Driving Pleasure VS Advanced Technology

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by saridin »

bbrp tahun ke depan, mungkin udah gak ada yg secara khusus belajar teknik berhenti di tanjakan, semua mobil udah terpasang hsa... padahal skill berhenti ditanjakan ini termasuk yg paling mendebarkan proses belajarnya...
|ertelu gx 13||miras glx 14|
Awakhan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Thu Dec 11, 2014 12:39

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by Awakhan »

geofreyap wrote: Sun Sep 17, 2017 16:14 Sebenarnya 2 hal itu saling melengkapi sih.
Tapi oe pribadi masih cukup mempertimbangkan sisi driving experience. Mobil harus enak & nyaman sesuai preferensi oe.
Tech gimmick juga butuh. Tapi kalo terlalu banyak meng interupsi saat nyetir pun ogah.
Jadi ya harus balance, menyesuaikan kebutuhan tiap kepala.
Karena itulah di market tersedia beberapa trim level untuk mobil yg sama. Biar konsumen bisa memilih sesuai preferensi mereka masing2.
:D
Mungkin itu juga yg dirasain sama si Om Fitra Eri pas nge-review Mazda Cx-5 terbaru. Di satu sisi beliau bilang mobilnya berkarakter & fun to drive, tapi di sisi lainnya terlalu banyak tech gimmick yg meng-interupsi driver nya ujung ujung semua bantuan berkendara di matiin..lol..
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by c4b13 »

wahhh topik menarik nehh... kalau saya sih teknologi yg sifatnya seperti keamanan dll setuju banget (misalnya abs ebd vsc, lampu led yg bisa hi beam sampe ratusan meter dan tidak bikin silau...), cuma kalau teknologi yg sampe autonomous dll yah menurut saya buat apa ada.. yah kalo mau punya mobil autonomous, might as well naik public transport atau car sharing apps aja...
tapi kalau mengandai-andai seperti di film, sepertinya image masa depan itu adalah memang mobil harus bisa saling berkomunikasi dengan mobil lain.. jadi fitur autonomous memang harus ada dulu, lalu kedepannya baru fungsi komunikasi mobil ke mobil.. kalau sudah seperti ini memang tujuan mobility adalah memindahkan orang dari tempat A ke tempat B dengan seefisien mungkin, orang bisa istirahat di mobil nga usah capek setir, harapan zero crash karena mobil juga sudah bisa komunikasi dengan mobil lain, dll... nah, disini driving pleasure sudah jelas hilang.. sama seperti jaman orang sudah tidak lagi menulis surat dan kirim surat tradisional, yg ada kirim chat dan kirim email...
cepat atau lambat memang sepertinya itu sudah tidak dapat dipungkiri lagi, suatu saat akan seperti itu.. kita sebagai orang awam paling hanya bisa menunggu dan menunggu... welcome to the real future of mobility.. cmiiw
User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by Nainggolan21 »

cengki308 wrote:Jadi inget jaman sma taun 90an, teman yg bawa mobil matic selalu di ledek mobil cewe(real men use 3 pedals wkwk) saya pun ikutan alergi matic, sampai taun 2011 beliin istri yaris matic, eh keterusan sampe skrng mobilnya matic semua wkwk
Dulu ga perduli sama abs airbag dll, seatbelt aja ga dipake, sekarang perduli bgt dengan keselamatan, mungkin faktor u wkwk
Sama om..[emoji51] [emoji51]

Dulu punya mobil itu harus manual karena sensasi nyetirnya itu dapat waktu hi rev dan pindahin transmisi. Sejak istri beli mobil sendiri dan matic pula jadi ketagihan sekarang. Udah malas punya mobil manual toh yg matic juga ada mode triptonic atau apalah namanya....
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ChZ »

saridin wrote: Mon Sep 18, 2017 12:08 bbrp tahun ke depan, mungkin udah gak ada yg secara khusus belajar teknik berhenti di tanjakan, semua mobil udah terpasang hsa... padahal skill berhenti ditanjakan ini termasuk yg paling mendebarkan proses belajarnya...
Naaah... Ini dia kekuatiran saya... Makin banyak teknologi preventif makin bikin skill nyetir orang dull... Anak muda di masa depan mungkin gak akan pernah tau caranya ngerem mendadak pake mobil non-ABS yang harus dipompa berkali - kali... atau start di tanjakan pake mobil manual, atau teknik parkir juga pasti makin tumpul karena dah ada assist kamera ma sensor... atau bahkan sesimpel teknik merayap yang bener karena banyak mobil yang dah kelas mewah dah bisa ngerem sendiri waktu merayap... Ditambah kehidupan yang bergerak makin cepet memaksa anak - anak milenial ini makin sembrono, buka hape waktu nyetir misalnya...

Satu sisi.... mengemudi hari ini gak sesulit 10 atau 20 tahun yang lalu dimana mobil mayoritas manual dan gak ada ABS nya... Mobil makin aksesibel untuk generasi muda... dimana gak perlu spend waktu sebulanan untuk belajar nyetir yang mayoritas diabisin untuk ngelancarin gas-rem-kopling... cukup seminggu maks karena mobilnya automatic... dengan basic knowledge soal traffic... walaupun tetep aja pada ngawur...

Sisi lain, konsumen terutama yang muda - muda akan kehilangan skill "survival" paling esensial... karena era nya dah "dimanja" dengan smartphone dan mobil yang secara kasaran udah bisa ngelakuin apa - apa sendiri. Istilahnya, karena semua komponen canggih di mobil itu sekarang kan electrical-based, mereka jadi gak punya knowledge gimana handle mobilnya ketika menghadapi electrical failure...

Angka kecelakaan berkurang itu pasti krn mobil makin canggih... Tapi biasanya sekali kecelakaan penyebabnya lebih parah daripada zaman dulu... zaman dulu kecelakaan akibat rem blong atau mechanical failure sangat lumrah... sekarang kecelakaan karena driver nyetir sambil main hape... makin gak aware dengan kondisi sekitar karena tau mobil nya sanggup ngelakuin segala sesuatunya...

Istilahnya, sekarang faktor human error makin berpengaruh di sebuah kecelakaan... dan masalah terbesarnya justru makin kesini human makin "error" karena nggak dibekali skill yang mumpuni dan terlalu dimanjakan dengan teknologi...

Bahkan mungkin.... MUNGKIN... 10-20 tahun lagi minat anak muda terhadap mengemudi akan turun... karena dah dipermudah fasilitas seperti uber grab gojek... kemana mana mudah dan murah... sementara jalanan semakin macet... Orang makin males nyetir.

auk ah... pusing...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by marmut »

ChZ wrote: Mon Sep 18, 2017 13:38 -

... dan masalah terbesarnya justru makin kesini human makin "error" karena nggak dibekali skill yang mumpuni dan terlalu dimanjakan dengan teknologi...

-
bener.
apalagi saat merayap di kemacetan sambil hapean, nggak perlu injek pedal rem mobil pun sanggup brenti dengan sendirinya (karena ngantem mobil di depan).
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ChZ »

marmut wrote: Mon Sep 18, 2017 16:07
bener.
apalagi saat merayap di kemacetan sambil hapean, nggak perlu injek pedal rem mobil pun sanggup brenti dengan sendirinya (karena ngantem mobil di depan).
Nah... hari gini kecelakaan penyebabnya karena human nya makin error bukan karena mobilnya yang mechanical failure :mky_05:

Nyemplung selokan sampe nabrak pembates tol dan terbang karena sibuk mau foto speedometer pamer di sosmed bisa lari 300 km/h mobilnya.

Awareness akan safety di jalan semakin berkurang, krn terlalu dimanjakan oleh teknologi...

Ironisnya, kasus - kasus konyol begini justru yang bikin pabrikan getol ngembangin teknologi absurd seperti mobil ngerem sendiri waktu ngerayap di kota... Lah, emang drivernya kaga punya kaki buat ngerem sendiri ?

Atau lane keeping assist... Yang dipake untuk menyamarkan konsentrasi pengemudi yang udah teler butuh istirahat tp ogah berhenti padahal deket ama rest area... :mky_05: Mana ada driver meleng kalo memang dia sehat segar bugar istirahat dan makan cukup ? Kecuali emang ugal - ugalan... :mky_05:

Cruise control saya gak ngerti gunanya di Indonesia... Tapi gak menemukan serunya ngeliat speedometer konstan sambil gerakin stir... Adaptive cruise control ? Sekali lagi, menyamarkan kondisi bahwa si pengemudi butuh istirahat (atau sekedar males nyetir) sementara dia musti cepet sampe tujuan... Lhaaa... kenapa gak naik kereta pesawat atau bus AKAP saja...

Kesannya gini, kalo ada kejadian kecelakaan konyol ... oh berarti mobil gue butuh fitur ini supaya drivernya gak meleng ... bukan awareness drivernya ditingkatkan, malah dibuat makin tumpul... Awareness keterbatasan kemampuan fisik kita juga seakan dibuat tumpul... Lupa kalo kita ni butuh istirahat, kita butuh makan, kita butuh minum, ga cuma butuh sampe tempat tujuan dengan cepat tapi ngerusak badan...

Ane daripada fitur - fitur begitu mending kasih built-in coffeemaker di mobil atau cup holder yang banyak buat nyetok aer mineral, dengan termos built-in buat ngerebus mi instan cup... Sekalian jok yang bisa diubah jadi kasur yang nyaman...

Dan sekarang orang bisa main wifi di mobil ... gila... distraksi ke driver makin banyak. Layar LCD gede di tengah mobil dan hape bisa mirroring... Kalo ngomong buat anggota keluarga lain... rasanya lebih convenient main internet pake hape atau tablet sendiri daripada harus akrobat pake layar gede di mobil... Tablet sekarang resolusi bagus - bagus dan canggih - canggih ngapa pulak harus mirroring ke Head unit... aneh skali... Saya head unit malah kalo bisa 1DIN aja... lumayan slot nya 2DIN bisa kepake buat naroh kartu tol berhubung bentar lagi tol semua cashless... atau buat naruh henpon.

Entahlah... saya cm generasi milenial yang punya pikiran kuno masuk mobil tangan pegang stir dan kaki injek gas/rem/kopling... Sama sekali gak pernah mikir di mobil mau wifian atau ngelakuin aktivitas lain selain nyetir sambil pasang lagu dengan tracklist random dan bobok (kalo disupirin)... Mungkin saya yang terlalu kuno gak ngerti gunanya fitur - fitur di atas.

Sebagai contoh, saya begitu suka aura interior BMW generasi E36/E46 yang kaga ribet ada layar sentuh di tengah dan bisa atur - atur... Just me and the car... Beda ketika masuk BMW generasi sekarang... Ribetnya setengah mampus ... Sempat mikir kalo suatu saat kebeli mau cabut sekring iDrive... eh tapi baru inget iDrive nyambung ke semua sistem... kan kampret...

Harga mobil naik banyak alesannya "kan juga lebih canggih ada fitur ABCDEFGHIJKL sampe Z"... Fiturnya seakan dibuat alasan supaya membenarkan kenaikan harga... Stability control dan traction control dan ABS okelah kita butuh karena itu mencegah apes di jalan krn fitur - fitur tsb bekerja jauh lebih cepet dari gerakan manusia dan kondisi jalan begitu dinamis ada aja yg bisa bikin celaka... lha tapi kalo sensor-sensoran?

Sorry saya ngomel nya cukup panjang... karena memang seru ngomel soal hal ini... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by Pugman »

nugroho bagor wrote: Sun Sep 17, 2017 23:49 Saya masih demen kalau mobil,ada hand brake,gak electric brake.wah Om TS seumuran nich kayaknya
Iya benar Om, meski memang lebih mudah mengoperasikan Electric brake tapi juga punya potensi masalah yang besar.
1. Bisa saja Electric brake ga mau engage atau malah ga mau lepas karena software error.
2. Tiba2 disengage seperti kasus Civic Turbo.
3. Tiba2 dipencet sama bocah-bocah.
Nah poin ke.3 yang menurut saya paling riskan, saya suka bawa anak2 kecil duduk didepan. Biarpun dipangku ibunya, kita kadang ga bisa mencegah mereka mencet2 tombol entah itu tombol AC, tape atau apa yang ada di dashboard dan ga semua bocah paham dikasih pengertian apalagi kalau anaknya aktif.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by Pugman »

ChZ wrote: Mon Sep 18, 2017 17:22
marmut wrote: Mon Sep 18, 2017 16:07
bener.
apalagi saat merayap di kemacetan sambil hapean, nggak perlu injek pedal rem mobil pun sanggup brenti dengan sendirinya (karena ngantem mobil di depan).
Nah... hari gini kecelakaan penyebabnya karena human nya makin error bukan karena mobilnya yang mechanical failure :mky_05:

Nyemplung selokan sampe nabrak pembates tol dan terbang karena sibuk mau foto speedometer pamer di sosmed bisa lari 300 km/h mobilnya.

Awareness akan safety di jalan semakin berkurang, krn terlalu dimanjakan oleh teknologi...

Ironisnya, kasus - kasus konyol begini justru yang bikin pabrikan getol ngembangin teknologi absurd seperti mobil ngerem sendiri waktu ngerayap di kota... Lah, emang drivernya kaga punya kaki buat ngerem sendiri ?

Atau lane keeping assist... Yang dipake untuk menyamarkan konsentrasi pengemudi yang udah teler butuh istirahat tp ogah berhenti padahal deket ama rest area... :mky_05: Mana ada driver meleng kalo memang dia sehat segar bugar istirahat dan makan cukup ? Kecuali emang ugal - ugalan... :mky_05:

Cruise control saya gak ngerti gunanya di Indonesia... Tapi gak menemukan serunya ngeliat speedometer konstan sambil gerakin stir... Adaptive cruise control ? Sekali lagi, menyamarkan kondisi bahwa si pengemudi butuh istirahat (atau sekedar males nyetir) sementara dia musti cepet sampe tujuan... Lhaaa... kenapa gak naik kereta pesawat atau bus AKAP saja...

Kesannya gini, kalo ada kejadian kecelakaan konyol ... oh berarti mobil gue butuh fitur ini supaya drivernya gak meleng ... bukan awareness drivernya ditingkatkan, malah dibuat makin tumpul... Awareness keterbatasan kemampuan fisik kita juga seakan dibuat tumpul... Lupa kalo kita ni butuh istirahat, kita butuh makan, kita butuh minum, ga cuma butuh sampe tempat tujuan dengan cepat tapi ngerusak badan...

Ane daripada fitur - fitur begitu mending kasih built-in coffeemaker di mobil atau cup holder yang banyak buat nyetok aer mineral, dengan termos built-in buat ngerebus mi instan cup... Sekalian jok yang bisa diubah jadi kasur yang nyaman...

Dan sekarang orang bisa main wifi di mobil ... gila... distraksi ke driver makin banyak. Layar LCD gede di tengah mobil dan hape bisa mirroring... Kalo ngomong buat anggota keluarga lain... rasanya lebih convenient main internet pake hape atau tablet sendiri daripada harus akrobat pake layar gede di mobil... Tablet sekarang resolusi bagus - bagus dan canggih - canggih ngapa pulak harus mirroring ke Head unit... aneh skali... Saya head unit malah kalo bisa 1DIN aja... lumayan slot nya 2DIN bisa kepake buat naroh kartu tol berhubung bentar lagi tol semua cashless... atau buat naruh henpon.

Entahlah... saya cm generasi milenial yang punya pikiran kuno masuk mobil tangan pegang stir dan kaki injek gas/rem/kopling... Sama sekali gak pernah mikir di mobil mau wifian atau ngelakuin aktivitas lain selain nyetir sambil pasang lagu dengan tracklist random dan bobok (kalo disupirin)... Mungkin saya yang terlalu kuno gak ngerti gunanya fitur - fitur di atas.

Sebagai contoh, saya begitu suka aura interior BMW generasi E36/E46 yang kaga ribet ada layar sentuh di tengah dan bisa atur - atur... Just me and the car... Beda ketika masuk BMW generasi sekarang... Ribetnya setengah mampus ... Sempat mikir kalo suatu saat kebeli mau cabut sekring iDrive... eh tapi baru inget iDrive nyambung ke semua sistem... kan kampret...

Harga mobil naik banyak alesannya "kan juga lebih canggih ada fitur ABCDEFGHIJKL sampe Z"... Fiturnya seakan dibuat alasan supaya membenarkan kenaikan harga... Stability control dan traction control dan ABS okelah kita butuh karena itu mencegah apes di jalan krn fitur - fitur tsb bekerja jauh lebih cepet dari gerakan manusia dan kondisi jalan begitu dinamis ada aja yg bisa bikin celaka... lha tapi kalo sensor-sensoran?

Sorry saya ngomel nya cukup panjang... karena memang seru ngomel soal hal ini... :big_biglaugh:
Hehehe..
Mobil saya bahkan masih pakai pemutar kaset dan saya beli adapter kaset ke Jack 3,5 untuk mutar lagu dari HP Xperia lawas yang udah ga saya pakai itu kalau untuk jalan luar kota, kalau dalam kota cukup dengar radio.
Saya senang nyetir sekedar keliling kota bahkan tanpa tujuan sampai ratusan km dengan istri dan anak2. Kalau dalam mobil anak2 saya biarkan bercanda dengan sodaranya, atau melihat apa yang ada dikanan kiri jalan, sesekali istri saya pinjamkan HP ke mereka jika sedang bosan tapi tidak terlalu lama kami tarik HP tersebut dengan alasan baterai akan habis atau untuk lihat jalan. Saya memang sangat membatasi interaksi anak saya dengan gadget. Memang di dalam mobil jadi berisik kalau mereka bercanda bahkan berantem tapi setidaknya nanti jadi cerita mereka kalau sudah besar.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by iwing »

nugroho bagor wrote: Sun Sep 17, 2017 23:49 Saya masih demen kalau mobil,ada hand brake,gak electric brake.wah Om TS seumuran nich kayaknya
sama nih om. jangan2 faktor u nehh kwkwkwkwkw
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by iamwewe »

teknologi dibuat untuk semakin membantu manusia lah, toh pada prakteknya manusia itu sendiri masih dikasih pilihan utk on ato off fitur2 yang dianggap mengganggu. cth: org gk nyaman dgn auto start stop engine di lampu merah, bisa dimatiin dst.

dan jelas, di dalam kemajuan tech yang ada di dalam perkembangan suatu mobil itu sendiri, tiap2 pabrikan pasti tetep berusaha untuk memberikan nilai jual sesuai 'identitas' merk masing2. mgkn misal mazda dgn driving pleasure dan reliabilty khas japs, ato bmw dgn ultimate driving machine dst dst. dan... pasti tetep ada kok driving pleasure nya, asal sesuai peruntukan mobilnya dan identitas mobil itu sndiri. nggak mgkn dong kalo mitsu fuso mengharapkan driving pleasure.

btw diatas lucu ya, ada aja yg 'menolak' safety2 feature atau tech gimmick yg ada dgn berbagai alasan, bahkan ada yg mikir ada wifi di mobil = distraksi ke pengemudi makin byk :shrug:

@om saridin: saya setuju om, suatu saat belajar teknik berenti di tanjakan hanya akan jadi cerita bagi anak2 ato cucu kita, sama seperti jaman dulu saya waktu skolah masih maen surat2an sama temen sekelas wkwkwkwkwkwkw

@om ts: saya sangat menikmati juga nih perkembangan teknologi, gimmick, dst yg ada di tiap jaman. saya jg termasuk yg beruntung hidup di jaman dimana saya sendiri melihat dan merasakan perkembangan itu. dalam tiap all new model yang dikeluarkan, bagi saya sendiri saya tetep menemukan driving pleasure masing2 mobil di dalam perkembangan tech yang ada. nice thread om :frm_tumbleft:
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by iwidiyanto »

lama-lama mungkin yg butuh ketrampilan nyetir hanya sopir angkutan umum...mobil2 jarang ada krn kemana2 juga ada angkutan umum....
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by Winz »

marmut wrote: Mon Sep 18, 2017 16:07
ChZ wrote: Mon Sep 18, 2017 13:38 -

... dan masalah terbesarnya justru makin kesini human makin "error" karena nggak dibekali skill yang mumpuni dan terlalu dimanjakan dengan teknologi...

-
bener.
apalagi saat merayap di kemacetan sambil hapean, nggak perlu injek pedal rem mobil pun sanggup brenti dengan sendirinya (karena ngantem mobil di depan).
Klo mobilnya isi adaptive cruise control dan Collision Mitigation Braking System (CMBS) di mana mobil akan mengerem otomatis dengan ringan ketika kendaraan tidak melambat saat terdeteksi adanya risiko tabrakan, kan jadi main HP lebih aman mungkin ya, wkwkwkwk :big_slap:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ginting »

To certain degree, I enjoy the gimmicks and tech...
Tapi sebagian lagi hanya nambah2 harga mobil saja..

Yang saya nikmati adalah :

1. Matic
Kalao nyetir matic, sy jd tidak capek.
Kalau nyetir mobil manual, 8 jam saja sudah capek, terutama kaki kiri. Sebab saat macet atau banyak kelok2an, maka kita harus oper gigi. sebab kadang gigi 4 kurang narik, jadi harus masuk gigi 3 dulu...kadang ada lobang, maka masuk gigi 1 dulu dst...

Kalau matic maka saya bisa pilih di D atau pakai triptonic.
Jadi matic itu mengurangi energi habis yg kepake oleh otot kaki dan perut.

2. HSA
Ini penting saat di tanjakan jalan merayap, supaya saat mau start lagi kita gak perlua mlorot dulu...
dan karena ada HSA maka tidak perlu tarik rem tangan, kalau sebentar saja macetnya

3. Power Steering.
Saya masih merasakan nyetir Kijang Super, Zebra Espass Astrea *sliding door) yang belum power steering.
Rasanya cepat lelah.
Kalau sudah power steering, sudah mndingan.

4. Parking Camera.
Ini bisa membuat kita parkir sampe mepet tanpa takut nabrak patok/tiang/kejeblos got.

5. ESC, TC

Ini sangat menolong kalau jalan licin dan kelokan.

6. Electric mirror / folding mirror
Ini terasa kalau papasan di jalan sempit, gak perlu buka kaca untuk nggeser arah spion atau nekuk spion biar gak senggolan.
Sangat terasa kalau hujan, gak perlu basah tangan.


------

Yang lain lain saya belum pernah menikmati fungsinya...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ChZ »

Pugman wrote: Tue Sep 19, 2017 1:27 Hehehe..
Mobil saya bahkan masih pakai pemutar kaset dan saya beli adapter kaset ke Jack 3,5 untuk mutar lagu dari HP Xperia lawas yang udah ga saya pakai itu kalau untuk jalan luar kota, kalau dalam kota cukup dengar radio.
Saya senang nyetir sekedar keliling kota bahkan tanpa tujuan sampai ratusan km dengan istri dan anak2. Kalau dalam mobil anak2 saya biarkan bercanda dengan sodaranya, atau melihat apa yang ada dikanan kiri jalan, sesekali istri saya pinjamkan HP ke mereka jika sedang bosan tapi tidak terlalu lama kami tarik HP tersebut dengan alasan baterai akan habis atau untuk lihat jalan. Saya memang sangat membatasi interaksi anak saya dengan gadget. Memang di dalam mobil jadi berisik kalau mereka bercanda bahkan berantem tapi setidaknya nanti jadi cerita mereka kalau sudah besar.
Naaah sama oom... saya di mobil mau kelas LCGC sampe McLaren... Semua yang saya lakukan sama kok : setel posisi duduk, posisi setir, colok USB, pencet atau puter kunci... Masuk gear lalu jalan.

Sya kalo sama bokap nyokap dan adik juga tiap malem habis makan kita jalan sambil ngobrol ga jelas... muter - muter kota doank sampe jam 10 - 11 malem. Sampe kadang kalo dah balik rumah sebelum jam 10 berasa aneh ... :big_biglaugh:
iamwewe wrote: Tue Sep 19, 2017 2:26
btw diatas lucu ya, ada aja yg 'menolak' safety2 feature atau tech gimmick yg ada dgn berbagai alasan, bahkan ada yg mikir ada wifi di mobil = distraksi ke pengemudi makin byk :shrug:
Saya bukan nolak sih... tepatnya mempertanyakan... Ngapain mobil dikasih fasilitas wifi tethering atau mirroring head unit... Yah kecuali mobilnya kayak BMW seri-5 atau seri-7 terbaru yang memang sudah built-in ada layar di belakang bwat para bosnya browsing atau skype ama client... kan mobil begini emang disupirin biasanya.

Lha sekarang mobilnya kalo citycar yang biasa dipake anak muda dikasih fasilitas wifi tether dan mirroring... Anak muda sekarang dibesarkan dengan gadget di tangan dan mata gak bisa lepas dari layar hape... Kalo head unit monitor di mobilnya mendukung mirroring... Nah loh... Apa gak mendistraksi ? Tiba-tiba ada line call dari pacar nya atau notifikasi whatsapp tiba-tiba muncul...

Teknologi itu bagus, tapi kadang harus diakui banyak teknologi tidak tepat guna dan salah penempatan...

Sekali lagi, saya bukan anti teknologi, tapi harus diakui teknologi membuat awareness terutama awareness untuk safety di jalan semakin berkurang... Akhirnya walau mobilnya dah dikasih ABS EBD dan sensor-sensoran tetep aja crash... masuk kolam... masuk selokan... krn awareness drivernya gak terlatih untuk fokus ke jalan. Nyetir aman itu simpel, sangat simpel : FOKUS ke jalan. Ini yang anak muda sekarang gak aware.

Entahlah skali lagi ini pandangan subjektif saya... mungkin saya yang pemikirannya terlalu kuno dan blom ngerti kegunaan wifi tethering serta mirroring di head unit mobil... Krn gak pernah pake sekalipun. Handsfree bluetooth aja boro-boro saya pake...
iwidiyanto wrote: Tue Sep 19, 2017 2:49 lama-lama mungkin yg butuh ketrampilan nyetir hanya sopir angkutan umum...mobil2 jarang ada krn kemana2 juga ada angkutan umum....
Nah malah saya kuatirnya minat anak muda terhadap aktivitas mengemudi ke depan akan semakin berkurang... Yang butuh ketrampilan nyetir akhirnya cuma supir taksi dan taksi online... abang ojek online dan ojek biasa... supir angkot.... supir bus...

Ya bagus sih, setidaknya makin berkurang anak muda nyetir sambil hapean... Di Indonesia nyetir dengan distraksi belom masuk undang-undang... di US setau sya mabok dan main hape aja bisa ditilang...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
niubi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Sun Jan 03, 2016 6:32

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by niubi »

mirroring saya masih pake, Spotify via hu, skip track volume etc lewat steering button, daripada ganggu pencet pencet hp, dah gak pake USB USB an.
waze via hu, gak usah lirik hp, terutama jalan ke tempat yang jarang atau sama sekali belum pernah tinggal lirik hu dikit, malah kadang cuma denger suaranya doang
jawab telp via hu juga, maklum sering dapet telp dari kantor
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Tue Sep 19, 2017 4:48
iamwewe wrote: Tue Sep 19, 2017 2:26
btw diatas lucu ya, ada aja yg 'menolak' safety2 feature atau tech gimmick yg ada dgn berbagai alasan, bahkan ada yg mikir ada wifi di mobil = distraksi ke pengemudi makin byk :shrug:
Saya bukan nolak sih... tepatnya mempertanyakan... Ngapain mobil dikasih fasilitas wifi tethering atau mirroring head unit... Yah kecuali mobilnya kayak BMW seri-5 atau seri-7 terbaru yang memang sudah built-in ada layar di belakang bwat para bosnya browsing atau skype ama client... kan mobil begini emang disupirin biasanya.

Lha sekarang mobilnya kalo citycar yang biasa dipake anak muda dikasih fasilitas wifi tether dan mirroring... Anak muda sekarang dibesarkan dengan gadget di tangan dan mata gak bisa lepas dari layar hape... Kalo head unit monitor di mobilnya mendukung mirroring... Nah loh... Apa gak mendistraksi ? Tiba-tiba ada line call dari pacar nya atau notifikasi whatsapp tiba-tiba muncul...

Teknologi itu bagus, tapi kadang harus diakui banyak teknologi tidak tepat guna dan salah penempatan...

Sekali lagi, saya bukan anti teknologi, tapi harus diakui teknologi membuat awareness terutama awareness untuk safety di jalan semakin berkurang... Akhirnya walau mobilnya dah dikasih ABS EBD dan sensor-sensoran tetep aja crash... masuk kolam... masuk selokan... krn awareness drivernya gak terlatih untuk fokus ke jalan. Nyetir aman itu simpel, sangat simpel : FOKUS ke jalan. Ini yang anak muda sekarang gak aware.

Entahlah skali lagi ini pandangan subjektif saya... mungkin saya yang pemikirannya terlalu kuno dan blom ngerti kegunaan wifi tethering serta mirroring di head unit mobil... Krn gak pernah pake sekalipun. Handsfree bluetooth aja boro-boro saya pake...
kalo ngmg gitu sih ya smua jg ada 2 side of coins lah. itu smua kan balik lagi ke drivernya sndiri. kalo utk penumpang online taxi, yg butuh wifi gimana? bukannya bisa jadi value added, ujung2nya driver bisa diksh tips lebih sama penumpangnya? ato kalo misal lagi nunggu di parkiran drivernya gimana kalo iseng mau browsing? ato kalo ngmg anak muda, biasa demen kongkow2 sama temen2nya satu mobil, ya driver nyetir aja, member lain bisa wifian sembari browsing SM wkwkwk

yes, teknologi tidak menjamin zero accident (at least for now), tapi jelas teknologi meminimalisir dampak yg tjd kalopun sampe kejadian accident. walaupun, ujung2nya emang man behind the wheels.

cheers om :emo-flowerforyou:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by pengendiesel »

Kembalikan saja ke selera masing2, cocok ya dibeli, nggak cocok ya nggak usah dibeli....atau dibeli tapi gak perlu dipake fitur2 canggihnya. Kasihan pabrik mobilnya kalo harus dengerin pendapat pembeli satu per satu :mky_03:

Kalo saya pribadi, doyan dgn teknologi di mobil, terutama yg berhubungan dengan safety :big_exellent: tapi.......dari mobil baru sampe sekarang usia hampir 1 tahun, baru sekali berhasil mirroring HP ke HU, itupun pas dipandu sama salesman. Mau coba2 lagi setelah itu nggak pernah nemu caranya :frm_bang_head:
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by gadjahalphien »

Driving pleasure vs technology

Kalo buat saya kedua hal itu equal dan sebisa mungkin teknologi di mobil kita harus mengikuti perkembangan yg ada.

Untuk teknologi yg sering saya gunakan :
1. Cruise control.
Sering saya gunakan pas berangkat kerja di tol cawang-priok. CC ini paling berasa kalo kita jalan di tol yg teramat panjang, misal cipali dan next ketika semua tol tersambung. Kita tinggal fokus dg kondisi jalanan kedepan, kaki kanan standby di pedal rem
Bahkan saya ngerasa update CC yg terbaru : adaptive CC, bakal berguna banget. Mengingat ada kemungkinan sekali-dua kali pengemudi lengah (bukan lelah).

2. HSA, VSA
Cukup sering pakai HSA, terutama pas antri di parkiran gedung. Kalo VSA, rasanya belom pernah

3. triptonic
Jujur jarang banget pake ini. Mengingat mode S aja cukup. Mungkin baru kepake pas di gunung.

4. mirroring / advance HU (i-drive/command)
Kepake pas connect blutut ma HP aja. Selebihnya lebih sering radio/music dan peta.

5. park sensor vs kamera parkir
Kalo ada keduanya lebih baik. Kalo salah satu aja, lebih pilih park sensor. Kamera menurunkan skill parkir.

6. electric mirror
Lebih baik ada, dibanding harus atur2 manual / lipat manual pas di jalanan sempit.

Nah untuk teknologi yg di butuhkan :
a. Blind spot warning
Beberapa kali hampir nabrak mobil di sisi blind spot. Padahal pas cek di spion kiri, kosong.
b. Adaptive CC & auto brake
Bakal kepake ketika tol sudah nyambung semua.

Ngomong2 driving pleasure, buat saya yg penting mobil masih bisa di ajak lari.
Kalo lagi pengen ngebut dan nyari fun to drive, ya tinggal di matikan aja fungsinya.

Sayang aja beli mobil mahal2 g di manfaatkan teknologinya.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ChZ »


iamwewe wrote:
ChZ wrote: Tue Sep 19, 2017 4:48
iamwewe wrote: Tue Sep 19, 2017 2:26
btw diatas lucu ya, ada aja yg 'menolak' safety2 feature atau tech gimmick yg ada dgn berbagai alasan, bahkan ada yg mikir ada wifi di mobil = distraksi ke pengemudi makin byk :shrug:
Saya bukan nolak sih... tepatnya mempertanyakan... Ngapain mobil dikasih fasilitas wifi tethering atau mirroring head unit... Yah kecuali mobilnya kayak BMW seri-5 atau seri-7 terbaru yang memang sudah built-in ada layar di belakang bwat para bosnya browsing atau skype ama client... kan mobil begini emang disupirin biasanya.

Lha sekarang mobilnya kalo citycar yang biasa dipake anak muda dikasih fasilitas wifi tether dan mirroring... Anak muda sekarang dibesarkan dengan gadget di tangan dan mata gak bisa lepas dari layar hape... Kalo head unit monitor di mobilnya mendukung mirroring... Nah loh... Apa gak mendistraksi ? Tiba-tiba ada line call dari pacar nya atau notifikasi whatsapp tiba-tiba muncul...

Teknologi itu bagus, tapi kadang harus diakui banyak teknologi tidak tepat guna dan salah penempatan...

Sekali lagi, saya bukan anti teknologi, tapi harus diakui teknologi membuat awareness terutama awareness untuk safety di jalan semakin berkurang... Akhirnya walau mobilnya dah dikasih ABS EBD dan sensor-sensoran tetep aja crash... masuk kolam... masuk selokan... krn awareness drivernya gak terlatih untuk fokus ke jalan. Nyetir aman itu simpel, sangat simpel : FOKUS ke jalan. Ini yang anak muda sekarang gak aware.

Entahlah skali lagi ini pandangan subjektif saya... mungkin saya yang pemikirannya terlalu kuno dan blom ngerti kegunaan wifi tethering serta mirroring di head unit mobil... Krn gak pernah pake sekalipun. Handsfree bluetooth aja boro-boro saya pake...
kalo ngmg gitu sih ya smua jg ada 2 side of coins lah. itu smua kan balik lagi ke drivernya sndiri. kalo utk penumpang online taxi, yg butuh wifi gimana? bukannya bisa jadi value added, ujung2nya driver bisa diksh tips lebih sama penumpangnya? ato kalo misal lagi nunggu di parkiran drivernya gimana kalo iseng mau browsing? ato kalo ngmg anak muda, biasa demen kongkow2 sama temen2nya satu mobil, ya driver nyetir aja, member lain bisa wifian sembari browsing SM wkwkwk

yes, teknologi tidak menjamin zero accident (at least for now), tapi jelas teknologi meminimalisir dampak yg tjd kalopun sampe kejadian accident. walaupun, ujung2nya emang man behind the wheels.

cheers om :emo-flowerforyou:
Hmmm maksud saya wifi tu wifi tethering oom... HU mobil yg Android based kebanyakan uda bisa wifi tethering ke modem atw gadget kita, mobilnya mah kagak ada paketan atw simcardnya wkwkwk...

Ya okelah kalo yang pake penumpang yang lain, tapi spt yang uda ane sebutkan, ngapain wifi tethering repot2 ke HU kalo lebih nyaman pake HP atau tab sendiri... ya entahlah, g pernah pake jg wkwkwkw. Sya punya mobil bahkan g apal ada gimmick apa aja.

Betul setuju, teknologi harus digunakan dengan bijak... Maka itu justru saya kuatir dengan anak muda skr... Kalo yang tua usia 30-40an pasti cukup bijak untuk memanfaatkan teknologi...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by iwidiyanto »

Saya kalo pake map waktu jalan malah jadi terdistraksi, ga fokus liat jalan malah liat map mulu..., mendingan hafalin rute sebelum jalan.
User avatar
satria120s
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by satria120s »

Saya Millenials, Teknologi kekinian yang hadir di kendaraan saya sama sekali ga ada.

ICE, cuma ngandelin Radio, CD, & AUX input (cukup ketinggalan jaman dibanding bluetooth / Mirroring atau bahkan USB Flashisk input).

SAFETY cuma ngandelin seatbelt standar, no airbag, abs, ebd, or any other sophisticated safety equipment.

GIMMICK FEATURE cuma ada parking sensor, itupun udah ketinggalan jaman dibanding parking camera.

Do I Enjoy my driving? Absolutely YES..

Berapapun jumlah silindernya, setiap mesin punya karakternya sendiri, ga jarang perjalanan pulang saya dari kantor tanpa menyalakan radio dan AC, jadi suara yang terdengar itu cuma raungan mesin.. bahkan walaupun cuma three tiny cyl.. CUkup untuk meredakan stress di kantor

Apapun jenisnya, baik itu lcgc, sedan, mpv, pasti punya keunggulannya sendiri, pernah nemu parkiran yang super sempit (diantara 2 MPV Pintu geser elektris), tapi masih leluasa masuk dan buka pintu masih cukup untuk keluar masuk tanpa bersusah payah..

Dp I want those advanced Tech? surely do.. tapi apa daya cuma mampu beli LCGC..
forumuser
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Sat Nov 21, 2015 19:45

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by forumuser »

Sejak ada Uber, Grab, Gocar dll, jadi lebih pilih itu daripada setir sendiri, kalau setir untuk dinikmati, lebih prefer sedan tahun 90an, Ferio, E36, E39, Galant Hiu, dan harus manual..

Cuma apa daya garasi ngga cukup untuk menampung weekend car, jadi kudu puas dengan MPV untuk operasional sehari-hari, praktis, bisa angkut barang/orang banyak..

Now:
XL7 2023, Avanza 2023
Past:
Freed 2013, Avanza 2018
Fit 2003, GL 2012
CItyZ 2000, SE 1987
DX 1982, Avanza 2006
Kijang 1996, Wonder 1987
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by adityabp »

gadjahalphien wrote: Tue Sep 19, 2017 6:49 --cut--
Nah untuk teknologi yg di butuhkan :
a. Blind spot warning
Beberapa kali hampir nabrak mobil di sisi blind spot. Padahal pas cek di spion kiri, kosong.
--cut
Nah ini dia. :mky_03:
Coba spionnya disetel pol ke arah luar, tapi bodi mobil tetep keliatan walaupun tipis.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by liemivan86 »

adityabp wrote:
gadjahalphien wrote: Tue Sep 19, 2017 6:49 --cut--
Nah untuk teknologi yg di butuhkan :
a. Blind spot warning
Beberapa kali hampir nabrak mobil di sisi blind spot. Padahal pas cek di spion kiri, kosong.
--cut
Nah ini dia. :mky_03:
Coba spionnya disetel pol ke arah luar, tapi bodi mobil tetep keliatan walaupun tipis.
Selain itu, kalo kita memotong dengan cukup tajam, biasa kan untuk head check alias noleh. Teknologi se bagus apa pun tidak bisa menggantikan skill dan kewaspadaan pengemudi.

Saya pernah test drive CX-5 GT, dan blind spot monitoring nya annoying sih menurut saya.