Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

teretenteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Nov 18, 2016 13:10

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by teretenteng »

dulu roda 2 ada keluar motor jialing, hilang juga itu motor sekarang. prediksi saya sama senasib nih dengan wuling.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21990
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by Turboman »

Heran ya

padahal motor pick up roda 3 udah gak kehitung banyaknya

bahkan dekat rumah saya pasukan PPSU pun punya bbrp unit, kondisi dah dekil2 tiap hari hajar muter terus angkut sampah2

gak jauh dr rumah saya ada bbrp toko sembako grosiran, rata2 punya motor bak.....tiap hari angkut barang / gallonan aqua sampe FULL itu bak belakang.......

negara asal motor bak......baik yg CBU maupun yg buata lokal......asalnya dari........

kalo produk2 tsb byk problem tentu gak akan populer spt skg.......wkwkwkkw


* Bukan ajakan Beli *
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil

Post by doge »

Turboman wrote: Sun May 07, 2017 4:59 Heran ya

padahal motor pick up roda 3 udah gak kehitung banyaknya

bahkan dekat rumah saya pasukan PPSU pun punya bbrp unit, kondisi dah dekil2 tiap hari hajar muter terus angkut sampah2

gak jauh dr rumah saya ada bbrp toko sembako grosiran, rata2 punya motor bak.....tiap hari angkut barang / gallonan aqua sampe FULL itu bak belakang.......

negara asal motor bak......baik yg CBU maupun yg buata lokal......asalnya dari........

kalo produk2 tsb byk problem tentu gak akan populer spt skg.......wkwkwkkw
Segmentasinya beda om turbo...
Klo kls kendaraan kerja (macem roda3) skalipun glodakan, tarikan buerat, suara kasar, bodi grombyangan kyk kena gempa jg gpp... pokoke beli murah, dibetulin asal"an pun (pke komponen ngepas"in sndiri) jalan...

Tp klo bwt pribadi kan engga gitu...
Mrk mwnya bs jalan... bs pke jln"...(g malu"in; gengsi), g trlalu berisik, g repot cari bengkel dan sperpart dll
:ngacir:
wijaja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Dec 20, 2015 9:00

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by wijaja »

Om NR, just curious, data data detail begini koq bisa ingat ya? Bisa sharing caranya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21990
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil

Post by Turboman »

doge wrote:
Turboman wrote: Sun May 07, 2017 4:59 Heran ya

padahal motor pick up roda 3 udah gak kehitung banyaknya

bahkan dekat rumah saya pasukan PPSU pun punya bbrp unit, kondisi dah dekil2 tiap hari hajar muter terus angkut sampah2

gak jauh dr rumah saya ada bbrp toko sembako grosiran, rata2 punya motor bak.....tiap hari angkut barang / gallonan aqua sampe FULL itu bak belakang.......

negara asal motor bak......baik yg CBU maupun yg buata lokal......asalnya dari........

kalo produk2 tsb byk problem tentu gak akan populer spt skg.......wkwkwkkw
Segmentasinya beda om turbo...
Klo kls kendaraan kerja (macem roda3) skalipun glodakan, tarikan buerat, suara kasar, bodi grombyangan kyk kena gempa jg gpp... pokoke beli murah, dibetulin asal"an pun (pke komponen ngepas"in sndiri) jalan...

Tp klo bwt pribadi kan engga gitu...
Mrk mwnya bs jalan... bs pke jln"...(g malu"in; gengsi), g trlalu berisik, g repot cari bengkel dan sperpart dll
ya ini maksudnya kasus Jia Ling dulu udah gak relevan lagi utk gambaran produk otomotip negeri bambu saat ini

JL sih dulu mmg parah, ada kawan dulu mau beli dia survey dulu ke BeRes nya.....liat ada user abis servis dari BeRes en motor gak bisa masuk gigi.....balik lagi masuk bengkel

benar2 JL dulu itu reliability issue

kalo misal motor pick up roda 3 saat ini reliability kayak motor JL dulu, udah pasti gak akan ada yg mau pake

hanya saja yg perlu dipertanyakan, kualitas motor JL yg spt itu dulu itu akibat :
- Policy ATPM nya di Indo ?
- Policy produsennya ?

Krn byk produk negeri bambu kualitas acak adut di Indo krn faktor importirnya di sini yg minta harga super duper murah

wkwkkwkwkwk
* Bukan ajakan Beli *
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by cursQ »

newrubble wrote: Sun May 07, 2017 0:07 ford cortina di indo baru ckd thn 1977 di harga yg sama dgn peugeot 504 gl rp 3.5 juta n jauh lbh mahal drpd (dodge) chrysler avenger 1800 thn yg sama (rp 3 juta) tapimasih jauh lbh murah drpd benz w123 200 yg launching di thn itu (rp 18 juta) yg sejuta rupiah lbh mahal drpd peugeot 604 dan citroen cx2400 pallas

datsun 160sss (super sport sedan) baru ckd thn 1976 di harga rp 4.5 juta atau lbh mahal rp 500,000 drpd fiat 131s sedan (sebelum mirafiori yah) yg launching by daha motor di thn yg sama, tapi lbh murah rp 500,000 drpd max929 yg juga lanching thn itu menggantikan maz 616 capella yg tdk laku meski sering menang slalom test (drivers yg terkenal saat itu dadangtaruma n idat loebis )

datsun 160j fastback sedan baru ckd by indokaya nissan motors thn 1973di harga rp 2.9 juta atau lbh mahal rp 400,000 dari maz 808 yg launching juga thn 1973
Sekali lagi makasi makasi om NR.. ingatan yg luar biasa om NR dan bener2 info yg sangat bermanfaat buat saya yg masih bau kencur ini..

Mazda 808 lucu jg tuh klo dpt skrg barang bagusnya... mini mustang hehee..

Bicara motor cina lagi2 ingat pengalaman beijing focus R beli tahun 97 cash 7jt klo gak salah di saat mopang sejenis di 9jutaan..
Bener aja 1 tahun pake itu beijing rontok serontok2nya.. heran bisa ada motor kualitas begini.. ibarat kata semua sparepart sampe body parts pake kw3 atau kw4 dirakit jd motor ya begitu deh hasilnya..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21990
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by Turboman »

utk roda 2, kalo jalan2 di kota2 besar di Cungkuo yg populer malah skuter listrik
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by newrubble »

small engined mopeds pop in EU market (greece sampai terus ke atas ke tanahes) yg sy liat pake dua mata awam sy

baotian
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by martinnn »

asal jangan gandeng indomobil bisalah mungkin bertahan di indon :lol:
:big_biglaugh:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by carlzeiss »

Bisa kok gede disini . Asal pas masuk kesini, harganya ga lebih dr 70 juta, itung itung harga perkenalan dan sekalian aftersalesnya di gencarin, klaim gampang, servis murah dan ga dikit dikit rusak, baru abis itu naikin pelan pelan deh klo reputasinya udh bagus. *belajar dr papanja yang awal masuk 80 jt sekarang udh 200 jt
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by FMEAKD »

Me like mobcin volvo ☺️
Kalo sebenernya susaah ya jujur tuh mobcin bakal sukses bertahan, inget proton aja mati pelan"
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by coklatMetalik »

Kaleng sih gpp kali ya, asal durability & ASS terjamin
Kijang 1st gen & Avanza 1st gen buktinya...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by newrubble »

coklatMetalik wrote: Sun May 07, 2017 13:32 Kaleng sih gpp kali ya, asal durability & ASS terjamin
Kijang 1st gen & Avanza 1st gen buktinya...
itu beda

jaman joni sama jaman jpn skrg
joni kan didikan wiliam

jpn jpn yg ssdh joni kan level salesman yg (kalo di kampung nya) sering ketiduran di kereta
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by Pugman »

FMEAKD wrote: Sun May 07, 2017 13:26 Me like mobcin volvo ☺️
Kalo sebenernya susaah ya jujur tuh mobcin bakal sukses bertahan, inget proton aja mati pelan"
Ya saya juga tertarik kalau yang masuk Geely Volvo sama Dongfeng Peugeot..
:mky_01:
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil

Post by adrevolution »

doge wrote: Sun May 07, 2017 5:27
Turboman wrote: Sun May 07, 2017 4:59 Heran ya

padahal motor pick up roda 3 udah gak kehitung banyaknya

bahkan dekat rumah saya pasukan PPSU pun punya bbrp unit, kondisi dah dekil2 tiap hari hajar muter terus angkut sampah2

gak jauh dr rumah saya ada bbrp toko sembako grosiran, rata2 punya motor bak.....tiap hari angkut barang / gallonan aqua sampe FULL itu bak belakang.......

negara asal motor bak......baik yg CBU maupun yg buata lokal......asalnya dari........

kalo produk2 tsb byk problem tentu gak akan populer spt skg.......wkwkwkkw
Segmentasinya beda om turbo...
Klo kls kendaraan kerja (macem roda3) skalipun glodakan, tarikan buerat, suara kasar, bodi grombyangan kyk kena gempa jg gpp... pokoke beli murah, dibetulin asal"an pun (pke komponen ngepas"in sndiri) jalan...

Tp klo bwt pribadi kan engga gitu...
Mrk mwnya bs jalan... bs pke jln"...(g malu"in; gengsi), g trlalu berisik, g repot cari bengkel dan sperpart dll
agreed
problem yg sama dgn tata motors di sini, susah jualan mobil penumpang karena mereknya orang gak kenal (selain alasan sparepart susah servis susah).
akhirnya distop kan jualan mobil penumpangnya dan fokus mobil komersial, lumayan tuh bbrp jadi angkot kalau di daerah ane, itupun ane yakin servis asal2an yg penting jalan krn suara dieselnya dah kasar banget (padahal armada baru -+ 2-3 th tp suara mirip panther yg masih jalan >5th)

ini merk india loh yg initial brand imagenya gak separah merk cina, kalo merk cina yah bakal lebih sulit lagi menurut ane sih.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21990
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by Turboman »

di RRC produsen mobil lokal ada byk sekali, dr pabrikan raksasa sampe yg semi home industry

tapi yg populer di jalan merek2 nya bisa dihitung, di antaranya :
- BYD
- Geely
- Wu Ling
- Cherry juga

juga dari merek2 tsb gak semua modelnya populer

jadi semestinya sih utk model2 yg populer di sana, mestinya barangnya oke, mengingat konsumen di RRC galak......mrk bisa protes depan diler sambil kampakin mobilnya sendiri

buat detilnya sih bisa diliat di blog bestsellingcar

Mobil merek Barat dan Japan tetap sgt dominan....VW.......Hyundai....Nissan.....Honda dll

ada juga merk gado2.......Buick Shanghai (GM).....juga populer

merk Foday (SMK) ? waktu 2011 sy ke shanghai gak liat 1 pun tuh.......wkwkkwkw
* Bukan ajakan Beli *
comandor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Dec 28, 2016 14:30

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by comandor »

newrubble wrote: Sat May 06, 2017 16:26 ---cut---
mobil mobil seharga holden statesmen dulu chevy350 ( twinnie dia sold by garuda diesel, sblm jadi garmak)
---cut---
maaf om... chevy 350 itu mobil apaan om? ada fotonya? saya googling lihatnya camaro first gen... apa ini mobil yang dimaksud?
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by newrubble »

pergilah ke wufang tianya autoparts city yg luas nya ratusan hectare ..... kau bs bikin motor atau mobil dgn cukup tunjuk sana n tunjuk sini n bayar .... ada tukang jait nya juga spy bisa jadi satu unit utuh atau brapa ribu units utuh n mrk pasti akan tanya .... mau brand naming nya apa .....sy pernah crita dulu

itu sebab knapa zhonghuan brand sdi indo sering tdk kedengaran di kampung asal mrk
senbei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Mon Nov 14, 2016 2:50

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by senbei »

Jepang butuh 10thn untuk bisa diterima, Kalo wuling mungkin 3-5 thn kali ya dgn invest 9T,
4.5T untuk pabrik 4.5T lagi buat 3S...

Mungkin bisa lbh cepet lagi kalo management nya deket ke pemerintahan, kaya alat berat dari china yg kolaborasi sm pindad, semua proyek pemerintah kudu wajib pake produknya.

Dengan kapitalisasi besar apa sih yg ga mungkin.

#justimo
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by ginting »

orang beli oppo, xiami itu non durable goods. rusak buang. beli lagi.

orang beli mobil itu durable goods. biasanya pertimbangan banyak. pakai logika.
gak bias sekedar lihat "ihhh. wuling unyu unyu....beli aaahhhh"...

tapi bukan berarti gak bias maju.
asal harga murah, kualitas bagus, tahan banting dan BBM busuk,..gak perlu canggih2..pasti laku...
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by Cloud »

saat ini memang automobile buatan prc seperti kerupuk beneran. secara umum levelnya dibawah ginseng.
untuk roda 3 memang penggunaan sebagai kendaraan niaga saja,
saya sering liat tukang sayur depan rumah, motornya sering ngadat juga. dan rata2 komponen diganti pakai honda. sama saja, komponen busuk, dibuang ganti jepang.
untuk tipe terbaru yang pake radiator juga tidak problem free. cuma memang adanya itu ya diakalin. kalo semisal merk jepang ada, pasti banyak juga yang milih merk jepang.
trail viar 200 cc dibandingkan klx yang 144 cc, ya jauh tenaganya buat adventure. untuk kenyamanan kalo dicoba di jalan raya/offroad jauh banget klx dibanding viar. bahkan untuk yang 250 cc, kalau dibandingkan yang sekelas 250 cc tetep beda jauh. kelamahan klx memang tenaga yang kurang, dan kopling yg selip jika sudah panas.
kebanyakan orang pake viar buat adventure karena tidak mau mahal, tidak mau repot buat motor adventure. tinggal pakai. meski ada juga yang beli karena lihat yang lain no problem adventure pakai viar, jadi ikutan beli.
viar juga gk problem free. tapi problemnya sudah jauh berkurang dibanding mocin 2000.
cuma karena segmented, klx aja yang ada disitu, viar masih bisa eksis. beda lagi kalo merk honda/yamaha/suzuki ikut disitu, viar pun kayaknya bakal megap2 juga. viar eksis karena membidik blue ocean, tidak head to head.
User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06

Re: RE: Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by loadeddiapers »

senbei wrote:Jepang butuh 10thn untuk bisa diterima, Kalo wuling mungkin 3-5 thn kali ya dgn invest 9T,
4.5T untuk pabrik 4.5T lagi buat 3S...

Mungkin bisa lbh cepet lagi kalo management nya deket ke pemerintahan, kaya alat berat dari china yg kolaborasi sm pindad, semua proyek pemerintah kudu wajib pake produknya.

Dengan kapitalisasi besar apa sih yg ga mungkin.

#justimo
Ke pemerintahan deket sih gampang IMO. Liat success story Huawei disini, awalnya anak bawang project cuma di luar jawa dan XL doang. Sekarang rata2 operator seluler malah "merah" kebanyakan area network nya dr yg dulu "biru" pake european vendors (nokia, ericsson or siemens). Ga lepas itu dari faktor deket sama pemerintah (dr jaman pak mantan udah deket). Tp ya selain deket memang progress mereka cepet sekali, dibawah 2010 selalu ketinggalan dan bisa dibilang copycat alias cm bisa copy dari vendor yg sudah jauh lebih matang (ericssson 100 tahun lebih usianya, nokia juga kurang lebih sama, huawei baru berdiri tahun 1988). Sekarang bisa dibilang mereka sudah setara banget, thanks to invest banyak di R&D. Tapi awalnya mereka bisa sukses memang selalu pake faktor deketin pemerintah dimana2.

Tapi tetap bisa beda case sih, operator decision beli perangkat apa normal nya lewat tender bidding, dan memang sudah ga heran bisa disetir sama atas. Sementara mobil jualnya direct ke konsumen, jadi tetep lebih susah tantangannya. Dan setuju sama yg bilang, mobil ratusan juta, harga yg buat sebagian besar orang indo mahal, ga segampang itu buat balikin persepsi orang2 ky jualan HP ato alat elektronik lainnya yg cm kisaran jutaan.

Sent from my Mi5S using Seraya Motor mobile app

Image
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by newrubble »

mungkin kasih promo sj spt thn 2012 kalo beli 10 foton auman gratis 1 foton view

nah ini wuling bs beli 1 unit wuling gratis 1 martil atau gratis 1 engine block plus 4 piston sets
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21990
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by Turboman »

Utk mobil pemain baru dgn merek yg belom pernah exist sebelumnya di sini, moga2 spare parts nya banyak yg bisa tukar pakai dgn mobil2 populer di sini

kalo di RRC sih byk mobil merek lokal yg pake mesin bensin buatan Mitsubishi yg dibuat oleh persh JV Mitsu - Shenyang......kalo kayak gini parts tinggal beli di toko parts Mitsu

gak tahu nih WuLing parts mesin akan banyak sama dgn Chevy type apa......
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by newrubble »

utk geely tx4 london taxi bensin matic .... engine parts bisa pake yg u mitsy L300 bensin

sdh ada 1 kenalan sy yg pake sejak brandnew (beli rp 400 juta thn 2010) mobil kadang di pake (trahir 2014.07 odoread skitar 5,000km) n rontok di skitar odoread 6,000km skrg ini

sdg engine overhaul tapi bukan di authorized workshop krn mrk hassle n ahir nya mobil brengsek itu dia ambil lg n di kerjakan di satu bengkel benz yg sdh sy kenal sgt lama

buat sy mobil ex zhonghuan dr dulu sampe skrg sama sj on durability issue

(sy dulu pernah kena marah satu salesman di indomobil mt haryono outlet hanya garagara sy buka tutup pintu mobil cherry qq bbrp puluh x n ahirnya outer door handle patah n dia bilang ..... pak buka tutup pintu yg alus n jgn di banting banting bgitu ..... tapi sy tdk di suruh ganti meski bersedia u itu ..... lumayan kalo dpt handle set rusak bs sy sebar pic nya)