Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

k31k0ku
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Jan 23, 2017 1:51

Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by k31k0ku »

Guyss, suhu" SM mohon bantuan

Ada yang pake CX 5 2014 GT ga?

Permasalahan : Perpindahan gigi dari P ke R, berasa berat bgt, dan pas pindah, mobil berasa goyang maju mubdur dikit dan ada bunyi derrr

Ada yg prnh masalah kaya gini ga agan"?

Any recommendation? Saya jg udh gnti oli matic Mazda, jg msi blom smbuh masalah ini

Help gann :big_cry:
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by pilotgaruda »

Coba habis mobil berhenti, sebelum ke P mobil di parking brake dulu.

Jadi tahapannya:
1. Mobil berhenti, injak rem.
2. Pasang parking brake (rem kaki masih diinjak)
3. Pindahin tuas ke N (atau ke P langsung)
4. Lepas injakan rem

Intinya pas mobil mau ke P harus dalam keadaan berhenti. Kalo Posisi P diaplikasikan sebelom parking brake dipasang, pin lock akan ngeganjal gear di dalam transmisi, dan menahan beban mobil yg harusnya dilakukan oleh Parking Brake. Saat Pindah dari P ke R, pin tsb akan melepaskan diri dari gear dgn cara aga dipaksa. Itu mungkin yg nyebabin bunyi Derr. CMIIW ya

Dulu pake CX5 Touring 2015, suka kaya gitu kalo pindahin ke P tanpa parking brake dulu. Pas mau pindah ke R aga nge"derr" dikit. Dan itu hampir kejadian di beberapa mobil matic yg saya pakai. Tiap pindah ke P tanpa parking brake dulu, pas mau balik ke R, ada derr dulu. Akan lebih parah derrnya kalo berhenti di kontur jalan menurun. CMIIW
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by pilotgaruda »

k31k0ku
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Jan 23, 2017 1:51

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by k31k0ku »

pilotgaruda wrote: Mon May 22, 2017 11:58 Coba habis mobil berhenti, sebelum ke P mobil di parking brake dulu.

Jadi tahapannya:
1. Mobil berhenti, injak rem.
2. Pasang parking brake (rem kaki masih diinjak)
3. Pindahin tuas ke N (atau ke P langsung)
4. Lepas injakan rem

Intinya pas mobil mau ke P harus dalam keadaan berhenti. Kalo Posisi P diaplikasikan sebelom parking brake dipasang, pin lock akan ngeganjal gear di dalam transmisi, dan menahan beban mobil yg harusnya dilakukan oleh Parking Brake. Saat Pindah dari P ke R, pin tsb akan melepaskan diri dari gear dgn cara aga dipaksa. Itu mungkin yg nyebabin bunyi Derr. CMIIW ya

Dulu pake CX5 Touring 2015, suka kaya gitu kalo pindahin ke P tanpa parking brake dulu. Pas mau pindah ke R aga nge"derr" dikit. Dan itu hampir kejadian di beberapa mobil matic yg saya pakai. Tiap pindah ke P tanpa parking brake dulu, pas mau balik ke R, ada derr dulu. Akan lebih parah derrnya kalo berhenti di kontur jalan menurun. CMIIW
Suhu pilotgaruda, thanks bgt nih infonya, bakal cobain cara suhu

Jdi klo misalnya ane udh slesai parkir mundur, ane hand brake dlu (masi injek rem kaki), abis itu coba ke P yah, baru lepas rem kaki? Begitu bukan suhu?
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by pilotgaruda »

k31k0ku wrote: Mon May 22, 2017 12:41
pilotgaruda wrote: Mon May 22, 2017 11:58 Coba habis mobil berhenti, sebelum ke P mobil di parking brake dulu.

Jadi tahapannya:
1. Mobil berhenti, injak rem.
2. Pasang parking brake (rem kaki masih diinjak)
3. Pindahin tuas ke N (atau ke P langsung)
4. Lepas injakan rem

Intinya pas mobil mau ke P harus dalam keadaan berhenti. Kalo Posisi P diaplikasikan sebelom parking brake dipasang, pin lock akan ngeganjal gear di dalam transmisi, dan menahan beban mobil yg harusnya dilakukan oleh Parking Brake. Saat Pindah dari P ke R, pin tsb akan melepaskan diri dari gear dgn cara aga dipaksa. Itu mungkin yg nyebabin bunyi Derr. CMIIW ya

Dulu pake CX5 Touring 2015, suka kaya gitu kalo pindahin ke P tanpa parking brake dulu. Pas mau pindah ke R aga nge"derr" dikit. Dan itu hampir kejadian di beberapa mobil matic yg saya pakai. Tiap pindah ke P tanpa parking brake dulu, pas mau balik ke R, ada derr dulu. Akan lebih parah derrnya kalo berhenti di kontur jalan menurun. CMIIW
Suhu pilotgaruda, thanks bgt nih infonya, bakal cobain cara suhu

Jdi klo misalnya ane udh slesai parkir mundur, ane hand brake dlu (masi injek rem kaki), abis itu coba ke P yah, baru lepas rem kaki? Begitu bukan suhu?
Sama2 oom, moga2 ngebantu

Kurang lebih gitu. Pokoke sebelum masuk ke P, usahain mobil dalam keadaan ga gerak sama sekali. Apply parking brake, baru pindah ke P.
k31k0ku
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Jan 23, 2017 1:51

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by k31k0ku »

pilotgaruda wrote: Mon May 22, 2017 12:56
k31k0ku wrote: Mon May 22, 2017 12:41
pilotgaruda wrote: Mon May 22, 2017 11:58 Coba habis mobil berhenti, sebelum ke P mobil di parking brake dulu.

Jadi tahapannya:
1. Mobil berhenti, injak rem.
2. Pasang parking brake (rem kaki masih diinjak)
3. Pindahin tuas ke N (atau ke P langsung)
4. Lepas injakan rem

Intinya pas mobil mau ke P harus dalam keadaan berhenti. Kalo Posisi P diaplikasikan sebelom parking brake dipasang, pin lock akan ngeganjal gear di dalam transmisi, dan menahan beban mobil yg harusnya dilakukan oleh Parking Brake. Saat Pindah dari P ke R, pin tsb akan melepaskan diri dari gear dgn cara aga dipaksa. Itu mungkin yg nyebabin bunyi Derr. CMIIW ya

Dulu pake CX5 Touring 2015, suka kaya gitu kalo pindahin ke P tanpa parking brake dulu. Pas mau pindah ke R aga nge"derr" dikit. Dan itu hampir kejadian di beberapa mobil matic yg saya pakai. Tiap pindah ke P tanpa parking brake dulu, pas mau balik ke R, ada derr dulu. Akan lebih parah derrnya kalo berhenti di kontur jalan menurun. CMIIW
Suhu pilotgaruda, thanks bgt nih infonya, bakal cobain cara suhu

Jdi klo misalnya ane udh slesai parkir mundur, ane hand brake dlu (masi injek rem kaki), abis itu coba ke P yah, baru lepas rem kaki? Begitu bukan suhu?
Sama2 oom, moga2 ngebantu

Kurang lebih gitu. Pokoke sebelum masuk ke P, usahain mobil dalam keadaan ga gerak sama sekali. Apply parking brake, baru pindah ke P.
Siap om nnti dicoba, klo misalnya dri P ke R jg sama ya om?

N apakah klo di bawa ke Bengkel resmi Mazda, bsa dibenerin ga yah om? Smpe ga derrrrr lg pas perpindahan gigi
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by adrevolution »

Si om tempat parkirnya nanjak/turunan ya? Kalau nanjak kayaknya emg wajar terutama geared AT... cuman cvt yg berasa lebih alus... pas lepas parking pawlnya (kuncian di mode P) kayak ada beban buat ngelepasnya, jadinya agak kasar. Makanya kalo parkir di P tanpa di handbrake mobil bergerak dikit kan, nah itu yg bikin agak kasar pas pindah dr P ke R, makanya biar mobil matic pun tetep dikasih parking brake, fungsinya emg buat ngurangin beban kuncian transmisi pas parkir terutama parkir tanjakan/turunan

Cmiiw
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by vinchazz »

wah sama ama cx-5 tmen nih, dia yang 2012
caranya mirip sama om pilotgaruda tapi kalo yang trik saya
abis apply parking brake / handbrake masukin gigi ke N terus lepas rem biasa (kaki) biar mobil ngefix posisi dlu terutama buat pas diturunan ato tanjakan nah setelah mobil diam karena ditahan parking brake, barulah pindahin ke P
pas lewatin posisi R tuasnya jgn diberentiin di posisi itu yak, langsung aja dari N geser ke P secara cepat ( gesernya N-R-P jangan N-R(jeda/spasi)-P )

semua mobil matic begitu kok kalo pas mobil masih bisa bergerak terus udah masukin P dan abis lepas rem mobil bergeser, pas mau dipindah dari P ke gigi R ato D pasti geter berat

semoga membantu
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by geofreyap »

pilotgaruda wrote: Mon May 22, 2017 11:58 Coba habis mobil berhenti, sebelum ke P mobil di parking brake dulu.

Jadi tahapannya:
1. Mobil berhenti, injak rem.
2. Pasang parking brake (rem kaki masih diinjak)
3. Pindahin tuas ke N (atau ke P langsung)
4. Lepas injakan rem

Intinya pas mobil mau ke P harus dalam keadaan berhenti. Kalo Posisi P diaplikasikan sebelom parking brake dipasang, pin lock akan ngeganjal gear di dalam transmisi, dan menahan beban mobil yg harusnya dilakukan oleh Parking Brake. Saat Pindah dari P ke R, pin tsb akan melepaskan diri dari gear dgn cara aga dipaksa. Itu mungkin yg nyebabin bunyi Derr. CMIIW ya

Dulu pake CX5 Touring 2015, suka kaya gitu kalo pindahin ke P tanpa parking brake dulu. Pas mau pindah ke R aga nge"derr" dikit. Dan itu hampir kejadian di beberapa mobil matic yg saya pakai. Tiap pindah ke P tanpa parking brake dulu, pas mau balik ke R, ada derr dulu. Akan lebih parah derrnya kalo berhenti di kontur jalan menurun. CMIIW
Nah betul ini.
Perlakuan ini tidak hanya untuk mazda, tapi semua matic.
Ada baiknya parking brake & foot brake aktif dulu sebelum pindah ke P.
Dari sekitar teman2 oe, banyak sekali yg ngawur, mengandalkan P sebagai rem parkir.

Terus 1 tambahan lagi, kalo parkir lalu kena pembatas, usahakan netralkan dulu, sampai mobil posisi free, tidak senggol pembatas.
(Kasih jarak sedikit dengan pembatas parkir)

Jangan sampai saat senggol pembatas, lalu rem, lalu pindah P, itu kasian ban, rem, & transmisinya.

CMIIW
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by b8099ok »

Mungkin krn abis parkir sebelah 2gd matic,... Jd ketularan,... Uda di edukasi blm? :big_slap:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by pilotgaruda »

k31k0ku wrote: Mon May 22, 2017 13:21

Siap om nnti dicoba, klo misalnya dri P ke R jg sama ya om?

N apakah klo di bawa ke Bengkel resmi Mazda, bsa dibenerin ga yah om? Smpe ga derrrrr lg pas perpindahan gigi
Kalo P ke R kan harus injek rem dulu, jadi ga masalah.
Kalo emang derr nya karena masuk ke P tanpa berhenti total sih saya rasa Beres akan komentar yg sama, krn kondisi gitu matic mana aja akan "derr" juga. Cuma kl kebiasan kaya gitu berlangsung lama, takutnya ada masalah di transmisinya. MOga2 aja ga sampe ada masalah. cmiiw
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by pilotgaruda »

geofreyap wrote: Mon May 22, 2017 13:54

Nah betul ini.
Perlakuan ini tidak hanya untuk mazda, tapi semua matic.
Ada baiknya parking brake & foot brake aktif dulu sebelum pindah ke P.
Dari sekitar teman2 oe, banyak sekali yg ngawur, mengandalkan P sebagai rem parkir.

Terus 1 tambahan lagi, kalo parkir lalu kena pembatas, usahakan netralkan dulu, sampai mobil posisi free, tidak senggol pembatas.
(Kasih jarak sedikit dengan pembatas parkir)

Jangan sampai saat senggol pembatas, lalu rem, lalu pindah P, itu kasian ban, rem, & transmisinya.

CMIIW
btul, stuju sama yg ini juga
waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by waterlo »

dulu emang pernah di kasi nasehat sama bengkel matic di bilangan bintaro. kunci kalo mau matic awet ada beberapa, diantanya:

1. usahakan kalo lagi dipanasin, tuas pindahin ke N jangan di P karena menurut beliau kalo di P olinya gak bersirkulasi. biar lebih awet jadinya ditaro N supaya oli maticnya bersirkulasi.
2. kalo parkir konturnya menanjak / menurun, paling bagus adalah parkir mobil sampe berhenti kemudian pindah N, tarik rem tangan sampe mobil gak gerak lagi. baru pindah ke P untuk mengurangi beban pinlock seperti yang om2 banyak kasi tau diatas. banyak kejadian jebolnya tranny berawal dari sini karena ketidaktahuan pengguna mobil.
3. usahakan waktu perpindahan dari P ke R atau P ke D mobil HARUS bener2 berhenti total. biasanya ada orang kalo parkir di mall misalnya, masuk mundur. begitu ancang2 mau masuk mundur, mobil belum berhenti total terus langsung masuk R. naah alamat cepet rusak deh tuh. klien dia avanza matic baru setahun jalan less than 50K km hancur berantakan karena habit begini. padahal menurut si empunya, ganti oli matic tiap 20k km. setelah diajak jalan bareng sebentar baru ketauan deh asal rusaknya bukan dari tranny tp dari habit pemiliknya.

soalnya ada temen model begini nih, pas mau parkir mobil masi bergerak 10-20 cm langsung masuk R walhasil semua mobil dia dari jazz idsi 2004 sampe ganti freed 2012 gak berubah, tiap masuk R bergeter keras. yang jazz dijual krn tranny hancur, yang freed tinggal tunggu waktu ancur juga :D :D :D
k31k0ku
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Jan 23, 2017 1:51

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by k31k0ku »

Jdi disaranin klo parkir agk nanjak atau turunan:
1. Selalu harus berhenti total dahulu dan tidak bergerak dengan injak rem kaki
2. Pindahkan gigi dari R/D ke Netral
3. Tarik rem tangan
4. Lalu pindahkan ke P

Kalo lagi parkir maju mundur, harus bener bener dalam berhenti total, baru pindahin gigi yah?

CMIIW suhuu suhuuu
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by grandis_GT »

k31k0ku wrote: Tue May 23, 2017 10:34 Jdi disaranin klo parkir agk nanjak atau turunan:
1. Selalu harus berhenti total dahulu dan tidak bergerak dengan injak rem kaki
2. Pindahkan gigi dari R/D ke Netral
3. Tarik rem tangan
4. Lalu pindahkan ke P

Kalo lagi parkir maju mundur, harus bener bener dalam berhenti total, baru pindahin gigi yah?

CMIIW suhuu suhuuu
Exactly :big_okay:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by maastricht889 »

Wah topik menarik ini, saya jg mau nanya Om kl mobil matic sy taruh di garasi lama (>1 hari), katanya hand rem harus dilepas dan posisi tuas di P. Kl begitu apa bs terjadi keadaan "jedak" (sejenis itu) waktu perpindahan dari P ke R?
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by vinchazz »

erwinign wrote: Wed May 24, 2017 6:08 Wah topik menarik ini, saya jg mau nanya Om kl mobil matic sy taruh di garasi lama (>1 hari), katanya hand rem harus dilepas dan posisi tuas di P. Kl begitu apa bs terjadi keadaan "jedak" (sejenis itu) waktu perpindahan dari P ke R?
hmmmm punya ogut sih udah pernah 1 bulan digarasi ditinggal liburan gk knapa" tuh
posisi garasi gk miring sih

masuk gigi P, pake parking brake kok
pas balik manasin sih emang butuh rada lama trus kalo gk lama, pas masuk R suka ada bunyi gleg gitu tapi gk geter ke bodi ato gimana ya cuma bunyi sekali itu :mky_01:
waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by waterlo »

erwinign wrote: Wed May 24, 2017 6:08 Wah topik menarik ini, saya jg mau nanya Om kl mobil matic sy taruh di garasi lama (>1 hari), katanya hand rem harus dilepas dan posisi tuas di P. Kl begitu apa bs terjadi keadaan "jedak" (sejenis itu) waktu perpindahan dari P ke R?
wah kata siapa tuh? handbrake tetep ditarik aja ketimbang mobil berhenti ngadelin pinlock parkir. daripada kenapa2 tuh pinlock benerinnya butuh biaya gede. ane udah pernah benerin matic, ga ada cerita keluar duit sejuta dua juta buat repair. :big_biglaugh:

daripada dengerin advice begitu yang ujung2nya tranny mobil rusak, mendingan cari aman. parkir tetap tarik handbrake dulu dan taruh tuas posisi P setelahnya.
Vic4773
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Wed Nov 01, 2017 9:08

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by Vic4773 »

Halo semua, semoga tidak salah kamar.
Mengenai posisi gigi transmisi Manual / AMT pada saat Parkir apakah sebaiknya tetap masuk gigi dan parking brake ON?
Sumber yang saya baca.
Saat di Tanjakan Naik, masukan gigi 1 saat parkir.
Saat di Turunan, masuk gigi R saat parkir. Mohon penjelasan teknis.

Berikut sumber dari buku manual.
On a downhill slope, the gear should be put in reverse, and in 1st gear on an uphill slope.
In the case of uphill/downhill slope, after check the vehicle stopped by the gear engaged, put chocks under the wheels.
Otherwise, the vehicle may move, and cause an unexpected accident.
If the gear is left in the “N” position, the vehicle cannot be parked with a gear engaged.

Terima kasih.
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by vinchazz »

Wah ignis amt saya sih selalu N
Parking brake nya bagus kok, kalo ban bagus dan jalanan gk licin mah terjal kek nagrek juga gk bakal gelinding pas berenti
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by ginting »

vinchazz wrote: Mon May 22, 2017 13:50 wah sama ama cx-5 tmen nih, dia yang 2012
caranya mirip sama om pilotgaruda tapi kalo yang trik saya
abis apply parking brake / handbrake masukin gigi ke N terus lepas rem biasa (kaki) biar mobil ngefix posisi dlu terutama buat pas diturunan ato tanjakan nah setelah mobil diam karena ditahan parking brake, barulah pindahin ke P
pas lewatin posisi R tuasnya jgn diberentiin di posisi itu yak, langsung aja dari N geser ke P secara cepat ( gesernya N-R-P jangan N-R(jeda/spasi)-P )

semua mobil matic begitu kok kalo pas mobil masih bisa bergerak terus udah masukin P dan abis lepas rem mobil bergeser, pas mau dipindah dari P ke gigi R ato D pasti geter berat

semoga membantu
Garasi saya juga nanjak dari jalanan komplek.
Jurus saya juga sama dengan oom vinchazz...

Kalau setelah masuk garasi...injak rem kaki...tarik rem tangan...pindah ke N .....lepas kaki...lihat mobil udah stop atau belum...kadang rem tangan kurang kuat ditarik...nah, setelah berhenti...baru pindahkan dari N ke P.....(biasanya besok paginya muluss dari P ke R..

Kalau belum berhenti bener udah masuk P, maka besok paginya untuk pindah dari P ke R agak keras dan ada bunyi "teng"...di tuas transmissi...
(lock pawl kudu dipaksa lepasnya)...
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by vinchazz »

ginting wrote: Fri Jul 13, 2018 10:34
vinchazz wrote: Mon May 22, 2017 13:50 wah sama ama cx-5 tmen nih, dia yang 2012
caranya mirip sama om pilotgaruda tapi kalo yang trik saya
abis apply parking brake / handbrake masukin gigi ke N terus lepas rem biasa (kaki) biar mobil ngefix posisi dlu terutama buat pas diturunan ato tanjakan nah setelah mobil diam karena ditahan parking brake, barulah pindahin ke P
pas lewatin posisi R tuasnya jgn diberentiin di posisi itu yak, langsung aja dari N geser ke P secara cepat ( gesernya N-R-P jangan N-R(jeda/spasi)-P )

semua mobil matic begitu kok kalo pas mobil masih bisa bergerak terus udah masukin P dan abis lepas rem mobil bergeser, pas mau dipindah dari P ke gigi R ato D pasti geter berat

semoga membantu
Garasi saya juga nanjak dari jalanan komplek.
Jurus saya juga sama dengan oom vinchazz...

Kalau setelah masuk garasi...injak rem kaki...tarik rem tangan...pindah ke N .....lepas kaki...lihat mobil udah stop atau belum...kadang rem tangan kurang kuat ditarik...nah, setelah berhenti...baru pindahkan dari N ke P.....(biasanya besok paginya muluss dari P ke R..

Kalau belum berhenti bener udah masuk P, maka besok paginya untuk pindah dari P ke R agak keras dan ada bunyi "teng"...di tuas transmissi...
(lock pawl kudu dipaksa lepasnya)...
bunyinya cuma "teng" ya om
di crv bunyinya kalo pas waktu itu tmen gk lakuin trik yg biasa
pas mau jalan abis parkir keluar bunyi "klotak" kek dipaksa pindah gitu giginya
User avatar
Soccerates
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Sep 08, 2017 0:32
Location: Indonesia
Daily Vehicle: HR15DE - RX 2011

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by Soccerates »

waterlo wrote: Tue May 23, 2017 1:41 dulu emang pernah di kasi nasehat sama bengkel matic di bilangan bintaro. kunci kalo mau matic awet ada beberapa, diantanya:

1. usahakan kalo lagi dipanasin, tuas pindahin ke N jangan di P karena menurut beliau kalo di P olinya gak bersirkulasi. biar lebih awet jadinya ditaro N supaya oli maticnya bersirkulasi.
2. kalo parkir konturnya menanjak / menurun, paling bagus adalah parkir mobil sampe berhenti kemudian pindah N, tarik rem tangan sampe mobil gak gerak lagi. baru pindah ke P untuk mengurangi beban pinlock seperti yang om2 banyak kasi tau diatas. banyak kejadian jebolnya tranny berawal dari sini karena ketidaktahuan pengguna mobil.
3. usahakan waktu perpindahan dari P ke R atau P ke D mobil HARUS bener2 berhenti total. biasanya ada orang kalo parkir di mall misalnya, masuk mundur. begitu ancang2 mau masuk mundur, mobil belum berhenti total terus langsung masuk R. naah alamat cepet rusak deh tuh. klien dia avanza matic baru setahun jalan less than 50K km hancur berantakan karena habit begini. padahal menurut si empunya, ganti oli matic tiap 20k km. setelah diajak jalan bareng sebentar baru ketauan deh asal rusaknya bukan dari tranny tp dari habit pemiliknya.

soalnya ada temen model begini nih, pas mau parkir mobil masi bergerak 10-20 cm langsung masuk R walhasil semua mobil dia dari jazz idsi 2004 sampe ganti freed 2012 gak berubah, tiap masuk R bergeter keras. yang jazz dijual krn tranny hancur, yang freed tinggal tunggu waktu ancur juga :D :D :D
Saran yang bagus tuh om, kebiasaan yang salah selama ini perlu dirubah nih.
Btw, klo mobil ane dari posisi P ke R atau dari P - R - N - D (mau mundur atopun maju) perpindahan tuasnya gak ada masalah sama sekali, cuma pas rem kaki mau dilepas kok seringnya bunyi ya (bunyi "groook" agak keras), itu napa ya om? Itu masalah di transmisinya ato di remnya ya?
waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44

Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)

Post by waterlo »

Soccerates wrote: Mon Jul 16, 2018 3:49 Saran yang bagus tuh om, kebiasaan yang salah selama ini perlu dirubah nih.
Btw, klo mobil ane dari posisi P ke R atau dari P - R - N - D (mau mundur atopun maju) perpindahan tuasnya gak ada masalah sama sekali, cuma pas rem kaki mau dilepas kok seringnya bunyi ya (bunyi "groook" agak keras), itu napa ya om? Itu masalah di transmisinya ato di remnya ya?
kalo bunyinya cuma pas mau lepas rem atau baru bergerak dikiit banget tapi masih tetep ngerem. biasanya kampasnya kotor.