Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 639
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: RE: Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by silentIm2 »

Jambangan wrote:Btw kalo servis di beres enaknya hati tenang dapet sparepart ori
Kalo di bengkel luar yg bukan rekomendasi temen2 takut dikadalin
Bulan juni tahun lalu ganti kopling set ipah di bengkel deket rumah gara2 di auto 2000 barang inden (aneh masa kopling ipah barang inden)
Sampe sekarang masih was2 itu barang ori apa kaga
Ori atau engga yg penting ga berasa aneh ya ga usah was2. Biasanya juga bengkel juga nawarin ori sekian, kw sekian, kalo perlu liat aja sparepartnya sendiri sebelum pasang. Ori pasti ada tulisannya toyota genuine part dan stiker hologram.
Kadang2 kw juga ga mesti lebih jelek lho. Pengalaman kampas rem bendix malah lebih bagus dari ori. Toh toyota sendiri ga bikin part2nya juga, tapi dioutsource ke pabrik2 komponen kw itu.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app


carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: 31 Dec 2013, 21:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by carl »

Kebetulan saya pernah punya bbrp mobil.
- Daihatsu
- Atoyot
- H miring

Yang Daihatsu, sekali service bisa sejutaan, ukuran bengkel segede bengkel umum, padahal Xenia 1000cc

Yang Atoyot, keluhan ngelitik padahal diisi pertamax, tetep aja anjurannya isi pertamax

Yang H miring nih agak aneh, ceritanya saya beli mobil seken manual dg full service record. Nah, saya iseng2 liat invoicenya. Di invoicenya dicharge ATF (Automatic Transmission Fluid), padahal kan mobil saya manual. Apa bisa mobil manual diisi ATF??

===

Pengalaman bengkel umum, daerah Tgr, inisial bengkel UM. ada banyak cabangnya di Tgr

Saya niatnya mau tune up + ganti busi disana
Disana mobil saya disemprotin cairan bermerek Gzox + digeber (saya ga terlalu tau mekanisme tune up).

Setelah selesai (pas mau tutup bengkelnya) mobilnya malah ngelitik parah + pincang parah. Ternyata, salah pasang businya.

Baru pertama kali saya nemuin bengkel yg salah pasang busi...

Note: pengalaman saya sbg seorang awam

veyvez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 13 Jan 2016, 21:50

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by veyvez »

Saya masih servis beres.. seneng main ke showroomnya sama intip2 stock baru :big_grin:
Driving a Honda RM3 with a Brown Bear sticker.
Editor kendara.id

Follow me on Instagram @veyvez

User avatar
razorus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 13 Jun 2015, 17:40

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by razorus »

ChZ wrote:
21 Apr 2017, 11:55
teman ue pernah serpis merek T keluar beres jadi nglitik... :big_slap:
Ngelitik mah udah santapan wajib sehabis servis oom, sudah kenyang "diedukasi" tanpa hasil :big_weee:
Jambangan wrote:
21 Apr 2017, 12:50
Wah kacau nih
Dulu ad jg cerita di forum sebelah, mobilnya kijang kapsul efi abis ganti oli di beres toyota (lupa grupnya apa) baut drain oil pan ga rapet jadi oli rembes
Ketahuannya pas di rumah ada genangan oli dibawah mesin :e-doh:
Fatal nih yg beginian
Btw masalah ginian sih ga hanya di beres. Bisa jadi di bengkel umum kena masalah ginian jg
Yg penting dicek lagi kalo abis ganti oli

===================================


Btw jama dulu pake terios pernah komplain masalah ngelitik di beres
Keluar bengkel malah ga beres masalahnya. Malah makin parah ngelitiknya
Curiga itu mobil ga disentuh ama pihak bengkel sama sekali
Yup salah jg kalau terima jadi aja, perlu cek2 kembali sebelum keluar bengkel

Masalah ngelitik dikomplain? Putujedug aja cuma "diedukasi" :ngacir:

djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: 16 Jun 2013, 22:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by djia »

saya baru pengalaman merek Toyota, Honda, dan Daihatsu.
Sejauh ini masih ke BeRes. Tapi karena kerjaannya komuter bbrp kota, BeResnya jadi pindah2.
Untuk merek yang sama, ada BeRes yang saya rasakan hasilnya sering bagus, ada juga BeRes yang hasilnya sering kurang memuaskan.

phorcydes
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 10 Feb 2016, 14:19

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by phorcydes »

saya so far baru bener2 megang mobil sendiri setaun lalu. mazda2 sky

so far masih di beres, sampai 3 tahun gegara garansi supaya ga void. menurut ane, mazda mahal bgt getok harga oli dan parts2 nya, oli aral d luaran cuman 125k, di beres d charge 180k per litre :mky_04: . Bila dibilang merek non mainstream ga rame beres ny dibanding T dan H, saya rasa ga juga arena merek non mainstream beresny dikit ya antre2 juga :mky_04:

dulu malah bokap pernah melihara w202 sampai 7 taon cuman ganti ban mah oli doang perasaan sama benerin header knapot :mky_03:
P5-VPS 1.5L 2015
M111.920 1.8L 1995

User avatar
papafara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 17 Sep 2016, 18:58

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by papafara »

Ga percaya beres, tapi pas mo beli mobil seken cek record dulu ke beres.

#eh

liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1671
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by liep »

mbl toyota, mbl perang smua diurus kantor di a2000, kcuali ganti oli tiap 5000km ato pernik2 dikerjain diluar
mbl H, slalu di beres, krn ikut komunitas jd ad diskon jasa dan part, jatuhnya murah+malah lbih murah drpd luaran utk oli sama2 gold, enaknya sambil nunggu servis bisa test drive mbl H lain, ruang tunggu dan snack jg tersedia, tp ane slalu ingat om chz pernah bahas, smua yg diluar standard meski dtawari ya tolak aj

diidoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: 11 May 2016, 15:40

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by diidoot »

karena ada 4 mobil di rumah ane ceritakan saja, dimulai dari yang paling tua

1. Mazda 323 1988
Jelas ga pernah masuk bengkel resmi, selalu service di bengkel kenalan yang emang langganan megang mobil ford laser taksi. Servicenya bagus dan murah. Biarpun bengkelnya kecil tapi hasilnya selalu bagus.

2. Hyundai i20 SG 2011
Selalu ke beres sampai garansi abis. harga jasanya mayan juga, terakhir kemaren sekalian ngebenerin rack steering, sejuta sendiri :big_dunno: bahkan salah satu mekanik malah bilang, kalau udah abis garansi mending service sendiri aja kecuali ada yang rusaknya mesti ke beres

3. Mitsubishi Strada Triton Exceed 2012
Mobil proyek bokap, servicenya ke bengkel jalanan yang emang ngurusin mitsubishi, sekalinya service di beres mitsu di soreang malah ga beres, power steering jadi berat sebelah (ke kiri berat ke kanan enteng)

4.Daihatsu Ayla 2015
Selalu service di bengkel resmi. Biayanya sama sekali bukan LCGC, segala sesuatu diduitkan kecuali klaim Engine Mounting. Misalnya cek dan bersihkan rem. Nah itu mahal juga cairan cairan pembersihnya. Kalau garansi udah abis emoh ah ke beres lagi
-

Ibet
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Ibet »

carl wrote:
21 Apr 2017, 13:08
Pengalaman bengkel umum, daerah Tgr, inisial bengkel UM. ada banyak cabangnya di Tgr

Saya niatnya mau tune up + ganti busi disana
Disana mobil saya disemprotin cairan bermerek Gzox + digeber (saya ga terlalu tau mekanisme tune up).

Setelah selesai (pas mau tutup bengkelnya) mobilnya malah ngelitik parah + pincang parah. Ternyata, salah pasang businya.

Baru pertama kali saya nemuin bengkel yg salah pasang busi...

Note: pengalaman saya sbg seorang awam
wah saya pernah ke bengkel dengan inisial UM ini, tapi cabangnya di Karawaci.

benerin Swift pacar,
inisiatif, saya minta teknisi nya untuk sekalian cek kondisi kaki - kaki

akhirnya yg perlu diganti : bearing roda, kampas rem depan, karet support S/A

=====

saya selalu liatin teknisi nya setiap dia bongkar sesuatu dan wanti - wanti kalo teknik bongkarnya kelihatan aneh

ganti kampas rem : no problem
ganti support S/A : no problem

sampe pas ganti bearing roda belakang, ngelepas bearing okelah dengan diketuk bagian dalam nya bearing karena ga bakal dipake lagi

masalah muncul pas mau pasang bearing baru,
si teknisi nya ini malah ketuk dengan palu bagian dalam nya, gapake alat press hidrolis, langsung saya marahin ..

"ini kalo caranya ganti bearing begini saya ga lama lagi bakal balik kemari"

akhirnya diketuk bagian luar nya dikit - dikit dengan bantuan bearing lama, karena mereka ga ada alat press di bengkel itu

sisanya oke lah

hikmat yang bisa saya petik : "kalo ngebengkel pastikan saya liat pake mata kepala sendiri prosesnya"

vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1008
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by vp920b »

BeRes sih kalau yang awam ya saya ga heran pergi kesana.

Kalau saya ke BeRes hanya untuk mobil mewah aja yang servicenya gratisan.

Kalau model Suzi, Toyo, Hond saya ogah ke Beres. Service sendiri jauh lebih murah dan berkualitas. Apalagi kenal mekanik lulusan luar negri.

So far kerjain sendiri baik baik aja.

Kia saya aja kerjain sendiri tokcer uda 2 tahun 34rb KM..

kurniakerten
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 29 Dec 2013, 08:27

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kurniakerten »

Blegedhez wrote:
21 Apr 2017, 11:10
Hmm,karena saya gak paham mesin sama sekali jadi selalu servis diberes,pengen sih servis di luar tapi gak tahu mana bengkel yang bagus.terakhir servis berkala 40km crv rm 2.0 at habis 4,2 jt,wajar gak ya segitu? :big_think:
buset... servis apaan Om habis segitu? maksudnya parts apa aja yg diganti?

User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 770
Joined: 12 Nov 2008, 23:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by scorpio »

pengalaman selama punya mobil cuma miras yang sekarang. itu pun berenti setelah garansi lewat.
selama masuk beres sudah 4 beres yang didatangin
- beres mitsu slipi
paling sering kesini dan SA nya paling gampang diajak nego soal biaya. pernah kejadian servis 40rb harusnya kena jutaan tapi dinego jadi hanya ganti oli dan dapet stempel service 40rb, total dc nya hanya 400rb. cuma waktu itu ada komplain minta di spooring karena setir miring kanan ternyata ga dikerjakan sama sekali.

- beres mitsu kebun jeruk
kesini hanya untuk komplain. dlu komplain kaki-kaki yang bunyi, setelah 3x bolak balik SA nya menyerah. problem ga solved

- beres mitsu cikupa
melanjutkan komplain yang ga selesai di mitsu kebun jeruk, waktu itu sudah dicoba jelaskan di mitsu kebun jeruk masalah ga solved dan apa yang sudah mereka lakukan tapi nyatanya malah makin parah. miragenya divonis baut kendor dan dikencangkan sekuat tenaga menggunakan tongkat besi. mau ngamuk rasanya, urusan bisa panjang klo sampe dratnya rusak. jadi setelah liat begitu cara kerjanya langsung caw ga balik-balik lagi ke beres ini

- beres mitsu bintaro
coba-coba service berkala disini, kerjaan so-so tapi tipikal beres cari untung, sudah diinfo ga mau pake cairan apapun diluar oli malah di bill ada tagihan engine flush dan pembersih ruang mesin.

semenjak liat kinerjanya begitu jadi males ke beres klo ga penting banget (klaim garansi) karena kerjaannya aja berantakan.
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................

User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 24 Jan 2014, 12:06

Re: RE: Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by loadeddiapers »

aabx wrote:Kalau menurut saya masih ada BeRes yang bisa dipercaya. Kebetulan di rumah ane ada 3 mobil merek H tegak, di Jakarta Selatan ada 2 BeRes yang menurut ane oke dan mereka 1 grup.

Saya bisa bilang masih ada BeRes yang bisa dipercaya karena belakangan ini sedang ada pengalaman yang cukup baik dengan BeRes (yang saya sebutkan diatas). Berawal dari ortu beli sebuah H tegak seken di km 50k, tadinya hanya mau ambil service record di tempat owner lamanya, rencana dilanjutin di BeRes dekat rumah di Bekasi (ortu mintanya di BeRes, saya hanya ngejalanin), tapi ternyata penawaran mereka cukup menarik. Kebetulan pas beli mobil itu memang masih member di BeRes tsb dan jatohnya gratis jasa. Pelayanan saya bilang bagus karena ternyata record mobil tsb lengkap dari dia keluar showroom, dan ternyata mobil tsb pernah claim garansi racksteer dan unit ps diganti baru, hanya beberapa bulan sebelum mobil tsb pindah tangan ke keluarga saya. Lumayan nih dapet barang mahal baru pula hehe. BeRes ini juga bolehin customer nungguin mobil, tapi dengan sedikit basa basi.

Dengan pertimbangan km 50k yaitu bisa dibilang umur 'akil balig' sebuah mobil jaman sekarang (alias mulai banyak jajan), diputuskan buat lanjutin member aja. Member bayar agak gede, berlaku setahun, gratis jasa apapun dan diskon sparepart. Memang terdengar agak buang2 duit karena harga apply member dan harga jasa 2x servis dalam setahun mirip2, tapi selama member berjalan ane udah beberapa kali ganti parts dan semua gratis jasa. Dari situ langsung keliatan menang banyak, ane juga bandingin harga spare parts dan jatohnya tetep lebih murah dari toko langganan ane, itu baru harga parts dan belom pasang. Member ini juga termasuk dapet voucher2 kayak flushing ATF, Service ac, spooring dll.

Unit mobil kedua adalah mobil kakak saya masih ke BeRes karena beli dari new dan bokap langsung apply paket service nya selama 5 tahun.

Unit ketiga mobil saya sendiri dengan umur udah 12 tahun, kalau ini saya udah gak ke BeRes sama sekali, wong BeRes rata2 udah gak nyetok spare parts mobil 10 tahun keatas. Di mesin mobil ada stiker penggantian timing belt dari sebuah BeRes di Tangerang namun ketika saya kontak mereka bilang gak ada record mobil tersebut, padahal stiker tersebut tertanggal gak sampai satu tahun.

So kesimpulan saya:
1. Harus pilih2 BeRes yang bagus, masih ada kok BeRes yang beneran beres.
2. BeRes worth it buat mobil baru sampai umur dibawah 5 tahun, apalagi untuk orang2 penggila resale value hehe no offense ya.
3. BeRes sebaiknya hanya untuk perawatan mesin, untuk kaki2 saya lebih rekomen ke spesialis. BeRes terbagus bisa aja bikin kaki2 rapih lagi namun costnya luar biasa.
4. Hanya menekankan bahwa saya bukan fanboy BeRes, karena mobil yang saya pakai gak pernah ke BeRes. Hanya sharing pengalaman saja.
Jaksel 2 bengkel 1 group, IKB ini pasti ya om?? Hehehe
Waktu saya masih fenboy ahond jg demennya kesitu, cuma jd ga bs diawasin karena dua2nya deket kantor, dari rumah jauh. Jadi biasa saya drop tinggal, kalo kelar baru saya ambil.

Kerjaan sih keknya ok, tp oli drum2an, cas tetep bulet kek model pake jerigen :bigbiglaugh: Tetep banyak item2 siluman yg harus dicoret2in kl ga mau pulang dompet tipis. Kl servis general sih menurut saya ga bagus2 amat, cuma ya better drpd 2 beres yg deket dari rumah hahaha Kalo body repairnya oke, saya claim jg selalu disitu.
Image

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1195
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by lemonadelovers »

Pengalaman ngeselin bengkel H tegak d daerah jaktim deket kali, saat itu drmh mobil minyak powersteeringnya kurang, jdnya ane ke beres gak bawa tuh mobil krna takut knp2 klo dipake jalan, meluncur lah ane ke bengkel resmi mau brli minyak PS sampe disana ditolak alasannya ga boleh beli part klo ga sama jasanya.. saya blg mobilnya cuma kurang minyak PS takut rusak klo dipaksa jalan, mereka bilang udah jadi kebijakan itu beres klo ga ada jualan tanpa biaya jasa malah disaranin pake jasa home service aja hanya untuk sekedar nuang minyak PS

Ke beres lain ke daerah bekasi malah bebas aja beli part doang n SA-nya sampe ketawa saat tau ada beres yg ga bolehin beli part tanpa ada jasa

User avatar
setsuka09
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: 26 Jun 2015, 16:04

Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by setsuka09 »

Haha... kalo di BeRes tiap beres ganti oli SA selalu nawarin mo dicuci ga, jd kl keluar bengkel kinclong lg om
Tp ujung2 jd diitung 2 jam

Nah itu om masalah setel klep ternyata pas nubie tongkrongin di bengkel spesialis ternyata lumayan lama & banyak bongkar2 buat setel klep, bersihin throttle & reset ECU, feeling kalo di BeRes bisa 1/2 hari.


Sent from my iPhone using Tapatalk

User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 24 Jan 2014, 12:06

Re: RE: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by loadeddiapers »

setsuka09 wrote:Haha... kalo di BeRes tiap beres ganti oli SA selalu nawarin mo dicuci ga, jd kl keluar bengkel kinclong lg om Image
Tp ujung2 jd diitung 2 jam Image

Nah itu om masalah setel klep ternyata pas nubie tongkrongin di bengkel spesialis ternyata lumayan lama & banyak bongkar2 buat setel klep, bersihin throttle & reset ECU, feeling kalo di BeRes bisa 1/2 hari.


Sent from my iPhone using Tapatalk
Kinclong bonus baret om kl cucian beres, lebih horror drpd carwash biasa hahahah
Image

nuelgs
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 06 Jul 2015, 11:47

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by nuelgs »

hmm kalo saya sih ke bengkel resmi selama mobil msh garansi
kalo udh ga garansi prefer diy atau ke bengkel spesialis
btw kmrn baru servis 30k utk gk5 kena biaya 1 juta servis sesuai buku, asalnya kena 1,8 juta karena ditambahin yg aneh2 macam engine flush, bubut disc brake, detailing mesin

User avatar
setsuka09
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: 26 Jun 2015, 16:04

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by setsuka09 »

loadeddiapers wrote:
setsuka09 wrote:Haha... kalo di BeRes tiap beres ganti oli SA selalu nawarin mo dicuci ga, jd kl keluar bengkel kinclong lg om Image
Tp ujung2 jd diitung 2 jam Image

Nah itu om masalah setel klep ternyata pas nubie tongkrongin di bengkel spesialis ternyata lumayan lama & banyak bongkar2 buat setel klep, bersihin throttle & reset ECU, feeling kalo di BeRes bisa 1/2 hari.


Sent from my iPhone using Tapatalk
Kinclong bonus baret om kl cucian beres, lebih horror drpd carwash biasa hahahah
Imageamit2 sih om, untungnya ga jadi baret2 sihh cuma lama nunggunya, kl lg rusuh jg nubie tolak secara halus.


Sent from my iPhone using Tapatalk

User avatar
setsuka09
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: 26 Jun 2015, 16:04

Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by setsuka09 »

Jd ingat...

Yg dr td kita2 sharing u/ nippon cars mlulu, mungkin ada yg non nippon - europe, US, korea, cungkuo - yg bisa share jg?


Sent from my iPhone using Tapatalk

Blegedhez
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 19 Jan 2016, 09:46

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Blegedhez »

kurniakerten wrote:
21 Apr 2017, 14:43
Blegedhez wrote:
21 Apr 2017, 11:10
Hmm,karena saya gak paham mesin sama sekali jadi selalu servis diberes,pengen sih servis di luar tapi gak tahu mana bengkel yang bagus.terakhir servis berkala 40km crv rm 2.0 at habis 4,2 jt,wajar gak ya segitu? :big_think:
buset... servis apaan Om habis segitu? maksudnya parts apa aja yg diganti?
Ini rinciannya om:
Part
Ultra brake fluid 2pcs 44.000
Oli 9ltr 540.000
Honda atf z1 4 pcs 304.000
Filter oli 37.000
Washer plug drain 23.000
Washer drain 8.000
Brake cleaner 93.500
Carbon cleaner 176.000
Engine flush 100.100
Fuel injection cleaner 246.400
Octane booster 115.500
Throttle body cleaner 103.500
Water remover gasoline 107.800
Hnd ac evaporator clean 150.000
Service
Service ac ringan single blower 368.000
Sporbal 292.600
Jasa 899.091
Engine care 202.500

Ppn 381.099
Menurut om apa yang gak perlu/kemahalan?

Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 727
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Zaxis »

Kalo org sibuk ga pny waktu nungguin mobil servis di bengkel umum yah mau gmn pasti tinggalin mobil di bengkel resmi yg uda jelas sop nya
Ga semua bengkel umum jelek tp kalo ga ada sop nya mekanik kerja pake insting aja jd nya hit or miss

alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: 02 May 2016, 21:54

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by alicevamps »

Antara masih percaya n ga percaya jadinya. Yg pasti kesimpulanku mau merek toyota, honda, nissan, mitsubishi, chevrolet kurang lebih aja. Ga ada yg terlalu bagus atau terlalu jelek pelayanannya... Bingungnya mau ke bengkel non resmi pilih yg mana ya, malah lebih ga yakin...
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"

syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: 03 May 2015, 01:58

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by syafimsa »

servis di bengkel resmi selama masa warranty aja sih mod, setelah habis masa warranty / free jasa service ke bengkel umum aja, cuma pindah2 karena sampe skrg belom nemu yg sreg / dpt banyak rekomen dr temen2.

pengalaman servis mobil H tegak, setelah service oil life tidak direset dan baru sadar setelah hampir seminggu pemakaian. contact ke beres bilang tidak ada masalah hanya jadwal penggantian saja. mulai dongkol dan males keluar akhirnya cari2 caranya di buku manual dan akhirnya ngereset oil lifenya sendiri..


Sent from my SM-N910H using Seraya Motor mobile app

[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]

kurniakerten
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 29 Dec 2013, 08:27

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kurniakerten »

Blegedhez wrote:
21 Apr 2017, 19:34
kurniakerten wrote:
21 Apr 2017, 14:43
Blegedhez wrote:
21 Apr 2017, 11:10
Hmm,karena saya gak paham mesin sama sekali jadi selalu servis diberes,pengen sih servis di luar tapi gak tahu mana bengkel yang bagus.terakhir servis berkala 40km crv rm 2.0 at habis 4,2 jt,wajar gak ya segitu? :big_think:
buset... servis apaan Om habis segitu? maksudnya parts apa aja yg diganti?
Ini rinciannya om:
Part
Ultra brake fluid 2pcs 44.000
Oli 9ltr 540.000
Honda atf z1 4 pcs 304.000
Filter oli 37.000
Washer plug drain 23.000
Washer drain 8.000
Brake cleaner 93.500
Carbon cleaner 176.000
Engine flush 100.100
Fuel injection cleaner 246.400
Octane booster 115.500
Throttle body cleaner 103.500
Water remover gasoline 107.800
Hnd ac evaporator clean 150.000
Service
Service ac ringan single blower 368.000
Sporbal 292.600
Jasa 899.091
Engine care 202.500

Ppn 381.099
Menurut om apa yang gak perlu/kemahalan?
Kok banyak yg mirip dan fungsinya hampir sama...
Carbon cleaner, engine flush, fuel injection cleaner, thortle cleaner...
Trus kalo pake pertamax or pertabo apakah perlu octane booster lagi?
CMIIW

Post Reply