Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jinlampu
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Dec 07, 2013 0:09

Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by jinlampu »

Jepang adalah penguasa industri otomotif Indonesia. Padahal, mobil Jepang sempat dicibir dan dianggap kalah kelas dibandingkan mobil buatan Eropa ataupun Amerika.

Pada akhir 1960-an mobil pabrikan Jepang secara terbatas mulai lalu lalang di jalanan kota-kota besar. Saat kali pertama masuk ke Indonesia, mobil-mobil Jepang panen dengan cibiran. Masyarakat Indonesia yang sejak berpuluh tahun sudah akrab dengan mobil-mobil buatan Eropa dan Amerika yang terkenal dengan bodi yang kokoh tentu tak mudah berpindah ke lain hati. Mobil Jepang dianggap ringkih dengan balutan plat bodi yang tipis, hingga jadi langganan bahan ejekan konsumen.

“Dengan nada mengejek, mereka menyebut bodi mobil Jepang yang tipis itu terbuat dari blek atau kaleng kerupuk yang menggunakan seng sebagai bahan dasar,” kata James Luhulima dalam Sejarah Mobil dan Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini (2012).

Di balik bodinya yang bila diketuk menghasilkan bunyi seperti suara kaleng, mobil Jepang memang punya keunggulan harga. Pada awal 1960-an harga satu unit mobil Toyota Canvas misalnya hanya Rp112.000. Di kelas yang sama, Jip Willy buatan Amerika dibanderol Rp350.000, apalagi harga Jip Land Rover saat itu menembus Rp450.000.

Masuknya mobil Jepang ke pasar Indonesia ini tak lepas dari peran pemerintah. Pada 1961, Departemen Transmigrasi, Koperasi, dan Pembangunan Masyarakat Desa membeli 100 mobil Jip Toyota Canvas, untuk dibagikan kepada instansi koperasi di seluruh Indonesia dalam rangka Musyawarah Nasional Koperasi di Surabaya.

“Jip Toyota Canvas merupakan mobil Jepang pertama yang masuk ke Indonesia.”

Mobil Jepang Jip Toyota Canvas didatangkan melalui importir PT GICA Ltd di Jakpus. Beberapa importir lain mulai tertarik memasukan mobil Jepang, antara lain AH Budi dan kawan-kawannya, yang merupakan pendiri Nasmoko Group yang merupakan jaringan distribusi dan penjualan Toyota di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mereka awalnya hanya memasarkan mobil-mobil keluaran Toyota sejak 1961 melalui Toyota Toyopet Tiara bermesin 1.500 cc.

Selain menjadi importir, swasta lokal mencoba menjajaki peluang dengan membangun pabrik perakitan, seperti Tayeb Mohammad Gobel (Bapak dari Rachmat Gobel) yang mencoba peruntungan merakit Daihatsu Midget (bemo) di Cawang pada Juli 1962. Perlahan namun pasti, mobil Jepang lainnya masuk ke Indonesia seperti Mazda, Mitsubishi, Suzuki, Subaru, dan Nissan.

Pemerintah lagi-lagi juga punya andil mengubah peta bisnis invasi mobil Jepang ke Indonesia, dengan skema keharusan membentuk Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sejak 1969 bagi produsen mobil asing. Semenjak itu hadir sosok baru dalam menyongsong masuknya perakitan mobil Jepang antara lain Sjarnoebi Said yang meneken perjanjian dengan Mitsubishi, lalu ada William Soeryadjaya melalui Astra International yang berhasil menggandeng Toyota dan Daihatsu.


Mobil Jepang dan Astra


Seiring berjalannya waktu, mobil Jepang mampu mengambil hati konsumen di Indonesia, karena selain harganya murah, secara di luar dugaan mobil Jepang cukup andal dan mudah perawatannya

“Mobil-mobil keluaran AS yang sampai 1960-an mendominasi ruas-ruas jalan di kota-kota besar di Indonesia, pada awal 1970-an berangsur-angsur menghilang. Mulai digantikan oleh mobil-mobil keluaran Jepang,” tulis James Luhulima.

Ekspansi masif mobil-mobil Jepang di Indonesia tak bisa dipungkiri ada andil besar Astra yang kini jadi penguasa pasar mobil di Indonesia hingga 57 persen. Namun, jauh sebelum William bermitra dengan Jepang khususnya Toyota, ia memulainya dengan menyuntikkan dana di pabrik eks General Motors di Tanjung Priok yang sudah ada sejak 1920, kemudian diakuisisi pemerintah, lalu berubah nama menjadi Gaja Motor (Gaya Motor), perakitan pertama adalah truk-truk Chevrolet.

William sempat merasakan masa-masa pahit karena tak mudah menarik investor asing termasuk Jepang untuk menjadikan Astra untuk merakit dan memasarkan mobil di Indonesia. Selain pernah ditolak GM, William juga ditolak halus oleh Nissan.

Dalam buku Man of Honor: Kehidupan, Semangat dan dan Kearifan William Soeryadjaya (2012), William awalnya sangat percaya diri. Pada pertengahan 1969 ia mengundang Nissan datang ke Indonesia, yang ketika itu memang sedang mencari mitra lokal. Delegasi Nissan diterima di kantor Astra yang berukuran kecil di Jalan Juanda, Jakarta.

“Nissan datang 10 orang dan Marubeni 2-3 orang. Datang lalu cerita-cerita. Lama juga, ada 1 jam-an,” kenang Paul A. Lapian yang baru bergabung 3 bulan di Astra.

“Keputusannya, Nanti kami pertimbangkan dan kabari.”

Sampai suatu saat William dan Astranya menjadi bagian dari arus kebijakan yang dikembangkan oleh Soeharto yang baru berkuasa di era Orde Baru untuk mengembangkan industri mobil kendaraan niaga berbasis lokal dengan harga terjangkau atau basic utility vehicle (BUV).

Buntut dari kebijakan itu, larangan impor mobil secara utuh diberlakukan pada awal Orde Baru, khususnya sedan, insentif untuk mobil niaga ditetapkan untuk mendukung skema pembangunan ekonomi yang mulai dibangun Soeharto. Di sisi lain, Toyota Motor melalui Seisi Kato, sebagai Vice President Toyota Motor Sale Co Ltd berkunjung ke ASEAN pada 1971, termasuk mencoba menangkap peluang di Indonesia. Hingga akhirnya berdiri PT Toyota Astra Motor (TAM), sebagai agen tunggal Toyota di Indonesia pada 1971.

Tonggak penting perkembangan mobil Jepang, Toyota khususnya, saat mereka meluncurkan Toyota Kijang pada 9 Juli 1977 sebagai kendaraan niaga atau pick up. Selain Kijang, beberapa tahun sebelumnya Mitsubishi Colt T100 dan T120 sudah lebih dahulu mengaspal, meski pada akhirnya pemasaran Colt T120 dihentikan pada 1981. Kijang pun melanggeng dengan mulus hingga berkembang sebagai kendaraan keluarga atau MPV. Pada 1 Oktober 2003 atau 26 tahun setelah kehadirannya, kijang sudah diproduksi 1 juta unit.

Berselang 14 tahun, penantang baru dari Cina datang. Produsen otomotif asal China PT Saic General Motors Wuling (SGMW) Indonesia (Wuling) akan meluncurkan mobil MPV pertamanya pada kuartal ketiga tahun ini. Dengan investasi 700 juta dolar atau lebih dari Rp9 triliun untuk pabrik di Cikarang, tentu pemain mobil Cina ini tak main-main, dibandingkan pemain mobil Korea Selatan yang masih mengandalkan impor, meski sudah hadir lebih dari dua dekade.

Wuling juga menyiapkan 50 dealer sepanjang 2017 yang akan tersebar di Indonesia. Namun, mereka tentu harus berjuang menghapus jejak bisnis Cina di Indonesia yang tak sedap dari kasus motor Cina yang gagal total pada awal 2000 silam.

"Masuk ke pasar Indonesia agak susah, oleh karena itu kami tidak hanya berbicara mengenai penjualan produk, tetapi juga membangun komitmen dengan investasi berupa pabrik dan layanan purnajual," kata Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani dikutip dari Antara.

Bagaimanapun kedatangan mobil Cina jadi tantangan bagi Toyota dan Daihatsu di bawah Astra sebagai penguasa pasar. Namun juga peringatan bagi pemain mobil Jepang lainnya, bahwa mobil Cina tak bisa dianggap remeh. Ini kembali mengingatkan saat para mobil-mobil Eropa dan Amerika tersingkir secara teratur oleh mobil-mobil yang awalnya dianggap sebagai mobil “kaleng kerupuk” lima dekade lalu.
Change
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Oct 29, 2016 22:50

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by Change »

Mgkn sejarah akan terulang kembali... Mgkn.
User avatar
aufal
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Mon Jul 07, 2014 9:05

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by aufal »

Selama invest Wuling gk lebih besar dr T & H & orang indo msh suka Sara...sejarah itu hanya fiktif belaka.

Sent from my C1905 using Seraya Motor mobile app

ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by ricz »

Jangka pendek sih masi ga mungkin, kualitas yg blom meningkat, en sejarah merk mobil Cina di Indo yg bikin horror sendiri juga yg bikin org2 pd mundur mau ambil merk mobil Cina...

Tapi kalo jangka panjang, who knows? Haha
2021 Fortuner VRZ
DSoto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Oct 25, 2016 16:52

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by DSoto »

kalau built quality baik, aftersales baik, keapa tidak??
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by newrubble »

'compact' utility dr jpn yg pertama x masuk indo itu mnrt sy nissan patrol 4w65 (1958) oleh ang kok ha dgn usaha dia bernama fa.istana trading co.(sblm mrk jadi 'cv" thn 1960 n jualan prince skyline di jacatra (jl pangeran jayakarta)

dulu sampai skitar awal 1974 (sebelum malari 1974.01.15) sebutan (cynicism) u mobil mobil dr jpn yg pop adalah 'dari besi tua'

sbtulnya brahir nya american motorings di jkt (indo) krn us car makers' policy yg (sejak 1968) stop bikin RHDcars n serahkan itu pd regional operation trmsk market priority

GM serahkan asian n african policies le holden n vauxhall yg tentu focusing to ostrali, pinoyland (the wealthiest in southeast asia), southafrica&rhodesia (wealthiest in africa).....bgitu susah pt udatin (indauda) dapatkan ckd-kits utk hq series ..... hrs tggu kalo ada overstock dulu n bgitu juga u previous series

ford n chrysler serahkan itu semua ke australian side mrk yg juga punya country priority list sama sehingga pt irmc (soegijanto sastrosatomo yg juga ada di tjahaja sakti mtr.corp.) hrs ganti model dr falcon (ostrali) ke cortina (uk) krn masalah itu

chrysler (djakarta motor, alm bpk nya kemal .... toto bachrie) juga hrs ambil avenger ckd kits dari rhodesian surplus spy ckd operation bs lanjut krn supply dodge-fc spacevan dr ostrali tdk pernah lancar n sering datang tdk lengkap pdhl mrk sdh punya loyal customers spt ppd limousine service (trayek jkt-sukabumi n jkt-bandung v.v.), bank indonesia, merpati nusantara, djakarta lloyd ..... yg harga nya sama dgn mitsy colt t120 halfcab (ckd steel panel dibuat di pinoyland)
Last edited by newrubble on Sat May 06, 2017 8:44, edited 1 time in total.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by doge »

Masih bakal lamaaaaaa banget bwt mobil cina bs nggeser 'saudara tua'

Krn beli mobil itu msh pembelian BESAR bagi masyarakat indo (skalipun itu org kaya)
Kebnykan org (yg ngerti cr ngatur pengeluaran) g akan serampangan ngeluarin 100jt+ bwt beli barang... wong median gaji org indo itu 16jt/bln (note: ini hsl quick google... mungkin salah... klo ada yg pny data valid bole koreksi)

Mobil cina itu:
-imej jelek (kyk mbl korea)
-produk aseng (lg hot ini; maaf utk aseng" yg kena 'getah' wkwk)
-harga krg beda jauh sm brand mainstream biar klo beli g kecewa" banget
-no resale value (ya ada sih dikit)
-kualitas ya.... er... gtw

Padahal org beli mobil itu kebanyakan :
-gengsi
-mmg butuh
-hobi
-hrs bs dijual lg
-g gmpg rusak

Pengalaman org dg barang cina tulen (bkn macem hape yg made in china etc, itu pabriknya aja di cina, qc msh bawaan clientnya; cth apple) :
-g gengsi blas
-murah g msk akal
-rusak buak (rusak buang)
-rusakan

Kesimpulan: msh lama... tunggu aja yg luka krn ji*ling ato ka te em etc udh smbuh dlu bru MUNGKIN bisa ngegeser saudara tua...
:ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by coklatMetalik »

Toyota Canvas 1960an disebut mobil kaleng...
Memang setipis apa bodinya ya? Jika dibandingkan dgn avanza 1st gen ?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by newrubble »

bandingan jaman itu sama holden hq .... mobil besar berharga murah trutama holden belmont ute yg jadi angkutan sayur pd pasar djaja (sblm di ganti mitsy colt t120 ute pada 1977)
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by cursQ »

newrubble wrote: Sat May 06, 2017 8:47 bandingan jaman itu sama holden hq .... mobil besar berharga murah trutama holden belmont ute yg jadi angkutan sayur pd pasar djaja (sblm di ganti mitsy colt t120 ute pada 1977)
Holden hq macam kingswood, premier, stato berapaan pas baru masuk di jamannya om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by Turboman »

kok kayak iklan terselubung nih

hehehe
comandor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Dec 28, 2016 14:30

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by comandor »

barang otomotif merk cina kesannya bukan mobil kaleng tapi ampas klo kata saya... orang masih alergi beli yang beginian... teman punya motor trail viar 200cc dipake trabas sama teman² yg pada bawa kawasaki klx 150. baru ½ perjalanan yang bawa klx udah nyerah sementara yg pake viar masih enak aja masuk hutan. biar sudah dibuktikan sendiri sama diomongin klo viar itu made in semarang (kebanyakan kan taunya viar made in china) tetep nggak mau pada beli
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by Dekyarov »

Jadi inget Honda tn360 sama Hijet 55 kecil dan ringkas.

Mungkin Jepang menitikberatkan pada fungsi kali ya dibanding fitur. Yang penting bisa jalan, irit bensin,benerin nya gampang.
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil

Post by kurniakerten »

Turboman wrote: Sat May 06, 2017 9:45 kok kayak iklan terselubung nih

hehehe
Saya juga lagi mikir apa korelasi mobil kaleng dgn mobil cina? :ngacir:
E300 W212
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by Turboman »

MoCin / MobCin yg masuk dulu2 sampe belakangan ini semua dgn agent dan gak ada 1 pun yg prinsipal lgs (baru WuLing yg prinsipal lgs)

bahkan MoCin dulu ada yg merek bikinan importir

kalo bicara MoCin.....bukankah lately motor gerobak 3 roda (replika mesin Honda) begitu populer ?

pernahkah dengar komplain motor2 gerobak ?

Btw tgl 5 kemaren itu kembarannya Bombardier CS 100 udah sukses test terbang yah.........called 919...............keren euy......cuman entah kenapa landing gearnya gak test masuk / keluar

hehhehehe


newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by newrubble »

cursQ wrote: Sat May 06, 2017 9:41 ............................

Holden hq macam kingswood, premier, stato berapaan pas baru masuk di jamannya om?
1971:

belmont ute onroad rp 1,000,000*
belmont stwg onrd rp 1,200,000*
kingswood sedan rp 1,400,000*
kingswood stwg rp 1,300,000*
premier (sedan) rp 1,500,000*
statesment (sedan, matic) rp 1,800,000

*matic = + rp 25,000
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by nugroho bagor »

Kaleng krupuk,lihat sejarahnya masuk karena murah,murah dan murah but now?
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by pernahmiskin »

semoga bisa bersaing dan mendapatkan tempat di hati kebanyakan orang...
Jd harga mobil semakin kompetitif
Mahal gpp asal sepadan dgn yg d dapat
Ga ky skrg, mahal tp jarang / ga sepadan dgn yg d dapat
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by newrubble »

betul......sdh biasa kena mahal

jadi tdk apa apa kalo mahal
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by cursQ »

newrubble wrote: Sat May 06, 2017 11:58
cursQ wrote: Sat May 06, 2017 9:41 ............................

Holden hq macam kingswood, premier, stato berapaan pas baru masuk di jamannya om?
1971:

belmont ute onroad rp 1,000,000*
belmont stwg onrd rp 1,200,000*
kingswood sedan rp 1,400,000*
kingswood stwg rp 1,300,000*
premier (sedan) rp 1,500,000*
statesment (sedan, matic) rp 1,800,000

*matic = + rp 25,000
Wow
:big_exellent:
Luar biasa ingatan om NR..
Wah2 sekarang ini holden pasaran lagi bagus2nya..
Tahun 2000 pas smp kayaknya ni premier masih dpt bahan 6-8jt..
Sekarang buset haha..

Om NR.. klo monaro nya 2 pintu masuk indo gak? Berapa saat masuk ya?
Lalu yg seumuran tahun 71 misalnya apa om jepangan?
Corvet mungkin atau hondanya misalnya itu kisaran berapa harga?
Makasi om pencerahannya
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by newrubble »

monaro hk pernah dijual resmi n pernah ckd indo (surabaya) n org org yg pernah pake. .......alm ir rooseno (ini benar benar holden freak pertama yg sy temuin dlm idup krn isi garasi smua holden), almh ruth pelupessy, almh suzan jane esmeralda/ suzan tolani yg dulu di jalan krawang no 5a menteng, pontjo soetowo (radar motor)

thn 1974 indo ckd holden torana gtr (four door) seharga rp 4 juta

mobil mobil yg seharga holden belmont, kingswood, premier jaman itu. ........fiat 124 (seharga holden kingswood), tyt corolla, datsun510-1400, subaru dl-1400, daf/volvo66 (volvo londo kaya org org dulu)

mobil mobil seharga holden statesmen dulu chevy350 ( twinnie dia sold by garuda diesel, sblm jadi garmak) , opel admiral, tyt crown, pug504, volvo164, benz w115 type200 ), bmw1800 newclass sedan, ford falcon

yg harga dibawah holden statesmen tapi diatas h.belmont/kingswood/premier itu tyt corona, holden torana, bmw1500 newclass sedan, subaru gsr coupe, datsun230 (220 diesel)
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by cursQ »

newrubble wrote: Sat May 06, 2017 16:26 monaro hk pernah dijual resmi n pernah ckd indo (surabaya) n org org yg pernah pake. .......alm ir rooseno (ini benar benar holden freak pertama yg sy temuin dlm idup krn isi garasi smua holden), almh ruth pelupessy, almh suzan jane esmeralda/ suzan tolani yg dulu di jalan krawang no 5a menteng, pontjo soetowo (radar motor)

thn 1974 indo ckd holden torana gtr (four door) seharga rp 4 juta

mobil mobil yg seharga holden belmont, kingswood, premier jaman itu. ........fiat 124 (seharga holden kingswood), tyt corolla, datsun510-1400, subaru dl-1400, daf/volvo66 (volvo londo kaya org org dulu)

mobil mobil seharga holden statesmen dulu chevy350 ( twinnie dia sold by garuda diesel, sblm jadi garmak) , opel admiral, tyt crown, pug504, volvo164, benz w115 type200 ), bmw1800 newclass sedan, ford falcon

yg harga dibawah holden statesmen tapi diatas h.belmont/kingswood/premier itu tyt corona, holden torana, bmw1500 newclass sedan, subaru gsr coupe, datsun230 (220 diesel)
Makasi makasi om NR :mky_02:
Senangnya baca ini..
Btw om.. bmw 1800 new class sedan itu e12 atau seri berap?
Lalu bmw 1500cc newclass sedan jg seri apa ya?

Denger ford falcon jd inger pny temen dulu tahun 2001 saat muscle car asli atau jadi2an macam skrg jd terlihat asoy..

Tmn pake falcon yg bagi saya bener2 fullsize sedan karena gueeede bgt.. saya lupa type apa yg jelas gudee lebaar panjaang jauh lbh panjang dan lebar dari holden premier/stato..

Lalu 1 temen lg pake ford cortina..

Saya pikir akan setenar premier ini cortina skrg2 ini namun nyatanya tidak sama sekali..
Klo boleh tau om NR.. ford cortina dl saat baru di harga brp dan di kelas mana dia ya?

Bagaimana dgn seri2 datsun? 160/180/sss mungkin dan harga2nya saat itu..

Om saya pake sss jual tahun 2003 atau 2005 cuma seharga less than 10jt.. itu mobil asli kenceeeng dan ac dingin bgt..

Sekarang liat2 harganya uda gelaaap bgt..

Andai saat itu paham mobi2 mana yg bakal naik harganya mah simpen aja..
Om saya skrg kaget mobil jelek itu skrg harganya bagus haha..

Maaf oot..
Maaf oot
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by gobale »

mengubah image dan mindset itu butuh waktu dan kerja keras yg konsisten, selama astra membangun itu semua
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by newrubble »

ford cortina di indo baru ckd thn 1977 di harga yg sama dgn peugeot 504 gl rp 3.5 juta n jauh lbh mahal drpd (dodge) chrysler avenger 1800 thn yg sama (rp 3 juta) tapimasih jauh lbh murah drpd benz w123 200 yg launching di thn itu (rp 18 juta) yg sejuta rupiah lbh mahal drpd peugeot 604 dan citroen cx2400 pallas

datsun 160sss (super sport sedan) baru ckd thn 1976 di harga rp 4.5 juta atau lbh mahal rp 500,000 drpd fiat 131s sedan (sebelum mirafiori yah) yg launching by daha motor di thn yg sama, tapi lbh murah rp 500,000 drpd max929 yg juga lanching thn itu menggantikan maz 616 capella yg tdk laku meski sering menang slalom test (drivers yg terkenal saat itu dadangtaruma n idat loebis )

datsun 160j fastback sedan baru ckd by indokaya nissan motors thn 1973di harga rp 2.9 juta atau lbh mahal rp 400,000 dari maz 808 yg launching juga thn 1973
alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Mon May 02, 2016 14:54

Re: Pelajaran Berharga dari Masuknya Mobil "Kaleng Kerupuk"

Post by alicevamps »

Klo ngeliat oppo, xiaomi, lenovo, vivo rasanya optimis jg sih wulling ini bakal survive, tp ga bs instan n perlu waktu jg...tergantung niatnya setengah hati atau ga
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"