Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by billyd1773dz »

Mazda bisa di bilang pabrikan yg idealis, tahun 70an mereka "kekeuh" hanya memproduksi mesin rotary hampir disemua lineupnya dikala produsen lain beranggapan rotary is dead dan beralih ke piston... meski ujungnya hampir bangkrut... baru kemudian beralih kembali ke piston, meski mereka tetep berjangji tidak akan melupakan rotary.

sekarang era piston dan ice(Internal Combustion Engine) bisa dibilang sudah di ujung tanduk.. Dana dan fokus R&D bergeser ke electric motor, baik menggunakan batre atau fuel cell.... sekali lagi mazda susah move on.. dan tetap fokus di pengembangan ICE.

dan setelah meluncurkan skyactiv - G dan skyactiv - D 1st gen yg revolusiuner.. kini pd 2018 bersiap meluncurkan lagi 2nd gen of skyactiv y itu "skyactiv - X"

Image
Image
key Characteristic (click to enlarge pic)
  • Menggunakan bahan bakar Petrol ron 91- Ron 95
    Image
  • beroperasi dengan nyala kompresi seperti mesin diesel..
    Image
  • kenapa dia penting? karna bahan bakar bisa terbakar lebih cepat dan berbarengan. jika menggunakan busi akan terjadi rambatan api dari pijar hingga semua a/f mixture terbakar.
    Image
  • selain itu AFR bisa dibikin sangat lean, jika dulu petrol wajib 14.7:1 di HCCI(Homogenous Charge Compression Ignition) bisa mencapai 36.8:1
    Image
  • tapi..
    karna ruang nyala HCCI di rentang suhu, RPM dan Engineload sangat sempit aplikasinya sulit, dan banyak pabrikan yg tidak melanjutkan "ide" ini
    Image
  • so mazda made a breakthrough..
    Image

    Image

    berbeda dengan yang banyak di beritakan.. mesin Skyactiv X ini ternyata TETAP menggunakan busi.... perbedaanya, businya berkerja hanya sebagai controller agar suhu ruang bakar tetap di rentang Compression Ignition, seperti saat cold start atau saat beban terlalu tinggi. soo.. mazda invent istilah "SPCCI (spark Controlled Compression Ignition)

    Image

    ilustrasi kapan dia di CI(Compression Ignition) mode, dan kapan di SI(Spark Ignition) mode

    Image
  • Yang menarik ada tambahan air supply unit

    Image

    dia berkerja saat di highload, dengan menyuplai udara tambahan ke ruang bakar..

    Image

    terdengar familier? yepp.. mirip forced induction... memang banyak artikel di internat yg berpendapat kalau ini adalah sebuah "supercharger"
  • Hasilnya bagaimana?
    Expect 20% peningkatan torsi dibanding current Skyactiv - G sekaligus masih bisa pke ron 91-ron95

    Image
  • akselerasi atau err "jambakan" akan terus ngisi hingga rpm puncak... di banding.. skyactiv - D, well klw di banding petrol wajar, tp klw jambakan d banding diesel dan trus narik hingga redline bru deh mantap, mungkin kali ini skyactiv bisa asik highrevnya :big_think:

    Image
  • Respon vs downsizing turbo kompetitor...... yeah siapa lagi klw bukan ahon..
    Image
    :big_think: :big_think: :big_think:
  • terakhir dia di ekspektasikan akan lebih irit dari upgraded skyactiv D.... bukan skyactic G bkn current skyactiv D .... yg petrol saja sudah irit, apalagi klw memang benar dia bisa lebih irit dari yg diesel

    Image
Kabarnya akan di luncurkan pertama kali bersama mazda 3 2018. model lain akan menyusul terntunya.. dann all new CX5 yg baru akan loncing disini.... seharusnya sudah pakai mesin ini, dan saya yakin setelah M3 tdk lama akan ada CX5 facelift dgn mesin ini.

bottom note:
apakah ini termasuk mesin forced induction ? itu yg di benak saya saat mendengar keberadaan "air supply unit" dan pendapat berbagai media. jika ini forced induction 20% increase over skyactiv G termasuk kecil...... tp jika ini mesin n.a maka 20% torque over skyactiv -G itu besar, apalagi klw di banding mesin convensional. torsi skyactiv G 2.5 saja sudah 20-30nm lebih besar dri 2.5 sekelas yg umumnya di 220-230nm, klw ini bertambah 20% dri sky-G bearti dri 250 jadi 300nm... sangat besar bwat 2.5 n.a


mari kita tunggu saja versi finalnya. semoga mazda dan parbikan lain tetap getol ngembangin ICE.

Long live ICE !
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by mobilover »

Pabrikan lain fokus ke turbo,hybrid, dan listrik. Mazda sendiri yg nyeleneh fokus ke improvement ICE haha. Tapi kl utk kenikmatan berkendara mmg ICE paling enak feelnya. Semoga improvementny bisa segera diaplikasikan ke CX5 dkk paling enggak tahun 2019. Bisa buat referensi kl misalkan ane mau upgrade CX5 ane nanti hehehe
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by kunaskun »

mesin nggilani... edun... ini kalau di indo kayanya si langsung keselek... btw ini sebenernya mesin bensin tapi kaya mesin diesel direct injection macem si isuzu panther yak... :mky_07: :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by ChZ »

Pabrikan yg terbilang nekat hahaha... 5 taun ngembangin teknologi baru lg... untuk level pabrikan seperti Mazda cukup berisiko karna baru buyback saham dari Ford dan market volume nya cukup kecil worldwide. Semoga ga suffer lagi dengan keuangan.

Jadi ini N.A atau another form of F/I... wkwkwkwk...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by adityabp »

Dulu sempet kepikiran kenapa mesin bensin gak dibikin kayak diesel. Kan lumayan ngurangin elektrikal.
Ternyata krn ruang nyala-nya terlalu sempit kalo diaplikasikan dgn cara diesel. :D
Mungkin krn sifat bensin yg mudah terbakar. Beda dgn solar yg sedikit sulit terbakar.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by daftar »

kalau pembakaran bensin pakai kompresi, apakah torsinya akan sebesar diesel di RPM bawah, dan apakah rentang RPM nya akan sependek disel juga?
:ngacir:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by adityabp »

daftar wrote: Thu Aug 10, 2017 5:27 kalau pembakaran bensin pakai kompresi, apakah torsinya akan sebesar diesel di RPM bawah, dan apakah rentang RPM nya akan sependek disel juga?
Seperti yg ditulis di awal, pembakaran bensin pakai kompresi ternyata tdk layak secara teknis krn sempitnya "ruang nyala".
Makanya tetep pake busi, walaupun busi hanya menyala pada kondisi tertentu saja.
Menurut saya ini yg menarik, yaitu ketika terjadi peralihan dari ketika busi nyala lalu busi tidak menyala di langkah pembakaran berikutnya dan sebaliknya.
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
Location: lippo cikarang
Daily Vehicle: Tetradrive

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by Gasoline24 »

Siap - Siap di caplok patennya sama Atoyot, awalnya saham 5% 5 tahun lagi sahamnya Atoyot jd 80%.
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by geofreyap »

trus redline makin rendah juga kayaknya ya?
Berarti ada kemungkinan bakal ada development untuk transmisi model baru, dengan jumlah gear yg berbeda.
Atau Mazda akan mencoba CVT ? We'll see..
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by billyd1773dz »

Baca2 literatur lama soal hcci, memang kelemahan hcci rev jg jd pendek kaya diesel,

Jd mazda ngakalinya di rpm atas dia kembali pke busi

Image

+ Bantuan airsupply unit tadi




Kepikiranya, bearti dia tdk butuh ron tinggi ya, karna makin tinggi malah makin sulit terbakar akibat kompresi




Pd waktunya mesin ini hrsny besar kemungkinan d jual d indo, karna fuel sudah siap.... Tinggal harga aja hahaha Gimanapun di indo downsizing lebih ramah pajak.



Apalagi kelemahan allnew cx5 karna tdk ada perubahan d powertrain


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by adrevolution »

Salutnya dgn mazda... rasanya paling total ngembangin powertrain ICE... dimana pabrikan lain development campur sari dgn electric, hybrid, hydrogen, you name it. Jadi angin segar diantara development teknologi yg makin hari makin ke arah less driver involvement, yg kemungkinan bikin mobil jadi boring.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by billyd1773dz »

Interesting video

Few of his comment
"Biggest advancement of petrol engine this century.. maybe ever"

"Mazda is honda in 90s"

"Dont buy it, let other be guinea pig till all bug sort out"


"Air supply unit, is a compressed air injection but not a forced induction..... More like variable compression"

Hmmmmmm

Penasaran hahaha
geofreyap wrote: Thu Aug 10, 2017 8:06 trus redline makin rendah juga kayaknya ya?
Berarti ada kemungkinan bakal ada development untuk transmisi model baru, dengan jumlah gear yg berbeda.
Atau Mazda akan mencoba CVT ? We'll see..
Blm ada kabar soal nextgen skyactiv drive y, tp mostlikely bkn cvt..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by POS VETT »

Ini yang gw sudah tunggu2 ber-tahun2. Gasoline fuel in diesel cycle.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by efact »

Belom bisa cerna dg baik cara kerja nya..
edunn 36.8:1 bensin rasa diesel kah? Jgn2 ga pakai throttle valve lagi :mky_06:
Normalnya kan buat gasoline the leaner the fuel, the hotter you run.. di skyactiv ini piye yah :big_chicken:

Dg kompresi setinggi itu.. in similar displacement, mesinnya bakal seberat mesin2 disel ga yah :big_think:

Menarik nih.. breakthrough mazda buat modern gas engine :frm_salut:
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by billyd1773dz »

efact wrote: Thu Aug 10, 2017 12:15 Belom bisa cerna dg baik cara kerja nya..
edunn 36.8:1 bensin rasa diesel kah? Jgn2 ga pakai throttle valve lagi :mky_06:
Normalnya kan buat gasoline the leaner the fuel, the hotter you run.. di skyactiv ini piye yah :big_chicken:

Dg kompresi setinggi itu.. in similar displacement, mesinnya bakal seberat mesin2 disel ga yah :big_think:

Menarik nih.. breakthrough mazda buat modern gas engine :frm_salut:
Pke throttle valve om, diesel modern jg banyak yg pakai skrng... Haha

Nah iy, makin lean dr stochiometric makin panas dan emisi malah lebih tinggi, tp itu klw d bakar via spark. Mungkin berbeda klw d bakar dgn CI dia Auto ignite dri setiap molekul fuel terbakar rata, jika SI api dr businy saja dan butuh wktu untuk menjalar.

Sya baca2 jg CI suhu pembakaran lebi dingin dan hrsnya punya thermal efficiency diatas 40%

Perbedaan mendasar CI diesel dan CI petrol, di diesel Air/Fuel tdk perlu tercampur sempurna, infact fuel bru di injek d ujung compression cycle. Sedangkan HCCI petrol, fuel hrs di inject saat intake cycle dan harus tercampur rata sblm d compress dan autoignite.


Bobot, getaran, reliability, suara, oprekable blm tau ya haha.. benar2 unknown blm ada mesin mass product seperti ini sebelumnya

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by efact »

billyd1773dz wrote: Thu Aug 10, 2017 18:25
efact wrote: Thu Aug 10, 2017 12:15 Belom bisa cerna dg baik cara kerja nya..
edunn 36.8:1 bensin rasa diesel kah? Jgn2 ga pakai throttle valve lagi :mky_06:
Normalnya kan buat gasoline the leaner the fuel, the hotter you run.. di skyactiv ini piye yah :big_chicken:

Dg kompresi setinggi itu.. in similar displacement, mesinnya bakal seberat mesin2 disel ga yah :big_think:

Menarik nih.. breakthrough mazda buat modern gas engine :frm_salut:
Pke throttle valve om, diesel modern jg banyak yg pakai skrng... Haha

Nah iy, makin lean dr stochiometric makin panas dan emisi malah lebih tinggi, tp itu klw d bakar via spark. Mungkin berbeda klw d bakar dgn CI dia Auto ignite dri setiap molekul fuel terbakar rata, jika SI api dr businy saja dan butuh wktu untuk menjalar.

Sya baca2 jg CI suhu pembakaran lebi dingin dan hrsnya punya thermal efficiency diatas 40%

Perbedaan mendasar CI diesel dan CI petrol, di diesel Air/Fuel tdk perlu tercampur sempurna, infact fuel bru di injek d ujung compression cycle. Sedangkan HCCI petrol, fuel hrs di inject saat intake cycle dan harus tercampur rata sblm d compress dan autoignite.


Bobot, getaran, reliability, suara, oprekable blm tau ya haha.. benar2 unknown blm ada mesin mass product seperti ini sebelumnya

:beer:
Yup.. di diesel engine utk vacuum egr kan.. keliatannya kalo lean bgtu kudunya mesin ini juga sama yah.. mirip2 valvetronic nya bmw mungkin? Tp kayaknya tanpa mekanisme valve nya hahaha..
Semoga pengembangannya bisa sukses nigh.. ntar tinggal dicopy sama pabrikan lain hahaha
Selalu 1 step above mazda di sektor ini :emo-big_love:
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by billyd1773dz »

Hmmm valvetronic equivalent nya dgn vtec dan valve matic, teknologi variable valve lift atau camswitching hehehe

D mazda rasanya blm ada. Skyactiv dri dulu dual vvti.

Mazda developmentny fokus ke ruang bakarnya ya, kompetitor lebi ke mulut n pembuanganya.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by efact »

Err.. kalo ngomongin throttle bodynya aja lho.. sama vtec sih kayanya beda mod.. vtec kan masi kontrol air via throtle plates.. klo di valvematic yes.. throttle valve nya hanya for safety /emisi reason spt biem dan disel enjin spt yg disebut td..
Td penasaran sempet baca2 trnyata sih di skyactiv x mirip gtu ya.. cuma ga jelas sih.. bilangnya cuma thanks to low resistance throttle valve.. https://www.scribd.com/mobile/document/ ... esentation

Numpang belajar juga yakk :beer:
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by racho »

kan di presentasinya ada 'air supply unit'... apapun itu, tujuannya sama dengan variable lift: naikin volumetric efficiency.
dan Skyactiv-D Mazda pake variable lift kan...

mulut n pembuangannya udah jadi cerita lalu buat Mazda.
Skyactiv yg pertama lebih dulu fokus disitu. jarang2 pabrikan pake exhaust 4-2-1 panjang...
billyd1773dz wrote: Fri Aug 11, 2017 3:03 Hmmm valvetronic equivalent nya dgn vtec dan valve matic, teknologi variable valve lift atau camswitching hehehe

D mazda rasanya blm ada. Skyactiv dri dulu dual vvti.

Mazda developmentny fokus ke ruang bakarnya ya, kompetitor lebi ke mulut n pembuanganya.

:beer:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by billyd1773dz »

efact wrote: Fri Aug 11, 2017 8:57 Err.. kalo ngomongin throttle bodynya aja lho.. sama vtec sih kayanya beda mod.. vtec kan masi kontrol air via throtle plates.. klo di valvematic yes.. throttle valve nya hanya for safety /emisi reason spt biem dan disel enjin spt yg disebut td..
Td penasaran sempet baca2 trnyata sih di skyactiv x mirip gtu ya.. cuma ga jelas sih.. bilangnya cuma thanks to low resistance throttle valve.. https://www.scribd.com/mobile/document/ ... esentation

Numpang belajar juga yakk :beer:
yapp pumping loss akibat TB ya... coba di baca2 lagi soal vtec. salah satu tujuan vtec untuk ngurangin pumping loss di TB jg.. terutama vtec "eco" di R18

bedanya vtec masih jadul.. dia literaly camswitching biasanya maksimal hanya 3 stage, dan umumnya 2 stage. jadi variasi lift nya hanya 2 - 3 lift valve. sedangkan valvematic liftnya bisa bener2 variable dari 1mm-11mm tentu hasilnya jauh lebih baik di valvematic.

di persentasi tidak dijelaskan sama sekali mengenai teknologi di valvenya haha....
racho wrote: Fri Aug 11, 2017 10:01 kan di presentasinya ada 'air supply unit'... apapun itu, tujuannya sama dengan variable lift: naikin volumetric efficiency.
dan Skyactiv-D Mazda pake variable lift kan...

mulut n pembuangannya udah jadi cerita lalu buat Mazda.
Skyactiv yg pertama lebih dulu fokus disitu. jarang2 pabrikan pake exhaust 4-2-1 panjang...
billyd1773dz wrote: Fri Aug 11, 2017 3:03 Hmmm valvetronic equivalent nya dgn vtec dan valve matic, teknologi variable valve lift atau camswitching hehehe

D mazda rasanya blm ada. Skyactiv dri dulu dual vvti.

Mazda developmentny fokus ke ruang bakarnya ya, kompetitor lebi ke mulut n pembuanganya.

:beer:
oh ya skyactiv D 2.2 ada VVL tp hanya di exhaust port. berbeda dgn mivec diesel mitsu yg di pasang di intake...

haha ntah lah, yg pasti air supply unit bukan teknologi valve / camshaft.

1 lagi... mazda punya variable fresh air duct seperti di RX 8 dan MX5 ND yang aktif di highrev

Image

di merk lain namanya variable intake manifold... tp yg sampai variable di mulut pre-filter sya baru lihat di mazda haha..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by Turboman »

DiesOtto Mercedes itu udah dari tahun 2007

lupa yaaa......

heheheheheh
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote: Sat Aug 12, 2017 7:18 DiesOtto Mercedes itu udah dari tahun 2007

lupa yaaa......

heheheheheh
Diesotto klw sya tdk lupa itu prototype or experimental enjin, kalau saya tidak lupa juga blm ada berita akan masuk mass product seperti skyactiv x
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
danielkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sun Aug 17, 2014 7:43

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by danielkt »

Kenapa ga sekalian implement tji yg sudah proven sukses di f1 sejak 2014 in term of efficiency & output.
Sudah ada suppliernya pula yg produksi.

http://www.mahle-powertrain.com/en/expe ... -ignition/
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by Turboman »

IMHO

CI Petrol ini kendala besar di BBM nya

Kualitas BBM sgt critical agar proses CI berjalan sempurna

pengen tahu juga gimana trik Mazde ngehandle soal ini

apa mungkin kalo BBM kurang oke busi akan tetap jalan

kalo BBM oke banget barulah proses CI berjalan

CMIIW
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Welcome skyactiv-X , a blend of Petrol and Diesel?

Post by daftar »

solusinya mungkin bensinnya dicampurin sedikit solar :ngacir:

atau dibikin dual fuel :ngacir:
:ngacir: