurut mata saya heheheh. btw saya masih setia pakai oli pertamina
Saya kmrn test oli ke lab yg ngebuat coklat mesin2x saya hasilnya ok.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Jambangan »

exflowly wrote: Tue Nov 20, 2018 15:10
Jambangan wrote:
exflowly wrote: Tue Nov 20, 2018 11:51 Kadang oil pressure light suka nyala... yg parah pas start awal suka lama matinya dan bunyi gesekan lumayan.

Itu yg saya pernah ketemu, mesinnya bukan hr15 ya.

Kalo sludge ringan si kalo gak buka valve cover gak keliatan
Om, ane dulu pernah punya innova bensin 2012
Kalo start pagi lampu oli agak lama matinya
Ga sampe 1 detik sih (pernah ukur pake stopwatch) tapi dibanding mobil lain keliatan agak lama matinya
Dan mesin agak kasar klek klek klek gitu 3 menitan baru senyap
Apa itu tanda2 mulai sludge??
Kalo ane curiga gara2 dipakein 10w40 terus dari baru mesin jadi agak kasar
Pernah baca dimana ya lupa katanya oli 10w40 bikin kerak di mesin makanya ane perhatiin mobil kalo udah pernah nyicip 10w40 jadi ngelitik parah ga ilang2
Pengalaman pribadi
Kalo pas start pertama kali abis berhenti lama ya mmg gitu. 1 detik kurang mah bagus, mesin saya aja yg gak ada sludge kadang lebih dr 2 detik pas start awal.

Saya si gak mikir mesin sludge berhubungan dengan viskositas olinya, lebih ke olinya langsung.... asli atau tidak, pake aditif atau tidak, ada yg nakal nyampur pake zat lain (sopir?), dan interval penggantian oli brp lama/km.

Mesin yg saya pernah liat banyak sludge itu oil pressure lightnya gak mati2x. Yg saya pernah liat itu rasanya kena oli palsu dan sepertinya dibawa jalan jauh... oil pressure lightnya nyala lama...bisa lebih dr 5 detik atau bahkan 10 detik... sampai saya minta matikan mesinnya karena bunyi camnya mengiris hati.

Tapi gak selamanya sludge menyebabkan oil pressure gak mati ya.

Oil pressure bisa nyala lama/gak mati sbb:

Bisa karena oil filter drain back valvenya jelek/bocor/gak sesuai spec jadi pas ditinggal lama olinya turun semua.
Bisa karena bearing sudah kemakan/aus atau oli yg dipakai terlalu encer. Bisa karena mekanisme variable valve/selang oli bocor/rembes.
Bisa karena pompa oli mmg sudah aus jadi tekanannya kurang.
Bisa karena timing chain sudah longgar/ketarik atau salah masang gigi timing chain sehingga jarak rantainya jadi lbh panjang dr semestinya, akibatnya pompa oli muternya kurang cepat.

Sludge menyebabkan oil pressure light nyala pada saat banyak sludge yg nutupin mesh/screen pompa oli (menghambat hisapan oli dr pompa oli) atau sludgenya nutupin lubang/jalur oli jadinya olinya gak bisa kehisap dan kedorong ke oil filter dgn tekanan yg cukup.

Kalo sludge adanya di jalur oli bagian camshaft misalnya, saya yakin oil pressure lightnya gak bakal nyala.... tp bakal kedengeran banget ada yg bergesek apalagi kalo mesin valve tapet.

Saya pernah nguras bak oli karter pake pertadex supaya sludge di bagian karter pada ilang dan (mudah2xan) jalur hisapan olinya juga kerendem supaya sludgenya hilang. Pas mesin mati dan setelah oli lama dikeluarkan, saya isi pertadex di carter sekitar kapasitas olinya tp tdk melalui valve cover karena gak mau kena valve stem seals dgn solar/dex. Mesin tidak dinyalakan, saya tunggu sekitar 1 jam lalu keluarkan dexnya (drain) terus setelah mau habis isi oli 1 liter buat dorong sisanya.

Setelah itu baru isi oli baru full dan jalankan mesin sekitar 15 menit. Lalu setelah itu dikeluarkan lagi olinya dan isi oli yg kita mau... baru dibawa jalan.

Hasilnya dr dex yg keluar lumayan hitam, oli yg buat bilas gak terlalu coklat... tp yg pasti oli yg dipakai setelah itu gak trll cepat jadi coklat.

Eh setelah baca2x forum lain, ada yg bilang mestinya butuh 2 hari. Jadi pas mesin panas (pastikan panas dan bukan mesin dingin) dan abis keluarin oli lama, mestinya diisi solar sampe kapasitas dikurangin 1 liter supaya gak ketemu bibir carter/oil seal. Biarin 12 jam atau lebih, nah abis itu baru didrain semaleman supaya solar keluar semua. Setelah itu diisiin oli biasa, pake sekitar 500km terus baru diisi oli yg kita mau. Katanya dgn cara ini carter jadi bersih dr sludge termasuk screen filter oil pump...asal belon ada yg jadi keras kayak batu2x/pasir.

Saya juga baca ada yg pake BG EPR tapi gak dituang semua, jadi dipake sekitar 1/4 - 1/3 kaleng dan dibawa jalan sekitar 200km baru dituang sisanya semua, jalankan mesin dgn idle speed sekitar 15 menit baru terus buang campuran oli dan BG EPRnya. Setelah itu ya isi oli baru dan bawa jalan deh.

Ini sekedar sharing saja ya, saya tidak menanggung resiko maupun manfaat dan tidak menyarankan hal2x di atas apabila ada yg mencoba lalu mesinnya menjadi rusak atau malah menjadi lebih baik.
Wah panjang bgt om :mky_03:
Nah kalo di mobil adek ane sirion seken yg sludge parah itu sih lampu oli normal2 aja om malah cepet bgt matinya pas distart berarti kemungkinan sludge nya di sekitar head ya
Pas liat lubang pengisian oli sih mayan parah tapi paling parah sludge di dipstick sampe lengket2 gitu
Kalo mobil ane innova yg udah dijual yg menurut ane lampu oli "agak" lama matinya itu malah daleman bersih liat di dipstick ama tutup pengisian oli karena dari baru ane yg rawat ga pernah telat ganti oli walaupun gonta ganti merek
Cuma mesin agak kasar kalo idle ada suara klek klek klek gitu apalagi kalo start pagi2 mungkin HLA bermasalah gara2 selalu pake 10w40
Tapi SA beres aja ga denger mungkin ane yg terlalu parno :big_biglaugh:
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

Panjang supaya jgn salah tafsir om.

Kita diagnosa kudu teliti, apalagi dah pegang boil bmw tuir... kalo gak teliti bisa semua divonis salah tp gak bener2x.

Innova bensin ya? Sampai skrg 1trfe peninggalan alm ayah masih halus. Terakhir pake Kendall Xw20 juga masih alus. Kayaknya Toyota bensin jaman skrg si maunya yg encer2x... Xw30 lah maximum.

Kalo masih ada Innova bensinnya, ssya bakal saranin pake 0w20 yg bagus, coba jalan sktr 1000-2000km dan pantau dipstick. Kali aja ada sisa/bekas oli w40 yg ngebuat jadi bunyi di sela2x mesin yg kudu dibilas sama yg oli yg enceran.

zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by zzzprince »

Jambangan wrote:
exflowly wrote: Tue Nov 20, 2018 11:51 Kadang oil pressure light suka nyala... yg parah pas start awal suka lama matinya dan bunyi gesekan lumayan.

Itu yg saya pernah ketemu, mesinnya bukan hr15 ya.

Kalo sludge ringan si kalo gak buka valve cover gak keliatan
Om, ane dulu pernah punya innova bensin 2012
Kalo start pagi lampu oli agak lama matinya
Ga sampe 1 detik sih (pernah ukur pake stopwatch) tapi dibanding mobil lain keliatan agak lama matinya
Dan mesin agak kasar klek klek klek gitu 3 menitan baru senyap
Apa itu tanda2 mulai sludge??
Kalo ane curiga gara2 dipakein 10w40 terus dari baru mesin jadi agak kasar
Pernah baca dimana ya lupa katanya oli 10w40 bikin kerak di mesin makanya ane perhatiin mobil kalo udah pernah nyicip 10w40 jadi ngelitik parah ga ilang2
Pengalaman pribadi
Setuju sama si om, kebetulan lagi piara 2 unit calya, sama sama Pertamax dari baru, satu dari awal beli pakai oli q8 formula ultra 0w-20 interval penggantian 10rb km / 1 tahun sementara satunya lagi dari 0-40rb km pemakaian tmo 10w-40 dengan interval penggantian 6bulan / 5rb km. Yang pakai q8 gak pernah gelitik walaupun udah tambah peredam full berikut ganti ban lebih besar, sementara pengguna TMO selalu gelitik ringan saat oper gigi. Padahal unit tsb sudah 2x ganti oli Shell helix 0w-20 namun gelitik tetap muncul
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by iwing »

exflowly wrote: Thu Nov 22, 2018 9:04
iwing wrote:jadi penasaran kalo misal oli yang digunakan di mesin yang berkerak/sludge di kirim utk test lab UOA kira2 gmn ya..?? atau mungkin oli yang berpotensi menyebabkan sludge di test lab UOA. gara2 lihat postingan om arfs, saya lihat lubang dipstik oli mobil saya, hasilnya baik2 aja/aman menurut mata saya heheheh. btw saya masih setia pakai oli pertamina
Saya kmrn test oli ke lab yg ngebuat coklat mesin2x saya hasilnya ok.
wah apakah ini artinya hasil lab tidak mencerminkan kondisi kesehatan mesin yak
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

iwing wrote:
exflowly wrote: Thu Nov 22, 2018 9:04
iwing wrote:jadi penasaran kalo misal oli yang digunakan di mesin yang berkerak/sludge di kirim utk test lab UOA kira2 gmn ya..?? atau mungkin oli yang berpotensi menyebabkan sludge di test lab UOA. gara2 lihat postingan om arfs, saya lihat lubang dipstik oli mobil saya, hasilnya baik2 aja/aman menurut mata saya heheheh. btw saya masih setia pakai oli pertamina
Saya kmrn test oli ke lab yg ngebuat coklat mesin2x saya hasilnya ok.
wah apakah ini artinya hasil lab tidak mencerminkan kondisi kesehatan mesin yak
kayaknya kalo oli mencurigakan harus test TAN nya juga
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by lemonadelovers »

@ om turboman, sekarang kan ada oli dengan long drain formula seperti amsoil dan lucas yang diklaim bisa tahan 20rb km, kira2 aman gak ya untuk dipakai sejauh itu disini

Trims
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

lemonadelovers wrote:@ om turboman, sekarang kan ada oli dengan long drain formula seperti amsoil dan lucas yang diklaim bisa tahan 20rb km, kira2 aman gak ya untuk dipakai sejauh itu disini

Trims
Better melihat ke std LongLife nya dan abaikan mereknya om

kalo utk PCMO std Long Drain tertinggi setahu saya MB 229.5

Kalo utk HDEO tinggal diliat aja TBN & kadar Calcium or Calcium - Mg nya dalam kondisi baru

lalu soal interval ganti oli tergantung jarak Tempuh VS Durasi waktu

Kapasitas Oil pan juga pengaruh

saya pernah liat ada oli Full Syn HDEO jalan 20.000 km durasi 6 bulan, kondisi olinya masi layak pakai......dari hasil lab test......sayang user nya gak ganti filter oli di 10.000 km jadinya kontaminasi ada yg overlimit
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

iwing wrote:
exflowly wrote: Thu Nov 22, 2018 9:04
iwing wrote:jadi penasaran kalo misal oli yang digunakan di mesin yang berkerak/sludge di kirim utk test lab UOA kira2 gmn ya..?? atau mungkin oli yang berpotensi menyebabkan sludge di test lab UOA. gara2 lihat postingan om arfs, saya lihat lubang dipstik oli mobil saya, hasilnya baik2 aja/aman menurut mata saya heheheh. btw saya masih setia pakai oli pertamina
Saya kmrn test oli ke lab yg ngebuat coklat mesin2x saya hasilnya ok.
wah apakah ini artinya hasil lab tidak mencerminkan kondisi kesehatan mesin yak
Oli yg ngebuat coklat itu saya test VOAnya om, bukan oli bekasnya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by DOHC »

dl kayanya ane perna share jg sehh pemakaaian HX8 di HR15 ane dl, dan emang suara mesin agak kasar pas ud deket 4000an km keatas dan penguapan jg relatip tinggi.. tp scara overall dr ane pake ampe jual di odo 130an rebu, untungnya ga ad sludge samsek sehh.. dan penguapan jg relatip sama sejak odo 20an rebu (relatip tinggi maksudnya).. oli yg dipake slalu 5-30, embel2 full syn, merek atpm ama beberapa merek terkenal llaen nya.. ganti oli tiap 7000an km regardless oli merek apapun krn pasti ud ngeglitik parah dan suara mesin ud kasar ..
arfs wrote: Tue Nov 20, 2018 10:00
arfs wrote: Tue Nov 20, 2018 3:44
exflowly wrote:Ngomong2x di HR15nya skrg seperti apa? Banyak coklat2x atau dipstick sudah banyak kerak/lumpur? Atau malah oil pressure light nyala lama/bunyi camshaft bergesek pas baru start?
Masih normal sih. Cuman kalau ngintip di lubang pengisian oli, plat pengisian nya kelihatan ada kerak nya... Nanti saya foto in deh om...
Di dipstick ada warna coklat2 dikit, tp kalo jujur dulu ud sempat coklat rada pekat sih terus saya amplas halus dipstick nya biar bersih lagi :big_slap:
Itu dipstick nya diamplas biar bersih waktu mau ganti oli 60rb km dari shell hx8 ganti pake kendall gt max full syn 5w30 sampai 70rb km. 4 bulan lalu (60rb km) ganti oli ke PTT Performa full syn 5w30 dan skrg sudah menempuh 5rb km. Rencana di 77.5rb km mau ganti PTT Dynamic Commonrail 10w30 buat cuci mesin.
Image

Terlihat ada kerak di plat pengisian oli nya. (Lihat gambar dibawah untuk ilustrasi plat dan lubang pengisian oli tsb.
Image

*Foto ilustrasi lobang pengisian oli (yg diberi lingkaran hijau) nya di HR15DE Versi Dual VTC dan Dual injectors punya evalia.
Image
** BTW itu contoh batu makan evalia yg kena engine sludge dan baru "setengah jalan" bersih in nya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by paidjho »

arfs wrote:@ om exflowly,

Baik om kalau begitu nanti saat dipakai ptt 10w30 diesel di hr15 saya bakal saya pantau warna dan kekentalan oli nya dr dipstick.

Terima kasih untuk pencerahan nya.

PTT 10w30 saya lihat used oil analysis dr om turboman ca nya masih 3195 ppm di mobil innova 2kd dgn durasi pemakaian oli 7400 km dalam 3 bulan.
PTT 10W30, 340 jam, 9700an km, turun 3mm an dr batas max di dipstick di 2gd.
derkaiser
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Nov 25, 2018 5:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by derkaiser »

Halo selamat sore semuanya, salam kenal. Saya perlu informasi nih oli rekomendasi untuk ford ecosport 2016. Selama ini sudah menggunakan castrol 5w30 A5 sesuai rekomendasi pabrik. Tapi semakin lama agak sulit mencari oli ini karena banyak menjual oli palsu. Jenis oli merk Q8 apa yang cocok untuk ecosport ya? Saya perhatikan oli Q8 kualitasnya memuaskan dan belum ada pedagang nakal yang memalsukan..terima kasih sebelumnya.
derkaiser
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Nov 25, 2018 5:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by derkaiser »

derkaiser wrote: Sun Nov 25, 2018 7:53 Halo selamat sore semuanya, salam kenal. Saya perlu informasi nih oli rekomendasi untuk ford ecosport 2016. Selama ini sudah menggunakan castrol 5w30 A5 sesuai rekomendasi pabrik. Tapi semakin lama agak sulit mencari oli ini karena banyak menjual oli palsu. Jenis oli merk Q8 apa yang cocok untuk ecosport ya? Saya perhatikan oli Q8 kualitasnya memuaskan dan belum ada pedagang nakal yang memalsukan..terima kasih sebelumnya.
saya lampirkan juga nih beberapa spek oli yang saya cari
ada yang bisa kasih input..bagaimana kualitas SGO diesel? apakah untuk ecosport bisa untuk 10rb km? saya rata rata pemakaian 10rb/tahun..jadinya saya ganti oli setahun sekali..hehe

terima kasih.

Castrol 5w30 A5
Image

SGO Diesel 5w30 A5
Image

motul 913D 5w30 A5
Image
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Auanz »

derkaiser wrote: Sun Nov 25, 2018 7:53 Halo selamat sore semuanya, salam kenal. Saya perlu informasi nih oli rekomendasi untuk ford ecosport 2016. Selama ini sudah menggunakan castrol 5w30 A5 sesuai rekomendasi pabrik. Tapi semakin lama agak sulit mencari oli ini karena banyak menjual oli palsu. Jenis oli merk Q8 apa yang cocok untuk ecosport ya? Saya perhatikan oli Q8 kualitasnya memuaskan dan belum ada pedagang nakal yang memalsukan..terima kasih sebelumnya.

Yg di rekomen sesepuh disini *om Turbo adalah Q8 ultra 0w-20. (Cek di buku manual 0w-20 bs apa ga. Kl ga ada jg yg 5w-30)

Di tokoped, bli2 ada gan. Beli aja dr toko yg plg murah. Atau di graha sakti.

Q8, amsoil sig, PTT, atau kendall titanium.
derkaiser
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Nov 25, 2018 5:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by derkaiser »

Auanz wrote: Sun Nov 25, 2018 15:48
derkaiser wrote: Sun Nov 25, 2018 7:53 Halo selamat sore semuanya, salam kenal. Saya perlu informasi nih oli rekomendasi untuk ford ecosport 2016. Selama ini sudah menggunakan castrol 5w30 A5 sesuai rekomendasi pabrik. Tapi semakin lama agak sulit mencari oli ini karena banyak menjual oli palsu. Jenis oli merk Q8 apa yang cocok untuk ecosport ya? Saya perhatikan oli Q8 kualitasnya memuaskan dan belum ada pedagang nakal yang memalsukan..terima kasih sebelumnya.

Yg di rekomen sesepuh disini *om Turbo adalah Q8 ultra 0w-20. (Cek di buku manual 0w-20 bs apa ga. Kl ga ada jg yg 5w-30)

Di tokoped, bli2 ada gan. Beli aja dr toko yg plg murah. Atau di graha sakti.

Q8, amsoil sig, PTT, atau kendall titanium.
Terima kasih gan, saya baca manual booknya. Saya baca spesifikasinya ada tulisan rekomendasi ACEA A5/B5..di q8 ultra kebetulan tidak ada tulisan informasi acea a5..apakaha rekomen?
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Auanz »

Ada gan. Tp susah nyarinya. Q8 formula exclusive.

Pakai yg PTT Performa synthetic aja gan. Uda bs ACEA A5/B5.

Cek di blibli. :)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

derkaiser wrote:Halo selamat sore semuanya, salam kenal. Saya perlu informasi nih oli rekomendasi untuk ford ecosport 2016. Selama ini sudah menggunakan castrol 5w30 A5 sesuai rekomendasi pabrik. Tapi semakin lama agak sulit mencari oli ini karena banyak menjual oli palsu. Jenis oli merk Q8 apa yang cocok untuk ecosport ya? Saya perhatikan oli Q8 kualitasnya memuaskan dan belum ada pedagang nakal yang memalsukan..terima kasih sebelumnya.
ACEA A5/B5

PTT 5W30 ACEA A5/B5
Castrol Magnatec Professional
Motul Specific 913
TMO Diesel A5/B5

si PTT harga 125 rb / L di BliBli

TMO harga 150 sekian di BeRes T

Motul Specific 913 juga 150 lebih / L nya
derkaiser
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Nov 25, 2018 5:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by derkaiser »

Auanz wrote: Sun Nov 25, 2018 16:33 Ada gan. Tp susah nyarinya. Q8 formula exclusive.

Pakai yg PTT Performa synthetic aja gan. Uda bs ACEA A5/B5.

Cek di blibli. :)
Oke.penjual di bli2 uda cek..ada 2 penjual saja..:)
derkaiser
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Nov 25, 2018 5:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by derkaiser »

Turboman wrote: Sun Nov 25, 2018 16:43
derkaiser wrote:Halo selamat sore semuanya, salam kenal. Saya perlu informasi nih oli rekomendasi untuk ford ecosport 2016. Selama ini sudah menggunakan castrol 5w30 A5 sesuai rekomendasi pabrik. Tapi semakin lama agak sulit mencari oli ini karena banyak menjual oli palsu. Jenis oli merk Q8 apa yang cocok untuk ecosport ya? Saya perhatikan oli Q8 kualitasnya memuaskan dan belum ada pedagang nakal yang memalsukan..terima kasih sebelumnya.
ACEA A5/B5

PTT 5W30 ACEA A5/B5
Castrol Magnatec Professional
Motul Specific 913
TMO Diesel A5/B5

si PTT harga 125 rb / L di BliBli

TMO harga 150 sekian di BeRes T

Motul Specific 913 juga 150 lebih / L nya
Terima kasih infonya. Saya cek PDS nya PTT dan motul 913 speknya serupa ya.

Oiya om Turbo, saya lampirkan PDS untuk oli SGO. Penilaiannya gmn? Worth it gk? Saya pakai mobil rata2 sebulan 900km.. terina kasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

derkaiser wrote:
Turboman wrote: Sun Nov 25, 2018 16:43
derkaiser wrote:Halo selamat sore semuanya, salam kenal. Saya perlu informasi nih oli rekomendasi untuk ford ecosport 2016. Selama ini sudah menggunakan castrol 5w30 A5 sesuai rekomendasi pabrik. Tapi semakin lama agak sulit mencari oli ini karena banyak menjual oli palsu. Jenis oli merk Q8 apa yang cocok untuk ecosport ya? Saya perhatikan oli Q8 kualitasnya memuaskan dan belum ada pedagang nakal yang memalsukan..terima kasih sebelumnya.
ACEA A5/B5

PTT 5W30 ACEA A5/B5
Castrol Magnatec Professional
Motul Specific 913
TMO Diesel A5/B5

si PTT harga 125 rb / L di BliBli

TMO harga 150 sekian di BeRes T

Motul Specific 913 juga 150 lebih / L nya
Terima kasih infonya. Saya cek PDS nya PTT dan motul 913 speknya serupa ya.

Oiya om Turbo, saya lampirkan PDS untuk oli SGO. Penilaiannya gmn? Worth it gk? Saya pakai mobil rata2 sebulan 900km.. terina kasih
SGO nya di test lab aja kalo udah nempuh sekian ribu Km
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by B064RT »

oom, atf aisin ada ac dc nya ga?
harga di onglen store variatif