Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 23, 2017 1:51
Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Guyss, suhu" SM mohon bantuan
Ada yang pake CX 5 2014 GT ga?
Permasalahan : Perpindahan gigi dari P ke R, berasa berat bgt, dan pas pindah, mobil berasa goyang maju mubdur dikit dan ada bunyi derrr
Ada yg prnh masalah kaya gini ga agan"?
Any recommendation? Saya jg udh gnti oli matic Mazda, jg msi blom smbuh masalah ini
Help gann
Ada yang pake CX 5 2014 GT ga?
Permasalahan : Perpindahan gigi dari P ke R, berasa berat bgt, dan pas pindah, mobil berasa goyang maju mubdur dikit dan ada bunyi derrr
Ada yg prnh masalah kaya gini ga agan"?
Any recommendation? Saya jg udh gnti oli matic Mazda, jg msi blom smbuh masalah ini
Help gann
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Coba habis mobil berhenti, sebelum ke P mobil di parking brake dulu.
Jadi tahapannya:
1. Mobil berhenti, injak rem.
2. Pasang parking brake (rem kaki masih diinjak)
3. Pindahin tuas ke N (atau ke P langsung)
4. Lepas injakan rem
Intinya pas mobil mau ke P harus dalam keadaan berhenti. Kalo Posisi P diaplikasikan sebelom parking brake dipasang, pin lock akan ngeganjal gear di dalam transmisi, dan menahan beban mobil yg harusnya dilakukan oleh Parking Brake. Saat Pindah dari P ke R, pin tsb akan melepaskan diri dari gear dgn cara aga dipaksa. Itu mungkin yg nyebabin bunyi Derr. CMIIW ya
Dulu pake CX5 Touring 2015, suka kaya gitu kalo pindahin ke P tanpa parking brake dulu. Pas mau pindah ke R aga nge"derr" dikit. Dan itu hampir kejadian di beberapa mobil matic yg saya pakai. Tiap pindah ke P tanpa parking brake dulu, pas mau balik ke R, ada derr dulu. Akan lebih parah derrnya kalo berhenti di kontur jalan menurun. CMIIW
Jadi tahapannya:
1. Mobil berhenti, injak rem.
2. Pasang parking brake (rem kaki masih diinjak)
3. Pindahin tuas ke N (atau ke P langsung)
4. Lepas injakan rem
Intinya pas mobil mau ke P harus dalam keadaan berhenti. Kalo Posisi P diaplikasikan sebelom parking brake dipasang, pin lock akan ngeganjal gear di dalam transmisi, dan menahan beban mobil yg harusnya dilakukan oleh Parking Brake. Saat Pindah dari P ke R, pin tsb akan melepaskan diri dari gear dgn cara aga dipaksa. Itu mungkin yg nyebabin bunyi Derr. CMIIW ya
Dulu pake CX5 Touring 2015, suka kaya gitu kalo pindahin ke P tanpa parking brake dulu. Pas mau pindah ke R aga nge"derr" dikit. Dan itu hampir kejadian di beberapa mobil matic yg saya pakai. Tiap pindah ke P tanpa parking brake dulu, pas mau balik ke R, ada derr dulu. Akan lebih parah derrnya kalo berhenti di kontur jalan menurun. CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 23, 2017 1:51
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Suhu pilotgaruda, thanks bgt nih infonya, bakal cobain cara suhupilotgaruda wrote: ↑Mon May 22, 2017 11:58 Coba habis mobil berhenti, sebelum ke P mobil di parking brake dulu.
Jadi tahapannya:
1. Mobil berhenti, injak rem.
2. Pasang parking brake (rem kaki masih diinjak)
3. Pindahin tuas ke N (atau ke P langsung)
4. Lepas injakan rem
Intinya pas mobil mau ke P harus dalam keadaan berhenti. Kalo Posisi P diaplikasikan sebelom parking brake dipasang, pin lock akan ngeganjal gear di dalam transmisi, dan menahan beban mobil yg harusnya dilakukan oleh Parking Brake. Saat Pindah dari P ke R, pin tsb akan melepaskan diri dari gear dgn cara aga dipaksa. Itu mungkin yg nyebabin bunyi Derr. CMIIW ya
Dulu pake CX5 Touring 2015, suka kaya gitu kalo pindahin ke P tanpa parking brake dulu. Pas mau pindah ke R aga nge"derr" dikit. Dan itu hampir kejadian di beberapa mobil matic yg saya pakai. Tiap pindah ke P tanpa parking brake dulu, pas mau balik ke R, ada derr dulu. Akan lebih parah derrnya kalo berhenti di kontur jalan menurun. CMIIW
Jdi klo misalnya ane udh slesai parkir mundur, ane hand brake dlu (masi injek rem kaki), abis itu coba ke P yah, baru lepas rem kaki? Begitu bukan suhu?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Sama2 oom, moga2 ngebantuk31k0ku wrote: ↑Mon May 22, 2017 12:41Suhu pilotgaruda, thanks bgt nih infonya, bakal cobain cara suhupilotgaruda wrote: ↑Mon May 22, 2017 11:58 Coba habis mobil berhenti, sebelum ke P mobil di parking brake dulu.
Jadi tahapannya:
1. Mobil berhenti, injak rem.
2. Pasang parking brake (rem kaki masih diinjak)
3. Pindahin tuas ke N (atau ke P langsung)
4. Lepas injakan rem
Intinya pas mobil mau ke P harus dalam keadaan berhenti. Kalo Posisi P diaplikasikan sebelom parking brake dipasang, pin lock akan ngeganjal gear di dalam transmisi, dan menahan beban mobil yg harusnya dilakukan oleh Parking Brake. Saat Pindah dari P ke R, pin tsb akan melepaskan diri dari gear dgn cara aga dipaksa. Itu mungkin yg nyebabin bunyi Derr. CMIIW ya
Dulu pake CX5 Touring 2015, suka kaya gitu kalo pindahin ke P tanpa parking brake dulu. Pas mau pindah ke R aga nge"derr" dikit. Dan itu hampir kejadian di beberapa mobil matic yg saya pakai. Tiap pindah ke P tanpa parking brake dulu, pas mau balik ke R, ada derr dulu. Akan lebih parah derrnya kalo berhenti di kontur jalan menurun. CMIIW
Jdi klo misalnya ane udh slesai parkir mundur, ane hand brake dlu (masi injek rem kaki), abis itu coba ke P yah, baru lepas rem kaki? Begitu bukan suhu?
Kurang lebih gitu. Pokoke sebelum masuk ke P, usahain mobil dalam keadaan ga gerak sama sekali. Apply parking brake, baru pindah ke P.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 23, 2017 1:51
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Siap om nnti dicoba, klo misalnya dri P ke R jg sama ya om?pilotgaruda wrote: ↑Mon May 22, 2017 12:56Sama2 oom, moga2 ngebantuk31k0ku wrote: ↑Mon May 22, 2017 12:41Suhu pilotgaruda, thanks bgt nih infonya, bakal cobain cara suhupilotgaruda wrote: ↑Mon May 22, 2017 11:58 Coba habis mobil berhenti, sebelum ke P mobil di parking brake dulu.
Jadi tahapannya:
1. Mobil berhenti, injak rem.
2. Pasang parking brake (rem kaki masih diinjak)
3. Pindahin tuas ke N (atau ke P langsung)
4. Lepas injakan rem
Intinya pas mobil mau ke P harus dalam keadaan berhenti. Kalo Posisi P diaplikasikan sebelom parking brake dipasang, pin lock akan ngeganjal gear di dalam transmisi, dan menahan beban mobil yg harusnya dilakukan oleh Parking Brake. Saat Pindah dari P ke R, pin tsb akan melepaskan diri dari gear dgn cara aga dipaksa. Itu mungkin yg nyebabin bunyi Derr. CMIIW ya
Dulu pake CX5 Touring 2015, suka kaya gitu kalo pindahin ke P tanpa parking brake dulu. Pas mau pindah ke R aga nge"derr" dikit. Dan itu hampir kejadian di beberapa mobil matic yg saya pakai. Tiap pindah ke P tanpa parking brake dulu, pas mau balik ke R, ada derr dulu. Akan lebih parah derrnya kalo berhenti di kontur jalan menurun. CMIIW
Jdi klo misalnya ane udh slesai parkir mundur, ane hand brake dlu (masi injek rem kaki), abis itu coba ke P yah, baru lepas rem kaki? Begitu bukan suhu?
Kurang lebih gitu. Pokoke sebelum masuk ke P, usahain mobil dalam keadaan ga gerak sama sekali. Apply parking brake, baru pindah ke P.
N apakah klo di bawa ke Bengkel resmi Mazda, bsa dibenerin ga yah om? Smpe ga derrrrr lg pas perpindahan gigi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Si om tempat parkirnya nanjak/turunan ya? Kalau nanjak kayaknya emg wajar terutama geared AT... cuman cvt yg berasa lebih alus... pas lepas parking pawlnya (kuncian di mode P) kayak ada beban buat ngelepasnya, jadinya agak kasar. Makanya kalo parkir di P tanpa di handbrake mobil bergerak dikit kan, nah itu yg bikin agak kasar pas pindah dr P ke R, makanya biar mobil matic pun tetep dikasih parking brake, fungsinya emg buat ngurangin beban kuncian transmisi pas parkir terutama parkir tanjakan/turunan
Cmiiw
Cmiiw
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
wah sama ama cx-5 tmen nih, dia yang 2012
caranya mirip sama om pilotgaruda tapi kalo yang trik saya
abis apply parking brake / handbrake masukin gigi ke N terus lepas rem biasa (kaki) biar mobil ngefix posisi dlu terutama buat pas diturunan ato tanjakan nah setelah mobil diam karena ditahan parking brake, barulah pindahin ke P
pas lewatin posisi R tuasnya jgn diberentiin di posisi itu yak, langsung aja dari N geser ke P secara cepat ( gesernya N-R-P jangan N-R(jeda/spasi)-P )
semua mobil matic begitu kok kalo pas mobil masih bisa bergerak terus udah masukin P dan abis lepas rem mobil bergeser, pas mau dipindah dari P ke gigi R ato D pasti geter berat
semoga membantu
caranya mirip sama om pilotgaruda tapi kalo yang trik saya
abis apply parking brake / handbrake masukin gigi ke N terus lepas rem biasa (kaki) biar mobil ngefix posisi dlu terutama buat pas diturunan ato tanjakan nah setelah mobil diam karena ditahan parking brake, barulah pindahin ke P
pas lewatin posisi R tuasnya jgn diberentiin di posisi itu yak, langsung aja dari N geser ke P secara cepat ( gesernya N-R-P jangan N-R(jeda/spasi)-P )
semua mobil matic begitu kok kalo pas mobil masih bisa bergerak terus udah masukin P dan abis lepas rem mobil bergeser, pas mau dipindah dari P ke gigi R ato D pasti geter berat
semoga membantu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Nah betul ini.pilotgaruda wrote: ↑Mon May 22, 2017 11:58 Coba habis mobil berhenti, sebelum ke P mobil di parking brake dulu.
Jadi tahapannya:
1. Mobil berhenti, injak rem.
2. Pasang parking brake (rem kaki masih diinjak)
3. Pindahin tuas ke N (atau ke P langsung)
4. Lepas injakan rem
Intinya pas mobil mau ke P harus dalam keadaan berhenti. Kalo Posisi P diaplikasikan sebelom parking brake dipasang, pin lock akan ngeganjal gear di dalam transmisi, dan menahan beban mobil yg harusnya dilakukan oleh Parking Brake. Saat Pindah dari P ke R, pin tsb akan melepaskan diri dari gear dgn cara aga dipaksa. Itu mungkin yg nyebabin bunyi Derr. CMIIW ya
Dulu pake CX5 Touring 2015, suka kaya gitu kalo pindahin ke P tanpa parking brake dulu. Pas mau pindah ke R aga nge"derr" dikit. Dan itu hampir kejadian di beberapa mobil matic yg saya pakai. Tiap pindah ke P tanpa parking brake dulu, pas mau balik ke R, ada derr dulu. Akan lebih parah derrnya kalo berhenti di kontur jalan menurun. CMIIW
Perlakuan ini tidak hanya untuk mazda, tapi semua matic.
Ada baiknya parking brake & foot brake aktif dulu sebelum pindah ke P.
Dari sekitar teman2 oe, banyak sekali yg ngawur, mengandalkan P sebagai rem parkir.
Terus 1 tambahan lagi, kalo parkir lalu kena pembatas, usahakan netralkan dulu, sampai mobil posisi free, tidak senggol pembatas.
(Kasih jarak sedikit dengan pembatas parkir)
Jangan sampai saat senggol pembatas, lalu rem, lalu pindah P, itu kasian ban, rem, & transmisinya.
CMIIW
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Mungkin krn abis parkir sebelah 2gd matic,... Jd ketularan,... Uda di edukasi blm?
FWD + RWD + 4WD =
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Kalo P ke R kan harus injek rem dulu, jadi ga masalah.
Kalo emang derr nya karena masuk ke P tanpa berhenti total sih saya rasa Beres akan komentar yg sama, krn kondisi gitu matic mana aja akan "derr" juga. Cuma kl kebiasan kaya gitu berlangsung lama, takutnya ada masalah di transmisinya. MOga2 aja ga sampe ada masalah. cmiiw
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
btul, stuju sama yg ini jugageofreyap wrote: ↑Mon May 22, 2017 13:54
Nah betul ini.
Perlakuan ini tidak hanya untuk mazda, tapi semua matic.
Ada baiknya parking brake & foot brake aktif dulu sebelum pindah ke P.
Dari sekitar teman2 oe, banyak sekali yg ngawur, mengandalkan P sebagai rem parkir.
Terus 1 tambahan lagi, kalo parkir lalu kena pembatas, usahakan netralkan dulu, sampai mobil posisi free, tidak senggol pembatas.
(Kasih jarak sedikit dengan pembatas parkir)
Jangan sampai saat senggol pembatas, lalu rem, lalu pindah P, itu kasian ban, rem, & transmisinya.
CMIIW
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
dulu emang pernah di kasi nasehat sama bengkel matic di bilangan bintaro. kunci kalo mau matic awet ada beberapa, diantanya:
1. usahakan kalo lagi dipanasin, tuas pindahin ke N jangan di P karena menurut beliau kalo di P olinya gak bersirkulasi. biar lebih awet jadinya ditaro N supaya oli maticnya bersirkulasi.
2. kalo parkir konturnya menanjak / menurun, paling bagus adalah parkir mobil sampe berhenti kemudian pindah N, tarik rem tangan sampe mobil gak gerak lagi. baru pindah ke P untuk mengurangi beban pinlock seperti yang om2 banyak kasi tau diatas. banyak kejadian jebolnya tranny berawal dari sini karena ketidaktahuan pengguna mobil.
3. usahakan waktu perpindahan dari P ke R atau P ke D mobil HARUS bener2 berhenti total. biasanya ada orang kalo parkir di mall misalnya, masuk mundur. begitu ancang2 mau masuk mundur, mobil belum berhenti total terus langsung masuk R. naah alamat cepet rusak deh tuh. klien dia avanza matic baru setahun jalan less than 50K km hancur berantakan karena habit begini. padahal menurut si empunya, ganti oli matic tiap 20k km. setelah diajak jalan bareng sebentar baru ketauan deh asal rusaknya bukan dari tranny tp dari habit pemiliknya.
soalnya ada temen model begini nih, pas mau parkir mobil masi bergerak 10-20 cm langsung masuk R walhasil semua mobil dia dari jazz idsi 2004 sampe ganti freed 2012 gak berubah, tiap masuk R bergeter keras. yang jazz dijual krn tranny hancur, yang freed tinggal tunggu waktu ancur juga
1. usahakan kalo lagi dipanasin, tuas pindahin ke N jangan di P karena menurut beliau kalo di P olinya gak bersirkulasi. biar lebih awet jadinya ditaro N supaya oli maticnya bersirkulasi.
2. kalo parkir konturnya menanjak / menurun, paling bagus adalah parkir mobil sampe berhenti kemudian pindah N, tarik rem tangan sampe mobil gak gerak lagi. baru pindah ke P untuk mengurangi beban pinlock seperti yang om2 banyak kasi tau diatas. banyak kejadian jebolnya tranny berawal dari sini karena ketidaktahuan pengguna mobil.
3. usahakan waktu perpindahan dari P ke R atau P ke D mobil HARUS bener2 berhenti total. biasanya ada orang kalo parkir di mall misalnya, masuk mundur. begitu ancang2 mau masuk mundur, mobil belum berhenti total terus langsung masuk R. naah alamat cepet rusak deh tuh. klien dia avanza matic baru setahun jalan less than 50K km hancur berantakan karena habit begini. padahal menurut si empunya, ganti oli matic tiap 20k km. setelah diajak jalan bareng sebentar baru ketauan deh asal rusaknya bukan dari tranny tp dari habit pemiliknya.
soalnya ada temen model begini nih, pas mau parkir mobil masi bergerak 10-20 cm langsung masuk R walhasil semua mobil dia dari jazz idsi 2004 sampe ganti freed 2012 gak berubah, tiap masuk R bergeter keras. yang jazz dijual krn tranny hancur, yang freed tinggal tunggu waktu ancur juga
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon Jan 23, 2017 1:51
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Jdi disaranin klo parkir agk nanjak atau turunan:
1. Selalu harus berhenti total dahulu dan tidak bergerak dengan injak rem kaki
2. Pindahkan gigi dari R/D ke Netral
3. Tarik rem tangan
4. Lalu pindahkan ke P
Kalo lagi parkir maju mundur, harus bener bener dalam berhenti total, baru pindahin gigi yah?
CMIIW suhuu suhuuu
1. Selalu harus berhenti total dahulu dan tidak bergerak dengan injak rem kaki
2. Pindahkan gigi dari R/D ke Netral
3. Tarik rem tangan
4. Lalu pindahkan ke P
Kalo lagi parkir maju mundur, harus bener bener dalam berhenti total, baru pindahin gigi yah?
CMIIW suhuu suhuuu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Exactlyk31k0ku wrote: ↑Tue May 23, 2017 10:34 Jdi disaranin klo parkir agk nanjak atau turunan:
1. Selalu harus berhenti total dahulu dan tidak bergerak dengan injak rem kaki
2. Pindahkan gigi dari R/D ke Netral
3. Tarik rem tangan
4. Lalu pindahkan ke P
Kalo lagi parkir maju mundur, harus bener bener dalam berhenti total, baru pindahin gigi yah?
CMIIW suhuu suhuuu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Wah topik menarik ini, saya jg mau nanya Om kl mobil matic sy taruh di garasi lama (>1 hari), katanya hand rem harus dilepas dan posisi tuas di P. Kl begitu apa bs terjadi keadaan "jedak" (sejenis itu) waktu perpindahan dari P ke R?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
hmmmm punya ogut sih udah pernah 1 bulan digarasi ditinggal liburan gk knapa" tuh
posisi garasi gk miring sih
masuk gigi P, pake parking brake kok
pas balik manasin sih emang butuh rada lama trus kalo gk lama, pas masuk R suka ada bunyi gleg gitu tapi gk geter ke bodi ato gimana ya cuma bunyi sekali itu
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
wah kata siapa tuh? handbrake tetep ditarik aja ketimbang mobil berhenti ngadelin pinlock parkir. daripada kenapa2 tuh pinlock benerinnya butuh biaya gede. ane udah pernah benerin matic, ga ada cerita keluar duit sejuta dua juta buat repair.
daripada dengerin advice begitu yang ujung2nya tranny mobil rusak, mendingan cari aman. parkir tetap tarik handbrake dulu dan taruh tuas posisi P setelahnya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Wed Nov 01, 2017 9:08
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Halo semua, semoga tidak salah kamar.
Mengenai posisi gigi transmisi Manual / AMT pada saat Parkir apakah sebaiknya tetap masuk gigi dan parking brake ON?
Sumber yang saya baca.
Saat di Tanjakan Naik, masukan gigi 1 saat parkir.
Saat di Turunan, masuk gigi R saat parkir. Mohon penjelasan teknis.
Berikut sumber dari buku manual.
On a downhill slope, the gear should be put in reverse, and in 1st gear on an uphill slope.
In the case of uphill/downhill slope, after check the vehicle stopped by the gear engaged, put chocks under the wheels.
Otherwise, the vehicle may move, and cause an unexpected accident.
If the gear is left in the “N” position, the vehicle cannot be parked with a gear engaged.
Terima kasih.
Mengenai posisi gigi transmisi Manual / AMT pada saat Parkir apakah sebaiknya tetap masuk gigi dan parking brake ON?
Sumber yang saya baca.
Saat di Tanjakan Naik, masukan gigi 1 saat parkir.
Saat di Turunan, masuk gigi R saat parkir. Mohon penjelasan teknis.
Berikut sumber dari buku manual.
On a downhill slope, the gear should be put in reverse, and in 1st gear on an uphill slope.
In the case of uphill/downhill slope, after check the vehicle stopped by the gear engaged, put chocks under the wheels.
Otherwise, the vehicle may move, and cause an unexpected accident.
If the gear is left in the “N” position, the vehicle cannot be parked with a gear engaged.
Terima kasih.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Wah ignis amt saya sih selalu N
Parking brake nya bagus kok, kalo ban bagus dan jalanan gk licin mah terjal kek nagrek juga gk bakal gelinding pas berenti
Parking brake nya bagus kok, kalo ban bagus dan jalanan gk licin mah terjal kek nagrek juga gk bakal gelinding pas berenti
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Garasi saya juga nanjak dari jalanan komplek.vinchazz wrote: ↑Mon May 22, 2017 13:50 wah sama ama cx-5 tmen nih, dia yang 2012
caranya mirip sama om pilotgaruda tapi kalo yang trik saya
abis apply parking brake / handbrake masukin gigi ke N terus lepas rem biasa (kaki) biar mobil ngefix posisi dlu terutama buat pas diturunan ato tanjakan nah setelah mobil diam karena ditahan parking brake, barulah pindahin ke P
pas lewatin posisi R tuasnya jgn diberentiin di posisi itu yak, langsung aja dari N geser ke P secara cepat ( gesernya N-R-P jangan N-R(jeda/spasi)-P )
semua mobil matic begitu kok kalo pas mobil masih bisa bergerak terus udah masukin P dan abis lepas rem mobil bergeser, pas mau dipindah dari P ke gigi R ato D pasti geter berat
semoga membantu
Jurus saya juga sama dengan oom vinchazz...
Kalau setelah masuk garasi...injak rem kaki...tarik rem tangan...pindah ke N .....lepas kaki...lihat mobil udah stop atau belum...kadang rem tangan kurang kuat ditarik...nah, setelah berhenti...baru pindahkan dari N ke P.....(biasanya besok paginya muluss dari P ke R..
Kalau belum berhenti bener udah masuk P, maka besok paginya untuk pindah dari P ke R agak keras dan ada bunyi "teng"...di tuas transmissi...
(lock pawl kudu dipaksa lepasnya)...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
bunyinya cuma "teng" ya omginting wrote: ↑Fri Jul 13, 2018 10:34Garasi saya juga nanjak dari jalanan komplek.vinchazz wrote: ↑Mon May 22, 2017 13:50 wah sama ama cx-5 tmen nih, dia yang 2012
caranya mirip sama om pilotgaruda tapi kalo yang trik saya
abis apply parking brake / handbrake masukin gigi ke N terus lepas rem biasa (kaki) biar mobil ngefix posisi dlu terutama buat pas diturunan ato tanjakan nah setelah mobil diam karena ditahan parking brake, barulah pindahin ke P
pas lewatin posisi R tuasnya jgn diberentiin di posisi itu yak, langsung aja dari N geser ke P secara cepat ( gesernya N-R-P jangan N-R(jeda/spasi)-P )
semua mobil matic begitu kok kalo pas mobil masih bisa bergerak terus udah masukin P dan abis lepas rem mobil bergeser, pas mau dipindah dari P ke gigi R ato D pasti geter berat
semoga membantu
Jurus saya juga sama dengan oom vinchazz...
Kalau setelah masuk garasi...injak rem kaki...tarik rem tangan...pindah ke N .....lepas kaki...lihat mobil udah stop atau belum...kadang rem tangan kurang kuat ditarik...nah, setelah berhenti...baru pindahkan dari N ke P.....(biasanya besok paginya muluss dari P ke R..
Kalau belum berhenti bener udah masuk P, maka besok paginya untuk pindah dari P ke R agak keras dan ada bunyi "teng"...di tuas transmissi...
(lock pawl kudu dipaksa lepasnya)...
di crv bunyinya kalo pas waktu itu tmen gk lakuin trik yg biasa
pas mau jalan abis parkir keluar bunyi "klotak" kek dipaksa pindah gitu giginya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Fri Sep 08, 2017 0:32
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: HR15DE - RX 2011
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
Saran yang bagus tuh om, kebiasaan yang salah selama ini perlu dirubah nih.waterlo wrote: ↑Tue May 23, 2017 1:41 dulu emang pernah di kasi nasehat sama bengkel matic di bilangan bintaro. kunci kalo mau matic awet ada beberapa, diantanya:
1. usahakan kalo lagi dipanasin, tuas pindahin ke N jangan di P karena menurut beliau kalo di P olinya gak bersirkulasi. biar lebih awet jadinya ditaro N supaya oli maticnya bersirkulasi.
2. kalo parkir konturnya menanjak / menurun, paling bagus adalah parkir mobil sampe berhenti kemudian pindah N, tarik rem tangan sampe mobil gak gerak lagi. baru pindah ke P untuk mengurangi beban pinlock seperti yang om2 banyak kasi tau diatas. banyak kejadian jebolnya tranny berawal dari sini karena ketidaktahuan pengguna mobil.
3. usahakan waktu perpindahan dari P ke R atau P ke D mobil HARUS bener2 berhenti total. biasanya ada orang kalo parkir di mall misalnya, masuk mundur. begitu ancang2 mau masuk mundur, mobil belum berhenti total terus langsung masuk R. naah alamat cepet rusak deh tuh. klien dia avanza matic baru setahun jalan less than 50K km hancur berantakan karena habit begini. padahal menurut si empunya, ganti oli matic tiap 20k km. setelah diajak jalan bareng sebentar baru ketauan deh asal rusaknya bukan dari tranny tp dari habit pemiliknya.
soalnya ada temen model begini nih, pas mau parkir mobil masi bergerak 10-20 cm langsung masuk R walhasil semua mobil dia dari jazz idsi 2004 sampe ganti freed 2012 gak berubah, tiap masuk R bergeter keras. yang jazz dijual krn tranny hancur, yang freed tinggal tunggu waktu ancur juga
Btw, klo mobil ane dari posisi P ke R atau dari P - R - N - D (mau mundur atopun maju) perpindahan tuasnya gak ada masalah sama sekali, cuma pas rem kaki mau dilepas kok seringnya bunyi ya (bunyi "groook" agak keras), itu napa ya om? Itu masalah di transmisinya ato di remnya ya?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44
Re: Help! Perpindahan gigi dari P ke R (CX 5)
kalo bunyinya cuma pas mau lepas rem atau baru bergerak dikiit banget tapi masih tetep ngerem. biasanya kampasnya kotor.Soccerates wrote: ↑Mon Jul 16, 2018 3:49 Saran yang bagus tuh om, kebiasaan yang salah selama ini perlu dirubah nih.
Btw, klo mobil ane dari posisi P ke R atau dari P - R - N - D (mau mundur atopun maju) perpindahan tuasnya gak ada masalah sama sekali, cuma pas rem kaki mau dilepas kok seringnya bunyi ya (bunyi "groook" agak keras), itu napa ya om? Itu masalah di transmisinya ato di remnya ya?