Ask dampak gonta ganti jenis bbm

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

coipan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Feb 21, 2015 17:15

Ask dampak gonta ganti jenis bbm

Post by coipan »

Gan ane pengguna fortuner vnt 2014, kondisi sekarang isi bahan bakarnya pertamina dex.

Ane mw nanya bahan bahan untuk fortuner diesel yang cocok apa ya ? Apakah dexlite direkomendasikan?

Dan ane mw nanya jg efek klo sering gonta ganti jenis bbm ad ga ya? Misalkan ane isi pertaminax dex, lalu dexlite? Soalnya di tmpt ane dexlite nya kgk ad gan. Thx
marhadiyantodwi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Jan 31, 2017 10:21

Re: Ask dampak gonta ganti jenis bbm

Post by marhadiyantodwi »

Setau saya untuk fortuner vnt 2014 masih sama mesinnya sama kijang innova diesel.
Bahan bakar yang direkomendasikan pastinya pertaminaDEX. Dexlite masih gpp. Biosolar juga gpp kalau tega. tapi jangan lupa tambahin aditif semacam noriv*l.
Menurut saya kalau gantiannya antara dexlite dan pertaminaDEX gak ada efek samping yg bisa ngerusak komponen. Mungkin suhu lain ada yg lebih tau.
boostedgang
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Fri Sep 30, 2016 1:26

Re: Ask dampak gonta ganti jenis bbm

Post by boostedgang »

Saya pake vnt udah modif power naik 2x lipat
Dari awal pake biosolar aman. Banyak temen2 jg yg udah upgrade 300hp +++ pake biosolar
Aman kok , tapi biasanya kita pake additiv solar. Ini additional juga boleh iya boleh ga.
Boost it
Chip it
Stack it
Smoke it !
- Diesel Power -
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Ask dampak gonta ganti jenis bbm

Post by efact »

Biosolar cukupan sih pak.. paling interval ganti filternya aja yg jd lebih pendek..sama yg pnting pakai filter yg kualitasnya terjamin..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Ask dampak gonta ganti jenis bbm

Post by adrevolution »

Sorry nyundul trit lama, mau nanya kalo efek gonta ganti bbm di ANKI diesel (2GD engine) antara dex dgn dexlite gmn ya? Ada efek negatifnya? Soalnya bokap rencana mau ganti mbl kantor sama ANKI diesel, cuman rasanya penyebaran dex sama dexlite di SPBU lebih ke subtitusi ketimbang komplementer kyk pertalite & pertamax (mksdnya di SPBU kalo ada dex gak ada dexlite, kalo ada dexlite gak ada dex, sedangkan kalo pertalite ada most likely pertamax juga ada).

Rencana gonta ganti bbm antara 2 itu aja, karena sudah kapok pake solbus jaman dulu miara mitsu kuda diesel sampe hrs bongkar injector mampet gara2 solbus. Dan gak suka asep cumi2 nya bikin jd gak beda dgn bis AKAP.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Ask dampak gonta ganti jenis bbm

Post by efact »

adrevolution wrote: Sun Aug 13, 2017 11:48 Sorry nyundul trit lama, mau nanya kalo efek gonta ganti bbm di ANKI diesel (2GD engine) antara dex dgn dexlite gmn ya? Ada efek negatifnya? Soalnya bokap rencana mau ganti mbl kantor sama ANKI diesel, cuman rasanya penyebaran dex sama dexlite di SPBU lebih ke subtitusi ketimbang komplementer kyk pertalite & pertamax (mksdnya di SPBU kalo ada dex gak ada dexlite, kalo ada dexlite gak ada dex, sedangkan kalo pertalite ada most likely pertamax juga ada).

Rencana gonta ganti bbm antara 2 itu aja, karena sudah kapok pake solbus jaman dulu miara mitsu kuda diesel sampe hrs bongkar injector mampet gara2 solbus. Dan gak suka asep cumi2 nya bikin jd gak beda dgn bis AKAP.
Efek krn gonta ganti sih ngga om.. tp dexlite sih masi bio 20 persen loh.. dan kandungan fame nya itu biasa kalo ga ninggalin ampas di pre filter, ya bikin mampet main filter..
Intinya kalo disel gini sebisa mungkin kualitas filternya selalu prima sih.. mudah2an aman hahaha
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
Aihawari
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Jul 11, 2016 0:31

Re: Ask dampak gonta ganti jenis bbm

Post by Aihawari »

Pengalaman pakai VNT 2015 hobi gonta ganti BBM juga, dari Shell Diesel (awal beli) , Solar (sebelum ada dexlite), Dex (kalo lagi keluar kota), Dexlite (Baru 3 bulan ini) engga ada masalah berarti setelah 40ribu km berjalan.

Vespa LX 3v sy malah lebih hobi ganti BBM dari Premium eceran sampai Pertamax Turbo sudah jalan 4 tahun (23 ribu km) juga tidak ada masalah..

Menurut sy kendaraan jaman sekarang, ECU nya sudah menyesuaikan dengan BBM yang dibakar dalam mesin.. jadi tidak akan ada masalah
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Ask dampak gonta ganti jenis bbm

Post by adrevolution »

efact wrote: Sun Aug 13, 2017 11:54
adrevolution wrote: Sun Aug 13, 2017 11:48 Sorry nyundul trit lama, mau nanya kalo efek gonta ganti bbm di ANKI diesel (2GD engine) antara dex dgn dexlite gmn ya? Ada efek negatifnya? Soalnya bokap rencana mau ganti mbl kantor sama ANKI diesel, cuman rasanya penyebaran dex sama dexlite di SPBU lebih ke subtitusi ketimbang komplementer kyk pertalite & pertamax (mksdnya di SPBU kalo ada dex gak ada dexlite, kalo ada dexlite gak ada dex, sedangkan kalo pertalite ada most likely pertamax juga ada).

Rencana gonta ganti bbm antara 2 itu aja, karena sudah kapok pake solbus jaman dulu miara mitsu kuda diesel sampe hrs bongkar injector mampet gara2 solbus. Dan gak suka asep cumi2 nya bikin jd gak beda dgn bis AKAP.
Efek krn gonta ganti sih ngga om.. tp dexlite sih masi bio 20 persen loh.. dan kandungan fame nya itu biasa kalo ga ninggalin ampas di pre filter, ya bikin mampet main filter..
Intinya kalo disel gini sebisa mungkin kualitas filternya selalu prima sih.. mudah2an aman hahaha
Kalau kondisi, katakanlah dlm 10rb kilometer ngisi bbm 70% nya ngisi dexlite, 30% nya ngisi dex, filter solar butuh ganti tiap brp ribu km bagusnya?
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Ask dampak gonta ganti jenis bbm

Post by efact »

adrevolution wrote: Sun Aug 13, 2017 11:57
efact wrote: Sun Aug 13, 2017 11:54
adrevolution wrote: Sun Aug 13, 2017 11:48 Sorry nyundul trit lama, mau nanya kalo efek gonta ganti bbm di ANKI diesel (2GD engine) antara dex dgn dexlite gmn ya? Ada efek negatifnya? Soalnya bokap rencana mau ganti mbl kantor sama ANKI diesel, cuman rasanya penyebaran dex sama dexlite di SPBU lebih ke subtitusi ketimbang komplementer kyk pertalite & pertamax (mksdnya di SPBU kalo ada dex gak ada dexlite, kalo ada dexlite gak ada dex, sedangkan kalo pertalite ada most likely pertamax juga ada).

Rencana gonta ganti bbm antara 2 itu aja, karena sudah kapok pake solbus jaman dulu miara mitsu kuda diesel sampe hrs bongkar injector mampet gara2 solbus. Dan gak suka asep cumi2 nya bikin jd gak beda dgn bis AKAP.
Efek krn gonta ganti sih ngga om.. tp dexlite sih masi bio 20 persen loh.. dan kandungan fame nya itu biasa kalo ga ninggalin ampas di pre filter, ya bikin mampet main filter..
Intinya kalo disel gini sebisa mungkin kualitas filternya selalu prima sih.. mudah2an aman hahaha
Kalau kondisi, katakanlah dlm 10rb kilometer ngisi bbm 70% nya ngisi dexlite, 30% nya ngisi dex, filter solar butuh ganti tiap brp ribu km bagusnya?
utk commonrail disel yg mesh filternya rapet2 skrg ini,sy cb sharing filter pajero dg bio 20% umumnya tahan hanya skitar 10rb kman itu biasanya CE nya nyala.. kalo pencampuran kaya gtu ya tinggal dikalkulasi aja dari persenannya hihihi.. tp itu 4d56 lho ya.. entah kalo di kd atau gd engine filter mesh nya spt apa..
Tp harusnya mirip..
klo utk jeroan.. rasa2 nya selama bukan solar busuk yg literally busuk kaya di tambang2, mestinya sih aman2 aja ya..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
susumilo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Jan 18, 2016 8:50

Re: Ask dampak gonta ganti jenis bbm

Post by susumilo »

Kalau pake biosolar, aditif yg sering dipakai dan terbukti positif ke mesin apa ya om?
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Ask dampak gonta ganti jenis bbm

Post by NYoman »

Saya sendiri sih, aditif murni cuma untuk regular maintenance.. Bisa setahun 2-3x saja..

Banyak yang bilang gpp pakai Bio Solar, saya sih bilang gpp karena pabrikan disini sengaja downspek supaya pertanyaan "Bisa pakai solar atau premium" itu terjawab..

Cuma dengan pakai bio solar, rajin2lah cek filter bbm kalau bisa ganti tiap 20-30rb km regular, oli rajin ganti, purging tiap habis ganti filter juga saya sarankan.. Tujuan bbm bagus terutama di Diesel adalah menurunkan kadar emisi (jelas karena kadar sulfur lebih rendah) serta mengurangi efek mampet pada sistem pompa bbm dan saluran nya..

Solar busuk disini dimaksudkan mungkin yang bercampur air dan sudah butek karena mengendap terlalu lama.. Selama di kota besar gak masalah, rajin bersih2 aja seperti yang saya tulis sudah cukup..

Kalau tambang dll nah itu beda lagi, kayak di Papua, hutan Alaska banyak heavy duty truck yang fuel pump macet karena campur2 air..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)