Driving Pleasure VS Advanced Technology

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ChZ »

iwidiyanto wrote: Tue Sep 19, 2017 7:04 Saya kalo pake map waktu jalan malah jadi terdistraksi, ga fokus liat jalan malah liat map mulu..., mendingan hafalin rute sebelum jalan.
Nah jujur navigasi merupakan fitur yang sedikit banyak membantu... Setidaknya bagi ane. Tetapi sekali lagi gak bisa 100% berharap dengan navigasi... Terkadang sense of direction dan logika kita harus jalan juga, krn navigasi satelit terkadang tdk bisa menjangkau lokasi - lokasi yang agak "mblusuk"...
satria120s wrote: Tue Sep 19, 2017 7:49 Saya Millenials, Teknologi kekinian yang hadir di kendaraan saya sama sekali ga ada.

ICE, cuma ngandelin Radio, CD, & AUX input (cukup ketinggalan jaman dibanding bluetooth / Mirroring atau bahkan USB Flashisk input).

SAFETY cuma ngandelin seatbelt standar, no airbag, abs, ebd, or any other sophisticated safety equipment.

GIMMICK FEATURE cuma ada parking sensor, itupun udah ketinggalan jaman dibanding parking camera.

Do I Enjoy my driving? Absolutely YES..

Berapapun jumlah silindernya, setiap mesin punya karakternya sendiri, ga jarang perjalanan pulang saya dari kantor tanpa menyalakan radio dan AC, jadi suara yang terdengar itu cuma raungan mesin.. bahkan walaupun cuma three tiny cyl.. CUkup untuk meredakan stress di kantor

Apapun jenisnya, baik itu lcgc, sedan, mpv, pasti punya keunggulannya sendiri, pernah nemu parkiran yang super sempit (diantara 2 MPV Pintu geser elektris), tapi masih leluasa masuk dan buka pintu masih cukup untuk keluar masuk tanpa bersusah payah..

Dp I want those advanced Tech? surely do.. tapi apa daya cuma mampu beli LCGC..
Yeap... di jaman orang tua kita juga mobil kagak ada apa - apanya mereka tetep bisa menikmati mobil yang "kosongan" ...

Setuju, saya yang pake Honda Civic sehari - hari pun menemukan satu titik dimana nyetir sebuah Daihatsu Ayla menjadi lebih menyenangkan... Ketika seorang teman ane beberapa kali nitip mobil karena rumahnya ga ada orang... Paling asik ya ketika sampe ke spot - spot dimana Civic saya dah nyerah karena bodi yang panjang dan turning radius yang kamvret...
forumuser wrote: Tue Sep 19, 2017 8:33 Sejak ada Uber, Grab, Gocar dll, jadi lebih pilih itu daripada setir sendiri, kalau setir untuk dinikmati, lebih prefer sedan tahun 90an, Ferio, E36, E39, Galant Hiu, dan harus manual..

Cuma apa daya garasi ngga cukup untuk menampung weekend car, jadi kudu puas dengan MPV untuk operasional sehari-hari, praktis, bisa angkut barang/orang banyak..
Ironisnya untuk generasi bapuk yang udah merasakan mobil - mobil yang disebutin itu, justru mobil "jadul" yang masih serba mekanikal itu dinilai lebih menyenangkan untuk dikendarai ketimbang generasi terbarunya. Mobil yang kalo ukuran standar sekarang miskin fitur, bahkan LCGC aja fiturnya masih lebih banyak. Justru mobil seperti ini yang dinilai fun dan selalu dirindukan oleh para petrolheads...

Masa dimana mobil - mobil begitu jujur apa adanya, tidak banyak distraksi di kabin... just me, the car, and the road. Menikmati alunan musik klasik dari radiotape jadulnya... berpadu dengan suara intake dan exhaust yang cenderung garing tidak ter-restriksi oleh Catalytic Converter.

Orang - orang freak yang diberi label "purist" ... seakan susah move on dari mobil - mobil jadul.

Lucu... Ketika canggihnya teknologi tidak bisa membeli nikmatnya "pure driving pleasure".
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by Yonatanw »

niubi wrote:mirroring saya masih pake, Spotify via hu, skip track volume etc lewat steering button, daripada ganggu pencet pencet hp, dah gak pake USB USB an.
waze via hu, gak usah lirik hp, terutama jalan ke tempat yang jarang atau sama sekali belum pernah tinggal lirik hu dikit, malah kadang cuma denger suaranya doang
jawab telp via hu juga, maklum sering dapet telp dari kantor
Idem dengan saya. Tablet saya buat HU, dipake buat spotify dan google maps tiap hari. Bosan euy lama2 di mobil lagunya itu2 aja.. Rute panjang tiap hari butuh maps, bukan ga tau jalan, tapi cari yang warnanya ngga merah. Haha..
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by irdna »

ChZ wrote: Tue Sep 19, 2017 9:06

Yeap... di jaman orang tua kita juga mobil kagak ada apa - apanya mereka tetep bisa menikmati mobil yang "kosongan" ...

Setuju, saya yang pake Honda Civic sehari - hari pun menemukan satu titik dimana nyetir sebuah Daihatsu Ayla menjadi lebih menyenangkan... Ketika seorang teman ane beberapa kali nitip mobil karena rumahnya ga ada orang... Paling asik ya ketika sampe ke spot - spot dimana Civic saya dah nyerah karena bodi yang panjang dan turning radius yang kamvret...


ironisnya untuk generasi bapuk yang udah merasakan mobil - mobil yang disebutin itu, justru mobil "jadul" yang masih serba mekanikal itu dinilai lebih menyenangkan untuk dikendarai ketimbang generasi terbarunya. Mobil yang kalo ukuran standar sekarang miskin fitur, bahkan LCGC aja fiturnya masih lebih banyak. Justru mobil seperti ini yang dinilai fun dan selalu dirindukan oleh para petrolheads...

Masa dimana mobil - mobil begitu jujur apa adanya, tidak banyak distraksi di kabin... just me, the car, and the road. Menikmati alunan musik klasik dari radiotape jadulnya... berpadu dengan suara intake dan exhaust yang cenderung garing tidak ter-restriksi oleh Catalytic Converter.

Orang - orang freak yang diberi label "purist" ... seakan susah move on dari mobil - mobil jadul.

Lucu... Ketika canggihnya teknologi tidak bisa membeli nikmatnya "pure driving pleasure".
menurut saya ga bsa di bandingkan jaman dulu dan skrg, kalau orang tua kita jaman dulu dengan mobil "kosongan" mereka sudah bsa menikmati ya wajar aja, karena di jaman itu teknologi blm berkembang pesat jadi ya rata2 mobil isi nya tanpa gimmick2 dan di jaman itu ya teknologi blm berkembang seperti sekarang. beda dgn generasi muda yang udah terbiasa dan fasih sama perkembangan teknologi dan juga dunia teknologi yang terus maju
intinya sih susah merubah kebiasaan orang. generasi tua kita ya sulit adaptasi dgn cepatnya perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini


contoh di 20-30 taun lagi semua mobil sudah robotic ga perlu lagi puter2 setir dan masukin gigi dan sudah otomatis smua
kita sebagai generasi yang masi merasakan setir di puter2 dan masukin gear ke D R atau N jg mungkin aja bilang kalau mobil jaman dulu lebih menyenangkan tp kalau generasi 20-30 taun yg akan datang jg beda pendapat pasti

menurut saya cmn karena masalah kebiasaan, susah merubah kebiasaan orang
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by grandscenic »

NYoman wrote: Sun Sep 17, 2017 14:58 Kalau mau buka2an.. Driving pleasure itu kepuasan semu..
Banyak kepuasan didunia ini.. yang memang semu, iya ga om.. he he
nugroho bagor wrote: Sun Sep 17, 2017 23:49 Saya masih demen kalau mobil,ada hand brake,gak electric brake.wah Om TS seumuran nich kayaknya
setuju om, hand brake itu identitas sebuah mobil yg tidak bisa tergantikan menurut saya, pernah bawa CRV yg pke foot brake.. udah starter lgsg aja masuk D, pas di gas "kok berasa berat ya..", ga lama baru sadar.."oh iya footbrake blm dilepas", gmna pke yg electronic brake ya.. norak bgt dah saya.
mommywifey wrote: Mon Sep 18, 2017 0:27 Seneng sih liat mobil2 tua dgn kesederhanaannya (kalo saya boleh bilang begitu). Saya waktu pertama kali punya mobil itu corola 73 masih warna hijau botol lengkap dgn spion tanduknya walaupun berat setirnya tapi ada perasaan seneng ngendarain mobil itu. Kesan jadulnya dapetlah walaupun butuh tenaga sih ngendarainnya. kalo pake mobil2 skrg juga enak sih semua serba otomatis ringan dan memudahkan.
mommywifey.. corolla 73 nya msh ada?
Harchi wrote: Sun Sep 17, 2017 23:04
mybear wrote: Sun Sep 17, 2017 16:09 Kalau speedometer tanpa jarum, seingat saya dulu tahun 80-90an ada mazda yang udah pakai (kalau ga salah mazda 323).

Kadang dengan adanya teknologi membuat kita semakin dimudahkan, akan tetapi kadang menurut saya membuat umur mobil tidak bisa seawet mobil2 jaman dulu karena banyaknya sensor2
Yup dulu yg pake begituan mazda interplay, capella, toyota corona twincam 2.0, cressida
dulu wkt sma pernah nebeng mobil temen, Ford Telstar, seinget saya itu juga udah digital speedometernya. --cmiiw--
adityabp wrote: Mon Sep 18, 2017 3:46 Apalagi mazda yg headlampnya bisa dilipet masuk ke moncong. Beeuhhh.... bener2x melampaui jamannya. :mky_08:
memang mazda ini terlihat futuristik dijamannya krn lampu lipatnya, wkt itu lg nge hits pula tv series Knight Rider yg memang pke lampu lipat.. ha ha
don1234 wrote: Mon Sep 18, 2017 5:08 teknologi bikin insting kewaspadaan kita sewaktu driving jadi berkurang, dulu gak ada sensor parkir aman2 aja waktu mundur, sekarang rasanya aneh(bego) kalo gak ada bunyi tit tit tit... semakin teknologi memanjakan kita, semakin berkurang kemampuan kita...
saya inget parkir mobil yg pke sensor parkir, ampe bunyi tiiiiiit panjang.. gak saya hiraukan krn annoying buat saya, walhasil.. kegesek lah itu bodi mobil ama tembok.. apes bgt dah.
dsign1990 wrote: Mon Sep 18, 2017 6:14 dan secara simple sepertinya klimaksnya sdh ketemu di autonomous car
setuju.. mungkin puncaknya.. nanti itu mobil2 autonomous, tp dalam bayangan saya,, the worst scenario yg bisa terjadi klo mobil2 udah autonomous, klo ada yg iseng.. bisa kejadian tuh scene di Fast8 yg mobil diambil alih kendalinya dr satu tempat, pada ngacir sendiri.. kan repot tuh.
Drpd autonomous, saya lbh nyaman paka jasa supir pribadi, supir itu bukan hanya menggantikan beban lelah qta dalam mengemudi tp juga bisa merawat mobil qta.. msh jauh lbh manfaat drpd autonomous, skrg kalo satu keluarga punya satu supir pribadi aja, berati 1 juta keluarga bisa nyediain 1 juta lapangan pekerjaan sbg supir pribadi, indah kan.. bagi2 rejeki :)
cengki308 wrote: Mon Sep 18, 2017 11:51 Jadi inget jaman sma taun 90an, teman yg bawa mobil matic selalu di ledek mobil cewe(real men use 3 pedals wkwk) saya pun ikutan alergi matic, sampai taun 2011 beliin istri yaris matic, eh keterusan sampe skrng mobilnya matic semua wkwk
Beruntunglah org yg diawal belajar nyetir pke mobil transmisi manual, penyesuaian ke matic ga susah, tp sebaliknya.. org dr awal cuma bisa matic.. bgtu disuruh bawa manual.. udah dah kagak bisa ngapa2, bnykan ngedumelnya.
mike22 wrote: Mon Sep 18, 2017 12:07 Mungkin karena jaman sekarang henpon aja tiap tahun keluar model baru pasti ada fitur baru, makanya mobil jg skarang gitu pasti ada aja fitur2 tech baru tiap keluar model baru..
Fitur2 di hp pun memang berpengaruh banget ama munculnya fitur2 digital dimobil, liat aja Apple CarPlay atau Android Auto.
saridin wrote: Mon Sep 18, 2017 12:08 bbrp tahun ke depan, mungkin udah gak ada yg secara khusus belajar teknik berhenti di tanjakan, semua mobil udah terpasang hsa... padahal skill berhenti ditanjakan ini termasuk yg paling mendebarkan proses belajarnya...
nah.. ini sebenernya skill dasar yg harus dimiliki para driver, START STOP DITANJAKAN, pastinya dg transmisi manualnya.. saya inget latihan ini, dg pasang handbrake, pedal gas-kopling-handbrake digerakan secara bersamaan spy mobil ga mundur ataupun loncat yg bikin mesin mati, inget juga belajar injek gas dan kopling bersamaan tanpa pasang handbrake.. jd mobil ga maju dan ga mundur utk durasi yg sebentar aja, klo stop lama.. ya pasang handbrake.. istrht dulu deh itu kaki, jujur.. ini pelajaran berharga.
c4b13 wrote: Mon Sep 18, 2017 13:03 sepertinya image masa depan itu adalah memang mobil harus bisa saling berkomunikasi dengan mobil lain.. jadi fitur autonomous memang harus ada dulu, lalu kedepannya baru fungsi komunikasi mobil ke mobil.. kalau sudah seperti ini memang tujuan mobility adalah memindahkan orang dari tempat A ke tempat B dengan seefisien mungkin, orang bisa istirahat di mobil nga usah capek setir, harapan zero crash karena mobil juga sudah bisa komunikasi dengan mobil lain,
drpd autonomous di bikin masal, mending transportasi masal di perbaiki dan ditingkatkan.. menjadi aman dan nyaman,, iya ga?, org ga perlu beli mobil, bisa bersosialisasi, kemana2 ga cape nyetir, lagian atunomous car itu da pasti harganya selangit.
ChZ wrote: Mon Sep 18, 2017 13:38 Satu sisi.... mengemudi hari ini gak sesulit 10 atau 20 tahun yang lalu dimana mobil mayoritas manual dan gak ada ABS nya...
Speaking mobil dulu yg gak ada ABS nya, saya pernah ngalamin kebut2an di tol (dulu dan jgn ditiru), sewaktu berbelok dg kecepatan yg msh ckup tinggi mobil ga terkendali.. diinjek rem malah tambah liar dg pola zig zag, ujungnya celaka, setelahnya.. ngobrol ama montir harusnya tarik handbrake katanya biar mobil ga lari kesana kesini.. bukan injek rem, kadang suka bertanya klo itu mobil ada ABS nya apa itu mobil bisa stabil ketika rem? tp ya intinya.. itu kebodohan saya aja dg "speedy reckless driving", bgmnpun point utamanya.. "Drive Safe", fitur itu hanya membantu meminimalisir dampak buruk dr kecelakaan.
Pugman wrote: Tue Sep 19, 2017 1:27
Hehehe..
Mobil saya bahkan masih pakai pemutar kaset dan saya beli adapter kaset ke Jack 3,5 untuk mutar lagu dari HP Xperia lawas yang udah ga saya pakai itu kalau untuk jalan luar kota, kalau dalam kota cukup dengar radio.
Saya senang nyetir sekedar keliling kota bahkan tanpa tujuan sampai ratusan km dengan istri dan anak2. Kalau dalam mobil anak2 saya biarkan bercanda dengan sodaranya, atau melihat apa yang ada dikanan kiri jalan, sesekali istri saya pinjamkan HP ke mereka jika sedang bosan tapi tidak terlalu lama kami tarik HP tersebut dengan alasan baterai akan habis atau untuk lihat jalan. Saya memang sangat membatasi interaksi anak saya dengan gadget. Memang di dalam mobil jadi berisik kalau mereka bercanda bahkan berantem tapi setidaknya nanti jadi cerita mereka kalau sudah besar.
Klo kaset2nya masih ada om? hihi
Bener om.. klo lagi jalan ama anak istri, ada baiknya dibatasi penggunaan gadget, saya pernah ngalamin wkt pulang ke bandung lwt cipularang, istri sibuk dg sosmednya,, anak sibuk dg games nya, da pada bosen dg hpnya trus tidur.. saya nyetir sendirian aja, mem-bete-in. Mulai sejak itu.. qta bikin deal klo lg perjalanan dimobil pke hp seperlunya aja.. mau telpon atau terima telpon, selama perjalanan qta bkin games tebak2an lah.. dngerin musik bareng, bahkan makan dimobil (biasanya istri yg suapin anak dan saya juga.. he he)
Etme Bulma Dünyası
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ChZ »


irdna wrote: menurut saya ga bsa di bandingkan jaman dulu dan skrg, kalau orang tua kita jaman dulu dengan mobil "kosongan" mereka sudah bsa menikmati ya wajar aja, karena di jaman itu teknologi blm berkembang pesat jadi ya rata2 mobil isi nya tanpa gimmick2 dan di jaman itu ya teknologi blm berkembang seperti sekarang. beda dgn generasi muda yang udah terbiasa dan fasih sama perkembangan teknologi dan juga dunia teknologi yang terus maju
intinya sih susah merubah kebiasaan orang. generasi tua kita ya sulit adaptasi dgn cepatnya perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini


contoh di 20-30 taun lagi semua mobil sudah robotic ga perlu lagi puter2 setir dan masukin gigi dan sudah otomatis smua
kita sebagai generasi yang masi merasakan setir di puter2 dan masukin gear ke D R atau N jg mungkin aja bilang kalau mobil jaman dulu lebih menyenangkan tp kalau generasi 20-30 taun yg akan datang jg beda pendapat pasti

menurut saya cmn karena masalah kebiasaan, susah merubah kebiasaan orang
Nah, justru itu. Dulu zaman orang tua kita gak pernah ngarep mobil bisa kayak laptop berjalan... Lha sekarang mobil dah kayak laptop berjalan mereka makin bingung... Wakakaka...

Kaum "purist" yang saya sebutin itu justru ga sedikit anak mudanya... Hehehe... Atau sekarang umur 20-30 dah dianggep tua... Ya gtw lagi.

Banyak kok, orang usia 20an yang tergolong purist dan merindukan mobil-mobil 90s yang memberikan driving experience lebih "jujur". Temen ngumpul saya termasuk golongan ini... Purist... Kami begitu menikmati ngobrolin mobil yang dah berusia 10-20 taun dibanding yang kekinian.. wkwkwkw...

Tentunya pure driving enthusiast... Kalo cuma sekedar penggemar mobil ya akan lebih suka mobil baru yang ada kesan high tech nya. Tapi sungguh, di mata enthusiast, mobil 90s lebih punya karakter karena simple-ness nya... Dan 90s merupakan era puncak kejayaan dunia otomotif... Produk legendaris kebanyakan lahir di era itu.

Salah satu kekuatiran saya justru makin kesini mobil makin dibuat autonomous itu... Kalo let's say 50 taun lagi autonomous car dah mulai banyak... Anak muda tdk akan pernah merasakan nikmatnya "pure driving"... Krn mobilitasnya sudah terfasilitasi semua.

Pabrikan seperti Mazda dan BMW pun akan terdengar bodoh dengan slogan "jinba-ittai" dan "sheer driving pleasure" jika mobil sudah autonomous semua...

Sungguh fenomena yang unik...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by nugroho bagor »

Coba anak atau cucu saya ngetawain, saya dan kejadoelan saya,easy word lewati saya punya level then you can understand what the means of yellow light
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by haristk7 »

hmm...teknologi..teknologi ada untuk memudahkan manusia, tapi bisa juga membuat tumpul manusia

Buat gw pribadi, gw enjoy gimmick sampai batasan tertentu seperti Automatic transmission, VSC, ABS, electric seat with memory function, spion lipat elektrik, rear parking camera/360 parking camera, line departure warning system (ldws), automatic headlamp, steering switch audio and cruise control.

Saya ada 2 mobil di rumah, saya buat analogi, yang satu canggih sekali seperti Boeing 777-300ER keluaran tahun 2003/2004, punya sensor dimana2 dan agak cerewet sampe ada alarm otomatis biar pilotnya gak ketiduran, dan yang satu..well, gak canggih amat, seperti Boeing 747-400 keluaran tahun 1989, gak banyak sensor yang cerewet, yah ala kadarnya saja.

Saya kalo nyetir itu hal yang dilakukan cuma nyetel kursi dan spion, colok hp ke usb HU dan dengerin lagu, mainin stir gas rem, ama awasin keadaan sekitar. Kalo bawa yang canggih banget start procedure awal saya, saya tambahin matiin bbrp sensor seperti rem otomatis dan auto start stop function. Memang sih in certain degree, sensor kebanyakan kadang bikin puyeng, kayak ldws misalnya yang suka cerewet, walaupun begitu biasanya ldws saya nyalain kalo berkendara di larut malam dan pagi hari jam 3-5 pagi. Saya ngerasain yang namanya fitur Lane Keep Assist itu mengintervensi stir, dan itu rasanya aneh, kayak rasanya nyetir itu gak natural, but it's a nice one to have kalo udah mulai capek dan jadi penanda udah saatnya cari tempat istirahat.

Rear camera dan rear parking sensor itu memang lucu sih, ngebuat seseorang jadi ketergantungan, dan sekalinya nyetir mobil gak pake rear cam biasanya jadi kagok. Rear camera tp bagus juga untuk ada, gak ada masalahnya punya "extra set of eye" di bemper belakang mobil. Mungkin sama rasanya kayak pilot yang biasa bawa 777-300, ada fitur underbody camera buat mantau roda lagi dimana kalo lagi di darat, begitu pindah ke 777-200 yang gak pake kamera underbody, mungkin bisa jadi agak kagok.

Blind spot warning (bsw), it's nice one to have actually, ada extra set of warning, bbrp kali diselametin alat ini, terutama di malam hari dan mobil sebelahnya ternyata item. Lane Watch yang ala di Honda, sama kayak BSW, sebenernya ini berguna sih kalo masuk ke jalan yang lebar banget sampe spion gak bisa dipake buat mantau keseluruhan jalan. Menurut gw fitur yang kayak "extra set of eye" ini lumayan berguna sih walaupun ada risk seperti "automation makes us dumb" and yes, tp fitur kayak begini juga gak didesain sebagai "foolproof" jadi sebagai manusia juga kudu punya situational awareness yang bagus, jangan terlalu bergantung dengan automation.

Cruise control, well ini berguna banget sih untuk melaju di jalan tol antar kota seperti Cipali, biar kaki kanan gak capek juga, saya ngerasain nih pas di tol cipali, gak lama setelah lewat gerbang di cikampek, nyalain cruise control dan set speed 100km/h, let the car do the job dan bisa nyantai dikit tapi selalu awas dengan keadaan sekitar. Lumayan pas sampe area Cirebon kedua kaki juga gak capek mainin pedal. Sama feelingnya seperti habis take off, rata2 di 500-1000 feets langsung auto throttle (speed), let the computer do the job so we can have more focus on another task, dengan selalu memonitor speed tentunya.

Tapi ada juga fitur yang kadang bikin bingung, kayak wifi misalnya, okelah kalo kayak di Lexus LS/7 series/S Class/Audi A8/GLS Class punya fitur begitu. Biasanya kan mobil begitu disupirin dan si bos duduk di belakang, fitur ala wifi itu berguna kalo si bos mau Skype ama bawahannya, time is money lah kalo kayak orang begini.

Fitur banyak seabrek dan kadang nyeleneh ini emang bisa bikin mobil jaman sekarang kayak gadget berjalan, ya emang gak salah, namanya juga zaman makin lama makin modern. Kaum milenial dan generasi X ini emang demen gadget kan ? mereka adalah calon pembeli mobil baru di masa depan dan pabrikan putar otak gimana caranya mereka ini mau beli mobil, salah satunya ya masukin banyak gimmick/gadget biar mereka tertarik punya mobil. Mungkin di Indonesia kurang terasa karena pabrikan suka sunat sana sini, kalo di luar, negara maju misalnya, penjualan suka turun karena generasi muda nya lebih demen gadget, makanya pabrikan putar otak gimana caranya ini generasi muda (terutama yang tempat tinggalnya mass transportnya ampas) juga kepengen punya mobil. Dan untuk kaum petrol head yang ingin pure driving experience bisa dibilang kaum minoritas, makanya pabrikan lebih dengerin suara mayoritas yang dimana jadi sumber buat datengin duit ke kas perusahaan. Sama kayak dulu Subaru disindir Toyota (pas mereka udah beli saham FHI, sekarang Subaru Corp), "lo bikin mobil buat pure driving enthusiast kapan mau datengin duitnya ? tambahin gadget ama more mature looks gih, percuma lo menang sana sini tp jualannya dikit"..makanya Impreza yang tadinya lebih ngejer bentuknya ke arah sporty dirubah di generasi 4 jadi lebih more mature looks dengan segala gimmick tambahannya.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, automation/teknologi ada untuk memudahkan orang dan bisa juga membuat tumpul kemampuan seseorang. Auto brakes, auto pilot dengan ikutin marka jalan dan navigasi, cruise control, dll..well...makin lama mobil makin mirip pesawat saja, bedanya yang satu melaju dengan kecepatan 400-900km/h, tapi walaupun pesawat diberi automation banyak sekali dan sensor cerewet seperti "no stupid, you fly into the wrong runway" atau "wake up stupid and fly the damn plane", pilot juga bisa mematikan fitur automation dan handfly the plane sampai mendarat di tujuan, in case dia pengen nyari rewarding experience seperti handflying pleasure. Sama kayak mobil, kalo mau nyari driving pleasure dengan mobil yang punya fitur canggih seabrek, bisa dimatikan fitur canggih nan cerewet.

:big_peace:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ChZ »

Lucunya, saya terkadang merasa LCGC yang minim fitur dan kayak mobil separo jadi, lebih terasa "mobil" daripada luxury saloon miliaran yang penuh gadget... Karena mereka seakan ngingetin kita tentang "basic" nya sebuah mobil yang nggak kebanyakan aneh - aneh... Mobil yang begitu basic dan jujur dengan segala kekurangannya.

Pointnya beli mobil adalah driving, kita nggak bisa menyangkali itu. Nggak ada orang beli mobil cuma karena HUnya support wifi tethering, atau karena mobilnya bisa ngerem otomatis. Pada akhirnya yang mereka cari adalah experience, pengalaman mengemudi dan memiliki nya. Kalo ride nya gak enak, suspensi macem gerobak, lemot, boros, mau bisa jalan sendiri juga pasti gak akan dibeli...

Sama seperti nggak ada orang milih warung nasi goreng A karena kerupuknya lebih banyak dibanding abang penjual nasi goreng B yang walau gak banyak kerupuknya tapi nasi gorengnya paling enak se jawa timur... Driving experience itu seperti itu. Gak peduli ada gadget apa di mobil kita, 90% akan kita cuekin in normal conditions, yang akan dinikmati adalah driving nya, "nasi goreng" nya.

Autonomous car justru membunuh faktor utama dari point utama memiliki mobil : driving, dan ini yang ane takutkan terjadi di masa depan. Untungnya, saya masih melihat titik terang dengan munculnya merek seperti Mazda yang masih punya lineup seperti Miata dan sangat getol mempromosikan joy of driving dengan slogan "jinba-ittai", atau Honda yang masih punya Type-R bertransmisi Manual sebagai satu - satunya opsi, atau BMW masih punya ///M, Mercedes masih punya AMG, selama mereka belum mati, dunia otomotif akan terus hidup.

Dunia otomotif mati ketika orang sudah kehilangan semangat mengemudi... kehilangan joy of driving... Karena mereka kehilangan pointnya punya mobil yang paling utama selain transportasi ... Makanya kalo di depan ada yang bilang driving experience itu semu, saya tidak setuju. Justru itu pointnya, justru itu yang sedang diperjuangkan oleh Mazda, Honda, BMW, Porsche, dan lain lain... dan ane sangat berharap semangat ini tidak pernah padam... Jangan tambahkan gadget tidak perlu lagi di mobil, kami cuma butuh mesin powerful dan makin efisien, suspensi yang nyaman tapi tidak terlalu ngayun, jok yang nyaman dan supportive, transmisi yang makin advanced, sasis yang semakin enak buat nikung, safety yang memadai, dan space kabin yang manusiawi...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by liemivan86 »


ChZ wrote: Jangan tambahkan gadget tidak perlu lagi di mobil, kami cuma butuh mesin powerful dan makin efisien, suspensi yang nyaman tapi tidak terlalu ngayun, jok yang nyaman dan supportive, transmisi yang makin advanced, sasis yang semakin enak buat nikung, safety yang memadai, dan space kabin yang manusiawi...
Ini Mazda miata banget deh, kecuali yang soal space. Saya tinggi 178 cm, berat 75 kg, duduk di miata terbaru, pantat ini rasanya seperti di jepit jok..
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1067
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by Zaxis »

Bingung ama org sini
Dikasi gimmick teknologi gitu dibilang ga kepake lah ganggu konsentrasi lah ini lah itu lah
Tp begitu toyota honda keluarin mobil nti ribut lg
Pelit fitur ini ga dikasi itu ga ada
Tp tetep aja jualan nya laris
User avatar
defreas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Sat Mar 14, 2015 1:28

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by defreas »

Saya gk alergi teknologi ataupun berbagai gimmick mobil. Jelas lah piranti keamanan macam ABS, EBD, BA, VSC, airbags (syukur-syukur minimal yg 3 titik) gk bisa ditawar. Gimmick-gimmick yg lain anggap saja sebagai bonus nilai lebih mobil.

Akhir Agustus kemarin, ayah beli Katana GX 97. Di satu titik, saya ngerasa jauh lebih nikmat kendarain Katana daripada mobil yg lain. Cruising santai, buka jendela, tangan di pintu megang rokok, dengerin lagu Dewa, sambil menyelusuri jalan lintas Sumatera. Sensasi berkendara yg gk saya dapat di mobil tahun muda di rumah.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ChZ »

liemivan86 wrote: Tue Sep 19, 2017 18:31
ChZ wrote: Jangan tambahkan gadget tidak perlu lagi di mobil, kami cuma butuh mesin powerful dan makin efisien, suspensi yang nyaman tapi tidak terlalu ngayun, jok yang nyaman dan supportive, transmisi yang makin advanced, sasis yang semakin enak buat nikung, safety yang memadai, dan space kabin yang manusiawi...
Ini Mazda miata banget deh, kecuali yang soal space. Saya tinggi 178 cm, berat 75 kg, duduk di miata terbaru, pantat ini rasanya seperti di jepit jok..
Mazda Miata itu contoh mobil yang betul - betul disiapkan untuk driving pleasure... Fun fact : Mazda Miata yang baru (ND) justru akses keluar-masuk mobil lebih mudah daripada yang lama (NC). Padahal bodi dan dimensi keseluruhan lebih kompak.

Saya mencoba menterjemahkan istilah driving pleasure yang dimaksud itu ke konteks family car, makanya saya sebut akomodasi :mky_01:
Zaxis wrote: Wed Sep 20, 2017 0:18 Bingung ama org sini
Dikasi gimmick teknologi gitu dibilang ga kepake lah ganggu konsentrasi lah ini lah itu lah
Tp begitu toyota honda keluarin mobil nti ribut lg
Pelit fitur ini ga dikasi itu ga ada
Tp tetep aja jualan nya laris
Beruntungnya, saya bukan masuk golongan yang oom maksud... Dari awal saya mulai bikin review mobil saya dah cuek abis ama fitur.

Coba baca review saya, semua emphasis nya lebih ke driving experience dibanding fitur.
defreas wrote: Wed Sep 20, 2017 3:37 Saya gk alergi teknologi ataupun berbagai gimmick mobil. Jelas lah piranti keamanan macam ABS, EBD, BA, VSC, airbags (syukur-syukur minimal yg 3 titik) gk bisa ditawar. Gimmick-gimmick yg lain anggap saja sebagai bonus nilai lebih mobil.

Akhir Agustus kemarin, ayah beli Katana GX 97. Di satu titik, saya ngerasa jauh lebih nikmat kendarain Katana daripada mobil yg lain. Cruising santai, buka jendela, tangan di pintu megang rokok, dengerin lagu Dewa, sambil menyelusuri jalan lintas Sumatera. Sensasi berkendara yg gk saya dapat di mobil tahun muda di rumah.
Om saya punya Mini Morris MK.1 sudah ganti dobel-barrel carburetor... Saya pernah main ke rumahnya dan coba start sambil gerak - gerakin setir sendiri... Jujur, sebagai orang yang sudah merasakan MINI modern generasi sekarang yang ada driving mode dengan tulisan "maximum GO-KART Feel", justru Mini generasi pertama ini gak usah pake mode - modean udah berasa kayak Gokart punya atap. Suara mesin karburator yang begitu tempting, setir yang feedbacknya langsung terasa ke jalan... seriously, berapa derajat ban berbelok itu bahkan saya ngerti. Metafor apa yang bisa saya katakan untuk feel se-natural ini selain gokart. MINI baru tidak punya feel seperti ini meskipun technically lebih advanced.

Sama kesannya ketika saya nyetir 323i E36 dengan 320i F30... Beda banget... 323i dengan segala kekurangannya justru terasa sangat dekat secara emosi...

Mobil lama begitu dekat secara emosional, karena simpel dan minim fiturnya. "kedekatan" ini loh yang coba diperjuangkan oleh merek seperti Mazda.

Saya walaupun tergolong purist, tetap tidak mengesampingkan logika bahwa EFI lebih baik dari karburator, dan ABS tentu lebih baik dari non-ABS. Bukan tipikal purist kolot yang menganggap electronic devices sebagai suatu gangguan. Ada yang berguna, tapi hari ini juga ada banyak sekali yang tidak berguna.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
defreas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Sat Mar 14, 2015 1:28

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by defreas »

@ChZ Benar seperti yg om bilang. LCGC, atau bahkan LMVP itu jauh lebih "mobil" daripada mobil kelas atas. Padahal jika butuh mobil, dan dana cuman seharga LCGC, saya milih beli mobil seken dengan fitur melimpah. Ironis sekali ya.
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by dieselkiki »

lama-lama kok seperti mengambil pori yang harusnya dikuasai manusia sebagai basic-nya pengemudi, sampai akhirnya nanti malah jadi idiot-proof technology makes idiot. Apa susah banget mundur dengan spion ? Apa susah banget mindah channel radio dengan menggapai tombol di HU ? Apa susah banget buat angkatan di tanjakan ? Padahal dari kemampuan dasar mengemudi ini akhirnya jadi habit, skill, dan kewaspadaan yang pada akhirnya menjadikan toleransi di jalan (melihat dari sudut pandang yang lain).

Kalau yang keselamatan basic (airbag-bas etc, vsc), lampu, music, gps itu melengkapi kemampuan manusia yang terbatas atau butuh hiburan. Dasarnya kok seperti kita di drive untuk mengikuti itu untuk pengembalian modal atas technology yang diciptakan yang mungkin banyak yang rasanya kita belum mebutuhkan sampai se level itu yang malah hasilya nambahin harga jual.
- faith humanity freedom -
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ZEXELGRIFONE »

Wah, calon trit bergizi ini.. Pembahasannya menarik.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ChZ »

dieselkiki wrote: Wed Sep 20, 2017 7:49 lama-lama kok seperti mengambil pori yang harusnya dikuasai manusia sebagai basic-nya pengemudi, sampai akhirnya nanti malah jadi idiot-proof technology makes idiot. Apa susah banget mundur dengan spion ? Apa susah banget mindah channel radio dengan menggapai tombol di HU ? Apa susah banget buat angkatan di tanjakan ? Padahal dari kemampuan dasar mengemudi ini akhirnya jadi habit, skill, dan kewaspadaan yang pada akhirnya menjadikan toleransi di jalan (melihat dari sudut pandang yang lain).

Kalau yang keselamatan basic (airbag-bas etc, vsc), lampu, music, gps itu melengkapi kemampuan manusia yang terbatas atau butuh hiburan. Dasarnya kok seperti kita di drive untuk mengikuti itu untuk pengembalian modal atas technology yang diciptakan yang mungkin banyak yang rasanya kita belum mebutuhkan sampai se level itu yang malah hasilya nambahin harga jual.
THAT'S IT. To the point sekali. Perkembangan teknologi justru melampaui "batas" apa yang musti dikuasai oleh pengemudi. Kewaspadaan di jalan semakin berkurang karena dah terlalu enak dimanja assist, city brake support dimana gak perlu injek rem waktu merayap, pindah jalur ah ada lane keeping... Justru ketika pabrikan berusaha mereduksi resiko human error, manusianya yang makin gak aware. Padahal nyetir butuh jam terbang. Makin banyak di jalan makin terasah panca indera kita. Ane ngerasain kok, makanya mau dikasih mobil tanpa safety maupun ada safety nya, awareness di jalan tetap terjaga. Selalu waspada, jaga jarak aman, mata fokus ke jalan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by arfs »

Bicara soal driving pleasure...
Entah knp yg di inget pertama kali dari pengalaman saya yg plg bisa bikin fun and enjoyable itu ketika nyetir gokart. wkwk
Super low sitting position (sampe sesekali lewat pantat rasanya tuh kursi/chassis gokart gesekan sama aspal nya).
Saat tikungan bener2 terasa g force nya, dan harus bener2 jg keluarin effort buat belokin setir nya karena berat...

Bisa juga rasain understeer atau oversteer kalau salah ambil racing line nya atau early throttle input..
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by idlamahilang »

Penginnya digabung sih kedua hal ini, tapi ga mungkin karena kedua nya bertolak belakang.. Teknologi membuat manusia semakin "malas".

Kalau saya boleh milih, saya pilih teknologi mutakhir aja deh hehe.. Karena teknologi selalu berkembang dan kebanyakan memudahkan manusia dalam keseharian.. Dan, jalanan semakin macet, makin bikin bete aja muaccet parah, bisa abis waktu dijalan kalau ga pakai gmaps. Btw saya pernah diselamatkan Brake Assist nya w210, rasanya takjub karena dari jalan 100km/h lebih bisa langsung berhenti dalam bbrp saat aja. Well kalo pake mobil biasa mungkin udah nyeruduk motor di atas jembatan. Jadi ya mau gak mau harus berterimakasih pada teknologi. :mky_01:

Tapi kalau bisa ya.. saya pingin punya 1 aja atau lebih mobil yang belum tersentuh teknologi terlalu aneh2, dibawah tahun 2000 pasti nya. BMW e36, galant lele, lancer CK, eterna, mercy w124 w201 w202, accord maestro, mazda cronos. Sedan dan manual semua hahahah, biar bisa pacaran sama jalanan.. Tapi jujur emang mobil itu yang driving pleasure nya tinggi, masih didominasi sedan.. Belum muncul smal suv,small mpv dll, small small an yg lain.
ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ahmad88 »

ChZ wrote: Mon Sep 18, 2017 4:37 Jujur, ini topik yang menarik.
ut. Teknologi mesin sekarang sudah mirip dengan Jepang... Jepang juga pake turbo, transmisi 8-9 speed ? Pajero aja udah pake... Agak aneh... makanya berasa overprice liat mobil Eropa sekarang. Mahal di kulit kulitan interior ma fitur... ya memang kulit kulitan interior penting sih buat yg dah mampu beli mobil 1M lewat...

dengan naik bus / kereta / uber grab gojek... sama - sama enggak nyetir... Trus punya mobil cm buat bayar pajaknya aja dong... ya bagus sih memperkaya pemasukan negara.
kan sdh disebut, yg bikin overprice tidak lain adalah pajak. coba pajak normal kayak di US, berasa murah tuh mobil.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by kompresorz »

irdna wrote: Tue Sep 19, 2017 10:15

menurut saya ga bsa di bandingkan jaman dulu dan skrg, kalau orang tua kita jaman dulu dengan mobil "kosongan" mereka sudah bsa menikmati ya wajar aja, karena di jaman itu teknologi blm berkembang pesat jadi ya rata2 mobil isi nya tanpa gimmick2 dan di jaman itu ya teknologi blm berkembang seperti sekarang. beda dgn generasi muda yang udah terbiasa dan fasih sama perkembangan teknologi dan juga dunia teknologi yang terus maju
intinya sih susah merubah kebiasaan orang. generasi tua kita ya sulit adaptasi dgn cepatnya perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini


contoh di 20-30 taun lagi semua mobil sudah robotic ga perlu lagi puter2 setir dan masukin gigi dan sudah otomatis smua
kita sebagai generasi yang masi merasakan setir di puter2 dan masukin gear ke D R atau N jg mungkin aja bilang kalau mobil jaman dulu lebih menyenangkan tp kalau generasi 20-30 taun yg akan datang jg beda pendapat pasti

menurut saya cmn karena masalah kebiasaan, susah merubah kebiasaan orang

:big_exellent: ...


msh ada jg yg beda...kirain isinya ikut A semua..saya ikut pendapat om ajalah..:big_comfort:

Zaxis wrote: Wed Sep 20, 2017 0:18 Bingung ama org sini
Dikasi gimmick teknologi gitu dibilang ga kepake lah ganggu konsentrasi lah ini lah itu lah
Tp begitu toyota honda keluarin mobil nti ribut lg
Pelit fitur ini ga dikasi itu ga ada
Tp tetep aja jualan nya laris
:big_biglaugh:

jgn bingung om..liat n baca aja....

biasalah klo soal pendapat mobil lama lebih baik dari mobil baru...

yah emang begitu adanya di sini... :mky_02:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ChZ »

ahmad88 wrote: Thu Sep 21, 2017 5:12
ChZ wrote: Mon Sep 18, 2017 4:37 Jujur, ini topik yang menarik.
ut. Teknologi mesin sekarang sudah mirip dengan Jepang... Jepang juga pake turbo, transmisi 8-9 speed ? Pajero aja udah pake... Agak aneh... makanya berasa overprice liat mobil Eropa sekarang. Mahal di kulit kulitan interior ma fitur... ya memang kulit kulitan interior penting sih buat yg dah mampu beli mobil 1M lewat...

dengan naik bus / kereta / uber grab gojek... sama - sama enggak nyetir... Trus punya mobil cm buat bayar pajaknya aja dong... ya bagus sih memperkaya pemasukan negara.
kan sdh disebut, yg bikin overprice tidak lain adalah pajak. coba pajak normal kayak di US, berasa murah tuh mobil.
Untuk beberapa kasus seperti di kelas luxury, interiornya bisa dibilang faktor yang bikin mahal loh... BMW, Mercedes, Audi, Rolls, Bentley, dll...

saya tidak masalah interior dengan kayu-kayuan mahal krn memang konsumen kelas luxury maunya yang classy dan memang rasa "mahal" nya keliatan mata... istilahnya kita tau kalo mobil ini "mahal".

Tapi terkadang yang ngeselin penambahan fitur nggak penting dianggap sebagai sesuatu yang membenarkan justifikasi harga... I mean... Ayolah, bisa kok mobilnya gak perlu semahal itu kalo gak ada fitur elektrikal yang ribet... Bahkan di satu artikel mantan engineer BMW M yang kerja di Hyundai pun mengkritik BMW M sekarang...

https://www.motor1.com/news/181064/hyun ... -mercedes/

“It’s all marketing, first of all,” Biermann told Drive. “How many people really buy it later on? Much of this exists for media, to give a hype, to show the technology level. But how many people really buy it later on? If the tech will fail, you’re just adding the burden to the buyer, right?”

If Biermann was a relative newcomer to the automotive realm, the words might carry less weight. However, before joining Hyundai he spent 30 years at BMW and led the automaker’s M division, so he's not without some experience on the matter. And there is some evidence to suggest he’s not wrong – cars from both BMW and Mercedes-Benz are notorious for experiencing extreme levels of depreciation as they age, due primarily to crazy expensive maintenance needs. For example, a 2010 Mercedes-Benz S-Class sedan purchased new for $100,000 is only worth around $20,000 today, according to Kelley Blue Book.

Artikel yang menarik buat dibaca oleh para pecinta mobil, bukan yang sekedar "suka" mobil...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by rajapb »

Menurut ane, mobil yang ideal buat aing cuma butuh abs ebd ba, airbag(makin banyak makin bagus), security yang mumpuni macem immo (keyless entry gak perlu2 banget) dan tc sama esc. Selain itu aing anggap cuma gimmick.
User avatar
satria120s
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by satria120s »

Entah kenapa kalo lagi ngebahas autonomous car jadinya kebayang adegan di film wall-E

Image

Mungkin nantinya ga akan perlu keluar dari autonomous car utk belanja di supermarket atau nonton bioskop, u can do it all from inside ur car..

dan bahkan mungkin ga akan butuh pasangan, karena nantinya akan ada s*x robot yang bisa memenuhi kebutuhan dalam hal "ITU"

U all just need to sit and relax, and the robot will do it all for u..

btw, mungkin salah satu contoh masih ada yang lebih memilih driving pleasure, adalah Harley Davidson.. V-Twin air cooled big engine..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ChZ »

satria120s wrote: Fri Sep 22, 2017 4:47 Entah kenapa kalo lagi ngebahas autonomous car jadinya kebayang adegan di film wall-E

Image

Mungkin nantinya ga akan perlu keluar dari autonomous car utk belanja di supermarket atau nonton bioskop, u can do it all from inside ur car..

dan bahkan mungkin ga akan butuh pasangan, karena nantinya akan ada s*x robot yang bisa memenuhi kebutuhan dalam hal "ITU"

U all just need to sit and relax, and the robot will do it all for u..

btw, mungkin salah satu contoh masih ada yang lebih memilih driving pleasure, adalah Harley Davidson.. V-Twin air cooled big engine..
Wkwkwkwk... itulah yang jadi kekuatiran ane... when cars stops being cars... humans stops being humans.

Ilustrasi yang sama juga ane pakai di artikel blog pribadi ane tentang topik serupa... hahahaha...

Let cars be cars (simple, cheerful, and exciting to drive) ...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by grandscenic »

Image

Soal keamanan, mobil ini sudah punya Forward Collision Alert yang mengingatkan pengendara bahwa mobil sudah rentan menabrak.
Fitur keamanan lainnya adalah Lane Departure Warning, Front and Rear Parking Assist, kamera belakang dengan panduan dinamis, kaca spion elektro-kromatik, peringatan sabuk pengaman belakang dan tire pressure monitor yang secara individual memonitor tekanan pada masing-masing ban.
Selain itu, ada fitur sensor hujan otomatis, auto headlamps dan fungsi remote-start & AC On.
Fungsi remote-start & AC On ini dipasangkan karena dinilai sangat berguna saat cuaca panas saat mesin dapat dihidupkan dengan menggunakan fob kunci, membuat kabin dapat didinginkan sebelum penumpang masuk ke kendaraan.
Fitur lainnya termasuk jendela depan yang secara otomatis menurunkan kaca sebagian untuk memudahkan penutupan pintu.
Colorado High Country yang baru juga punya fitur keselamatan aktif dan pasif, termasuk Traction Control System (TCS), Anti-lock Braking System (ABS), Panic Brake Assist (PBA), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Electronic Stability Control (ESC), Hill Descent Control (HDC), Hill Start Assist (HSA), Anti-Rolling Protection dan Trailer Sway Control.
Fitur-fitur tersebut dilengkapi dengan airbag didepan untuk pengemudi dan penumpang bersamaan dengan airbags dibagian lutut pengemudi.
Bicara gadget, Colorado baru dilengkapi dengan teknologi sistem Infotainment MyLink, yang memungkinkan pelanggan memproyeksikan layar smartphone untuk ditampilkan ke layar sentuh berwarna.
Fitur-fitur tersebut juga dilengkapi dengan software Siri Eyes Free dan voice recognition, yang memungkinkan pengemudi memberikan perintah secara verbal dan memastikan tangan mereka tidak perlu melepaskan kemudi.

-------------------------------

Ini mobil D-Cab peruntukannya lbh untuk medan apa ya, itu fitur2 bisa optimal kah penggunaannya? kok mobil D-Cab aja harus pake bejibun fitur untuk memanjakan penumpangnya ya layaknya fitur di Big Sedan :big_bored:
Seharusnya seperti om Chz bilang : "Let cars be cars (simple, cheerful, and exciting to drive).."
Etme Bulma Dünyası