Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
Adidude
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 15 Apr 2017, 09:47

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Adidude »

Ah ic, mungkin dengan parts yg lebih mahal such as fuel pump mungkin insetif nya lebih gde. Hehe susah emang biar ga negatif thinking kalo ngejar target quantity yg dikejar. Untung ada forum kaya seraya yg provides saran" yg ga bisa kita dpt dr beres

Popoktuyul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 26 Oct 2016, 16:59

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Popoktuyul »

Pengalaman piara hatchback 1.500cc merk Mzd servis rutin doang habisnya 2 jutaan, padahal cuma bersihin injector, throttle body, dan ganti oli. Mahalnya gara-gara item kaya carb cleaner, engine flush, air wiper sama air aki, padahal lbh murah beli sendiri di luar. Beberapa item kadang saya tolak karena ganti sendiri murah dan belom usang menurut saya. Cuma suka ditakut-takutin garansi hangus bla bla bla, kalo bukan syarat biar garansi ga gugur mah saya ogah. Mobil ini kalo cuma ganti oli tiap 5rb km aja habisnya 600rb++ karena ongkosnya mahal dan dibujuk-bujuk ganti printilannya kaya filter, sil, bla bla bla.

Kalo mobil yg satunya merk Suzi, beres lebih bisa ngikutin keinginan konsumen. Misal printilan kaya filter, busi, dan semacemnya kita minta bersihin doang mereka ya nurut aja, ga pake nakut-nakutin "kalo ga diganti bla bla bla" dan semacemnya. Servis rutin standar aja, jarang disuruh ganti printilan ini itu kecuali udah jelas usang, patah, sobek, dsb . Habisnya paling <1.5 juta buat mobil SUV 2000cc termasuk oli. Itupun saya lebih sering di bengkel umum langganan karena mereka juga bisa nanganin dan biayanya lebih murah dengan hasil pengerjaan yang ga kalah bagus.
Last edited by Popoktuyul on 05 May 2017, 10:59, edited 1 time in total.

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9841
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

Adidude wrote:
05 May 2017, 10:10
Ah ic, mungkin dengan parts yg lebih mahal such as fuel pump mungkin insetif nya lebih gde. Hehe susah emang biar ga negatif thinking kalo ngejar target quantity yg dikejar. Untung ada forum kaya seraya yg provides saran" yg ga bisa kita dpt dr beres
Sebetulnya kalo BeRes bangkrut ya simply karena gak ada yang servis disana... Beres tuh mesin uangnya diler. Jualan mobil soalnya profit gak akan nutup. Jadi kastemer juga berperan dalam kelangsungan hidup merek.

Masalahnya kita dipaksa untuk servis di BeRes... tapi dengan SDM yang nggak profesional kebanyakan. dan staff nya yang seperti kerja autopilot... Nggak ngasih solusi malah nambah masalah di kantong kita dengan alasan SOP :big_slap:
2011 Toyota XU30
2011 Volkswagen PQ35-5K
2013 Suzuki GXB71S
2015 Honda RU5 / 2017 Honda FK4 / 2018 Honda RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog

Popoktuyul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 26 Oct 2016, 16:59

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Popoktuyul »

phorcydes wrote:
21 Apr 2017, 13:45
saya so far baru bener2 megang mobil sendiri setaun lalu. mazda2 sky

so far masih di beres, sampai 3 tahun gegara garansi supaya ga void. menurut ane, mazda mahal bgt getok harga oli dan parts2 nya, oli aral d luaran cuman 125k, di beres d charge 180k per litre :mky_04: . Bila dibilang merek non mainstream ga rame beres ny dibanding T dan H, saya rasa ga juga arena merek non mainstream beresny dikit ya antre2 juga :mky_04:

dulu malah bokap pernah melihara w202 sampai 7 taon cuman ganti ban mah oli doang perasaan sama benerin header knapot :mky_03:
Servis rutin m2 sky biasa abis berapa om? Saya sering kena sampe 2 jutaan. Bersihin rem pake kompresor diitung sama ganti oli kena ongkos ratusan ribu di luar biaya jasa servis, oil filter dan printilannya selalu dibujuk-bujuk buat ganti walaupun baru 5rb km umur filternya, belom lagi item antah berantah kaya air wiper, air aki, dll.

Jana
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 04 Apr 2017, 10:26
Location: Indonesia

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Jana »

Waduh brati harus pilih2 y.. bntar lg km10000 hrus servis nih d auto.. wktu servis prtama ksana emng ga boleh liat sih k bngkelnya disuruh k ruang tnggu dsuguhin snack kopi. Y bru prtama punya mobil ga ngerti ap2 y nurut aja wktu itu..

Tp saya mau cerita servis motor honda aja deh kbtulan 3 motor honda smua.
D beres ancur abis kerjaannya.. abis servis bodi jd geter baut jg ada y aja yg ilang..
Komstir ane ga maslah tp di suruh ganti katanya udah ga enak, y ane ga nurutin org ga punya duit. Hehe
Ya motor merk sayap emng Qc nya ancur, bodi mungkin hasil daur ulang ember. Tp ane ambil tu merk cuma badak aja sih mesinnya .

j4niS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 01 May 2012, 10:55

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by j4niS »

ChZ wrote:
05 May 2017, 10:43
Adidude wrote:
05 May 2017, 10:10
Ah ic, mungkin dengan parts yg lebih mahal such as fuel pump mungkin insetif nya lebih gde. Hehe susah emang biar ga negatif thinking kalo ngejar target quantity yg dikejar. Untung ada forum kaya seraya yg provides saran" yg ga bisa kita dpt dr beres
Sebetulnya kalo BeRes bangkrut ya simply karena gak ada yang servis disana... Beres tuh mesin uangnya diler. Jualan mobil soalnya profit gak akan nutup. Jadi kastemer juga berperan dalam kelangsungan hidup merek.

Masalahnya kita dipaksa untuk servis di BeRes... tapi dengan SDM yang nggak profesional kebanyakan. dan staff nya yang seperti kerja autopilot... Nggak ngasih solusi malah nambah masalah di kantong kita dengan alasan SOP :big_slap:
dan sayangnya tidak ada semacam lembaga perlindungan konsumen yg bisa bantuin.......

ancaman yg paling sucks.....garansi void kalo kita nentang tu SOP.....

teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 428
Joined: 07 Feb 2014, 16:46

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by teppey »

boleh tau rekomendasi bengkel alternatif di Sunter yang bagus?

Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 839
Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Location: Yogyakarta

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Cloud »

kalau gk boleh liat2 mobil yang lagi diservis, mending pasang kamera saja, bisa di kabin, under hood, dll. kamera skrg murah2 terutama yang memorinya micro sd, kalau cuma beberapa jam servis bisa dipantau beneran diservis gk.atau langsung pantau dari gadget sambil ngopi di ruang tunggu.
biasanya mobil yang dipasangi kamera, mekaniknya juga jadi lebih hati2, gk asal2an.

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9841
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

j4niS wrote:
05 May 2017, 12:50
dan sayangnya tidak ada semacam lembaga perlindungan konsumen yg bisa bantuin.......

ancaman yg paling sucks.....garansi void kalo kita nentang tu SOP.....
Terkadang SOP nya gak nyambung...

Kita ganti velg, tapi claim ke BeRes perkara mesin atau interior...

Claim ditolak karena mobilnya ganti velg.

Kan lucu...
2011 Toyota XU30
2011 Volkswagen PQ35-5K
2013 Suzuki GXB71S
2015 Honda RU5 / 2017 Honda FK4 / 2018 Honda RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog

User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by andyez86 »

ChZ wrote:
05 May 2017, 14:33
j4niS wrote:
05 May 2017, 12:50
dan sayangnya tidak ada semacam lembaga perlindungan konsumen yg bisa bantuin.......

ancaman yg paling sucks.....garansi void kalo kita nentang tu SOP.....
Terkadang SOP nya gak nyambung...

Kita ganti velg, tapi claim ke BeRes perkara mesin atau interior...

Claim ditolak karena mobilnya ganti velg.

Kan lucu...
Sama BeRes disambung2in om..wkwkkw
Klo ganti velg yg claim mesin dibilang velg melebihi ukuran std,beban mesin bertambah dan menyebabkan bla bla bla dll yg ga masuk akal...dan klo claim.interior dblg ban terlalu tipis akibat ganti velg ukuran gede jd tdk bs meredam guncangan dan bkin interior lama2 kendor hahahaa

Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: 24 Nov 2016, 11:11

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Dekyarov »

Kalo mobil baru sih masuk bengkel resmi aja soalnya history dari pabrik biasanya masih ada (buku servis, garansi). Tapi, kalo beli second sih masuknya bengkel spesialis apalagi kalo merk gak populer kayak peugeot atau opel. Walau bisa dibawa ke bengkel resmi juga.

Biasanya sih kalo bengkel spesialis montirnya jebolan bengkel resmi.

User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: 05 Dec 2013, 21:43

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by aceagung »

Kalau saya pilih BeRes yg paling fleksibel aturannya (bisa bawa oli / spare part sendiri) dan selalu ikut masuk ke area bengkel, walaupun udah berulang kali disuruh duduk di ruang tunggu.
Dan cari BeRes yg emg montir nya bisa kerja.

Contoh di BeRes M*tsub*sh*
BeRes PT A di tengah kota, tp tiap saya komplain gak pernah beres,
BeRes PT B agak di pinggiran kota, tapi tiap saya komplain gak pake banyak alasan & selalu beres.

Cukup 1x ke BeRes PT A, udah saya blacklist selamanya :big_grin:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20549
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Turboman »

BeRes manapun

upayakan bina hub baik ke Ka Beng nya

r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: 24 Dec 2013, 10:19

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by r1409 »

baru inget. akhir januari lalu saya ke BeRes aHond citraland surabaya, betulin emprit yg rem nya bunyi sebelah.
saya yg bawa mobil, disuruh nginepin, setelah beres bokap saya yg bawa pulang karena ini mobil nyokap, jadi bokap yg sekalian bayar.

karena ini mobil bukan saya yg pake, nyokap kagak ngerti mobil, bokap ga teliti, akhirnya setelah 2 bulan berlalu, ga sengaja saya melihat suatu kejanggalan. roda kanan belakang si emprit ban & velgnya beda sendiri, dari velg 15" bawaan pabrik dan ban hankuk berubah jadi 16" punya all niu njes 2016 dengan ban batujembatan. hanya 1 roda saja, kanan belakang. sisanya masih aslinya. dan sesuai logika dan dugaan, karena diameter roda kanan belakang mengecil maka mobil ga balance, jalan lurus setir jadi miring kiri.

saya tanya ke bonyok mengenai ini, mereka ga tau. lalu tanya ke sopir (nyokap pake sopir yg bawa ini mobil sehari-hari), katanya memang sejak pulang dari BeRes sudah begitu, dan dia kira memang diganti. makanya dia diem aja.

segera saya kontak bagian bengkel aHond citraland, tanya soal ini, dihubungkan ke mekanik yg nanganin waktu itu. dia cuma bisa sedikit mengelak dengan bilang "wah, udah lama ya pak". saya ga mau cari masalah dulu, cuma bilang harusnya masalah ini bisa dibantu dengan melacak data pekerjaan bengkel di sekitar hari dan jam itu, harusnya bisa ketahuan kandidat kira2 tertukar dengan milik siapa, supaya bisa ditelpon untuk dicari tertukar dengan punya siapa. biar bisa arrange untuk penukaran. si mekanik meng-iyakan, katanya mau ngabari. dan sampe detik ini tidak ada kabar...

mungkin perlu ane masukin mass media atau sosmed kali ya...

User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 24 Jan 2014, 12:06

Re: RE: Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by loadeddiapers »

aceagung wrote:Kalau saya pilih BeRes yg paling fleksibel aturannya (bisa bawa oli / spare part sendiri) dan selalu ikut masuk ke area bengkel, walaupun udah berulang kali disuruh duduk di ruang tunggu.
Dan cari BeRes yg emg montir nya bisa kerja.

Contoh di BeRes M*tsub*sh*
BeRes PT A di tengah kota, tp tiap saya komplain gak pernah beres,
BeRes PT B agak di pinggiran kota, tapi tiap saya komplain gak pake banyak alasan & selalu beres.

Cukup 1x ke BeRes PT A, udah saya blacklist selamanya :big_grin:
Cuma sekali coba tp kok ada kata "tiap komplen ga beres" om??? hehehe

Sent from my Mi5S using Seraya Motor mobile app

Image

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9841
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

r1409 wrote:
06 May 2017, 19:59
baru inget. akhir januari lalu saya ke BeRes aHond citraland surabaya, betulin emprit yg rem nya bunyi sebelah.
saya yg bawa mobil, disuruh nginepin, setelah beres bokap saya yg bawa pulang karena ini mobil nyokap, jadi bokap yg sekalian bayar.

karena ini mobil bukan saya yg pake, nyokap kagak ngerti mobil, bokap ga teliti, akhirnya setelah 2 bulan berlalu, ga sengaja saya melihat suatu kejanggalan. roda kanan belakang si emprit ban & velgnya beda sendiri, dari velg 15" bawaan pabrik dan ban hankuk berubah jadi 16" punya all niu njes 2016 dengan ban batujembatan. hanya 1 roda saja, kanan belakang. sisanya masih aslinya. dan sesuai logika dan dugaan, karena diameter roda kanan belakang mengecil maka mobil ga balance, jalan lurus setir jadi miring kiri.

saya tanya ke bonyok mengenai ini, mereka ga tau. lalu tanya ke sopir (nyokap pake sopir yg bawa ini mobil sehari-hari), katanya memang sejak pulang dari BeRes sudah begitu, dan dia kira memang diganti. makanya dia diem aja.

segera saya kontak bagian bengkel aHond citraland, tanya soal ini, dihubungkan ke mekanik yg nanganin waktu itu. dia cuma bisa sedikit mengelak dengan bilang "wah, udah lama ya pak". saya ga mau cari masalah dulu, cuma bilang harusnya masalah ini bisa dibantu dengan melacak data pekerjaan bengkel di sekitar hari dan jam itu, harusnya bisa ketahuan kandidat kira2 tertukar dengan milik siapa, supaya bisa ditelpon untuk dicari tertukar dengan punya siapa. biar bisa arrange untuk penukaran. si mekanik meng-iyakan, katanya mau ngabari. dan sampe detik ini tidak ada kabar...

mungkin perlu ane masukin mass media atau sosmed kali ya...
Kalau dimasukin ke mass media, akan ada banyak hole yang bisa dipakai counter si BeRes... krn om baru komplen setelah 2 bulan. Mereka akan bales "komplennya kok gak waktu ngambil pak?"

Seharusnya bisa ditrace lewat nomer WO nya... Kapan servisnya, tanggal berapa, dan dicari mobil Jazz yang servis di jam yang kurang lebih sama...

Kalo dari SOP BeRes ban kalo dilepas ditaruh ke tyre rack... mungkin waktu mereka ngelepas ban belakang ada Jazz di sebelah stallnya yang juga ngelepas ban dan mekanik dari stall sebelah enggak hati-hati... ketuker bannya. Apalagi ngeliat kerja BeRes biasa asal cepet gitu.

Yang saya bingung apa yang punya Jazz juga nggak bingung yah velgnya ketuker ama Freed... :big_slap:
2011 Toyota XU30
2011 Volkswagen PQ35-5K
2013 Suzuki GXB71S
2015 Honda RU5 / 2017 Honda FK4 / 2018 Honda RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1618
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by nyotnyet »

Wuakakakakaka....velg ketuker sih parah, beda diameter gan beda model banget loh padahal...




Sent from my iPhone using Tapatalk

stay calm and drive D4D

r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: 24 Dec 2013, 10:19

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by r1409 »

ChZ wrote:
07 May 2017, 00:28
Kalau dimasukin ke mass media, akan ada banyak hole yang bisa dipakai counter si BeRes... krn om baru komplen setelah 2 bulan. Mereka akan bales "komplennya kok gak waktu ngambil pak?"

Seharusnya bisa ditrace lewat nomer WO nya... Kapan servisnya, tanggal berapa, dan dicari mobil Jazz yang servis di jam yang kurang lebih sama...

Kalo dari SOP BeRes ban kalo dilepas ditaruh ke tyre rack... mungkin waktu mereka ngelepas ban belakang ada Jazz di sebelah stallnya yang juga ngelepas ban dan mekanik dari stall sebelah enggak hati-hati... ketuker bannya. Apalagi ngeliat kerja BeRes biasa asal cepet gitu.

Yang saya bingung apa yang punya Jazz juga nggak bingung yah velgnya ketuker ama Freed... :big_slap:
yes i know, makanya dimasukin ke mass media nantinya bukan minta ganti rugi atau apa gitu, intinya saya juga sadar ini ada faktor ketidak telitian juga waktu ngambil dan sudah lama terjadi. yg mau saya infokan adalah bahwa pihak bengkel (si mekanik) cuma "janji" saja akan dibantu cari, tapi sepertinya tidak dilakukan, cuma ngomong doang..
nyotnyet wrote:
07 May 2017, 15:11
Wuakakakakaka....velg ketuker sih parah, beda diameter gan beda model banget loh padahal...
emprit ane model 2012, velg nya bentuknya mirip dengan velg njes rs 2016. saya sendiri ga nyadar, baru keliatan waktu lagi ganti oli di bengkel luaran dan nganggur sambil ngecek2 bodi mobil. makanya itu saya ga berniat marah2 atau gimana gitu sama bengkel, karena ini faktor human error yg manusiawi. yang saya sesalkan adalah sepertinya tidak ada tindak lanjut dari janji si mekanik untuk mencari...

Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: 24 Nov 2016, 11:11

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Dekyarov »

Kalo bengkel resmi suka nolak gak kalo yg mau servis pake mobil lansiran lama?

anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: 09 Dec 2015, 23:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by anrico17 »

Depends on the bengkel.... servis normal di bengkel dkt rumah, honda daan mogot, ya biasa aja... servis dan komplen pertama window penumpang depan naiknya lemot solved, ada gluduk gluduk di depan kanan solved....

cuma waktu itu servis 6bln (pdhal mobil baru 24xx km) ltny roda missaligned, sy percaya aja sih soalnya kmaren kmaren nabrak lobang di tol...

nah spooring bayar 300rban, baru jalan 1km koq stirnya lari ke kanan... lapor ortu, besok balik lagi di spooring lagi, ktny direset apa gitu setirnya sm di spooring lg, gratis si, eeeee malah sama aja... but i believe in second chances, not third.... dibawa ke bengkel spooring temen ortu gratis dan problemo solve...

Sy heran pdhal di bengkel ahon daan mogot itu diliat liat itu bnyk yng spooring lho... msa pada gak nyadar....
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9841
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

r1409 wrote:
07 May 2017, 17:25
yes i know, makanya dimasukin ke mass media nantinya bukan minta ganti rugi atau apa gitu, intinya saya juga sadar ini ada faktor ketidak telitian juga waktu ngambil dan sudah lama terjadi. yg mau saya infokan adalah bahwa pihak bengkel (si mekanik) cuma "janji" saja akan dibantu cari, tapi sepertinya tidak dilakukan, cuma ngomong doang..
nyotnyet wrote:
07 May 2017, 15:11
Wuakakakakaka....velg ketuker sih parah, beda diameter gan beda model banget loh padahal...
emprit ane model 2012, velg nya bentuknya mirip dengan velg njes rs 2016. saya sendiri ga nyadar, baru keliatan waktu lagi ganti oli di bengkel luaran dan nganggur sambil ngecek2 bodi mobil. makanya itu saya ga berniat marah2 atau gimana gitu sama bengkel, karena ini faktor human error yg manusiawi. yang saya sesalkan adalah sepertinya tidak ada tindak lanjut dari janji si mekanik untuk mencari...
Mekanik beres *kebanyakan* ga ngecek lagi mobilnya secara teliti... pokoknya selesai servis cuci kasih konsumen kelar.

Sama kayak saya 5 thn lalu di beres yoyota mau cari shock bagasi harrier... dibilang "nanti ditanyain ke TAM" ... mane sampe hari ini juga nggak ada kabar... malah udah saya akalin sendiri dan udah beres dengan harga di bawah estimasi yang diberikan beres... jauh di bawah estimasi.

Rule #1 : janji beres kalo udah ngomong "nanti" biasanya lip service... krn yang diurusin beres puluhan mobil sehari...

Solusinya ya beli seken copotan aja atau sementara pake spare wheels... ukurannya sama kan cuma model kaleng aja.
2011 Toyota XU30
2011 Volkswagen PQ35-5K
2013 Suzuki GXB71S
2015 Honda RU5 / 2017 Honda FK4 / 2018 Honda RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog

phorcydes
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 10 Feb 2016, 14:19

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by phorcydes »

Popoktuyul wrote:
05 May 2017, 11:08

Servis rutin m2 sky biasa abis berapa om? Saya sering kena sampe 2 jutaan. Bersihin rem pake kompresor diitung sama ganti oli kena ongkos ratusan ribu di luar biaya jasa servis, oil filter dan printilannya selalu dibujuk-bujuk buat ganti walaupun baru 5rb km umur filternya, belom lagi item antah berantah kaya air wiper, air aki, dll.
waktu servis 20 ribu kena 1,6an om. itu juga ga mau pake aral, saya bilang pake MGO aja. itu juga harus dibilangin sedari awal, kalo engga langsung dikasih aral, yang IMHO overkill buat mobil segini pake aral. :mky_05: s.

engine flush dkk juga menurut ane ga penting tiap servis dipake om soalnya kalo pake bbm oktan95 mah ga cepet kotor om

air-air segala langsung coret aj gan air wiper gtu2 bisa ganti sendiri asal rajin ngecek. :big_okay:
P5-VPS 1.5L 2015
M111.920 1.8L 1995

Or4cle
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 474
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Or4cle »

anrico17 wrote:
07 May 2017, 22:25
Depends on the bengkel.... servis normal di bengkel dkt rumah, honda daan mogot, ya biasa aja... servis dan komplen pertama window penumpang depan naiknya lemot solved, ada gluduk gluduk di depan kanan solved....

cuma waktu itu servis 6bln (pdhal mobil baru 24xx km) ltny roda missaligned, sy percaya aja sih soalnya kmaren kmaren nabrak lobang di tol...

nah spooring bayar 300rban, baru jalan 1km koq stirnya lari ke kanan... lapor ortu, besok balik lagi di spooring lagi, ktny direset apa gitu setirnya sm di spooring lg, gratis si, eeeee malah sama aja... but i believe in second chances, not third.... dibawa ke bengkel spooring temen ortu gratis dan problemo solve...

Sy heran pdhal di bengkel ahon daan mogot itu diliat liat itu bnyk yng spooring lho... msa pada gak nyadar....
Nahhh ini alasan saya menghindari bengkel yang offer service palugada, apa lu minta gue ada

Saya lebih percaya bengkel yang punya spesialisasi, sesuai quote Bruce Lee ; "I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times"

Bagaimana pun bengkel yang punya jam terbang tinggi dalam spesialisasinya pasti menguasai permasalahan dibandingkan dengan bengkel gado-gado
CMIWW

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9841
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

Or4cle wrote:
08 May 2017, 11:43

Nahhh ini alasan saya menghindari bengkel yang offer service palugada, apa lu minta gue ada

Saya lebih percaya bengkel yang punya spesialisasi, sesuai quote Bruce Lee ; "I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times"

Bagaimana pun bengkel yang punya jam terbang tinggi dalam spesialisasinya pasti menguasai permasalahan dibandingkan dengan bengkel gado-gado
CMIWW
Dan bengkel resmi adalah tempat dimana servis "palu gada" tersebut... wkwkwkw... Lucunya mekanik di-training untuk bisa semua alat... Ga ada spesialisasinya. Skrg bicara otomotif mau lulusan SMK mau sarjana dituntut menguasai semua... enjin kaki-kaki interior audio kelistrikan.

Ya sama kek dokter om... dokter spesialis dimana-mana lebih laku dan lebih dicari ketimbang dokter umum. Bengkel resmi tu ibarat rumah sakit tapi ngga ada dokter spesialisnya... dokter umum semua.

Makanya sy kalo serpis mobil selalu pencar ga pernah 1 tempat... enjin sendiri... kaki sendiri...
2011 Toyota XU30
2011 Volkswagen PQ35-5K
2013 Suzuki GXB71S
2015 Honda RU5 / 2017 Honda FK4 / 2018 Honda RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog

Popoktuyul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 26 Oct 2016, 16:59

Re: RE: Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Popoktuyul »

phorcydes wrote:
Popoktuyul wrote:
05 May 2017, 11:08

waktu servis 20 ribu kena 1,6an om. itu juga ga mau pake aral, saya bilang pake MGO aja. itu juga harus dibilangin sedari awal, kalo engga langsung dikasih aral, yang IMHO overkill buat mobil segini pake aral. :mky_05: s.

engine flush dkk juga menurut ane ga penting tiap servis dipake om soalnya kalo pake bbm oktan95 mah ga cepet kotor om

air-air segala langsung coret aj gan air wiper gtu2 bisa ganti sendiri asal rajin ngecek. :big_okay:
Beda dikit om ternyata, saya biasa kena 1,9 nyaris 2jt atau 2 jt lewat dikit. Gatau nanti servis 30rb km kena berapa. Nyebelinnya pas ke beres, misal saya lupa ngisi air wiper sama air aki, mereka main tuang-tuang aja karena item tsb harganya ga sampe 50rb. Tapi kalo engine flush & carbon clean sih ga masalah karena saya pake oktan 92 terus :big_peace:

2 bulan yang lalu saya rada keki. Ganti oli (padahal baru dipake 5rb km olinya, karena abis pergi jarak jauh) sama cek Blind Spot Monitor yg error habisnya 1.087.500, cek BSM kena 250rb, ganti oli + jasa abisnya sekitar 600rb, masih kena PPN (ini yg bikin males ke beres, oli udah lebih mahal dibanding di luar masih kena PPN juga) itupun BSM masih tetep error. Akhirnya klaim garansi, untung ganti sensor BSMnya gratis karena cacat pabrik bukan kesalahan user. Kalo beli harganya 14 juta :frm_bang_head:

Sent from my E5663 using Seraya Motor mobile app
Last edited by Popoktuyul on 08 May 2017, 14:56, edited 2 times in total.

Post Reply