ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: RE: Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by basah »

ChZ wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 10:41
basah wrote:izin beropini bro !

Setau saya memang ada penurunan ketebalan plat body mobil dahulu dibandingkan sekarang, bahkan bumper sekarang menggunakan plastik sehingga cukup bersahabat dengan pejalan kaki, biker entah itu cycle maupun motor.

Dari segi chasis, mobil tahun 70 s.d 80 menggunakan chasis dengan ketebalan plat tertentu terpisah dari body juga dg ketebalan plat tertentu, sehingga ketika terjadi impact dari depan maupun belakang maka chasis berperan besar meredamnya sehingga penumpang didalam mobil tentunya lebih aman apalagi bumper dengan plat yg cukup tebal dihubungkan langsung ke chasis . hanya kosntruksi seperti ini tentu tidak bersahabat dengan pejalan kaki dan biker.
Dengan ketebalan plat chasis maupun plat body tentunya membuat berat kendaraan meningkat sehingga berdampak pada konsumsi BBM dimana ratio perbandingan tenaga mesin dengan berat kendaraan (belum termasuk penumpang) lebih besar dari kendaraan sekarang.

Saat ini konstruksi kendaraan umumnya menganut moncoque chasis dimana chasis dan body menyatu kecuali untuk kendaraan angkutan komersial yang masih menggunakan ladder frame. Tebal plat body pun diturunkan dan beberapa unsur body yg merangkap fungsi sbg chasis dipertebal dan umumnya digandakan, kemudian bumper lebih cenderung dominan faktor estetikanya menggunakan plastik. Dipastikan konsumsi BBM lebih hemat karena selain faktor efisiensi mesin yg meningkat juga efisiensi ratio tenaga dg berat kendaraan, nah ironisnya ternyata dengan efisiensi mesin yg meningkat juga disertai kecepatan yg makin tinggi dibandingkan masa lalu.

Dengan ketebalan seperti itu ditambah kecepatan yg makin tinggi maka bila terjadi impact yg besar baik itu terhadap tembok, pohon atau kendaraan komersial angkutan berat maka resultan yg terjadi tidak akan mampu diredam monocoque chasis. Bagian mobil yg berbenturan sudah berhenti tetapi bagian belakang mobil tetap mendorong kedepan (resultan) sehingga akhirnya menghasilkan mobil yg terlipat seperti kertas. Kalo impact dari depan maka mobil terlipat kedepan, kalo impact dari samping maka mobil terlipat kesamping. Bisa dibayangkan penumpang didalamnya seperti apa, itu seperti biskuit didalam kaleng biskuit kemudian kaleng biskuit dipress.

Jadi wajar kalo impact yg dicontohkan TS dengan kendaraan angkutan komersial berat menghasilkan bentuk yg mengerikan. Saya pernah liat dicipularang sebuah pajero dengan kecepatan zigzag dijalan dan bahu jalan untuk menyusul kendaraan didepannya dean begitu masuk kebahu jalan ternyata baru sadar ada kendaraan dg kondisi emergency dibahu jalan kemudian membanting setir kekanan masuk kembali kejalan dan akhir menghantam bak truk yg sedang jalan santai di jalur lambat tol tepat dipilar pintu depan dan belakang sebelah kiri...................dan hasilnya mobil pajero melipat hampir 90 derajat.

Beda sekali dengan kendaraan militer yg ditampilkan di tumplek bleg dua tahun lalu, menggunakan monocoque chasis tetapi plat baja yg digunakan tebalnya minta ampun karena harus melindungi infanteri dari benturan maupun ledakan. Tentunya yang begini gak bisa dibandingkan dengan kendaraan pada umumnya.

Itu opini dari saya yg awam, hanya sedikit tau soal konstruksi kendaraan dan mengingat kembali pelajaran dasar fisika.
Bumper baja di mobil 20 thn lalu justru krn tidak menyerap benturan, malah impak tsb diteruskan ke kabin. Mobilnya nggak apa, penumpangnya patah tulang.

Sdh saya kasih liat itu video cukup menjelaskan konsep nya crumple zone.

Tujuan mobil d hancurkan bagian depan adlh supaya impak dari benturan tdk diteruskan ke kabin. Kabin tetap utuh tp bagian depan hancur.

Body shell mobil skrg kuat kuat... Coba search di yutub crash test S class vs Smart fortwo. Tapi spt sy sebutkan, ada toleransi sbrp besar momentum yg bisa diterima. Mobil sekelas Mercedes Benz pun ditabrak truk muatan full dengan kecepatan 100 km/jam saja pasti remuk...

Plat bodi tebel blom tentu rangkanya kuat...

Skrg pabrikan lebih fokus mengembangkan chassis dengan bahan ringan tapi punya kekakuan struktur baik, in the same time punya tensile strength yang tinggi. Itulah knp carbon fiber composite dan full aluminium body menjadi sangat populer. Bahan yang ringan sekaligus kuat.

Mengenai armored vehicle tentu tdk bisa dibandingkan krn beda peruntukan... Mobil biasa tdk didesain untuk tahan terhadap bom kan?

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Iya sih saya pernah liat foto kecelakaan fatal ferari di LN kabin utuh, depan belakang remuk abis, jadi kayak kapsul teronggok.

Pas aku liat youtube ternyata konstruksi dalam kabin mobil yg lebih baru hampir tdk berubah sedangkankan mobil lama malah sebaliknya. Kalo seperti itu kayaknya dimobil lama dg chasis ladder frame sebenarnya yang aman cuma chasisnya ya, sedangkan bodynya sendiri bisa lumayan remuk bahkan lepas dari chasis.

Nah kalo gitu apakah batas toleransi untuk produk mobil diindonesia sekarang lebih rendah ?
kok kayaknya body berlipat kedepan terutama yg tabrakan frontal terus terang baru saya liat sekarang, atau mungkin saya yang kurang info........... :big_grin:
bl4cks4m1dj4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Fri Apr 24, 2009 6:20

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by bl4cks4m1dj4 »

Keluarga polpo 740, 850, 960 tebel tuh bumper, plat bodi & rangka.
Jaminan aman jaya sentosa tuh yg naek...

Sent from my SM-N910H using Tapatalk

rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by rudyzanetti »

penasaran, yg sering dibahas soal rating keamanan itu kan biasanya mobil pribadi.
kl di luar sana untuk truk dan kendaraan gede laennya , ada ga sih rating keamanannya? kayak ncap dll ?
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
Daily Vehicle: CRV

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by arief225 »

Setebal apapun body mobil. Klo doa dan iman tipis ya percuma. Biasakan berdoa saat berada dijalan πŸ˜‡
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by coklatMetalik »

Jd malah sebetulnya monokok lbh aman dr ladderframe ya....

Berarti Jika tdk memperhitungkan teknologi2 kyk ABS, airbag, vsc dll, hanya melihat dr desain bodi aja, apakah bs disimpulkan naik Avanza lbh aman drpd naik Innova?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by fizrmen »

hmmm penjelasan bagus, emg sih skrg itu yg penting gimana caranya kabin tetep utuh dan penumpang selamat meskipun depannya ancur lebur, makanya ane heran ada aja media indo yg ngukur safety dari ketebelan plat bodi dengan cara diketuk2, dan bilang plat bodi tipis karena disunat :mky_07: :mky_07:

coba tebak kira2 siapa :ngacir:
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by doge »

coklatMetalik wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 13:20 Jd malah sebetulnya monokok lbh aman dr ladderframe ya....

Berarti Jika tdk memperhitungkan teknologi2 kyk ABS, airbag, vsc dll, hanya melihat dr desain bodi aja, apakah bs disimpulkan naik Avanza lbh aman drpd naik Innova?
TETOT

Avanza tdk pure monokok...

Selain itu

Crumple zonenya avxen tdk kuat nahan biar kabin dpn (dasbor, pintu dpn, pilar A, windshield) tdk rusak wktu crash

Real example: 2005-skrg klo avxen gen 1(04-11) frontal crash pasti kabin dpn ikut ancur, plus minimal penumpangnya cedera muka, smpe seringnya setor nyawa..
:ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11006
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by marmut »

bl4cks4m1dj4 wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 11:42 Keluarga polpo 740, 850, 960 tebel tuh bumper, plat bodi & rangka.
Jaminan aman jaya sentosa tuh yg naek...

Sent from my SM-N910H using Tapatalk
naik volvo bukan berarti boleh adu kambing sama cc206 yang lagi full throttle. tetep aja jadi peyek tu mobil.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by coklatMetalik »

doge wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 14:55
coklatMetalik wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 13:20 Jd malah sebetulnya monokok lbh aman dr ladderframe ya....

Berarti Jika tdk memperhitungkan teknologi2 kyk ABS, airbag, vsc dll, hanya melihat dr desain bodi aja, apakah bs disimpulkan naik Avanza lbh aman drpd naik Innova?
TETOT

Avanza tdk pure monokok...

Selain itu

Crumple zonenya avxen tdk kuat nahan biar kabin dpn (dasbor, pintu dpn, pilar A, windshield) tdk rusak wktu crash

Real example: 2005-skrg klo avxen gen 1(04-11) frontal crash pasti kabin dpn ikut ancur, plus minimal penumpangnya cedera muka, smpe seringnya setor nyawa..
Ya memang cm semi monokok sih....

Sy lupa jelasin, yg dibandingin adalah yg terbaru, avanza 2NR vs ipah 2GD. Mana yg lbh aman secara struktur bodi.....

Jangan avanza generasi pertama lah. Kalo yg itu sih kan.... Errr.... anu.... :ngacir:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

basah wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 11:21
Iya sih saya pernah liat foto kecelakaan fatal ferari di LN kabin utuh, depan belakang remuk abis, jadi kayak kapsul teronggok.

Pas aku liat youtube ternyata konstruksi dalam kabin mobil yg lebih baru hampir tdk berubah sedangkankan mobil lama malah sebaliknya. Kalo seperti itu kayaknya dimobil lama dg chasis ladder frame sebenarnya yang aman cuma chasisnya ya, sedangkan bodynya sendiri bisa lumayan remuk bahkan lepas dari chasis.

Nah kalo gitu apakah batas toleransi untuk produk mobil diindonesia sekarang lebih rendah ?
kok kayaknya body berlipat kedepan terutama yg tabrakan frontal terus terang baru saya liat sekarang, atau mungkin saya yang kurang info........... :big_grin:
Yep memang mobil skrg fokusnya adalah melindungi penumpang... body shell nya nyaris gak berubah tp moncong atau pantat (kalau sedan) kayak kerupuk...

Batas toleransi nya yang ditetapkan ya itu... 46 mph / 60 kph di crash test ...

Di Indonesia mah kagak diperhatiin... buktinya si mobil best seller dari 2003 bodi kaleng kerupuk (ini nggak cuma body yang kaleng kerupuk, struktur rangkanya juga kaleng kerupuk) udah banyak korban jiwa juga nggak banyak improvement...



Ntuh liat deformasi di pilar A nya... Cuma ya tetep dijual... wong laku...
rudyzanetti wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 12:11 penasaran, yg sering dibahas soal rating keamanan itu kan biasanya mobil pribadi.
kl di luar sana untuk truk dan kendaraan gede laennya , ada ga sih rating keamanannya? kayak ncap dll ?
Untuk military vehicle atau special service seperti presidential limo punya rating sendiri emang terutama meliputi gimana mobil itu melindungi occupant dari ancaman bom atau kaliber peluru yang bisa ditahan... Presidential limo rata - rata safety nya sudah military grade.
arief225 wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 13:10 Setebal apapun body mobil. Klo doa dan iman tipis ya percuma. Biasakan berdoa saat berada dijalan πŸ˜‡
Setuju.

Mobil apapun, biasakan safety driving sebagai budaya mengemudi kita.
coklatMetalik wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 13:20 Jd malah sebetulnya monokok lbh aman dr ladderframe ya....

Berarti Jika tdk memperhitungkan teknologi2 kyk ABS, airbag, vsc dll, hanya melihat dr desain bodi aja, apakah bs disimpulkan naik Avanza lbh aman drpd naik Innova?
Not exactly. Selain struktur sasis monocoque / ladder ada banyak faktor yang mempengaruhi. Kekuatan struktur rangka nya sendiri sangat berpengaruh dan ane yakin kekuatan struktur rangka Avanza pasti lebih letoy dari Ipah...

Tentu mobil kelas LCGC seperti Agya tidak lebih safe dibanding Hilux yang punya rating safety Euro-NCAP.

Kalau Innova dikatakan perkembangan dari Hilux, seharusnya punya struktur rangka yang mirip sehingga harusnya rating NCAP nya mirip.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by nimoo »

Kirain trit bikinan luginar yg comeback :big_slap:
lend3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Oct 08, 2014 6:13

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by lend3 »

Masih ada yg ributin plat tebel. Nonton inilah biar kekinian
:off_lazy:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by evolution21 »

Sering denger kalo mobil eropa benturan sama mobil jepang , yg eropa penyoknya ga akan separah milik jepang.

5taun lalu kakak saya tabrakan beruntun 7mobil.
Kakak pakai inova ada di urutan ke2. Kondisi kap mobil lumayan ringsek, sasis bengkok, bag belakang penyok. Di urutan ke4 ada ford focus, cuman penyok2 bemper doank.
Sisa mobil lainnya jepang semua penyoknya parah..
Emang mobil eropa beda yah...
Ford walau brand amerika tp focus lahir di eropa, dan memang ni tipe euro banget ketimbang americans
Murpramada
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed Feb 15, 2017 8:17
Location: Tangerang selatan
Daily Vehicle: S40-C24-L11

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by Murpramada »

Kalo lihat hasil tiap mobil yg diuji di crashtest, ada beberapa kondisi khusus yg harus diperhatiin sebelumnya yg kadang kondisi2 khusus itu ga selalu sama pada saat crash beneran di jalan, antara lain :
1. maksimal kecepatan yg diuji sekitar 60 Km/jam. Jd apapun kondisinya, kecepatan pada saat benturan lebih baik sama atau dibawah 60 Km. Nah Harus injek rem kuat kuat kalo mau crash nih.
2. Benda yg ditabrak kondisinya diem. Ini nanti ngaruh ke besar momentum mobil. Kalo adu kambing lain cerita juga ya. Kalo adu kambingnya ma kendaraan yg lebih kecil atau ringan, justru momentum mobil berkurang. Tp kalo adu kambingnya ma kendaraan yg lebih gedhe kayak truk ya salam jadinya. Selain punya momentum sendiri, mobil jg dpt momentum limpahan dr truk td. Nah kalo mau adu kambing sebaiknya pilih2, cari yg kira2 lebih kecil/ringan. Innova lawan avanza contohnya, jgn innova lawan truk.
3. Posisi saat crashnya. Kalo dilihat, rata2 yg dpt bintang banyak kalo crashnya full dr depan. Moncong mobil langsung hantem, kalo cuman sebagian rata2 malah pada hancur pilar2 nya.
Maruti
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sun Oct 02, 2016 17:16

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by Maruti »

Berarti intinya ketebalan plat mobil ga penting ya ?.

Salah satu contoh, kayak avanza xenia itu kalo mogok, didorong dari belakang pake tangan aja bodinya bisa mbelesek masuk.

Mungkin untuk ketebalan atau jenis plat bodi perlu dibahas lebih lanjut selain chasis dan safety structure.
Improvement :big_smile]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

lend3 wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 17:15 Masih ada yg ributin plat tebel. Nonton inilah biar kekinian
:off_lazy:
Sums it up... "Mass defeated by science and technology"...
evolution21 wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 17:39 Sering denger kalo mobil eropa benturan sama mobil jepang , yg eropa penyoknya ga akan separah milik jepang.

5taun lalu kakak saya tabrakan beruntun 7mobil.
Kakak pakai inova ada di urutan ke2. Kondisi kap mobil lumayan ringsek, sasis bengkok, bag belakang penyok. Di urutan ke4 ada ford focus, cuman penyok2 bemper doank.
Sisa mobil lainnya jepang semua penyoknya parah..
Emang mobil eropa beda yah...
Ford walau brand amerika tp focus lahir di eropa, dan memang ni tipe euro banget ketimbang americans
Kalo tabrakan beruntun, which I assume kecepatan nggak akan terlalu tinggi... Mobil dengan plat body tebal pasti lebih utuh. Kekuatan struktur rangka depan juga menjadi concern utama. Karena ketika tabrakan beruntun front-end yang empuk nabrak bagian bokong mobil depan (yang pasti lebih keras). Apalagi untuk mobil sekelas Innova... Camry sendiri secara safety rating tidak terlalu bagus.... Apalagi Innova.

Tapi Ford Mustang baru justru dapet 2 bintang di Euro-NCAP... :big_slap:

http://www.euroncap.com/en/results/ford/mustang/26063
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

Murpramada wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 23:16 Kalo lihat hasil tiap mobil yg diuji di crashtest, ada beberapa kondisi khusus yg harus diperhatiin sebelumnya yg kadang kondisi2 khusus itu ga selalu sama pada saat crash beneran di jalan, antara lain :
1. maksimal kecepatan yg diuji sekitar 60 Km/jam. Jd apapun kondisinya, kecepatan pada saat benturan lebih baik sama atau dibawah 60 Km. Nah Harus injek rem kuat kuat kalo mau crash nih.
2. Benda yg ditabrak kondisinya diem. Ini nanti ngaruh ke besar momentum mobil. Kalo adu kambing lain cerita juga ya. Kalo adu kambingnya ma kendaraan yg lebih kecil atau ringan, justru momentum mobil berkurang. Tp kalo adu kambingnya ma kendaraan yg lebih gedhe kayak truk ya salam jadinya. Selain punya momentum sendiri, mobil jg dpt momentum limpahan dr truk td. Nah kalo mau adu kambing sebaiknya pilih2, cari yg kira2 lebih kecil/ringan. Innova lawan avanza contohnya, jgn innova lawan truk.
3. Posisi saat crashnya. Kalo dilihat, rata2 yg dpt bintang banyak kalo crashnya full dr depan. Moncong mobil langsung hantem, kalo cuman sebagian rata2 malah pada hancur pilar2 nya.
1. Well, tentu itu hanya batas standar yang ditentukan oleh pihak NCAP / IIHS / whatever you say it... 60 km/h adalah maximum speed di urban roads dan minimum speed di highway. Mobil yang dapet 5 bintang di speed segitu setidaknya mereka berani menjamin cukup aman jika exceed speed segitu... Ada temen saya tabrakan pake Civic FD di 110 km/h sama truk... Hancur mobilnya. Orangnya utuh. Di atas 60 km/h, take it at your own risk... tokh lembaga seperti IIHS tidak punya otoritas untuk menentukan mobil dijual atau ngga... Musteng 2 bintang jg dijual aja... Datsun 0 bintang msh keliaran... :ngacir:

2. Not exactly, ada beberapa koq adu kambing. Di Yutub banyak...





3. Whiplash? Iya teorinya mang gtu koq... Khan impaknya jadi makin terpusat ya hancurlah kalo whiplash (1/2 doang yang nubruk)... P = F / A. Pressure equals to Force divided by Area. Makin besar area makin kecil pressure.

jadi make sure kl udah bosen mobilnya nyetir kek berbi sekalian klontangin bagian depan jgn nanggung-nanggung... :big_slap:

Rusak nanggung ma rusak semua bayarnya sama jg... Enjin ga bisa di repair cor separo bagian :ngacir:
Maruti wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 23:26 Berarti intinya ketebalan plat mobil ga penting ya ?.

Salah satu contoh, kayak avanza xenia itu kalo mogok, didorong dari belakang pake tangan aja bodinya bisa mbelesek masuk.

Mungkin untuk ketebalan atau jenis plat bodi perlu dibahas lebih lanjut selain chasis dan safety structure.
Mslhnya kl orang kita ngomongin ketebalan plat body itu diketuk - ketuk which is practically kayak bandingin FRD dengan Mike Tyson... :big_slap: FRD terlihat lebih tebel jadi pasti lebih kuat... Padahal kl di ring tinju mungkin di TKO langsung ama Mike Tyson.

Kalo ngomong "ketebalan plat" disini adalah bahan rangka... No Need... Skrg udah pake bahan komposit atau high tensile steel yang lbh ringan sekaligus lbh kuat...

Bwat apa tebel-tebel? Mang mo perang ? :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by evolution21 »

ketebalan chassis atau bahan atau konstruksi chassis mobil eropa beda gitu ama mobil jepang?

menurut saya chassis penting untuk nahan benturan agar ringseknya kap mobil mampu menahan ga sampe masuk ke penumpang
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by iwing »

klo saya lebih milih yang tebel dibanding yang tipis. skrg kan udah pake ultra/high tensile semua untuk rangka nya. yang parah itu plat tipis ditambah gak ada side impact beam. klo tabrakan dari depan/belakang, masih ada kemungkinan selamat
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by iamwewe »

ChZ wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 5:06
Pertanyaannya apa sih sebenernya yang nentuin hancur nggaknya mobil kalo terjadi crash, baik nabrak or ditabrak? ketebalan plat bodikah, jenis sasis mobil kah, ato emang safety structure yang dijual tiap2 merk (G*A body, G-c*n dll, skyac*ve dll)
Simple, ketebalan plat body andil nya sedikit ketika bicara soal safety. Mana ada pabrikan yang memamerkan ketebalan plat body nya sekian mm lebih tebel dari merek ini sehingga lebih safety... Sy rasa kalo ada pabrikan seperti ini... Orang marketing dan engineernya perlu disekolahin lagi... plat body biasa ngomong peredaman. No deal with safety, kecuali kalo ngomongin "isi" misalnya side impact bar.

Konsep dari safety di mobil modern adalah : bagaimana melindungi penumpang semaksimal mungkin. Bagaimana melindungi penumpang? Energi benturan harus ada yang menyerap tapi nggak boleh sampe tersalur ke bagian kabin. Makanya ada yang namanya crumple zone.

Image

Nah ketika judging sebuah kecelakaan kita harus punya data...

Momentum = massa x kecepatan.

Brp besar toleransi energi tabrakan yang bisa diserap oleh struktur rangka mobil? Apakah besarnya momentum tabrakan itu sudah melebihi kekuatan struktur rangka mobil? Banyak faktor, utamanya structural rigidity.

Tentu ketika bilang struktur pasti ada tolerance seberapa besar energi yang bisa diserap sebelum body shell nya hancur. Ada alasan kenapa crash test dilakukan di kecepatan 60 km/h. Itu adalah minimum tolerance yang digunakan sebagai patokan, dan mostly di dalam kota speed kita juga berkisar 40-60 km/h.

Mobil ladder frame klw bicara soal structural rigidity kalah dengan mobil monocoque... Walaupun terlihat punya badan lebih kekar dan body lebih tebal tapi silahkan lihat hasil crash test nya, rata - rata mobil monocoque bintang nya lebih banyak dibanding ladder frame.
berarti mungkin kita kedepan harus lbh concern nya ke yg saya bold? apakah ini berarti.... lets say mobil LSUV mempunyai toleransi lbh kecil daripada mobil SUV? dalam cth realnya: sama2 ditabrak objek yg sama dalam speed yg sama, maka LSUV akan lbh hancur dibanding SUV?
ardhrizk wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 5:39 Kayaknya memang seperti itu om. Mungkin karena desain mobil kan masih hitung cost efficiency juga.

Image

Kalo dilihat itu strukturnya Volvo XC90 baru yg memang dibuat utk 7 seater aja kelihatan bahan ultra high strength cuman dari pilar A ke pilar C doang. (itu foto asli dari situs volvonya)

Padahal kalo lihat crash test roll over dll ini XC90 bagus banget menurut saya. Hehe.

https://youtu.be/cw64wdDQsFQ

Kalo misalnya impact dari belakang mungkin bisa mengharapkan seat row ke 3 collapse ke dalam. Dorong penumpang ke "Safety Zone" di row 1 dan 2. IMHO. Hehe.
Egk bener banget ini.

Soal safety sih menurut saya, pasti ketiga tiganya ngaruh, plat body (jenis bahan), jenis chasis, dan structure safetynya. Dan memang engineer mobil kan harus nyesuain semuanya sama cost.

Cth: kalo sasis ladder frame, tentunya berat mobil dan bahan yg paling kuat udah banyak di bawah lantai kabin semua, di ladder framenya. Jadi mau nambah crumple zone, safety structure dll di bagian body yaa harus nambah cost dan berat lagi. Makanya luxury ladder frame sekarang berat berat banget kan semua. LC 200 yg kosongan aja 2.4 ton kalo egk salah. Yg full spect 2.8 ton. Hehe. Tapi perlu di lihat juga engineering yearnya, LC200 kalo egk salah pertama meluncur 2007, jadi safetynya juga kayanya dibuat yaa sesuai era 2007 itu juga. Literally mobil tua kalo soal safety.

Kalo saya terus terang sih, masih berpendapat mobil monokok jauh lebih aman dari ladder frame utk jenjang harga yg sama.

Tapi yg perlu diingat semua mobil kan di desain safetynya optimal tabrakan di speed berapa. Kalo misalnya tabrakan di speed 100km/h head on ke truk yg beratnya puluhan ton yaaaaaaaa gitu deh. Apalagi ketimpa container.

Makanya tren safety mobil sekarang tuh lebih ke active prevention sistem. Kaya ESC, system buat ngerem mobil otomatis kalau radar ngebaca mau tabrakan (AEB), blind spot monitoring with steering assist, lane keeping assist, adaptive cruise control dll. Di Euro NCAP kalo egk salah, mobil itu harus punya AEB yg berfungsi sampai ngehindari kecelakaan ini buat dapet bintang 5, sebagus apapun hasil crashnya kalo egk bisa ngehindari tabrakan egk dapat 5 star. Lebih baik mencegah. Hehe.

Coba lihat lihat deh video crash test eropa.

https://youtu.be/f5HXYUKzFY0

Indonesia sih emmmm......
Mobil 500jt aja masih ada beberapa yg egk pake ESC (fortie, santi?). Hahahahahahhaa.
wew.. gitu ya xc90. mantap2 volvo ya..

bener om.. saya stju mengenai tren skr di prevention. tapi kan namanya jg musibah om, nggak ada yg mau walo nabrak dan ditabrak. apalagi saya termasuk org yg tiap hari di jalanan pp 150km lah. parno om, takut polis asuransi saya cair ke bini lol. makanya dari thread ini pun saya berharap kedepan bisa ambil keputusan yg lebih baik dlm beli mobil in term of kuat nabrak dan ditabrak hahaha
diidoot wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 6:36 yang di-bold = setuju
Emang entah mengapa pola pikir orang orang body tebel = lebih aman. Body tipis kaleng = ga aman.
Bahkan untuk urusan frontal crash ASEAN NCAP buat Grand Livina yang bodynya jauh lebih tebel dibanding agya cuman dapet 12,5. Agyanya sendiri 12,8. Memang sih rancang bangunnya beda 5 tahun, cuman ya balik lagi ke masalah plat body : yang tipis belum tentu lebih ga aman. Saya pribadi lebih setuju kalau plat body lebih tebel (lebih kedap suara dan gak gampang penyok) cuman ya kalau body structure dan crumple zone nya ga sebaik yang tipis buat apa juga :mky_01:




btw untuk masalah kebelah belah, saya sih mikirnya semakin kenceng atau semakin besar gaya yang diterima kendaraan pas kecelakaan pasti bakal hancur juga kalau gaya yang diterima itu udah melebihi toleransi maksimal seperti yang bro cris bilang. Mau mobil semahal apa juga kalau yang nabrak truk atau bus berpuluh puluh ton bakalan remuk. Liat aja lamborghini atau ferrari yang kecelakaan di kecepatan tinggi, pada ga berbentuk semua :mky_05:
nah ini contohnya lbh ekstrim lagi. lets say sama2 ditabrak forti speed 60kph dari blkg. kalo saya sih jujur aja, saya lbh pegang penumpang baris k2 GL akan less injured dibanding penumpang baris k2 agyana.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by iamwewe »

evolution21 wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 17:39 Sering denger kalo mobil eropa benturan sama mobil jepang , yg eropa penyoknya ga akan separah milik jepang.

5taun lalu kakak saya tabrakan beruntun 7mobil.
Kakak pakai inova ada di urutan ke2. Kondisi kap mobil lumayan ringsek, sasis bengkok, bag belakang penyok. Di urutan ke4 ada ford focus, cuman penyok2 bemper doank.
Sisa mobil lainnya jepang semua penyoknya parah..
Emang mobil eropa beda yah...
Ford walau brand amerika tp focus lahir di eropa, dan memang ni tipe euro banget ketimbang americans
ini sih udah kebukti banget om.. saya gk gt tau mobil kecil. tapi kalo di truk2 besar.. mobil h*no f*so dkk pilar A nya jauh lbh empuk daripada pilar A sc*nia iv*co dkk om. ini saya udah liat sndiri tukang kabin kalo rapihin buset.... udah dipanasin berulang2 tetep aja itu besi pilar A diketoknya keras banget.
Maruti wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 23:26 Berarti intinya ketebalan plat mobil ga penting ya ?.

Salah satu contoh, kayak avanza xenia itu kalo mogok, didorong dari belakang pake tangan aja bodinya bisa mbelesek masuk.

Mungkin untuk ketebalan atau jenis plat bodi perlu dibahas lebih lanjut selain chasis dan safety structure.
lol kalo kasih cth gitu keinget dulu saya punya LGX, bagian pintu bagasi diatas plat nomor sering didorong2 kalo parkir pararel or tutup bagasi, ehhh jadi ada 2 lesung pipit disono kempot wkwkwkwkwkw
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

evolution21 wrote: ↑Thu Apr 27, 2017 1:25 ketebalan chassis atau bahan atau konstruksi chassis mobil eropa beda gitu ama mobil jepang?

menurut saya chassis penting untuk nahan benturan agar ringseknya kap mobil mampu menahan ga sampe masuk ke penumpang
Setiap mobil pasti konstruksi chassisnya berbeda. Ga bisa ngomong juga kalau mobil Jepang lebih jelek safety nya dari Eropa. Krn beberapa mobil Jepang punya safety rating setara dengan Eropa kalau menurut Euro-NCAP. Tapi kalau Jepangan macem LCGC dan Avanza Innova, memang standarnya ya begitu...

Tiap mobil yang dijual di negara berbeda juga standarnya bisa berbeda... krn welding spot nya berbeda (kl saya ga salah disini pernah ada yang ngomong)...

Tp Isuzu Panther yang bagian depannya keras juga ngga beda kok, sering Panther nubruk kena radiator... Pdhl nubruknya ga kenceng...

Yep maka dari itu ada crumple zone... Jd benturan tdk diteruskan ke kabin...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by coklatMetalik »

Maruti wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 23:26 Berarti intinya ketebalan plat mobil ga penting ya ?.

Salah satu contoh, kayak avanza xenia itu kalo mogok, didorong dari belakang pake tangan aja bodinya bisa mbelesek masuk.

Mungkin untuk ketebalan atau jenis plat bodi perlu dibahas lebih lanjut selain chasis dan safety structure.
Yg paling kerasa sih ketebalan kap mesin....

Bbrp mobil skrg kalo mau nutup kap mesin lbh baik langsung dibanting dr atas aja. Jangan diturunkan pelan2 trus ditekan buat nguncinya. Krn begitu ditekan bakal langsung penyok.....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by daftar »

sekalipun plat tipis tidak banyak berpengaruh, tapi tidak bisa dipungkiri kalo alasannya mobil2 buatan indo tpis karena cost reduction, plat mobil2 CBU india bodynya lebih tebel ketimbang mobil Indo tuh, safety juga kalo dibanding kita hampir sama atau lebih bagus sana dikit.,

tapi kalo chasis mobil sekarang sih kebanyakan lebih kaku daripada mobil dulu2, naikin aja mobil tua pasti kerasa banget chassis flex nya, entah karena umur atau memang chassisnya letoy
:ngacir:
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: RE: Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by basah »

ChZ wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 16:05
basah wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 11:21
Iya sih saya pernah liat foto kecelakaan fatal ferari di LN kabin utuh, depan belakang remuk abis, jadi kayak kapsul teronggok.

Pas aku liat youtube ternyata konstruksi dalam kabin mobil yg lebih baru hampir tdk berubah sedangkankan mobil lama malah sebaliknya. Kalo seperti itu kayaknya dimobil lama dg chasis ladder frame sebenarnya yang aman cuma chasisnya ya, sedangkan bodynya sendiri bisa lumayan remuk bahkan lepas dari chasis.

Nah kalo gitu apakah batas toleransi untuk produk mobil diindonesia sekarang lebih rendah ?
kok kayaknya body berlipat kedepan terutama yg tabrakan frontal terus terang baru saya liat sekarang, atau mungkin saya yang kurang info........... :big_grin:
Yep memang mobil skrg fokusnya adalah melindungi penumpang... body shell nya nyaris gak berubah tp moncong atau pantat (kalau sedan) kayak kerupuk...

Batas toleransi nya yang ditetapkan ya itu... 46 mph / 60 kph di crash test ...

Di Indonesia mah kagak diperhatiin... buktinya si mobil best seller dari 2003 bodi kaleng kerupuk (ini nggak cuma body yang kaleng kerupuk, struktur rangkanya juga kaleng kerupuk) udah banyak korban jiwa juga nggak banyak improvement...



Ntuh liat deformasi di pilar A nya... Cuma ya tetep dijual... wong laku...
Batas toleransi 60 kph di crash test itu dengan bobot on the road plus pengemudi atau off the road tanpa pengemudi ?

Berarti impact dengan full loaded akan memberikan kerusakan yg fatal ya walaupun dengan kecepatan yg sama dg uji crash test (60kph) karena momentumnya lebih besar. Padahal kita liat dijalanan avanza bener-bener raja jalanan maksudnya gaya mengemudi motor tapi pake mobil dimana zigzag, full throttle dan akeslerasi dan deselerasi mendadak kayak pemandangan lazim............ :big_grin:

Berarti faktor kaleng kerupuk bahan pembuat struktur itulah ya yang membuat pemandangan berlipat ya bro. Pantesan zaman sekarang kalo dijawa pada takut kalo ketemu becak................. :big_grin:
Nah faktor kaleng kerupuk itu dipengaruhi ketebalan plat yg digunakan atau apa bro ?